2022-11-27

Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agam Inong Aceh Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Banjir Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bireuen Bisnis BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Film Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemanusiaan Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa Lapas Lapas Tanjungbalai lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Motivasi Motogp MPU Aceh Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narapidana Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patani Patroli Pekalongan Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh PKI PLN PNL Polisi Politik Poso PPWI Presiden Projo PT PIM Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebgram Selebriti Senator Sinovac SMMPTN sosial Sosok Sport Status-Papua Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tol Aceh Tsunami Aceh Turki Ulama Universitas Malikussaleh USA Vaksin MR Vaksinasi Vaksinasi Covid-19 vid Video vidio Viral Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA


Lhoksukon -
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Malikussaleh Kelompok 89 mengadakan Festival Anak di Gampong  Pulo Blang Trieng, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara, Rabu (30/11/2022).

Dewi Sartika selaku pembawa acara mengatakan, Festival Anak tersebut diadakan dengan berbagai jenis perlombaan yaitu di bidang islami ada lomba adzan tingkat SD, hafidz Qur'an tingkat SD, dan tilawatil Qur'an tingkat SD. Dibidang Pendidikan ada lomba Rangking 1, dan lomba Mewarnai tingkat SD. Dibidang olahraga/game seru ada lomba bakiak, balap karung, dan masukan paku dalam botol.

"Perlombaan berlangsung selama  7 hari yang dimulai dari tanggal 23 november sampai 29 november, dan dilanjutkan dengan malam puncak penutupan festival anak pada tanggal 30 November pukul 20.00 WIB s/d Selesai,” katanya.

Dewi menyebutkan, kegiatan ini adalah  program terbesar kelompoknya yang mengikuti  tema KKN PPM Unimal, juga sekaligus acara perpisahan KKN PPM Unimal dengan Gampong Pulo Blang Trieng.

“Pada acara ini kami melibatkan teungku imum gampong sebagai juri, tokoh pemuda dalam persiapan perlombaan serta  malam  penutupan dihadiri  oleh Geuchik, Sekretaris Geuchik, Tuha pet, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda serta masyarakat Gampong Pulo Blang Trieng," ungkapnya.

Deri Sahputra selaku ketua KKN kelompok 89 mengungkapkan rasa syukur atas terselenggarakannya festival perlombaan ini dengan sukses, serta mewakili anggota nya untuk memberikan pesan dan kesan terakhir terhadap Gampong Pulo Blang trieng dan memberikan pelakat dan bingkisan kenang-kenangan pada gampong pada acara malam penutupan.

"Saya bersyukur acara perlombaan berjalan sukses. tujuan kami diadakannya festival anak ini untuk kuat kan mental dalam diri, memupuk kecintaan anak-anak terhadap Islam, untuk mencetak generasi penerus yang berakhlak baik, mandiri, berilmu, serta menjadi pribadi yang memegang teguh nilai-nilai agama sedari dini,” tuturnya.

Deri berharap, dengan diadakannya lomba ini, selain dapat mendidik anak-anak menjadi anak sholeh dan sholehah, juga dapat  memberikan hiburan yang bermanfaat bagi mereka. Serta wawasan pendidikan sejak dini ,Karena perlombaan ini mengajarkan tentang sportifitas, kejujuran dan juga semangat anak dalam meraih sebuah prestasi. 

“Saya ucapkan Terima Kasih atas kerja sama panitia,tokoh pemuda, tokoh masyarakat, atas dukungan dan suport persiapan hingga malam penutupan ini. Saya segenap perwakilan anggota KKN 89 juga minta maaf apabila kami ada tingkah laku yg salah kami mohon maaf," imbuhnya.

Fadil selaku Geuchik Gampong Pulo Blang trieng juga mengatakan ribuan terima kasih kepada Anak KKN atas pengabdian  dan  kontribusi selama 1 bulan penuh.

"Kegiatan dan program KKN 89 telah memberikan dampak yang positif bagi Gampong.  Saya selaku geuchik meminta maaf sebesar- besarnya apabila ada perilaku dan sikap masyarakat gampong yang kurang berkenan di hati adek- adek KKN,” sebutnya.

Emmia Tambarta Kembaren MSi selaku DPL kelompok 89 menyebutkan bahwa program literasi ada hal hal yang sangat penting bagi generasi muda usia dini guna mempersiapkan diri agar dapat bersaing dalam dunia pendidikan di Aceh Utara.

“Apalagi perlombaan ini mengajarkan tentang sportifitas, kejujuran dan juga semangat anak dalam meraih sebuah prestasi serta perlombaan juga mengajarkan anak untuk kompetitif. Sifat kompetitif dalam kebaikan akan mampu mendorong dan menjadikan seorang anak semakin baik dan berkualitas,” pungkasnya.

Kelompok 89 KKN PPM Universitas Malikussaleh yang ditempatkan di Gampong Pulo Blang Trieng Kec. Syamtalira Bayu terdiri dari 15 mahasiswa yang berasal dari berbagai Prodi. Mahasiswa tersebut antara lain Rizky Ramadhan Aulia Rambe prodi Hukum, Husnul Hamidah prodi Akuntansi, Nurul Anisa Putri prodi Ilmu Ekonomi & Studi Pembangunan, M. Zikra Maulana Prodi Manajemen, Yeni Nova Febrian prodi Manajemen, Reza Miraida Adm. Publik, Hayatul Aina prodi Sosiologi, Sonia Agustina prodi Psikologi, Ayu Anggraini Harianja prodi Agroteknologi, Rizky Maulana prodi Sistem Informasi, Taufiq Ismail prodi teknik Arsitektur, Hotland Simanjuntak prodi Teknik Industri, Nawardah Hanie prodi Teknik Kimia, Deri Sahputra prodi teknik Sipil, Dewi Sartika prodi Ilmu Komunikasi.[]


Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali, menerangkan partainya mendapatkan informasi bahwa izin penggunaan tempat untuk safari politik Anies Baswedan di Pekanbaru, Riau, juga dicabut. Adapun Anies dijadwalkan menyambangi Aceh pada 2-3 Desember 2022, namun izin penggunaan tempat di salah satu taman tiba-tiba dicabut.

“Sebenarnya hal seperti di Aceh tidak terjadi di daerah lain, walaupun saya sudah mendapatkan informasi bahwa di Provinsi Riau juga sudah terjadi hal yang sama,” kata Ali saat dihubungi, Rabu, 30 November 2022.

Ali menceritakan konteks pencabutan izin penggunaan tempat di Riau. Menurut dia, Pemerintah Daerah sekonyong-konyong mencabut izin karena bakal menggelar kegiatan di hari yang bersamaan dengan kegiatan safari Anies.

“Bagi NasDem senyum-senyum saja mendengar itu. Nanti masyarakat yang menilai perilaku pejabat daerah yang seperti itu,” kata dia.

Kendati demikian, Ali mengatakan peristiwa semacam ini tidak bakal menyurutkan semangat NasDem dan Anies untuk bersafari.

“Bagi NasDem sekali layar terkembang, surut kita berpantang. Karena kita sudah terlanjur berjalan, sudah terlanjur menarik layar, ya tidak mungkin kembali ke darat,” ujarnya.

Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali, berharap pencabutan izin penggunaan tempat untuk kegiatan safari politik Anies Baswedan tidak behubungan dengan politik. Anies dijadwalkan menyambangi Aceh pada 2-3 Desember 2022, namun izin penggunaan tempat di salah satu taman tiba-tiba dicabut.

Ali menjelaskan, mulanya Pemerintah Daerah telah mengizinkan salah satu taman di Aceh untuk digunakan sebagai tempat kegiatan safari. Namun, kata dia, tiba-tiba izin dicabut tanpa konfirmasi.

“Informasi yang saya terima tadi bahwa izin penggunaan taman awalnya sudah dikeluarkan Pemda, terus kemudian tiba-tiba tanpa konfirmasi dicabut izin penggunaannya,” kata Ali saat dihubungi, Rabu, 30 November 2022.

Ali menyayangkan pencabutan izin yang sekonyong-konyong ini. Menurut dia, kebebasan untuk berkumpul merupakan hak warga negara. Ia berharap pencabutan izin ini tidak bermuatan politis.

Jika berhubungan dengan politik, Ali menyebut hal ini sangat menyakiti rakyat Indonesia. Khususnya, masyarakat Serambi Mekah yang ingin bersilaturahmi dengan Anies.

Dia berharap Pemda bisa menjelaskan secara rinci duduk perkara di balik pencabutan izin ini. Sehingga, kata Ali, masyarakat tidak menafsirkan peristiwa ini sebagai suatu upaya menghalangi masyarakat bertemu Anies.

“Sampai sekarang kami belum mendapat penjelasan itu, yang baru kita dapatkan info pencabutan izin,” ujarnya.

Kendati demikian, Ali memastikan bahwa kunjungan Anies ke Aceh tetap berjalan. “Tetap terselenggara, jalan berliku, terjal, sejak awal kita sudah duga seperti itu,” kata dia.  [tempo]

Lhokseumawe – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)  yang bekerja sama dengan Project Implementation Unit - Advanced Knowledge and Skills for Sustainable Growth Project (PIU-AKSI) Asian Development Bank Universitas Malikussaleh mengadakan the 3d Malikussaleh International Conference on Multidisciplinary Studies (MICoMS) 2022 secara Hybrid di Ruang Rapat Rektorat Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe, Rabu (30/11/2022).

Kegiatan yang berlangsung Rabu dan Kamis (30/11-01/12/2022) itu mengusung tema  “Strenghtening Environment towards Energy Resilience”. Adapun keynote speaker yang diundang adalah Arie Rahmadi, Ph.D dari Badan Riset dan Inovasi Nasional, Prof Dr Herman Fithra, Rektor Universitas Malikussaleh, dan Dr Azhari, Ketua Biodiesel Center of Excellence Universitas Malikussaleh.

Tiga keynote speaker lainnya adalah Dr Souvik Ganguli dari Thapar Institute of Engineering and Technology India, Dr Eng Neyara Radwan dari Suez Canal University Mesir dan King Abdulaziz University Arab Saudi, serta Prof Rizalman Mamat dari Universiti Malaysia Pahang, Malaysia.

Ketua panitia konferensi, Deassy Siska MSi mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan oleh LPPM Universitas Malikussaleh bekerja sama dengan PIU-AKSI ADB sebagai wadah pengembangan ilmu-ilmu multidisiplin yang memiliki kewajiban moral akademik untuk terus berkontribusi dan berinovasi dalam membangkitkan pemikiran, teori, dan arus pemikiran mereka. Temuan akademik berupa konsep, model, dan Policy Brief yang dapat dijadikan acuan oleh pemerintah dalam menghasilkan berbagai kebijakan untuk merumuskan program pembangunan berkelanjutan.

“Center of Excellence (CoE) biodiesel bertujuan untuk menjadi pusat unggulan dalam penelitian energi terbarukan. Selain menjadi pusat penelitian, Biodiesel CoE diharapkan menjadi pusat bisnis dan inovasi di kampus Unimal. Kehadiran pusat keunggulan biodiesel juga diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap lingkungan guna mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat,” katanya.

Deassy juga berharap konferensi internasional hari ini tidak hanya menjadi ajang pemaparan temuan-temuan strategis dan solusi atas berbagai isu yang berkembang di ranah ilmu multidisiplin, tetapi juga ajang pembentukan kolaborasi, ekosistem akademik dan kolaborasi kelembagaan yang mendorong kesinambungan dalam mendukung pembangunan berkelanjutan secara global.

“Sebelumnya kita sudah pernah menyelenggarakan MICoMS yang pertama dan kedua masing-masing pada tahun 2017 dan 2019. Untuk tahun ini kita fokus pada tema mengenai ketahanan energi dan mengundang narasumber dari 4 negara yang akan menyampaikan keynote speech yang relevan dengan tema konferensi,”tuturnya

Wakil Rektor Bidang Akademik, Jullimursyida PhD menyampaikan, dewasa ini banyak isu global yang berdampak terhadap pembangunan berkelanjutan yang harus disikapi serius oleh banyak pihak. Melalui konferensi ini semoga akan ada banyak diskusi dan rekomendasi yang lahir dan bisa berkontribusi terhadap penyelesaian isu-isu global seperti ketahanan energi.

“Ketahanan energi berhubungan erat dengan banyak disiplin ilmu lainnya sehingga kolaborasi merupakan suatu hal yang sangat penting dan semua pihak tentunya harus bekerja sama dan bergandeng tangan untuk bisa menyelesaikan masalah-masalah global terutama yang menyangkut tentang ketahanan energi,” ungkapnya.

Wakil Manajer PIU AKSI Unimal, M. Nazaruddin menjelaskan bahwa sumber energi terbarukan seperti misalnya biodiesel merupakan salah satu solusi ketahanan energi di masa depan.  Pengembangan sumber energi baru bisa berkontribusi atau memberikan pengaruh kepada masyarakat luas terutama yang mempunyai potensi pertanian yang besar.

“Kerja sama lintas sektor sangat diperlukan untuk pengembangan energi terbarukan,  dan dengan adanya konferensi ini diharapkan akan melahirkan banyak masukan dari para akademisi, peneliti, dan peserta lain yang bisa berkontribusi terhadap ketahanan energi di masa depan,”pungkasnya.

MICoMS tahun 2022 ini dihadiri oleh sejumlah peneliti nasional dan internasional, para akademisi, dan ratusan mahasiswa lintas universitas yang ada di Indonesia. Dari data ada 60 presenter yang membawakan presentasi artikel nya dari Negara Jepang tepatnya Kyushu University, Belanda, Malaysia, Jerman dan Indonesia.

Konferensi International ini di laksanakan hybrid dan Live Streaming YouTube yang mencapai angka tayangan diatas 2000 viewers selama beberapa jam tayang melalui Kanal Unimal TV. []

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.