2018-05-13

Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Bambang Tri Banda Aceh Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bireuen Bisnis BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya Cuaca Cut Meutia Dana Bos Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Fito Foto FPI Gampong Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan History Hotel Hukum HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Irwandi-Nova Irwndi Yusuf IWO Jaksa Jejak JKMA Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malware WannaCry Masjid Mitra Berita Motivasi Motogp Mudik MUI Musik Nanang Haryono Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patroli Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh PKI PLN PNL Polisi Politik Poso PPWI Presiden Pungli Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebriti Senator Sosok Sport Sumatera Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TNI Tokoh Tsunami Aceh Ulama Vaksin MR vid Video vidio Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA


Bangka Belitung- Sejumlah Pengurus dan Anggota Purna Paskibraka Kabupaten Belitung melakukan aksi damai menyambut bulan Ramadhan. 

Para anggota PPI membagikan Ta’jil dan Jadwal Ramadhan kepada Pengguna Jalan di Simpang 4 Lampu Merah Kampung Ujung – Tanjungpandan, Rabu (17/5). Selain itu mereka juga membawa Spanduk mengecam aksi terorisme di berbagai daerah dan dukungan untuk Polri dalam memberantas Terorisme.

Uniknya, beberapa diantara mereka menggunakan Pakaian Dinas Upacara (PDU) Paskibraka sehingga mengundang perhatian para pengguna jalan. Sasaran yang dibagikan takjil yakni para pengguna jalan raya dan para pekerja yang mungkin tidak sempat untuk berbuka puasa dirumah dikarenakan masih dalam perjalanan.

Salah satu anggota PPI Angkatan 2017, Wella Silvia mengatakan aksi turun ke jalan ini menjadi pengalaman pertama dirinya. Kami mencoba berbagi dan melakukan apa yang kami bisa untuk masyarakat. Kami menolak keras aksi – aksi terror yang terjadi selama ini, jangan sampai generasi muda ikut-ikutan paham radikal sehingga merusak masa depannya, Ujar Siswa SMA Negeri 2 Tanjungpandan ini.

Ditemui dilokasi Kegiatan, Ketua Umum Pengurus Purna Paskibraka Indonesia Belitung Yovie Agustian Putra, A.Ma.Pust didampingi Ketua Bidang Sekretariat M. Yunus menjelaskan kegiatan ini adalah bentuk kepedulian dan mendekatkan diri kepada masyarakat. 

Selain itu kami juga menyampaikan turut berduka kepada anggota Polri dan masyarakat yang menjadi korban brutal aksi terorisme. Mari kita jaga orang –orang terdekat kita untuk cinta damai dan menghindari paham-paham radikal, tegas Yovie.(Red/Rls)


Jakarta- Kementerian Perindustrian terus mendorong peningkatan kegiatan penelitian, pengembangan dan perekayasaan (litbangyasa) di dalam negeri, terutama guna menguatkan daya saing industri nasional. 

Upaya ini sesuai peta jalan Making Indonesia 4.0, di mana salah satu strategi prioritas nasional yang perlu dilakukan adalah pembentukan ekosistem inovasi agar dapat mempercepat laju hilirisasi riset untuk sektor manufaktur di Tanah Air.

“Inovasi yang terkait litbangyasa menjadi penggerak tumbuhnya industri nasional. Untuk itu, dalam rangka mewujudkan industri kita yang mandiri, berdaya saing dan maju perlu ditopang dengan strategi hilirisasi riset yang tepat,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (BPPI) Ngakan Timur Antara di Jakarta, Jumat (18/5).

Bahkan, inovasi menjadi salah satu di antara 12 pilar yang menentukan daya saing suatu negara di kancah internasional. Dalam Global Competitiveness Report yang dirilis oleh World Economic Forum untuk periode tahun 2017-2018, Indonesia menduduki peringkat ke-36 dari 137 negara dengan poin inovasi di peringkat ke-31.

“Indeks daya saing Indonesia di kancah global tersebut mengalami peningkatan lima peringkat dari tahun 2016 di posisi ke-41 menjadi posisi ke-36 pada 2017,” ungkap Ngakan. Guna semakin memacu daya saing tersebut, unit pelayanan teknis di bawah BPPI Kemenperin terus berkontribusi sebagai penggerak inovasi karya-karya litbangyasa di dalam negeri terutama untuk penguatan industri nasional.

Misalnya, Balai Besar Bahan dan Barang Teknik (B4T) Bandung, turut mengambil peran dalam rangkamenginisiasi inovasi hingga hilirisasi riset termasuk untuk menuju implementasi industri 4.0.

“Melalui berbagai hasil litbangyasa yang telah dilakukan khususnya di bidang material fungsional dan diversifikasienergi, B4T mendongkrak peningkatan daya saing industri, substitusi impor hingga tumbuhnya industribaru di beberapa sektor,” tutur Kepala B4T Budi Susanto.

Beberapa produk litbangyasa yang telah dihasilkan para peneliti dan perekayasa B4T, antara lain palang pintu perlintasan kereta api berbahan komposit sandwich yang kuat dan ringan terbuat dari fiberboard serat kelapa dan honeycomb. Selanjutnya, rancang bangun purwarupa pengolahan pasir silika lokal sebagai pengganti pasir Ottawa yang digunakan pada pengujian industri semen.

Selain itu, perekayasaan perangkat lunak pada Compressed Natural Gas Electronic Control Unit (CNG ECU) sebagai substitusi impor, pembuatan dan implementasi sistem baterai ion litium. Temuan ini dapat dimanfaatkan untuk produksi powerbank, panel surya, hingga mobil listrik.

“Para peneliti dan perekayasa B4T juga telah mampu menciptakan inverter untuk Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), membuat Wafer Silicon sebagai bahan baku sel surya dengan menggunakan metode Ingot Sectioning dan Wire Sawing, serta mengimplementasikan teknologi RFID pada sistem manajemen rantai pasok, khususnya di industri komponen otomotif,” paparnya.

Budi menyebutkan, B4T telah melakukan beberapa kerja sama dengan industri di dalam negeri mengenai implementasi hasil litbangyasa. Perusahaan tersebut, antara lain PT Siliwangi Wirakarya Ganesa, PT Semen Baturaja, PT Hartono Istana Teknologi, PT Semen Tonasa, dan CV Bintang Daya Perkasa.

Selain bidang litbangyasa, B4T juga berkontribusi kepada masyarakat industri melalui layanan jasa pengujian, kalibrasi, sertifikasi sistem mutu dan lingkungan, sertifikasi produk SNI, inspeksi teknik, vokasi industri, hingga konsultansi. 

“Seluruh upaya tersebut dilakukan demi mewujudkan Indonesia menjadi negara 10 besar ekonomi terkuat di dunia pada tahun 2030 melalui peningkatan produktivitas karena kemajuan teknologi dan inovasi,” tegasnya.(Red/Rls)


Jakarta- Kementerian Perindustrian telah mencanangkan gerakanZona Integritas di seluruh satuan kerjanya untuk senantiasa menciptakanWilayah Bebas dari Korupsi (WBK) serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Komitmen ini merupakan pelaksanaan dari Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB)Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM di Lingkungan Instansi Pemerintah.

“Pembangunan Zona Integritas ini guna mendorong dan menciptakan seluruh aparatur Kemenperin yang bebas dari korupsi, bersih, dan melayani,” kata Plt. Irjen Kemenperin Haris Munandar di Jakarta, Kamis (10/5). Implementasi Zona Integritas ini juga diamanatkan dalam Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2014 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi.

Haris menyampaikan, ada lima satuan kerja di lingkungan Kemenperin yang telah memperoleh predikat WBK dari Kementerian PANRB, yaitu SMK-SMTI Yogyakarta, Balai Besar Teknologi Pencegahan dan Pencemaran Industri (BBTPPI) Semarang, SMK-SMAK Bogor, Balai Diklat Industri (BDI) Surabaya serta Balai Riset dan Standardisasi Industri(Baristand) Samarinda.

“Untuk tahun ini, kami mengusulkan satu satker yang diharapkan bisa mendapat predikat WBBM, yaitu SMK-SMTI Yogyakarta serta 16 satker untuk predikat WBK,” ujarnya. WBK adalahpredikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen sumber daya manusia (SDM), penguatan pengawasan, dan penguatan akuntabilitas kinerja.

Sedangkan, WBBM adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja atau satuan kerja yang sebelumnya telah mendapat predikat Menuju WBK dan memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, dan penguatan kualitas pelayanan publik.

Pemilihan unit kerja atau satuan kerja yang diusulkan mendapat predikat Menuju WBK atau Menuju WBBM, memperhatikan beberapa syarat yang telah ditetapkan, di antaranya setingkat eselon I-III, dianggap sebagai unit yang penting atau strategis dalam  melakukan  pelayanan  publik, mengelola  sumber daya yang cukup besar, serta memiliki tingkat keberhasilan reformasi birokrasi yang cukup tinggi di unit kerja atau satuan kerja tersebut.

Haris menjelaskan, dalam upaya mewujudkan target tersebut, peran assurance(jaminan) dan consultancy(konsultasi) dari Inspektorat Jenderal diharapkan berjalan secara pararel dan beriringan.

“Peran pemberi assurance dan consultancy pada pengelola program di lingkungan Kemenperin perlu diiringi dengan peningkatan kapabilitas Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) Kemenperin,” tuturnya.

Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2015 tentang RPJMN 2015-2019 adalah 85 persen kapabilitas APIP berada pada Level 3. “Kami menargetkan pada tahun 2018 ini, APIP Kemenperin dapat mencapai Kapabilitas Level 3,” imbuhnya.

Dengan predikat berada pada level 3, APIP akan mampu menilai efisiensi, efektivitas, ekonomis suatu kegiatan serta mampu memberikan konsultasi pada governance(tata kelola), risk (manajemen risiko)  dan pengendalian (kontrol).

Saat ini, hasil assessment BPKP pada tahun 2016 terhadap 86 K/L, APIP Kemenperin bersama dengan 18 K/L lain telah berada pada level 2 dan lima APIP K/L yang telah berada pada level 3. “Dengan meningkatnya level Kapabilitas APIP, peran APIP harus meningkat dan kehadirannya harus memberi nilai tambah bagi organisasi di Kemenperin,” paparnya.

Di samping itu, lanjut Haris, Kemenperin juga terus berupaya mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Sampai tahun 2017, Kemenperin telah menerima opini WTP sebanyak sembilan kali berturut-turut sejak tahun 2008.

Opini WTP merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi dalam laporan keuangan dengan didasarkan pada empat kriteria. Yakni, kesesuaian standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian internal.

“Predikat itu juga perlu dipertahankan dengan meningkatkan koordinasi dan untuk meminimalkantemuan hasil pemeriksaan dan makin meningkatnya penyelesaian tindak lanjut hasil pengawasan”tegasnya.(Red/Rls)


Jakarta- Industri batik Indonesia dinilai telah menguasai pasar dunia sehingga mampu menjadi penggerak bagi perekonomian nasional. Hal ini terlihat dari capaian nilai ekspor batik dan produk batik pada tahun 2017 sebesar USD58,46 juta dengan negara tujuan utama meliputi Jepang, Amerika Serikat, dan Eropa.

“Industri batik nasional memiliki daya saing komparatif dan kompetitif di pasar internasional. Indonesia juga menjadi market leader yang menguasai pasar batik dunia,” kata Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Gati Wibawaningsih di Jakarta, Kamis (17/5).

Gati mengungkapkan, perdagangan produk pakaian jadi dunia saat ini mencapai USD442 miliar. Ini bisa menjadi peluang besar bagi industri batik nasional agar meningkatkan pangsa pasarnya, mengingat batik sebagai salah satu bahan baku untuk produk pakaian jadi.

“Industri batik kita didominasi oleh sektor IKM yang tersebar di 101 sentra seluruh wilayah Indonesia. Dari jumlah tersebut, total penyerapan tenaga kerjanya mencapai 15 ribu orang,” paparnya. Potensi ini terus dikembangkan, seiring upaya pemerintah mendorong industri padat karya berorientasi ekspor.

Untuk itu, dalam rangka menggenjot produktivitas dan daya saing industri batik nasional, Kementerian Perindustrian telah menjalankan beberapa program strategis seperti peningkatan kompetensi sumber daya manusia dan pengembangaan kualitas produk. Selain itu, penerapan standardisasi, fasilitasi mesin dan peralatan produksi, serta promosi dan pameran baik di dalam maupun luar negeri.

“Salah satu, kegiatan yang kami lakukan yang bekerja sama dengan Yayasan Batik Indonesia (YBI), yaitu menyelenggarakan Pameran Batik Warisan Budaya XII di Plasa Pameran Industri,” tutur Gati. Pameran ini selain bertujuan untuk mempromosikan karya-karya unggulan dari para pengrajin batik dalam negeri, juga guna memperluas pasar mereka yang didominasi oleh pelaku IKM.

Pameran yang tahun ini mengangkat tema Cerah Ceria Pesona Batik Madura, diselenggarakan selama empat hari, mulai tanggal 15-18 Mei 2018, dengan diikuti sebanyak 48 pengrajin batik binaan YBI. Dari beberapa peserta, menampilkan batik yang menggunakan zat warna alam sebagai upaya menghasilkan produk yang ramah lingkungan dan bernilai tambah tinggi.

“Pengembangan zat warna alam juga turut mengurangi importasi zat warna sintetik,” jelas Gati. Di tengah persaingan global yang semakin kompetitif dan dinamis, menurutnya, preferensi konsumen terhadap produk ramah lingkungan terus meningkat. “Sehingga batik warna alam ini hadir menjawab tantangan tersebut dan diyakini dapat meningkatkan peluang pasar,” imbuhnya.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyampaikan, pihaknya terus mendorong para pengrajin dan peneliti industri batik nasional agar terus berinovasi mendapatkan berbagai varian warna alam. Upaya ini untuk mengeksplorasi potensi batik Indonesia sehingga memperkaya ragam kain wastra Nusantara dengan warna alam.

“Di samping itu, kami memiliki program e-Smart IKM yang bertujuan mendorong pelaku usaha untuk masuk dalam pemasaran online,” ungkapnya. Hal ini sebagai salah satu langkah strategis untuk menuju implementasi revolusi industri 4.0.

Penemuan pewarnaan kain

Pada kesempatan berbeda, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin, Ngakan Timur Antara memaparkan, Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) telah menemukan salah satu teknik pewarnaan kain yang dinamakan Teknik Ringkel. “Teknik ringkel ini merupakan pengembangan dan penggabungan dua teknik, yaitu teknik smock dan tritik jumputan,” jelasnya.

Teknik smock dilakukan seperti menjahit dan menyulam dengan tangan. “Jadi, teknik ini merupakan dari tusukan menjahit untuk membuat kerutan-kerutan yang menghasilkan motif menarik sesuai pola tertentu,” kata Ngakan.

Apabila smock dikerjakan di atas kain polos, maka pada kain tersebut harus diberi tanda-tanda titik atau garis. Sementara itu, teknik tritik jumputan adalah proses pewarnaan rintang dengan menggunakan bahan perintang seperti tali, benang atau sejenisnya menurut corak-corak tertentu.

“Prosesnya, kain dicelup atau diwarna, dan di buka jahitannya. Setelah dibuka akan menghasilkan motif-motif yang indah,” imbuhnya.

Menurut Ngakan, penamaan Ringkel sendiri berasal dari sifat produk akhir, hasil kolaborasi teknik yang dilakukan tersebut. “Hasilnya menjadikan kain dengan tekstur berkerut atau bahasa Jawanya ringkel,” tuturnya.

Berdasarkan penelitian BBKB, sebagai salah satu unit pelaksana teknis di bawah BPPI yang berlokasi di Yogyakarta ini, ditemukan sedikitnya 23 desain motif baru. “Di antara beberapa jenis bahan yang diuji coba, yang paling optimal menghasilkan motif adalah bahan jenis mori Primissima. Selain paling bagus motif yang dihasilkan, bahan jenis mori juga paling mudah dalam proses pengerjaannya,” paparnya.

Bahkan dari hasil uji laboratorium, tekstil kerajinan ini mempunyai ketahanan luntur warna terhadap pencucian, keringat, dan sinar yang bagus. Nilai ketahanan luntur warna terhadap gosokan juga cukup bagus, sehingga dapat dikatakan bahwa dengan mengkombinasikan dua teknik ini memenuhi standar kualitas sebagai produk bahan sandang.

Ngakan menilai, teknik ringkel ini sangat cocok dikembangkan oleh pelaku IKM karena prosesnya sederhana dan tidak memerlukan alat khusus. “Dalam pemanfaatan teknologi tersebut, BBKB telah melakukan sinergi dengan berbagai pihak khususnya Dinas terkait, dengan memberikan pelatihan bagi pengrajin di beberapa daerah, antara lain Banyumas (Jawa Tengah), Sleman (D.I. Yogyakarta), Sampang (Jawa Timur). Sampai tahun 2017, BBKB telah melatih sebanyak 67 IKM,” pungkasnya.(Red/Rls)


Jakarta- Sejumlah produk industri manufaktur Indonesia diekspor secara direct call ke Amerika Serikat dengan menggunakan kapal kontainer berukuran besar. Direct call adalah sistem pelayaran langsung peti kemas dari pelabuhan domestik ke pelabuhan tujuan di luar negeri tanpa singgah di pelabuhan mana pun.

“Pengiriman ini bisa lebih cepat sampai sehingga akan mendorong peningkatan daya saing produk kita di Amerika Serikat,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto usai acara pelepasanekspor komoditas nonmigas Indonesia dari Jakarta menuju Los Angeles yang diresmikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo di Terminal Jakarta International Container Terminal (JICT), Selasa (15/5).

Pada kesempatan itu, turut mendampingi Presiden, yakni Menperin Airlangga, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita serta Direktur Utama Pelindo II Elvyn G. Masassya.

Airlangga menjelaskan, pengiriman komoditas melalui rute langsung tersebut dapat lebih efisien dan memangkas biaya logistik hingga 20 persen. “Jadi, lebih murah berkisar USD300 setiap kontainer, dibandingkan jika dengan perjalanan melalui Singapura,” ujarnya.

Selain itu, mampu menghemat waktu pengiriman barang. “Kalau lewat Singapura, shipping time-nya kira-kira sampai 31 hari. Sedangkan, dengan direct call ini hanya 23 hari sehingga membantu time to market lebih cepat,” imbuhnya.

Dari 32 industri manufaktur di dalam negeri yang terlibat dalam pengiriman via kapal raksasa tersebut, total nilai ekspornya mencapai USD11,98 Juta. Produk nonmigas ini meliputi alas kaki sebesar 50 persen, produk garmen (15 persen), produk karet, ban dan turunannya (10 persen), produk elektronik (10 persen), serta produk lainnya seperti kertas, ikan beku dan suku cadang kendaraan (15 persen).

Perusahaan pengekspor itu, antara lain Buma Apparel Industry, Nikomas Gemilang, Parkland World Indonesia, Mattel Indonesia, Dilmoni Citra Mebel Indonesia, Gajah Tunggal, Multistrada Arah Sarana, Indonesia Epson Industry, dan Samsung Electronics Indonesia. Selanjutnya, KomatsuUndercarriage Indonesia, Koyorad Jaya Indonesia, Maxindo Karya Anugerah, dan Indo Porcelain.

“Seluruhnya produk manufaktur, bukan komoditas mentah,” tegas Menperin. Ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk terus mengoptimalkan nilai tambah produk dalam negeri serta memacu devisa negara melalui peningkatan ekspor. Kegiatan ini menunjukkan pula bahwa iklim usaha di Indonesia berjalan baik yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Komoditas nonmigas yang diekspor tersebut diangkut menggunakan Kapal CMA CGM Tage, memiliki kapasitas mencapai 10.000 twenty-foot equivalent units (TEUs). Kapal berbobot sebesar 95.263 gross tonnage (GT) dan berukuran panjang hingga 300 meter ini merupakan satu dari beberapa kapal raksasa yang kini secara rutin berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

“Pengiriman sekarang ini sebanyak 4.300 TEUs. Ke depannya, kami akan terus dorong untuk semakin bertambah,” ucap Airlangga. Untuk itu, pemerintah tengah berupaya untuk membuat perjanjian dagang khusus dengan Amerika Serikat. “Karena, 40 persen muatan kapal tersebut masih kena bea masuk 10-20 persen,” lanjutnya.

Kerja sama bilateral

Menperin berharap, dengan adanya kerja sama bilateral, tarif bea masuk nantinya untuk komoditas ekspor Indonesia ke Amerika Serikat bisa dihapuskan atau nol persen. Pasalnya, ekspor Thailand dan Vietnam ke Negeri Paman Sam tersebut sudah nol persen.

“Tren perdagangan Indonesia dan Amerika Serikat, positif dan naik terus. Direct call akan didorong kalau ekonomi kedua negara bisa melakukan early harvest. Mereka produksi kapas dan gandum, dan bisa dibarter dengan produk sepatu ataupun tekstil kita,” paparnya.

Kementerian Perindustrian mencatat, neraca perdagangan RI dengan AS mengalami surplus pada dua tahun belakangan ini. Pada 2016, surplus sekitar USD8,47 miliar, sementara tahun 2017 surplus sebesar USD9,44 miliar. Khusus untuk ekspor, total nilai ekspor nonmigas mencapai USD15,68 miliar pada 2016, sedangkan di tahun 2017 meningkat menjadi USD17,14 miliar. D

Dengan adanya perjanjian perdagangan internasional, Menperin meyakini, akan membuat eksportir Indonesia mendapatkan peluang lebih besar untuk semakin memperkenalkan dan menjual produknya ke berbagai belahan dunia. “Upaya ini juga akan menjadi pemicu naiknya produktivitas dan kebutuhan tenaga kerja di sektor industri,” jelasnya.

Setelah Amerika Serikat, Menperin menambahkan, pihaknya bakal membidik pasar ekspor langsung dari Jakarta menuju Rotterdam, Belanda. “Karena, pintu ekspor kita di Eropa itu Rotterdam. Jadi, kalau kapal ini bisa direct lagi dari Jakarta, semakin bersaing biayanya,” ungkapnya.

Menurut Airlangga, salah satu komoditas nonmigas yang diutamakan untuk terus tembus ke pasar ekspor Eropa adalah minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO) dan produk turunannya. “Ini tergantung dari perkembangan produknya itu sendiri. Komoditas ini harapannya, seperti CPO, tidak lagi dihambat,” tegasnya.

Produk manufaktur lainnya, yakni tekstil dan produk tekstil serta alas kaki yang masih menjadi produk andalan nasional dalam era ekonomi digital. “Berdasarkan roadmap Making Indonesia 4.0, produk clothing dan sepatu yang akan fokus diprioritaskan pengembangannya pada revolusi industri keempat. Apalagi,  untuk daya saing produk alas kaki kita sudah masuk nomor enam di dunia, sehingga potensinya besar untuk perluasan pasar ekspor,” pungkasnya.

Pada triwulan I tahun 2018, industri tekstil dan pakaian merupakan salah satu sektor manufaktur yang kinerjanya di atas pertumbuhan ekonomi nasional, dengan mencapai 7,53 persen. Selain itu, terdapat industri mesin dan perlengkapan mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 14,98 persen.

Selanjutnya, industri makanan dan minuman tumbuh hingga 12,70 persen, industri logam dasar 9,94 persen, serta industri alat angkutan 6,33 persen. Pada kurtal pertama tahun ini, industri pengolahan nonmigas tercatat tumbuh sebesar 5,03 persen, naik dibanding periode yang sama tahun 2017 sekitar 4,80 persen.


SAWANG: Memasuki waktu malam pertama shalat teraweh berjamaah, ratusan warga pedalaman Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara terjebak banjir menyusul air sungai setempat yang meluap secara tiba-tiba hingga merendam rumah sekitarnya.

Informasi terjadinya banjir yang disertai hujan deras dan angin kencang itu diketahui pada pukul. 21.30 wib, Rabu (16/5) tadi,  setelah dihubungi salah seorang warga Desa Kubu Sayed yang ikut menjadi korban banjir.

Sayed mengatakan usai shalat Maghrib tadi,  warga Desa Kubu sedang bersiap-siap untuk melaksanakan shalat terawih malam pertama di bulan Ramadhan.

Akan tetapi, niat itu tak bisa terlaksana lantaran secara tiba-tiba hujan deras turun disertai air sungai Kecamatan Sawang yang sebelumnya dalam kondisi menyusut kering seperti alur,  justru kini mengalir deras dan meluap.


Akibat air sungai yang meluap menyebabkan terjadinya banjir yang merendam rumah penduduk sekitarnya khususnya di Desa Kubu.

Sayed mengatakan selama tiga jam air  sungai tak berhenti meluap hingga menimbulkan musibah banjir dengan air setinggi dada orang dewasa.

Sayed menjelaskan dalam keadaan darurat terpaksa melakukan upaya penyelamatan keluarga ke atas rumah dan memindahkan barang berharga.

" Kami kaget,  tiba-tiba air sungai yang jaraknya jauh dari rumah telah meluap.  Air sungai telah menjamah perkampungan dan merendam Desa Kubu," ujarnya.

Hal serupa diungkapkan,  Salah seorang warga Desa Kubu M. Saini mengatakan ikut kaget lantaran suasana tenang dalam bulan ramadhan telah diwarnai musibah banjir.


M. Saini yang berprofesi sebagai petani mengaku pinang belah hasil pertanian yang dijemurnya awalnya sempat dijemut didepan halaman rumah.

Namun setelah air sungai Sawang meluap hingga terjadi banjir ludes disapu air.

M. Saini mengaku rumah yang ditempatinya bersama keluarga ikut terendam air setinggi satu meter lebih tanpa bisa berbuat sesuatu.

Saini menegaskan hingga saat ini ratusan warga Desa Kubu  telah terjebak banjir dan hujan deras dan sedang menunggu adanya aksi relawan memberi pertolongan.

" Kami di Desa Kubu telah terjebak banjir dan semua rumah terendam air. Saya dan warga masih terjebak dan tidak mengetahui bagaimana kondisi warga di desa tetangga," paparnya.

Hingga berita ini diturunkan,  air sungai Sawang belum berhenti meluap dan banjir belum juga surut. (Red/ZA)

Riau - Aksi baku tembak terjadi di Mapolda Riau, Rabu pagi 16 Mei 2018. Kejadian ini menyebabkan tiga orang korban. Insiden tersebut diperkirakan terjadi sekitar pukul 09.20 WIB.

Menurut informasi yang dirangkum di lapangan, satu unit mobil Avanza datang dari jalan Gajah Mada, menuju pintu samping Mapolda Riau. Mobil tersebut datang melawan arus lalu lintas.

Setiba di tempat kejadian, terjadi aksi baku tembak. Polisi tiarap dan ada juga yang melarikan diri mencari tempat aman. Belum ada keterangan resmi dari pihak kepolisian. Namun menurut informasi di lapangan, kejadian ini menyebabkan tiga orang korban.

Dua pelaku dari mobil Avanza dikabarkan tewas, sedangkan satu lagi berhasil ditangkap.

"Tadi kejadiannya pagi. terdengar suara tembakan cukup keras," ujar Fahmi, salah seorang pegawai kantor gubernur Riau yang lokasinya berhadapan dengan Mapolda Riau.| Viva

Seorang oknum diduga pelaku teror diamankan kedalam sebuah mobil kepolisian Polda Riau. (Tribun-pekanbaru.com)
PEKANBARU - Markas Polda Riau (Mapolda) Riau tiba-tiba diserang sejumlah terduga teroris yang mengendarai sebuah mobil Avanza warna putih, Rabu (16/5/2018) sekitar pukul 09.00.

Mobil itu, dari laporan Doddy Vladimir, wartawan Tribunpekanbaru.com yang berada di lokasi kejadian, langsung menabrak pagar Mapolda Riau.

"Kejadiannya berlangsung cepat. Tiba-tiba turun orang mengenakan topeng langsung membacok anggota polisi yang ada di dekat lokasi kejadian," ungkap Doddy.

Akhirnya, polisi langsung melumpuhkan para pelaku dengan timah panas.

"Ada dua orang pelaku yang ditembak," ungkap Doddy.

Akibat kejadian itu, seorang kontributor televisi nasional mengalami luka-luka, karena saat itu ia berada di dekat pagar dan sedang mengambil visual Mapolda Riau.

Pagi itu jadwalnya ada pemusnahan barang bukti narkoba di halaman Mapolda Riau.

Akibat adanya serangan terduga teroris ini, wartawan pun jadi kocar-kacir.

"Diduga di mobil yang masih terparkir di halaman Mapolda Riau itu ada bom. Tim Gegana sudah turun," tambah Doddy. | Tribunpekanbaru.com

Pertemuan ini terjadi pada Mei 2018 ini (Foto: dok. Istimewa)
StatusAceh.Net - Impian Nyak Sandang (91) untuk berangkat ke Tanah Suci terwujud. Meski bukan haji, kakek penyumbang pembelian pesawat Indonesia pertama itu berkesempatan melaksanakan umrah. Di sana, dia juga bertemu dengan Habib Rizieq Syihab.

"Nyak Sandang berangkat umrah atas sedekah hamba Allah dari Semarang yang enggan disebutkan namanya. Dia berangkat Selasa 8 Mei lalu," kata Humas Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh Rahmat Aulia saat dihubungi detikcom, Selasa (15/5/2018).

Disela-sela melaksanakan ibadah umrah, Nyak Sandang sempat bertemu Habib Rizieq yang merupakan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI). Pertemuan itu berlangsung di kediaman Rizieq di Mekah, Arab Saudi sejak selesai salat Zuhur hingga selesai salat Asar.

Pertemuan itu difasilitasi Ketua FPI Aceh Tgk Muslim Attahiri. Kakek Sandang dalam pertemuan itu didampingi relawan ACT dan anaknya. Mereka berangkat ke kediaman Habib Rizieq dengan mobil Ustaz Yusran.

"Setiba di rumah HRS disambut dengan sangat hangat. Nyak Sandang pun sangat senang sekali bisa bertemu seorang ulama besar di tempat yang mulia," jelas Rahmat mengutip pernyataan relawan ACT yang ikut bersama Nyak Sandang.

Pertemuan hari itu diakhiri dengan salat Asar berjemaah yang diimami Habib Rizieq. Setelah itu, mereka berfoto bersama. "Nyak Sandang ini sangat diistimewakan, posisi duduk samping kanan HRS," ungkap Rahmat.

"Nyak Sandang juga mengajak HRS pulang ke Lamno Aceh Jaya (kampung halaman Nyak Sandang)," ungkapnya.

Baca di Sumber

StatusAceh.Net - Untuk pertama kalinya, terpidana di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam menjalani hukuman cambuk di dalam Lembaga Pemasyarakatan sesuai dengan Peraturan Gubernur Aceh yang dikeluarkan bulan lalu.

Toroziduhu Zebua, warga asal Kabupaten Nias Selatan, dihukum cambuk di Meulaboh, Selasa (15/05), setelah dinyatakan melanggar Qanun No.6/2014 terkait masalah khamar atau menjual maupun mengkonsumsi minuman keras.

Pertengahan April lalu, Pemrov Aceh bersama Kementerian Hukum dan HAM sepakat memindahkan lokasi hukuman cambuk dari tempat umum ke dalam kompleks penjara atau lembaga pemasyarakatan agar tertutup dari pandangan publik.

Keputusan itu sempat ditentang sejumlah warga dan sekitar sepekan setelah keluarnya keputusan, masih berlangsung hukuman cambuk di depan umum, persisnya di Masjid Jami Luengbata, Kecamatan Luengbata, Kota Banda Aceh, Jumat (20/04).

Namun pihak berwenang di Meulaboh, di Aceh barat, menjadi yang pertama di Aceh yang melakukan hukuman cambuk di dalam lapas.

"Hasil koordinasi kita dengan kepala lapas beberapa hari yang lalu, ternyata Lapas Meulaboh sudah siap melaksanakan hukuman cambuk, maka kita eksekusi hari ini (Selasa, 15 Mei)," jelas Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Nagan Raya, Sri Kuncoro, kepada para wartawan seperti dilaporkan Juanda untuk BBC News Indonesia.

"Terpidananya satu orang menyangkut kasus khamar. Dia menjadi terpidana di Mahkamah Syariah (dengan hukuman) sebanyak 50 kali cambuk, setelah dikompes (dikompensasikan) dengan masa tahanan yang telah dijalaninya 129 hari, maka dia menerima cambuk sebanyak 45 kali."

Sri Kuncoro menegaskan bahwa eksekusi cambuk pada prinsipnya masih dilakukan secara terbuka namun lokasinya saja di dalam komplek lapas.

"Masyarakat yang ingin menyaksikan prosesi cambuk diperbolehkan. Teman-teman wartawan juga tidak kita hambat, silakan meliput kegiatan ini," tuturnya.

Namun anak-anak tetap dilarang untuk menyaksikannya, berbeda dengan di tempat umum yang bisa disaksikan anak-anak.

Saat mengumumkan peraturan hukuman cambuk di dalam lapas, Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, mengatakan alasannya adalah agar investasi di Provinsi Aceh tidak terganggu.

"Agar investor tidak fobia untuk menanam saham di Aceh. Ini juga dapat membantu peningkatan dan laju ekonomi di sini," kata Irwandi Yusuf pada 12 April lalu.

Bagaimanapun eksekusi cambuk pertama di lapas ini baru disaksikan oleh para pejabat pemerintah setempat, wartawan, dan sejumlah tahanan maupun napi walau lain kali bisa disaksikan oleh masayrakat umum sesuai dengan peraturan.

Kalapas kelas II B Meulaboh, Jumadi, menjelaskan sudah tempat khusus untuk khalayak ramai sejauh 10-12 meter dari panggung."Cuma kenapa hari ini masih terkesan masih tertutup karena ini pertama kali," jelasnya. | BBC

Kapolres Lhokseumawe, AKBP Ari Lasta Irawan didampingi Kabag Ops Kompol Ahzan dan Kasat Reskrim AKP Budi Nasuha saat konferensi pers kasus BK. Foto portalsatu.com
Lhokseumawe - Tim Siber Polres Lhokseumawe menangkap BK (48) yang menjabat sebagai Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Kota Lhokseumawe terkait kasus dugaan penyebaran ujaran kebencian, Selasa, 15 Mei 2018.

Kapolres Lhokseumawe, AKBP Ari Lasta Irawan, mengatakan, tersangka BK melakukan ujaran kebencian terhadap pemerintah dan kepolisian melalui media sosial Facebook dengan nama akun Bukhari Syamruh dan Bukhari Sr. Menurut Ari, pihaknya menangkap tersangka dengan cara memancing BK datang ke Polres Lhokseumawe.

"Tersangka telah melakukan ujaran kebencian yang ditujukan kepada pemerintah maupun Kepolisian Republik Indonesia. Setelah (mengetahui hal) itu kita lakukan penyelidikan dan menggelar perkara kecil. Namun, kita mengkonfirmasi terlebih dahulu kepada ahli, serta mengklarifikasi kepada yang bersangkutan, dan ternyata itu benar dilakukan tersangka," kata Kapolres Lhokseumawe, AKBP Ari Lasta Irawan, saat konferensi pers di Mapolres setempat, Selasa usai siang.

Didampingi Kabag Ops Kompol Ahzan dan Kasat Reskrim AKP Budi Nasuha Waruwu, Kapolres Ari, tersangka BK dijerat dengan Undang-Undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

"Aktivitas tersangka dengan menggugah ujaran kebencian itu dimulai sejak Januari 2017 lalu hingga sekarang," ungkap Ari.

Menurut Ari, barang bukti yang diamankan berupa hasil print out screen shoot, “tulisan yang menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat, dari akun Facebook Bukhari Syamruh”.| Portalsatu

Lhoksukon - Tim Independen Penjaringan dan Penyaringan Calon Komisi Independen Pemilihan telah mengumumkan 30 Peserta Calon Anggota KIP yang dinyatakan lulus Tes Tertulis yang dilaksanakan pada 13 Mei lalu. 

Pemahaman dan pengetahuan tentang kepemiluan semua peserta tidak jauh  berbeda. Nilai mereka rata-rata dibawah abang batas. 

Padahal sejak pendaftaran dibuka telah di ingatkan melalui media massa bahwa kisi-kisi dan subtansi ujian merujuk regulasi yang ada, yaitu; Qanun No.6/2016, UU No.7/2017, PKPU No. 1/2018, juga UUD 45, MoU Helsinkk dan UU Pemerintaan Aceh.

Adapun nama-nama yang lulus Tes Ujian Tulis ini adalah; Abdullah, SH, Agustiar A.Md, Aidil Saputra, SH, Asyari ST, Azhari, SE, Chairul Muklis, Cut Sinta Dewi, S,Pd.I, Dedy Saputra, M.Ag, Drs.H Azali Fuazi, Faisal, SE, M.Si.Ak, Fauzan Novi, S.Pd, Fauzi SH, Ismunazar SE, Israyuddin SH, dan Martunis S.Kep.

Selanjutnya Muhammad Nasrullah SPd, Muhammad Sayuni SKep, MKes, Muhammad Usma SPd I, Muhammad Yanis SE, Muhibbuddin SIAN, Munzir SKM, Nurjubah SE, Safwani SH, Sanusi, Shadli SH, Sugito, Tasrizal, SH.I, Zainal Abidin Badar SH, MHum, Zulfikar SH, Zulva Zainuddin, SH I.

Diantara yang lulus tersebut terdiri dari latarbelakang Akademisi (Guru), Penyelenggara Pemilu, Wartawan(Jurnalis), PNS dan Umum.

Ketua Tim Taufik Abdullah, M.A mengatakan dirinya sangat berharap partisipasi masyarakat Aceh Utara untuk segera memberi masukan terhadap rekam jejak para Peserta Calon yang telah lulus ini, agar tim bisa memahami dan mempertimbangkan calon yang nantinya layak masuk 15 besar untuk diserahkan ke DPRK. Masukkan dapat diantar langsung ke Sekretariat Tim Independen Penjaringan dan Penyaringan Calon Anggota KIP atau juga boleh melalui email pansel.acut2018@gmail.com.

Bagi peserta yang Lulus Tes Tertulis tersebut diatas harap segera melampirkan Surat Bebas Narkoba dari BNN paling telat Tim telah menerima surat tersebut sebelum Tes Penelusuran Psikologi dan Uji Baca Alquran yang akan kita laksanakan pada tanggal 24 Mei 2018.

Bagi peserta juga disyaratkan untuk membuat makalah maksimal 6 halaman beserta Slide Presentasi dengan tema "Tantangan Bagi Penyelenggara Pemilu", makalah tersebut diserahkan sebelum Tes Wawancara tanggal 28 Mei 2018.(Rill)

Banda Aceh - Pemerintah Aceh tidak pernah mengedarkan kupon pembagian daging meugang kepada masyarakat. Hal tersebut ditegaskan Juru Bicara Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani  (SAG) dan Wiratmadinata di depan sejumlah warga yang berkumpul di depan Rumah Dinas Wakil Gubernur di kawasan Blang Padang untuk meminta daging meugang, Selasa (15/5).

"Para suami di Aceh memiliki kebiasaan kesadaran mempersiapkan daging meugang jauh-jauh hari untuk keluarganya. Kemampuan membawa daging di hari meugang dari hasil keringatnya sendiri merupakan suatu kebanggaan  bagi orangtua Aceh,” ujar Wiratmadinata.

Pemerintah Aceh, lanjut Wiratmadinata,  telah memiliki mekanisme adat budaya yang selama ini berfungsi cukup baik di level gampong dimana sistim santunan sosial berjalan dengan cukup baik.

"Sekali lagi kita tegaskan, apabila ada sekelompok masyarakat yang merasa bahwa dalam beberapa hari ini menerima kupon maka itu adalah tindakan pihak lain yang berniat mengadu domba pemerintah dengan masyarakat," tegas Wiratmadinata.

Wira melanjutkan, Pemerintah Aceh dalam program pengentasan kemiskinan sejauh mungkin menghindari tindakan bagi-bagi uang atau barang kepada masyarakat, tetapi lebih mengutamakan tindakan pemberdayaan, meski butuh waktu agak lama dan bertahap.(Rill)

Jakarta - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto memberikan pengarahan kepada 280 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Perindustrian yang telah dinyatakan lulus seleksi pada tahun 2017. Para CPNS ini mulai bekerja di Kemenperin pada 1 Januari 2018. Dalam arahannya, Menperin meminta mereka yang mayoritas adalah generasi muda agar mampu menguasai teknologi digital sebaik mungkin dalam menghadapi era revolusi industri generasi keempat.

“Pemerintah tengah melakukan transformasi industri menuju ke arah digital atau yang biasa disebut industri 4.0. Adapun untuk menuju industri 4.0 perlu penguasaan teknologi yang baik,” kata Airlangga pada acara Inspiring Lecture dengan tema “Birokrasi Berkelas Dunia Menghadapi Tantangan Industri 4.0” di Kemenperin, Jakarta, Senin (14/5).

Menurutnya, aparatur sipil negara (ASN) tersebut berperan penting mendorong peningkatan daya saing industri nasional supaya semakin kompetitif di kancah global. “Mereka yang akan membawa kita di periode tahun 2020-2030. Semoga bisa membawa Indonesia keluar dari middle income trap tahun 2030 dan mampu menuju menjadi negara ekonomi terkuat nomor 4 di dunia,” tutur Menperin.

Bahkan, lanjut Airlangga, para CPNS ini juga diharapkan bisa dilibatkan dalam membuat suatu regulasi di bidang digital. “Apalagi, semakin hari, digital terus berkembang pesat, sehingga kita perlu fokus untuk pengembangan industri berbasis teknologi,” ujarnya.

Salah satu contohnya, para ASN bisa menciptakan regulasi yang mengatur tentang teknologi blockchain atau sebuah mekanisme algoritma yang salah satu kegunaannya adalah untuk mekanisme pembayaran atau disebut cryptocurrency. “Karena hal ini penting untuk bisa mencegah sesuatu yang tidak diinginkan, misalnya dana itu terinvestasikan ke cryptocurrency dengan risiko yang tidak baik, seperti ponzy scheme,” ungkap Airlangga.

Dicontohkan pula oleh Menperin mengenai aturan industri e-commerce yang semakin hari juga perkembangannya sangat pesat. Regulasi ini diharapkan dapat memacu pengembangan industri e-commerce di dalam negeri serta dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dengan adanya aturan tersebut. “Yang perlu difokuskan di antaranya adalah soal pengiriman, karena harus dipastikan sampai dan sesuai,” imbuhnya.

Kemudian, Kemenperin pun tengah mendorong pembangunan infrastruktur digital seperti peningkatan jaringan internet menjadi 5G untuk kawasan industri. “Industri 4.0 membutuhkan kecepatan data hingga 5G. Ini sebagai salah satu upaya mendukung implementasi industri 4.0,” jelas Menperin.

Airlangga juga menyebut, perlu sebuah pelatihan organisasi untuk memperkuat kualitas dan integritas para ASN di lingkungan Kemenperin, sehingga mereka nanti bisa lebih dekat dengan pelaku industri tetapi tetap berada di dalam koridor. “Termasuk memperkuat di bidang vokasi,” tegasnya.

Terlebih lagi, Kemenperin menjadi leading sector dalam pelaksanaan program pendidikan dan pelatihan vokasi. “Kami telah menyelaraskan kurikulum sebanyak 34 kompetensi keahlian, menambah fasilitas, dan membantu peralatan,” ujarnya
Sekjen Kemenperin Haris Munandar menyampaikan, terdapat 280 CPNS yang berhasil lulus, di antaranya meliputi 132 orang CPNS laki-laki dan 148 orang CPNS perempuan. Menurutnya, pembangunan sumber daya manusia (SDM) merupakan fokus pemerintah saat ini berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), termasuk dalam pengembangan kompetensi ASN.

“Untuk itu, CPNS Kemenperin diharapkan menjadi aparatur yang dapat berpikir logis, profesional dan berintegritas, CPNS yang memahami arah kebijakan pengembangan industri nasional, serta CPNS yang siap menjalani tantangan Revolusi Industri 4.0 sesuai dengan konsepsi Road Map Making Indonesia 4.0,” paparnya.

Melawan aksi terorisme

Pada kesempatan tersebut, Airlangga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama melawan aksi terorisme. Namun, masyarakat khususnya pelaku industri, tidak perlu panik dan takut karena akan berdampak pada iklim investasi di Indonesia.

“Para pelaku industri di Indonesia harus berpegangan tangan untuk bersama-sama melawan aksi terorisme yang terjadi. Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan terus melakukan aktivitas ekonomi dan juga ekspansi,” tuturnya.

Menurut Airlangga, para pelaku teror sengaja melakukan aksi tersebut untuk menciptakan suasana tidak kondusif, sehingga bisa memengaruhi perekonomian Indonesia. “Pelaku bom itu tak menghayati nilai-nilai luhur agama Islam. Itu tindakan yang sangat memalukan karena agama Islam ini kan rahmatan lil alamin. Peristiwa ini juga telah mendegradasi ajaran agama maupun rasa kemanusiaan,” ungkapnya.

Menperin mendorong sektor industri tetap beroperasi seperti biasa, meski telah terjadi aksi terorisme yang menelan korban jiwa. “Kami terus meyakinkan kepercayaan investor dan kalangan industri akan tetap ada dan pemulihan keamanan masih menjadi prioritas pemerintah,” tegasnya.

Usai rangkaian teror di Jawa Timur, Airlangga memastikan komitmen investor terutama sektor industri akan tetap berjalan seperti biasa. “Kami menyesalkan dan mengecam kejadian ledakan bom di beberapa lokasi di Surabaya, mengingat daerah ini merupakan kota industri dan bisnis,” ujarnya.

Menperin pun memastikan, ledakan bom yang terjadi tidak akan memengaruhi komitmen investasi sektor industri di Indonesia. Sekalipun saat ini ekonomi Indonesia tengah diterpa persoalan nilai tukar dan stabilitas keamanan, namun pemerintah yakin komitmen investor tetap akan berjalan normal. “Jadi kita tak boleh mentoleransi kegiatan teror yang sifatnya mendisrupsi perekonomian kita. Jadi ini kita harus lawan,” imbuhnya.

Airlangga optimistis kegiatan perekonomian harus terus berjalan untuk melawan terorisme yang sama sekali tidak dapat ditoleransi. Hal ini diharapkan akan menjaga stabilitas jangka panjang dan kepercayaan investor pada keamanan dalam negeri menjadi fokus yang terus diupayakan pemerintah.(Rill)

Washington DC - Gedung Putih menyalahkan kelompok militan Hamas yang menguasai Gaza atas bentrokan yang menewaskan 58 warga Palestina. Gedung Putih menyebut upaya propaganda Hamas telah memicu bentrokan maut di perbatasan Gaza.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (15/5/2018), juru bicara Gedung Putih, Raj Shah, menuding para pemimpin Hamas melakukan 'upaya propaganda mengerikan dan sangat disayangkan' yang memicu bentrokan di Gaza, saat AS sedang membuka Kedutaan Besar (Kedubes) yang baru di Yerusalem.

Pemindahan Kedubes AS dari Tel Aviv ke Yerusalem menjadi langkah yang memicu kemarahan warga Palestina.

Berbicara kepada wartawan di Gedung Putih, Shah juga menyatakan AS menolak bergabung dengan negara-negara lainnya, termasuk Prancis dan Inggris, dalam menyerukan Israel untuk lebih menahan diri saat menangani unjuk rasa warga Palestina.

Gedung Putih malah menegaskan posisi pemerintahan Presiden Donald Trump yakni Israel memiliki hak untuk mempertahankan diri, saat menanggapi bentrokan di perbatasan Gaza dan Israel.

"Tanggung jawab untuk kematian tragis ini ditanggung langsung oleh Hamas," sebut Shah. "Hamas secara sengaja dan dengan sinis memprovokasi respons ini," imbuhnya.

Hari Senin (14/5) kemarin tercatat sebagai hari paling berdarah bagi warga Palestina sejak tahun 2014. Kementerian Kesehatan Palestina juga menyebut sedikitnya 58 demonstran Palestina tewas dan sekitar 2.700 orang lainnya luka-luka, akibat terkena peluru sungguhan dan gas air mata.

Bentrokan terjadi di Gaza saat aksi warga Palestina memprotes pembukaan Kedubes AS di Yerusalem dan memperingati 'Nakba' atau 'malapetaka' ketika ratusan ribu warga Palestina terusir dari rumah-rumah mereka pada tahun 1948.

Militer Israel dalam pernyataannya menyebut pihaknya menanggapi aksi kekerasan dari demonstran untuk mempertahankan perbatasan Israel. Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, menyebut tindakan tegas Israel merupakan pertahanan diri dalam melawan Hamas. | Reuture | dtk

Sekelompok warga Palestina membawa seorang pengunjuk rasa yang terluka selama bentrokan dengan pasukan Israel di dekat perbatasan antara Israel dan Jalur Gaza. Foto/Istimewa
GAZA - Pejabat kesehatan mengatakan pasukan Israel membunuh 58 warga Palestina di pagar perbatasan dengan Gaza. Jumlah ini dua kali lipat jumlah warga Palestina yang tewas selama enam minggu aksi demonstrasi, "Kembali ke Tanah Kelahiran," dan terjadi bertepatan dengan pembukaan Kedutaan Besar AS di Yerusalem.

Puluhan ribu warga Palestina berkumpul di pinggiran wilayah perbatasan yang dipagari dari pagi hari. Banyak yang datang untuk berdemonstrasi secara damai, membawa anak-anak mereka, membawa bendera. Warung makanan menjual makanan ringan dan musik meraung.

Namun unjuk rasa itu tampaknya memiliki sisi yang lebih keras daripada minggu-minggu sebelumnya. Beberapa pria muda membawa pisau dan pemotong pagar. Di sebuah tempat berkumpul di timur Kota Gaza, penyelenggara mendesak para pengunjuk rasa di atas pengeras suara untuk menerobos pagar, mengatakan kepada mereka bahwa tentara Israel melarikan diri dari posisi mereka, bahkan saat mereka memperkuat diri.

Penembak jitu Israel bertekad untuk tidak membiarkan terjadinya pelanggaran, dan ambulans segera mulai bolak-balik dari pagar, ketika suara tembakan terdengar di kerumunan. Namun, tidak ada tentara Israel yang terluka. Israel pun menuai kecaman luas karena penggunaan kekuatan yang berlebihan.

Menurut kementerian kesehatan Palestina di Gaza lebih dari 2.700 orang terluka, termasuk 1.359 yang terluka akibat penggunaan amunisi hidup.

"Korban tewas termasuk enam anak di bawah usia 18 tahun, di antaranya seorang gadis berusia 15 tahun, dan seorang dokter," kata kementerian itu seperti dikutip dari Washington Post, Selasa (15/5/2018).

Di rumah sakit utama Al-Shifaa di Gaza City, petugas medis mengatakan mereka kewalahan.

"Saya tidak tahu bagaimana kami akan mengaturnya," kata Ayman al-Sahbani, kepala departemen darurat, ketika keluarga-keluarga berdesakan untuk masuk dan melihat kerabat yang terluka. “Berapa lama ini bisa berlangsung? Berapa lama?"

Rumah sakit telah menyiapkan area triase 30 tempat tidur tambahan baru di luar, dan sebelumnya pada hari itu mengatakan itu memiliki kapasitas untuk mengobati 200 atau 300 luka tembak serius. Rumah sakit itu telah menerima sekitar 400 orang terluka sekitar pukul 6 sore, dan sebagian besar dari mereka ditembak.

"Kami telah mencapai titik kritis sekarang. Banyak orang membutuhkan operasi segera, tetapi ruang operasi penuh," katanya.

PBB mengatakan bahwa mereka yang bertanggung jawab atas pelanggaran HAM yang keterlaluan harus dimintai pertanggungjawaban. Human Rights Watch menggambarkan pembunuhan itu sebagai pertumpahan darah. Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas mengutuk "pembantaian" terus menerus terhadap rakyat Palestina. Sementara Turki dan Afrika Selatan mengumumkan bahwa mereka menarik duta besar mereka dari Israel.

Suara berbeda datang dari pemerintahan Trump yang menyalahkan Hamas atas insiden tersebut.

Administrasi Trump, bagaimanapun, menyalahkan Hamas karena kehilangan nyawa.

"Tanggung jawab atas kematian tragis ini tepat terletak pada Hamas," wakil sekretaris pers Gedung Putih, Raj Shah mengatakan kepada wartawan pada sebuah pengarahan. "Israel memiliki hak untuk membela diri," imbuhnya.

Hamas sendiri telah memberikan dukungannya terhadap demonstrasi, yang membangkitkan orang-orang sekitar dengan seruah untuk memprotes hilangnya rumah dan desa Palestina ketika Israel dibentuk pada 1948.

Palestina memperingati hari itu - yang dikenal sebagai "nakba" atau "malapetaka" - pada hari ini. Rencana akan ada aksi demonstrasi yang lebih besar. Lebih dari dua pertiga penduduk Gaza berasal dari pengungsi yang mengungsi pada saat berdirinya Israel.

Pemimpin Hamas Ismail Haniya dipanggil ke Kairo pada Minggu malam dalam upaya nyata untuk membujuk kelompok militan itu untuk memadamkan demonstrasi. Namun menurut juru bicara Hamas, Taher al-Nounou, tidak ada kesepakatan yang terjadi saat ikut aksi protes.

“Mereka mengerti poin kami. Orang-orang kami menunjukkan solidaritas mereka dengan Yerusalem hari ini, dan menunjukkan kemarahan mereka kepada pemerintah AS,” katanya.

Kementerian Dalam Negeri Hamas mengatakan tujuh anggotanya tewas, termasuk seorang petugas medis dari pertahanan sipil, dua staf keamanan internal, dan pejabat intelijen militer. Sementara Kementerian Kesehatan mengatakan setidaknya 12 wartawan terluka.

Dalam konferensi pers saat malam tiba, pejabat senior Hamas Khalil al-Hayaa, mengatakan protes akan terus berlanjut.

"Darah ini akan terus mendidih sampai pendudukan pergi selamanya," katanya.

Menurut Kementerian Kesehatan setidaknya 110 warga Gaza telah tewas selama enam minggu terakhir. Pada demonstrasi di timur Gaza, beberapa mengatakan aksi kekerasan yang dilakukan oleh Israel hanya akan membawa kerusuhan lebih lanjut. | Sindo

StatusAceh.Net - Koalisi Masyarakat Sipil Aceh untuk Perbaikan Tata Kelola Hutan dan Lahan yang bekerja pada isu lingkungan dan masyarakat adat, menemui Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, di Banda Aceh, Kamis (10/05/2018). Dihadapan gubernur, mereka menyampaikan beberapa catatan kritis kondisi lingkungan Aceh saat ini.

Mustiqal Syahputra, Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Banda Aceh saat membacakan catatan itu mengatakan, semua aspek harus bersinergi guna mencapai kesejahteraan masyarakat berkelanjutan. Caranya adalah dengan memperbaiki pengelolaan sumber daya alam serta tata kelola hutan dan lahan di Aceh.

“Prinsip ini menegaskan pentingnya pendekatan multipihak, baik pemerintah maupun organisasi masyarakat sipil dan masyarakat. Dengan begitu, semua kebijakan yang diambil benar-benar mengakomodir kepentingan semua pihak secara optimal,” ujarnya.

Mustiqal menambahkan, koalisi ini terdiri dari beberapa lembaga seperti WALHI Aceh, MaTA, GERAK Aceh, JKMA, LBH Banda Aceh, HAkA, BYTRA dan Forum LSM Aceh. Semua lembaga ini, sejak 2016, mendorong perbaikan pengelolaan sumber daya alam.

Berdasarkan catatan koalisi, masih banyak kasus lingkungan hidup terutama tata kelola hutan dan lahan yang belum terselesaikan. Dampaknya, selain hutan dan lahan rusak, wilayah kelola rakyat juga hilang dan kriminalisasi warga terjadi.

“Pertambangan ilegal, sengketa lahan, pencemaran limbah oleh industri kelapa sawit dan batubara, lemahnya transparansi perizinan sektor hutan dan lahan, lambannya implementasi wilayah kelola rakyat dan penetapan hutan adat adalah sejumlah persoalan yang masih mencuat saat ini,” jelasnya.

Baca Selanjutnya

Banda Aceh - Jumlah kunjungan wisatawan ke Aceh terus meningkat dari setiap tahun. Melihat angka tahun 2017, terdapat peningkatan mencapai 2.9 juta orang, terdiri 2.8 juta wisatawan nusantara dan 78 ribu wisatawan mancanegara.

“Jumlah itu meningkat dibandingkan tahun 2016, yaitu 2.1 juta orang, terdiri dari 2.0 juta wisnus dan 76 ribu wisman. Angka ini diprediksi terus meningkat, dan tahun ini kita menargetkan angka kunjungan wisman mencapai 100.000 orang,” Ujar Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah saat menyampaikan sambutan pada kegiatan Launching Calander of Event (CEO) Aceh 2018 di Jakarta, Senin malam 14 Mei 2018.

Wakil gubernur menambahkan, industri pariwisata Aceh juga semakin berkembang. Hal ini terbukti dengan semakin membaiknya branding wisata Aceh di mata wisatawan, semakin banyak ragam paket wisata sesuai keunikan daerah, dan semakin tinggi minat masyarakat untuk terlibat dalam industri pariwisata.

Selain itu, atraksi wisata yang digelar hampir di seluruh Aceh juga terus meningkat, demikian juga destinasi wisata baru dengan berbagai sarana dan prasarana pendukung, ditambah lagi dengan semakin viralnya pesona wisata Aceh di berbagai dunia maya.

Sejalan dengan itu, promosi pariwisata akan terus dilakukan dengan tetap mengedepankan prinsip pelestarian lingkungan, penguatan nilai-nilai budaya Aceh yang Islami, dan semangat branding wisata Aceh “The Light of Aceh.”

Dengan meluncurkan “Calendar of Event Aceh 2018” juga menjadi kesungguhan pemerintah Aceh dalam rangka mendukung Program Pemerintah untuk mencapai 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia tahun 2019. “Kami bangga menjadi bagian dalam pencapaian ini,” ujar Wakil Gubernur.

Dalam kalender even 2018, lebih dari 100 atraksi wisata berbasis alam dan budaya, serta berkarakter daerah, yang telah dikurasi dan dirangkum dalam Calendar of Event Aceh 2018 yang siap digelar sepanjang tahun 2018 dengan tema “Aceh Hebat melalui Ragam Pesona Wisata”.  Beberapa event besar yang masuk kategori Atraksi Top Aceh 2018, antara lain: Aceh International Marathon, Pekan Kebudayaan Aceh VII, Gayo Alas Mountain International Festival, Tour de Leuser, Aceh Freediving, dan Aceh Surfing Championship; serta dua event lainnya yang berhasil masuk dalam 100 Top Event Nasional: Aceh Culinary Festival dan Aceh International Rapa’i Festival.

Serangkaian even ini diharapkan, tidak hanya mampu menarik kunjungan wisatawan ke Aceh, tetapi juga mampu membangun semangat entrepreneurship bagi pelaku industri pariwisata di daerah. “Untuk itu pada kesempatan ini Kami menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak, khususnya kepada Bapak Menteri Pariwisata RI dan jajarannya, yang selalu mendukung kemajuan industri pariwisata Aceh, salah satunya dukungan launching “Calendar of Event Aceh 2018,” ujar wakil gubernur.

Dalam kesempatan tersebut, Nova Iriansyah juga meminta Menteri Pariwisata RI dan jajarannya untuk hadir pada berbagai even atraksi wisata Aceh, khususnya pada Aceh International Marathon tanggal 29 Juli 2018 di Kota Sabang dan Aceh International Rapa’i Festival tanggal 4 s.d 7 November 2018 di Kota Lhokseumawe, sekaligus mendukung sepenuhnya industri pariwisata Aceh yang sedang giat-giatnya kita branding-kan dan promosikan bersama.

Sementara itu Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengatakan dari 100 even yang masuk kalender even Aceh, dipilihlah 9 top even. Dua diantaranya masuk dalam Calender of Even Nasional, yaitu Aceh Rapa’i Festival dan l Aceh Culinary Festival.

Arief Yahya menambahkan, secara geografis, Aceh dalam hal ini Sabang seharusnya lebih pantas disebut gerbang wisata bahari karena berbatasan dengan negara-negara lain seperti India, Malaysia, Thailand dan lain sebagainya. “Jadi sebenarnya Aceh lebih dekat ke pasar wisatawan dibandingkan Lombok. Posisi strategis Aceh harus dimanfaatkan, karena lebih dekat. Saran saya kita manfaatkan posisi strategi tersebut untuk meraih wisatawan ke Aceh,”

Menurut Arief Yahya, Aceh sangat menarik di bulan Ramadhan, orang lain sangat ingin ke Aceh untuk melihat bagaimana Ramadhan di Aceh, “Saya yakin itu,” ujarnya. Ia juga meminta kepada pemerintah Aceh agar terus menarik kunjungan wisatawan mancanegara.(Rill)

Aparat kepolisian bersenjata lengkap melakukan penjagaan saat Tim Gegana menyisir Gereja Santa Anna Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (14/5). Area gereja disterilkan menyusul teror bom melalui telepon gelap di gereja itu. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Jakarta - Polisi meringkus pelaku penyebar isu teror bom di Gereja Santa Anna, Duren Sawit, Jakarta Timur.

"Iya sudah (ditangkap)," tutur Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Tony Surya Putra saat dikonfirmasi, Selasa (15/5/2018).

Tony menyebut, pelaku kini masih diperiksa intensif. Hanya saja, dia masih enggan merinci identitas berikut kronologi penangkapan tersebut.

"Masih kami dalami," jelas dia.

Ancaman bom dikabarkan terjadi di Gereja Santa Anna Duren Sawit, Jakarta Timur pada Senin 14 Mei 2018.

Namun, setelah Tim Gegana menyisir Gereja Santa Anna Duren Sawit, polisi tidak menemukan adanya tas mencurigakan yang dikabarkan berisi bom.

"Sudah sisir tapi belum ketemu ranselnya. Sudah dari tadi disisir sudah mau selesai, aman nihil benda atau tas yang dilempar ke halaman," ujar Kapolres Jakarta Timur Kombes Tony Surya Putra.

Sebelumnya, sekitar pukul 08.00 WIB, petugas Polsek Duren Sawit mendapat panggilan dari orang yang mengaku dari pihak gereja, bahwa ada sebuah mobil yang pengendaranya melemparkan benda mencurigakan ke rumah ibadah itu.

Saat mengarah ke lokasi pun petugas Polsek Duren Sawit kembali menerima telepon dari orang yang mengaku polisi dan mengabarkan hal serupa. Namun setelah dikonfirmasi ke pihak gereja dan pihak kepolisian, tidak ada yang melakukan panggilan tersebut.| liputan6.com

Jakarta - Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air. Pelawak senior anggota Srimulat, Gogon Margono Srimulat meninggal dunia pada dini hari ini, Selasa 15 Mei 2018.

Teman sejawatnya, Pelawak Kadir masih sempat satu acara sebelum Gogon meninggal dunia. Keduanya manggung di Lampung, Senin kemarin, 14 Mei 2018. Kadir pun menggambarkan bagaimana keadaan Gogon saat itu.

"Kemarin itu, main sama saya di Lampung. Tetapi, ya gitulah napasnya sudah berat banget," ujar Kadir, saat dihubungi melalui telepon, Selasa 15 Mei 2018.

Kadir juga melihat ada yang beda dari kondisi Gogon saat itu. Gogon yang biasanya riang, kini tak terlihat lagi. Ia lebih banyak berdiam diri, dengan kondisi yang tak lagi prima.

"Sudah lemas. diam aja gitu. Biasanya kan, bercanda terus sama saya, ngobrol. Sudah kayak blank dan pucat banget. Mukanya bengkak-bengkak," kata Kadir.

Gogon memang lebih dari satu tahun mengidap penyakit jantung. Rekan-rekan di Srimulat, sudah berulang kali mengingatkan untuk berobat namun tak digubrisnya.

"Enggak ngerti, karena takut atau apa. Pokoknya, ndak mau aja dia (dioperasi jantung)," ucapnya.(Viva)

Militan ISIS memperlihatkan sistem pertahanan udara.
StatusAceh.Net - Kepala Dinas Intelijen Rahasia Inggris MI5 memperingatkan bahwa kelompok ekstremis ISIS akan melakukan serangan yang menghancurkan dan lebih kompleks di Eropa. Niat itu disampaikan setelah mereka kehilangan wilayah kekuasaannya di Timur Tengah.

Direktur MI5 Andrew Parker akan membuat peringatan tersebut pada pertemuan kepala keamanan Eropa di Berlin, Jerman. Parker mengungkapkan sejak 2017 lalu, MI5 berhasil menghentikan 12 ancaman teror di Inggris sejak serangan yang terjadi di Westminster.

Pernyataan Parker juga dikeluarkan setelah akhir pekan lalu seorang pejalan kaki dan empat lainnya mengalami luka-luka akibat serangan penusukan di Paris. Serangan itu telah diklaim oleh ISIS.

Pada Desember 2017, Parker melaporkan ada sembilan serangan teroris yang berhasil dicegah oleh dinas keamanan dan polisi. Hingga kini, total serangan di Inggris menjadi 25 kasus sejak tahun 2013.

"Saya yakin tentang kemampuan kita untuk mengatasi ancaman ini. Karena kekuatan dan ketahanan sistem demokrasi kita, ketahanan masyarakat dan nilai-nilai yang kita bagi bersama dengan mitra di Eropa dan kawasan lainnya," kata Parker, dikutip dari The Guardian, Senin, 14 Mei 2018. |
The Guardian

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu. foto ANTARA
Jakarta - Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Ryamizard Ryacudu mengatakan, semakin semaraknya aksi yang dilakukan teroris beberapa hari terakhir ini, muncul akibat dari perpecahan di antara masyarakat yang terus tercipta.

Dia mengatakan, dari perpecahan di antara masyarakat tersebut, terutama yang dipicu dari persoalan politik yang tidak berkesudahan, membuka ruang untuk teroris masuk memanfaatkan ruang perpecahan itu.

"Cukuplah ini jadi pelajaran pahit kita. Ini, karena kita enggak bersatu. Makanya, masuk lain-lain. Masa satu bangsa satu nusa enggak bisa bersatu," ucapnya, saat ditemui di Jakarta, Senin 14 Mei 2018.

Menhan juga mengatakan, kekuatan persatuan seluruh masyarakat itu merupakan cara utama dalam menghadapi teroris, sehingga diharapkan agar semua pihak dapat bersatu memberantas terorisme tanpa harus bergantung pada kekuatan bersenjata.

"Kalau menangani teroris dengan kekuatan senjata, hanya satu persen. 99 persennya dari rakyat. Jadi, harus bersama-sama dengan rakyat. Hanya pakai senjata, diketawain orang," tegasnya.

Karena itu, dia mengimbau, seluruh lapisan rakyat Indonesia, baik dari politisi, aparat keamanan, maupun masyarakat umum terus memperkuat persatuan, guna menguatkan keamanan bangsa dari ancaman nyata sebagaimana persoalan terorisme tersebut.

"Harus bersama-sama bersatu. Kemudian orang-orang politik itu bersatu, jangan gara-gara pemilu pecah-pecahan, gontok-gontokan. Jadi, jangan begitu. Biarkan saja, pemilu jalan apa adanya. Tetapi, kalau di sana macam-macam pakai uang, pakai apa, enggak demokrasi itu. Rakyat milih apa, ya itu jangan diantar macam-macam. Yang kalah harus legowo. Salaman, bilang selamat bung," ungkapnya. | Viva

Keterangan foto : Sambutan Kasi Humas Kementerian Perindustrian, Feby Setyo Hariyono saat membuka Rakernas 2018 dan Diklat Jurnalis Nasional Xpos di Villa Lembah Pangrango, Bogor, (12/5/18).
BOGOR – Kementerian Perindustrian terus menjalankan visi dan misinya, agar Indonesia menjadi negara industri yang tangguh ditahun 2030 mendatang. Adapun langkah Kemenperin dengan meningkatkan strategi pembangunan industri dan semua itu akan tercapai.

Hal itu disampaikan Karo Humas Kemenperin, Setia Utama dalam sambutannya melalui Kasi Humas, Feby Setyo Hariyono saat membuka acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2018 dan Diklat Jurnalis Media Online Nasional Xpos di Villa Lembah Pangrango, Bogor, Sabtu (12/5/18).

Menurutnya, Indonesia mempunyai ciri struktur industri nasional yang kuat dalam, sehat dan berkeadilan. Kemudian industri yang berdaya saing tinggi tingkat global, serta industri berbasis inovasi dan teknologi.

“Kalau semua itu sudah dimiliki Indonesia, maka negara kita tidak akan kalah saing oleh yang lain, kami akan terus mengembangkan perindustrian untuk kemajuan bangsa ini, agar daya saing kedepannya lebih maju lagi,” tutur Kasi Humas Kemenperin kepada peserta Diklat Jurnalis Nasional Xpos.

Dalam mencapai visi tersebut, Kemenperin berusaha untuk menguatkan struktur organisasinya, baik yang terdapat di pusat maupun daerah. Terdapat 9 (sembilan) unit Eselon I Kementerian Perindustrian yang terdapat di pusat, yaitu: Sekretariat Jenderal; Inspektorat Jenderal; Ditjen Industri Kecil dan Menengah; Ditjen Industri Agro; Ditjen Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka; Ditjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika; Ditjen Pengembangan Perwilayahan Industri; Ditjen Ketahanan dan Pengembangan Akses Industri Internasional; serta Badan Penelitian dan Pengembangan Industri.

“Untuk satuan kerja yang berada di daerah, kami memiliki Balai Besar Kimia dan Kemasan di Jakarta Timur, Balai Besar Industri Agro di Bogor. Balai Besar Keramik, Balai Besar Tekstil, Balai Besar Bahan dan Barang Teknik, Balai Besar Pulp dan Kertas,” terangnya.

Lanjut Feby, Balai Besar Logam dan Mesin di Bandung. Ada lagi Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik, Balai Besar Kerajinan dan Batik di Yogyakarta, dan Balai Besar Teknologi Pencegahan Pencemaran Industri di Semarang, serta Balai Besar Industri Hasil Perkebunan di Makassar.

“Kemenperin juga memiliki Balai Riset dan Standarisasi yang berlokasi di Aceh, Medan, Padang, Palembang, Bandar Lampung, Surabaya, Banjarbaru, Pontianak, Samarinda, Manado, dan Ambon, Balai Sertifikasi Industri; serta Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia Sidoarjo,” jelas Kasi Humas Kemenperin.

Sebagai informasi, Kementerian Perindustrian juga memiliki unit pendidikan yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia, seperti: Politeknik STMI Jakarta, Politeknik STTT Bandung, Politeknik AKA Bogor, Politeknik Teknologi Kimia Industri Medan, Politeknik ATI Padang, Politeknik ATK Yogyakarta, Politeknik APP Jakarta, Politeknik ATI Makassar, Sekolah Menengah Kejuruan: SMAK Bogor, SMAK Padang, dan SMAK Makassar, Sekolah Menengah Kejuruan – SMTI Banda Aceh, SMTI Makassar, SMTI Yogyakarta, SMTI Bandar Lampung, SMTI Padang, SMTI Pontianak, Akademi Komunitas Industri Tekstil dan Produk Tekstil Surakarta, Politeknik Industri Logam Morowali, serta Balai Diklat Industri yang berlokasi di Medan, Padang, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, dan Denpasar.

“Akhir kata, melalui kegiatan ini kami berharap Nasional Xpos akan terus eksis dan semakin berkibar ke depannya. Kami juga mengharapkan agar ke depan, kerja sama antara Pemerintah dan Nasional Xpos dalam memberitakan berbagai kebijakan dan program pengembangan industri yang dilaksanakan oleh Kementerian Perindustrian kepada masyarakat luas dapat terus ditingkatkan,” imbuhnya.

Feby berharap, sinergi antara Pemerintah dengan insan pers tentu sangat penting untuk dijaga, sehingga masyarakat dapat mengetahui perkembangan kebijakan dan transparansi kinerja Pemerintah di sektor industri.

“Pada akhirnya dapat bermanfaat dalam mengawal dan melaksanakan pembangunan industri nasional,” tutupnya.

,
Lhokseumawe – Mantan Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa Kolonel Inf Agus Firman Yusmono menitip pesan, kepada seluruh prajurit TNI jajaran Korem 011/Lilawangsa agar terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan  dan juga menjauhi Narkoba karena dapat menyesatkan.

Kolonel Inf. Agus Firman Yusmono, pada acara tradisi pisah pejabat Danrem 011/Lilawangsa dari dirinya kepada Kolonel Inf Purmanto, yang berlangsung di Gedung KNPI Aceh Utara, Sabtu (12/5) malam.

“  Aceh merupakan serambi Mekah yang menjunjung tinggi Syariat Islam.  Dalam istilahnya, berdinas di Aceh hampir sama seperti berangkat ke tanah suci Mekah. Artinya,  mudah-mudah bagi yang telah berdinas di Serambi Mekah semoga niat menuju ke Tanah Suci (Mekah) akan tercapai”,  tuturnya.

Lanjutnya, sebagaimana diketahui bersama, fakta yang terjadi pelangaran seperti penyalahgunaan Narkoba dan asusila yang  terjadi  di Provinsi Aceh. Hal itu diakibatkan oleh pengaruh lingkungan dan juga minimnya pengetahuan dan pemahaman tentang moral dan agama.

“Oleh karena itu, kepada seluruh prajurit TNI/Polri dan seluruh instansi bersama masyarakat dapat menjadi contoh dan mengajak putra-putrinya sebagai  generasi penerus bangsa, untuk mengajarkan dan mendidik mereka dalam meningkatkan kegiatan keagamaan, diantaranya melaksanakan sholat berjamaah, mengawasi lingkungan pergaulan dan juga menanamkan pemahaman,” terang Kol. Inf. Agus Firman Yusmono.

Tak lupa pula dalam kata sambutannya,  Kolonel Inf Agus Firman Yusmono mengutarakan, selama berdinas sebagai Danrem 011 Lilawangsa mengaku, bahwa banyak ilmu yang didapatnya, termasuk kerja sama dengan semua pihak dalam mendukung tugas pokok TNI. Baik dengan para Dandim dan juga bupati serta walikota

“ Hal yang sangat menyentuh bagi saya, adalah tentang program swasembada pangan. Sehingga apa yang direncanakan bersama dalam meningkatkan suwasembada pangan dapat dilakukan dengan baik, bahkan berprestasi,” ucapnya semangat.

Sementara itu, Pejabat Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa yang baru Kolonel Inf Purmanto menyebutkan, Ia berharap kepada seluruh Forkopimda di jajaran Korem 011/Lilawangsa, dapat terus mendukung dan memberikan masukan selama kepemimpinannya kedepan sebagai pejabat baru.

“Sebagaimana selama ini telah berjalan, diharapkan seluruh bapak-bapak sekalian dapat meneruskan dan memberikan saran atau masukan kepada saya dalam pengabdian dan kepercayaan negara dan masyarakat”, harapnya.

Sedangkan Wali Kota Lhokseumawe Suaidi Yahya dalam kata sambutannya juga menambahkan, dirinya merasa bangga atas kepemimpinan Kolonel Inf Agus Firman Yusmono sebagai Komandan Korem 011/Lilawangsa, yang telah memberi contoh yang baik tentang sinergitas TNI dan pemerintah daerah dalam menyukseskan berbagai program pembangunan.
Lanjutnya, begitu juga kepada Danrem yang baru Kolonel Inf Purmanto, agar  dapat meneruskan kepemimpinan TNI khususnya di jajaran Korem 011/Lilawangsa kedepan, tetap solid dan berkesinambungan dalam membantu menjaga keamanan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Aceh.

“ Kami para Forkopimda Kota dan Kabupaten Insyaallah, siap mendukung bapak kedepan dan kami yakin bapak mampu melakukannya, baik sebagai memimpin prajurit TNI, dan juga dapat memberikan contoh kepada kami semua masyarakat Aceh, khususnya yang ada di jajaran Korem 011/Lilawangsa, pungkas Wali Kota Lhokseumawe.

Diakhir sambutannya, Suaidi Yahya mengucapkan terimakasih kepada  Kolonel Inf Agus Firman Yusmono, agar diberikan kelancaran selama mengikuti pendidikan sekolah Lemhanas.

“ Mudah-mudahan kembali lagi ke Serambi Mekah dengan pangkat yang berbeda, yaitu berpangkat Jenderal,” ucap Walikota Lhokseumawe yang di sambut tepuk tangan tamu undangan yang hadir.

Acara turut dihadiri ratusan tamu undangan, diantaranya: para Wali Kota dan Bupati di Wilayah jajaran Korem 011/Lilawangsa, Ketua MPU Kota Lhokseumawe, Danlanal Kota Lhokseumawe, Dansatradar, Danbrigif 25/Siwah, para unsure Forkopimda Kota dan Kabupaten wilayah jajaran Korem 011/LW, para Dandim jajaran Korem 011/LW, para Dandisjan dan Kapolres, pejabat Ketua persit KCK Koorcab Rem 011 beserta para penggurus dan anggota persit jajaran Koorcab Rem 011,  serta tamu undangan yang hadir.(Laung)


Jakarta- Pondok pesantren (ponpes) memiliki potensi dalam mendukung implementasi revolusi industri keempat di Tanah Air. Hal ini berdasarkan peta jalan Making Indonesia 4.0, di mana salah satu langkah prioritas nasional yang perlu dijalankan adalah memberdayakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Selama ini ponpes turut berperan mendorong pertumbuhan ekonomi, mengingat sudah banyak yang mendirikan koperasi, mengembangkan berbagai unit usaha baik skala kecil maupun menengah, bahkan ada yang memiliki inkubator bisnis,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto ketika mendampingi Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerja di Ponpes Bayt Al-Hikmah, Pasuruan, Sabtu (12/5).

Menurut Menperin, pihaknya tengah gencar melaksanakan kegiatan penumbuhan wirausaha industri baru dan pengembangan unit industri di lingkungan pesantren, yang dinamakan program Santripreneur. “Hampir 70 persen, pelaku usaha Indonesia berada di sektor UMKM. Ini merupakan modal yang cukup kuat dalam menghadapi revolusi industri 4.0,” ungkapnya.

Airlangga menambahkan, ponpes berpotensi besar menciptakan wirausaha baru dan menumbuhkan sektor industri kecil dan menengah (IKM). “Ini tentu anugerah dari Allah SWT yang harus kita syukuri bersama. Potensi kita sangatlah besar dengan ditopang oleh banyaknya kampus dan pesantren di Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara lain di dunia,” imbuhnya.

Berdasarkan data Kementerian Agama, selama tahun 2014-2015, di Indonesia terdapat 28.961 ponpes yang tersebar di seluruh provinsi dengan jumlah santri lebih dari 4 juta orang. Dari total ponpes tersebut, sebayak 23.331 ponpes atau 80 persen di antaranya berada di 4 provinsi, yaitu Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Banten.

Dengan perkembangan era digital saat ini, Menperin optimistis, para santri mampu menjadi agen perubahan yang strategis dalam membangun bangsa dan perekonomian Indonesia di masa mendatang. “Untuk itu, santri kita harus bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu, baik agama maupun wirausaha. Mereka yang mayoritas generasi milenial, juga perlu menguasai teknologi terkini,” tuturnya.

Apalagi, sampai 10 tahun ke depan, Indonesia akan menikmati bonus demografi atau momentum ketika penduduk didominasi oleh usia produktif (usia 15-64 tahun mencapai 70 persen). “Saat ini, ekonomi Indonesia di peringkat ke-16 dunia. Kami yakin, sesuai aspirasi di dalam Making Indonesia 4.0, Indonesia bisa menjadi negara yang berada dalam 10 besar ekonomi terkuat di dunia pada tahun 2030,” lanjutnya.

Oleh karena itu, Kemenperin berkomitmen mendukung pengembangan IKM nasional di era ekonomi digital, dengan membangun platform e-commerce yang dinamakan e-Smart IKM. “Kami telah kerja sama dengan sejumlah marketplace dalam negeri untuk memberikan workshop e-Smart IKM ke beberapa daerah di Indonesia. Adik-adik para santri juga harus memanfaatkan peluang ini,” ujar Airlangga.

Hingga saat ini, sebanyak 1.730 pelaku IKM telah mengikuti workshop e-Smart IKM.Sampai tahun 2019, Kemenperin menargetkan dapat mengajak hingga 10 ribu pelaku IKM seluruh Indonesia untuk mengikuti lokakaryatersebut.

“Kami juga akan membangun sentra-sentra teknologi dalam rangka meningkatkan akses IKM terhadap akuisisi teknologi dan memberikan dukungan mentoring untuk mendorong inovasi,” paparnya.

Dirjen IKM Gati Wibawanigsih mengatakan, pihaknya menargetkan 18 ponpes yang akan menjadi percontohan dalam pelaksanaan program Santripreneur pada tahun 2018. Ponpes tersebut meliputi delapan di wilayah Jawa Barat, lima di Jawa Tengah, dan lima di Jawa Timur.

“Dalam implementasi Santripreneur ini, kami memiliki dua model penumbuhan wirausaha industri baru dan pengembangan unit industri di ponpes, yaitu Santri Berindustri dan Santri Berkreasi,” jelasnya.

Santri Berindustri merupakan upayapengembangan unit industri yang telah dimiliki oleh ponpes maupun penumbuhan unit industri baru yang potensial. Langkah ini diharapkan mendorong unit industri tersebut menjadi tempat magang para sumber daya manusia di lingkungan pesantren.

Sedangkan, model Santri Berkreasi merupakan program kegiatan pelatihan dan pendampingan dalam pengembangan potensi kreatif para santri maupun alumni yang terpilih dari beberapa ponpes untuk menjadi seorang profesional di bidang seni visual, animasi dan multimedia sesuai standar industri saat ini.

Kepada Ponpes Bayt Al-Hikmah di Pasuruan, Kemenperin memberikan sejumlah bantuan untuk pembangunan fasilitas dan mendorong tumbuhnya wirausaha, antara lain dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Industri Kimia, Tekstil dan Aneka (IKTA) berupa keramik yang dibutuhkan senilai Rp550 juta.

Kemudian, Ditjen Industri Logam Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) menyumbangkan sebanyak 50 buah laptop senilai Rp300 juta, atap baja ringan senilai Rp250 juta, pelatihan perbengkelan purna jual serta 1 unit Sepeda Motor dari Astra Honda Motor dan 2 unit sepeda motor PT Triangle motorindo senilai Rp1,2 miliar.

Ditjen IKM memberikan 1 set alat pengolahan roti beserta program bimbingan teknis senilai Rp400 juta. Total bantuan yang diberikan Kemenperin diperkirakan mencapai Rp2,7 miliar.(Red/Rls)
loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.