2022-09-11

Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agam Inong Aceh Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Banjir Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bireuen Bisnis BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Film Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemanusiaan Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa Lapas lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Motivasi Motogp MPU Aceh Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narapidana Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patani Patroli Pekalongan Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh PKI PLN PNL Polisi Politik Poso PPWI Presiden Projo PT PIM Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebgram Selebriti Senator Sinovac SMMPTN sosial Sosok Sport Status-Papua Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tol Aceh Tsunami Aceh Turki Ulama Universitas Malikussaleh USA Vaksin MR Vaksinasi Vaksinasi Covid-19 vid Video vidio Viral Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA


Tapaktuan -
Satgas Bencana BUMN Aceh dari PT Pupuk Iskandar Muda (PT PIM) menyalurkan bantuan untuk korban bencana banjir dan tanah longsor di Aceh Selatan yang terjadi beberapa waktu lalu, Minggu 11 September 2022. 

Bantuan tersebut diserahkan oleh Perwakilan Tim Satgas BUMN Aceh yang juga merupakan Assistant Vice President Humas PT Pupuk Iskandar Muda, Dedi Ikhsan yang diterima secara langsung oleh Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran di halaman Posko 01 Pemadam Kebakaran (Damkar) BPBD Kabupaten Aceh Selatan di Tapaktuan. 

Turut hadir pada acara penyerahan bantuan tersebut, Kepala BPBD Kabupaten Aceh Selatan, H Zainal A, SE, MSi, beserta Sekretaris, dan para Kabid.

Pada kesempatan tersebut, Tgk Amran selaku Bupati Aceh Selatan mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi  kepada Satgas BUMN Aceh dalam hal ini khususnya kepada PT Pupuk Iskandar Muda yang juga merupakan Koordinator Satgas BUMN Wilayah Aceh. 

Ia berharap agar bantuan yang diberikan membawa manfaat bagi para korban bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi beberapa waktu lalu di Kabupaten Aceh Selatan sehingga akan dapat kembali membangkitkan semangat masyarakat korban bencana utk terus bangkit kembali. 

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Aceh Selatan, H Zainal A juga menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan dan santunan yang diserahkan langsung oleh Tim Satgas Bencana BUMN Aceh yaitu PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) pasca bencana banjir dan tanah longsor yang melanda wilayah tersebut dan BPBD Aceh Selatan dalam hal ini siap mendampingi tim Satgas dalam mengunjungi lokasi bencana dan juga penyaluran bantuan kepada para korban. 

Pada Kesempatan yang sama, Dedi Ikhsan selaku Perwakilan Tim Satgas Bencana BUMN Aceh mengucapkan terima kasih atas sambutan dan dukungan dari Pemkab Aceh Selatan sehingga dapat terjadinya sinergitas dan kolaborasi antara

Pemerintah Daerah dan Tim Satgas BUMN Aceh terutama dalam penanganan bencana. 

Adapun anggota Tim Satgas Bencana BUMN Aceh dari PT PIM yang juga hadir yaitu Suhardi Makmur, Zulfajri Ery Syahputra dan Mahyuddin. 

Selain itu, juga hadir Koordinator Satgas Bencana BUMN Aceh Selatan dari PT Permodalan Nasional Madani (PT PNM), Intan Maulida dan Sekretaris Satgas dari PT Pos Indonesia Wilayah Tapaktuan, M Alhadi Afrijani. 

Bantuan yang diberikan kepada masyarakat korban bencana berupa Sembako terdiri dari Beras, Minyak goreng, Ikan kaleng, Gula, Telur, Mie Instan dan bahan pokok lainnya dan juga diberikan Peralatan Sekolah, Kain Sarung, Peralatan mandi, Kebutuhan Ibu dan anak berupa Pampers, Popok bayi dan Susu serta Bahan material bangunan seperti Semen, Triplek dan Seng utk mendukung renovasi bangunan pasca terjadinya bencana. 

Di Kecamatan Samadua, bantuan bencana disalurkan kepada korban bencana yakni di Gampong Batee Tunggai dan Gampong Lubuk Layu serta beberapa titik lokasi terdampak lainnya. 

Sedangkan pada Kecamatan Tapaktuan, bantuan disalurkan ke Gampong Hilir, dan Gampong Lhok Bengkuang Timur yang memerlukan penanganan darurat.[]



Lhokseumawe - Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh melaksanakan pelatihan Psychological First Aid (PFA) dengan tema “PFA Training for Psychology Student: Dukungan Psikososial dan Pertolongan Pertama Darurat Gangguan Psikologis” di Ruang Kuliah Umum Fakultas Kedokteran, kampus Uteunkot, Cunda, Lhokseumawe, Sabtu (10/09/2022). 

Pelatihan yang dipandu oleh MC Alifa Azna Alayya tersebut menyambut pemateri dari Psikolog Klinis di Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh sekaligus Ketua IPK Wilayah Aceh, Yulia Direzkia MSi Psikolog. Acara dibuka oleh Sekretaris Jurusan Psikologi, Ella Suzanna MHSc, serta dihadiri oleh dosen dan 40 mahasiswa Psikologi, mulai dari angkatan 2017 hingga angkatan 2022. 

Yulia Direzkia dalam materinya menyampaikan, mahasiswa Psikologi yang sudah mengikuti pelatihan ini akan terjun langsung nantinya ketika terjadi krisis, nah psychological first aid ini bukan hanya untuk kebencanaan namun untuk kondisi krisis juga seperti perang, bencana alam, kecelakaan, kebakaran dan kekerasan antar manusia. 

PFA merupakan bantuan untuk mencegah agar guncangan pasca peristiwa stres ekstrim tidak berkepanjangan. Analogi PFA serupa P3K atau pertolongan pertama pada kecelakaan untuk luka psikologis yang menyebabkan shock,” katanya.

Dalam pelatihan PFA ini, Sekretaris Jurusan Psikologi, Ella Suzanna berharap bahwa peserta pelatihan PFA akan menerapkan ilmunya ketika sewaktu-waktu terjadi kondisi krisis.

“Ini kesempatan yang baik untuk mahasiswa Psikologi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan melalui materi yang disampaikan oleh pemateri,” pungkasnya.

 


Banda Aceh - Teuku Zaqhlul Nafil Zuhri perwakilan dari Aceh Besar dan Amalia Ahwa dari Aceh Singkil dinobatkan sebagai Agam Inong Aceh tahun 2022. Keduanya akan mewakili Aceh di pentas pemilihan Duta Wisata Indonesia pada November mendatang di Kalimantan Utara.

Keduanya terpilih menjadi Duta Wisata Aceh dalam ajang Pemilihan Agam Inong Aceh 2022 bertajuk ‘Amazing Culture Ethnical Harmony’ yang diselenggarakan di Gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh, pada Sabtu, 10 September 2022.

Kegiatan Grand Final Pemilihan Agam Inong Aceh 2022 ini berlangsung meriah, hingga gedung AAC Dayan Dawood dipadati oleh penonton yang ingin menyaksikan perwakilan daerahnya tampil. Mereka juga tak henti-hentinya memberikan dukungan kepada para peserta.

Pj Gubernur Aceh melalui Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Almuniza Kamal mengucapkan selamat kepada Zaqhlul dan Amalia yang terpilih menjadi Agam Inong Aceh 2022, melalui serangkaian kegiatan yang sudah dilakukan sejak sepekan terakhir.

“Siapapun yang berhasil sebagai pemenang jangan jumawa dan yang belum menang jangan berkecil hati. Karena semua para peserta merupakan yang terbaik yang dipilih dari kabupaten/kota masing-masing,” kata Almuniza Kamal.

Bagi pemenang yang terpilih, ia berharap agar tetap menyiapkan diri dan terus menggali potensi untuk menyambut ajang pemilihan Duta Wisata Indonesia. Sehingga keberhasilan Muhammad Akkral dan Salwa Nisrina Authar Nyakcut Daulat yang menjadi juara pada 2021 di tingkat Nasional bisa dilanjutkan tahun ini.

“Untuk finalis, jaga amanah siapkan diri dan gali potensi dengan baik sebagai keberhasilan Agam Inong 2021 yang lalu, agar dapat kita ulangi kembali menjadi juara Duta Wisata Indonesia pada tahun 2022 yang akan dilaksanakan November nantinya,” kata Almuniza.

Selain itu, kata Almuniza, Agam Inong Aceh diharapkan bisa menjadi garda terdepan untuk memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif di Aceh. Apalagi di era perkembangan digital dan media sosial ini, para generasi muda memiliki tanggung jawab besar sebagai influencer untuk mempromosikan pariwisata dengan cara-cara yang kreatif dan inovatif.

Hal itu bertujuan agar bisa menarik wisatawan domestik hingga mancanegara untuk mau berkunjung ke tanah rencong, hingga akhirnya bisa mendongkrak perekonomian masyarakat.

Kepada finalis Agam Inong 2022, lanjut Almuniza, agar terus melakukan kegiatan promosi wisata di daerah masing-masing dengan berkolaborasi dengan masyarakat.

“Saya beraharap kepada seluruh peserta Agam Inong tahun ini dapat melakukan kegiatan yang berkolaborasi bersam masyarakat, untuk menjadikan destinasi wisata di Aceh sebagai destinasi wisata aman, nyaman dan menawan,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR Aceh, Safaruddin berpesan kepada peserta Agam Inong Aceh 2022 agar menjunjung tinggi kekhususan Aceh dan nilai-nilai kearifan lokal yang dibalut dalam inovasi untuk mempromosikan pariwisata Aceh ke wisatawan domestik hingga mancanegara.

Inovasi dan kreatifitas itu, kata dia, ditentukan dalam kemampuan menjaga diri berkomunikasi menginformasikan pengembangan wisata dan kebudayaan di Aceh.

“Kearifan lokal yang saya maksud adalah nilai-nilai syariat islam yang menjadi landasan kehidupan kita, bahwa Aceh memiliki kekhususan itu yang harus kita pelihara dan jaga,” katanya.

Di akhir sambutannya, Safaruddin menjanjikan hadiah kepada pemenang Agam Inong Aceh 2022 yang terpilih yaitu jalan-jalan ke Bangkok, Thailand. “Finalis juara 1 kemarin saya janjikan untuk holiday dan eksplore ke Bangkok untuk tahun 2022,” ujarnya.

Adapun malam penobatan Agam Inong Aceh 2022 juga turut dihadiri oleh Bupati Aceh Barat, Pj Bupati Lhokseumawe, Pj Bupati Aceh Utara, Inspektorat Aceh Jamaluddin, Direktur Manajemen Industri Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf, Saifullah, Ketua Darma Wanita Provinsi Aceh dan Perwakilan dari Bank Aceh Syariah dan BSI Aceh.

Adapun daftar pemenang juara Agam Inong Aceh 2022 yaitu,

Agam Inong – Teuku Zaqhlul Nafil Zuhri (Aceh Besar) dan Amalia Ahwa (Aceh Singkil)

Wakil I
Agam – Bambang Lesmana Dwi Putra (Aceh Selatan)
Inong – Jenny Faridha Meuthia (Bener Meriah)

Wakil II
Agam – Ahlul Haitami (Aceh Barat Daya)
Inong – Irhamni Malika (Aceh Besar)

Wakil III
Agam – Syahrul Raziqin (Aceh Utara)
Inong – Niva Adillah (Banda Aceh)

Wakil IV 
Agam – Muharir (Aceh Barat)
Inong – Sal Sabila (Aceh Selatan)

Wakil V
Agam – Darwinus (Lhokseumawe)
Inong – Zatul Hilmi (Subulussalam)

 

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.