2022-01-09

Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agam Inong Aceh Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Banjir Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bireuen Bisnis BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Film Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemanusiaan Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa Lapas lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Motivasi Motogp MPU Aceh Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narapidana Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patani Patroli Pekalongan Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh PKI PLN PNL Polisi Politik Poso PPWI Presiden Projo PT PIM Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebgram Selebriti Senator Sinovac SMMPTN sosial Sosok Sport Status-Papua Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tol Aceh Tsunami Aceh Turki Ulama Universitas Malikussaleh USA Vaksin MR Vaksinasi Vaksinasi Covid-19 vid Video vidio Viral Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA


Banda Aceh - Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Aceh telah menerima tiga laporan penipuan yang terjadi melalui illegal acces (akses ilegal), Kamis (13/1/2022) dengan total kerugian para korban mencapai ratusan juta rupiah.

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol. Winardy, S.H., S.I.K., M.Si. dalam keterangan tertulisnya menjelaskan, Illegal Acces adalah upaya seseorang untuk masuk dan mengakses alat atau sistim elektronik milik orang lain tanpa izin dan melawan hukum untuk memperoleh Informasi elektronik, melanggar, menerobos, serta melampaui atau menjebol sistem pengamanan.

Oleh karena itu, Winardy mengimbau agar masyarakat mewaspadai akses ilegal yang masuk ke gadget atau alat elektronik lainnya yang memungkinkan terkoneksi dengan jaringan internet.

"Modus penipuan jenis ini sudah banyak memakan korban. Bahkan dalam sehari ada tiga laporan pengaduan. Jadi tolong diwaspadai," kata Winardy, Jumat (14/1).

Ia juga mengingatkan, agar masyarakat tidak langsung percaya apabila ada pihak yang menelpon dengan nomor tidak dikenal dan mengaku dari lembaga perbankkan atau instansi lainnya.

Apalagi dalam aksinya, sambung Winardy, pelaku kejahatan akan langsung menyertakan link yang berkedok undian berhadiah atau iming-iming tertentu. Yang nanti apabila diklik atau diakses, maka secara otomatis kode OTP akan masuk ke nomor verifikasi yang sudah duluan didapat pelaku.

"Kalau misal ada akses ilegal berbentuk link, maka sebaiknya abaikan saja, atau bila perlu dihapus. Karena akses ilegal tersebut yang nanti akan digunakan pelaku untuk masuk ke sistem elektronik dan membobol kunci pengamanan yang sudah ada," imbau Winardy.

"Selanjutnya, kalau sudah terlanjur, masih bisa dibatalkan dengan tidak memberikan kode OTP yang kita dapat. Atau lebih bagus lagi hubungi lembaga resmi, baik bank, OJK, atau kepolisian untuk mengkonfirmasi keabsahan akses atau tawaran sesuatu," pungkasnya.


LHOKSEUMAWE - Polres Lhokseumawe bersama PT Jasa Raharja menyerahkan santunan pada keluarga korban tertabrak kereta api di perlintasan KA Kecamatan Dewantara, Aceh Utara wilayah hukum Polres Lhokseumawe, Jumat (14/1/2022).

Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto SIK MH melalui Kasat Lantas AKP Vifa Febriana Sari SH SIK MH mengatakan,  penyerahan santunan ini berlangsung di kediaman keluarga korban di Desa Geulumpang Sulu Timur, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara.

“Santunan dari Jasa Raharja itu diterima oleh keluarga korban selaku ahli waris. Setiap Lakalantas yang terjamin asuransi diberikan santunan. Tentu prosesnya ada beberapa berkas yang harus dilengkapi, termasuk laporan polisi,” ujarnya.

Lanjutnya, santunan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi keluarga yang ditinggalkan. "Kami himbau masyarakat agar lebih berhati-hati dalam menggunakan kendaraan bermotor dan tidak saling mendahului serta mematuhi aturan lalu lintas," pinta Kasat Lantas.

Hadir pada penyerahan santunan tersebut, Kasat Lantas Polres Lhokseumawe, AKP Vifa Febriana Sari, Kepala Perwakilan PT Jasa Raharja Lhokseumawe, Sumariadi, pihak ahli waris dan sejumlah personel lainnya.

Seperti diketahui, korban bernama Ichsan (27) meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan lalu lintas di perlintasan KA, Rabu (12/1/2022) kemarin. Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 16.30 WIB. Saat itu, korban yang mengendarai sepeda motor menyeberangi perlintasan KA.

Namun naas, kendaraan korban mengalami mati mesin, kemudian korban langsung tertabrak kereta api tersebut dan terseret sekitar 50 meter. Meskipun sempat ditolong warga dilarikan ke RS PT. PIM, akhirnya korban pun meninggal dunia akibat luka serius di sekujur tubuh.


Perubahan sosial budaya dapat disebabkan unsur tertentu dalam masyarakat yang dianggap tidak memuaskan dan tidak relevan lagi. Perubahan dapat terjadi demi mengganti faktor lama, yang disebut juga faktor internal yang berkembang di dalam masyarakat. Apa saja penyebab perubahan sosial budaya yang berasal dari dalam masyarakat?

Pada dasarnya, perubahan sosial budaya terbagi atas faktor internal dan faktor eksternal. Faktor eksternal merupakan pemicu perubahan dari luar masyarakat yang mengharuskannya menyesuaikan diri terhadap faktor tersebut.

Penyebab Perubahan Sosial Budaya dari Dalam Masyarakat

Penyebab perubahan sosial budaya yang berasal dari dalam masyarakat seperti dilansir dari buku Sosiologi untuk SMP dan MTs Kelas IX oleh Mulat Wigati Abdullah yakni sebagai berikut:

1. Masalah Kependudukan

Penyebab perubahan sosial budaya yang berasal dari dalam masyarakat berkaitan dengan demografi, yaitu masalah kependudukan. Perubahan situasi, jumlah, dan perpindahan penduduk menyebabkan terjadinya penyesuian sarana-prasanana kependudukan. Faktor ini juga menyebabkan terjadinya perubahan sosial budaya.

Contoh, angka kelahiran dan perpindahan penduduk mendorong penyediaan pemukiman sederhana, pembangunan rumah susun, sarana-prasarana jalan, peningkatan sarana-sarana pendidikan, penyediaan kebutuhan sandang, dan perhatian terhadap tingkat kesehatan masyarakat.

2. Munculnya Penemuan Baru: Inovasi, Invention, dan Discovery

Inovasi merupakan proses sosial budaya besar yang dapat terjadi dalam jangka waktu tidak terlalu lama. Inovasi mendorong proses unsur budaya baru diterima dan diterapkan di tengah masyarakat. Sementara itu, discovery merupakan penemuan unsur kebudayaan baru, baik alat maupun gagasan tehadap fenomena sosial dan alam.

Discovery baru menjadi invention ketika seorang pencipta membuat penemuan tersebut diakui, diterima, dan diterapkan. Contoh discovery yaitu saat S. Marcus (1875) menghubungkan motor gas dengan kereta sehingga tidak perlu ditarik kuda. Sementara itu, invention yaitu saat mobil diterima dan digunakan masyarakat sebagai alat transportasi penting bagi manusia.

3. Adanya Pertentangan atau Konflik

Konflik atau pertentangan, baik antarindividu dan antarkelompok dapat mendorong perubahan struktur dan sistem di masyarakat. Contohnya seperti konflik antaretnis di Sambas, Kalimantan Barat mengubah struktur dan sistem masyarakat Dayak di Kalimantan Barat.

Perbedaan generasi muda dan tua juga dapat memicu konflik. Sebab, generasi tua umumnya mempertahankan tradisi yang sudah ada, sementara generasi muda berusaha mengubah tradisi dengan menyerap unsur kebudayaan baru.

4. Keinginan untuk Berubah

Keinginan manusia untuk berubah merupakan dasar terjadinya perubahan dalam masyarakat. Keinginan ini muncul di antaranya karena rasa ingin tahu yang besar atau ideal curiousity pada diri manusia.

5. Keinginan untuk Berprestasi

Keinginan untuk berprestasi merupakan pendorong manusia untuk melakukan perubahan dalam diri. Dengan demikian, prestasi yang ditargetkan dapat tercapai.

6. Adanya Motivasi untuk Berubah

Keinginan manusia untuk berprestasi dan berubah pada dasarnya berangkat dari motivasi. Adanya motivasi untuk berubah akan melahirkan penemuan-penemuan baru. Contoh, seseorang yang termotivasi untuk memanfaatkan barang bekas untuk didaur ulang (recycle) dapat menciptakan barang baru yang lebih kreatif.

7. Sistem Lapisan Masyarakat yang Terbuka

Masyarakat yang terbuka dapat lebih mudah menyerap dan mempelajari unsur kebudayaan yang baru. Dengan demikian, perubahan sosial budaya lebih mudah terjadi.

Nah, jadi penyebab perubahan sosial budaya yang berasal dari dalam masyarakat di antaranya yaitu munculnya penemuan, motivasi untuk berubah, dan masalah kependudukan. Selamat belajar, detikers! [Sumber: detik.com]


Teknologi hadir dan menjadi bagian hidup manusia dewasa ini. Manusia seolah tak bisa berfungsi tanpa ponsel cerdas, tablet, dan komputer yang merupakan alat-alat produk teknologi modern.

Berbagai aspek keseharian mulai dari bekerja, belanja, belajar, hingga mencari informasi semuanya dilakukan dengan bantuan teknologi.

Dalam waktu yang sangat singkat, teknologi telah meledak di pasaran dan penggunaannya semakin meningkat drastis, bahkan hingga membuat banyak orang tidak dapat hidup tanpanya.

Untuk memahami bagaimana manusia meninggalkan zaman kegelapan yang sebenarnya belum lama berselang, ke tempat yang penuh dengan teknologi seperti sekarang ini, penting untuk memahami bagaimana proses perkembangan teknologi berlangsung.

Penting untuk memahami perkembangan teknologi secara tahap demi tahap untuk sampai pada pemahaman mengenai ketergantungan manusia pada aspek yang satu ini. Berikut selengkapnya.

Tujuan Mendorong Perkembangan Teknologi

Semua teknologi lahir dari sebuah tujuan. Misalnya, mesin pencari diciptakan untuk memilah-milah sejumlah besar data online. Dalam setiap perkembangannya, teknologi baru menggabungkan teknologi yang ada untuk menciptakan sesuatu yang lebih baik dari yang sebelumnya digunakan. Dan hal ini terus berlangsung hingga sekarang.

Dengan kecepatan kilat dari evolusi teknologi, tidak heran banyak orang lantas berjuang untuk mengikutinya agar tidak ketinggalan. Melihat kembali ke tahun 1990-an, Internet adalah komoditas baru yang belum bisa diakses oleh semua khalayak.

Untungnya, karena semakin banyak orang yang menemukan nilai dan manfaat dari adanya Internet, teknologi ini lantas dikembangkan sedemikian rupa sehingga menjadi seperti yang dikenal sekarang.

Dikutip dari britannica.com, ini dia sejarah perkembangan teknologi dari masa ke masa yang menarik untuk diketahui;

1. 3,3 juta tahun yang lalu: Alat pertama

Sejarah teknologi dimulai jauh hingga ke masa ini. Serpihan batu tajam yang digunakan sebagai pisau dan batu tak berbentuk yang lebih besar yang digunakan sebagai palu dan landasan telah ditemukan di Danau Turkana di Kenya. Alat-alat itu dibuat 3,3 juta tahun yang lalu dan kemungkinan besar digunakan oleh nenek moyang seperti Australopithecus.

2. 1 juta tahun yang lalu: Api

Kapan manusia pertama kali menggunakan api masih belum diketahui secara pasti. Tetapi, seperti halnya alat pertama, api mungkin ditemukan oleh nenek moyang Homo sapiens. Bukti material yang terbakar dapat ditemukan di gua-gua yang digunakan oleh Homo erectus mulai sekitar 1 juta (dan mungkin bahkan 1,5 juta) tahun yang lalu.

3. 20.000 hingga 15.000 tahun yang lalu: Revolusi Neolitik

Selama Periode Neolitik beberapa teknologi kunci muncul bersama-sama. Manusia berpindah dari mendapatkan makanannya dengan berburu menjadi mendapatkannya melalui bertani. Orang-orang berkumpul dalam kelompok yang lebih besar. Tanah liat digunakan untuk tembikar dan batu bata. Pakaian mulai dibuat dari kain tenun. Roda juga kemungkinan ditemukan saat ini.

4. 6000 SM: Irigasi

Sistem irigasi pertama muncul kira-kira secara bersamaan di peradaban lembah sungai Tigris-Efrat di Mesopotamia dan lembah Sungai Nil di Mesir. Karena irigasi membutuhkan banyak pekerjaan, masa ini menunjukkan adanya tingkat organisasi sosial yang tinggi dari manusia.

5. 4000 SM: Berlayar

Kapal layar pertama digunakan di Sungai Nil. Karena Sungai Nil tidak memberikan ruang sebanyak lautan untuk berlayar bebas, kapal-kapal ini juga memiliki dayung untuk navigasi.
4 dari 9 halaman
6.1200 SM: Besi

Sekitar waktu ini, produksi besi menjadi meluas karena logam ini menggantikan perunggu. Besi jauh lebih berlimpah daripada tembaga dan timah, dua logam yang membentuk perunggu, dan dengan demikian menempatkan alat-alat logam ke lebih banyak tangan manusia daripada sebelumnya.

7. 850 CE: Bubuk mesiu

Para alkemis di Cina menemukan bubuk mesiu sebagai hasil dari pencarian mereka akan obat mujarab yang dapat memperpanjang hidup. Ini digunakan untuk mendorong roket yang menempel pada panah. Pengetahuan tentang mesiu menyebar ke Eropa pada abad ke-13.

8. 950: Kincir Angin

Hampir 5.000 tahun setelah kapal layar pertama, angin akhirnya pertama kali digunakan untuk mengoperasikan pabrik. Kincir angin pertama ada di Persia. Mereka adalah kincir angin horizontal di mana bilahnya dipasang pada poros vertikal. Belakangan, kincir angin Eropa bertipe vertikal. Telah muncul spekulasi bahwa kincir angin mungkin telah ditemukan secara independen di Persia dan di Eropa.

9. 1044: Kompas

Penyebutan definitif pertama kompas magnetik berasal dari sebuah buku Cina yang selesai pada tahun 1044. Ini menggambarkan bagaimana tentara menemukan jalan mereka dengan menggunakan sepotong besi magnet berbentuk ikan yang mengambang di semangkuk air ketika langit terlalu mendung untuk melihat bintang-bintang.

10. 1250-1300: Jam mekanis

Jam pasir dan jam air telah ada selama berabad-abad, tetapi jam mekanis pertama mulai muncul di Eropa menjelang akhir abad ke-13 dan digunakan di katedral untuk menandai waktu ketika kebaktian akan diadakan.

11. 1455: Mencetak

Johannes Gutenberg menyelesaikan pencetakan Alkitab, yang merupakan buku pertama yang dicetak di Barat dengan menggunakan huruf bergerak. Mesin cetak Gutenberg menyebabkan ledakan informasi di Eropa.

12. 1765: Mesin uap

James Watt meningkatkan mesin uap Newcomen dengan menambahkan kondensor yang mengubah uap kembali menjadi air cair. Kondensor ini terpisah dari silinder yang menggerakkan piston, yang berarti mesin jauh lebih efisien. Mesin uap menjadi salah satu penemuan terpenting Revolusi Industri.

13. 1804: Kereta Api

Insinyur Inggris Richard Trevithick meningkatkan mesin uap James Watt dan menggunakannya untuk keperluan transportasi. Dia membangun lokomotif kereta api pertama di sebuah pabrik besi di Wales.

14. 1807: Kapal uap

Robert Fulton menempatkan mesin uap di atas air. Kapal uapnya yang akhirnya disebut Clermont membutuhkan waktu 32 jam untuk menyusuri Sungai Hudson dari New York City ke Albany di mana kapal layar memakan waktu empat hari.

15. 1826/27: Fotografi

Pada awal 1820-an, Nicéphore Niépce menjadi tertarik menggunakan larutan peka cahaya untuk membuat salinan litograf ke kaca, seng, dan akhirnya pelat timah. Dia kemudian memiliki ide bagus untuk menggunakan solusinya untuk membuat salinan gambar di kamera obscura (ruangan atau kotak dengan lubang kecil di salah satu ujungnya di mana gambar luar diproyeksikan).

Pada tahun 1826 atau 1827, ia membuat eksposur selama delapan jam dari halaman rumahnya, dan menjadi foto pertama yang diketahui ada dalam sejarah.

16. 1831: Reaper

Selama ribuan tahun, memanen tanaman merupakan aktivitas yang sangat padat karya. Namun hal ini berubah dengan penemuan mesin penuai mekanis oleh Cyrus McCormick. Penuai paling awal memiliki beberapa masalah mekanis, tetapi versi yang lebih baru lantas menyebar ke seluruh dunia.

17. 1844: Telegraf

Samuel Morse adalah seorang pelukis sukses yang tertarik pada kemungkinan telegraf listrik pada tahun 1830-an. Dia mematenkan prototipe pada tahun 1837. Pada tahun 1844 dia mengirim pesan pertama melalui jalur telegraf jarak jauh pertama, yang membentang antara Washington, D.C., dan Baltimore. Pesannya: “What hath God wrought.”

18. 1876: Telepon

Setelah dimungkinkan untuk mengirim informasi melalui kabel dalam bentuk titik dan garis, langkah selanjutnya adalah komunikasi suara yang sebenarnya. Alexander Graham Bell melakukan panggilan telepon pertama, pada 10 Maret 1876, ketika dia meminta asistennya Tom Watson untuk datang kepadanya: "Mr Watson—come here—I want to see you."

19. 1876: Mesin pembakaran internal

Insinyur Jerman Nikolaus Otto membuat mesin yang, tidak seperti mesin uap, menggunakan pembakaran bahan bakar di dalam mesin untuk menggerakkan piston. Jenis mesin ini nantinya akan digunakan untuk menggerakkan mobil.

20. 1879: Lampu listrik

Setelah ribuan percobaan, penemu Amerika Thomas Edison berhasilmembuat bola lampu filamen karbon untuk menyala selama 13½ jam. Edison dan yang lainnya di laboratoriumnya juga mengerjakan sistem distribusi tenaga listrik untuk menerangi rumah dan bisnis, dan pada tahun 1882 Edison Electric Illuminating Company membuka pembangkit listrik pertama.

21. 1885: Mobil

Mesin pembakaran internal ditingkatkan, menjadi lebih kecil dan lebih efisien. Karl Benz menggunakan mesin satu silinder untuk menggerakkan mobil modern pertama, mobil beroda tiga yang ia kendarai di trek.

Namun, mobil tidak menjadi sesuatu yang komersial sampai tahun 1888, ketika istrinya, Bertha, jengkel dengan langkah metodis Karl yang lambat, lalu mengambil dan mengendarai mobil tanpa sepengetahuannya dalam perjalanan 64 mil untuk melihat ibunya.

22. 1901: Radio

Guglielmo Marconi telah bereksperimen dengan radio sejak 1894 dan mengirimkan transmisi jarak yang semakin jauh. Pada tahun 1901 transmisi yang dilaporkan dari kode Morse huruf S melintasi Atlantik dari Cornwall ke Newfoundland membuat dunia heboh.

23. 1903: Pesawat terbang

Pada tanggal 17 Desember Orville Wright melakukan penerbangan pesawat pertama, dari 120 kaki, dekat Kitty Hawk, North Carolina. Dia dan saudaranya Wilbur melakukan empat penerbangan di hari itu.

24. 1926: Roket

Sebagai seorang anak muda di akhir tahun 1890-an, Robert Goddard terinspirasi oleh The War of the Worlds karya H.G. Wells dan kemungkinan perjalanan ruang angkasa. Sebagai seorang pria paruh baya di pertengahan 1920-an, ia mencapai uji terbang pertama dari roket berbahan bakar cair, dari peternakan bibinya di Auburn, Massachusetts. Roket itu terbang 12,5 meter (41 kaki) di udara.

25. 1927: Televisi

Setelah perkembangan radio, transmisi gambar adalah langkah logis berikutnya. Televisi awal menggunakan disk mekanis untuk memindai gambar. Sebagai seorang remaja di Utah, Philo T. Farnsworth meyakini bahwa sistem mekanis tidak akan mampu memindai dan merakit gambar beberapa kali dalam satu detik.

Hanya sistem elektronik yang akan melakukan itu. Pada tahun 1922, Farnsworth yang berusia 16 tahun menyusun rencana untuk sistem seperti itu, tetapi baru pada tahun 1927 ia membuat transmisi televisi elektronik pertama, garis horizontal.
8 dari 9 halaman
26. 1937: Komputer

Matematikawan dan fisikawan Iowa State John Atanasoff merancang komputer digital elektronik pertama. Ini akan menggunakan angka biner (basis 2, di mana semua angka dinyatakan dengan angka 0 dan 1), dan datanya akan disimpan dalam kapasitor. Pada tahun 1939 ia dan muridnya Clifford Berry mulai membangun Komputer Atanasoff-Berry (ABC).

27. 1942: Tenaga nuklir

Sebagai bagian dari Proyek Manhattan untuk membangun bom atom pertama, perlu untuk memahami reaksi nuklir secara rinci. Pada tanggal 2 Desember di bawah tribun sepak bola di Universitas Chicago, tim fisikawan yang dipimpin oleh Enrico Fermi menggunakan uranium untuk menghasilkan reaksi berantai mandiri pertama.

28. 1947: Transistor

Pada tanggal 23 Desember insinyur Bell Labs John Bardeen, Walter Brattain, dan William Shockley memberikan demonstrasi publik pertama dari transistor, komponen listrik yang dapat mengontrol, memperkuat, dan menghasilkan arus. Transistor jauh lebih kecil dan menggunakan lebih sedikit daya daripada tabung vakum dan mengantarkan era perangkat elektronik kecil yang murah.

29. 1957: Penerbangan luar angkasa

Uni Soviet mengejutkan dunia pada 4 Oktober, ketika meluncurkan satelit buatan pertama, Sputnik 1, sebuah bola logam kecil seberat 83,6 kg (184,3 pon). Perlombaan luar angkasa dimulai antara Uni Soviet dan Amerika Serikat, membuka front baru dalam Perang Dingin.

30. 1974: Komputer pribadi

Komputer pertama yang muncul setelah Perang Dunia II sangat besar, tetapi dengan kemajuan teknologi, terutama dengan menempatkan banyak transistor pada chip semikonduktor, komputer menjadi lebih kecil dan lebih kuat.

Akhirnya, komputer menjadi cukup kecil untuk digunakan di rumah. Komputer pribadi pertama adalah Altair, yang segera digantikan pada tahun 1977 oleh Apple II, TRS-80, dan Commodore PET.

Vinton Cerf dan Robert Kahn menghasilkan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol), yang menjelaskan bagaimana data dapat dipecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil yang disebut paket dan bagaimana paket-paket ini dapat ditransmisikan ke tujuan yang benar. TCP/IP menjadi dasar bagaimana data ditransmisikan melalui Internet.

32. 2012: CRISPR

Ahli biokimia Amerika Jennifer Doudna dan ahli mikrobiologi Prancis Emmanuelle Charpentier mengembangkan CRISPR-Cas9, sebuah metode untuk mengedit gen—yaitu, membuat perubahan pada urutan DNA. Pengeditan gen memiliki potensi untuk mengobati banyak penyakit tetapi juga membuka area abu-abu etis dalam menciptakan manusia perancang.

33. 2017: Kecerdasan buatan

Tim di balik program kecerdasan buatan AlphaGo mengumumkan bahwa mereka telah menjadi pemain go terbaik dunia. Go adalah permainan dengan aturan yang sangat sederhana tetapi banyak kemungkinan posisi.

Tahun sebelumnya AlphaGo telah mengalahkan pemain hebat Lee Sedol dalam pertandingan 4-1. AlphaGo kemudian bermain sendiri dan, melalui perbaikan terus-menerus, mampu mengalahkan versi yang telah mengalahkan Lee, 100–0. Melalui pembelajaran mesin, AlphaGo menjadi lebih baik dalam permainan daripada manusia mana pun.

Medan - Mengawali tahun 2022, PT Pupuk Iskandar Muda berhasil mendapatkan penghargaan Waspada Award 2021 dengan kategori Sosial Masyarakat dan Kepedulian Terhadap Lingkungan yang dilaksanakan di Aula Tengku Rizal Nurdin rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Selasa (11/01/2021). Kegiatan itu sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Harian Waspada.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Pimpinan Waspada sekaligus Wapemred Waspada H. Teruna Jasa Said dan diterima oleh Nasrun selaku VP PKBL & Humas mewakili Manajemen PT PIM.

Nasrun menyampaikan, penghargaan ini merupakan apresiasi positif dari media kepada PT PIM. Bahwa hal ini juga merupakan cerminan dari kerja keras Perusahaan dalam pemberdayaan terhadap masyarakat dan pengelolaan operasional Perusahaan yang tetap peduli pada lingkungan selama ini.

“Momentum ini akan terus menjadi penyemangat PT PIM untuk terus meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat melalui program-program pemberdayaan masyarakat sehingga diharapkan akan berpengaruh pada peningkatan ekonomi dan masyarakat yang mandiri dengan tetap menjaga terciptanya kelestarian lingkungan,” ungkap Nasrun.

Komisaris Utama PT Harian Waspada, H. Tribuana Said MDS dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan Stakeholder yang sampai hari ini masih setia dengan media harian Waspada dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pihak yang telah berjasa bagi pembangunan sosial ekonomi masyarakat, pembangunan daerah maupun  atas sumbangsih ide inspiratifnya selama ini.

Acara ini dihadiri oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK RI) Dr H Agung Firman Sampurna, Para Bupati dan Walikota, Ketua DPR Provinsi dan Kabupaten, Pimpinan BUMN/ BUMD, Pimpinan Media Nasional dan segenap tokoh Publik, sedangkan dari pihak Waspada langsung dihadiri oleh Pemred Harian Waspada H Prabudi Said, Wapemred Harian Waspada H. Teruna Jasa Said, Pemimpin Umum Waspada H. Rayati Syafrin dan CEO Waspada Online Hj. Saida Said.[Rilis]


Banda Aceh -
Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh mengesahkan Rancangan Qanun (Raqan) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) tahun anggaran 2022. APBA tahun ini ditetapkan Rp 16,17 triliun.

Pengesahan Raqan tersebut dilakukan dalam rapat paripurna di gedung DPR Aceh, Selasa (11/1/2022). Rapat dipimpin Wakil Ketua DPR Aceh Dalimi serta dihadiri sejumlah anggota DPR Aceh dan perwakilan Pemerintah Aceh.

Dalam rapat, anggota DPR Aceh menyetujui Raqan tersebut disahkan menjadi Qanun Aceh. Dalimi mengatakan, sebelum qanun disahkan, Mendagri telah melakukan evaluasi terlebih dulu.

Politikus Partai Demokrat itu mengatakan Badan Anggaran DPR Aceh bersama tim anggaran Pemerintah Aceh telah duduk bersama membahas tindak lanjut hasil evaluasi Mendagri. Hasil pembahasan tersebut dituangkan dalam keputusan pimpinan DPRA nomor 1/DPRA/2022 tentang penyempurnaan atas keputusan Mendagri nomor 903-5890 tahun 2021.

"Komposisi APBA 2022 adalah pendapatan Rp 13,35 triliun, belanja Rp 16,17 triliun, surplus Rp 2,8 triliun," kata Dalimi dalam rapat paripurna.

Dia mengatakan untuk pembiayaan Aceh terbagi dari penerimaan Rp3,41 triliun, pengeluaran Rp 595 miliar, dan pembiayaan neto Rp2,81 triliun.

"Komposisi anggaran sebagaimana yang tertuang dalam keputusan pimpinan yang tersebut di atas, perlu ditetapkan dalam keputusan DPR Aceh sebagai dasar penetapan Qanun APBA tahun anggaran 2022 oleh Gubernur Aceh," jelas Dalimi.|Detik.com


StatusAceh.Net -
Ketua Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) Provinsi Aceh, Juli Amin mengatakan, kasus pembakaran rumah wartawan Serambi Indonesia Asnawi Luwi di Kabupaten Aceh Tenggara pada 31 Juli 2019, murni karena pemberitaan. Adapun pelaku diduga merupakan personel TNI AD.

"Hasil investigasi yang kami lakukan beberapa hari sejak kasus kebakaran terjadi di Aceh Tenggara, kami simpulkan kasus ini murni karena pemberitaan," kata Juli di Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Selasa (11/1).

Juli mengatakan, kasus pembakaran rumah milik Asnawi Luwi di Kabupaten Aceh Tenggara termasuk dalam kategori pelanggaran hukum berat. Menurut dia, dampak yang disebabkan atas kejadian tersebut menyebabkan istri dan anak-anak korban trauma berat.

Dia mengatakan, dalam kasus tersebut tidak semata-mata murni kasus pembakaran. Hanya saja, pihaknya menemukan adanya penyertaan karena kasus tersebut terindikasi mengarah untuk membunuh Asnawi bersama keluarganya."Jadi dalam kasus ini, kami tidak mau pelaku dihukum dengan kelalaiannya, karena di sini ada ancaman nyawa, ancaman pembunuhan," kata Juli.

Untuk itu, menurut Juli, AJI Provinsi Aceh meminta Polisi Militer Kodam (Pomdam) Iskandar Muda yang menangani penyidikan kasus tersebut agar turut menyertakan pasal lain saat kasus tersebut dilimpahkan ke pengadilan militer. Tidak hanya pembakaran rumah, melainkan juga percobaan pembunuhan.


Statusaceh.net
- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan, banjir di Kabupaten Aceh Jaya dan Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh, berangsur surut pada Selasa, 11 Januari 2022. Sebelumnya tinggi muka air bervariasi antara 20 sentimeter hingga 70 sentimeter.
 
"Sebelumnya sempat dilaporkan terisolir akibat banjir," ujar Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, dalam keterangan resmi.
 
Abdul mengatakan, total korban banjir berjumlah 299 KK (Kepala Keluarga) atau sebanyak 1.058 jiwa. Sejumlah desa yang dilanda banjir tersebar di empat kecamatan antara lain Kecamatan Indra Jaya tepatnya Desa Ceunamprong, kemudian Kecamatan Krueng Sabee yakni di Desa Keude Kreung Sabee, Dayah Baro, Panton Makmur, Blang dan Keutapang.

"Kemudian Kecamatan Setia Bakti tepatnya di Desa Baroe Sayeung dan Lhok Boat. Kecamatan terakhir yakni Kecamatan Sampoiniet yakni di Desa Blang Monlueng," imbuhnya.
 
Baca: 2.728 Jiwa Terdampak Banjir di Kabupaten Cirebon
 
Dia menerangkan tidak ada korban jiwa akibat bencana tersebut. BPBD Kabupaten Aceh Jaya telah berkoordinasi dengan pihak kecamatan setempat untuk melakukan pendataan, evakuasi warga korban dan mendirikan tenda pengungsi.
 
"Selain itu petugas juga melakukan pembersihan sistem drainase dengan menggunakan alat berat," ungkapnya.
 
Sementara itu BPBD Kabupaten Aceh Barat Daya melaporkan dua kecamatan dilanda banjir di wilayahnya. Yakni Kecamatan Blangpidie tepatnya di desa Alue Mangota dan Kecamatan Setia tepatnya di Desa Drien Payeh, Ujung Tanoh dan Tangan-tangan Cut.
 
Terdapat 50 unit rumah dan lahan pertanian terendam dengan TMA 25 cm hingga 50 cm. BPBD juga melaporkan satu keluarga yang sempat mengungsi ke tempat yang lebih aman.
 
"Kondisi terkini banjir telah surut, warga dibantu petugas BPBD membersihkan material lumpur sisa banjir," ucapnya. | Medcom

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.