2017-07-23

Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Bambang Tri Banda Aceh Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bireuen Bisnis BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya Cuaca Cut Meutia Dana Bos Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Fito Foto FPI Gampong Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan History Hotel Hukum HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Irwandi-Nova Irwndi Yusuf IWO Jaksa Jejak JKMA Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malware WannaCry Masjid Mitra Berita Motivasi Motogp Mudik MUI Musik Nanang Haryono Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patroli Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh PKI PLN PNL Polisi Politik Poso PPWI Presiden Pungli Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebriti Senator Sosok Sport Sumatera Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TNI Tokoh Tsunami Aceh Ulama Vaksin MR vid Video vidio Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

Ilustrasi
Banda Aceh - SPBU Gampong Pie Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh di bobol oleh salah seorang karyawan setempat, Kamis 27 Juli 2017. Akbatnya Perusahaan SPBU itu rugi hingga ratusan juta rupiah.

Pada hari Jumat, 28 Juli 2018, pihak SPBU telah melapor kasus tersebut ke Polsek Ulele, terlapor yakni M. Ardiansyah warga asal Medan, "kita sudah laporkan kasus ini ke Polisi  terkait tindak pidana pencurian dana Kas SPBU," Kata Bendahara SPBU  Arief Juliadi.

Atas laporan itu, Arief mengatakan ada tiga orang saksi yang bisa dimintai keterangan yakni Warnap (32) ( Pengawas lapangan SPBU),  Amirul Ahyar (40) ( Kepala piket regu jaga II ) 40 tahun dan Rahmat Luthfi (40)( Manajer  SPBU ) 40 tahun.

Menurut dia, peristiwa itu terjadi pada hari kamis tanggal 27 juli 2017 sekira  23.30 wib.  Manajer SPBU serta beberapa karyawan melakukan rapat terkait hilangnya  persediaan stok minyak sebanyak -+ 14 Ton selama 2 bulan terakhir yang merugikan perusahaan sebanyak -+ Rp 90 juta,

Setelah manejer SPBU melakukan musyawarah terkait hilangnya stok di losis ( tangki ) stok minyak, beberapa karyawan pulang. Yang tinggal yakni Amirul Ahyar dan M.Ardiansyah ( pelaku ).

Sekitar pukul 00.30 pelaku meminta kunci locker kas SPBU kepada  Amirul Ahyar.

"Kunci itu diminta dengan dalih ada beberapa barang yang tertinggal di dalam ruangan. Setelah Amirul Ahyar memberikan kunci kepada Pelaku,  Pelaku langsung membawa uang yang berada di dalam locker SPBU sebanyak Rp. 57 Juta," jelasnya.

Lanjutnya, Pada pagi hari saat pengawas SPBU ( Warnap ) mengecek situasi dan melihat pintu kamar  tempat dan locker kas sudah terbuka, semua uang dalam kas sudah tidak ada lagi.

Akibat kejadian tersebut, pihak perusahaan SPBU mengalami kerugian sebesar Rp. 147 Juta.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol T Saladin SH, melalui Kapolsek Ulee Lheue, AKP Elfutri mengatakan sudah menerima laporan tersebut atas dugaan tindak pidana pencurian uang di SPBU Meraxa.

"Setelah mendapat laporan, kami mengamankan TKP dan berkoordinasi dengan pihak SPBU, dan selanjutnya melakukan lidik terhadap pelaku," imbuh Elfutri, Sabtu 29 Juli 2017.
 
Dari keterangan pelaor, Pelaku sudah 5 bulan bekerja  di SPBU tersebut, saat melamar kerja di SPBU, pelaku mendapatkan rekom pekerjaan dari geucik gampong pie yang merupakan saudara dari pelaku.

"Dari hasil laporan ini, kami akan lidik pelaku dengan memeriksa keterangan dari saksi-saksi," tegasnya.

Sampai berita ini dilansir redaksi belum dapat dihubungi untuk melakukan konfirmasi terkait keberhasilan dalam mengungkap dan menangkap dua pelaku pencurian uang di SPBU Gampong Pie.(SA/TM)

WASHINGTON - Korea Utara (Korut) kembali melakukan uji coba rudal yang diyakini sebagai rudal balistik antar benua (ICBM). Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un, mengklaim jika seluruh wilayah Amerika Serikat (AS) telah berada dalam jangkauan rudalnya.

Klaim pemimpin Korut itu ternyata diamini oleh ahli senjata nuklir. Menurut peneliti di Pusat Studi Nonproliferasi James Martin di California, Melissa Hanham, uji coba tersebut menunjukkan bahwa Alaska berada dalam jangkauan rudal Korut, dan jika rudal itu terbang selama 45 menit selama uji coba kemungkinan rudal tersebut bisa mencapai New York.

Rincian mengenai peluncuran masih tetap samar, namun Hanham mengatakan bahwa dia menduga rudal yang diuji adalah rudal Hwasong-14 sama dengan yang diluncurkan rezim Kim Jong-un pada 4 Juli lalu.

"Tes itu menunjukkan bahwa Alaska berada dalam jangkauan dan dugaan awal saya adalah bahwa mereka sekarang menguji rudal ini untuk melihat apakah bisa berlanjut lebih jauh," kata Hanham seperti dikutip dari The Guardian, Sabtu (29/7/2017).

"Kita perlu mendapatkan semua data poin untuk bisa menghitung rentang kurva tapi mungkin saja mereka mencoba menunjukkan bahwa memang New York tidak begitu jauh," imbuhnya.

Hanham lantas menunjukkan kisaran jarak sejauh 9.500-10.000 km, yang membutuhkan waktu terbang 45 menit, mungkin Korut berpotensi menyerang sasaran pantai timur seperti New York.

Namun analis tetap skeptis mengenai apakah Korut memiliki kemampuan untuk membuat miniatur senjata nuklir yang bisa ditembakkan pada misil semacam itu. Meski begitu, peluncuran tersebut merupakan pengingat terbaru kegagalan Presiden AS Donald Trump untuk membuat kemajuan dalam upayanya mengendalikan ambisi nuklir Kim Jong-un.

Para ahli mengatakan bahwa presiden AS telah berharap untuk membentuk "pernikahan besar" dengan China, yang akan melihat dua negara teratas di dunia menangani Pyongyang bersama-sama, dengan Beijing memberikan tekanan ekonomi pada sekutunya.

Hanham mengatakan tes Jumat malam akan membuat Gedung Putih, yang telah terhuyung-huyung dari kekalahan dramatis untuk mencabut undang-undang Obamacare, sakit kepala.

"Sayangnya, sekarang juga Washington sangat sibuk dengan hal lain. Pemungutan suara pencabutan undang-undang kesehatan merupakan pukulan luar biasa bagi partai Republik. Saya menduga hari ini banyak dari mereka di kantor tengah menjilati luka-lukanya, "katanya.

"Departemen luar negeri AS belum sepenuhnya dikelola. Saya tidak berpikir mereka siap untuk hal ini," imbuhnya.| Sindo

Kebakaran puskesmas di Aceh Selatan nyaris menghanguskan seluruh ruangan. (Dok. BPBA)
Aceh Selatan - Puskesmas Samadua, yang terletak di Desa Jilatang, Kecamatan Samadua, Kabupaten Aceh Selatan, ludes terbakar. Belum diketahui penyebab kebakaran yang menghanguskan hampir seluruh ruangan itu.

Berdasarkan informasi yang diperoleh detikcom, kebakaran terjadi sekitar pukul 04.45 WIB, Sabtu (29/7/2017). Peristiwa ini awalnya diketahui kepala desa setempat. Saat itu, dia mendengar suara klakson mobil saling bersahutan.

Tak lama berselang, ia mendekat ke sumber suara dan melihat kobaran api mulai membakar puskesmas. Kepala desa selanjutnya melaporkan peristiwa tersebut ke petugas pemadam kebakaran. Empat unit armada pemadam dikerahkan ke lokasi.

Petugas pemadam kebakaran berhasil menjinakkan api sekitar satu jam kemudian. Armada pemadam yang dikerahkan berasal dari posko induk dan posko Meukek. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini.

"Kami belum tahu penyebab kebakaran ini. Masih diselidiki," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Aceh Selatan (BPBA) Sufri.| Detik.com

Aceh Tengah - Jajaran satuan Reskrim Polres Aceh Tengah berhasil membekuk dua orang yang pelaku pencurian di rumah Bripka Gunawan bin Abdullah (32) di Desa  Mongal Kecamatan Bebesen Aceh Tengah, Sabtu 29 Juli 2017, sekitar pukul 1:00 WIB.

Kapolres Aceh Tengah
AKBP Hairajadi S.H melalui Kasat Reskrim AKP Fadil kepada statusaceh.net mengungkapkan dua orang yang diduga telah melakukan Tindak Pidana pencurian yang mengakibatkan hilangnya Senjata api jenis revolver milik anggota polres Aceh Tengah yakni  ZJ alias Onot (32) dan RR (20) Alias Jeki merupakan warga Desa Asir-Asir kecamatan Lut Tawar Aceh Tengah.


"Kedua Tersangka itu telah melakukan pencurian dirumah Gunawan Bin Abdullah yang juga anggota polisi yang berpangkat Bripka," katanya.

Penangkapan Kedua tersangka tersebut berawal dari hasil penyelidikan yang dilakukan oleh Sat Reskrim Polres Aceh Tengah dan Tim Dit Reskrimum Polda Aceh.

Lanjutnya, setelah menangkap dua tersangka tindak pidana pencurian itu, pihaknya melakukan pengembangan lebih lanjut.

"Dari hasil pengembangan berhasil diperoleh Senjata Api jenis Revolver dan 6 butir peluru disimpan di bawah pohon nangka kebun pinggir jalan yg terletak di Desa Kuyun Uken Kecamatan Celala,Aceh Tengah," ungkapnya


Dari tangan tersangka berhasil diamankan satu pucuk senjata api jenis Revolver dan 6 butir, uang tunai sebanyak Rp. 1.500.000, cincin emas seberat 15 gram

Terkait kasus itu, kepolisian setempat akan melakukan penyidikan dan mengumpulkan barang bukti serta
Melakukan pencarian lebih lanjut terhadapd barang bukti lainnya yg sudah terjual kepada orang lain yaitu 1 hp Iphone dan 1 hp samsung.(SA/TM)

StatusAceh.Net - Pasca kumandang takbir umat Islam di penjuru Masjid Al Aqsha, PM Benjamin Netanyahu bersumpah akan segera menutup Al Jazeera. Ancaman ini dilontarkan Bibi setelah kantor berita asal Qatar itu mengintensifkan liputannya dalam penutupan komplek Masjid Al Aqsha sejak 14 Juli lalu.

“Dengan hukum dan undang-undang yang ada Zionis Israel akan mengusir Al Jazeera dari wilayahnya,” tulis Netanyahu dalam akun Facebook pada hari Kamis (27/07) kemarin seperti dilansir saluran berita Yahudi “I24”.

Netanyahu berkilah bahwa Al Jazeera bertanggung jawab atas penghasutan warga Palestina sehingga menyebabkan terjadinya benterokan di komplek Masjid Al Aqsha.

Tidak hanya Zionis Israel yang takut dengan Al Jazeera, krisis Teluk yang berlangsung sejak 5 Juni lalu memperlihatkan UEA, Arab Saudi, Bahrain dan Mesir juga menakuti kehadiran kantor berita asal Qatar ini.

Kamis malam 27 Juli 2017, umat Islam mengumandangkan takbir saat memasuki komplek Masjid Al Aqsha sebagai bentuk kemenangan setelah Zionis Israel mencoba menguasai masjid suci ketiga milik umat Islam. | Eramuslim

Penyelundupan narkoba (ilustrasi)
Banda Aceh - Kepala Kantor Wilayah Direktorat Bea dan Cukai Aceh Rusman Hadi mengatakan kawasan pantai timur Provinsi Aceh, merupakan kawasan yang rawan terjadinya aksi penyelundupan barang ilegal. Wilayah tersebut lebih rawan apabila dibandingkan dengan kawasan pantai barat selatan Aceh.

Rawannya aksi penyelundupan berbagai barang legal di kawasan pantai utara dan timur Aceh, menurut dia dikarenakan beberapa faktor. Antara lain, merupakan jalur pelayaran yang ramai karena kawasan Selat Malaka, serta berbatasan dengan beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Thailand.

"Sementara dikawasan pantai barat selatan Aceh, tidak terlalu rawan terjadinya aksi penyelundupan dikarenakan berada di Samudera Hindia dan juga jauh dengan negara-negara lain," ujar Rusman, saat pemusnahan rokok ilegal di Lhokseumawe, Kamis (27/7).

Selama kurun waktu tahun 2016, Bea Cukai berhasil melakukan 12 kali penindakan terhadap penyelundupan barang ilegal tersebut. Pada tahun 2017 hingga sekarang pihaknya juga berhasil menindak sebanyak tujuh kali.
Dalam berbagai penindakan terhadap barang selundupan tersebut, berupa bawang merah, bawang putih, ayam dan juga pohon kurma. Semua barang selundupan dimaksud juga sudah dilakukan proses hukum dan bahkan ada yang sudah dimusnahkan.

"Berbagai barang ilegal tersebut ada yang dihibahkan bahkan ada juga dimusnahkan sebagaimana keputusan yang berlaku," ucap Rusman. |Antara

Asyik untuk foto! (Agus/detikTravel)
Aceh Besar - Saat liburan, kegiatan berfoto tentu tak boleh dilewatkan. Di Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar, ada pantai cantik untuk spot foto.

Terletak sekitar 30 menit dari pelabuhan Lamteng, Kemukiman Pulo Nasi, Kecamatan Pulo Aceh, Pantai Ujong Lhok Reudep di Desa Deudap menyimpan sejuta pesona. Belum banyak traveler yang mengunjungi lokasi ini. Pantai di sana dipenuhi batu karang berukuran raksasa.

detikTravel berkesempatan menjelajah Pulo Nasi di Kecamatan Pulo Aceh atas undangan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh. Akhir pekan lalu, Disbudpar Aceh menggelar Festival Pulo Aceh 2017 selama dua hari, yaitu 22 hingga 23 Juli 2017.

Perjalanan menuju pantai Ujong Lhok Reudep dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun empat. Sebagian besar jalannya sudah beraspal mulus. Hanya saja, saat berbelok ke lokasi wisata, traveler harus melewati jalan layaknya menuju ke perkebunan dan di beberapa titik terdapat lobang.
Pantai ini pun didominasi oleh batu karang (Agus/detikTravel)
Kendaraan bak terbuka yang membawa pelancong ke sana terpaksa berjalan pelan sekali. Sopir butuh konsentrasi ekstra dan berhati-hati saat melewati kondisi jalan tanah yang tidak rata. Sedikit saja salah belok, kendaraan dapat terperosok. Kiri kanan jalan merupakan perkebunan.

Rasa lelah selama perjalanan terbayar begitu melihat pemandangan di depan mata. Laut biru yang berpendar-pendar dan deburan ombak menyambut kedatangan para pelancong. Setelah memarkirkan kendaraan, satu persatu traveler turun dan menuju ke batu-batu karang raksasa.

"Jangan terlalu berdiri ke bawah. Ombak sedang besar," kata Julfian Efendi (41) warga Pasi Janeng yang menjadi pemandu kami.

Objek wisata Pantai Ujong Lhok Reudep memang tidak terlalu luas. Di seberang lautan sana, ada dua pulau besar yang masih masuk dalam wilayah administrasi Aceh Besar. Letak pantai ini menghadap laut lepas. Kapal pengangkut semen dan kapal tongkang kerap melewati daerah tersebut.

Traveler yang berkunjung ke lokasi ini dapat berselfie ria sambil sesekali melihat ombak memukul karang. Batu karang di sana tersebar dengan beragam ukuran mulai dari kecil hingga besar. Pasir putih di sekeliling pantai juga menjadi pelengkap keindahan pantai ini.

Kehadiran batu-batu karang di sana menjadi pencegah agar ombak tidak mencium bibir pantai. Berada lokasi ini, pelancong dapat melongok 'surga tersembunyi' di Pulo Aceh. Meski menyimpan sejuta keindahan, tapi objek wisata Pantai Ujong Lhok Reudep masih asing di telinga para treveler.

"Wisatawan yang datang ke sini cuma untuk foto-foto saja. Tidak boleh mandi di sini. Dan belum ramai yang datang ke pantai Ujong Lhok Reudep," ungkap pria yang berprofesi sebagai nelayan tersebut.

Ingin mencari spot selfie keren dan kekinian? Yuk kunjungi Pantai Ujong Lhok Reudep di Desa Deudap Kemukiman Pulo Nasi, Pulo Aceh, Aceh Besar. | Detik.com

Rokan Hulu - Sekitar 11 pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Desa Aliantan, Kecamatan Kabun, Rokan Hulu (Rohul), terjaring razia saat tengah asik bermain biliar, Jumat (28/7/2017) pagi.

Ke 11 pelajar SMK terjaring razia dipimpin Camat Kabun Anang P Putra S.STP, bersama Kasi Trantib, Kepala Desa Aliantan M. Rois Zakaria SE dan Satpol PP setempat.

Para pelajar sempat digelandang ke sekolahnya dan di serahkan ke pihak sekolah, sebelum diserahkan kepada orang‎ tuanya masing-masing.

Diakui Camat Kabun Anang P.Putra, razia dilakukan tim gabungan karena banyaknya laporan masyarakat kepada dirinya, bahwa tidak sedikit pelajar yang bolos sekolah dan bermain di tempat biliar.‎

"Razia yang kita lakukan untuk merespon keluhan dan laporan masyarakat. Sebagai efek jera agar tidak mengulangi perbuatannya, para pelajar ini dijemput langsung orang tuanya masing-masing," kata Anang.‎

Atas terjaringnya pelajar, Camat Kabun berharap peran orang tua mengontrol atau mengawasi kegiatan anak-anaknya, dan memastikan apakah mereka pergi ke sekolah atau tidak. Terhadap pemilik biliar yang ada di Kecamatan Kabun, Anang meminta agar melarang pelajar bermain.

Anang menegaskan, akan memberikan sanksi tegas ke pemilik bila masih memberikan kesempatan kepada pelajar bermain biliar, terutama di jam belajar sekolah.‎

“Kalau tetap juga menerima pelajar bermain biliar saat jam belajar sekolah, kita akan beri sanksi tegas. Bisa sampai pada penutupan," kata Camat Kabun, Anang.** ( Alfian)

Banda Aceh – Wakil Gubernur Aceh mengajak mengajak semua pihak untuk ikut pertisipasi dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan di seluruh wilayah Aceh agar kejadian kebakaran hutan dan lahan tidak terulang lagi di Aceh.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Aceh dalam pertemuannya dengan Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ir. Raffles Brotestes Panjaitan, M.Sc, di ruang rapat Wakil Gubernur, Jumat (28/7)

“Jadi yang penting sekali ini adalah pencegahan, sulit sekali dipadamkan kalau  api itu besar, aspek pecegahan lebih efektif,” ujar Nova.

Nova mengatakan Pemerintah Aceh akan menerapkan formulasi tentang pencegahan kebakaran Hutan sebagaimana yang di arahakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Terkait kasus kebakaran di sejumlah titik di Aceh Barat, ,Nova mengatakan sejak hari pertama Badan Penanggulangan Bencana Aceh sudah berada dilokasi kejadian dan saat ini Helikopter juga terus melakukan upaya pemadaman.

“Kami sangat mengapresiasi semua pihak termasuk BNPB yang telah ikut membantu pemadaman kabakaran lahan di Aceh Barat, kita harap api betul-betul padam dalam waktu dekat,” ujar Nova.

Pada kesempatan tersebut, Nova meminta Dinas Kehutanan Aceh untuk segera membentuk Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan dengan mengandalkan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) yang sudah ada di Aceh.
“KPH ini bisa di andalkan, kita latih, nanti alat serta peralatan bisa kita minta support dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aceh,” ujar Nova.

Sementara itu, Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ir. Raffles Brotestes Panjaitan, M.Sc menyampaikan bahwa pihaknya akan siap membantu pemerintah Aceh untuk memberikan bantuan sarana dan prasaranana untuk Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan jika nantinya sudah dibentuk di Aceh.
Selain itu, Raffles juga menekankan upaya pencegahan harus lebih ditingkatkan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran di Aceh.

“Buk Menteri sudah mewanti-wanti pencegahan harus menjadi prioritas,” ujar Raffles. 

Beberapa langkah yang dapat dilakukan kata Raffles adalah dengan membentuk tim patroli di daerah yang sering terjadi kebakaran secara terpadu dengan melibatkan berbagai pihak.  “Kita harus memberdayakan masyarakat, meningkatkan kapasitas masyarakat supaya mereka bisa terlibat langsung,”.

“Jadi di desa-desa yang rawan kebakaran itu nanti dilakukan patroli dan kita akan mensupport sarana dan prasarananya,” ujar Raffles.

Di Provinsi Aceh kata Raffles sudah ada KPH tapi tenaga ahlinya belum ada, untuk itu perlu inisiatif dari bawah untuk mengusulkan dan melatih tenaga yang sudah ada. Jika sudah dilatih lanjut Raffles Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan siap memberikan bantuan sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

Pertemuan tersebut juga dihadiri Kepala BPBA Aceh, Yusmadi, Kepala Dinas Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aceh, Saminuddin, dan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, H. Mulyadi Nurdin, Lc, MH. (Rill)

Presiden Ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono dan Prabowo Subianto bersiap menyantap nasi goreng. (IMAM HUSEIN/JAWA POS)
StatusAceh.Net - Nasi goreng menjadi pemanis pertemuan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Kamis (27/7) malam. Bahkan, penjual nasi goreng ala Ngawi, Jawa Timur tersebut meluluhkan sang mantan Panglima Komando Strategi Angkatan Darat.

Desyinta Nur'aini

Hujan sempat mengguyur deras Perumahan Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat sekitar pukul 20.00 WIB. Itu, menjelang kedatangan Prabowo Subianto beserta jajarannya. Namun, seoalah langit mengerti, bahwa pertemuan dua mantan jenderal itu amat ditunggu. Hingga hujan tidak perlu berlama-lama membasahi Cikeas.

Benar saja, sekitar 20 menit setelah hujan turun, pria yang akrab disapa Prabowo itu datang ditemani Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon, Edhy Prabowo, serta beberapa pengurus partai lainnya.

Sambutan hangat dari sejumlah jajaran pengurus inti dari tuan rumah dilakukan di depan pendopo. Namun, SBY tidak terlihat ikut menyambut. Kabarnya, tuan rumah masih dalam perjalanan hingga para tamu itu diminta sedikit menunggu di ruang tunggu yang terletak di samping kiri pendopo.

Tak terlalu lama, si pemilik rumah Puri Cikeas itu datang dan menyambut hangat Prabowo dan orang penting dari Gerindra lainnya. Dihantarkan di teras pendopo, mereka duduk sejenak untuk saling tegur sapa dan menanyakan kabar.

Saat itu juga, aroma khas nasi goreng tek-tek langganan SBY sejak 2009, mulai tercium. Bukan nasi goreng restoran, aroma itu berasal dari gerobak milik Gunarno. Dia adalah penjual nasi goreng asal Ngawi, yang biasa mangkal tak jauh dari rumah SBY.

Nasi goreng itu disuguhkan ke meja tempat para mantan jenderal, sekjen, dan wakil ketua umumnya duduk. Menambah hangat pertemuan di tengah udara yang dingin.

"Yuk teman-teman (wartawan) makan nasi goreng dulu," ucap SBY mengajak awak media ikut mencicipi nasi goreng yang telah disiapkan terpisah di dekat gerbang pintu masuk pendoponya.

Ingin sang tamu menikmati jamuannya, Presiden ke-6 itu meminta agar awak media berhenti sejenak untuk merekam kejadian tersebut dan menyarankan ikut menyantap nasi goreng yang telah disediakan. Dia berkata agar awak media tidak perlu risau karena akan ada konferensi pers setelah pertemuan berlangsung.

Usai menyantap nasi goreng yang diborong seharga Rp 1 juta untuk 80 porsi itu, SBY menggiring tamunya ke kediaman yang terletak di samping pendopo. Mereka ingin berbicara intim yang menjadi inti pertemuan tersebut.

Selama satu jam pertemuan itu berlangsung. Tepatnya pada pukul 21.55 WIB mereka akhirnya keluar. Duduk di pendopo dengan latar belakang para pengurus Partai Demokrat dan Gerindra. Tampak juga Agus Harimurti Yudhoyono di sana. SBY dan Prabowo menyampaikan hasil dari pembicaraan yang dilakukan secara tertutup itu.

Mereka mengaku resah dengan keadaan bangsa dan negara. Ditambah lagi dengan diketoknya poin ambang batas presiden atau presidential threshold sebesar 20-25 persen dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemilu pada rapat Paripurna Kamis (20/7) pekan lalu. Besaran itu dinilai tidak demokratis.

Menurut mereka, harusnya tidak ada batas bagi siapa pun atau partai politik manapun mengajukan nama untuk menjadi calon presiden dan calon wakil presiden. SBY yang memulai berbicara lantas mengatakan bahwa penyelenggara negara sedikit lepas dari jalurnya. Oleh sebab itu, mereka perlu mengimbau agar pemerintah memperhatikan keinginan rakyatnya.

Lepas SBY berbicara, Prabowo ikut menyampaikan apa yang menjadi pembicaraan. Dia memulai dengan kata penghormatan bagi SBY yang melekat gelar presiden hingga akhir hayatnya. Selanjutnya, Prabowo mengakui sejak lama dia meminta waktu untuk bertemu SBY. Akhirnya pertemuan terwujud dan dia mengucapkan terima kasih.

Disangka langsung kepada inti apa yang dibicarakannya dengan SBY, ternyata Prabowo malah menyinggung nasi goreng yang disuguhkan kepadanya tadi. Katanya, nasi goreng itu rasanya luar biasa enak. Bahkan mengalahkan nasi goreng favorit di kediamannya, Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

"Saya harus akui secara jujur, nasi goreng ini menyaingi nasi goreng Hambalang," ucap dia dengan suara khas yang tegas.

Nasi goreng itu yang membuatnya luluh dan sepakat dengan semua perkataan SBY dalam pertemuan tertutup itu. "Intelnya Pak SBY masih kuat. Jadi beliau tahu kelemahan Pak Prabowo nasi goreng. Asal diberi nasi goreng, Pak Prabowo setuju," tukasnya disambut gelak tawa SBY dan yang mendampinginya.

Ternyata kelemahan Sang Jenderal ada di nasi goreng. Ah, diplomasi nasi goreng ini namanya. hehehe. | JPNN

Penjagaan Masjid Al Aqsa. ©REUTERS/Ammar Awad
StatusAceh.Net - Polisi Israel melarang pria Palestina di bawah usia 50 tahun salat Jumat di Masjid Al-Aqsa hari ini.

"Pengawasan keamanan menunjukkan ada indikasi bakal terjadi kerusuhan dan unjuk rasa hari ini," ujar pernyataan polisi, seperti dilansir laman stasiun televisi Al Arabiya, Jumat (28/7).

"Hanya pria di atas 50 tahun yang diberi izin dan perempuan dari segala umur. Sejumlah ruas jalan di Kota Tua (Yerusalem) juga akan dibatasi. Tindakan keamanan akan dilakukan untuk mencegah kerusuhan," kata pernyataan itu lagi.

Sejak kemarin warga muslim Palestina mengakhiri boikot kawasan Kota Tua dan kompleks Masjid Al-Aqsa setelah Israel bersedia mencabut semua pemindai logam dan kamera pengawas di gerbang masuk masjid suci ketiga umat Islam itu.

Namun bentrokan kembali terjadi di Masjid Al-Aqsa tadi malam. Polisi Israel menangkap lebih dari seratus pemuda Palestina yang memasang barikade di dalam Masjid Al-Aqsa setelah salat Isya. [merdeka.com]

Allahu Akbar… Allahu Akbar…Allahu Akbar…

Gemuruh takbir membahana. Luapan kebahagiaan puluhan ribu Umat Islam setelah lebih dari 12 hari bertahan, iktikaf, shalat di depan pintu Asbath Masjid Al-Aqsha. kemarin (Kamis 27/7) menyaksikan Zionis Israel melepas Pintu Metal Detektor dan CCTV.

Puluhan ribu warga dari berbagai wilayah dari al-Quds dan dari luar al-Quds, Rabu (26/7/2017) malam ikut dalam shalat isya di sekitar masjid al-Aqsha, sebagai bentuk protes terhadap tindakan penjajah Zionis di masjid al-Aqsha.

Usai shalat, pasukan penjajah Zionis memberondong tembakan meriam suara dan gas air mata ke arah para jamaah untuk membubarkan mereka, yang dibalas dengan pekit takbir dan yel-yel “Birruh Biddam Nafdika Ya Aqsha” (dengan jiwa dan darah, kami berkorban untukmu wahai al-Aqsa).

Dewan Fatwa Palestina yang menjadi rujukan keagamaan, sebelumnya memfatwakan larangan masuk Masjid Al-Aqsha, sampai Israel melepas Pintu Metal Detektor dan CCTV.

Pagi dinihari tadi, Kamis (27/7), Israel mencabut pintu metal detektor dan CCTV. Disambut dengan kegembiraan warga Palestina. Meskipun demikian, warga Palestina satu suara, satu komando, mengikuti arahan ulama, dewan fatwa.

Dewan fatwa memutuskan, bahwa hari ini kaum Muslimin akan masuk ke dalam Masjid Al-Aqsha. Dimulai shalat Ashar berjamaah hari ini.

Meskipun demikian, kaum Muslimin tidak boleh melalaikan kejahatan Israel ini. Penutupan Masjid ini adalah sejarah baru kebrutalan Israel menistakan kesucian agama Islam.

Ahmad Musyafa’ (Direktur International Aqsa Institut)

Berikut video detik-detik kekalahan Israel di Al Aqsa disambut gemuruh Takbir :

Lhokseumawe - Dua pelaku pembobol toko ponsel Malibu di Gampong Uteunkot, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe berhasil ditangkap Aparat Satuan Reskrim Polres Lhokseumawe, Jumat, 28 Juli 2017 sekitar pukul 00.30 WIB. Dua tersangka itu adalah Zul (32) dan AF (22). .

Kapolres Lhokseumawe, AKBP Hendri Budiman melalui Kasat Reskrim AKP Budi Nasuha Waruwu mengungkapkan Zul adalah mantan residivis dengan sederet kasus pencurian sempat melarikan diri dengan cara melakukan perlawanan duel fisik dengan petugas saat akan diringkus.

"Setelah kami keluarkan tembakan peringatan ke udara, akhirnya tersangka kami amankan," kata Budi Nasuha via whatsappnya.

Dari keterangan Zul, kata Budi, pihaknya melakukan pengembangan dan menangkap satu orang pelaku lainnya yakni AF (22). "AF kami tangkap di gampong yang sama dengan Zul," jelas Budi.

Ia menjelaskan kasus pencurian di toko ponsel Malibu, di Gampong Uteungkot, dilaporkan oleh Amri (52) warga Gampong Coet Girek, Kandang, Kecamatan Muara Dua, selaku pemilik toko pada 15 Juli 2017, dengan nomor laporan: LP/342/VII/2017/Aceh/ Res Lsmw, tentang tindak pidana pencurian.

"Menurut keterangan pemilik toko ponsel, korban mengalami kerugian karena kehilangan beberapa telepon genggam (HP), dan aksesoris dengan perkirakan mencapai Rp 50 jutaan," ujar Budi.

Saat ini kedua tersangka sudah diamankan di Mapolres Lhokseumawe, beserta barang bukti satu unit becak motor, dua unit telepon genggam, 28 unit bateray HP baru berbagai merek dan delapan headset.(SA/TM)

Aceh Utara - Dalam hitungan jam, keberadaan FT (27) pemuda yang dilaporkan ibundanya karena dugaan telah diculik tiga pria di rumahnya ternyata dibawa ke Mapolsek Madat, Aceh Timur atas dugaan terlibat kasus pencurian.

"Kami sudah temukan yang bersangkutan. Ternyata dia (FT) bukan diculik, tapi dibawa oleh keluarga tersangka lain untuk diserahkan ke Polsek Madat karena diduga terlibat dalam kasus tindak pidana pencurian," ujar Kapolres Aceh Utara AKBP Untung Sangaji melalui Kapolsek Baktiya Iptu Suparyo kepada AJNN, Kamis, (27/7) malam.

Dari informasi kepolisian Madat, kata Kapolsek, FT diduga terlibat dalam kasus pencurian berupa uang tunai beberapa waktu lalu di kawasan Gampong Bintah, Kecamatan Madat, Aceh Timur.

"Dari pengakuan tersangka, FT juga terlibat dalam aksi pencurian tersebut. Makanya dijemput oleh keluarga pelaku lainnya," tambah Kapolsek.

Belum diketahui secara rinci kasus yang melilit FT. Namun dari surat perintah penangkapan yang dirilis Mapolsek Madat, diketahui FT diduga telah mencuri sejumlah uang tunai milik korban Amriadi pada bulan Mei dan Juni 2017.

"Soal kasus itu masuk dalam wilkum Mapolsek Madat. Tapi yang pasti saat ini yang bersangkutan sudah ditahan di Mapolsek untuk menjalani pemeriksaan," kata Suparyo.(AJNN)

Banda Aceh - Pemerintah Aceh menggelar rapat koordinasi dengan berbagai unsur terkait persiapan peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 72 di Gedung Serbaguna Sekda Aceh, Kamis 27 Juli 2017.

Rapat ini dipimpin Asisten III, Kamaruddin Andalah dan didampingi perwakilan Kodam IM, Polda Aceh, serta Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Mulyadi Nurdin. Rapat ini juga diikuti oleh para peserta dari unsur TNI, Polri, SKPA dan SKPD serta berbagai unsur lainnya.

"Rapat ini kita laksanakan untuk menyusun berbagai persiapan, seperti kesiapan tim paskibraka, memastikan kondisi lapangan siap pakai, dekorasi lapangan, dan berbagai persiapan lainnya," ujar Kamaruddin Andalah saat membuka rapat.

Kamaruddin melanjutkan, beberapa kegiatan yang harus dipersiapkan, di antaranya terkait pengukuhan paskibraka, pelaksanaan renungan suci pada malam hari, acara puncak detik-detik proklamasi, temu ramah dengan keluarga pahlawan, pemberian remisi tahanan, pawai karnaval, penurunan bendera, serta berbagai persiapan teknis lainnya.

Perayaan HUT RI tahun ini juga direncanakan akan dihiasi dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat langsung kepada masyarakat, seperti kerja bakti sosial, bakti kesehatan, maupun kegiatan-kegiatan lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat.

Terkait pelaksanaan upacara pada hari H juga direncanakan akan melibatkan unsur santri dayah dan masyarakat umum sebagai pesertanya.

Rapat ini juga menjaring berbagai masukan dari para peserta terkait kesiapan masing-masing unsur yang terlibat. (Rill)


Auzir Fahlevi
ACEH TIMUR- LSM GeMPAR kembali mempertanyakan perkembangan kasus penembakan pasca pilkada beberapa waktu lalu yang mengakibatkan dua warga sipil menjadi korban.

Bukan itu saja, LSM yang di ketuai oleh Auzir Fahlevi ini juga mengatakan jika kasus yang menewaskan dua warga peunaron ini terkesan diendapkan dan lamban dalam proses pengajuan para pelaku ke meja hijau.

Dalam press realese yang diterima oleh Redaksi, Kamis (27/7/2017) Auzir menyampaikan jika pihaknya meminta dan mendesak agar pihak penegak hukum dalam hal ini Kapolda dan Kajati Aceh memberi atensi dalam penanganan kasus penembakan di peunaron.

Masih menurut Auzir dalam penembakan ini seharusnya mendapat penanganan prioritas karena kasusnya sudah terjadi sejak bulan maret yang lalu bahkan pelakunya sudah ditangkap jadi tidak ada alasan bagi aparat penegak hukum untuk menunda-nunda kasus itu untuk segera masuk ke pengadilan.

“ Ini bukan kasus pura-pura atau masuk skala kecil tapi ini kasus besar,jadi jangan coba-coba disepelekan, masih beruntung korbannya selamat walau salah satu korban Djuman masih mendapat perawatan intensif akibat pecahan peluru dilehernya “,ujar Auzir dalam rilisnya.

 Kemudian menambahkan,jika pihaknya mendesak supaya Kapolda dan Kajati aceh untuk memberikan atensi kepada jajarannya di Aceh timur supaya kasus itu segera masuk ke pengadilan.

Karena itu kita mendesak supaya Kapolda dan Kajati aceh untuk memberikan atensi kepada jajarannya diaceh timur supaya kasus itu segera masuk kepengadilan.

“ Kita minta agar pak kapolda dan kajati memberikan atensi terhadap jajarannya di Aceh timur untuk menyingkap siapa aktor atau dalang dibalik kasus tersebut, kami akan mengawal tuntas terhadap penanganan kasus ini “,tegasnya.(red/rls)

Lhoksukon - Fatahillah bin Saiful (27) warga desa Alue Rambong Kecamatan Baktiya, Aceh Utara  dilaporkan telah diculik oleh tiga orang pria dirumahnya, Kamis, (27/07/2017), sekitar pukul 10:00 WIB.

Dugaan penculikan tersebut dilaporkan oleh Mursyida (45), ibu kandung korban ke Polsek setempat setelah mendapat informasi dari masyarakat pada pukul 16:30 WIB.

"Saya diberitahu saat sedang mengajar di sekolah kalau anak saya dibawa tiga laki-laki. Makanya saya langsung pulang untuk memastikan," kata Mursyida kepada via handphone selulernya.

Untuk memastikan kabar itu, Musryida kemudian menghubungi telepon seluler milik anaknya tapi tidak diangkat. Bahkan korban sudah dicari ke beberapa tempat korban sering mangkal.

"Saat saya pulang, saya dapati hp-nya tinggal di rumah. Kata tetangga anak saya dibawa sama tiga orang naik motor," jelasnya.

Bansyaruddin, salah seorang tetangga korban sempat melihat Fatahillah berbicara dengan salah seorang pelaku sambil tubuh korban didorong-dorong.

"Beliau kasih tahu ke ibu saya (nenek korban). Saat Ibu saya kedepan, beliau lihat anak saya sudah diatas motor mau dibawa," tambahnya.

Sementara itu, Kapolres Aceh Utara AKBP Untung Sangaji melalui Kapolsek Baktiya Iptu Suparyo membenarkan laporan kehilangan anak dengan dugaan penculikan.

"Setelah kami terima laporan, anggota langsung menuju TKP dan melakukan penyelidikan," kata Kapolsek.

Dari Hasil penyelidikan awal, korban dibawa dua pria dengan sepeda motor jenis Supra x dalam posisi duduk ditengah, sedang satu pelaku lagi membawa motor milik korban jenis Vixion BL 4115 DAL. Korban juga sempat menjawab singkat saat ditanya neneknya kalau dia akan pergi sebentar.

"Hingga sore tadi korban belum kembali. Korban juga tidak menghubungi keluarganya di rumah. Makanya ibu korban melaporkan. Saat ini anggota kami sedang melacak keberadaan korban," ujar Kapolsek.(SA/Red)

57 bal ganja yang di bungkus dalam 4 karung kelapa diamankan di Polsek Banda Sakti, Lhokseumawe, Foto: Ist
Lhokseumawe – Satpam Kantor Pos Lhokseumawe berhasil menggagalkan Pengiriman 57 bal ganja dari Aceh  ke Jakarta Kamis, 27 Juli 2017, sekira pukul 15.30 WIB. Kasus ini terungkap setelah Satpam  curiga terhadap isi dalam 4 karung kelapa di kantor tersebut.

“Paket kiriman ganja itu ditemukan dalam 4 karung kelapa, karena kami merasa curiga terus membukanya dan kami terkejut isinya ternyata ganja,” kata  Ricky yang bertugas sebagai Satpam Kantor Pos..

Pengiriman ganja yang di tuju ke Jakarta melalui kantor Pos tepatnya di Desa kampung jawa Lama Kecamatan Banda Sakti itu berhasil digagalkan, selanjutnya satpam kantor pos melaporkan temuan tersebut ke pihak kepolisian sektor Banda Sakti.

Lanjutnya, 57 bal ganja itu dikirim oleh warga Kecamatan Plimbang, Bireuen dengan inisial SB yang dituju kepada HA warga Ciledung, Jakarta Selatan.

“Setelah kami tau isinya Ganja, kami laporkan ke pihak kepolisian,”jelasnya.

Sementara Kapolres Lhokseumawe AKPB Hendri Budiman melalui Kapolsek Banda Sakti IPTU Arief mengatakan, paket kiriman berupa ganja tersebut sudah diamankan ke polsek setempat.

“Untuk sementara 57 bal ganja itu sudah kita amankan ke Polsek dan nantinya akan di koordinasi dengan Polres untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut,”tegas IPTU Arief.(SA/TM)

Banda Aceh -- Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) dan Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) yang beraktivitas di Aceh kini dialihkan pengelolaannya kepada pemerintah pusat. Mulai Kamis 27 Juli 2017 ini, seluruh administrasi kepegawaian akan diambil alih oleh BKKBN pusat di Jakarta.

Proses pengalihan status tersebut dilakukan seusai prosesi penandatanganan berita acara serahterima PKB dan PLKB yang disaksikan oleh Wakil Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah M.T., di Gedung Serbaguna Setda Aceh, Kamis pagi.  

Nova berharap, seusai prosesi pemindahan tersebut, kegiatan Penyuluh Keluarga Berencana dan Petugas Lapangan Keluarga Berencana di Aceh semakin optimal dan memberi hasil yang memuaskan. 

“Pastikan seluruh proses administrasi lanjutan setelah penandatanganan serahterima ini dapat dilaksanakan dan diselesaikan dengan sebaik-baiknya, agar pengalihan berjalan dengan lancar,” kata Nova. 

Nova meminta agar semua dokumen yang dialihkan tersedia dan terpelihara dengan baik serta penganggaran untuk kewenangan yang dialihkan telah terakomodir sepenuhnya di APBN.

“Pastikan semua tindak lanjut kegiatan di atas berjalan sesuai ketentuan yang berlaku, sehingga tidak membawa dampak apapun terhadap kinerja tenaga penyuluh KB di Aceh,” kata Nova.

Sementara itu, Drs. Wahiddin M.Kes, Kepala Biro Kepegawaian BKKBN Pusat, yang ikut menyaksikan prosesi pelantikan tersebut, mengatakan kegiatan serupa telah dilakukan secara nasional yang dimulai sejak 14 Juli lalu di Bandar Lampung. “Pengalihan itu sebuah proses yang panjang. 
Berbagai kesiapan termasuk pembiayaan yang cukup besar” kata Wahidin. 

Dengan beralihnya status kepegawaian tersebut, diharapkan para pegawai tersebut bisa bekerja lebih maksimal, sehingga program-program BKKBN terlaksana secara utuh dan sukses di seluruh Indonesia. (Rill)

Ilustrasi kebakaran
Pekanbaru - Dari 51 titik panas yang diindikasikan kebakaran hutan di Sumatera berdasarkan pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Aceh menjadi penyumbang terbanyak dengan 37 titik panas. Titik panas tersebut diindikasikan sebagai kebakaran hutan dan lahan.

"Titik panas terpantau pukul 06.00 pagi," kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika stasiun Pekanbaru Otto Sukisno menjelaskan 51 titik panas yang diduga kebakaran hutan, Kamis, 27 Juli 2017.

Adapun penyebaran titik panas terdapat di Aceh 37 titik, Sumatera Utara tujuh titik, Bengkulu, Sumatera Selatan dan Bangka Belitung masing-masing satu titik. Sedangkan untuk wilayah Riau terpantau empat titik panas yang tersebar di Rokan Hilir dua titik, Rokan Hulu dan Indagiri Hulu masing-masing satu titik.

Sukisno menjelaskan, secara umum cuaca wilayah Riau cerah berawan. Potensi hujan ringan yang disertai petir terjadi di wilayah Rokan Hilir, Dumai, Kuantan Singingi dan Pelalawan.

Satgas Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan wilayah Riau hingga kini terus bersiaga mencegah kebakaran kian meluas. Kebakaran lahan terjadi di sejumlah kabupaten dan kota. Sepekan belakangan ini, petugas terus berupaya memadamkan api baik melalui darat maupun udara dengan bantuan helikopter waterbombing.

Sebanyak 5 unit helikopter pemadam dikerahkan untuk memadamkan api. Riau juga mendapat bantuan satu unit helikopter dari Sinarmas Group serta satu unit pesawat Cassa untuk modifikasi cuaca.

Kepala Penerangan dan Perpustakaan Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin Pekanbaru Mayor Su Rizwar mengatakan, operasi pemadaman kebakaran hutan terus dilakukan di wilayah Rokan Hulu, Rokan Hilir, Dumai dan Pelalawan. "Seluruh kegiatan penerbangan satgas udara dapat terlaksana dalam keadaan aman," ujarnya. | TEMPO.CO

Ilustrasi kebakaran hutan
Banda Aceh - Sejumlah penerbangan di Aceh mengalami gangguan dikarenakan adanya kabut asap di daerah tersebut. Beberapa penerbangan bahkan terpaksa dibatalkan oleh pihak maskapai.

Salah satu yang mengalami gangguan adalah penerbangan Wings Air rute Medan-Meulaboh pada Rabu (26/7/2017) kemarin. Hal tersebut turut dikonfirmasi oleh Kepala Meteorologi BMKG Meulaboh, Edi Darlupti.

"Penerbangan Wings Air batal karena jarak pandang pilot pesawat kurang dari 2.000 meter akibat gangguan asap," ujarnya sebagaimana dikutip Antara, Kamis (27/7/2017).

Endang, salah seorang calon pemakai jasa penerbangan maskapai Wings Air nomor penerbangan IW 1252 mengeluhkan gangguan tersebut. Pasalnya, akibat gangguan itu dirinya harus terlebih dahulu menempuh perjalanan darat agar dapat berangkat dari bandara lain.

"Kami harus berangkat lewat Bandara Sultan Iskandar Muda dengan tempuh perjalanan darat sekitar tiga jam," keluhnya.

Selain keberangkatan, beberapa penerbangan yang menuju ke Aceh juga turut dibatalkan. Salah satunya  adalah penerbangan domestik dari Bandara Internasional Kuala Namu di Kabupaten Serdang, Sumatera Utara. Menurut Edi Darlupti, penerbangan tersebut dibatalkan setelah pihaknya menginformasikan perkembangan cuaca kepada pihak maskapai.

Kabut asap di Aceh sendiri muncul karena kebakaran hutan. Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Kelas I Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Bintang Zakaria menyebutkan jika dari satelit terpantau ada 49 titik panas di wilayah Aceh.

"Petang ini, satelit memantau total ada 49 hotspot (titik panas) di Aceh," ujarnya pada Rabu (26/7/2017) kemarin.

49 Titik panas tersebut tersebar pada beberapa tempat berbeda di Provinsi Aceh. Tercatat 16 titik panas diantaranya berada di Nagan Raya, 12 titik panas di Aceh Barat, tujuh titik di Aceh Tengah, empat titik di Gayo Lues, tiga titik di Sulubussalam, serta sisanya di Aceh Besar.

Peta potensi kemudahan kebakaran yang ditinjau dari unsur cuaca masih menunjukkan bahwa wilayah di Aceh sangat mudah terancam kebakaran. Penyebab kebakaran-kebakaran hutan tersebut disinyalir karena faktor kesengajaan manusia. Hal ini turut dibenarkan oleh Yunus S Swarinoto selaku Deputi Bidang Meteorogi BMKG.

"Meski begitu, kondisi cuaca tidak akan menyebabkan terjadinya kebakaran lahan dan hutan. Jika tidak ada faktor manusia yang melakukan pembakaran," ungkapnya. | Tirto.id

Presiden Joko Widodo (Dok.JawaPos)
Jakarta - Presiden Joko Widodo meminta seluruh kepala daerah menciptakan iklim investasi yang ramah bagi para investor.

Jokowi melihat hingga sekarang, proses perizinan terkait investasi masih sangat lambat.

Bukan rahasia lagi jika di sejumlah daerah, mengurus izin invetasi cukup memakan waktu yang lama.

Dalam satu izin saja, prosesnya dapat memakan waktu satu minggu bahkan sampai berbulan-bulan.

Padahal, proses administrasi saat ini sudah sangat terbantu dengan kemajuan informasi dan teknologi.

"Perlu saya ingatkan lagi, yang namanya urusan perizinan itu betul-betul tolong diperbaiki total. Agar kecepatan itu ada. Jangan sampai masih saya dengar ngurus izin berbulan-bulan dan masih lebih dari satu tahun. Ada saya dengar. Sudah jangan diterus-teruskan," ujarnya dalam Rakornas TPID di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (27/7).

"Jaman IT gini ngurus (izin) itu masih minggu, bulan, apalagi tahun. Sangat memalukan," lanjutnya.

Mantan Walikota Solo ini mendesak agar proses perizinan investasi bisa dipangkas dalam hitungan jam.

Jika biasanya satu proses perizinan memakan waktu satu minggu, maka kedepannya proses itu harus bisa dipangkas menjadi satu jam.

Jokowi lantas mencontohkan kesuksesan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). BKPM, kata Jokowi, mampu memangkas proses perizinan. Dalam pengajuan sembilan izin investasi saja, BKPM dapat menyelesaikannya dalam waktu tiga jam.

"Jadi datang dengan syarat, izin keluar maksimal tiga jam untuk sembilan izin. Izin investasi, akta perusahaan dan NPWP, TDP, rencana penggunaan Tenaga Kerja Asing, izin mempekerjakan tenaga kerja asing , angka pengenal importir produsen, nomor induk kepabeanan, surat keterangan informasi ketersediaan lahan. Ini selesai dalam kurun tidak lebih dari tiga jam. Ini bisa kita selesaikan. Bagaimana ubah sistem agar izin itu bisa keluar dalam kurun jam," terangnya.

Jika pusat dapat melakukannya, kata Jokowi, daerah seharusnya bisa lebih baik. Alasannya lingkup pemerintah daerah tidak sebesar pemerintah pusat.

Dirinya tidak ingin para investor menertawakan lamanya proses perizinan di Tanah Air.

"Daerah mustinya lebih cepat dari ini. Dengan scope yang lebih kecil harusnya bisa. Kalau masih saya dengar izin-izin itu keluar, masih minggu, bulan, apalagi tahun, ditertawakan kita nanti. Ini perlu saya titipkan pesan ini," pungkasnya.| Jawapos

Ilustrasi
Lhoksukon – Nurbaiti  Hasbi (52) warga Dusun Cot Mee Desa Lhok Reudeup Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara  menjadi korban perampokan dirumahnya, Rabu, (26/07/2017) sekitar pukul 20:30 WIB. Pelaku diduga seorang diri dengan modus mematikan arus litrik rumah korban.
 
Saat itu suami korban H Ismail Umar (62) sedang berada di Masjid Lhok Merbo, Kecamatan Setempat untuk menunaikan Ibadah Shalat Isya.

“Saat kejadiaan ibu (Nurbaiti) sendiri dirumah,”Kata Husni Bin Ismail (30) anak dari korban tersebut.

Dari keterangan orang tuanya, seusai melaksanakan shalat Isya, Nurbaiti sedang membaca yasin didalam kamar, tiba-tiba datang seorang laki-laki menghampirinya dan menanyakan “kenapa lampu dimatikan?” belum sempat menjawab, pelaku mencekik leher korban seraya melontarkan pertanyaan " mana uang dan emas kamu simpan ?". 

Nurbaiti tidak menjawab pertanyaan pelaku dan korbanpun  meronta minta tolong, hingga didengar oleh tetangga yakni anaknya sendiri, ketika korban minta tolong, pelaku terus memaksa korban hingga baju korban robek.

“Pelaku terus memaksa ibu untuk kasih tau dimana uang dan emas di simpan, tapi bukan menjawabnya, malah ibu meronta minta bantu,”ulas Husni.

Ketika mendengar suara teriakan ibunya, Husni keluar  rumah dan meminta tolong kepada warga dan menuju rumah korban, sampai disitu pelaku berhasil kabur lewat pintu belakang.

“Pelaku masuk lewat pintu depan karena tidak terkunci, saat kami tiba, pelaku berhasil kabur lewat pintu belakang, kasus ini sudah dilaporkan ke Polsek Jambo Aye” tambahnya.

Sementara Kapolres Aceh Utara AKBP Untung Sangaji melalui Kapolsek Tanah Jambo Aye AKP Teguh Yano Budi mengatakan pihaknya langsung menuju ke TKP setelah mendapat informasi dari warga.

“Setelah pihak keluarga memhubungi kami, personil lansung menuju TKP untuk penyidikan,”katanya.

Teguh mengatakan sebelum kabur, pelaku sempat membongkar lemari  di rumah korban, dan pelaku juga menggunakan senjata tajam jenis pisau yang mengakibatkan Korban mengalami Luka Gores di tangan sebelah kiri dengan sobek.

“Pelaku diperkirakan satu orang, saat beraksi lampunya sengaja dimatikan di bagian  pembagian arus dalam rumah, dan tidak ada harta yang hilang, Cuma korban mengalami goresan pisau di tangan kiri,”jelas Teguh.(SA/AZ)

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (Foto: Abir Sultan/reuters)
StatusAceh.Net - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengancam menutup kantor berita Al-Jazeera di Jerusalem. Netanyahu menuding, media milik Qatar itu telah menyebarkan hasutan terkait bentrokan antara tentaranya dengan rakyat Palestina terkait pembatasan akses ke Masjid Al-Aqsa. 
"Jaringan media Al-Jazeera meneruskan kekerasan yang terjadi di sekitar Temple Mount (Kompleks Al-Haram)," kata Netanyahu berdasarkan unggahannya di Facebook dalam bahasa Hebrew, Kamis (27/7), seperti dilansir Reuters. 
Menurut Netanyahu, dia telah berbicara dengan penegak hukum di Israel mengenai keinginannya untuk menutup kantor Al-Jazeera di Yerusalem. Namun, hingga kini belum bisa dilakukan karena belum ada aturan hukum terkait penutupan kantor media. 
"Saya akan berupaya mengajukan undang-undang yang dibutuhkan untuk mengusir Al-Jazeera dari Israel," ujarnya. 
Al-Jazeera memang cukup gencar memberitakan kisruh pembatasan bagi muslim Palestina yang ingin beribadah ke Masjid Al-Aqsa. Mereka juga beberapa kali menyiarkan bentrokan antara tentara Israel dan warga Palestina yang tinggal di Yerusalem secara langsung. 
Ancaman dari pemerintah negara Arab untuk Al-Jazeera bukan kali pertama. Saat Arab Saudi mengembargo Qatar, kantor berita itu juga dituding sebagai penyebabnya. 
Mesir bahkan diketahui sempat memenjarakan tiga wartawan Al-Jazeera dan menutup kantornya di Kairo. Hingga kini, masih ada dua wartawan jaringan media milik Qatar yang mendekam di penjara Mesir.| Rimanews

Sport - Konflik antara Israel dan Palestina kembali pecah setelah otoritas keamanan negeri Zionis tersebut melarang umat Muslim Palestina salat di Masjid Al-Aqsa. Akibatnya, sejumlah warga Palestina menjadi korban.

Melihat ketegangan yang belum reda, masyarakat seluruh dunia meminta agar Cristiano Ronaldo membantu Palestina. Permintaan itu disampaikan fans di akun Instagram megabintang Real Madrid itu.

Dalam instagram @cristiano, pesepakbola 32 tahun tersebut sedang berada di Beijing, China. Ia tidak lupa menuliskan caption 

"Thank you China! I'm deeply moved by your passion for brilliance. See you next time. 再见 ⚽👋🏼🇨🇳 #Playfree #CR7LIVE," tulis Ronaldo 

Postingan Ronaldo diserbu warganet dengan ramai-ramai meminta Ronaldo membantu perjuangan rakyat Palestina 

"#savepalestine #savealaqsa," kata akun @aprianm69
"Ronaldo help the Palestinian children in Gaza," ujar akun @rizkihafsyari 


"#freepalestine," ucap akun @aidanadisky_teddy
"Please @cristiano help PALESTINA😢," papar akun @zhoelpelupessy7 

Rimanews.com

Muna Maqfirah | Foto: Abie Ikram
StatusAceh.Net - Setiap wanita pastinya ingin memiliki wajah cantik berseri dan ini ada rahasia do'a Nabi Yusuf supaya wajah tampil cantik dan berseri yang bisa dipanjatkan setelah selesai sholat. Sudah diketahui sejak dulu bahwa tiap-tiap doa dari Nabi Yusuf mempunyai keistimewaan salah satunya yaitu membuat penampilan kita agar menjadi lebih cantik dan berseri. Tetapi ingat, bahwa kecantikan di dalam hati lebih diutamakan dan disukai oleh Allah SWT daripada kecantikan luar, oleh karenanya meski wajah cantik berseri sebaiknya juga menjaga kecantikan yang ada di tiap hati dan perilaku masing-masing.

 Doa-doa Nabi Yusus memang banyak memiliki keistimewaan, tidak hanya persoalan saat sedang mencari jodoh, tetapi juga soal wajah agar tampil cantik dan berseri. Tapi jangan pernah menyalahgunakan doa-doa tersebut misalnya saja doa agar memikat para wanita serta sebagai pemanis. Nah, bagi siapa saja yang menghendaki atau merindukan agar wajahnya cantik maka bacalah doa agar wajah cantik seperti bidadari berikut ini:

“Idz Qaala Yuusufu Li Abiihi Yaa Abati Inni Ra Aitu Ahada’ Asyara Kaukabauw Wasy Syamsa Wai Qamara Ra aituhum Lii Sajidin”

Di atas merupakan Surah Yusuf Ayat 4 dimana maksudnya adalah: (ingatlah peristiwa) ketika Nabi Yusuf menyampaikan pada bapanya: “Wahai ayahku! Sesungguhnya aku mimpi melihat sebelas bintang dan mentari serta bulan; aku melihat mereka tunduk memberi hormat kepadaku”

Lalu setelah membaca surah Yusuf Ayat 4 tersebut dilanjutkan dengan membaca surah Thaahaa ayat 39:

“Wa-alqaytu ‘Alayka Mahabbatan Minnii Walitushna’ ‘Alaa ‘Ainii”

Maksud dari ayat tersebut ialah: “Dan Aku telah tanamkan dari kemurahanKu perasaan kasih sayang orang terhadapmu; dan supaya Engkau dibela dan dipelihara Dengan pengawasanKu”

Bagi siapa saja yang telah mengamalkannya, maka teruskan karena ayat ini merupakan ayat pengasih untuk mempererat hubungan suami istri. Oleh karena itu, doakanlah doa penyeri pemanis dan pengasih wajah surah Nabi Yusuf ini dengan niat yang benar utamanya bagi istri yang rindu agar suaminya menyayangi lagi. Tetapi membacanya juga tidak boleh sembarangan, ada beberapa catatan yang harus diperhatikan saat ingin membaca doa pemanis wajah Nabi Yusuf ini, yaitu:

Dibaca 3 kali kemudian sapu ke wajah

Perlu diketahui bahwa amalan ini juga sinkron buat mereka yang merindukan jodoh

Jangan membaca ayat tersebut tanpa memisahkan, Surah Yusuf Ayat 4 di atas dibaca sebagai akibatnya terselesaikan jadi setelah selesai dibaca berhenti sebentar, kemudian baru dilanjutkan dengan membaca surah Thaahaa ayat 39. Kesimpulannya jangan menyambung terus memakai bacaan surah Yusuf.

Tiap kali bertemu atau bersua dengan suami/istri/kekasih, maka bacalah 2 ayat di atas. Ayat ini juga bisa didoakan boleh juga untuk anak-anak agar mereka semakin hormat terhadap orang tua.

Dianjurkan untuk diamalkan selalu dengan membaca di hadapannya agar mendapatkan kesan yang baik. Tidak perlu juga membacanya dengan terlalu kuat, cukup di dalam hati juga tidak apa-apa. Selain itu, agar makin dikasihi oleh masyarakat, bacalah ayat-ayat tersebut tiap selesai sholat sebanyak 3 kali.

Bacalah doa Nabi Yusuf dengan niatan yang baik agar dijabah, dengan begitu InsyaAllah maka Anda dapat makin disenangi atau disayang baik oleh suami/istri maupun kekasih serta masyarakat. Semoga bermanfaat.| kumpulanmisteri.com

Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian akan memberikan hukuman terhadap anggota Polri yang menyalahgunakan narkoba. Hukuman yang diberikan itu nantinya berbeda-beda.

"Kalau ada yang melakukan pelanggaran nanti kita lihat dulu level pelanggarannya ya. Kalau dia pemakai, pasti dia kita berikan kode etik," kata Tito di Kompleks Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (26/7).

Selain itu, Tito menuturkan jika anggotanya positif memakai narkoba, tapi tidak ada barang bukti saat dilakukan penangkapan, maka anggotanya tersebut hanya akan direhabilitasi.

"Kalau enggak ada barang bukti, maka dia direhab. Kalau ada barang buktinya, kita proses hukum," ujarnya.

Namun jika ada anggota Polri yang malah justru ikut mengedarkan barang haram tersebut, maka Tito berjanji tidak segan untuk memberhentikan anggotanya itu.

"Kalau dia ikut mengedar, anggota Polri, berarti pengkhianat. Pengkhianat harus dipecat, bila perlu saya sudah sampaikan tembak mati," tegasnya. [merdeka.com]

Banda Aceh - Setelah hampir setengah tahun kelas menulis Forum Barsela Menulis (FBM) tidak aktif melakukan proses belajar-mengajar, FBM kembali aktif dalam menggali bakat dan potensi para penulis dn jurnalis muda Pantai Barat Selatan Aceh yang dilaksanakan rabu (26/7) di Anjungan PKA Aceh Singkil, Taman Ratu Safiatuddin, Lampriet, Banda Aceh.

FBM merupakan gugusan penulis dan jurnalis pemula serta profesional Pantai Barat Selatan ini  yang didirikan pada 25 maret 2016, di Barsela Kande (red: kediaman Senator DPD RI, Rafli Kande), Batoh, Banda Aceh.

Walaupun bak seumur jagung, FBM harus bangga karena tokoh penulis dan jurnalis profesional Pantai Barat Selatan Aceh yang sangat populis di kalangan media dan masyarakatnya dijadikan sebagai pembina dalam membimbing dan mengarahkan pegiat FBM untuk terus giat dan aktif menulis sebagai awal untuk melahirkan penulis dan jurnalis yang siap ditempatkan untuk menorehkan dawat cinta untuk keabadian.

Riri Isthafa Najmi sebagai ketua Forum Barsela Menulis (FBM) menyampaikan sangat antusias dan kagum melihat semangat para sahabat FBM yang tetap serius dan masih konsisten dalam belajar-mengajar menulis, baik dalam proses kelas menulis maupun komunikasi aktif di grup WA FBM.

"Alhamdulillah, semangat teman-teman sangat luar biasa. Apalagi setelah 6 bulan aktif kelas menulis bersama beberapa para pengajar profesional, banyak dari sahabat FBM yang telah memenangkan lomba, baik lomba blogger maupun lomba menulis lainnya," ujar Riri

Riri juga menyampaikan rasa bangga bisa belajar bersama dengan komunitas menulis lainnya. "Kelas menulis hari ini pun dihadiri oleh 40 an penulis dan jurnalis beberapa undangan khusus dari penulis profesional lainnya seperti Gam Inong Blogger (GIB), Forum Lingkar Pena (FLP), awak media, dll," kata Riri

Yarmen Dinamika selaku pembina FBM juga menyampaikan rasa senang dan bangga saat mengajar kelas menulis FBM.

"Kelas tadi sangat menyenangkan. Saya paling senang pada keberagaman pesertanya. Pesertanya hadir dari Singkil hingga Tamiang. Ka habeh ban sigom Aceh," ungkap Yarmen yang juga pimpinan redaksi Serambi Indonesia itu

"Saya selalu optimis bahwa berlatih menulis itu banyak manfaatnya. Baik bagi diri sendiri maupun bagi publik selaku pembaca. Dengan menulis orang jadi tahu bahwa nalar kita jalan, sebab apa yg kita tulis itu adalah hasil olah pikir kita. Semakin bagus sebuah tulisan, itu cerminan nyata bahwa betapa berkualitasnya daya pikir orang tersebut dan betapa piawainya ia bermain kata dan menggayakan kalimat," imbuh Yarmen

Singkatnya kata Yarmen, "Menulis itu adalah sebuah keterampilan berkelas. Karena begitu banyak orang yang pandai omong, tapi tak mampu mentransformasikan buah pikirannya menjadi tulisan yang bernas, bermanfaat, dan mengesankan," katanya

Yarmen menambahkan, "Nah, untuk mencapai semua kualifikasi itu, maka berlatih menulis adalah kunci utamanya. Bagi yang belum mahir menulis, maka berlatihlah terus. Dari penulis pemula, yakinkah Anda akan dijuluki penulis produktif dan sangat mungkin jadi penulis kawakan atau bahkan penulis top. Ayo buktikan bahwa Andalah penulis top markotop itu," tutup Yarmen.{NAJMI}

Ilustrasi pesawat cureng. Foto/Istimewa/Dok
YOGYAKARTA - Tidak banyak yang tahu, Museum Pusat TNI Angkatan Udara (AU) Dirgantara Mandala ternyata memiliki koleksi pesawat legendaris, Cureng. Di dunia, keberadaan pesawat ini hanya tinggal di Indonesia saja.

Pesawat legendaris yang pernah dipergunakan untuk operasi pengeboman tangsi Belanda di Salatiga, Ambarawa, dan Semarang ini, akan dipamerkan dalam napak tilas peringatan Hari Bhakti TNI AU ke 70 tahun 2017.

Cureng atau Yokosuka K5Y adalah pesawat latih bersayap ganda dan berkursi dua yang dipergunakan oleh Kaigun dalam Perang Dunia II. Pesawat jagoan di masanya itu diawaki oleh dua penerbang, memiliki panjang 8,05 meter, bentang sayap 11 meter dan tinggi 3,2 meter. Cureng  memiliki kecepatan maksimum 212 km/jam dengan jarak jangkau 1.019 kilometer dan ketinggian 5.700 meter.

Komandan Lanud Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Ir Novyan Samyoga menyebut peringatan hari Bhakti yang jatuh pada Tanggal 29 Juli, mempunyai makna yang sarat dengan nilai-nilai kejuangan, makna ini sangat berarti bagi TNI Angkatan Udara.

Menurutnya, pada tanggal tersebut yakni 29 Juli 1947, ada dua peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah perjuangan bangsa khususnya AURI. Peristiwa pertama adalah keberhasilan AURI menyerang kedudukan militer Belanda di Semarang, Ambarawa dan Salatiga.

"Serangan udara ini adalah serangan pertama yang dilakukan AURI. Yang kedua adalah tertembaknya pesawat Dakota VT-CLA yang mengakibatkan gugurnya Komodor Muda Udara Prof Dr Abdulrachman Saleh, Komodor Muda Udara A Adisutjipto dan Opsir Muda Udara Adi Soemarmo Wirjokusumo," kata Novyan, Kamis (27/7/2017).

Sementara itu Kapentak Lanud Adisutjipto Mayor Sus Giyanto menambahkan, sejumlah rangkaian kegiatan digelar dalam acara tersebut. Di antaranya ziarah dan malam tirakatan di Monumen Ngoto serta Upacara militer dengan inspektur KSAU Marsekal Hadi Tjahjanto.

"Kemudian dilanjutkan wisuda purnapati bertempat di Kampus AAU. Selain itu juga digelar sarasehan di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala serta paginya dilaksanakan napak tilas," terangnya.| Sindo

*Himbau untuk Shalat Istisqa

Menyikapi musim kemarau yang melanda Aceh, Wakil Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, MT, menghimbau kepada seluruh masyarakat  untuk tidak melakukan pembakaran lahan, seraya meminta penegak hukum untuk menindak tegas  jika ada yang sengaja membakar lahan.

“Saya meminta pihak kepolisian untuk mengambil tindakan tegas terhadap para pelaku pembakaran lahan yang telah menyebabkan dampak sangat buruk ditengah-tengah masyarakat, ujar Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah saat meninjau lokasi kebakaran lahan pada sejumlah titik di kabupaten Aceh Barat, Rabu (26/07/2017).

Turut hadir dalam peninjauan tersebut Bupati Aceh Barat beserta unsur Forkopimda Aceh Barat, Danrem Teuku Umar, Asisten III Setda Aceh Kamaruddin Andalah, Kepala Dinas Kehutanan Aceh, Kepala BPBA, serta Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Aceh Mulyadi Nurdin.

Nova menyebutkan, Pemerintah Aceh bersama pemerintah kabupaten/ Kota tidak tinggal diam dengan semakin meluasnya kebakaran lahan di sejumlah daerah, seperti Aceh Barat, Nagan Raya dan Aceh Jaya.

“Pemerintah Aceh juga sedang mencari skema seperti apa yang paling efektif, karena kebakaran ini terus berulang setiap tahunnya,  dan saat ini hampir semua cara kita lakukan, termasuk mendatangkan dua helikopter dari BNPB dan sudah mulai bekerja,”ujar Nova.

Namun demikian kata Nova, cara-cara konvensional seperti pemadaman dengan menggunakan mobil pemadam juga terus berjalan, disamping juga diupayakan dengan cara-cara yang inkonvensional seperti mengerahkan masyarakat untuk melakukan pemadaman, paling tidak dengan tidak menambah titik api.

“Maka saya ingatkan bahwa kejahatan membakar lahan ini adalah kejahatan serius, karena selain menyebabkan polusi juga mengganggu dunia internasional, asapnya sampai ke Negara tetangga, jadi sebagai wakil gubernur saya menghimbau agar hentikan pembakaran lahan, karena aparat keamanan akan menindak, “ujarnya.

Selain itu kata Nova, gubernur Aceh Irwandi Yusuf pada Kamis (28/07/2017) akan bertemu Presiden di Jakarta membahas sejumlah persoalan di Aceh, termasuk terkait dengan kebakaran lahan.

Kepada seluruh kepala daerah, khususnya yang terjadi kebakaran lahan, Wagub menghimbau agar tidak meninggalkan daerahnya serta memimpin langsung pemadaman api.

Himbau shalat Istisqa

Wakil Gubernur Aceh juga menyerukan kepada seluruh masyarakat Aceh untuk melaksanakan shalat Istisqa atau shalat minta hujan serta berdoa kepada Allah swt agar menurunkan rahmatnya di bumi serambi Mekkah ini.

 “Semua usaha sudah kita lakukan, namun jangan lupa kita berdoa kepada Allah agar musim kemarau ini segera berakhir. Maka saya mengajak dan menghimbau seluruh masyarakat Aceh untuk melaksanakan shalat istisqa,”pungkas Nova.

Nova berharap agar bupati/walikota, MPU, serta dayah dan pesantren diseluruh Aceh untuk menggerakkan masyarakat melaksanakan shalat istisqa di daerahnya masing-masing.(Rill)


ACEH UTARA- Sejumlah warga masyarakat mengeluhkan langkanya bahan bakar jenis premium atau bensin bersubsidi di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) SPBU 14.243.496 Aron Kec. Muara Batu Kab. Aceh Utara.

Langkanya premium bersubsidi di SPBU SPBU 14.243.496 Aron bukan satu atau dua hari namun telah berlansung lama. (Baca: SPBU Muara Batu Jual Ribuan Liter Minyak Bersubsidi Kepada Pengecer Liar )

Kerap langkanya bahan bakar bersubsidi di SPBU yang berada di Jalan Lintas Nasional Medan - Banda Aceh di duga adanya permainan salahsatu oknum petugas SPBU berinitial MD yang menjual minyak bensin bersubsidi kepada warga yang membawa jerigen.

Salah seorang warga yang pernah bekerja di SPBU Aron mengungkapkan kepada reporter Rabu (26/7/2017 )penyebab kerapnya bahan bakar premium kerap tidak ada maupun cepat habis di pompa bensin tersebut.
Menurutnya bahan bakar premium bersubsidi di SPBU Aron tidak pernah di jual semua namun hanya dijual sedikit pada warga pengendara bermotor.

Sedangkan sisa bensin yang berjumlah 3 ton sengaja ditimbun oleh oknum MD untuk di jual pada warga yang membawa jerigen dimana sebahagian besar warga yang membeli minyak pakai jerigen berasal dari kabupaten Bireuen.

“ Setahu saya saat saya masih kerja disana dan sampai sekarang minyak bensin hanya dijual sedikit untuk masyarakat,nanti jika ada yang tanya bensin dibilang sudah habis padahal masih ada karena mau dijual untuk orang-orang bireun yang bawa jerigen “,beber pria yang pernah bertugas di SPBU tersebut yang tidak ingin ditulis namanya disini.
SPBU Aron Muara Batu
Aroma adanya indikasi penimbunan minyak premium bersubsidi yang selalu di jual kepada warga yang membawa jerigen semakin jelas tercium setelah salahsatu awak redaksi media ini baru-baru ini saat menngisi bahan bakar di SPBU tersebut melihat lansung pengisian minyak bensin bersubsidi pada puluhan jerigen yang dimuat dalam mobil grand max warna hitam.

Tidak berbeda jauh dengan sebelumnya, Armia warga Bungkah membeberkan hal yang sama jika dirinya pada, Selasa (25/7/2017)  sore harinya mendadak kehabisan bahan bakar tidak jauh dari SPBU Aron.

Sesampainya di SPBU aron dirinya meminta agar diisikan bensin untuk sepeda motornya namun petugas pompa mengatakan sudah habis,mau tidak mau dirinya terpaksa mengisi minyak pertamax.

Namun saat malam harinya kembali dirinya bersama temannya mengenderai mobil untuk mengisi bahan bakar solar,setelah meminta petugas mengisikan minyak solar ke tangki mobilnya.

Alangkah terkejut dirinya melihat seorang petugas sedang mengisikan minyak bensin ke belasan jerigen yang berada di mobil pick up jenis panther warna biru.

“ Saya heran sendiri kok tadi sore mau beli minyak bensin kok habis dibilang tapi sekarang kenapa ada bensin malah diisi kedalan belasan jerigen,dalam hati saya wah ini sudah tidak benar SPBU ini “,ungkap armia yang merasa kesal terhadap sikap oknum petugas SPBU Aron yang membohonginya.

Sementara itu pihak pengelola SPBU Aron yang dikonfirmasi oleh reporter melalui nomor kontak telepon selulernya sesuai yang tertera di kotak box pompa tidak dapat dihubungi dan tidak aktif.(Red)
loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.