2015-11-01

Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Bambang Tri Banda Aceh Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bireuen Bisnis BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya Cuaca Cut Meutia Dana Bos Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Fito Foto FPI Gampong Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan History Hotel Hukum HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Irwandi-Nova Irwndi Yusuf IWO Jaksa Jejak JKMA Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malware WannaCry Masjid Mitra Berita Motivasi Motogp Mudik MUI Musik Nanang Haryono Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patroli Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh PKI PLN PNL Polisi Politik Poso PPWI Presiden Pungli Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebriti Senator Sosok Sport Sumatera Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TNI Tokoh Tsunami Aceh Ulama Vaksin MR vid Video vidio Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

AMP - Aceh yang sebelumnya disebut dengan nama Nanggroe Aceh Darussalam (2001-2009) adalah sebuah Provinsi yang terletak di ujung Pulau Sumatra. Aceh memiliki otonomi yang diatur tersendiri, berbeda dengan provinsi lain di Indonesia, karena alasan sejarah. Di sebelah utara, Aceh berbatasan dengan Teluk Benggala, Samudra Hindia di sebelah barat, Sumatra Utara di sebelah tenggara dan juga selatan, Selat Malaka di sebelah timur.

Selepas musibah tsunami di Aceh tanggal 26 Desember 2004, derap jantung kota ini sempat terhenti. Namun seiring dengan pulihnya kegiatan ekonomi dan masyarakatnya, derap kehidupan dalam masyarakat pun ikut kembali pulih. Provinsi Aceh pun kembali bangkit dan menata sektor pariwisatanya dengan baik. Banyak daerah wisata yang menyuguhkan ragam obyek wisata yang tak kalah menarik dari kota-kota lain yang ada di Indonesia. Nah, berikut ini daftar info tempat wisata yang paling indah juga menarik di Aceh yang harus anda kunjungi.

1. Pantai Iboih
Pantai Iboih
Pantai Iboih
Tak dipungkiri jika Aceh dianugerahi dengan pantai-pantai yang indah dan cantik. Pantai Iboih adalah salah satu pantai tercantik di sini. Pantai dengan pasir putih dan laut yang begitu jernih berwarna hijau toska atau biru cerah, ditambah dengan suasananya yang tenang akan menyempurnakan liburan anda.

Pantai Iboih menawarkan keindahan bawah laut yang dapat anda nikmati tanpa harus berenang sekalipun. Di sini anda bisa snorkeling dan diving. Saat anda snorkeling, siap-siap anda akan terpesona dengan airnya yang bening. Jika anda belum puas bermain di dalam air, anda masih bisa menghabiskan waktu berpiknik di tepian pantai, di bawah nyiur yang begitu menyejukkan atau berjemur di bawah cahaya mentari.

2. Masjid Raya Baiturrahman
Masjid Raya Baiturrahman
Masjid Raya Baiturrahman
Masjid Raya Baiturrahman dibangun oleh Sultan Iskandar Muda tahun 1612 dan telah menjadi ikon Aceh. Masjin Baiturrahman juga menjadi obyek wisata religi di Aceh yang ramai dikunjungi karena kemegahan dan keindahannya. Bangunan utama pada Masjid ini berwarna putih dengan kubah hitam besar yang dikelilingi tujuh menara. Kesan megah Masjid ini semakin terasa dengan adanya kolam besar dan juga pancuran air pada bagian depan Masjid.

3. Air Terjun Blang Kolam
Air Terjun Blang Kolam
Air Terjun Blang Kolam
Air Terjun Blang Kolam berada di Desa Sidomulyo, Aceh Utara, bisa ditempuh dalam waktu lebih kurang 30 menit dari Lhokseumawe. Tempat wisata alam yang satu ini sayang, jika anda lewatkan. Karena di sini, anda bisa melihat air terjun kembar setinggi 75 meter dan dikelilingi sejumlah pepohonan yang rindang. Di tempat ini banyak orang yang bermain air di sekitar air terjun, berendam di kolam tampungan air terjun, atau hanya sekedar bersantai di tepiannya saja. Di Air Terjun Blang Kolam, anda juga bisa berkemah dan menikmati alam bebas hanya dengan tarif Rp 5.000 per orang.

4. Air Terjun Suhom
Air Terjun Suhom
Air Terjun Suhom
Air Terjun ini terletak di Desa Suhom, Kecamatan Lhoong. Air terjun ini memiliki tinggi lebih kurang 50 meter dan dibagi menjadi dua tingkat. Namun pengunjung tidak diperbolehkan naik ke tingkat dua dan tiga dengan alasan demi keselamatan, karena adanya pembangkit listrik yang bertegangan tinggi.

Untuk bisa mencapai kawasan tempat wisata ini, anda harus melewati jalan yang naik turun dengan pemandangan pegunungan Paro dan Kulu. Di tengah perjalanan anda akan menjumpai banyak monyet yang berkeliaran. Biasanya monyet-monyet ini meminta buah-buahan dan makanan ringan para pengguna jalan yang sedang lewat.

5. Pantai Lampuuk
Pantai Lampuuk
Pantai Lampuuk
Pantai Lampuuk ini memiliki pasir putih yang lembut dan tebing karang yang ada di ujung pantai, dan garis pantai sepanjang 5 km dari arah selatan ke utara. Pantai Lampuuk adalah salah satu tempat wisata yang bisa disebut Pantai Kuta di Aceh. Banyak orang datang untuk menikmati keindahan tempat wisata yang satu ini. Terdapat banyak kegiatan yang bisa anda lakukan di pantai ini, seperti bermain selancar, berenang, bermain banana boat, dan berjemur.

6. Pantai Lhoknga
Pantai Lhoknga
Pantai Lhoknga
Lokasi Pantai Lhoknga tak jauh dari Pantai Lampuuk, berjarak sekitar 20 km dari Banda Aceh. Pantai Lhoknga memiliki pasir yang luas dan landai, cocok anda gunakan untuk berjemur atau bermain voli pantai. Di sini juga terdapat pepohonan yang rindang untuk tempat anda bersantai. Jika anda kurang puas bersantai dan berjemur, anda bisa mencoba berselancar di lautnya. karena Pantai Lhoknga memiliki ombak yang cocok untuk berselancar dengan ketinggian 1,5 - 2 meter.

7. Pantai Ulee Lheue
Pantai Ulee Lheue
Pantai Ulee Lheue
Pantai Ulee Lheue hanya berjarak sekitar 3 km dari pusat kota Banda Aceh, tepatnya berada di Kecamatan Meuraxa. Kegiatan paling populer di pantai ini yaitu memancing. Di kawasan pantai ini banyak terdapat penjual alat pancing jika anda lupa membawa alan untuk memancing. Jika anda tak suka memancing, anda masih bisa menyewa perahu nelayan untuk berlayar di lautnya. Atau juga duduk santai di tepi pantai dan menikmati jagung bakar. Terdapat barisan pegunungan yang ada di seberang pantai, sehingga menambah keindahan Pantai Ulee Lheue.

8. Pulau Rubiah
Pulau Rubiah
Pulau Rubiah
Pulau Rubiah terletak di Sabang, tepatnya berada di sebelah barat laut Pulau Weh. Nama Rubiah diambil dari sebuah tulisan yang terdapat pada nisan yang ada di pulau ini. Pulau Rubiah dikenal dengan keindahan alam bawah lautnya. Sedikitnya terdapat 14 dari 15 biota laut yang saat ini dilindungi di Indonesia. Anda bisa diving dan snorkeling di sini, silahkan anda berenang bersama aneka ikan tropis dan menikmati indahnya terumbu karang yang berwarna warni.

9. Kuala Merisi
Kuala Merisi
Kuala Merisi
Kuala Merisi merupakan sebuah tempat untuk menikmati pantai dengan suasana yang sepi juga tenang. Berada di Desa Ketapang, Kecamatan Krueng Sabee. Dengan garis pantai yang panjang dan ombak yang kecil pantai Kuala Merisi sangat cocok untuk bermain air di tepian pantai. Anda bisa menikmati deburan ombak dari tepi pantai dengan menggelar tikar, merasakan hawa sejuk hembusan angin pantai. Tak jarang pula tempat wisata yang satu ini dijadikan untuk lokasi berselancar karena ombaknya sangat cocok untuk olahraga air.

10. Museum Tsunami
Museum Tsunami
Museum Tsunami
Pada tahun 2004 Tsunami menerjang Aceh dan menyisakan duka bagi warga Aceh yang telah selamat pada saat itu. Untuk mengenang sekaligus menghormati korban yang meninggal dalam musibah tsunami, dibangunlah sebuah Museum Tsunami yang berlokasi di Jalan Sultan Iskandar Muda pada tahun 2009. Terdapat lorong panjang ditambah dengan suara gemuruh ombak dan kucuran air di sepanjang lorong yang akan mengingatkan anda pada bencana besar tersebut.

Banyak wisatawan yang mengunjungi Museum ini dan melihat apa saja yang tersisa dari gelombang tsunami. Ada banyak benda sisa bencana tsunami yang di pajang. seperti sepeda milik korban. Selain benda sisa bencana tersebut, juga ada foto korban meninggal dan cerita tentang kesaksian korban yang selamat, dan juga alat simulasi elektronik gempa bumi.

11. Pantan Terong
Pantan Terong
Pantan Terong
Pantan terong adalah sebuah bukit yang biasa digunakan untuk menikmati keindahan Aceh Tengah dari atas. Tempat wisata ini berada pada ketinggian sekitar 1830 meter di atas permukaan laut. Jika anda ingin datang ke tempat wisata ini jangan lupa membawa jaket dan baju hangat karena udara di sekitar sini cukup dingin. Anda dapat melihat Danau Laut Tawar yang menyerupai kuali raksasa dari sini. Selain itu anda juga bisa menikmati sunrise dan sunset dengan pemandangan sangat cantik. Jadi, siapkan kamera untuk mengabadikan momen ini.

12. Danau Laut Tawar
Danau Laut Tawar
Danau Laut Tawar
Danau Laut Tawar adalah sebuah danau dan kawasan yang berada di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah. Di sebelah barat danau ini terdapat kota Takengon yang merupakan ibukota dari kabupaten Aceh Tengah. Suku yang mendiami daerah tersebut adalah Suku Gayo. Menyebut danau ini dengan sebutan Danau Lut Tawar. Danau ini memiliki luas sekitar 5.472 hektar, panjang 17 km, dan lebar 3.219 km. Disebut Danau Laut Tawar karena wilayah perairan danau ini sangat luas, dan air yang ada di danau ini juga merupakan air tawar.(RED)

TAKENGON - Sebagian besar masyarakat Gayo dan Subulussalam tidak mengetahui nama pertambangan dan perusahaan yang beroperasi di wilayah tersebut.

Berdasarkan data yang diperoleh portalsatu.com dari Jaringan Monitoring Tambang (JMT) menyebutkan sedikitnya ada 11 perusaahaan yang memperoleh Izin Usaha Pertambangan (IUP) di wilayah tengah Aceh. Antara lain di Aceh Tengah 6 IUP, Aceh Tenggara 2 IUP, Gayo Lues 1 IUP, dan Subulussalam 2 IUP.

Adapun nama-nama perusahaan yang memperoleh IUP tersebut berikut masa izinya adalah:

Aceh Tengah

1. PT. Linge Mineral Resources Luas Wilayah 98.143,00 Ha dengan tanggal izin IUP Eksplorasi 20 Desember 2012 hingga 28 Desember 2014. Jenis pengambilan mineral emas.

2. PT. Takengon Mineral Resources luas Wilayah 26.000,00 Ha dengan tanggal izin IUP Eksplorasi 20 Desember 2012 hingga 28 Desember 2014. Jenis pengambilan mineral emas.

3. PT. Sarana Kencana Mineral I luas wilayah 9.914,00 Ha dengan tanggal izin 14 Desember 2009 hingga 14 Desember 2012. Jenis pengambilan mineral emas.

4. PT. Sarana Kencana Mineral II luas wilayah 9.212,00 Ha dengan tanggal izin 14 Desember 2009 hingga 14 Desember 2012. Jenis pengambilan mineral emas.

5. PT. Nangroe Kuchi Puega I luas wilayah 9.301,00 Ha dengan tanggal izin 28 Desember 2009 hingga 28 Desember 2012. Jenis pengambilan mineral emas.

6. PT. Nangroe Kuchi Peuga II luas wilayah 10.000,00 Ha dengan tanggal izin 28 Desember 2009 hingga 28 Desember 2013. Jenis pengambilan mineral emas.

Aceh Tenggara

1. Alas Jaya Natural Resources luas wilayah 28.000 Ha dengan jenis galian mineral Galena.

2. Alas Jaya Natural Resources luas wilayah 10.000 Ha dengan jenis galian mineral Galena.

Gayo Lues

1. PT. Gayo Mineral Resources luas wilayah 39.000 Ha.

Kota Subulussalam

1. PT. Dairi Prima  Mineral luas wilayah 188 Ha dengan jenis galian mineral besi.

2. PT. Estamo mandiri luas wilayah 6.000 Ha dengan jenis galian mineral emas.[portalsatu]
loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.