Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agam Inong Aceh Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Banjir Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bimtek Dana Desa Bireuen Bisnis Blue Beetle BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya BUMN Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI DPRK Lhokseumawe Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Film Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gaya Hidup Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf Israel IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemanusiaan Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa Lapas Lapas Klas I Medan Lapas Tanjungbalai lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Modal Sosial Motivasi Motogp MPU Aceh Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narapidana Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patani Patroli Pekalongan Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Penelitian Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh Pilkades Pj Gubernur PKI PLN PNL Polisi Politik Pomda Aceh PON Aceh-Sumut XXI Poso PPWI Presiden Projo PT PIM Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebgram Selebriti Senator Sinovac SMMPTN sosial Sosok Sport Status-Papua Stunting Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tol Aceh Tsunami Aceh Turki Ulama Universitas Malikussaleh USA Vaksin MR Vaksinasi Vaksinasi Covid-19 vid Video vidio Viral Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

Gayo Lues - Bakti Sosial Terintegrasi yang diselenggarakan oleh Universitas Syiah Kuala, diharapkan dapat dijadikan sebagai sarana untuk mengaplikasikan Ilmu yang selama ini didapat oleh para mahasiswa. Kegiatan ini diharapkan berjalan dengan baik, sehingga membawa manfaat yang besar bagi masyarakat.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Aceh, dr H Zaini Abdullah, dalam sambutan singkatnya, saat membuka secara resmi Bakti Sosial Terintegrasi dalam rangka memperingati Milad ke-55 Universitas Syiah Kuala, yang dipusatkan di Lapangan Upacara Kampus PDD Universitas Syiah Kuala, Gayo Lues, Sabtu (12/8/2016).

"Terimakasih dan penghargaan kepada Tim dari Unsyiah, dan para peserta Baksos dari beragam disiplin ilmu yang begitu bersemangat untuk berpartisipasi guna menerapkan ilmu pengetahuan sebagai perwujudan tri darma perguruan tinggi, dalam kegiatan bakti sosial terintegrasi ini. Terimakasih juga saya sampaikan kepada Bupati dan segenap jajaran SKPK Gayo Lues, yang telah bersedia menjadi tuan rumah, serta siap untuk bekerjasama dengan para tim dan peserta baksos dari Unsyiah," ujar Gubernur.

Untuk diketahui bersama, peserta Baksos Terintegrasi Unsyiah mencapai hingga 500 orang mahasiswa yang berasal dari berbagai disiplin ilmu, diantaranya pendidikan, kesehatan, pertanian, pembangunan gampong dan sebagainya. Pria yang akrab disapa Doto Zaini itu berharap Kegiatan ini akan menjadi sarana bagi para mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang selama ini dipelajari langsung di tengah-tengah masyarakat.

"Sepanjang pengetahuan saya, ini merupakan baksos pertama di Aceh yang dilakukan secara terintegrasi dan melibatkan banyak orang. Yang dimaksud terintegrasi adalah, kegiatan ini dilaksanakan dengan melibatkan berbagai unsur ilmu dan elemen di Unsyiah, dan juga melibatkan unsur dari pemerintahan, dalam hal ini, SKPA dan juga SKPK Gayo Lues," kata Gubernur.

Menurut Doto Zaini, Baksos Terintegrasi ini memiliki nilai dan makna yang sangat strategis, terutama dalam upaya peningkatan sinergitas dan kerjasama antara kampus dan instansi Pemerintah dalam menjalankan pembangunan berbagai bidang di Bumi Serambi Mekah. Oleh karena itu, Gubernur berharap, para peserta tetap bersemangat selama melaksanakan Bakti Sosial.

Capaian Pemerintah Aceh
Dalam kesempatan tersebut Gubernur juga menyampaikan beberapa program yang telah digagas Pemerintah Aceh, diantaranya mengenai alokasi dana pendidikan sebesar 20 persen dari total Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh, sesuai dengan perintah Undang-undang. Dana tersebut dipergunakan untuk menunjang program dan kegiatan pendidikan di Aceh, termasuk pengembangan sarana pendidikan, mutu pendidikan dan juga pemberian beasiswa.

Sementara itu, di bidang kesehatan yang juga merupakan  salah satu program prioritas, Pemerintah Aceh telah menetapkan dana sebesar 13 persen dari total APBA 2016. Anggaran tersebut dialokasikan untuk pembangunan di bidang kesehatan.

Saat ini, lanjut Gubernur, Pemerintah Aceh sedang terus mengembangkan lima rumah sakit rujukan regional, masing-masing wilayah timur, utara, tengah, barat, dan selatan Aceh. Pembangunan RS tersebut menggunakan dana bantuan dari Pemerintah Jerman.

Meski masih menemui kendala, namun Pemerintah Aceh tetap melanjutkan program tersebut dengan menggunakan dana yang bersumber dari APBA. Tiga rumah sakit regional tersebut berada di Aceh Tengah, Pidie dan Kota Langsa.

"Pemerintah Aceh akan terus berupaya agar para pemangku kebijakan dapat menyetuji program pembangunan lima Rumah Sakit Regional tersebut, karena dengan kehadiran rumah sakit rujukan regional ini, layanan kesehatan di tingkat Kabupaten/Kota diharapkan berjalan dengan semakin baik karena tidak bertumpu dengan RSUZA," sambung Gubernur.
Doto Zaini juga mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi, bahwa perekonomian Aceh terus menunjukkan tren meningkat. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya investor yang menanamkan modalnya di daerah Aceh. Pada tahun 2012, realisasi investasi Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp. 1,26 triliun, jumlah tersebut mengalami peningkatan signifikan sebesar Rp5,72 triliun.

"Selain itu, kita juga harus bersyukur bahwa untuk tahun 2016 ini Aceh mendapat alokasi dana desa dari Pemerintah Pusat sebesar Rp3,8 triliun, atau meningkat lebih dari 100 persen dibanding tahun 2015 yang sebesar Rp 1,7 triliun. Hal ini tentunya membuat peluang kita untuk membangun Aceh dari Gampong menjadi semakin terbuka lebar," tambah Gubernur.

Gubernur menekankan, saat ini Pemerintah Aceh terus melakukan berbagai upaya demi terlaksananya pembangunan yang berkelanjutan dan membawa kesejahteraan bagi rakyat Aceh. Oleh karena itu, Pemerintah Aceh membutuhkan keterlibatan elemen masyarakat, termasuk dari perguruan tinggi.

"Selamat kepada Universitas Syiah Kuala yang tahun ini genap berusia 55 Tahun. Semoga karya dan kiprah Unsyiah dalam membangun negeri akan terus dilanjutkan demi pembangunan Aceh yang lebih baik lagi di masa mendatang," pungkas Gubernur Aceh.
Mari Membangun Dunia Pendidikan Gayo Lues

Sementara itu, dr Andalas Sp Og, selaku Ketua Panitia pelaksana Baksos Terintegrasi, dalam sambutan singkatnya mengajak semua pihak untuk membangun dunia pendidikan di kabupaten  berjuluk Kota Seribu Bukit itu.

"Dahulu, kita tidak pernah berpikir bagaimana caranya menuju tempat ini, namun karena dukungan semua pihak, kini kampus Unsyiah sudah berdiri disini, maka dalam kesempatan ini saya mengajak kita semua untuk berfikir dan mulai bekerja dengan sebaik-baiknya untuk membangun Gayo Lues, terutama pada sektor pendidikan.

Sedangkan Bupati Gayo Lues, Ibnu Hasyim, dalam sambutan singkatnya menyampaikan apresiasi atas bantuan Pemerintah Aceh terhadap pengadaan lahan seluas 100 hektar untuk mendukung pembangunan Kampus Program Studi Diluar Domisili (PDD) Unsyiah Gayo Lues ini.

"Kita semua tentu berharap 10 tahun lagi, kampus Unsyiah Gayo Lues ini akan sama dengan kampus Unsyiah di Darussalam. Oleh karena itu, kami meminta Bapak Gubernur dapat terus memberi perhatian kepada kampus Unsyiah Gayo Lues ini."

Sedangkan Prof Samsul Rizal, selaku Rektor Unsyiah, dalam sambutan singkatnya mengajak semua pihak dapat berkontribusi bagi pembangunan Aceh disegala bidang dengan mengedepankan prinsip Keikhlasan, Kejujuran dan Kebersamaan.

"Tanpa keihklasan, kejujuran dan kebersamaan, maka kita tidak akan bisa membangun negeri ini ke arah yang jauh lebih baik dari saat ini. Dalam kesempatan ini saya juga menyampaikan Terima kasih kepada masyarakat Gayo Lues yang telah memberi dukungan bagi pembangunan kampus Unsyiah ini. Saya juga berharap, siapapun pemimpin Gayo Lues di masa yang akan datang dapat terus bekerjasama dalam rangka membangun Gayo Lues, membangun Aceh dan Membangun Indonesia. Jangan sampai, perbedaan pandangan politik menghancurkan dunia pendidikan daerah yang kita cintai ini," imbuh Samsul Rizal.

Usai pencanangan Baksos Terintegrasi, Gubernur berkesempatan menyaksikan penandatangan kesepakatan kerjasama antara Unsyiah dengan Pemkab Gayo Lues tentang budidaya serai wangi, yang dilakukan oleh Rektor Unsyiah dan Bupati Gayo Lues. Usai menyaksikan penandatanganan kerjasama, Gubernur, Rektor Unsyiah dan Bupati Gayo Lues dan Bupati Aceh Tengah berkesempatan melakukan penanaman perdana Serai Wangi di lingkungan Kampus Unsyiah Gayo Lues. (Rill)
loading...
Label: ,

Post a Comment

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.