2018-04-22

Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Bambang Tri Banda Aceh Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bireuen Bisnis BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya Cuaca Cut Meutia Dana Bos Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Fito Foto FPI Gampong Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan History Hotel Hukum HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Irwandi-Nova Irwndi Yusuf IWO Jaksa Jejak JKMA Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malware WannaCry Masjid Mitra Berita Motivasi Motogp Mudik MUI Musik Nanang Haryono Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patroli Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh PKI PLN PNL Polisi Politik Poso PPWI Presiden Pungli Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebriti Senator Sosok Sport Sumatera Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TNI Tokoh Tsunami Aceh Ulama Vaksin MR vid Video vidio Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA


Jakarta- Industri kerajinan memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap perekonomian nasional. Salah satunya melalui sumbangsih nilai eskpor dari produk kriya nasional pada tahun 2017yang mencapai USD776 juta, naik dibandingkan tahun 2016 sebesar USD747 juta.

“Dalam pengembangan industri nasional, industri kerajinan merupakan salah satu industri prioritas yang menghasilkan produk bernilai tambah tinggi dan berdaya saing global,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada acara Inacraft Award 2018 di Jakarta, Jumat (27/4).

Menperin menyambut positif penyelenggaraan Inacraft, di mana tahun ini diikuti sebanyak 1700 pelaku usaha, merupakan potensi yang baik bagi upaya memacu perekonomian secara inklusif atau melibatkan masyarakat banyak. “Industri kerajinan tangan atau handicraft merupakan salah satu sektor kekuatan ekonomi bangsa kita. Apalagi, banyak anak muda terlibat dan menghasilkan produk menarik,” ujarnya.

Menurut Airlangga, kekuatan industri kerajinan nasional terletak pada sumber bahan baku alami yang melimpah dengandidukung oleh keragaman corak dan keahlian perajin yang sudah membudaya. “Selain itu, pelaku industri kerajinan kita tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia dengan jangkauan pasar yang terus meningkat,” tuturnya.

Guna terus meningkatkan kinerja industri kerajinan di Tanah Air,Kementerian Perindustrian telah punya berbagai program yang dijalankan, antara lainpeningkatan kemampuan sumber daya manusiaserta mendorong penggunaanteknologi terkini dalam upaya menciptakan kreativitas dan inovasi produk.

Contohnya, kegiatan itu dilakukandi Bali Creative Industry Center (BCIC), sebagai salah satu pusat inovasi yang dimiliki oleh Kemenperin untuk membangun ekosistem industri kreatif. “BCIC menjadi pusat pengembangan riset teknologi, desain, seni, budaya dan inovasi agar menjadi komunitas kreatif yang unggul. Banyak generasi muda yang kumpul sehingga bisa buat regenerasi perajin,” paparnya.

Sebagai bagian dari rantai pasok dunia atauglobal supply chain, industri kerajinan juga perlu terus meningkatkan peran generasi muda dalam berinovasi, penguasaan teknologi terkini, dan pengetahuan akan isu global tentang teknologi proses industri yang lebih efektif, efisien, dan eco friendly product.

“Untuk itu pelaku industri kreatif bidang kerajinan semakin dituntut untuk tidak hanya mampu bersaing secara sehat di pasar negeri sendiri serta unggul dari barang impor, namun juga diharapkan dapat memenuhi pasar mancanegara,” ungkap Menperin.

Pelaksanaan Inacraft, yang mampu menarik banyak buyer dari luar negeri, menjadi kesempatan bagi pelaku industri kecil dan menengah (IKM) sektor kerajinan ini untuk mempromosikan produknya sekaligus memperluas pasar untuk ekspor. “Dalam tiga hari ini, kami mendapatkan laporan, sebanyak 75 ribu pengunjung yang datang, dan meraih omzet sebesar Rp47 miliar dalam dua hari. Ini capaian yang luar biasa, menunjukkan minat masyarakat yang cukup tinggi,” jelasnya.

Airlangga berharap, karya-karya yang dihasilkan para pelaku IKM kerajinan nasional dapat terus inovatif, kompetitif dan sesuai kebutuhan pasar. “Maka itu,perlu diberikan apresiasi kepada para pengrajin yang secara terus-menerus menekuni bidang kerajinan yang produknya mampu bersaing dalam kompetisi global,” imbuhnya.

Menperin menilai, Inacraft Award dapat menjadi wadah untuk perwujudan apresiasi kreativitas, inovasi desain dan juga menjadi upaya untuk meningkatkan iklim kompetitif. Hal ini memicu perkembangan lahirnya inovasi produk baru yang unggul di bidang kriya dari para pengrajin Indonesia yang dinilai oleh para pakar atau praktisi di sektor kerajinan.

“Kamiberharap, Inacraft Award menjadi sarana bagi para pengrajin untukmeningkatkan keterampilan, menambah wawasan, dan terus berinovasi terutama dengan menggunakan sumber daya alam yang banyak tersebar di Indonesia agar dapat bernilai tambah tinggi,” tutur Menteri Airlangga.

Tombak ekonomi

Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Gati Wibawaningsih menyampaikan, saat ini IKM kerajinan menjadi salah satu tombak ekonomi kerakyatan yang tahan krisis ekonomi global. “Meski krisis keuangan melanda dunia, produk kerajinan nasional tetap laku dan berdiri kokoh sebagai salah satu penyumbang komoditas ekspor terbesar di Indonesia,” ungkapnya.

Menurut Gati, pembeli atau peminat produk kerajinan nasional sebagian besar berasal dari berbagai kalangan di dalam maupun luar negeri. “Mereka menghargai nilai tambah dari produk lokal yang mencangkup aspek seni, budaya dan sejarah,” ujarnya.

Berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2015 yang diolah Ditjen IKM Kemenperin, sebanyak 695 ribu unit usaha untuk sektor IKM kayu, barang dari kayu dan gabus (tidak termasuk furnitur), serta produk anyaman dari rotan, bambu dan sejenisnya. “Setiap tahunnya, nilai tambah IKM di sektor ini terus melonjak naik. Pada tahun 2014 nilai tambah sekitar Rp25,356 triliun, naik menjadi Rp26,743 triliun tahun 2015,” sebut Gati.

Dirjen IKM juga mengatakan, pameran Inacraft telah membuka peluang besar bagi para pengrajin untuk memperluas akses pasar dan mengembangkan jaringan pemasaran hingga kemanca negara. “Dengan demikian prioritas utama peningkatan industri kerajinan dalam negeri dapat terpenuhi dan terfasilitasi dengan baik,” jelasnya.

Dalam memfasilitasi perluasan produk IKM, Kemenperin telah mengajak pelaku IKM untuk ikut serta dalam program e-Smart IKM. Melalui program ini, produk-produk IKM diharapkan dapat menjangkau pasar yang lebih luas termasuk ekspor dengan memanfaatkan teknologi digital.

Pada ajang Inacraft 2018, Kemenperin menyediakan booth sosialisasi program Ditjen IKM berupa Klinik Pengembangan Desain Kemasan dan Merek dan Klinik Hak Kekayaan Intelektual (HKI). “Di booth ini, para pengunjung bisa berkonsultasi terkait kemasan yang tepat untuk produknya, serta mendapatkan ilmu tentang desain merek produk IKM yang baik,” ucapnya.

Gati berharap, kualitas produk IKM nasional semakin meningkat, baik dari segi kemasan, desain,  serta labelling. Sedangkan, di booth Klinik HKI, pengunjung bisa berkonsultasi mendapatkan informasi tentang layanan maupun perlindungan tentang HKI, serta mendapatkan fasilitasi pendaftaran HKI dari Ditjen IKM Kemenperin.

Selain itu, Kemenperin juga memamerkan produk hasil karya BCIC. Dalam hal ini, Ditjen IKM menginisiasi kolaborasi yang melibatkan jajaran perancang terkemuka Indonesia sebagai motor penggerak inovasi, dengan kriyawan terkurasi sebagai penghasil dari kriya tersebut. “Sejak 2015, BCIC menjadi tempat berkumpul para wirausaha dan inkubator kreatif di bidang fesyen, kriya, dan animasi,” ungkapnya.

Dengan meningkatnya kreativitas pelaku usaha dalam mengembangkan desain dan kualitas produknya, Gati meyakini, dapat pula meningkatkan nilai tambah dan daya saingnya. Sehingga pelaku IKM kerajinan dapat lebih mengembangkan eksistensinya baik di kancah nasional maupun internasional.

“Semoga pameran ini dapat memberikan sumbangsih kepada seluruh peserta untuk meningkatkan produktivitas, mengedukasi dan merangsang pemahaman mereka dalam hal mempromosikan produk kerajinan secara aktif dan komprenhensif,” tuturnya.(Red/Rls)


Jakarta- Kementerian Perindustrian menargetkan pemberlakuan Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk produk pelumas otomotif bisa diterapkan pada Juni 2018. Saat ini tengah dilakukan proses pengkajian oleh Organisasi Perdagangan Dunia atau World Trade Organization (WTO).

“Setelah standar tersebut disetujui WTO, peraturannya sudah bisa diteken oleh Menteri Perindustrian,” kata Dirjen Industri Kimia Tekstil dan Aneka (IKTA) Kemenperin, Achmad Sigit Dwiwahjono pada acara workshop yang diselenggarakan oleh Forum Wartawan Industri (Forwin) di Bogor, Jumat (27/4).

Menurut Sigit, proses reviewdi WTO tersebut akan memakan waktu tiga bulan. “Nah, sekarang sudah memasuki bulan kedua. Kalau tidak ada sanggahan, seharusnya bulan depan sudah bisa diterapkan SNI pelumas ini, atau paling lambat sekitar bulan Juni,” tuturnya.

SNI akan dibrlakukan untuk produk pelumas dalam negeri maupun impor. Tujuannya untuk melindungi konsumen dan produsen dari peredaran pelumas yang tidak berstandar di pasar domestik. “Indonesia menjadi pasar yang potensial untuk produk pelumas, apalagi seiring dengan pertumbuhan industri otomotif. Untuk itu, diperlukan jaminan kualitas,” tegasnya.

Sigit menambahkan, sebelum memberlakukan SNI tersebut, Kemenperin telah menggalakkan sertifikasi bagi laboratorium yang bisa melakukan uji kualitas pelumas dari sisi fisika dan kimia, serta laboratorium untuk uji performa. “Ini yang sedang kita siapkan,” imbuhnya.

Kemenperin mencatat, saat ini terdapat 44 produsen pelumas di dalam negeri, dengan kapasitas terpasang mencapai 2,04 juta kilo liter (KL) per tahun. Sementara kebutuhan pelumas dalam negeri mencapai 1,14 juta KL per tahun.

Direktur Industri Kimia Hilir Kemenperin Taufiek Bawazier menyampaikan, ada tujuh jenis pelumas otomotif yang akan diberlakukan SNI, yaitu pelumas motor bensin 4 tak kendaraan bermotor, pelumas motor bensin 4 tak sepeda motor, pelumas motor bensin 2 tak dengan pendingin udara, pelumas motor bensin 2 tak dengan pendingin air, pelumas motor diesel putaran tinggi, pelumas roda gigi transmisi manual dan gardan, serta pelumas transmisi otomatis.

PT Pertamina Lubricants sebagai salah satu produsen produk pelumas nasional, mendukung rencana pemerintah memberlakukan SNI wajib tersebut. Anak usaha PT Pertamina (Persero) ini menyebut pemberlakuan SNI akan memberikan dampak positif bagi konsumen maupun industri pelumas dalam negeri.

“Konsumen dan industri pelumas akan terlindungi dengan adanya SNI ini. Karena seperti kita tahu, industri pelumas memiliki tantangan harus mengeluarkan investasi dan membangun pabrik. Kalau tidak ada SNI, produk kami bersaing dengan pelumas palsu atau yang memiliki harga lebih rendah," papar Sekretaris Perusahaan PT Pertamina Lubricants Fitri Erika.

Sebagai anak usaha BUMN, Fitri mengaku, perusahaannya selalu mematuhi seluruh aturan pemerintah. "Bahkan sebelum diwajibkan oleh pemerintah, seluruh produk Pertamina Lubricants secara sukarela sudah kami daftarkan dan lakukan uji kualitas agar memenuhi standar pemerintah. Kami juga memiliki laboratorium sendiri yang memiliki sertifikasi untuk melakukan uji kualitas pelumas,” tuturya.

Ia juga memastikan produk-produk pelumas otomotif yang dibuat perusahaannya sudah memenuhi standar kualitas internasional. Hal tersebut menurutnya bisa terlihat dari diizinkannya Pertamina Lubricants memasarkan produk di 17 negara dunia, seperti Italia, Nepal, China, Kamboja, Jepang, Yaman, Afrika Selatan, Nigeria, Australia, dan beberapa negara Asia lainnya.

Wakil Ketua Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Sudaryatmo, merespons positif rencana pemberlakuan SNI produk pelumas otomotif tahun ini. "Bagi konsumen, SNI wajib itu penting karena ada jaminan kualitas produk yang mereka beli di pasaran. Dengan adanya SNI, konsumen tidak perlu pusing memilih produk yang terjamin kualitasnya," ungkapnya.(Red/Rls)

Komplek kondominium tempat tinggal ilmuwan Palestina Fadi Al-Batsh. Reuters
StatusAceh.Net - Polisi Malaysia mengonfirmasi menemukan mobil sewaan yang digunakan pelaku penembakan ilmuwan Palestina, Fadi Al-Batsh. "Kami telah mengidentifikasi pemilik (mobil) tetapi saya tidak dapat berkomentar lebih lanjut karena penyelidikan kami masih berlangsung," ujar kepala polisi Mohamad Fuzi Harun, seperti dikutip dari Straits Times, Jumat (27/4).

Pihaknya saat masih masih melacak siapa tersangka penembakan.

"Kami tidak yakin apakah para tersangka masih berada di negara itu atau tidak," kata Tan Sri Fuzi. "Saya sudah meminta Interpol untuk membantu penyelidikan kami, dan kami telah menghubungi teman-teman kami di wilayah itu untuk membantu," kata Inspektur Jenderal Polisi pada konferensi pers.

Telah dilaporkan bahwa mobil buatan lokal ditemukan pada Kamis pagi di daerah Kuala Lumpur.

Polisi sebelumnya menyebutkan, ada dua pria menggunakan helm full face mengendarai sepeda motor bertenaga tinggi. Telah menunggu selama 20 menit sebelum menembak Albatsh saat akan menunaikan ibadah salat subuh pada 21 April lalu.

Al-Batsh adalah seorang akademisi Palestina berusia 35 tahun, yang juga merupakan anggota Hamas.

Keluarga dan Hamas telah menuduh agen mata-mata Mossad Israel di balik penyerangan ini. Tetapi Israel telah membantah tuduhan tersebut.| Merdeka.com

Rendra Hadi Kurniawan
StatusAceh.Net - Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Jawa Timur, telah menetapkan Rendra Hadi Kurniawan sebagai tersangka. Bahkan, penghina Nabi Muhammad ini juga telah dijebloskan ke tahanan.

Menurut Kepala Bidang Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera, Rendra ditetapkan sebagai tersangka karena penyidik sudah mendapatkan alat bukti kuat ujaran kebencian yang dilakukan Rendra melalui media sosial, Facebook.

"Setelah ditangkap tadi di rumahnya di Desa Gedangan, Sidoarjo, tersangka langsung ditahan dan penyidik sudah punya alat buktinya," kata Frans, Kamis, 26 April 2018.

Frans menuturkan, penyidik untuk sementara ini memastikan Rendra dalam kondisi normal alias tidak mengalami gangguan kejiwaan. Bahkan, dipastikan dia dalam kondisi sadar dan sehat saat merekam kata-kata penghinaan.

"Kalau dia gila mana mungkin nyetir mobil sambil selfie dan merekam (video)," katanya.

Rendra diringkus setelah polisi mendapatkan laporan dari masyarakat. Selain itu, video penghinaan yang dilakukan Rendra, sangat meresahkan masyarakat.

"Tim dari Cyber Crime Polda Jatim dan Polres Mojokerto bergerak cepat menangkap dan menahan tersangka RH setelah videonya menghina Nabi-nya umat Muslim viral di media sosial," kata Frans.

Rendra menghina Nabi Muhammad dan umat Islam melalui akun Facebook pribadinya. Penghinaan itu disebarkannya melalui sejumlah rekaman video.

Dalam video yang menyebar ia menyampaikan kata-kata bernada hinaan kepada Nabi Muhammad saat mengemudi mobil. Selain Rasulullah, ia juga memelesetkan sebutan ulama, 'Syekh' dengan 'Syekhtan'.

"Nabi Muhammad itu nabi penutup zaman, tapi dia manusia, manusia yang akhlaknya di Arab. Enggak ada kebagusan dia, enggak ada. Dia itu pelakor," ucap Rendra dalam video. Postingan tersebut sontak membuat marah warganet. | Vivanews

Lihat video berikut:

Tim Satuan Tugas Khusus Polri, Polda Aceh, BNN, TNI dan warga melakukan pemusnahan ribuan batang ganja siap panen yang ditemukan di lahan seluas 9 hektar yang berada di Pegunungan Indrapuri dan Lam Teuba, Kabupaten Aceh Besar, Kamis (26/4/2018). Pemusnahan dilakukan secara langsung di lokasi dengan cara mencabut batang ganja yang kemudian dibakar.. (KOMPAS.com/RAJA UMAR)
Aceh Besar - Tim Satuan Tugas Khusus Polri memusnahkan ribuan batang ganja yang ditemukan di lahan seluas 9 hektar yang berada di Pegunungan Indrapuri dan Lam Teuba, Kabupaten Aceh Besar.

Ladang tersebut berada sekitar 4 kilometer dari permukiman warga. Untuk mencapainya, petugas harus berjalan kaki sekitar satu jam.

Pemusnahan dilakukan di lokasi dengan cara mencabut batang ganja kemudian dibakar.

“Dua lokasi ladang ganja seluas 9 hektar yang kita temukan di Indrapuri sekitar 4,9 hektar dan di Lamteuba 4,5 hektar. Dari 9,9 hektar ladang diperkirakan 7 hektar yang berisi tanaman ganja siap panen, “ kata Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, Kombes Suwando Nainggolan di Indrapuri, Kamis (26/4/2018).

Menurut Suwando, pemusnahan tanaman ganja itu untuk memutus mata rantai peredaran narkoba jenis ganja langsung dari hulu. Karena hasil penangkapan ganja selama ini di wilayah Polda Metro Jaya berasal dari Aceh Besar.

“Penemuan ladang ganja yang kami lakukan pemusnahan hari ini merupakan hasil pengembangan dari sejumlah tersangka yang kita tangkap di Jakarta,” tuturnya.

Setidaknya, sambung Suwando, pada tahun 2018 ini tim Reserse Narkoba Polda Metro Jaya menangkap 2 ton lebih ganja kering dari sejumlah tersangka dari Aceh Besar.

“Yang terakhir kita tangkap dari tersangka H, barang bukti ganja kering sebanyak 150 kilogram. Setelah dilakukan pengembangan, kita tangkap Z di Kabupaten Langsa. Kemudian satu orang DPO inisial A setelah kita selidiki asal ganja itu dari Aceh Besar,” sebutnya. | Kompas.com

Ilustrasi
SIGLI- Berbagai kegiatan di lIlustrasiaksanakan dalam menyambut hari jadi pemasyarakatan,mulai perlombaan hingga kegiatan sosial lainnya.

Namun lain lagi dengan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Sigli menjelang HUT PAS ke-54, Rutan Sigli digegerkan dengan aksi kabur seorang napi narkotika tanpa meninggalkan jejak,layaknya menghilang tanpa bekas.

Safrizal bin M. Jafar warga Gampong Udeung Pidie Jaya yang juga terpidana 7 tahun dalam kasus narkotika berhasil kabur dari rutan sigli tanpa meninggalkan bekas.

Dari informasi yang berhasil dihimpun redaksi, safrizal merupakan salahsatu napi yang selama ini menjadi tamping kantin dan telah menjalani masa pidana selama 2 tahun.

Terungkap pertama sekali raibnya napi tersebut sesaat sesudah apel serta serah terima piket penjagaan dari petugas malam pada petugas malam.

Namun entah bagaimana proses penghitungan jumlah penghuni dilksanakan oleh petugas sehingga menganggap tidak ada yang kurang namun beberapa saat kemudian baru diketahui ternyata jumlah penghuni kurang satu orang yakni safrizal.

Kepala Rutan Sigli Matrios Hutasoit yang dihubungi redaksi membenarkan terkait adanya napi yang kabur dari rutan sigli.

 “ Setelah kita periksa ke sekeliling rutan tidak ada tanda-tanda jejak pelarian,kita putar ulang CCTV juga tidak tampak,namun setelah turun pihak kepolisian kemarin ke TKP kita duga napi safrizal ini kabur dari gorong-gorong atau saluran pembuangan air ke luar rutan “,ungkap matrios yang dikonfirmasi melalui sambungan telpon selulernya, Rabu (26/4/2018).

Matrios mengatakan pihaknya telah melaporkan kepada pimpinan di kantor wilayah hukum dan HAM Aceh pada hari yang sama dan kemudian melaporkannya pada pihak Kepolisian yakni Polres Pidie.

“ Terkait  napi kabur ini hari itu juga saya lansung laporkan pada pimpinan dikantor wilayah serta laporkan pada polres pidie untuk dilakukan pencarian serta dilakukan penyelidikan terkait napi yang kabur.

Namun dalam hal ini pernyataan Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kumham Aceh Edi Hardoyo Bc.IP yang mengaku belum menerima laporan terkait adanya napi kabur di rutan sigli.

“ Belum ada laporan “,tulis kadivpas dalam grup FORMATPAS sesaat setelah redaksi pertanyakan dan informasikan adanya napi rutan sigli yang kabur.(Red/BPN)

Jakarta - Pemerintah telah menetapkan 10 langkah prioritas nasional dalam upaya mengimplementasikan peta jalan Making Indonesia 4.0. Dari strategi tersebut, diyakini dapat mempercepat pengembangan industri manufaktur nasional agar lebih berdaya saing global di tengah era digital saat ini.

“Revolusi industri keempat tidak bisa kita hindari. Untuk menghadapinya, kita sudah ada roadmap yang terintegrasi sehingga dalam mengembangkan industri manufaktur kita ke depan punya arah yang jelas,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto ketika memberikan kuliah umum yang diselenggarakan Para Syndicate di Jakarta, Kamis (26/4).

Kesepuluh inisiatif tersebut, pertama adalah perbaikan alur aliran barang dan material. Upaya ini akanmemperkuat produksi lokal pada sektor hulu dan menengah melalui peningkatan kapasitas dan percepatan adopsi teknologi. “Kami menyusun strategi sumber material secara nasional, yang diharapkan dapat mengurangi impor bahan baku maupun komponen dan memacu sumber daya alam kita agar bernilai tambah tinggi,” jelas Airlangga.

Langkah kedua, mendesain ulang zona industri. Dari beberapa zona industri yang telah dibangun di penjuru negeri, Indonesia akan mengop­timalkan kebijakan zona-zona industri tersebut dengan menyelaraskan peta jalan sektor-sektor industri yang menjadi fokus dalam Making Indonesia 4.0. “Jadi, kami lihat secara geografis, kemudian dari aspek transportasi, infrastruktur, dan lainnya sehingga kompre­hensif antar lintas sektor,” imbuhnya.

Ketiga, mengakomodasi standar-standar keberlanjutan. Indonesia melihat tantangan keberlanjutan sebagai peluang untuk membangun kemampuan industri nasional, seperti yang berbasis teknologi bersih, tenaga listrik, biokimia, dan energi terbarukan. “Oleh karenanya, Indonesia akan berusaha memenuhi persyaratan keberlanjutan itu di masa mendatang, dengan mengidenti­fikasi aplikasi teknologi dan peluang pertumbuhan ramah lingkungan, serta mempromosikan lingkungan yang kondusif,” papar Menperin.

Keempat, memberdayakanusaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Hampir 70 persen, pelaku usaha Indonesia berada di sektor UMKM. “Pemerintah berkomitmen untuk mendukung pelaku usaha UMKM dengan membangun platform e-commerce, yang juga bisa dimanfaatkan petani dan pengrajin. Kami juga akan membangun sentra-sentra teknologi dalam rangka meningkatkan akses UMKM terhadap akuisisi teknologi dan memberikan dukungan mentoring untuk mendorong inovasi,” tuturnya.

Upaya kelima, yaitumembangun infrastruktur digital nasional. Indonesia akan melakukan percepatan pembangunan infrastruktur digital, termasuk internet dengan kecepatan tinggi dan meningkatkan kemampuan digital melalui kerja sama antara pemerintah dengan publik dan swasta untuk dapat berinvestasi di teknologi digital seperti cloud, data center, security management dan infrastruktur broadband,” sebut Menperin.

Keenam, menarik minat investasi asing. Hal ini dapatmendorong transfer teknologi ke perusahaan lokal. “Untuk mening­katkan investasi, Indonesia akan secara aktif melibatkan perusahaan manufaktur global, memilih 100 perusahaan manufaktur teratas dunia sebagai kandidat utama dan menawarkan insentif yang menarik, dan berdialog dengan pemerintah asing untuk kolaborasi tingkat nasional,” paparnya.

Ketujuh, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Menurut Menperin, SDM adalah hal yang penting untuk mencapai kesuksesan pelaksanaan Making Indonesia 4.0. “Indonesia berencana untuk merombak kurikulum pendidikan dengan lebih menekankan pada Science, Technology, Engineering, the Arts, dan Mathematics (STEAM), serta meningkatkan kualitas sekolah kejuruan,” ujarnya.

Kedelapan, pembangunan ekosistem inovasi.Pemerintah akan mengembangkan cetak biru pusat inovasi nasional, mempersiapkan percontohan pusat inovasi dan mengoptimalkan regulasi terkait, termasuk di antaranya yaitu perlindungan hak atas kekayaan intelektual dan insentif fiskal untuk mempercepat kolaborasi lintas sektor diantara pelaku usaha swasta atau BUMN dengan universitas.

Kesembilan, insentif untuk investasi teknologi.Pemerintah akan mendesain ulang rencana insentif adopsi teknologi, seperti subsidi, potongan pajak perusahaan, dan pengecualian bea pajak impor bagi perusahaan yang berkomitmen untuk menerapkan teknologi industri 4.0. Selain itu, Indonesia akan meluncurkan dana investasi negara untuk dukungan pendanaan tambahan bagi kegiatan investasi dan inovasi di bidang teknologi canggih.

Dan, langkah kesepuluh adalah harmonisasi aturan dan kebijakan. Indonesia berkomitmen melakukan harmonisasi aturan dan kebijakan untuk mendukung daya saing industri dan memastikan koordinasi pembuat kebijakan yang erat antara kementerian dan lembaga terkait dengan pemerintah daerah.

Peringkat keempat dunia

Pada kesempatan yang sama, Menperin mengaku optimistis, Indonesia akan menjadi negara maju dalam beberapa dekade mendatang. Bahkan, Indonesia diprediksi bisa menembus peringkat keempat dunia sebagai negara dengan perekonomian terbesar pada tahun 2050.

“Proyeksi itu berdasarkan hasil dari survei yang dilakukan oleh beberapa lembaga riset kelas dunia. Jadi, Indonesia akan keluar dari middle income trap dan menjadi negara maju pada tahun 2030, dengan posisi ketujuh di dunia. Dilanjutkan, tahun 2050, Indonesia akan mampu naik peringkat menjadi keempat di dunia. Ini momentum 100 tahun pascakemerdekaan,” paparnya.

Airlangga menjelaskan, target tersebut bakal tercapai apabila Indonesia bisa mamanfaatkan adanya bonus demografi pada tahun 2020-2030. Dengan dominannya jumlah penduduk yang berusia produktif, pemerintah berupaya untuk meningkatkan kompetensi mereka melalui berbagai program pendidikan dan pelatihan vokasi yang sesuai kebutuhan dunia industri saat ini.

“Dengan banyaknya jumlah penduduk yang ada di Indonesia, merupakan suatu berkah yang harus dimaksimalkan dan disyukuri," ujarnya. Airlangga meyakini, melalui pelaksanaan 10 prioritas nasional di dalam peta jalan Making Indonesia 4.0, dapat mengakselerasi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Menperin juga memastikan, Making Indonesia 4.0 juga memprioritaskan pengembangan industri kecil dan menengah (IKM). Hal ini yang membuat Presiden Joko Widodo antusias dan optimistis terhadap penerapan Revolusi Industri 4.0. “Pak Jokowi tanya bagaimana kita sikapi ekonomi digital ini? Saya katakan, kita punya program untuk dorong IKM,” terang Airlangga.

Agar IKM nasional memanfaatkan teknologi digital, Kemenperin telah membuat fasilitasnya melaluie-Smart IKM.Hingga saat ini sebanyak 1.730 pelaku IKM telah mengikuti workshop e-Smart IKM.Sampai tahun 2019, Kemenperin menargetkan dapat mengajak10 ribu pelaku IKMseluruh Indonesia untuk mengikuti lokakarya tersebut.

Menperin menegaskan, di era digital saat ini, hal yang terpenting itu adalah harus melakukan inovasi. Dalam hal ini, Kemenperin tengah berupaya membangun ekosistem inovasi melalui kolaborasi lintas sektor, di antaranya melibatkan pihak pemerintah, akademisi, dan pelaku industri.

Maka itu, dalam upaya membangun kemampuan inovasi, diharapkan peran dari lembaga litbang yang ada di seluruh Indonesia dapat menjadi penyokong utama terbentuknya ekosistem inovasi yang melahirkan riset-riset berkualitas dan memberi manfaat bagi industri nasional.(Rill)

Banda Aceh - Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, mengajak para calon yang bakal bertarung dalam Pilkada serentak di 3 daerah pada 20 Juni 2018 mendatang untuk menghindari segala bentuk pelanggaran yang berbau korupsi.

"Kita sudah berkomitmen untuk jalannya Pilkada yang berintegritas. Khusus pelanggaran hukum yang berbau korupsi, kita hari ini komitmen untuk sama-sama hindari," kata Wagub Nova dalam Pembekalan Anti Korupsi dan Deklarasi LHKPN Pasangan Calon Kepala Daerah se-Aceh, di Gedung Serbaguna Setda Aceh, Kamis (16/04/2018).

Pembekalan tersebut dikuti oleh para pimpinan Parpol, Komisioner KIP Aceh dan kabupaten/kota serta seluruh pasangan calon kepala daerah dari Pidie Jaya, Aceh Selatan dan Kota Subulussalam.

Wagub Nova mengharapkan, pilkada di tiga daerah tersebut tidak diwarnai politik uang dan harus berintegritas. Untuk itu, ia mengimbau masyarakat, pejabat pemangku kepentingan serta seluruh calon untuk melangsungkan pilkada dalam balutan religi dan persaudaraan yang tinggi.

Saat ini, kata Wagub, antusias masyarakat menyambut pilkada begitu tinggi. Tren partisipasi masyarakat juga meningkat.

"Tanggung jawab kita agar pilkada damai dan nyaman. Dengan demikian masyarakat dapat memilih pimpinan secara bebas dan demokratis tanpa ada tekanan apapun," kata Nova.

Kepada penyelenggara Pilkada, Wagub Nova meminta agar tidak berpihak pada salah satu calon, demi terciptanya pilkada yang jujur adil dan berkualitas sehingga pemimpin yang lahir adalah pemimpin yang berintegritas.

Sementara itu, Plt Sekretaris BNPP, Widodo Sigit Pudjiantoro, membaca sambutan Menteri Dalam Negeri, menyebutkan praktik demokrasi santun dan beretika akan membuat pilkada berlangsung damai dan tertib. Sigit meminta para calon kepala daerah untuk menghindari praktik politik identitas dan menerapkan konsep perspektif perdamaian di kalangan masyarakat.

Dia juga meminta agar para calon kepala daerah tidak memainkan politik uang. Bagi masyarakat pun, nilai yang diterima dari calon tidak sebanding dengan apa yang nantinya didapat dalam 5 tahun.

"Bangun harkat martabat dengan moralitas yang baik," kata Sigit.

Sigit menambahkan, ada tiga aspek penguatan yang bisa menekan korupsi. Pertama adalah pada proses perencanaan dan penganggaran, pengelolaan APBD dan pemberian perizinan.

"Seluruh kepala daerah saya minta jangan bermain-main dengan proses perizinan. Korupsi itu menyengsarakan rakyat," kata Sigit.

Bentuk Korwil di Aceh

Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang menyebutkan lembaga KPK akan membentuk koordinator wilayah di semua daerah di Indonesia, salah satunya di Aceh. "Nantinya akan ada yang memperhatikan Aceh setiap harinya," kata Saut.

Bukan hanya pada pelaksanaan pilkada, KPK menegaskan pihaknya akan memperhatikan setiap pintu yang bisa menjadi celah terjadinya praktik korupsi. Salah satu yang bakal dilihat dengan serius adalah pada perizinan. "Korwil nanti akan mengamati detail di daerah."

Khusus pada pelaksanaan pilkada, Saut berpesan agar para calon menghindari politik uang. Apalagi setiap tahunnya banyak pejabat daerah yang terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK. Saut menyebutkan saat ini rakyat memiliki hati nurani dan dapat menilai pemimpin yang baik. [Rill]

Foto: Lokasi sumur minyak di Aceh Timur yang meledak dan terbakar (Istimewa/Sutopo PN)
Aceh Timur - Meledaknya sumur minyak ilegal di wilayah Aceh Timur menewaskan 21 orang. Selain itu 38 orang masih dirawat di rumah sakit karena mengalami luka bakar berat.

"Ada 21 orang meninggal dunia, 38 orang luka," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis (26/4/2018).

Sutopo menyebut sebanyak 55 kepala keluarga (KK) yang terdiri dari 198 jiwa juga mengungsi dari sekitar lokasi.

Api sendiri sudah padam pukul 05.00 WIB tadi. Namun gas, campuran air dan minyak masih terus keluar dari lubang sumur minyak ilegal yang berlokasi di wilayah Desa Pasir Putih, Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, Aceh.

Sutopo menambahkan, pemerintah Aceh telah memberikan bantuan kepada korban. Di antaranya peralatan dapur, perlengkapan makan, paket kesehatan keluarga, tikar, selimut, dan lainnya.

Personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, BKSDA, pemadam kebakaran dan unsur lainnya masih berada di lokasi melakukan penanganan. | detik.com

Gatot Nurmantyo. (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta - Nama mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo disebut berkomunikasi ke beberapa partai untuk memuluskan langkahnya di 2019. PAN adalah salah satu partai yang sudah menjalin lobi dengan Gatot terkait Pilpres 2019.

"Gatot adalah salah satu nama yang dibicarakan di DPP. Dari beberapa nama yang dibicarakan, yang akan kami dukung nanti di pemilihan presiden 2019, nama Pak Gatot memang salah satu nama," ujar Waketum PAN Bara Hasibuan di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (26/4).

Namun, Bara memastikan partainya belum memutuskan siapa yang akan didukung di 2019. Menurut dia, segala kemungkinan masih bisaa terjadi. Termasuk peluang terbentuknya poros ketiga.

"Keputusan finalnya, akhirnya ada di rakernas. Yang mudah-mudahan dilakukan setelah Idul Fitri," ujarnya.
Soal lobi dengan Gatot, Bara menjelaskan pertemuan dilakukan antara mantan KSAD itu dengan beberapa elite PAN. Pertemuan, kata dia, digelar secara informal.

"Pertemuan biasa, ketemu-ketemu saja. Kalau kita belum memutuskan kita kan menjalin hubungan dengan semua pihak. Kita harus mengeksplorasi segala kemungkinan dan itu harus dilakukan sambil penjajakan, kita dilobi," tuturnya.

Selain itu, Bara menekankan PAN masih membuka peluang bergabung dengan poros Prabowo atau Jokowi jika tidak tercipta kesepakatan dengan Gatot.

"Segala kemungkinan masih ada. Termasuk kemungkinan untuk mendukung Pak Jokowi lagi juga masih ada,  jadi belum ada sesuatu yang fix," pungkasnya. | Kumparan

Sidang vonis penyelundupan sabu di PN Jaksel (Foto: Jamal Ramdhan/kumparan)
Jakarta - Majelis Hakim Pengadilan Jakarta Selatan menjatuhkan hukuman mati bagi kelima terdakwa penyelundup 1 ton sabu di Anyer, Banten pada 13 Juli 2017 lalu. Dalam putusannya, hakim menilai para terdakwa telah terbukti secara sah melakukan tindak pidana dan melawan hukum.

Juang Jin Sheng, Sun Kuo Tai, Sun Chih Feng, Kuo Chun Yuan, dan Tsai Chih Hung berperan sebagai orang yang membawa sabu dengan menggunakan Kapal Wanderlust.

“Menjatuhkan pidana dengan pidana masing-masing dengan pidana mati dan memerintahkan terdakwa tetap di dalam tahanan,” ucap Hakim Haruno Patriadi saat membacakan putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (26/4).

Hal-hal yang memberatkan bagi terdakwa, Hakim menyebut perbuatan para terdakwa sangat bertentangan dengan program pemerintah yang saat ini tengah giat melakukan pemberantasan narkoba. 

“Perbuatan terdakwa juga dinilai dapat merusak generasi muda yang menjadi penerus bangsa Indonesia. Sementara untuk hal yang meringankan tidak ada,” kata Hakim.

Tim gabungan Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya mengamankan satu ton sabu yang disimpan dalam 51 kotak di kawasan Anyer pada Kamis, 13 Juli 2017. Sabu yang dikirim dari China ini dikendalikan oleh sindikat internasional yang dipimpin oleh Lin Min Hui yang tewas saat akan ditangkap.

Kedelapan terdakwa memiliki peran yang berbeda-beda. Liao Guan Yu, Chen Wei Cyuan, dan Hsu Yung Li, berperan menjemput barang bukti 1 ton sabu itu di Pantai Anyer yang telah divonis mati.

Sementara Juang Jin Sheng, Sun Kuo Tai, Sun Chih Feng, Kuo Chun Yuan, dan Tsai Chih Hung, berperan sebagai pihak yang berada di kapal Wanderlust yang berisikan sabu seberat 1 ton.| Kumparan

Aceh Timur - Ledakan di sumur minyak Gampong Pasir Putih, Kecamatan Ranto Peureulak sudah terjadi berulang-ulang. Maka, dari itu Bupati Aceh Timur, H. Hasballah HM.Thaib, meminta kepada PT Pertamina menutup sumur yang telah dibuka oleh masyarakat.

Begitu juga, kepada aparat penegak hukum untuk mengambil sikap dengan menertibkan sumur-sumur minyak illegal di Kecamatan Rantau Peurelak.

“Penyulingan minyak Ilegal ini telah menimbulkan korban jiwa dan sudah terjadi secara berulang-ulang,” sebut Rocky panggilan akrab H.Hasballah HM Thaib, saat meninjau ledakan dan kebakaran sumur minyak di Gampong Pasir Putih, Kecamatan Ranto Peureulak, Rabu (25/4).

Katanya, beberapa waktu lalu, kebakaran dilokasi penyulingan minyak mentah secara tradisional juga terjadi hingga menyebabkan sejumlah pekerja meninggal dunia, sehingga harus ditutup.

“Ini bukan sekedar minyak dan air yang keluar, tapi tekanan gas juga menjadi penyebabkan api sulit dipadamkan. Tapi kita sudah minta PT Pertamina EP Rantau, untuk segera melakukan penutupan sumur-sumur minyak yang dibukan secara illegal oleh masyarakat,” tegas Bupati.

Bupati Aceh Timur didampingi Wakil Bupati Aceh Timur Syahrul Bin Syamaun dan unsur Forkopimda Aceh Timur meninjau seluruh rumah sakit yang dirawat korban kebakaran. Bupati menjenguk satu persatu korban. Bahkan, Bupati juga meninjau lokasi ledakan yang masih mengeluarkan lidah api di lokasi penyulingan minyak mentah.(*)

Aceh Timur - Korban jiwa akibat ledakan dan kebakaran sumur minyak tradisional di Gampong Pasir Putih, Kecamatan Rantau Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, terus bertambah.

Data terbaru dari Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) sudah 21 orang dilaporkan tewas dalam insiden ini. Sedangkan yang luka berat dan ringan yang masih menjalani perawatan sebanyak 38 orang dan 55 Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah jiwa 198 orang harus mengungsi.

Sedangkan rumah yang terbakar akibat insiden itu sebanyak 5 unit. Berdasarkan laporan dari BPBA, api sudah mulai padam pada pukul 05.00 WIB, Kamis (26/4). Namun gas masih terus menyembur di sumur minyak yang terbakar itu.

Data yang diupdate oleh BPBA pada puku 08.30 Wib, daftar nama-nama korban yang meninggal dunia yaitu :

1. Nazarullah (30th), warga Gampong Pasi Putih
2. Afrizal (35th), warga Gampong Punti Payong
3. Era bin M. Siddiq (32th), warga Gampong Pasi Putih
4. Siti Hafizah (70th), warga Gampong Pasi Putih
5. Mak Wen (55th), warga Gampong Bhom Lama
6. Nini bin Abdul Wahab (32th), Gampong Bhom Lama
7. Riska Ardiansyah, Warga Pasi Putih
8. Eridansyah, Warga Alue Dua
9. Sudariyono, warga gampong Alue Batee
10. Putra Zubir, warga Bhom Lama
11. Dedi Saputra (25th), warga Ranto Peureulak
12. M.Rafi
13.Siti Rahya ( Pasi putih)
14. Muklis
15.M.Fariz
16.Riskal
17. Al-Husairi (21th), Kec. Ranto Peureulak
18. Adnan Saputra (30th)
19. M. Faisal Rizal (30), warga Kec. Peudawa
20. Ishak (48th), warga Kec. Ranto Peureulak
21. Zainal abidin (35), warga Gp. Pasi Putih

Sedangkan pemilik rumah yang ikut terbakar sebanyak 5 unit adalah :
1. Rumah milik Siti Hafizah (70th)
2. Rumah milik Zainabah (85th)
3. Rumah milik Ridwan Hutabarat (40th)
4. Rumah milik Maryani (60th)
5. Rumah milik Muhammad Yanis (45th)

Jumlah korban luka-luka 38 orang tersebar di tiga rumah sakit, yaitu :
Rumah Sakit Graha Bunda-Idi Rayeuk :
1. Julianta Putra (27th), warga Gp. Tanah Anoe-Idi Rayeuk
2. M. Nur (42th), warga Kec. peureulak barat
3. Yusri (36th), warga Kec. Pantee Bidari
4. Puta Maulana (28th), Kec Ranto Peureulak
5. Junaidi (33th), warga Kec. Peureulak Barat

Rumah Sakit Zubir Mahmud-Idi Rayeuk
1. Effendi hamid (50th), warga Kec Ranto Peureulak
2. Irnawan (34th), warga Kec. Ranto Peureulak
3. Agussalim (26th), warga Kec. ranto Peureulak
4. Burhanuddin (38th), warga Kec. Ranto Peureulak
5. Suheri (31th), Kec. Ranto Peureulak
6 Sapriyadi (25th), Kec. Peureulak Barat
7. Haikal Fikri (15th), Kec. Peureulak Barat
8 Jumadi Amin (40th), Kec. Peureulak barat
9. Junaidi (31th), Kec. Peureulak barat
10. Saudah (50th), Kec. Ranto Peureulak
11. Halimah (70th), Kec. Ranto Peureulak
12. Murniyati (37th), Kec. Ranto Peureulak
13. Fatahillah (12th), Kec. Ranto Peureulak
14 Rifki Mauliansyah (23th), Kec. Ranto Peureula
15. Muklis Rusli (42th), Kec. Peureulak barat
16 Agus Faizir (35th), Kec. Ranto Peureulak

RS Sultan Abdul Aziz-Peureulak
1. Akbar (18), warga Gp. Bhom Lama
2. M. Ridwan (21), warga Gp. Pasi Putih
3. Zainuddin (38), warga Gp. Leuge
4. Muksal Mina (24), warga Gp. Alue Rambong
5. Mahyuddin (18), warga Gp. Pasi Putih
6. M. Yusuf (40), warga Gp. Pasi Putih
7. Hafifuddin (36), warga Gp. Bhom Lama
8. Saiful (28), warga Gp. Awe Udep
9. M. Husin (35), warga Gp. Lubuk Pempeng
10. Sari Yulis (25), warga Gp. Tempen
11. Muhammad Yani, warga Pasi Putih
12. Radiati (25), warga Gp. Pasi Putih
13. M. faisal (18), warga Gp. Bhom Lama
14. Heri Herliza (19), warga Gp. Tanjung Tani
15. Umar hamzah (45), warga Gp. Beusa Beuranoe
16. M. Razi, warha gp. Alue Dua
17. Muklis (46), warga Gp. Alue Dua

Guberur Aceh, Irwandi Yusuf mengaku sudah mengambil langkah-langkah untuk melakukan penanganan insiden kebakaran sumur minyak tersebut. Dia telah mengintruksikan BPBA dan pihak terkait lainnya untuk melakukan penanganan.

"Untuk pengobatan kan ditanggung BPJS dan JKA, sebenarnya sudah pernah terjadi, tetapi tidak sedahsyat ini yang terjadi sekarang," kata Irwandi Yusuf.

Kata Irwandi, untuk melakukan pemadaman total, rencananya Pemerintah Aceh akan berkoordinasi dengan pihak terkait dan juga ahlinya untuk melakukan pengecoran pada lubang sumur minyak.

"Pemadaman mungkin perlu pengecoran dengan semen dan disiram dengan air enggak bisa," jelasnya.

Lanjutnya, Kepala Dinas ESDM Aceh sudah berkoordinasi dengan Pertamina untuk melakukan pemadaman dan mencegah terjadinya ledakan kembali. | Merdeka.com

,
Aceh Besar – Dalam rangka memeriahkan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 101 di Desa Aneuk Glee Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar, untuk itu Komando Distrik Militer (Kodim) 0101/BS menggelar pertandingan voli putra Cup.

Pertandingan tersebut akan berlangsung di lapangan voli baru yang merupakan salah satu sasaran pembangunan sarana olahraga yakni sebuah lapangan voli, dimana pengerjaannya telah diselesaikan beberapa waktu lalu oleh Satuan Penugasan (Satgas) TMMD Reguler ke 101.

Disamping untuk memeriahkan kegiatan TMMD ke 101 yang hingga saat ini masih berlangsung, pertandingan voli putra cup tersebut juga dimaksudkan untuk meningkatkan semangat dan prestasi pemuda desa di bidang olahraga khususnya voli.

“Tidak hanya untuk memeriahkan TMMD saja, pertandingan ini kami gelar, agar semangat dan prestasi pemuda desa di bidang olahraga lebih meningkat,” ungkap Kapten Inf Parianto selaku koordinator pertandingan.

Pertandingan voli putra cup yang akan berlangsung nanti, diikuti oleh perwakilan pemuda dari empat dusun di Desa Aneuk Glee yang diantaranya Dusun Indah, Rukun, Damai dan Maju dan masing-masing dusun membentuk dua buah tim.

“Tiap-tiap dusun di Desa Aneuk Glee membentuk dua tim perwakilannya. Jadi, ada delapan tim yang ikut bertanding nanti” terang nya.

Oleh karena itu, menjelang pertandingan tersebut, perwakilan dari tiap-tiap tim itu mengikuti Teahnical Meeting yang diadakan oleh panitia di Pos Komando (Posko) TMMD Reguler ke 101 guna membahas tentang mekanisme dan peraturan dalam pertandingan nanti, Rabu (25/04/18).

Dalam pembahasan Teahnical Meeting tersebut diperoleh hasil diantaranya yaitu, pertandingan akan dibuka oleh Danramil 04/Lhoong Mayor Inf Tri Handaya, S.IP selaku ketua panitia pada hari Kamis (26/04) sore dan akan berlangsung sampai dengan hari Minggu (29/04) mendatang.

“Pertandingan yang akan berlangsung selama empat hari ini akan dibuka langsung oleh ketua panitia Mayor Inf Tri Handaya, S.IP,” pungkas nya.(Rill)

LHOKSUKON - Seorang pria paruh baya asal Gampong Mon Geudong Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe kini harus mendekam dipenjara pasca ditangkap anggota Sat Res Narkoba Polres Aceh Utara atas kepemilikan satu paket sabu seberat 0.90 gram.

Pelaku yang berinisial TA, berusia 53 tahun itu diciduk polisi di Gampong Keude Sampoinit Kecamatan Baktiya Barat, Aceh Utara selasa kemarin (24/4/2018) pukul 10.30 WIB.

Kapolres Aceh Utara AKBP Ian Rizkian Milyardin, SIK melalui Kasat Res Narkoba AKP Ildani, SH, Rabu (25/4/2018) mengatakan penangkapan tersangka dilakukan berkat laporan yang diterima pihaknya dari masyarakat.

"Informasinya tersangka diduga akan melakukan transaksi narkoba, kemudian tim dilapangan bergerak ke TKP dan melakukan penggeledahan badan terhadap tersangka lalu ditemukan satu paket sabu yang dibawanya, lalu selanjutnya tersangka kita boyong ke Polres Aceh Utara guna pemeriksaan lebih lanjut." pungkas AKP Ildani,(Rill)

LHOKSUKON - Satuan Reserse Kriminal Polres Aceh Utara kembali mengamankan dua pelaku tindak pidana kehutanan, Rabu (25/4/2018). Mereka tertangkap basah tengah mengangkut 73 batang kayu hasil hutan tanpa dukomen di Gampong Alue Bungkoh Kecamatan Pirak Timu, Aceh Utara.

Pelaku berinisial TMZ (42) dan AH (33) keduanya merupakan warga asal Kecamatan Langkahan, Aceh Utara. Mereka kini sudah diamankan ke Mapolres Aceh Utara bersama satu unit truk cold diesel BL 8701 F yang digunakan untuk mengangkut kayu yang dimaksud untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"Para pelaku dapat dijerat dengan pasal 83 ayat (1) huruf (a) dan atau huruf (b) Undang-undang No.18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan". Ujar Kapolres Aceh Utara AKBP Ian Rizkian Milyardin, SIK melalui Kasat Reskrim Iptu Rezki Kholiddiansyah.

Iptu Rezki menjelaskan, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 83 ayat (1) ialah Orang perseorangan yang dengan sengaja sebagaimana diuraikan dalam huruf (a) dan (b) yakni memuat, membongkar, mengeluarkan, mengangkut, menguasai, dan/atau memiliki hasil penebangan di kawasan hutan tanpa izin serta mengangkut, menguasai, atau memiliki hasil hutan kayu yang tidak dilengkapi secara bersama surat keterangan sahnya hasil hutan.

"Dalam hal ini pelaku dapat terancam hukuman pidana penjara paling singkat 1 tahun dan paling lama 5 tahun serta denda paling sedikit Rp 500 juta dan paling banyak Rp2.5 miliar." pungkas Iptu Rezki.(Rill)

Aceh Timur - Empat korban meledak dan terbakarnya sumur minyak di Desa Pasir Putih, Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, Rabu dini hari, menjalani perawatan medis intensif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUDZA) Banda Aceh. Satu korban luka harus menjalani operasi.

Staf Humas RSUDZA Banda Aceh Anton Kuswarjanto di Banda Aceh, Rabu (25/4), mengatakan, empat korban tersebut dalam perawatan intensif tim dokter rumah sakit. "Korban saat ini sedang dalam penanganan medis oleh tim dokter. Seorang di antaranya segera menjalani operasi. Kondisi korban luka bakar," sebut dia.

Adapun, empat korban ledakan sumur minyak tersebut yakni Adnan Saputra (30), warga Mutiasa, Kabupaten Pidie dan Efendi Hamid (61), Rizki Maulansyah (23), dan Ishak Hardi (48). Ketiganya, warga Rantau Peureulak, Aceh Timur.

Anton menyebutkan, sebenarnya ada lima korban yang dirujuk ke RSUDZA Banda Aceh. Namun, dalam perjalanan korban meninggal dunia. Korban meninggal dunia atas nama Alhusairi (21), warga Punge Blangcut, Banda Aceh.

"Korban meninggal dunia di Saree, Aceh Besar saat dalam perjalanan. Korban sudah dibawa keluarganya," kata Anton Kuswarjanto menyebutkan.

Ditanya soal kondisi korban, Anton menyatakan dirinya tidak bisa menyampaikan bagaimana keadaan korban. Namun, korban dalam penanganan intensif akibat luka bakar.

"Nanti, direktur rumah sakit yang akan menyampaikan bagaimana kondisi korban. Namun yang bisa kami sampaikan sekarang, seorang korban atas nama Efendi Hamid sudah masuk kamar operasi," kata Anton Kuswarjanto.

Sebelumnya, sumur pengeboran minyak yang dikelola masyarakat Gampong Pasir Putih, Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, meledak dan terbakar, Rabu (25/4) sekitar 02.00 WIB. Hingga Rabu sore, korban tewas akibat ledakan sumur minyak berjumlah 18 orang.(*)

Sumber : Antara

StatusAceh.Net - Kepala Divisi (Kadiv) Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, saat ini penyebab kebakaran sumur minyak milik warga di Desa Pasir Putih, Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur masih dalam penyelidikan.

Ia menambahkan, penyebab kebakaran masih belum diketahui. Ketika digali, tiba-tiba sumur mengeluarkan semburan api dan meledak.

Berdasarkan hasil penyelidikan sementara, diduga api rokok menjadi penyebab. Setyo menegaskan korban cukup banyak karena minyak merupakan salah satu komoditas yang penting di Aceh. "Jadi ramai gitu," tambahnya.

"Informasi terakhir, mengakibatkan 10 orang meninggal dunia. Luka berat ada 40," tegasnya di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Sampai sekarang masih belum ada tersangka yang ditetapkan oleh kepolisian. Nantinya, 40 orang yang luka akan dijadikan saksi setelah pulih secara total. Polri mengimbau agar masyarakat tidak mengambil minyak secara ilegal.

"Ini dilematis bagi pemerintah, kalau dilarang nanti dibilang pemerintah terlalu keras, padahal ini membahayakan. Ini adalah satu pembelajaran bagi masyarakat bahwa pemerintah melarang itu pasti ada alasannya karena berbahaya.
Padahal kalau namanya minyak itu, safety nomor satu. Di situ tidak boleh ada gesekan," tegasnya lagi.

Meski bukan merupakan sumur minyak milik negara, Setyo mengatakan akan ada ahli perminyakan dari Pertamina yang datang untuk penyelidikan lebih lanjut.

"Mereka ahli perminyakan. Ini sumur tua, seperti daerah Blora, Cepu, ada sumur yang ditarik oleh orang dengan tali. Supaya keluar minyaknya. Itu tidak ada izinnya, ilegal," tegasnya lagi.

Sebelumnya, sumur minyak tanpa izin tersebut adalah meledak pada Rabu (25/4/2018) sekitar pukul 02.00 WIB hari, setelah digali oleh warga. |Tirto

Banda Aceh – Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, membesuk korban ledakan sumur minyak asal Aceh Timur yang kini dirawat di ruang ICU Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA), Banda Aceh, Rabu (25/04/2018). Pemerintah Aceh terus berkoordinasi dengan Direktur RSUZA terkait penanganan pasien tersebut.

"Kita (juga) sudah memerintahkan Kadis Sosial Aceh, Kepala BPBA, Kadis Pertambangan dan Kadis Kesehatan Aceh untuk turun ke lapangan," ujar Wagub Nova dalam konferensi pers yang turut dihadiri Direktur RSUZA, dr. Fachrul Jamal.

Sedikitnya lima korban ledakan sumur minyak Desa Pasir Putih dirujuk ke RSUZA. Satu di antara korban dilaporkan meninggal dunia dalam perjalanan, sedangkan satu korban lagi meninggal saat dalam perawatan setiba di RSUZA.

Pemerintah Aceh terus berkoordinasi dengan semua pihak untuk mengetahui kondisi terkini di lapangan, serta memastikan semua korban mendapatkan penanganan yang maksimal.

“Pemerintah Aceh memastikan ini ditangani dengan sangat serius, semua dokter ahli, peralatan medis sudah disiapkan jika dibutuhkan,” ujar Nova.

Nova juga berharap kepada seluruh keluarga korban agar terus berdoa dan bersabar menghadapi musibah tersebut.

Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) merilis data jumlah korban yang meninggal dunia akibat ledakan sumur minyak di Desa Putih sebanyak 18 orang. Sementara jumlah korban luka-luka hingga saat ini tercatat 41 jiwa.[Rill]


Jakarta- Kementerian Perindustrian terus mendorong reorientasi industri otomotif di dalam negeri sebagai upaya menjadikan Indonesia basis produksi untuk tujuan pasar ekspor, selain mampu memenuhi  kebutuhan permintaan domestik. Upaya menggenjot produk nasional bisa menembus pasar ekspor ini  diyakini hasilnya dapat memacu pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Peningkatan dan perkembangan dari industri otomotif di Indonesia akan memberikan pengaruh besar bagi kegiatan sektor ekonomi lainnya,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto padaacara Seremoni Ekspor Perdana Mobil Mitsubishi Xpander di PT Indonesia Kendaraan Terminal, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (25/4).

Menperin menyebutkan, beberapa capaian positif dari kinerja industri otomotif di Tanah Air, antara lain adalah total ekspor kendaraan dalam keadaan utuh (completely build up/CBU) pada tahun 2017 sebesar 231 ribu unit atau mengalami peningkatan 20 persen dibanding tahun sebelumnya.

“Dan, yang paling membanggakan adalah ekspor dalam bentuk komponen mengalami peningkatan yang sangat signifikan dengan mencapai 1200 persen dari tahun 2016 ke 2017, sehingga jumlahnya menjadi 81 juta pieces komponen,” paparnya.

Adapun negara-negara tujuan ekspor, yakni meliputi hampir seluruh anggota ASEAN, kemudian di Timur Tengah seperti Bahrain, Yordania, Arab Saudi, Oman, Kuwait, Qatar, dan Uni Emirat Arab; serta di Asia Selatan di antaranya Bangladesh dan India. Selanjutnya, Maroko, Afrika Selatan, serta negara di Amerika Latin antara lain Ekuador, Meksiko, Peru, dan Bolivia.

Untuk itu, Menperin memberikan apresiasi kepada industri otomotif yang telah melakukan ekspor seperti PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI). “Mitsubishi melakukan ekspor perdana untuk mobil Xpander, kendaraan jenisMulti Purpose Vehicle (MPV)dengan gaya Sport Utility Vehicles (SUV),” ungkapnya. Model ini dinilai banyak diminati konsumen mancanegara.

Pada tahap awal ini, MMKI mengapalkan sebanyak 400 unit Xpander setir kiri untuk pasar Filipina, dari total pesanan di negara tersebut yang mencapai 21.000 unit sepanjang tahun 2018. MMKI menargetkan, akan menembus angka 30.000 unit untuk ekspor Xpander ke sejumlah negara, termasuk Filipina, pada tahun ini.

Tujuan negara ekspor lainnya, yaitu Thailand sebanyak 6.000 unit, Vietnam 1.000 unit, negara-negara di Timur Tengah mencapai 500 unit, ke kawasan Asia Selatan, Afrika dan Amerika Selatan sekitar 1000 unit, serta 500 unit untuk negara Asean lainnya.

Menperin juga memberikan apresiasi kepada MMKI yang telah berkontribusi terhadap pertumbuhan industri otomotif di Indonesia, dengan total investasi sebesar Rp7,1 triliun, kapasitas produksi hingga 160 ribu unit per tahun dan menyerap tenaga kerja sebanyak 3.000 orang. Bahkan, MMKI ditargetkan akan menjadi pabrik Mitsubishi terbesar di ASEAN yang berbasis ekspor.

“Walaupun sudah menggunakan robotik canggih, tenaga kerja tetap diperlukan. Saya dengar Mitsubishi menargetkan sebanyak 4.000 tenaga kerja dari saat ini yang baru 3.000 tenaga kerja,” tutur Airlangga.

CEO Mitsubishi Motors Corporation Osamu Masuko menjelaskan, saat ini produksi Xpander 8.000 unit, sudah ditingkatkan dari target awal 5.000 unit. Masuko juga menyebutkan, untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik dan ekspor, produksi akan ditingkatkan menjadi 10.000 unit pada Juli mendatang.

“Dari peningkatan produksi tersebut, kami berencana menambah lagi 400 jumlah karyawan,” ujarnya. Masuko pun merasa senang denganmelihat perusahaan yang dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia. “Ekspor Xpander merupakan tonggak penting dalam rencana bisnis kami yang sedang berlangsung,” lanjutnya.

Masuko menambahkan, tahun lalu MMKI diresmikan, dan kini sudah mulai mengekspor kendaraan yang diproduksi di pabrik Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. “Jadi, setelah pembukaan pabrik di Bekasi, saya bangga mengatakan bahwa ini adalah pertama kalinya perusahaan kami akan mengekspor dalam skala besar dari Indonesia,” tuturnya.(Red/Rls)

Banda Aceh – Untuk melakukan langkah-langkah penanganan maksimal, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf menginstruksikan dinas terkait untuk terjun langsung ke lokasi sumur minyak di Gampong Pasi Putih, Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, yang meledak dan menewaskan 10 orang warga dini hari tadi.

Penegasan tersebut disampaikan Irwandi Yusuf kepada awak media usai menyampaikan Laporan Kerja Pertanggung Jawaban (LKPJ) tahun 2017 di ruang rapat paripurna, Dewan Perwakilan Rakyat Aceh, Rabu (25/4/2018).

“Tiga orang Kadis saya sudah terjun langsung ke lokasi. Proses pemadaman masih terus dilakukan karena hingga saat ini api masih menyala. Mungkin perlu pengecoran dengan semen karena dengan air tidak bisa,” ujar Gubernur.

Sementara itu, Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah, yang turut mendampingi Gubernur menambahkan, saat ini Dinas Energi Sumber Daya Mineral terus berkoordinasi dengan pihak Pertamina untuk membicarakan teknis pemadaman api di lokasi sumur yang meledak dan terbakar itu.

“Kadis ESDM sedang menuju ke lokasi dan terus berkoordinasi dengan pertamina untuk teknis pemadaman. Kadis Sosial juga sedang menuju kesana untuk memberikan bantuan bersama Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh,” kata Nova.

Pengobatan Korban Dibantu Melalui JKA dan BPJS Kesehatan

Gubernur Irwandi Yusuf mengatakan pemerintah tidak bisa serta merta menutup tambang minyak tersebut meskipun pengeboran yang dilakukan ilegal. Hal tersebut dikarenakan ladang minyak ini menjadi salah satu sumber ekonomi masyarakat di Aceh Timur.

“Memang pengeboran illegal, aparat kepolisian juga mengetahui, tapi kalau kita ambil tindakan tegas dengan menutup, pengeboran ini juga salah satu mata pencaharian masyarakat di sana,” ujar Gubernur Irwandi.

Dia mengakui insiden kebakaran ladang minyak yang dikelola masyarakat tersebut bukan kasus pertama. Sebelumnya, menurut Gubernur Irwandi, juga pernah terjadi kebakaran serupa.

"Tapi tidak sedahsyat ini. Seperti saran dari anggota dewan tadi, perlu diberikan izin penambangan rakyat, tetapi diawasi dan dibina oleh Pertamina dan Dinas ESDM,” ujar Gubernur lagi.

Gubernur Irwandi menjamin penanganan sejumlah korban akibat kecelakaan kerja ini akan dibantu melalui Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) maupun BPJS Kesehatan.

Tutup Sementara

Selaku kepala pemerintahan di Aceh, Irwandi terpaksa mengambil tindakan tegas untuk menutup sementara pengeboran minyak ilegal, baik yang berada di Aceh Timur maupun Bireuen. Masyarakat diperbolehkan kembali mengelola sumur-sumur minyak tersebut setelah menemukan formula yang tepat agar kejadian serupa tidak kembali terulang.

“Karena ini bukan delik aduan, jadi saya kira aparat kepolisian bisa langsung melakukan penutupan tersebut. Tapi nanti saya juga akan berkoordinasi dengan Kapolda,” kata Gubernur Aceh.

Informasi yang diterima dari masyarakat diketahui sumur minyak tradisional yang berada di Gampong Pasi Putih, Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur tersebut menyemburkan minyak pada Rabu dinihari tadi.

Warga yang mengetahui adanya semburan minyak dari sumur tersebut kemudian melakukan mekanisme leles, yaitu mengambil sisa-sisa minyak yang tidak tertampung. Namun, sekitar pukul 01.30 WIB, sumur minyak ini meledak dan menewaskan 10 orang warga yang berada di lokasi. Ledakan ini juga membuat puluhan warga lainnya luka-luka. Kejadian ini juga mengakibatkan lima unit rumah warga rusak parah.[Rill]

Foto Akmal Yusuf
Aceh Timur - Sebanyak 10 orang tewas dalam kebakaran minyak di Kecamatan Ranto Peureulak, Desa Pasir Putih, Kabupaten Aceh Timur, Rabu (25/4/2018). Ledakan sumur minyak itu juga mengakibatkan belasan orang terluka.

Di antara mereka yang tewas, ada 4 jenazah yang belum diketahui identitasnya. Sebab jenazah itu dievakuasi dalam keadaan terpanggang.

Informasi dari Camat Rantau Peureulak, Saiful, saat ini evakuasi masih dilakukan. Api belum bisa dipadamkan.

“Masih dievakuasi, kebanyakan korban adalah warga sekitar,” kata Saiful saat dihubungi Suara.com, Rabu siang.

Berikut daftar korban tewas dan luka dalam peristiwa itu:

Korban Tewas

1. Nazarullah, 30 thun, wiraswasta, Dsn Bakti Pasi Puteh Kec Rantau Peureulak.

2. Afrizal alias Doyok, 35 thn, wiraswasta, Ds Punti Payong Kec Rantau Peureulak.

3. Era Bin M. Sidik, 32 Thn, IRT, Ds Pasi Puteh, Kec. Rantau Peureulak.

4. Siti Hafsah, 70 Thn, IRT, Ds Pasi Puteh Kec. Rantau Peureulak.

5. Mak Wen, 55 Thn, IRT, Ds Bhom Lama Kec. Rantau Peureulak.

6. Kak Nini Bin Abdul Wahab, 32 Thn, IRT, Ds Bhom Lama Kec. Rantau Peureulak.

Empat jenazah lagi belum diketahui identitasnya.



Korban Luka

1. M. Yani (Pasi Puteh)

2. Radiati (Pasi Puteh)

3. M. Pisal (Bhom Lama)

4. Akbar (Bhom Lama)

5. M. Ridwan (Pasi Puteh)

6. Zainuddin (Leugeu)

7. Muksalmina (Alue Rambong)

8. Mahyuddin (Pasi Puteh)

9. M. Yusuf (Pasi Puteh)

10. Heri Herliza (Paya Palas)

11. Umar Hamzah (Beusa Meuranoe)

12. M. Faisal Rizal (Peudawa)

13. Muhammad Rafi (Alue Dua) dirujuk ke RSU. Langsa

14. Mukhlis (Alue Bu) dirujuk ke RSU. Zubir Mahmud Idi

15. Zainal Abidin (Pasi Puteh) dirujuk ke RSU. Langsa

16. Hafifuddin (Bhom Lama)

17. Saiful (Alue Udep)

18. M. Husein (Lubok pempeng)

19. Sariyulis (Teumpeun)

Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, Ketua KONI Aceh Muzakir Manaf, dan Wakil Gubernur Sumut, Brigjen TNI (Purn) Nurhajizah Marpaung saat memasuki acara bidding PON ke-21 tahun 2024 di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (24/04/2018)
Jakarta - Provinsi Aceh dan Provinsi Sumatera Utara secara resmi ditetapkan sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) ke 21 tahun 2024. Penetapan itu berlangsung dalam Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa (Musornaslub) di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa, (24/04/2018).

Turut hadir pada kegiatan tersebut Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, Wakil Gubernur Sumatera Utara Brigjen TNI (Purn) Nurhajizah Marpaung, Ketua KONI Aceh Muzakir Manaf, Wakil Ketua I Panitia Bidding PON Aceh Iqbal Farabi, anggota DPD RI asal Aceh Fachrul Razi, Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga, Musri, serta Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Aceh Mulyadi Nurdin.

Penetapan itu dilakukan melalui mekanisme voting yang diikuti oleh perwakilan KONI dari 34 provinsi se-Indonesia. Hasilnya provinsi Aceh-Sumut memperoleh suara terbanyak 24 pemilih, disusul Bali-NTB 8 suara, dan Kalsel 2 suara. Dengan demikian Aceh langsung ditetapkan sebagai tuan rumah PON 2024, sementara Bali-NTB menjadi cadangan pertama dan Kalimantan Selatan sebagai cadangan kedua.

Gubernur Aceh Irwandi Yusuf menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat untuk menyukseskan persiapan sehingga Aceh ditetapkan sebagai Tuan Rumah PON. Kegiatan ini kata Irwandi merupakan salah satu program unggulan Aceh Hebat yaitu Aceh Teuga.

“Aceh bersama Sumatera Utara siap melaksanakan even PON ke 21 ini, dan ini adalah even yang sangat penting bagi masyarakat Aceh. Untuk itu, kita akan berusaha melengkapi venue yang dibutuhkan,” ujar Irwandi sebagaimana dikutip dari Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Aceh Mulyadi Nurdin.

Selain itu kata Mulyadi Nurdin, Gubernur Aceh juga punya komitmen untuk menyediakan venue yang disyaratkan. Total ada 24 venue yang disiapkan dan tersebar di sejumlah daerah. Menurutnya, berbagai fasilitas pendukung juga masih terus dipacu seperti transportasi laut, udara dan darat, fasilitas kesehatan dan keamanan.

“Di Aceh ada sejumlah kabupaten kota yang akan dilibatkan sebagai lokasi PON, untuk pembangunan sarana dan prasarana masih punya waktu untuk menyelesaikannya,” lanjut Mulyadi Nurdin.

Pemerintah Aceh kata Mulyadi memanfaatkan pelaksanaan Even PON 2024 sebagai sarana untuk mendongkrak perekonomian dan pariwisata.[Rill]


PEUREULAK- Sumur minyak di Dusun Bhakti, Gampong Pasir Putih, Kecamatan Ranto Peureulak, Aceh Timur, Rabu (25/4/2018) dini hari sekitar pukul 01.30 WIB terbakar.

Informasi yang diperoleh , dari Kapolsek Ranto Peureulak, Iptu Aiyub mengatakan, korban yang meninggal dunia akibat kebakaran ini sekitar 10 orang.

"Yang meninggal sekitar 10 orang, dan yang dirawat di rumah sakit sekitar 20 orang," kata Iptu Aiyub.

Informasi lain yang diperoleh Serambinews.com, dari Keuchik Gampong Bhom Lama, Muklisin mengatakan, tiga orang warganya juga meninggal dunia dalam insiden kebakaran tersebut.

Selain puluhan warga, tiga unit rumah yang berjarak sekitar 30 meter dari lokasi sumur minyak juga terbakar.

"Penyebab pastinya belum tahu. Tapi karena terbakar gas dari sumur minyak tersebut menyembur sehingga sampai saat ini api masih membumbung tinggi," jelas Mukhlisin.(Red/Tribun)

Aceh Timur - Tim gabungan BNN RI dan BNNP Aceh, Senin (23/4/2018) malam sekitar pukul 21.00 WIB, menangkap satu orang tersangka kasus narkoba yang diduga sindikat jaringan narkoba Aceh-Malaysia di Jalan Nasional Medan-Banda Aceh, tepatnya di depan terminal Idi Rayeuk, Aceh Timur.

Menurut informasi yang diterima StatusAceh.Net, tersangka yang diamankan berinisial ND, dengan barang bukti narkoba jenis sabu-sabu dua tas warna hitam.

Isinya 30 bungkus yang diduga sabu-sabu dengan berat sekitar 30 kilogram.

Kepala BNNK Langsa Navri Yulenny yang dikonfirmasi membenarkan adanya penangkapan tersebut dan tersangka bersama barang bukti telah diamankan ke Kantor BNNK Kota Langsa untuk proses hukum lebih lanjut.

"Benar ada penangkapan bandar narkoba, tersangka saat ini diamankan sementara di BNNK Langsa," ungkapnya.[TSA]

Jakarta - Industri baja nasional akan mengalami penguatan struktur manufaktur seiring dengan meningkatnya investasi yang  masuk untuk mendukung program hilirisasi. Langkah ini diyakini bakal mampu menjadi bagian dari rantai pasok global serta memberikan efek ganda bagi perekonomian Indonesia melalui peningkatan terhadap nilai tambah dalam negeri, penyerapan tenaga kerja lokal, dan penerimaan negara dari ekspor.

“Untuk itu, kami menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada para pelaku industri yang ingin ekspansi dan investasi baru di Tanah Air. Apalagi pemerintah terus bertekad menciptakan iklim usaha yang kondusif serta memberi kemudahan perizinan dan insentif,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Jakarta, Selasa (24/4).

Menanggapi rencana investasi dari Tata Steel Ltd., Menperin menyampaikan, produsen baja asal India itu melaporkan minatnya menanamkan modal di Indonesia untuk masuk ke industri hilir kawat baja atau wire rod. “Mereka sedang survei lokasi dan cek regulasi,” ungkapnya.

Menurut Airlangga, dana yang bakal digelontorkan perusahaan tersebut sebesar 60 juta Singapura atau sekitar Rp 632 miliar. “Tata Steel adalah salah satu pemain besar di berbagai industri, baik otomotif, baja dan lain-lain. Mereka melihat potensi investasi di Indonesia,” tuturnya.

Beberapa lokasi kawasan industri di dalam negeri yang tengah dijajaki Tata Steel untuk berinvestasi, di antaranya di Banten dan Jawa Timur. “Mereka akan melakukan kajian dalam waktu satu bulan ini untuk mempelajari kemungkinan investasi,” kata Plt. Dirjen Pengembangan Perwilayahan Industri (PPI) I Gusti Putu Suryawirawan.

Sementara itu, Vice President of Corporate Services Tata Steel Ltd. Sunil Bhaskaran menjelaskan, pihaknya memang mempertimbangkan opsi investasi di Indonesia karena merupakan negara dengan ekonomi yang sedang tumbuh dan banyak pembangunan di sektor infrastruktur.

“Jadi, kami merasa Indonesia merupakan pasar potensial sangat besar di Asean dan kami ingin melihat bagaimana bisa memiliki representasi di sini,” ujarnya. Kedatangan Sunil beserta jajarannya ke Kantor Kementerian Perindustrian, kemarin, sebagai representasi Siam Industrial Wires, perusahaan baja yang berlokasi di Thailand sebagai bagian dari Tata Group.

“Kami punya perusahaan di Thailand bernama Siam Industrial Wires. di mana menjadi salah satu manufaktur terbesar sektor steel wires di Asean. Perusahaan ini memiliki teknologi dan produk dengan kualitas tinggi. “Kami punya teknologi yang baik, produk yang baik, dan kami adalah manufaktur global,” imbuhnya.

Berdasarkan situs resminya, Tata Group terdiri dari 29 perusahaan yang terdaftar secara publik, termasuk Tata Steel, Tata Motors, Tata Power, Tata Chemicals, dan lainnya dengan nilai saham sekitar USD103,51 triliun pada tahun 2016-2017. Sementara itu, Tata Steel memiliki fasilitas produksi di 26 negara dan kantor perwakilan di lebih dari 50 negara.

Industri baja di Indonesia diperkirakan akan terus tumbuh dengan rata-rata 6 persen per tahun sampai tahun 2025. Hal ini dipicu oleh tingginya permintaan bahan baku untuk sektor konstruksi yang tumbuh 8,5 persen, diikuti sektor otomotif yang juga tumbuh 9,5 persen.(Rill)

Bireuen - Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, mengatakan Pemerintah Aceh tidak dalam posisi memberikan solusi terkait masalah yang dihadapi pengungsi Rohingya. Namun, pemerintah Aceh tetap memberikan bantuan atas dasar kemanusiaan.

"(Nasib pengungsi Rohingya yang mencari suaka) ini menjadi tugas internasional yang dilakukan UNHCR (United Nations High Commissioner for Refugees), IOM (International Organization for Migration) dan pihak terkait lainnya," kata Wagub Nova, yang turut didampingi Bupati Bireuen, Saifannur, saat meninjau pengungsi Rohingya di Gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Cot Gapu, Bireuen, Selasa (24/04/2018).

Wagub Nova mengatakan Pemerintah Aceh sudah berkomunikasi dengan Kementerian Luar Negeri, UNHCR, IOM dan lembaga lain yang menangani masalah pengungsi untuk mendapatkan kepastian terkait penanganan Rohingya tersebut.

"Berdasarkan informasi dari salah satu anggota IOM tadi, tujuan mereka (Rohingya) bukan ke Indonesia, tapi ke Malaysia," ujar Nova.

Menurutnya penanganan yang dilakukan Pemerintah Aceh hanya bersifat sementara sampai ada keputusan dari Pemerintah Pusat.

"Kita ikut kebijakan Pemerintah Pusat. Kita tangani mereka karena terdampar di Aceh,  mereka juga manusia sama seperti kita, apalagi mereka membutuhkan bantuan, jadi kita bantu," ujar Nova lagi.

Wagub Nova juga menyebutkan Pemerintah Aceh tidak mengalokasikan dana khusus untuk penanganan pengungsi Rohingya.

"Untuk saat ini ada bantuan dari masyarakat, atau lembaga-lembaga yang bersimpati,  dan dari Dinas Sosial Aceh selama tidak menyalahi aturan," ujar Nova.

Nova berterima kasih kepada Bupati Bireuen dan jajaranya, TNI, Polri, pihak terkait lainya serta masyarakat yang telah membantu menyelamatkan pengungsi dari Rohingya dengan ikhlas.

"Kita harap, kalau mereka pindah dari sini, sudah selesai semua urusan terkait penanganan Rohingya."

Turut serta dalam tinjauan tersebut Asisten bidang Ekonomi dan Pembangunan,  Taqwallah, Kepala Dinas Sosial Aceh, Al Hudri, Kepala BPBA, Teuku Ahmad Dadek dan unsur terkait lainnya.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 79 pengungsi Rohingya terdampar di perairan Kuala Raja, Kabupaten Bireuen pada Jumat (20/04/2018). Dari jumlah tersebut, delapan di antara pengungsi masih anak-anak.[Rill]

KONI Aceh dan Sumut berencana menjadi tuan rumah bersama PON 2024. (Agus Setyadi/detikSport)
Jakarta - Aceh dan Sumatera Utara terpilih menjadi tuan rumah bersama Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024.

Kedua provinsi tersebut memenangi bidding yang digelar di Gedung Bidakara, Jakarta, Selasa 24 April 2018.

Dalam pemungutan suara yang diikuti 34 KONI Provinsi, Aceh-Sumatera Utara unggul atas Bali-Nusa Tenggara Barat dan Kalimantan Selatan.

Aceh-Sumatera Utara mendapatkan dukungan 24 suara, Bali-Nusa Tenggara Barat 8 suara, dan Kalimantan Selatan meraih 2 suara.

“Kita siap menggelar PON XXI. Kami sudah menyiapkan kawasan pusat olahraga seluas 100 hektarare di Kualanamu. Setelah ini kita akan menggiatkan pertemuan dengan Aceh,” ujar Wagub Sumatera Utara,” Nurhajizah Marpaung.

PON XXI akan menampilkan 56 cabang olahraga. Sebanyak 28 cabang digelar Di Sumatera Utara, dan 28 lagi di Aceh.

“Kami bersyukur keinginan untuk menjadi tuan rumah PON akhirnya terwujud. Kepercayaan ini akan kami laksanakan dengan sebaik mungkin, dan berusaha untuk tidak mengecewakan peserta dalam penyelenggaraan nanti,” kata Muzakir Manaf, Ketua KONI Aceh.

Untuk penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional di Aceh, pemerintah daerah sudah menyiapkan lahan seluas 240 hektarare sebagai kawasan pusat olahraga. | Tempo
loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.