2022-10-30

Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agam Inong Aceh Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Banjir Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bireuen Bisnis BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Film Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemanusiaan Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa Lapas Lapas Tanjungbalai lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Motivasi Motogp MPU Aceh Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narapidana Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patani Patroli Pekalongan Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh PKI PLN PNL Polisi Politik Poso PPWI Presiden Projo PT PIM Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebgram Selebriti Senator Sinovac SMMPTN sosial Sosok Sport Status-Papua Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tol Aceh Tsunami Aceh Turki Ulama Universitas Malikussaleh USA Vaksin MR Vaksinasi Vaksinasi Covid-19 vid Video vidio Viral Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA


Lhoksukon – Kegiatan tes urine yang dilakukan sejumlah pejabat utama polres aceh utara yang dilaksanakan di Poliklinik polres aceh utara. Kamis (3/11/2022) Mapolres setempat

Adapun pelaksanaan kegiatan pengecekan/tes urine pada pejabat utama polres aceh utara yang dilaksanakan pada hari ini merupakan salah satu Komitmen Kapolres aceh utara dalam memberantas narkoba, terlebih kepada anggota yang menjadi contoh diruang lingkup masyarakat.

Sebanyak 20 personel pejabat utama (PJU) polres aceh utara yang dilakukan tes urine, termasuk Kapolres aceh utara AKBP Riza Faisal, S.I.K., M.M yang pertama kali dilakukan tes urine.

“Kapolres aceh utara Akbp Riza Faisal melalui kasi humas polres aceh utara Akp Sudiya menyampaikan bahwa kegiatan pengecekan urine ini kita lakukan usai pelaksanaan apel pagi dan tidak ada pemberitahuan sebelumnya.” Ucap sudiya

Lanjut Kapolres, “Kami lakukan pengecekan urine terhadap anggota khususnya para Pejabat Utama (PJU) ini kami ingin tahu kepatuhan anggota untuk tidak mengkonsumsi Narkoba/Narkotika jenis apapun itu.’ Pungkasnya

Ia juga mengatakan, Polres aceh utara berkomitmen dan siap memberantas narkoba,  termasuk tes urine ini untuk mencegah anggota Polri dalam penyalahgunaan Narkoba.

"Alhamdulillah, Setelah kami lakukan pengecekan urine dadakan, semua PJU dinyatakan negatif dari hasil pemeriksaan,"Tutupnya.


Berita yang biasa kita baca sehari-hari baik secara cetak maupun secara digital pada dasarnya memiliki isi dan tujuan yakni memberi informasi untuk pembaca. Berita merupakan salah satu produk jurnalistik yang mudah ditemui, apalagi di tengah majunya zaman dan teknologi seperti saat ini.

Tak hanya melalui koran atau cetak, saat ini berita juga mudah ditemui di media sosial, di website, televisi, radio, atau bahkan aplikasi-aplikasi lain yang memuat mengenai berita dan informasi lainnya. Meski tampaknya mudah dibaca dan dipahami, tentu saja cara menulis berita tidak bisa dilakukan sembarangan.

Dibutuhkan keterampilan dan bahkan keahlian untuk mengetahui cara menulis berita yang baik dan benar. Bagaimana keterampilan dan keahlian yang harus dimiliki agar bisa mengetahui cara menulis berita yang baik dan benar? Di bawah ini akan dijelaskan berbagai hal mengenai berita yang memudahkan Anda mengetahui cara menulis berita.
Pengertian Berita

Sebelum belajar mengenai cara menulis berita yang baik dan benar, ada benarnya jika Anda mengetahui dahulu sebenarnya apa itu berita dan bagaimana isi di dalam berita tersebut. Pertama yang harus dipahami adalah mengenai pengertian berita. Pada dasarnya berita merupakan sebuah tulisan yang memuat informasi untuk pembaca.

Namun menurut Wikipedia, pengertian berita adalah laporan tercepat mengenai fakta atau ide terbaru yang benar, menarik, atau penting bagi sebagian besar khalayak, yang dipublikasikan melalui media berkala seperti surat kabar, radio, televisi, dan media internet.

Biasanya, berita memuat mengenai topik umum untuk laporan yang dimuat dalam berita meliputi perang, pemerintah, politik, pendidikan, kesehatan, lingkungan, ekonomi, bisnis, mode, dan hiburan, serta acara atletik, acara unik, atau acara tidak biasa. Namun kini isinya jauh lebih lengkap dan luas lagi.

Zaman dahulu, berita memuat mengenai proklamasi pemerintah, upacara kerajaan, hukum, pajak, kesehatan, dan kriminalitas yang biasa dijuluki berita sejak zaman kuno. Sejak dahulu, manusia menunjukkan keinginannya yang hampir sama atau universal yaitu berbagi berita kepada orang sekitarnya agar mereka mendapat kepuasan dengan berbicara mengenai informasi.

Namun saat ini, perkembangan teknologi dan juga sosial membuat komunikasi semakin didorong, terutama untuk jaringan spionase yang meningkatkan kecepatan penyebaran berita serta memengaruhi isinya. Saat ini, genre berita yang Anda kenal biasanya berhubungan erat dengan surat kabar yang dicetak secara luas, baik dengan kertas, mesin cetak, dan lain sebagainya.

Sementara itu, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian berita memiliki arti cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat. Jadi bisa disimpulkan bahwa berita merupakan teks berisi informasi yang baru atau sedang terjadi.

Oleh sebab itu, untuk dapat mengetahui cara menulis berita yang baik dan memuat mengenai informasi yang baru atau sedang hangat terjadi, Anda harus mengetahui unsur dan langkah-langkah atau cara menulis berita yang baik dan benar. Maka, penulis berita harus tahu cara menulis berita dan memiliki keterampilan dan penguasaan dasar penulisan berita.

Jika sudah dipahami pengertian berita menurut Wikipedia dan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Anda juga perlu mengetahui bahwa beberapa ahli memiliki pandangan masing-masing mengenai apa itu berita. Berikut ini adalah pengertian berita menurut berbagai ahli.
1. Mickhel V. Charniey

Menurut Mickhel V. Charniey, berita adalah laporan tercepat dari suatu peristiwa atau kejadian yang faktual, penting, dan menarik bagi sebagian pembaca serta menyangkut kepentingan mereka.
2. Willard C. Bleyer

Willard C. Bleyer mengungkapkan bahwa berita merupakan sesuatu yang terkini atau terbaru yang dipilih oleh wartawan untuk dapat dimuat dalam surat kabar sehingga menarik minat bagi pembaca.
3. William S. Maulsby

Pendapat William S. Maulsby mengenai pengertian berita adalah suatu penuturan secara benar dan tidak memihak dari fakta. Berarti berita harus punya arti penting dan baru terjadi, yang dapat menarik perhatian pembaca surat kabar yang memuat hal tersebut.
4. Eric. C. Hepwood

Eric C. Hepwood mengungkapkan bahwa berita merupakan laporan pertama dari kejadian penting dan dapat menarik perhatian umum.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengertian berita adalah tulisan yang memuat informasi yang disampaikan yang berisi peristiwa aktual, penting, dan menarik untuk diketahui publik. Oleh sebab itu, berita harus dimulai dan berisi mengenai hal-hal yang nyata atau fakta.

Jika Anda ingin mengetahui cara menulis berita yang baik, selain harus mengetahui pengertian berita, Anda juga harus mengetahui ragam jenis teks berita. Saat ini, setidaknya ada lima ragam jenis berita yang lazim ditemui di berbagai media yang tersebar luas.

Jenis-Jenis Berita

Ragam berita tersebut yaitu: (1) straight news atau berita langsung, (2) depth news atau berita mendapat, (3) opinion news atau berita opini, (4) interpretative news atau berita interpretatif, dan (5) investigation news atau berita investigasi.
1. Straight news

Straight news adalah jenis atau ragam berita yang cukup umum dan berisi mengenai laporan langsung tentang suatu peristiwa. Jenis berita ini dibuat dan ditulis dengan unsur-unsur 5W + 1H yaitu what, who, when, where, why, dan how. Misalnya berita kecelakaan lalu lintas atau bencana alam.
2. Depth news

Depth news adalah jenis berita yang berbeda dengan straight news karena biasanya berisi mengenai berita tentang pengembangan dari berita yang sudah ada dan ditambahkan materi atau pendalaman hal yang menguatkan berita sebelumnya. Caranya yakni dengan menghimpun informasi dari fakta yang terjadi dan ditambahkan laporan yang bersifat mengalihkan informasi tetapi tidak berisi opini.
3. Opinion news

Opinion News adalah berita yang berisi pendapat atau opini mengenai isi laporan atau pandangan seseorang mengenai suatu hal, ide kreatif, pemikiran, atau komentar terhadap sesuatu hal yang penting. Berita opini ini biasanya ditulis oleh orang tertentu misalnya para ahli, cendekiawan, profesor, pejabat, dan orang penting lainnya.
4. Interpretative news

Interpretative News adalah berita yang memiliki fokus mengenai sebuah masalah, isu, atau berbagai peristiwa kontroversial yang dikembangkan dengan komentar atau penilaian wartawan atau narasumber yang berkompeten mengenai berita yang muncul sebelumnya sehingga memuat gabungan berita fakta dan juga interpretasi ahli.
5. Investigation news

Investigation news adalah berita yang diperoleh dan dikembangkan berdasarkan penelitian atau penyelidikan dari berbagai sumber. Cara menulis berita dengan interpretative news adalah mencari berita dengan investigative reporting atau penggalian berita dengan cara penyelidikan yang tersembunyi demi tujuan.

Unsur-Unsur Berita

Setelah memahami mengenai pengertian berita dan bahkan ragam atau jenis berita, untuk mengetahui cara menulis berita yang baik dan benar, Anda juga harus mengetahui unsur-unsur yang harus ada di dalam suatu berita. Pada dasarnya, unsur di dalam berita ada 6 yang terdiri dari 5W + 1H.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai apa itu unsur berita yang memuat 5W + 1H.
 

1. What atau apa

Untuk dapat mengetahui cara menulis berita, salah satu unsur berita yang harus dimuat adalah what atau apa. Apa yang dimaksud adalah apa yang menyebabkan terjadinya suatu berita atau informasi tersebut. Contohnya jika ada berita mengenai bencana alam, di dalamnya harus memuat mengenai “apa yang terjadi?”.

Kalimat yang dimuat bisa menjadi “Terjadi banjir bandang di beberapa wilayah di Sumatera Selatan”.
 

2. Who atau siapa

Who atau siapa juga harus terdapat di dalam unsur menulis berita dan harus diketahui sebelum memulai cara menulis berita. Siapa ini artinya menggambarkan atau berisi mengenai pertanyaan atau pernyataan mengenai siapa yang ada atau siapa yang terlibat dan terkena dampak dan lain sebagainya terhadap informasi atau berita yang terjadi.

Meneruskan mengenai contoh yang sudah disebutkan sebelumnya yakni mengenai bencana alam, di dalamnya harus memuat mengenai “siapa yang terdampak?”. Kalimat yang dimuat bisa menjadi “Banjir yang terjadi di Sumatera Selatan berdampak pada kira-kira 12 desa atau kelurahan”.
 

3. Where atau di mana

Aspek atau unsur ketiga yang harus ada sebelum mengetahui cara menulis berita adalah where atau di mana yang menjelaskan mengenai di mana atau lokasi terjadinya peristiwa tersebut atau tempat kejadian pada informasi yang termuat di dalam berita. Misalnya dengan tema bencana alam seperti di atas.

Pertanyaan “where” ini bisa memuat berita mengenai “Banjir yang terjadi di Sumatera Selatan hingga kini belum kunjung surut”.
 

4. When atau kapan

Unsur yang harus dipahami sebelum memulai cara menulis berita adalah unsur di dalam berita yakni when. When biasanya berisi mengenai kapan informasi atau kejadian di dalam berita tersebut terjadi. Misalnya jika dalam contoh tema berita bencana alam berisi mengenai pertanyaan “Banjir bandang tersebut mulai terjadi sejak 10 November 2021 lalu”.


5. Why atau mengapa

Unsur selanjutnya yang harus termuat sebelum mengetahui cara menulis berita adalah mengapa yang berisi mengenai penjelasan mengapa informasi atau kejadian yang termuat di dalam berita terjadi. Why atau mengapa ini juga biasanya menjelaskan alasan terjadinya suatu peristiwa.

Misal pada tema banjir seperti di atas, bisa memuat mengenai pernyataan “Banjir yang menimpa terjadi karena hujan lebat yang terjadi sehari semalam”.
6. How atau bagaimana

Unsur terakhir yang harus dipahami mengenai cara menulis berita adalah mengenai how atau bagaimana imbas atau dampak yang terjadi atas berita atau peristiwa yang terjadi dan dimuat di dalam berita. Misalnya dalam tema bencana alam, memuat kalimat “Karena banjir bandang yang terjadi, ratusan rumah rusak dan mengalami kerugian”.
Cara Menulis Berita

Penulis yang ingin menulis berita harus mengetahui bagaimana langkah dan unsur yang harus termuat dalam cara menulis berita. Selain dibekali dengan keterampilan dan juga keahlian dalam menulis berita, di bawah ini akan dijelaskan mengenai bagaimana cara menulis berita yang baik dan benar.
 

1. Menemukan Peristiwa Maupun Kejadian untuk Dijadikan Berita

Hal pertama yang harus dilakukan penulis saat memulai cara menulis berita, hal yang harus dilakukan adalah dapat menemukan peristiwa atau kejadian yang bisa dijadikan berita. Peristiwa dan kejadian ini sifatnya harus aktual dan yang paling penting bisa disebarluaskan. Misalnya jika ada peristiwa atau kejadian seperti bencana alam, kecelakaan, dan lain sebagainya.

Selain peristiwa atau kejadian, Anda juga dapat menggali informasi berita lainnya mengenai mencari berbagai kegiatan yang dilakukan suatu masyarakat atau mencari kejadian unik yang muncul di masyarakat dan bisa diliput dan juga ditulis di dalam berita. Berita mengenai pemimpin daerah dan juga orang berpengaruh juga bisa ditulis.
 

2. Pencarian Sumber Berita

Cara menulis berita yang kedua adalah mencari sumber berita. Artinya, setelah mengetahui adanya peristiwa dan kejadian yang akan ditulis atau dimuat, maka penulis berita harus mencari darimana sumber informasi yang tepat. Hal ini harus dilakukan supaya isi berita benar-benar faktual dan aktual.

Misalnya mengenai berita pencurian, penculikan anak, dan lain sebagainya. Anda bisa mendatangi kantor polisi yang menangani kasus tersebut dan melakukan wawancara dengan polisi, saksi mata, atau warga yang ada di tempat sekitar kejadian untuk menggali informasi mengenai peristiwa atau kejadian.
 

3. Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi

Setelah mendapatkan informasi, kejadian, atau peristiwa dan sudah mendapatkan sumber berita, cara menulis berita yang baik selanjutnya adalah penulis berita harus melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hal ini berguna untuk dapat menggali fakta mengenai peristiwa yang terjadi.

Misalnya data korban kecelakaan, tempat kejadian perkara terjadinya kecelakaan, proses terjadi atau kronologi, dan lain sebagainya. Wawancara bisa dilakukan melalui tanya jawab dengan sumber informasi. Sementara itu, observasi bisa dilakukan setelah wawancara dengan mengamati apa yang terjadi dan gejala yang terlihat di tempat kejadian.

Cara menulis berita yang baik yakni Anda juga perlu mendokumentasikan temuan apa saja yang bisa menguatkan fakta kejadian dan dapat mencari dokumentasi pendamping misalnya dokumen milik korban dan lainnya.
 

4. Mencatat Hal-Hal Penting

Setelah itu, cara menulis berita yang selanjutnya yakni dengan mencatat hal-hal penting yang terjadi di dalam suatu peristiwa atau kejadian di dalam berita tersebut. Biasanya, proses pencatatan ini harus memuat unsur 5W + 1H seperti yang sudah dijelaskan di atas.
 

5. Membuat Kerangka Berita

Setelah semua informasi terkumpul, cara menulis berita yang selanjutnya adalah dengan membuat kerangka berita. Kerangka berita ini berisi mengenai gambaran kasar mengenai bagaimana informasi yang terjadi dan telah dikumpulkan dan akan diramu dalam sebuah laporan berita.

Biasanya, berita terdiri dari tiga unsur yakni judul, teras, dan kelengkapan atau penjelasan berita dan mengemukakan mengenai unsur berita yakni 5W + 1H pada awal paragraf baik pada alinea pertama dan kedua, maupun di berbagai paragraf hingga paragraf akhir. 

6. Menulis Teras Berita

Cara menulis berita selanjutnya adalah dengan menulis teras berita. Yang dimaksud teras berita ini merupakan alinea pertama dalam sebuah berita yang biasanya memuat hal penting tentang kejadian atau peristiwa yang ditulis di dalam berita tersebut. Di teras berita, biasanya dibuat ringkas.

Awal kalimat saat memulai cara menulis berita yang baik adalah memuat unsur who atau siapa dan what atau apa. Pakai juga kaidah penulisan yang sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) yakni memuat SPOK (subjek, predikat, objek, dan keterangan) pada kalimatnya.

Pada berita yang memuat peristiwa atau kejadian, biasanya unsur waktu dan tempat diletakkan pada bagian terakhir berita.

7. Menulis Isi Berita

Langkah cara menulis berita selanjutnya adalah menulis isi berita. Isi berita memuat detail informasi yang ingin disampaikan dalam sebuah berita dan biasanya ditulis setelah teras berita. Isi berita sebaiknya disusun dalam paragraf pendek yang berisi 3 hingga 5 kalimat.

Satu paragraf berita biasanya hanya berisi satu ide yang pendek karena berguna mendorong pembaca untuk melanjutkan membaca pada paragraf berikutnya.

8. Penyuntingan Berita

Tahapan cara menulis berita terakhir adalah penyuntingan berita, di mana dilakukan untuk menghindari terjadinya berbagai kesalahan dalam penulisan atau adanya kekeliruan mengenai informasi yang ditulis. Sehingga cara menulis berita yang baik dan benar harus dilakukan penyuntingan dengan tepat.

Perlu juga diperhatikan, dalam cara menulis berita, penulis harus menulis berita dengan tidak melanggar kode etik jurnalistik yang sudah ditentukan.

Contoh Berita

Pemerintah mencabut adanya aturan mengenai PPKM level 3 yang harusnya mulai diterapkan pada 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 62 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Pada Saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 dinyatakan tidak berlaku.

Meski demikian, terbit aturan baru melalui Imendagri Nomor 66 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Pada Saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 yang memuat beberapa aturan baru. Alasan dibatalkannya PPKM level 3 atau PPKM Nataru ini diungkap oleh Menko Marves Luhut Binsar.

Menurutnya, pembatalan tersebut dilakukan agar kebijakan yang dibuat lebih seimbang untuk semua wilayah di Indonesia. “Pemerintah memutuskan untuk tidak akan menerapkan aturan PPKM level 3 pada periode Natal dan Tahun Baru terhadap semua wilayah,” ujar Luhut mengutip dari Siaran Pers.

“Penerapan level PPKM selama Natal dan Tahun Baru akan tetap mengikuti asesmen situasi pandemi sesuai yang berlaku saat ini, tetapi dengan beberapa pengetatan,” imbuhnya. Luhut juga menjelaskan dasar pertimbangan pembatalan PPKM karena adanya perbaikan penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia yang kian membaik.

Sumber: penerbitdeepublish.com


Aceh Tenggara -
Banjir bandang dan longsor yang melanda wilayah Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh, mengakibatkan dua warga meninggal terseret arus.
 
"Ada dua korban jiwa yang terseret arus banjir bandang yang terjadi kemarin malam sekitar jam 22.00 WIB," kata Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tenggara, Nazmi Desky, Rabu, 2 November 2022.
 
Nazmi menerangkan, kedua korban tewas yang merupakan ibu dan anak tersebut yakni, Samine, 55 dan Siah indah,15. Mereka terseret arus air yang tiba-tiba turun dari gunung.

"Rumahnya korban yang tewas ini berada di pinggir sungai jadi mereka terseret arus air bah yang turun dari atas gunung," ujarnya.

Sebelumnya, hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Aceh Tenggara mengakibatkan tujuh Kecamatan terendam banjir. Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas, mengatakan banjir terjadi sejak pukul 00.30 WIB, Minggu, 30 Oktober 2022.
 
Ketujuh kecamatan yang terendam banjir tersebut yakni, Kecamatan Babussalam, Kecamatan Lawe Alas, Kecamatan Babul Rahmah, Kecamatan Darul Hasanah, Kecamatan Bambel, Kecamatan Lawe Sigala-gala dan Kecamatan Ketambe.
 
"Sehingga mengakibatkan, rumah-rumah warga tergenang banjir, oprit jembatan jebol di Kecamatan Darul Ahsan. Kemudian, jebolnya beberapa tanggul di beberapa desa, bocornya pipa intake PDAM Lawe Sikap, terendamnya TK dan SD Tuhi Jungkat, terendamnya Pajak (Pasar) Tradisional Desa Salim Pinim di Kecamatan Tanoh Alas," kata Ilyas.
 
Selanjutnya lahan pertanian dan perkebunan masyarakat juga ikut terendam, dua rumah warga terancam ambruk sehingga sebagian rumah telah dibongkar oleh pemilik rumah. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tenggara masih terus melakukan kaji cepat dan pendataan serta mengerahkan anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) ke lokasi banjir.
 
"Sementara korban terdampak sebanyak 102 KK dengan 402 jiwa, untuk kondisi terakhir banjir masih tergenang di permukiman masyarakat," jelasnya.[Medcom]

Lhokseumawe - Pemerintah Kota Lhokseumawe melalui Disperindagkop akan menggelar Even" Ahad Festival " Lhokseumawe pada Minggu 6 Nopember 2022 dengan lokasi kegiatan dipusatkan di Jalan T Hamzah Bendahara dan sekitarnya.

Kegiatan tersebut akan dimeriahkan oleh 65  UMKM yang telah mendaftarkan diri di  Disperindagkop Lhokseumawe , UMKM akan menggelar produk UMKMnya di acara tersebut.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim), Drs.Marzuki mengatakan kepastian pergelaran even Ahad Festival akan berlangsung hari minggu ini disampaikan Kadisperindagkop ,Muhammad Rizal ,MSi dalam rapat persiapan dengan unsur terkait, Rabu , 2 Nopember 2022 di ruang rapat Kantor Walikota Lhokseumawe.
 Even Ahad Festival ini akan dibuka oleh PJ Walikota Lhokseumawe, Dr Drs Imran MSi,MA,Cd.
 
 Walikota Lhokseumawe  mengharapkan UMKM dapat memanfaatkan even Ahad Festival ini untuk memasarkan produk UMKMnya, ujar M Rizal yang dalam rapat tersebut turut hadir juga Sekretaris Daerah, T Adnan SE, para asisten dan staf ahli.

Kabag Prokopim mengatakan, rangkaian kegiatan Ahad Festival yang pertama kali digelar oleh Pemko Lhokseumawe juga diisi dengan kegiatan senam bersama, tarian Aceh, lomba mewarnai anak anak  , dan bagi UMKM akan menggelar kegiatannya di halaman museum dan trotoar depan museum.

Dikatakan, kegiatan Ahad Festival ini direncanakan akan digelar setiap hari minggu dengan lokasi yang berpindah pindah.

Dijelaskan kegiatan Ahad festival merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memfasilitasi akses pasar lokal bagi pelaku UMKM di Kota Lhokseumawe, untuk menarik pengunjung dilakukan olahraga bersama, pertunjukan seni, bazar UMKM dan kumpul komunitas.

Ditambahkan, kegiatan tersebut dilaksanakan berkonsep Car Free Day di Jalan T Hamzah Bendahara mulai pukul 07.00 Wib s/d pukul 12.00 Wib. Dan kegiatan Ahad Festival akan dilaksanakan setiap hari Minggu yang pencanangan pertama para tanggal 6 Nopember 2022.


Lhokseumawe - Sebanyak 2.050 mahasiswa Universitas Malikussaleh mengikuti Kuliah kerja Nyata (KKN) sementer ganjil di 130 gampong dalam empat kecamatan di Kabupaten Aceh Utara, Rabu (2/11/2022). Ribuan mahasiswa itu dilepaskan oleh Rektor Unimal, Prof Dr Herman Fithra Asean Eng, dan diterima oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi, dan Keuangan Kabupaten Pemerintah Aceh Utara, Ir Saifullah yang berlangsung di lapangan Bola Kaki, Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe.

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Unimal, Dr Muhammad Daud mengatakan, pelaksanaan KKN semester ganjil 2022/2023 diikuti oleh 2.050 peserta yang terdiri dari 686 putra dan   1.364 putri. mereka akan ditempatkan di 130 gampong dalam empat kecamatan di Kabupaten Aceh Utara, diantaranya, Kuta Makmur, Simpang Keramat, Syamtalira Bayu, dan Samudera.

“Pelaksanaan KKN ini akan dilaksanakan selama 1 bulan kedepan yang dimulai tanggal 2 November sampai dengan 2 Desember 2022 nantinya. mereka akan ditempatkan di Kecamatan Kuta Makmur sebanyak 624 mahasiswa, Simpang Keramat 256, Syamtalira Batu 543, dan Samudera 627 orang mahasiswa,” sebut Dr Muhammad Daud.

Lanjutnya, mahasiswa KKN tersebut nantinya akan didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) sebanyak 65 orang dosen. Setelah pelepasan, semua mahasiswa akan diantar ke desa masing-masing dan terlebih dahulu disambut di kecamatan masing-masing.

“Mereka semua akan disambut oleh Camat, dan juga para geuchik yang akan diantarkan ke desa masing-masing,” kata Muhammad Daud.

Sementara, Rektor Unimal, Prof Dr Herman Fithra Asean Eng saat melakukan pelepasan menyampaikan, semua negara hari ini berada dalam krisis, tetapi Indonesia belum merasakan terutama krisis pangan dan energi. Kedepan tantangan pangan dan energi akan menjadi isu internasional. Untuk diketahui, Aceh Utara sebagian besar masyarakatnya petani, tentu diperlukan anak-anak muda yang hebat seperti mahasiswa KKN hari ini untuk dapat bersama masyarakat mengisi pembangunan, membantu orang masyarakat di gampong yang secara keilmuan mungkin sangat terbatas.

“kami lebih mengharapkan agar KKN itu tidak bersifat seremonial semata, atau  datang ke gampong dengan membuat beberapa kegiatan yang bisa ditinggalkan, habis itu selesai, bukan itu sebenarnya diharapkan. Melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia sudah di launching beberapa tahun lalu yang namanya MBKM, itu dimaksudkan agar begitu selesai pendidikan sarjana, itu langsung bisa masuk ke dunia kerja,” tutur Prof Herman.

 Kemudian ia juga berpesan, dengan mudahnya informasi melalui teknologi yang digunakan saat ini agar mahasiswa KKN bisa menyampaikan potensi yang ada di gampong tempat KKN itu melalui media sosial. Juga meminta untuk memotret kondisi setiap gampong dengan mengisi dalam laporan apa yang dibutuhkan di gampong tersebut.

“Saya meminta kepada mahasiswa untuk memotret tentang masalah dan keunggulan di masing-masing gampong untuk dilaporkan agar tahun depan akan ada terobosan yang bisa kita lakukan, terutama dalam bidang keilmuan. Kemudian yang paling penting mohon jaga simbol-simbol Unimal disaat kalian berada di lapangan dan berinteraksi dengan masyarakat, dan jangan jadi beban masyarakat, dan hormati setiap adat istiadat di setiap gampong,” pesan Prof Herman.


Lhokseumawe - Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Lhokseumawe, Aceh mencatat realisasi penerimaan dana Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) melalui layanan jemput pajak online sepanjang tahun 2022 mencapai Rp1,6 miliar.

"Alhamdulillah realisasi pajak kendaraan bermotor tahun 2022 dengan Samsat cedah sudah mencapai Rp1,6 miliar. Angka tersebut sudah melampaui target yang ditetapkan yakni Rp1,5 miliar," kata Kepala UPTD V Badan Pengelola Keuangan Aceh (BPKA) Wilayah Lhokseumawe Chaidir di Lhokseumawe, Senin.

Chaidir menyebutkan, terlampaunya target realisasi pajak kendaraan bermotor tersebut terjadi berkat meningkatnya kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam membayar pajak kendaraannya.

Untuk meningkatkan minat dan antusias masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor samsat lhokseumawe melaksanakan  program Samsat jemput pajak online (JemPol) dengan layanan CeDah yaitu cepat dan mudah, cepat karena prosesnya hanya 2-5 menit, mudah syarat tidak memerlukan dokumen fotocopy cukup STNK, Notice Pajak dan Indentitas asli

Layanan samsat “CeDah” turun langsung ke tengah-tengah masyarakat, baik ke kantor desa, kecamatan, sekolah dan tempat-tempat keramaian seperti warung kopi dan pasar.

"Dengan adanya program Samsat CeDah, maka masyarakat dapat membayar pajak kendaraannya dengan mudah dan cepat," sebutnya.

Chaidir menambahkan, untuk bulan Oktober 2022, angka pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui layanan Samsat CeDah meningkat drastis dibandingkan bulan-bulan sebelum yakni mencapai Rp434.318.000.

Pendapatan pajak kendaraan bermotor bulan Januari yakni sebesar Rp139.903.308, Februari sebesar Rp97.653.915, Maret Rp160.771.696, April Rp64.250.300 dan Mei Rp98.572.500.

Selanjutnya, bulan Juni sebesar Rp144.248.200, bulan Juli sebesar Rp107.140.100, bulan Agustus sebesar Rp180.594.400 dan bulan September sebesar Rp234.761.000.

"Sepanjang tahun 2022, total kendaraan yang sudah membayar pajak dengan layanan Samsat CeDah di Kota Lhokseumawe baik roda dua maupun roda empat yakni 2.628 unit," katanya.

Chaidir mengatakan angka pembayaran pajak kendaraan di Samsat Kota Lhokseumawe terus meningkat. Hal itu menunjukkan masyarakat semakin memahami cara membayar pajak kendaraan bermotor yang semakin mudah dan variatif.

"Samsat Lhokseumawe sudah meluncurkan berbagai upaya untuk mempermudah pembayaran pajak, seperti meningkatkan layanan pada loket, serta mendatangi objek pajak. Dengan begitu, kami optimis angka pembayaran pajak terus meningkat dengan adanya beberapa program ini," tutup Chaidir.


Banda Aceh -
Sejumlah perusahaan menyepakati rencana investasi di sejumlah daerah di Aceh dengan total biaya Rp 168 miliar. Investasi itu di antaranya di bidang pembangunan industri minyak goreng hingga gula.

Kesepakatan rencana investasi itu dibuat dalam kegiatan business matching yang merupakan bagian dari agenda Aceh Gayo Sustainable Investment Dialogue (AGASID) 2022. Kegiatan tersebut berlangsung sejak Minggu (30/10/2022).

"Alhamdulillah pada hari pertama pelaksanaan Business Matching AGASID 2022 di Banda Aceh telah ada MOU dengan sejumlah perusahaan yang berkomitmen untuk berinvestasi di Aceh," kata Plh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Aceh, Marzuki dalam keterangannya, Senin (31/10/2022).

Marzuki menjelaskan, pertemuan bisnis tersebut merupakan upaya memberikan kesempatan kepada investor untuk berinvestasi pada berbagai sektor ekonomi di Aceh. Kegiatan itu disebut mendapat dukungan penuh dari pemerintah serta kepala daerah di Tanah Rencong.

"Dalam kegiatan tersebut ada empat sektor utama investasi yang ditawarkan yakni agroindustri, pariwisata dan kesehatan, energi dan mineral, dan kawasan ekonomi terbuka untuk investasi khususnya industri pengolahan dan industri halal," jelasnya.

Menurutnya, perusahaan yang sepakat berinvestasi yakni Yayasan Pintu Aceh yang berencana investasi di Kabupaten Nagan Raya dalam pembangunan pabrik minyak goreng dengan total investasi Rp 111 miliar.

Selain itu, Nusantara Group yang berencana investasi di Aceh Tengah dalam pembangunan pabrik gula pasir dengan total investasi Rp 16 miliar. PT. Haltraco Sarana Mulia dengan CV. Jada Perkasa berencana berinvestasi pada proyek pemprosesan Palm kernel Charcoal total investasi Rp 21,6 miliar.

Marzuki menjelaskan, ada juga Fuadi Alim dan Widiyanto Saputro yang ingin berinvestasi pada sektor waste treatment facility dengan total investasi Rp10 miliar, Jada Persada dan Pemerintah Nagan Raya dalam proyek joint Production palm kernel charcoal dengan total investasi Rp 10 miliar.

Menurutnya, pertemuan bisnis perlu menjadi kegiatan rutin baik di Aceh maupun luar Aceh. Tujuannya dapat menjadi motor penggerak dalam menjaring investasi nasional dan asing yang menghasilkan kesepakatan kerja sama bisnis yang real.

"JAPNAS dan Bank Indonesia Perwakilan Aceh berperan penting dalam memfasilitasi kegiatan bisnis yang berkelanjutan," ujarnya. [detik.com]


StatusAceh.Net - 
Kebakaran terjadi di Aceh Singkil. Kali ini, api membakar habis 14 perumahan barak di wilayah itu. Insiden kebakaran itu terjadi pada Minggu (30/10/2022). 

Dari video yang beredar, tampak api melalap bangunan. Asap hitam juga terlihat mengepul di atas bangunan. 

"Ya kawan-kawan, kebakaran barak rumah. Pemadam gak ada," kata pria yang mengambil video tersebut. 

 Dari informasi yang didapat, api menghanguskan 14 rumah barak milik PT Nafasindo, Aceh Singkil. 

Peristiwa itu berada di Divisi VI regional 2 PT Nafasindo, tepatnya di Desa Ketapang Indah, Kecamatan Singkil Utara. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun sebanyak 41 jiwa dari 11 kepala keluarga terdampak akibat kebakaran besar ini. 

Imbas Kebakaran di Jalan Kebayoran Lama Dari 14 barak yang terbakar itu, sekitar 11 di antaranya berpenghuni sementara tiga barak lainnya tidak berpenghuni atau dalam keadaan rusak. Lihat juga: BBM Naik, Pemerintah Beri Bantuan Rp 24 Triliun kepada Masyarakat. [inews.id]


StatusAceh.net -
Wali Nanggroe Aceh, Paduka Yang Mulia Teungku Malik Mahmud Al Haythar memenuhi undangan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Federasi Rusia. Selama empat hari terakhir, beliau menjajaki sejumlah peluang kerja sama perlindungan heritage dan pendidikan.

Salah satu pertemuan yang dilakukan Tgk Malik Mahmud adalah dengan dengan Ivan Gushin Nikolayevich, selaku Chairman of the Committee for the Protection of Cultural Heritage Sites of The Republic of Tatarstan, sebuah negara bagian dari Federasi Rusia.

Kabag Humas dan Kerja sama Wali Nanggroe, M. Nasir Syamaun mendampingi langsung Wali Nanggroe selama kunjungan di Rusia. Selain itu juga ada Ketua Umum Partai Aceh, Muzakir Manaf, Staf Khusus Wali Nanggroe Kamaruddin Abu Bakar, dan Dr. M. Raviq.

“Upaya kerja sama dalam hal perlindungan heritage dengan Tatarstan dilakukan karena negara bagian Rusia mayoritas penduduknya umat muslim tersebut memiliki banyak heritage, atau peninggalan sejarah dan budaya, yang masuk dalam daftar situs warisan UNESCO,” kata M. Nasir, dalam keterangannya diterima acehkini, Senin (31/10/2022).

Di awal pertemuan, kepada Ivan, Wali Nanggroe sedikit mengulas sejarah Aceh, dari mulai masa kedatangan Portugis, Belanda, Jepang, konflik bersenjata dengan Pemerintah Republik Indonesia, hingga bencana tsunami tahun 2004, dan status Aceh sebagai daerah khusus dalam Negara Republik Indonesia. “Dari yang saya perhatikan, historis Islam di Aceh sama umurnya dengan Republik Tatarstan,” kata Wali Nanggroe di awal pertemuan.

Dengan sejarahnya panjang, dan keanekaragaman budaya, Aceh sebenarnya memiliki banyak warisan sejarah dan kebudayaan. Namun karena perang dan bencana tsunami, banyak dari warisan tersebut hancur atau hilang. “Tatarstan sangat baik dalam menjaga heritage, kami ingin mempelajari bagaimana upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat di sini,” kata Wali Nanggroe.
Kepada Ivan, Wali Nanggroe mengakui, di Aceh masih sangat kurang tenaga ahli dalam bidang perlindungan maupun restorasi heritage. Oleh karena, ia menyampaikan keinginan untuk mengirimkan pelajar ke Tatarstan atau mengundang para ahli untuk datang ke Aceh.

Menanggapi penyataan Wali Nanggroe, Ivan mengatakan bahwa di tahun 2021 lalu, Tatarstan memperingati 1.100 tahun datangnya Islam. Di Tatarstan, ada lebih dari 5.000 objek heritage, dan 3.000 di antaranya merupakan heritage arkeolog.

Untuk melindungi dan merestorasi heritage yang ada, Pemerintah Tatarstan membentuk sebuah komite. Selain itu, Tatarstan juga memiliki Institute Arkeologi yang memiliki sekitar 60 orang ahli di bidang masing-masing. “Sama seperti di Aceh, kita juga memiliki masa-masa sulit, yaitu pada saat Soviet Union dan perang dunia kedua, kita kehilangan banyak sekali heritage bersejarah,” cerita Ivan.

Untuk merestorasi situs-situs sejarah yang hancur, Pemerintah Tatarstan memberlakukan aturan ketat. Di mana hanya perusahaan yang telah memiliki lisensi yang boleh melakukan kegiatan restorasi. “Sangat sulit untuk mendapatkan lisensi tersebut,” tegas Ivan.

Pemerintah Tatarstan telah banyak melakukan restorasi situs-situs bersejarah, seperti masjid, dan katedral. Ivan mengakui, proyek restorasi bukan pekerjaan mudah, karena itu dibutuhkan banyak ahli dalam upaya tersebut. “Karena itu kita punya sekolah khusus restorasi. Hanya ada sekitar 15 perusahaan yang memiliki lisensi restorasi. Tanpa lisensi ini, mereka tidak bisa melakukan kegiatan restorasi,” tambah Ivan.

Terkait rencana pengiriman pelajar dari Aceh ke Tatarstan, hal itu kata Ivan sama sekali tidak tertutup kemungkinan. Dan terkait rencana untuk mendatangkan para ahli dari Tatarstan ke Aceh, ia mengapresiasi rencana tersebut.

Ivan juga menyampaikan terima kasih atas kunjungan delegasi Aceh yang dipimpin Wali Nanggroe ke negaranya. Ia mengaku senang mendengarkan pemaparan sejarah Aceh yang disampaikan Wali Nanggroe. Hal itu menjadi pengetahuan keilmuan baru bagi dirinya.

Bahas Kerja Sama Pendidikan
Wali Nanggroe Aceh dan rombongan juga melakukan pertemuan dengan Kementerian Pendidikan Republik Tatarstan, membahas tindak lanjut kerja sama. Di Kantor Kementerian Pendidikan Tatarstan, Wali Nanggroe disambut langsung oleh oleh Andrey Fjodorov Alekseyevich, Head of Vocational Education Department, Ministry of Education of The Republic of Tatarstan.

“Aceh memiliki letak yang sangat strategis, sumber daya alam mulai dari minyak, gas dan mineral lainnya, serta lahan pertanian yang subur dan alam yang indah,” sebut Tgk Malik.

Namun, saat ini Aceh masih minim Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mengolah semua kekayaan alam itu menjadi produk siap pakai, bukan hanya eksplorasi bahan baku. Oleh karena, sesuai komitmen yang telah dibicarakan sebelumnya dengan Kedubes Federasi Rusia di Jakarta, Aceh akan mengirimkan para pelajar untuk menempuh pendidikan di berbagai bidang di Rusia, termasuk di Tatarstan.

“Kami tahu, Tatarstan cukup baik dalam bidang perminyakan, gas, industri, tata ruang, dan olahraga,” sebut Wali Nanggroe.

Karena itu, tambah Wali Nanggroe, Aceh akan mengirimkan para pelajar untuk belajar di Rusia, dengan tujuan agar kekayaan alam yang dimiliki Aceh dapat diolah sendiri oleh putra-putri Aceh.

“Kira-kira ada berapa pelajar yang rencananya akan dikirim?” tanya Andrey Fjodorov Alekseyevich menanggapi penyampaian Wali Nanggroe.

“Itu tergantung kuota yang disepakati,” sahut Wali Nanggroe.

Andrey menjelaskan, Tatarstan memiliki Kazan Federal University (KFU), telah berdiri sejak tahun 1804. Ada banyak jurusan yang ada di KFU, mulai dari Institute Minyak dan Gas, dan Fakultas Geologi.

Sedangkan untuk bidang pertanian, Tatarstan memiliki Universitas tersendiri. Begitu pula dengan bidang olahraga, juga memiliki universitas tersendiri yang tersedia banyak jurusan. “Di Universitas Pertanian Kazan, ada banyak lulusan di sana yang kini menjadi pimpinan di Republik Tatarstan, seperti Presiden Tatarstan sekarang dan presiden sebelumnya,” kata Andrey.

Di akhir pertemuan, Andrey menyerahkan buku mengenai Sejarah Pendidikan Republik Tatarstan kepada Wali Nanggroe. Dan Wali Nanggroe menyerahkan plakat Cap Sikureng kepada Andrey. [Acehkini/Kumparan]


Banda Aceh -
Irwandi Yusuf akhirnya pulang ke Aceh usai bebas bersyarat dari Lapas Sukamiskin, Bandung. Kepulangan mantan Gubernur Aceh ini disambut keluarga dan relawan.

Irwandi Yusuf berjanji akan menjalankan dengan baik ketentuan pembebasan bersyarat dirinya.

"Saya tidak bisa banyak beraktivitas, karena saya bebas bersyarat, jangan sampai saya langgar syarat," kata Irwandi melansir Antara, Minggu (30/10/2022).

Irwandi mengaku diwajibkan melapor sebulan sekali, baik datang langsung ke Balai Pemasyarakatan (Bapas) Jawa Barat, atau bisa melalui video call.

Dirinya juga diharuskan datang mengikuti setiap kegiatan penting yang dilaksanakan di Bapas tersebut.

Selain itu, ia tidak boleh melanggar hukum dan harus berperilaku baik sesuai ketentuan yang diberikan dari pembebasan bersyarat tersebut.

"Saya tidak boleh melanggar hukum, kalau melanggar dipanggil lagi, dan PB (pembebasan bersyarat) bakal batal," jelasnya.

Dirinya mengaku akan tetap aktif mengurus DPP PNA yang diketuainya saat ini, serta bersedia mengikuti rapat-rapat partai.

"Hak politik saya yang dicabut itu dipilih dan memilih lima tahun sejak keluar. Kalau kerja tetap seperti biasa," jelasnya.

Diketahui, Irwandi Yusuf ditangkap KPK sekitar Juli 2018. Ia terbukti melakukan tindak pidana korupsi dana otonomi khusus Aceh (DOKA) tahun anggaran 2018.

Mahkamah Agung pada putusan kasasi menjatuhkan hukuman tujuh tahun penjara dan denda Rp 300 juta serta subsider tiga bulan kurungan.

Sejauh ini Irwandi Yusuf telah menjalani hukuman penjara di Sukamiskin selama kurang lebih empat tahun sejak putusan inkrah.[Suara.com]


StatusAceh.Net -
Akibat hujan deras yang terus mengguyur wilayah Kabupaten Aceh Timur dan mengakibatkan meluapnya air sungai subuh tadi sekira pukul 04:15 WIB (31/10), sehingga menyebabkan terjadinya banjir luapan yang merendam rumah-rumah warga.

Kejadian ini terjadi tepatnya di Gampong Pante Kera dan Gampong Batu Sumbang di Kecamatan Simpang Jernih. Selain itu banjir juga terjadi di Gampong Jering, Kecamatan Serbajadi, Kabupaten Aceh Timur. Korban terdampak di Gampong Pente Kera berjumlah 50 KK, dan di Gampong lainnya masih dalam pendataan. Jumlah Pengungsi di Gampong Pante Kera sebanyak 50 KK dan lainnya juga masih dalam pendataan.Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

BPBD Kabupaten Aceh Timur telah berkoordinasi dengan pihak Gampong, Kecamatan dan Instansi Terkait mengenai banjir yg terjadi di daerah tersebut. BPBD juga telah mengerahkan personel untuk siaga di lokasi kejadian. Kondisi terakhir di lapangan air belum surut dan di Kecamatan Simpang Jernih debit air terus bertambah hingga saat ini.

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.