2016-09-18

Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Bambang Tri Banda Aceh Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bireuen Bisnis BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya Cuaca Cut Meutia Dana Bos Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Fito Foto FPI Gampong Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan History Hotel Hukum HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Irwandi-Nova Irwndi Yusuf IWO Jaksa Jejak JKMA Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malware WannaCry Masjid Mitra Berita Motivasi Motogp Mudik MUI Musik Nanang Haryono Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patroli Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh PKI PLN PNL Polisi Politik Poso PPWI Presiden Pungli Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebriti Senator Sosok Sport Sumatera Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TNI Tokoh Tsunami Aceh Ulama Vaksin MR vid Video vidio Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

Sport - Keponakan Presiden Federasi Sepakbola Spanyol, Angel Maria Villar, ditemukan tewas usai di culik di Meksiko. Menteri Luar Negeri, Jose Manuel Garcia Margallo, mengonfirmasi jika Maria Villar Galaz diculik oleh sebuah geng pada 13 September lalu ketika sedang mengambil uang di ATM.

Lantaran keluarga meminta uang tebusan yang lebih rendah dari yang diajukan, akhirnya kelompok tersebut membunuh perempuan berusia 36 tahun tersebut. Tubuh wanita malang tersebut akhirnya ditemukan sudah tidak bernyawa di kota Toluca pada Selasa 20 September 2016 waktu setempat.

Suami Galaz dan sepupunya pergi dengan dua petugas kepolisian Spanyol untuk melakukan usaha penyelamatan. Namun akhirnya mereka hanya mampu menemukan tubuhnya ketika sedang diidentifikasi di kamar mayat.

“Sejumlah tebusan memang telah dibayarkan, meski jumlahnya jauh lebih rendah dari apa yang mereka minta. Kami yakin bahwa itu yang menjadi penyebab utamanya, karena sebelumnya tubuh Galaz dalam kondisi aman dan sehat,” tutur perdana menteri, Onda Cero, melansir dari Sportsmole, Jumat (22/9/2016).

“ini adalah berita yang sangat menyedihkan dan benar-benar tidak terduga. Saya kira Angel Maria Villar tahu apa yang sebenarnya terjadi. Saya belum berbicara dengan dia meski saya telah mencobanya,” tambahnya.(Okezone.com)

Warga sipil yang terluka saat truk milik TNI diberondong tembakan orang tak dikenal.(Chanry/iNews TV)
StatusAceh.Net -  Mobil dinas jenis Dump Truck milik Kodim 1714 Puncak Jaya, ditembak oleh orang tidak dikenal (OTK), di daerah kali semen, Puncak senyum, distrik Irimuli, Sabtu (24/9/2016), siang.

Dalam kejadian ini, tiga orang terluka, dua orang diantaranya anggota kodim 1714 puncak jaya. Tiga orang tersebut yakni Winingga Tabuni (25), Serda Suparman dan Serda Susanto.

Dari informasi di lapangan, peristiwa bermula saat mobil dump truck milik Kodim 1714 Puncak Jaya berangkat ke Puncak Senyun untuk mengambil kayu bakar dengan sembilan orang anggota TNI dan dua warga masyarakat.

"Dan sewaktu mereka kembali tiba-tiba mobil yang ditumpangi diberondong tembakan oleh oarang tak dikenal. Akibatnya dua anggota dan satu warga terluka hingga harus mendapat perawat intensif di rumah sakit," ujar sumber yang enggan disebutkan namanya.(Sindonews)

Wali Kota Surabaya yang juga kader PDIP Risma | Foto: Beritakepo
StatusAceh.Net - Wali Kota Surabaya yang juga kader PDIP, Risma akan berkampanye di Pilkada yang berlangsung di Aceh dan Papua.

Seperti dilansir Detik, Risma masuk dalam daftar jurkamnas DPP PDIP atas permintaan dia sendiri. “Dulu aku yang minta, tapi di tempat tertentu,” katanya pada wartawan di Balai Kota Surabaya, Jumat 23 September 2016.

Ia mengaku tidak akan menjadi jurkam pasangan calon PDIP Ahok-Djarot di Pilkada DKI. “DKI enggak, cuma Papua sama Aceh,” ujarnya dengan nada lirih.

Alasan memilih menjadi jurkam di daerah dikarenakan nama Risma di Papua dan Aceh sangat dikenal. Hal tersebut diungkapkan sendiri oleh walikota perempuan pertama di Surabaya.

“Karena di sana (Papua dan Aceh) namaku terkenal….hahahaha, makanya ke Papua dan Aceh,” ungkapnya sambil tersenyum tersipu.

Saat ditanya kembali, apakah Bu Risma menjadi jurkam di Pilkada DKI? Risma menjawab dengan tegas sambil memberikan alasan beberapa bulan ke depan ia sangat sibuk dan ingin konsentrasi bekerja untuk Surabaya.

“Enggak (Pilkada DKI), Kalau bulan ini gak mau. Aku mau kerja dulu terus jadwalku juga penuh,” jawab Risma sambil menyebut bulan Oktober dan November sudah penuh.

Sebagaimana diketahui, PDIP telah secara resmi mengusung Irwandi Yusuf sebagai Calon Gubernur Aceh di Pilkada serentak 2017.(detik.com)

StatusAceh.Net - Manfaat alpukat sebenarnya sangat banyak, sayangnya sering tertutupi oleh mitos keliru yang menyebut buah ini mengandung lemak dan bisa membuat gemuk. Akibatnya, banyak orang yang takut mengonsumsinya.

Alpukat memang salah satu buah sumber lemak, tetapi jenis lemak yang sehat. Nah, ketahui apa saja keunggulan buah ini sehingga perlu rutin kita asup.

- Lemak sehat
Buah alpukat mengandung lemak sehat tidak jenuh yang bermanfaat untuk melawan penyakit jantung dan menurunkan Kolesterol jahat. Walau begitu, hindari konsumsi alpukat dengan tambahan gula karena akan membuat kadar kalorinya meningkat.

- Antioksidan
Antioksidan sangat tinggi kandungan antioksidannya yang dipercaya akan melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

- Bervitamin
Kandungan vitamin dalam alpukat sangat sarat, antara lain vitamin K,C,B5,B6 dan E.

- Berprotein
Tak seperti buah lainnya, alpukat sebenarnya mengandung protein. Kandungan proteinnya tergantung pada ukuran buah, tetapi dalam 100 gram alpukat terdapat 2 gram protein.

- Bisa jadi alternatif membuat kue
Takut mengonsumsi kue dan cake yang mengandung butter atau margarin? Alpukat bisa jadi alternatif lemak yang lebih sehat untuk membuat kue.

- Penyerapan nutrisi
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi alpukat bisa membantu penyerapan nutrisi dalam tubuh.

- Bagus untuk ibu hamil
Alpukat juga mengadung folat, yang sangat penting untuk kesehatan janin.(Kompas)

Jakarta - Inspektur Jenderal Mochamad Iriawan, yang baru saja dilantik sebagai Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya, berencana memprioritaskan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta pada tahun depan. "Ada 15 ribu personel yang akan dikerahkan dan masih ada banyak cadangan," kata Iriawan di kantornya pada Jumat, 23 September 2016.

Iriawan siap berkonsentrasi penuh untuk mengamankan Pilkada DKI Jakarta 2017. Dia bakal mengerahkan semua kemampuannya agar pelaksanaan pilkada terhindar dari konflik.

Selain itu, dia bakal memberlakukan pengawalan terhadap pasangan calon gubernur-wakil gubernur. Rencananya, pengawalan itu dimulai pada Oktober mendatang. Iriawan mengatakan setiap pasangan bakal dikawal sepuluh personel kepolisian.

Menurut Iriawan, proses pengamanan akan berjalan sesuai jadwal yang dilansir Komisi Pemilihan Umum Daerah Jakarta. Saat ini, kata dia, situasi politik masih kondusif sehingga proses pengamanan juga diharapkan dapat kondusif.

Pada Pilkada DKI Jakarta 2017, inkumben Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat diusung PDIP, Hanura, Golkar, dan NasDem. Sedangkan Demokrat, PAN, PKB, dan PPP membentuk poros koalisi penantang yang mengusung Agus Yudhoyono dan Sylviana Murni.

Adapun Partai Gerindra dan PKS mengusung Anies Baswedan dan Sandiaga Uno untuk ikut bertarung dalam percaturan politik.(Tempo)

Ilustrasi
Jakarta - Masih banyaknya lahan ganja di Aceh menjadi perhatian serius Kapolda Aceh yang baru saja dilantik, Brigjen Rio Septianda Djambak.

"Dalam waktu dekat ini, insya Allah kita lakukan kegiatan rutin yang kita tingkatkan, operasi untuk narkoba di Aceh. Kita juga akan undang Pak Kapolri untuk liat dan turun langsung ke ladang ganja di Aceh," kata Rio di Kompleks Mabes Polri Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (23/9/2016).

Masih banyaknya lahan ganja di Aceh diduga karena motif ekonomi. Oleh karena itu, terang Rio, harus segera ditemukan solusi terkait hal tersebut.

"Dari rapat kami dengan Forkompinda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) yang terdahulu, harus ada solusi dari masalah ganja ini, terutama instansi terkait ya, ini (lahan ganja) diubah jadi pertanian apa ya, karena ini faktor ekonomi," katanya.

Rio menambahkan, untuk mengatasi persoalan narkoba di Aceh, pihaknya akan melakukan patroli bersama dengan masyarakat.

"Narkoba di Aceh sama seperti di tempat lain, sabu masuk dari jalan-jalan tikus, kita tingkatkan lagi patroli bersama masyarakat. Kita lakukan sesuatu kegiatan, paling tidak mencegah masuknya sabu dari luar ke Aceh," terangnya.

Mantan Wakapolda Aceh ini mengaku sudah mengetahui titik-titik tempat masuknya narkoba ke Negeri Serambi Makkah tersebut. "Insya Allah kita tahu, ini kita mapping dulu, banyak yang pasti," tukasnya. (OKEZONE)

Jakarta - Salah satu tempat ziarah yang sering dikunjungi jemaah haji adalah makam Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam. Lokasinya berada di areal Masjid Nabawi, Madinah.

Masjid Nabawi adalah salah satu masjid terbesar di dunia. Salah satu keistimewaan masjid yang terletak di Madinah, Arab Saudi ini adalah adanya Raudhah yang merupakan salah satu tempat mustajab untuk berdoa.

Dikutip dari buku 'Amalan di Tanah Suci: Membantu Haji & Umrah Anda Lebih Produktif' karya H Rafiq Jauhary, Jumat (23/9/2016), makam Rasulullah dulunya tidak berada di dalam masjid, namun ada di dalam rumah Aisyah. Makamnya berupa gundukan tanah setinggi dua jengkal.

"Mengenai tempat penguburan ini setiap Nabi memiliki keistimewaan dibandingkan manusia lainnya. Jika kita meninggal maka diperintahkan untuk dikuburukan di pemakaman umum, akan tetapi jenazah para Nabi dikuburkan di tempat ia meninggal. Karena Rasulullah meninggal di rumah Aisyah, maka dimakamkan di tempat itu," tulis Rafiq.

Di samping makam Rasulullah, ada makam Abu Bakar Sidiq dan Umar bin Khattab. Saat Masjid Nabawi diperluas, maka rumah Aisyah posisinya berada di dalam kompleks Masjid Nabawi.

Selanjutnya di masa pemerintahan Umar bin Abdul Aziz, dibangun tembok tinggi sekitar 5 meter di sekeliling makam Rasulullah. Pembangunan tembok ini bertujuan agar tidak ada yang melakukan perbuatan syirik di sekitar makam.

"Letak makam Rasulullah, Abu Bakar dan Umar tepat bersebelahan dengan wilayah Raudhah," kata Rafiq.

Tidak ada doa khusus ketika mengunjungi makam nabi, yang terpenting adalah doa untuk kebaikan Rasulullah dan kedua sahabatnya yaitu: Assalamu'alaika ya Rasulullah, assalamu'alaika ya aba bakr, assalamu'alaika ya umara-bnal khattab.

"Berdoa juga sebaiknya menghadap kiblat bukan menghadap ke arah kuburan. Tidak meratap di pagar makam," pungkasnya.(detik.com)

Villa Rosa, benteng rahasia bercat pink di Swiss (nyon-tourisme.ch)
Nyon - Siapapun tidak akan menyangka, rumah bercat pink di Swiss ini adalah sebuah benteng militer. Traveler yang liburan ke Swiss, bisa mampir ke benteng unyu ini.

Sewaktu Perang Dunia II bergolak, Swiss menjadi salah satu negara yang ikut terlibat. Di sekitar garis pertahanan Toblerone, ada satu bangunan rumah yang disulap menjadi sebuah benteng pertahanan terhadap serangan musuh. Benteng ini diberi nama Villa Rosa.

Sepintas dari luar, tidak ada yang aneh dengan rumah berlantai 2 dan bercat pink ini. Tampak tidak berbahaya, dan tidak memberikan ancaman apapun. Tapi tunggu sampai traveler masuk ke dalamnya, senjata artileri lengkap, plus senapan mesin, dan meriam sudah siap sedia untuk ditembakkan ke arah lawan

Dilihat detikTravel dari Situs Resmi Pariwisata Kota Nyon, Jumat (23/9/2016), Villa Rosa termasuk dari 12 benteng rahasia yang diibangun Swiss selama Perang Dunia II berlangsung. Benteng ini terletak di Garis Pertahanan Toblerone sepanjang 10 Km, tepatnya ada di Route Suisse 6, Gland 1196 di dekat Kota Nyon, sekitar 25 Km dari Kota Jenewa, Swiss.

Sejarahnya, Villa Rosa dibangun pada tahun 1940. Benteng rahasia ini sengaja di cat pink, agar tidak menimbulkan kecurigaan dari pihak musuh. Di balik cat pinknya, Villa Rosa dibangun dari tembok beton yang sangat tebal. Konon, benteng ini tahan terhadap ledakan nuklir.

Persenjataan militer lengkap juga tersedia di dalamnya. Pintu garasi Villa Rosa yang berwarna hijau, bila dibuka akan keluar 2 meriam besar yang siap ditembakkan. Seakan belum cukup, ada satu meriam lagi yang tersembunyi di balik daun jendela di lantai 1 rumah.

Senapan mesin juga tersedia di balik tembok tebal Villa Rosa. Bahkan, jendela di lantai 2 Villa Rosa juga palsu. Itu hanya cat biasa yang dilukiskan di atas tembok beton. Benar-benar menipu!
Setelah perang usai, bangunan benteng Villa Rosa ini masih tetap dipertahankan. Sejak 2006, Villa Rosa difungsikan sebagai museum. Traveler yang liburan ke Swiss, bisa menengok benteng rahasia ini untuk mengenang kedahsyatan Perang Dunia Kedua yang menimbulkan banyak korban jiwa.(Detik.com)

KUALA LUMPUR - Tiga talenta muda dalam dunia tarik suara asal Aceh, Nong Niken, Qemil G4ul, dan Jelia Iskandar akan meriah panggung konser Dangdut Asia di The Gardens Theatre, Mid Valley, Kuala Lumpur, Jum'at (22/9/2016) malam.

"Even ini dirancang secara apik oleh Neway Karaoke dan Dor Entertainment. Konser ini melibatkan empat negara tetangga, yakni Malaysia, Indonesia, Singapura, dan Brunei Darussalam," sebut Niken yang dihubungi @iloveaceh, Jum'at (22/9/2016) pagi.

Project Director Dangdut Asia, Encik Dior mengatakan konser ini merupakan kegiatan performance entertainment yang sekaligus menjadi launching album kebersamaan ini.

"Album ini nantinya tidak hanya bisa didapatkan di Malaysia saja, tetapi juga akan segera bisa didapat melalui situs online pemesanan diseluruh negara ASEAN," sebutnya.

Dior menambahkan, ada 14 artis yang terlibat dalam mini konser tersebut. Seluruhnya tergabung dalam sebuah kumpulan album kompilasi yang bertajuk “Dangdut Asia” yang untuk sementara hanya bisa didapatkan di Malaysia.

Siap Berikan yang Terbaik

Nong Niken, artis asal Lhokseumawe ini menyatakan kebanggaannya terlibat dalam konser Dangdut Asia ini untuk mewakili Indonesia.

"Rasanya bangga bisa dilibatkan dalam even lintas negara ini terlebih bisa membawa nama Indonesia dan bersama teman-teman dari Aceh juga. Ada beberapa karya dari single yang nantinya akan kita suguhkan malam nanti," ujar pelantun Prang Sabi ini.

Lagu yang akan dinyanyikan nanti, tambah Niken, yakni karya dari Adibal Sharul yang berjudul "Hijrah" yang video klipnya digarap bersama-sama ILATeam Management dan teman-teman komunitas @iloveaceh tim.

"Ini menjadi bentuk apresiasi bagi kami talenta muda asal Aceh, apalagi bisa dipercaya untuk ikut bergabung dalam event ini, dan tidak terduga bisa bareng bersama temen-temen Aceh lainnya," ungkap dara kelahiran tahun 1990.

Selain itu, Qemil G4ul penyanyi asal Lamno, juga menyatakan hal serupa. Selain bisa mengepakkan sayap ke negeri jiran, ia menganggap hal ini adalah langkah kebanggaan Aceh.

"Ini kesempatan bagi putra Aceh dan bisa mulai dilirik oleh negeri tetangga. Qemil nanti akan membawakan lagu Mabuk Kepayang karya Den Fajar," sebut mantan dari Duta Wisata Aceh tersebut.

Sementara itu, Jelia Iskandar juga tidak menyangka ia bisa terlibat dalam acara ini. Ia akan membawakan singlenya berjudul "Bidadari pun Cemburu" karya Gebby Pareira.

"Sangat bersyukur bisa terlibat dalam acara ini, semoga dengan kegiatan ini semakin semangat untuk berkarir di musik dangdut Melayu," tambah dara asal Takengon ini.

Perhelatan Dangdut Asia juga akan disiarkan secara langsung tentunya di channel TV Bintang dan Pelangi dari Astro.

"Penonton yang hadir dalam acara ini diharuskan membeli album kompilasi yang mana album ini sudah dinanti nantikan selama lima belas tahun oleh warga Malaysia, karena sebelumnya album kompilasi dangdut hanya dibuat oleh Iwan tahun 2001," tutup Dior.[Rill]

Ilustrasi
StatusAceh.Net -  Seorang ibu rumah tangga Mariani (50) ditangkap polisi, karena mengedarkan sabu. Dari tangannya, polisi menyita dua paket kecil sabu seberat 0,42 gram.

Kabag Ops Polresta Palembang Kompol Andi Kumara mengatakan, Mariani ditangkap oleh petugas Satuan Reserse (Satres) Narkoba Polresta Palembang di Jalan Ali Gatmir Kelurahan 13 Ilir, Kecamatan Ilir Timur (IT) II Palembang.

"Ketika digeledah oleh Polwan, rupanya petugas menemukan paketan kecil sabu di tubuh tersangka. Untuk mengelabuhi petugas, tersangka nekat menyimpan sabu tersebut di dalam bra," katanya, Jumat (23/9/2016).

Saat ini, tersangka berikut barang bukti dua paket sabu dengan berat 0,42 gram telah diamankan ke Mapolresta Palembang untuk penyelidikan lebih lanjut.

"Belum kita ketahui apakah yang bersangkutan merupakan pemakai atau pengedar. Saat ini, tersangka masih menjalani pemeriksaan guna mengetahui barang tersebut didapatnya dari mana," jelasnya.(Sindonews)

Presiden Filipina Rodrigo Duterte. | (REUTERS/Lean Daval Jr)
Manila - Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, lagi-lagi mengeluarkan makian kotor terhadap Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Ban Ki-moon, yang dia tantang melakukan investigasi soal perang narkoba di Filipina. Kali ini, Duterte menyebut Ban Ki-moon dengan sebutan “setan”.

Presiden Filipina itu menantang Ban Ki-moon dan Uni Eropa melakukan investigasi soal tuduhan pembunuhan di luar hukum selama perang narkoba berlangsung di Filipina. Duterte sebelumnya menghujat Sekjen PBB dan Ban Ki-moon setelah perang narkoba yang dia kobarkan dikritik.

”Saya mengundang (Sekjen) PBB Ban Ki.... Siapa nama setan itu? ... Ban Ki-moon,” kata Duterte  seperti dikutip Reuters, Jumat (23/9/2016).

"Saya mengundang Uni Eropa, kirim pengacara terbaik dari Anda sendiri, juga pelapor, untuk datang ke Filipina. Saya akan menulis surat untuk mengundang mereka agar melakukan investigasi,” katanya lagi.

Sejak menjabat 11 minggu yang lalu, sekitar 3.000 orang telah tewas dalam tindakan keras Pemerintah Duterte pada pengguna dan gembong narkoba. Kebanyakan korban ditembak mati orang tak dikenal yang diduga pembunuh bayaran, bukan oleh polisi Filipina.

Kepolisian Nasional Filipina (AFP) telah mengklaim perang narkoba yang dikobarkan Duterte mencapai kesuksesan. Di mana, sejak perang narkoba diluncurkan, 90 persen pasokan narkoba di Filipina berhasil dipangkas dan sekitar 700 ribu pengguna dan gembong narkoba telah menyerahkan diri ke polisi.(Sindonews)

Banda Aceh - Berbagai kegiatan dan perlombaan yang diselenggarakan pada Perayaan Hari Anak Nasional dan Gebyar Pendidikan Agama Islam program PAUD 2016, diharapkan dapat memperkuat program Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD di Aceh, serta menjadi sarana silaturrahmi dalam rangka menegakkan Syariat Islam di Serambi Mekkah.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Bunda PAUD Aceh, Hj Niazah A Hamid, di hadapan ratusan guru dan murid PAUD perwakilan dari 23 kabupaten/kota se-Aceh, saat membuka secara resmi Perayaan Hari Anak Nasional yang dirangkai dengan Gebyar Pendidikan Agama Islam program PAUD tahun 2016, yang dipusatkan di Taman Sri Ratu Safiatuddin, Kamis (22/9/2016).

"Selamat Datang kepada Bunda PAUD dan guru-guru PAUD, serta anak-anak kami peserta program PAUD dari 23 kabupaten/kota se-Aceh, yang telah hadir pada acara peringatan Hari Anak Nasional dan Gebyar Pendidikan Islam Program PAUD tahun 2016 ini,” Sapa wanita yang akrab disapa Ummi Niazah itu.

Pada kesempatan itu, Ummi Niazah menjelaskan, bahwa Pemerintah Aceh sangat konsisten menegakkan Syariat Islam. Hal ini dapat terlihat melalui penegakan Dinul Islam di seluruh  lapisan masyatakat, termasuk dunia pendidikan sebagai salah satu elemen yang menjadi sorotan penguatan Dinul Islam.

“Tujuannya tentu saja agar kita dapat melakukan terobosan di bidang pendidikan, sehingga anak-anak kita sebagai  peserta didik dapat memahami dan menerapkan  ajaran-ajaran yang  terkandung dalam syariat Islam itu dengan baik.

Ummi Niazah menjelaskan, Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, telah mengamanatkan bahwa pendidikan bagi anak tidak hanya diberikan saat ia memasuki usia sekolah, tapi dimulai sejak masih dalam kandungan hingga usia enam tahun melalui program pendidikan usia dini.

"Pendidikan usia dini yang dimaksud adalah upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai usia enam tahun,  yang diberikan melalui pemberian rangsangan pendidikan guna membantu pertumbuhan jasmani dan rohani agar anak siap memasuki sekolah. Inilah yang menjadi alasan pentingnya anak untuk belajar di Program PAUD," kata Niazah.

Niazah mengingatkan, bahwa belajar di PAUD sangat penting karena selama belajar di PAUD, anak-anak tidak semata diajarkan cara bersosialisasi, tapi juga belajar tentang dasar-dasar pendidikan agama Islam. "Jika sejak dini anak kita telah mendapatkan pendidikan Islam,  Insya Allah mereka akan tumbuh menjadi insan yang mencintai Allah dan Rasul-Nya serta berbakti kepada orang tuanya."

Sementara itu, dalam rangka mendekatkan anak-anak denga Islam sejak  dini,  Pemerintah Aceh bekerjasama dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Aceh  sepakat menerapkan model pendidikan Islami bagi semua PAUD di Aceh. Tak hanya kepada murid, penguatan tersebut juga diberikan kepada guru-guru PAUD, agar para guru mampu mengajarkan Syariat Islam dengan baik kepada anak-anak peserta program pendidikan usia dini.

Ummi Niazah menambahkan, untuk mendorong semangat belajar agama Islam bagi anak-anak dan guru-guru PAUD di Aceh, setiap tahun selalu dirayakan Hari Anak Nasional yang dirangkai dengan pelaksanaan kegiatan Gebyar Pendidikan Agama Islam Program PAUD. Tahun ini, rangkaian kegiatan akan berlangsung selama empat hari (21-24 September).

"Dalam Kegiatan ini, anak-anak kita para pelajar PAUD akan mengikuti berbagai lomba keterampilan dan lomba pengetahuan agama Islam tingkat dasar. Di samping itu, ada pula beberapa lomba yang akan diikuti para guru PAUD. Semuanya pasti sangat menghibur, penuh keceriaan, namun tetap mengandung unsur ketrampilan dan pendidikan Islam," tambah Ummi Niazah.

Niazah menambahkan, Perayaan Hari Anak Nasional yang dirangkai dengan Gebyar Pendidikan Agama program PAUD ini juga bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada murid dan guru untuk mengekpresikan diri melalui  ketrampilan dan seni Pendidikan Agama Islam.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun aspek kecerdasan emosional dan spiritual sedini mungkin di kalangan anak-anak kita serta membangun ukhwah Islamiyah di kalangan guru, orang tua, siswa, dan pengelola PAUD.

"Saya berharap, seluruh rangkaian acara ini, semakin memupuk rasa kepedulian kita terhadap masa depan anak-anak Aceh, sehingga kita dapat terus memberi perhatian hingga mereka dewasa nanti. Karena hanya dengan perhatian yang baiklah, anak-anak kita akan menjadi anak yang cerdas, berbakti kepada orang tua, serta taat dalam menjalankan ajaran agama, Insya Allah."

"Terimakasih saya ucapkan kepada Dinas Pendidikan Aceh dan Kanwil Kementerian Agama Aceh, yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini. Semoga kerjasama yang baik ini dapat kita tingkatkan lagi di masa-masa mendatang. Kepada anak-anak kami dan para guru PAUD  yang menjadi peserta acara ini, saya ucapkan selamat berlomba dengan sportif dan penuh rasa kekeluargaan," pungkas Bunda PAUD Aceh, Hj Niazah A Hamid.

Rangkaian acara Perayaan Hari Anak Nasional dan Gebyar Pendidikan Agama Islam program PAUD 2016, akan diisi dengan berbagai perlombaan, diantaranya hafalan surat pendek, busana muslim, puspa gerak tari, azan dan lomba menggambar Masjid.

Dalam empat hari kegiatan, sejumlah permainan tradisional juga akan diselenggarakan, diantaranya main engklek, enggrang batok kelapa, lomba makan kanji rumbi. Sedangkan bagi para guru PAUD akan diadakan lomba dongeng Islami.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Kepala Kanwil Kementerian Agama Aceh, serta perwakilan unsur Forum Koordinasi Piminan Daerah Aceh. (Rill)

Aceh   Besar  –   Gubernur   Aceh,   dr.   H.   Zaini   Abdullah   mengajak masyarakat untuk melestarikan adat dan budaya Aceh sehingga menjadi sarana untuk memperkuat hubungan sosial antara masyarakat dan juga meningkatkan ketaqwaaan kepada Allah SWT.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Aceh dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Keistimewaan, Ekonomi dan Pembangunan Sekretaris Daerah   Aceh,   Zulkifli   HS   saat   menghadiri   acara   kenduri   laot   yang dilaksanakan   masyarakat   Lampanah   Leungah,   Kecamatan   Seulimum, Kamis (22/9). 

“Masyarakat Aceh memiliki kekayaan budaya dan adat yang terus kita pertahankan secara turun temurun hingga sekarang,” ujar Zaini.

Kenduri laot kata Zaini merupakan tradisi yang sudah turun temurun dan sudah ada sejak dulu di Aceh. Budaya tersebut adalah manifestasi dari rasa syukur atas rahmat dari Allah SWT yang dituangkan dalam sebuah tradisi adat melalui kenduri laot yang dilaksanakan setahun sekali ini.

Zaini   mengatakan,   selain   untuk   memperkuat   harmonisasi   sosial   bagi sesama   masyarakat   nelayan   di   wilayah   ini,   kenduri   Laot   dapat   pula dijadikan sebagai sarana untuk mensosialisasikan kembali aturan/hukum kelautan yang telah digariskan oleh Endatu (nenek moyang).


“Keberadaan panglima laot misalnya, sudah ada di Aceh sejak ratusan tahun lalu. Panglima Laot adalah pemimpin masyarakat untuk urusan kelautan,” ujar Zaini. 

Zaini Abdullah menjelaskan, sejak lahirnya Undang Undang Nomor 11Tahun   2006   tentang   Pemerintahan  Aceh,  posisi   lembaga   adat   seperti Panglima Laot, kembali mendapat tempat di tengah-tengah masyarakat. 

“Peran lembaga Panglima Laot di kalangan nelayan Aceh terus menguat, terutama dalam hal memimpin persekutuan adat dan pengelola hukum adat di wilayah laot,” ujar Zaini. 

Dalam   perspektif   budaya   modern   lanjut   Zaini,   kenduri   Laot   juga bermakna melestarikan budaya lokal sebagai daya tarik bagi wisatawan yang ingin melihat kehidupan tradisional di wilayah Aceh.  

Dinas  Pariwisata  Aceh  telah  menetapkan  tradisi  dan  budaya  Kenduri Laot yang ada di sejumlah kawasan pesisir pantai timur dan barat di Aceh ini sebagai Warisan Pusaka Budaya Tak Benda atau Intangible.

Selain itu kata Zaini, beberapa tradisi lokal yang masuk dalam kategori Warisan Pusat  Budaya Tak Benda  ini, termasuk  juga Kenduri  Blang, Dalail Khairat, Kejruen Uten Peusijuk/tepung tawar dan lain sebagainya.

“Semua itu adalah warisan budaya dan kearifan lokal yang harus kita jaga dan dilestarikan dengan niat sematamata karena Allah Ta’ala,” kata Zaini.

Sementara   itu,   Sekretaris   Mukim   Kemukiman   Lampanah,   T   Nasai mengatakan   bahwa   para   nelayan   dan   juga   pertani   di   daerah   tersebut masih sangat membutuhkan perhatian dari masyarakat.  

Selain itu kata Nasai, sarana pendidikan di daerah tersebut juga masih membutuhkan uluran  bantuan  dari pemerintah. Untuk itu ia  berharap Pemerintah dapat menyalurkan bantuan untuk membantu masyarakat di daerah tersebut. 

“Semoga   dengan   kunjungan   bapak   –   bapak   dari   Pemerintah   Aceh masyarakat disini akan mendapatkan perhatian dari Pemerintah Aceh,”ujarnya. 

Kenduri laot tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Kelautan Aceh, Ir T Diauddin   dan   Muspika   setempat.   Seusai   kenduri,   juga   dilakukan penanaman   pohon   cemara   sebagai   bentuk   pelestarian   alam   dan lingkungan. (Rill)

StatusAceh.Net - Aceh dan Jakarta resmi memiliki Kapolda baru. Untuk Jakarta, jabatan Kapolda diamanahkan kepada Irjen Pol Muhammad Iriawan. Sementara Aceh akan dijabat oleh Brigjen Pol Rio Septianda Djambak.

Dua provinsi ini merupakan daerah yang diberikan atensi khusus oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk pengamanan Pilkada.

"Selamat kepada Pak M Iriawan. ‪Selamat bertugas, tapi tugas baru akan berat, Ada pilkada yang sebentar lagi yang mungkin lumayan panas, tapi harapan saya sangat besar agar bapak bisa kendalikan Jakarta," kata Tito dalam amanatnya kepada M Iriawan di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Kamis (23/9/2016).

M Iriawan sebelumnya menjabat sebagai Kepala Divisi Propam Polri. Selain itu dia pernah menjabat sebagai Kapolda NTB dan Kapolda Jawa Barat.

Sementara itu Kapolri juga memberikan amanat terkait Pilkada yang akan digelar serentak 15 Februari 2017 mendatang kepada Kapolda Aceh yang baru.

"‪Kemudian pada Bapak Rio, pengalaman di wilayah konflik sangat banyak sekali, Ambon, Timor-Timur, Sulawesi, apalagi di wilayah Aceh sudah bolak-balik, Aceh bukan tempat baru bagi pak Rio‬. Selamat bertugas, Pilkada sebentar lagi," katanya.

Sekadar informasi, Rio Septianda Djambak sebelumnya adalah Wakapolda Aceh. Dia mendapatkan promosi jabatan menggantikan Irjen M Husein Hamidi. Pilkada di Aceh dan Jakarta yang dinilai cukup panas, jelas Tito, menjadi salah satu dasar rotasi jabatan.

"Aceh dan DKI, pilkada cukup panas, ini yang menjadi dasar rotasi ini dilakukan secepat mungkin, sehingga masih ada waktu lima bulan lagi untuk Kapolda Metro dan Aceh untuk konsolidasi," tukasnya. (Okezone.com)

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian
Jakarta - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan Polri akan memberikan pengamanan ekstra untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Provinsi Aceh pada 2017 mendatang.

"Aceh dalam kategori kami masuk kepada relatif rawan," kata Tito usai upacara serah terima jabatan di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (23/9).

Karenanya, sejumlah persiapan pengamanan Pilkada dilakukan untuk Aceh, salah satunya melalui Operasi Mata Praja 2016. Selain itu, operasi pengamanan juga dilakukan bekerjasama dengan sejumlah pihak mulai penyelenggara Pemilu baik itu KPU, Panwas, hingga TNI.

Tito mengatakan personel yang akan dikerahkan di Aceh juga akan ditambah mengingat, pelaksanaan Pilkada di Aceh tak hanya Pemilihan Gubernur tetapi juga pemilihan kepala daerah di 20 Kabupaten/Kota.

"Di sana cukup banyak Paslon (pasangan calon) dan daerah itu adalah daerah yang ada konflik, potensi konflik otomatis kita akan memberikan pengamanan ekstra di sana," ujarnya.

Sementara itu, Kapolda Aceh Brigjen Pol Rio Septianda Djambak usai dilantik mengatakan, rencana penambahan personel untuk pengamanan Pilkada di Aceh yakni 1900 personel BKO. Selain itu, pihaknya juga meminta bantuan personel dari Kodam Iskandar Muda Aceh.

"Pasukan akan kita turunkan ke Aceh, atas persetujuan bapak Kapolri, mungkin Januari sudah berada di aceh. Insha allah dengan kekuatan yang kita minta ini mudah-mudahan bisa terjamin keamanannya," jelasnya.

Mantan Wakil Kapolda Aceh ini mengatakan pihaknya juga menyiasati pengamanan dengan sistem keamanan mulai dari melaksanakan kegiatan preventif hingga penegakkan hukum. Ia pun tak segan melakukan penegakkan hukum, jika memang terjadi pelanggaran hukum

"Jika memang harus ada tindakan hukum, kita lakukan dengan tegas, terukur dan humanis. Itu harapan kita," katanya.

Namun demikian, hingga saat ini situasi dan kondisi keamanan di Aceh masih aman. Meskipun, sejumlah persiapan pengamanan sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari.

"Saat ini relatif aman, tapi kita kan juga melihat dengan latar belakang adanya pasca konflik, kita perlu melihat bahwasanya ada daerah-daerah rawan, kita tidak ingin terulang lagi yang dahulu terjadi sesuatu kegiatan orang tak bertanggung jawab, untuk lakukan pengacauan atau kecurangan dalam pilkada," jelasnya.(Republika)

OKINAWA - Sebuah jet tempur milik militer Amerika Serikat (AS) dikabarkan jatuh di wilayah Okinawa, Jepang. Jet tempur itu dilaporkan jatuh tidak lama setelah lepas landas dari pangkalan udara AS yang berada di wilayah itu.

Menurut laporan media setempat, jet tempur yang jatuh diduga adalah jet tempur  AV-8B Harrier II. Okinawa Times menyebut jet tempur jatuh di wilayah lepas pantai Okinawa, tidak jauh dari pangkalan udara AS.

Lokasi kecelakaan, seperti dilansir Reuters pada Kamis (22/9), dilaporkan berada di 150 km sebelah timur dari prefektur Kunigami, yang berada di utara Okinawa.

Sementara itu, Ryukyu Shimpo dalam laporannya mengatakan, pilot pesawat nahas tersebut berhasil melontarkan diri sebelum jet itu menghantam laut. Saat ini sang pilot sudah berhasil dievakuasi oleh penjaga pantai setempat.

Penyebab jatuhnya pesawat tersebut sampai saat ini belum diketahui. Pemerintah ataupun militer AS sendiri sejauh ini belum memberikan pernyataan apapun mengenai insiden ini.

AV-8B Harrier II adalah pesawat bermesin tunggal, yang mampu lepas landas dan mendarat vertikal atau pendek, dan dirancang pada 1970-an. Pesawat militer ini biasa digunakan oleh Marinir AS.(Sindonews)

Nisam Antara - Warga menemukan seekor ular phyton besar di sebuah kebun ‎Dusun Bruhoi Desa Alue Dua, Kecamatan Nisam Antara, Aceh Utara, Rabu (21/9/2016).

Ular tersebut saat ini disimpan di depan Pospol Nisam Antara. Ular Phiton ini memiliki panjang sekitar tujuh meter dan berat sekitar 200 Kg.

Berdasarkan informasi dihimpun, ular tersebut awalnya ditemukan seorang warga yang sedang membersihkan kebunnya.

Karena terlalu besar, maka warga tersebut memberitahu ke masyarakat dan personil polisi.

Selanjutnya, sekitar 20 warga dan personil polisi ke lokasi dan berhasil menangkap ular itu.
Ular pun dibawa ke Pospol Nisam Antara.

Sepanjang hari, ular tersebut menjadi pusat perhatian masyarakat yang melintasi pos polisi tersebut.(Serambinews)

Foto: StatusAceh.Net
Banda Aceh - Kuasa hukum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasional Aceh (PNA) Mohd. Jully Fuadi mengatakan sengketa di Internal PNA yang dilimpahkan pada Pengadilan Tata Usaha Negeri (PTUN) Banda Aceh oleh mantan Sekretaris Jendral DPP PNA, Muharram Idris terhadap SK penetapan pengurus baru adalah upaya penzaliman terhadap Irwandi Yusuf yang sedang mencalonkan diri sebagai Gubernur Aceh untuk periode 2017-2022 mendatang.

“Kami melihat, gugatan ini adalah upaya untuk menzalimi Irwandi Yusuf dan PNA, karena Irwandi sedang mencalonkan diri sebagai gubernur,” ujar Jully pada MODUSACEH.CO seusai sidang mendengar gugatan di PTUN Banda Aceh, Kamis (22/9/2016).

Menurut Jully, ini adalah upaya penzaliman yang ke sekian kali dilakukan untuk mengganjal agar PNA tidak bisa mengusung Irwandi. Karena, sengketa ini adalah sengketa internal partai yang bisa diselesaikan secara kekeluargaan dan Mahkamah Partai (MP), jika pun Muharram Idris tidak puas atas keputusan MP, maka silahkan bawa ke Pengadilan Negeri (PN) karena itulah tempatnya, bukan di PTUN dan menurut Jully itu diatur dalam perundang-undangan.

“Intinya, mereka punya hak untuk menggugat, kami orang hukum kan melihat pengadilan mana yang paling cocok untuk menggugat  Namun, kami menghormati dan taat kepada hukum, tentu akan mengahapi dan menyelesaikan permasalahan ini,” kata Jully yang juga kader PNA.

Jully menjelaskan, sengketa di tubuh partai sebenarnya persoalan biasa, semua ada mekanisme penyelesaiannya. "Muharram yang dinonaktifkan dari kepengurusan partai ada mekanismenya untuk menyelesaikan masalah ini," katanya.

Apalagi menurut Jully, penonaktifan Muharram sudah sesuai dengan konstitusi partai baik yang paling tinggi maupun yang terrendah. Namun, jika Muharram mengatakan bahwa penonaktifan dirinya tidak sesuai prosedur itu hak dia.

“Karena kalau tergugat merasa dizalimi atau dirugikan ajukan pengaduan ke Mahkamah Partai karena kalau mengajukan pembatalan SK saya pikir sia-sia,” kata Jully.

Begitupun Jully membantah, jika dengan proses hukum ini dapat berdampak pada proses usung-mengusung. Menurutnya sampai saat ini tidak ada masalah, seperti halnya saat pendaftaran Irwandi Yusuf, KIP tidak mempermasalahkan.

“Jadi masyarakat Aceh dalam hal ini memberi rasa nyaman dan aman kepada majelis dalam memutuskan perkara ini secara adil,” ungkap Jully.(Sumber: modusaceh.co)

Tarmizi Karim-Machsalmina daftar Pilgub Aceh 2016 Merdeka.com
Banda Aceh - Deru mesin Becak Motor (Bentor) yang telah dihiasi dengan berbagai umbul-umbul, bendera warna putih bertuliskan nama kandidat mengantar pasangan Bakal Calon (Balon) Gubernur-Wakil Gubernur Aceh, Tarmizi Karim-Machsalmina Ali ke kantor Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Kamis (22/9).

Ada sejumlah mobil mewah milik simpatisan yang mengantarkan pasangan ini. Selain itu, puluhan sepeda motor dengan membawa bendera pasangan ini pun ikut meramaikan pendaftaran calon Gubernur-Wakil Gubernur Aceh. Akibatnya, Jalan T Nyak Arif, Lampriet padat merayap, namun Polantas sigap mengatur arus lalulintas, sehingga kemacetan bisa diurai.

Jam menunjukkan pukul 14.00 WIB, pasangan ini tiba di KIP Aceh langsung menuju ruang pendaftaran. Setelah mengisi buku tamu, pasangan ini pun langsung melewati pintu masuk yang telah dipasang metal detector dan diterima oleh komisioner KIP Aceh, demikian juga sejumlah pendukung lainnya melalui proses pemeriksaan ketat oleh pihak kepolisian.

Keduanya kompak menggunakan seragam serba putih menggunakan peci hitam didampingi oleh pimpinan partai pengusung, yaitu Partai NasDem, Golkar, PKPI, PPP dan Hanura. Ikut juga didampingi oleh Ketua Nasdem Aceh, Zaini Jalil sebelumnya menjadi kandidat Calon Wakil Gubernur Aceh mendampingi Tarmizi Karim, kemudian menjelang 4 hari pendaftaran digantikan dengan wakil yang mendampingi sekarang dari kader Golkar asal Barat Selatan Aceh.

Tarmizi Karim mengaku mendapatkan perlakuan yang baik oleh KIP Aceh saat melakukan pendaftaran. Pihaknya telah menyerahkan seluruh dokumen yang dibutuhkan dan telah mengambil persyaratan selanjutnya.

"Kami mendapatkan sambutan yang baik tadi, mendapatkan perlakuan yang bagus dari KIP," kata Tarmizi Karim di ruang media center KIP Aceh usai mendaftarkan diri.

Menyangkut dengan pergantian Calon Wakil Gubernur, Machsalmina Ali yang terkesan mendadak. Tarmizi Karim mengaku semua ini dilakukan finalisasi pembahasan ini dengan partai pendukung. Setelah pendiskusian panjang dan dirinya menyatakan pensiunan dari birokrat, Tarmizi Karim kemudian menyatakan bergabung dengan Partai Nasdem.

"Dulu saya dari komponen birokrat yang ingin membuat perubahan di Aceh. Kemudian setelah saya sampaikan kepada Bapak Surya Paloh, saya menyatakan pensiun, maka saya menyatakan diri bergabung dengan NasDem," tukasnya.

Lanjutnya, karena dirinya yang merupakan kader Nasdem. Pimpinan partai, termasuk Ketua Umum, Surya Paloh membuka peluang kepada partai lain untuk mengisi posisi Calon Wakil Gubernur Aceh. Lalu bergabunglah Partai Golkar dan Calon Wakil Gubernur diisi oleh kader partai berlambang pohon beringin ini yang berasal dari Barat Selatan Aceh.

"Maka dari itu diberi kesempatan calon wakil itu pada partai lain, yaitu partai Golkar," imbuhnya.

Sementara itu Ketua Nasdem Aceh, Zaini Jalil mengakui ini merupakan keputusan mendadak. Akan tetapi setelah mempertimbangkan banyak hal, termasuk patuh terhadap instruksi pimpinan DPP Nasdem. Dirinya menyatakan mundur dari bursa calon Wakil Gubernur Aceh mendampingi Tarmizi Karim.

"Ini memang keputusan yang mendadak, hari itu saya dipanggil ke Jakarta dan disampaikan keputusan ini, kemudian saya sampaikan kepada rekan-rekan di Nasdem Aceh, semua bisa menerimanya. Karena sejak awal saya sudah sampaikan, tidak mempersiapkan diri menjadi calon Gubernur maupun Wakil Gubernur, tetapi kalau diperintah oleh atasan siap melakukannya," tegas Zaini Jalil.

Kendati tidak lagi mendampingi Tarmizi Karim dalam bursa pencalonan Pilkada Aceh. Zaini Jalil mengaku akan tetap berada di garda terdepan untuk memenangkan pasangan ini. Karena ini memang sudah menjadi instruksi ketua partai agar bisa mengantarkan pasangan ini menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh.

"Saya sebagai mantan Calon Wakil Gubernur Aceh kemarin, diminta oleh ketua umum partai untuk terus memperjuangkan pasangan ini," tutupnya.(Merdeka.com)

Idi - Petugas Sat Narkoba Polres Aceh Timur, Rabu (21/9/2016) pukul 15.00 WIB, menangkap dua pemuda di Kecamatan Idi Rayeuk, Aceh Timur, karena memiliki narkotika jenis sabu-sabu.

Kedua tersangka yang diamankan itu yakni, ES (21) warga Gampong Bantaian Timur, Kecamatan Idi Rayeuk, Aceh Timur, dan SB (23) warga Gampong Cot Geulumpang, Kecamatan Jeunib, Bireun.

“Keduanya kami tangkap dari kamar rumah tersangka ES di Gampong Bantaian Timur, Kecamatan Idi Rayeuk, setelah kami periksa ditemukan 21 paket sabu-sabu dengan berat 3,50 gram dan satu unit timbangan merek Camry,” ungkap Kapolres Aceh Timur, AKBP Rudi Purwiyanto, melalui Kasat Narkoba AKP Darkasyi.

Saat ini kedua tersangka dan barang buktinya telah diamankan di Mapolres Aceh Timur, untuk kepentingan penyelidikan lebih lanjut. (Serambinews)

StatusAceh.Net - Citra Kepolisian lalu lintas (Polantas) Polri di usia ke 61, masih jauh dari baik. Buktinya, masih saja ada anggota polantas yang 'memeras' masyarakat di tepi jalan, dengan dalih pelanggaran lalu lintas.

Seperti aksi seorang anggota Polantas yang diduga dari Polda Sumatera Utara ini. Dia terekam video amatir, saat tengah memaksa orang-orang yang ditindaknya membayar sejumlah uang sebagai pelicin, atau uang damai, agar bisa bebas dari hukuman atas pelanggaran lalu lintas yang dilakukan.

Dalam video yang menyebar di media sosial Facebook itu, terekam petugas Polantas itu sedang sibuk bertransaksi dengan seorang pengendara yang baru saja ditindak, karena melanggar peraturan berlalu lintas.

Transaksi dilakukan di belakang mobil bak terbuka Kepolisian yang terparkir di tepi jalan, dekat perkebunan sawit. Petugas Kepolisian itu, dengan logat khas, menanyakan kepada pelanggar tentang jumlah uang yang akan diberikan, agar bisa bebas dari hukuman.

Dalam percakapan terdengar, pria pelanggar lalu lintas menyatakan hanya mampu memberikan uang Rp25 ribu. Tetapi, petugas polantas malah terlihat kesal dan meminta pelanggar untuk memperlihatkan isi dompetnya.

Tak cukup sampai di situ, karena tak ada uang di dompet pelanggar, petugas polantas itu menjamah-jamah saku celana pelanggar untuk mencari uang.

Setelah yakin tak ada lagi uang di saku, petugas itu pun membebaskan pelanggar sambil memberikan nasihat, agar tidak melakukan pelanggaran lagi. "Jangan diulangi lagi itu," kata petugas Polantas itu. sambil memberikan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) milik pelanggar.

Setelah itu, petugas itu mengambil kertas tilang si pelanggar dan meremuknya lalu membuangnya. Saat bersamaan, petugas itu memasukkan uang hasil pungutan liarnya ke saku celananya.

Tak hanya satu pelanggar yang diperlakukan seperti itu, pelanggar lainnya juga dipaksa membayar uang pelicin sesuai dengan keinginan petugas itu.

Video ini menjadi heboh saat disebar para pengguna Facebook. Lebih dari 100 ribu orang terdata telah melihat video itu.

Seperti diketahui, 22 September merupakan hari ulang tahun polantas. Berdasarkan pantauan VIVA.co.id, di hari ulang tahun itu, Polantas membuat hastag slogan #PolantasSeptemberRamah.

Hastag itu hari ini, Kamis 22 September 2016, menjadi salah satu hastag terpopuler di Twitter. Semua masyarakat berharap, slogan itu tidak hanya cuma untuk mencari popularitas di dunia maya saja, tetapi juga mampu mengubah perilaku oknum-oknum polantas nakal seperti yang ada di dalam rekaman video Klik Disini.(Viva)

Probolinggo - Aparat Polda Jatim dipimpin Wakapolda Jawa Timur Brigjen Pol Drs Gatot Subroto bersama ribuan aparat gabungan melakukan operasi penangkapan Dimas Kanjeng Taat Pribadi di Padepokannya di Rt 22 Rw 08 dusun Sumber Cengkelek Ds. Wangkal Kec. Gading Kab Probolinggo.

Proses penggerebekan pengasuh Padepokan yang diduga ikut terlibat dalam kasus pembunuhan salah seorang santrinya Abdul Gani, lantaran membongkar rahasia padepokan itu menyita perhatian warga setempat.

Penggerebekan yang melibatkan 6 SSK Satuan  Brimob Polda Jatim, 9 SSK Polres Sabara (Polres Jember,Polres Madiun, Polres Sidoarjo, Polres Malang, Polres Bojonegoro, Polres Probolinggo, 300 Personil pendukung PAM lainnya, Pamtup dan Satprov Polda Jatim itu digelar mulai pukul 01.00 wib.

Berikut kronologis penggerebekan dan penangkapan Dimas Kanjeng Taat Pribadi:
1. Pukul 01.00 WIB Pasukan mulai berkumpul dilapangan desa Wangkal kec Gading.
2. Pukul 05.00 Wib Pengecekan personil dilapangan Ds Wangkal
3. Pukul 05.30 Wib Pasukan bergerak menuju PDKTP.
4. Pukul 05.55 WIB Personil Polda Jatim tiba di PDKTP untuk melaksanakan penggeledehan dan penangkapan terhadap Dimas Kanjeng Taat Pribadi.
5. Pukul 06.10 WIB  Seluruh personil gabungan TNI- Polri melaksanakan penggeledahan di setiap bangunan dan tenda di PDKTP.
6. Pukul 08.00 WIB Giat penggeledahan PDKTP selesai.
7. Pukul 08.30 WIB Seluruh personil melaksanakan pengecekan terakhir dan meninggalkan PDKTP kembali ke satuan masing masing,untuk personil pam yang melaksanakan standby 1 SSK dari Sat Brimob Bondowoso.

Adapun hasil penggeledahan atau yang ditangkap antaranya lain:
1. Kanjeng Dimas Taat Pribadi (Ketua yayasan PDKTP) ditangkap diFitnes Center PDKTP.
2. Sapi'i (pengikut).
Keduanya dibawa keluar dengan menggunakan Rantis milik Brimobda Jatim dan dibawa ke Mapolda Jatim.

Untuk diketahui, diduga santri Abdul Gani adalah santri yang dianggap akan membongkar rahasia padepokan sehingga dengan dalih di beri pinjaman uang kemudian dipanggil di ruang tim pelindung. Dan pada saat diserahkan uang tersebut, tersangka Wahyu Wijaya dkk memukul dan menjerat leher korban sampai meninggal dunia.(Rimanews)
Dok: Penangkapan Dimas Kanjeng Taat Pribadi di Padepokannya di Rt 22 Rw 08 dusun Sumber Cengkelek Ds. Wangkal Kec. Gading Kab Probolinggo.

Irwandi - Nova mendaftar sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur di KIP Aceh Rabu (21/9/2016).
StatusAceh.Net - Bakal Calon Gubernur Aceh Irwandi Yusuf mengatakan, sejak awal dia memiliki optimisme untuk memenangkan pilkada 2017. Ditambah  lagi saat ini ada sejumlah partai politik yang bekerja sebagai sebuah tim untuk suksesinya."Saat berencana maju dari independen, saya sudah optimis menang. Apalagi saat ini sudah diusung dan didukung parpol," kata Irwandi Yusuf menjawab wartawan di Media Center KIP Aceh usai mendaftar sebagai calon peserta pilkada, Rabu (21/9/2016) kemarin.

Irwandi juga tak khawatir dengan sejumlah kontestan lain yang memiliki modalitas dan infrastruktur politik yang relatif besar, seperti  Partai Aceh. Bagi Irwandi, dalam kontestasi, faktor kesiapan jaringan dan infrastruktur politik tak selalu menjadi penentu. "Yang tak kalah penting adalah kesiapan mental, siap pikiran, kesiapan ide, gagasan dan kecerdasan. Dan tentunya siap menang," tambahnya. Karena itu, bagi Irwandi, tak ada pesaing yang berat karena semua bakal kandidat adalah rekan-rekannya dan mereka memiliki ide-ide cemerlang untuk membangun Aceh.

Irwandi-Nova yang diusung lima partai politik, masing-masing Demokrat, PDI-P, PDA, PNA dan PKB juga menyampaikan apresiasinya terhadap parpol pengusung tersebut. "Kami berterimakasih telah mendapat kepercayaan dari partai dan kami akan berjuang semaksimal mungkin untuk kepentingan rakyat Aceh sekaligus visi misi partai," katanya.

Menurut Irwandi, pendaftaran tersebut adalah bagian awal dari serangkaian prosesi pilkada 2017. Dia meminta baik tim relawan maupun partai  untuk tetap bekerja maksimal dan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas. Irwandi menyebutnya pilkada halal. Irwandi juga menyerukan kepada pasangan lainnya untuk mengedepankan pilkada halal ini.

Soal penambahan pasukan pengamanan pilkada, kata Irwandi, kebijakan itu mutlak wewenang pusat. Itu lazimnya dilakukan berdasarkan  assessement. "Kalau mereka mengatakan perlu menambah, pasti ditambah. Begitu juga sebaliknya," kata Irwandi Yusuf.  Seperti diketahui, Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah mendaftar ke KIP Aceh sebagai peserta pilkada 2017 kemarin. Mereka diantar ribuan pendukung dan simpatisan. Dalam proses pendaftaran itu, Irwandi juga mengatakan telah menyerahkan Laporan Harta Kekayaan.(MA)

Anggota Satpol PP diserang pendukung Raja Gowa ke-37 (foto:Istimewa/Bugma)
Gowa - Unjuk rasa ratusan pendukung Raja Gowa ke-37 Andi Maddusila Karaeng Katangka yang menolak peraturan daerah tentang lembaga adat daerah, di depan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Gowa, Sulawesi Selatan, berakhir ricuh.

Salah seorang oknum anggota Satpol PP yang berada disekitar massa diserang dan nyaris diamuk pengunjuk rasa. Petugas kepolisian yang mengawal jalannya unjuk rasa berusaha mengamankan anggota Satpol PP tersebut dari kejaran massa.

Kericuhan antara massa pendukung Raja Gowa ke-37 Andi Maddusila Karaeng Katangka Sultan Alauddin Dua dengan oknum anggota Satpol PP Gowa ini terjadi di depan DPRD Gowa.

Massa yang kesal dengan kehadiran anggota Satpol PP pun terus mengejar dan berusaha menghakimi anggota Satpol PP. Petugas kepolisian yang melakukan pengamanan langsung membawa lari anggota Satpol PP tersebut dari bulan-bulanan massa.

Ratusan massa pendukung Raja Gowa ini sebelumnya berunjuk rasa menolak adanya peraturan daerah yang menegaskan bahwa bupati bisa menjalankan fungsi raja atau sombaya.

Massa meminta kepada DPRD Gowa agar mencabut peraturan daerah tersebut, karena dinilai dapat memicu konflik dengan keluarga kerajaan. Tak hanya itu, massa juga berunjuk rasa di depan Mapolres Gowa.

Dalam aksi di depan mapolres itu, massa meminta agar pelaku perusakan brankas dan kamar penyimpanan benda pusaka milik Kerajaan Gowa segera ditangkap.(Sindonews)

Muzakir Manaf dan TA Khalid mendaftar ke KIP, Kamis 22 September 2016. Pasangan ini diusung Partai Aceh, PKS, PAN, PPP, dan Gerindra. (Foto: Agus Setyadi/detikcom)
Banda Aceh - Wakil Gubernur Aceh Muzakir Manaf mendaftar sebagai calon gubernur pada Pilkada serentak 2017 ke Komisi Independen Pemilihan (KIP). Ia yang berpasangan dengan TA Khalid masuk ke dalam gedung tempat pendaftaran dengan dipayungi bendera raksasa.

Pasangan Muzakir-TA Khalid tiba di gedung KIP Aceh di jalan Teuku Nyak Arief Banda Aceh sekitar pukul 10.30 WIB, Kamis (22/9/2016). Begitu tiba di pagar utama, ia disambut dengan lantunan salawat oleh ratusan pendukungnya.

Dari pekarangan kantor KIP hingga ke pintu gedung, Muzakir dan pasangannya dipayungi dengan bendera Partai Aceh berukuran raksasa. Para simpatisannya mengekor di belakang.

Namun saat tiba di pintu masuk, petugas kepolisian yang berjaga hanya membolehkan pasangan dan beberapa orang saja untuk masuk ke dalam. Pendukungnya tidak terima dan berupaya untuk masuk. Tapi tetap saja tidak berhasil.

Akibatnya, metal detector yang dipasang di pintu masuk rusak. Tak lama berselang, para pendukung tersebut akhirnya menunggu di bawah tenda yang dipasang di depan pintu masuk.

Saat mendaftar, pasangan Muzakir-TA Khalid mengenakan sorban. Muzakir memakai baju jubah gamis warna hitam dan TA Khalid berwarna putih. Pasangan ini didukung oleh sejumlah partai di antaranya Partai Aceh, PKS, PAN, PPP, dan Gerindra.

"Hari ini saya resmi mendaftar pada jam 11.10 WIB di Kantor KIP Aceh," kata Muzakir saat menggelar konferensi pers di Media Center KIP usai mendaftar.

Pada Pilkada serentak 2017 mendatang, Muzakir mengaku sudah mengimbau kepada seluruh pendukung atau simpatisan untuk menjaga perdamaian dan tidak melakukan perbuatan melanggar hukum.

"Kita sarankan dan beri pengumuman di wilayah-wilayah agar tidak terjadi konflik atau pertumpahan darah di Aceh pada saat Pilkada saat ini. Ini yang selalu saya tekankan," jelasnya.

"Kita harapkan di lapangan normal-normal saja, tidak ada saling menyinggung dan fitnah," ungkapnya. (Detik.Com)

StatusAceh.Net - Suku asli di Indonesia tidak memiliki mata biru yang indah. Orang yang tinggal di Indonesia rata-rata memiliki mata yang berwarna coklat gelap atau hitam. Mata biru hanya didapatkan dari mereka yang merupakan peranakan orang Eropa seperti artis-artis yang menghiasi pertelevisian Indonesia.

Selain mereka yang kerap hadir di layar kaca, manusia dengan mata biru di Indonesia ternyata ada di Aceh. Beberapa gadis muslim di Aceh memiliki mata biru kecokelatan dan juga memiliki rambut pirang. Konon, mereka adalah keturunan orang Portugis yang dahulu pernah singgah di Aceh. Berikut kisah si mata biru dari Aceh yang memiliki kecantikan luar biasa.

Asal Muasal Mata Biru dari Aceh

Ada dua versi cerita yang mengungkapkan tentang asal-usul dari Bulek Lamno ini. Versi pertama mengatakan bahwa keturunan bermata biru ini berasal dari penjajahan bangsa Portugis di Aceh pada awal abad ke-16. Saat bangsa itu akan mencari rempah ke Indonesia mereka masuk ke Aceh dan akhirnya menetap di sana. Beberapa pria dari pasukan itu menikah dengan gadis Aceh dan akhirnya menghasilkan keturunan dengan mata biru kecokelatan yang indah.

Selanjutnya versi kedua menjelaskan bahwa keturunan mata biru yang disebut Bulek Lamno ini dimulai ketika kapal perang Portugis terdampar di Aceh. Kala itu Raja Daya menangkapi siapa saja yang masih hidup. Jika mereka ingin ditolong maka harus masuk Islam namun jika menolak dipersilakan kembali ke lautan. Dari sini para pria dari Portugis menikah dan menghasilkan banyak keturunan.

Lokasi Bulek Lamno Tinggal

Sebagian besar penduduk dengan ciri-ciri bermata coklat kebiruan, kulit putih, dam rambut pirang ada di Kecamatan Lamno. Mereka tersebar di beberapa desa yang dahulu pernah masuk ke dalam kawasan kerajaan Daya seperti Ujong Muloh, Kuala Daya, Gle Jong, Lambeso, dan Teumarem. Desa-desa ini terletak di pesisir barat Aceh dan berhadapan langsung dengan Samudra Hindia.

Saat Aceh diterjang tsunami beberapa tahun silam, banyak dari Bulek Lamno ini yang akhirnya pindah ke berbagai tempat. Rata-rata mereka memilih tinggal di kota yang mudah diakses dan mau menerima keunikan dari fisik yang kadang bagi beberapa warga Aceh dianggap aneh dan tidak sama dengan warga lokal.

Jumlah Semakin Menipis

Sungguh disayangkan, saat bencana tsunami datang beberapa tahun yang lalu, banyak dari warga keturunan ini yang hilang dan meninggal dunia. Bahkan tidak lebih dari 40 persen sisa warga keturunan Portugis ini yang berhasil bertahan hidup. Akhirnya mereka memilih pergi dari kampung halaman tempat mereka tinggal dan memilih pergi ke daerah lain dengan komunitas kecil yang mereka bentuk.

Oh ya, Bulek Lamno juga dikenal kerap menutup diri dengan dunia luar. Mereka lebih suka hidup dengan sederhana dan tidak terlibat banyak dengan penduduk lokal Aceh. Entah apa alasannya, mereka lebih suka bergaul dengan orang yang memiliki keadaan fisik yang sama.

Menjadi Buruan Pemuda Aceh


Kecantikan dan juga kemolekan dari gadis keturunan dari Portugis ini tentu menarik perhatian banyak orang di sana. Beberapa pemuda yang belum menikah bahkan sengaja memilih tinggal di sekitar perkampungan dari Bulek Lamno. Mereka akan mencari gadis-gadis yang siap nikah untuk dipinang sampai dapat.

Fenomena gadis dengan mata biru dan berambut pirang di Aceh sangatlah menarik. Banyak yang bilang kalau muslim dengan mata biru itu sungguh cantik. Mereka tidak hanya memiliki kelebihan fisiknya saja, tapi juga memiliki kebaikan akhlak yang membuat banyak orang ingin menikahinya.

Inilah kisah dari muslim bermata biru yang berasal dari Aceh. Meski mereka keturunan dari Portugis, Bulek Lamno tetaplah warga negara Indonesia dan bagian dari kita semua. Semoga Bulek Lamno tetap ada untuk memperkaya keragaman genetis di Indonesia.(Viva)

StatusAceh.Net -  Produk kakao, teh, dan kopi Indonesia berhasil memikat para pembeli dari berbagai negara. Salah satu order potensial datang dari produsen minuman asal Jerman, Koawach, yang berniat mengimpor 100 ton kakao organik varietas Trinitario dari Flores dan Aceh untuk dipasarkan di Jerman.

"Produk yang paling diminati adalah kakao organik, teh organik (teh hijau dan teh oolong), dan kopi (biji kopi hijau dan specialty)," ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan Arlinda dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (22/9/2016).

Arlinda menjelaskan, Koawach merupakan produsen bubuk minuman cokelat berenergi yang memasok ke lebih dari 200 toko dan kafe di Jerman serta menjual produknya secara online. Memulai usaha sejak 2014, Koawach dengan produk premiumnya menggunakan bahan baku 100 persen kakao natural dan mengusung fair trade.

Per tahun, Koawach membutuhkan kakao varietas Trinitario sebanyak 200 ton yang selama ini disuplai dari Kolombia. Kini Koawach tengah mencari alternatif untuk memasok 50 persen dari kebutuhannya.

Produksi kakao di dunia terdiri dari tiga varietas, yaitu Forestero, Trinitario, dan Creolo. Produk dengan skala terbesar dalam industri kakao adalah Forestero dengan porsi 85 persen dari total produksi dunia, Trinitario 13 persen dari total produksi kakao dunia, dan Creolo 3 persen dari total produksi kakao dunia.

"Indonesia mampu memproduksi dan memasok jenis kakao premium yang peredarannya sekitar 13 persen dari total produksi kakao dunia," kata dia.

‎Selain itu kakao, ujar Arlinda, produk organik yang memiliki sertifikat juga sangat diminati di Jerman seperti gula kelapa organik, bumbu organik, serta teh hijau dan teh hitam organik. Teh hijau dan teh hitam dalam bentuk tea bag cut meraih pesanan sejumlah 30 ton dari buyer Jerman untuk 2017.

“Sertifikasi organik penting untuk dimiliki sebab perusahaan yang bersertifikat organik memiliki peluang lebih besar untuk memasok produk ke Eropa. Buyer yang datang adalah buyer pasar ceruk yang mencari produk untuk dipasarkan di toko-toko premium, dengan harga di atas kebanyakan retailer," tandas dia.(Liputan6.com)

Banda Aceh - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, akan melaksanakan uji baca Alquran bagi pasangan calon gubernur/wakil gubernur Aceh yang akan maju pada Pilkada 2017.

Uji tes baca Alquran ini akan dilaksanakan di Masjid Raya Baiturrahman (MRB) Banda Aceh, Rabu (28/9/2016) mulai dari pukul 09.00 WIB hingga selesai.

Komisioner KIP Aceh, Junaidi, kepada Serambinews.com usai pasangan Zakaria-Saman-T Alaidinsyah menyerahkan berkas pendaftaran di KIP Aceh, Rabu (21/9/2016) mengatakan, uji baca Alquran itu terbuka untuk umum.

"Iya benar, ini terbuka untuk umum, silakan datang jika ingin melihatnya, kita selenggarakan di Masjid Raya," sebut Junaidi.

Ia juga menyebutkan, nanti para pasangan bakal calon yang telah mendaftar akan mengikuti uji baca Alquran dengan tim penguji dari Kemenag dan LPTQ Aceh. 

Ingin menyaksikan langsung para pasangan bakal calon melantunkan ayat suci Alquran, catat tanggalnya dan datang ke Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh.(Serambinews)

Jakarta - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menjamin semua prajuritnya akan netral pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2017. Pada tahun depan, akan ada 101 perhelatan Pilkada di seluruh Indonesia.

Prajurit TNI tetap bersikap netral pada pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang diselenggarakan secara serentak pada tahun  2017 dan bila ada prajurit TNI

"Yang tidak netral akan diambil tindakan tegas sesuai dengan hukum yang berlaku," kata Panglima di Mabes TNI, Cilangkap, Rabu (21/09/2016).

Gatot meminta masyarakat untuk melaporkan jika ada prajurit TNI yang terindikasi tidak netral atau memihak pasangan calon tertentu.

“Saya jamin tidak ada keberpihakan prajurit TNI pada Pilkada serentak dan jika ada yang tidak netral, agar dilaporkan namun jangan membuat isu, karena informasi harus sesuai fakta yang jelas,” ujarnya.

TNI berharap agar pesta demokrasi yang akan dilakukan harus dilaksanakan dengan gembira. “Karena ini pesta demokrasi, makanya mari kita gembira dalam menyambutnya, kemudian pahami visi dan misi calon Kepala Daerah yang dipilih, sesuai harapan masyarakat,” imbuhnya.

Rencananya Pilkada serentak akan dilaksanakan di 101 wilayah, yang terdiri dari 7 Provinsi, 76 Kabupaten, dan 18 Kota.

Pada Pilkada serentak tersebut  TNI akan melakukan pengamanan jalannya pesta demokrasi sesuai dengan aturan yang  tertuang dalam Undang-Undang dimana TNI akan melakukan pengamanan berdasarkan permintaan dari Kepolisian.

“TNI akan memberikan bantuan dengan mem-BKO-kan pasukan kepada Kepolisian atas permintaan. Jadi, kalau kita diminta tetapi tidak mengerahkan berarti melanggar Undang-Undang,” tandas Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.(Rima)

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memeluk siswi sekolah dasar yang menangis histeris minta Risma tidak ikut pencalonan Gubernur DKI Jakarta. MOHAMMAD Syarrafah
Bengkulu - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan dia tak pernah berambisi menjadi Gubernur DKI Jakarta. Risma bahkan tak berani berdoa agar menjadi Gubernur DKI Jakarta.
"Ini saya minta pertanyaan terakhir kalinya, saya harap jangan ada lagi pertanyaan soal pilkada Jakarta ke saya. Saya itu jangankan berharap, berdoa pun saya tidak pernah berani menjadi Gubernur DKI Jakarta," kata Risma saat ditemui setelah mengikuti acara Korsup KPK di Bengkulu pada Rabu, 21 September 2016.

Risma mengatakan ia tidak pernah berpikir mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI Jakarta. Tugas sebagai Wali Kota Surabaya saja baginya sudah cukup berat.

"Menjadi kepala daerah memiliki tanggung jawab yang besar, bukan hanya terhadap rakyat, tapi juga kepada Tuhan, jadi tidak bisa sembarangan," katanya.

Terakhir, ia kembali meminta wartawan tidak pernah lagi mempertanyakan suksesi Gubernur DKI Jakarta kepadanya.(tempo)

Ilustrasi
Bener Meriah - Tersangka utama penggranatan mobil dinas anggota DPRK Bener Meriah, SZ mengaku mengeluarkan uang sebesar Rp 3 juta untuk membiayai aksi tersebut.

SZ memberikan uang kepada tersangka eksekutor AF, agar bisa membalaskan dendamnya kepada anak tirinya Aulia Tahar.

Pengakuan itu, disampaikan langsung oleh SZ ketika diwawancarai secara khusus oleh Serambi di ruang Kasat Rekrim Polres Bener Meriah, Rabu (21/9/2016).

“Saya sakit hati karena sering diintimidasi dan dipukul oleh anak suami saya, Aulia. Padahal, saya sudah banyak diam tapi tetap diteror oleh anak suami saya itu,” kata SZ.

Menurut SZ, karena tidak tahan dengan perlakuan anak tirinya, ia sempat cerita dengan adiknya AF. Mendengar keluhan tersebut, AF meminta uang sebanyak Rp 3 juta untuk membeli bahan peledak granat.

“Saya tidak tahu darimana dia beli granat itu. Dan tidak ada saya bayar adik saya dalam menjalankan aksinya itu,” aku SZ sembari menangis.(Serambinews)

Bener Meriah - Istri siri anggota DPRK Bener Meriah, Provinsi Aceh diduga otak pelaku dalam kasus pelemparan diduga granat ke mobil dinas yang menewaskan dua orang. Ia terancam dijerat dengan pasal pembunuhan berencana dan undang-undang darurat.

Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Goenawan, mengatakan, istri siri Mansur berinisial SZ (35) menyuruh adiknya berisial AF (26) untuk membuntuti Aulia-- anak Mansur dari istri pertama. Antara Aulia dan SZ punya masalah pribadi.

SZ sakit hati dengan Aulia. Ia kemudian menyuruh AF untuk membunuh Aulia yang saat itu sedang berada di Kabupaten Bireuen, Aceh. Entah bagaimana dia lakukan, tiba-tiba mobil yang dikemudikan Aulia meledak.

Akibat perbuatannya, SZ dijerat pasal berlapis sedangkan AF masih diburu polisi. AF bertugas sebagai eksekutor.

"Dia (SZ) dijerat pasal 338, 340 KUHP junto UU darurat no 12/1951 tentang senjata api dan bahan peledak," kata Goenawan kepada detikcom, Rabu (21/9/2016).

Menurut Goenawan, polisi masih memburu AF dan kini sudah dimasukkan ke dalam DPO.

"Kasus peledakan mobil Bener Meriah, anatomi of crime-nya sudah terurai, penyidik sudah bisa memproses secara hukum tersangka SZ untuk mendapatkan kepastian hukum berdasarkan alat bukti yang sudah didapat," jelas Goenawan.

Polisi belum mengetahui asal usul dan jenis bahan peledak yang dipakai AF untuk membunuh Aulia. Selain itu, cara dia melakukan aksi juga belum diketahui.

"Itu akan terungkap semua setelah tersangka AF ditangkap," kata Goenawan dalam konferensi pers dua hari lalu.

Seperti diketahui, sebuah mobil dinas milik anggota DPRK Bener Meriah meledak pada Sabtu (17/9) lalu. Akibat kejadian itu, Aulia dan adiknya yang masih balita bernama Kibi tewas. Sementara 5 lainnya luka-luka termasuk istri pertama Mansur. (Detik.com)

StatusAceh.Net - Dua pesawat pembom supersonik milik Amerika Serikat (AS) kembali terbang di atas Korea Selatan (Korsel) dimana salah satu dari mereka mendarat di sebuah pangkalan udara 40 km sebelah selatan dari ibukota. Ini merupakan penerbangan kedua sejak uji coba nuklir Korea Utara (Korut) 9 September.

Dalam pernyataannya, pasukan AS di Korea mengatakan bahwa penerbangan yang dilakukan oleh sepasang pesawat pembom jenis B-1B Lancer yang berbasis di Guam itu dimaksudkan sebagai unjuk kekuatan. Selain itu, penerbangan itu dimaksudkan untuk menunjukkan komitmen AS untuk menjaga keamanan Semenanjung Korea dan daerah seperti dikutip dari Reuters, Rabu (21/9/2016).

Sebelumnya, dua pesawat pembom milik AS jenis B-1 pernah terbang diatas langit negara tetangga Korut dikawal oleh jet tempur AS dan Korsel untuk menunjukkan solidaritas terhadap Negeri Gingseng itu pada pertengahan September lalu.

Korut telah mengabaikan kecaman global sejak melakukan uji coba nuklir kelima pada 9 September. Minggu ini, rezim Pyongyang mengatakan telah berhasil menguji mesin roket baru yang akan digunakan untuk meluncurkan satelit. Keputusan itu kembali dianggap melanggar sanksi PBB.

Para pemimpin AS dan China, yang nota bene sekutu diplomatik utama Utara dan pemberi bantuan ekonomi, mengutuk uji coba nuklir terbaru. Mereka berjanji untuk meningkatkan kerjasama di PBB dan di saluran penegakan hukum.

Korut telah menguji senjata nuklir dan rudal balistik pada tingkat belum pernah terjadi sebelumnya tahun ini. Uji coba itu termasuk peluncuran satelit pada bulan Februari yang secara luas dilihat sebagai uji coba teknologi rudal balistik jarak jauh.(Sindonews)

ATENSI: Kapolres Gresik AKBP Adex Yudiswan saat berada di rumah Arpiah di Desa Sumengko, Kecamatan Duduksampeyan.
StatusAceh.Net - Wajah Arpiah terlihat semringah. Perempuan berusia 100 tahun itu senang saat dikunjungi Kapolres Gresik AKBP Adex Yudiswan.

Tamu istimewa tersebut menjadi pelipur lara warga Desa Sumengko, Kecamatan Duduksampeyan, yang hidup sebatang kara itu.

Arpiah juga kesulitan untuk berjalan karena tulang pinggangnya mengalami pengapuran. ”Kalau berjalan terasa sakit,” ujar Arpiah sambil memegangi pinggang kanan yang nyeri bila dipakai bergerak.

Keluhan tersebut dirasakan Arpiah sejak tiga tahun lalu. Dengan kondisi itu, dia tidak bisa mencukupi kebutuhan sendiri. Dia hanya mengandalkan pemberian tetangga.

”Anak saya telah meninggal. Saya hidup sendiri,” katanya.

Keberadaan Arpiah terdeteksi setelah tim Gerakan Pencegahan Kejahatan dan Penyelesaian Masalah Masyarakat Desa (Gajah Mada) terjun ke desa tersebut Rabu (14/9).

Ratusan personel kepolisian dan TNI terjun untuk ”merekam” kondisi sosial masyarakat di desa tersebut.

Selain itu, petugas mengorek keterangan tiga pemuda desa yang ditengarai sebagai pemicu bentrokan warga Sumengko dengan Timbuan, Desa Tambakmenjangan, Lamongan, pada malam takbiran Idul Adha lalu.

Saat itulah tim Gajah Mada mendapati Arpiah di rumahnya yang sangat sederhana.
AKBP Adex mengatakan, tim Gajah Mada hadir di Sumengko untuk mengidentifikasi semua permasalahan di sana.

Termasuk permasalahan kamtibmas dan sebagainya. Antara lain peredaran narkoba dan miras, premanisme, serta balap liar. ”Sudah kami identifikasi permasalahan di sana.

Termasuk pelaku yang memicu tawuran antardesa tersebut,” katanya. Sumengko adalah desa ketiga yang didatangi tim Gajah Mada.

Sebelumnya tim itu pernah berkeliling Kelurahan Kroman, Kecamatan Gresik, untuk mengungkap peredaran sabu-sabu.

Kemudian, ketika berada di Desa Suci, Kecamatan Manyar, anggota tim menemukan keluhan masyarakat terkait pendirian masjid yang diduga berhaluan keras.

Pemkab akhirnya membatalkan perizinan masjid tersebut. (JPG)
loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.