2016-09-11

Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Bambang Tri Banda Aceh Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bireuen Bisnis BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya Cuaca Cut Meutia Dana Bos Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Fito Foto FPI Gampong Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan History Hotel Hukum HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Irwandi-Nova Irwndi Yusuf IWO Jaksa Jejak JKMA Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malware WannaCry Masjid Mitra Berita Motivasi Motogp Mudik MUI Musik Nanang Haryono Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patroli Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh PKI PLN PNL Polisi Politik Poso PPWI Presiden Pungli Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebriti Senator Sosok Sport Sumatera Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TNI Tokoh Tsunami Aceh Ulama Vaksin MR vid Video vidio Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

Nurjannah, bayi berkepala dua dari Makassar/Foto: Muhammad Nur Abdurrahman/detikcom
Makassar - Bayi kembar siam yang lahir dalam keadaan tidak normal seperti bayi lainnya, yakni memiliki dua kepala, pada Rabu (14/9/2016) lalu yang diberi nama Nurjannah, kini telah mengembuskan nafas terakhirnya.

Nurjannah meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Wahidin Sudirohusodo, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (17/9) sekitar pukul 10.46 WITA pagi tadi.

Orang tua Nurjannah, Heri Yasmin (37)dan Fitriani (33), pada wartawan di kediamannya, di Jalan Perintis Kemerdekaan VII, Makassar, mengatakan sebelumnya keluarga besarnya sangat menginginkannya putrinya dirujuk ke rumah sakit Jakarta. Namun pihak rumah sakit tetap bertahan dengan alasan masih bisa ditangani.

"Saya sudah minta agar anak saya di rujuk ke Jakarta tapi mereka masih bersikeras untuk bertahan karena katanya masih bisa, pihak dokter selalu menganjurkan untuk operasi tapi saya tidak mau, saya hanya ingin anak saya mendapat perawatan intensif atau di bawa saja ke Jakarta," ujar Heri.

Jenazah bayi Nurjannah ini telah dipulangkan ke kampung halaman orangtuanya untuk dimakamkan di Desa Topanda, Kecamatan Rilau Alo, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.(Detik.com)

ommy Singh. Foto: dok/JPNN.com
StatusAceh.Net -  Tommy Singh, pengacara Ketua Dewan Perwakilan Daerah Irman Gusman menyatakan ada kemungkinan kliennya tidak ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi.

"Mudah-mudahan ya tidak ditahan. Ya, ada kemungkinan," kata Tommy di kantor KPK, Sabtu (17/9).

Irman ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka karena menerima suap Rp 100 juta dari Direktur Utama CV Semesta Berjaya Xaveriandy Sutanto dan istrinya, Memi, Sabtu (17/9) dini hari di rumah dinasnya, Jalan Denpasar, Jakarta Selatan.

Tommy menilai secara materil kasus ini sedikit lucu. Sebab, kata dia, uang Rp 100 juta yang diterima Irman sangat kecil. Menurut dia, di tas Irman saja sering ada Rp 100 juta.

"Angkanya kecil sekali. Bukan kelas Pak Irman lah kalo kita ngomong kasar ya. Artinya angka segitu buat saya tanda tanya," katanya.

Dia mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima, Xaveriandy dan Memi datang ke rumah Irman membawa bingkisan. Memang, kata dia, bingkisan itu diserahkan kepada Irman.

"Yang saya tahu itu bingkisan itu diserahkan 'ini ada hadiah sedikit'. Bahkan memang menurut informasi keluarga tidak tahu apa isinya," kata dia.

Setelah pasangan suami istri itu pergi dan kembali lagi bersama tim KPK baru diketahui ada uang di dalam bingkisan. "Jadi Pak Irman itu menurut informasi yang saya dapat tidak mengetahui ada apa isinya di dalam itu," ujar Tommy. (jpnn)

Muhlis (27) seorang calon pengantin ditemukan tewas di bawah pohon lontar oleh warga dalam kondisi tali masih terjerat di lehernya di persawahan Dusun Sorabaya, Bontonompo Selatan, Gowa. (Foto: Bugma/iNews TV)
StatusAceh.Net - Muhlis (27) calon pengantin yang tewas dengan tali terjerat di lehernya di persawahan Dusun Sorabaya, Bontonompo Selatan, Gowa ternyata mayatnya ditemukan beberapa saat sebelum ijab kabul.

Diduga pemuda ini tewas dibunuh karena terdapat luka di bagian tubuhnya. Muhlis tewas usai merayakan malam terakhir masa lajangnya.

Kanit Reskrim Polres Gowa Ipda Malaelak mengatakan, kuat dugaan korban tewas dibunuh karena ditemukan dalam kondisi tali terlilit di leher korban.

"Saat ini polisi masih melakukan penyelidikan termasuk memeriksa para saksi di lapangan," timpalnya

Menurut Arsyad Daeng Ngawing paman korban, tewasnya Muhlis calon pengantin laki-laki ini pertama kali diketahui saat korban yang akan melakukan acara ijab kabul tiba-tiba menghilang.

Setelah dilakukan pencarian selama lima jam korban kemudian ditemukan dalam kondisi sudah tidak bernyawa dan penuh dengan luka.

“Saat ditemukan di kaki dan sekujur tubuh korban terdapat sejumlah luka memar bekas penganiayaan,” timpal Arsyad, Sabtu (17/9/2016).

Petugas Reskrim Polres Gowa yang tiba di lokasi tewasnya korban langsung melakukan penyelidikan dan olah tempat kejadian perkara (TKP).

Dari hasil olah TKP sementara polisi menduga korban tewas tidak wajar karena terdapat sejumlah luka bekas penganiayaan di leher dan kaki korban.

Hingga kini keluarga korban belum mengetahui pasti penyebab kematian calon pengantin laki-laki ini. Sementara petugas Reserse Kriminal Polres Gowa masih melakukan penyelidikan terkait tewasnya korban yang diduga karena pembunuhan. (Sindo)

Luis Suarez menyumbang satu gol dan dua assists dalam partai tandang Barcelona ke markas Leganes, Sabtu (17/9) WIB. Foto: AFP
Sport - Barcelona meraup tiga poin dari hasil lawatan ke markas Leganes, di Estadio Butarque, Sabtu (17/9) malam WIB.

Dalam lanjutan pekan keempat La Liga itu, Barca menang telak 5-1. Trio Lionel Messi, Luis Suarez dan Neymar (MSN) kembali unjuk gigi di dalam laga ini.

Messi mencetak dua gol masing-masing pada menit ke-15 dan 55. Suarez ikut menggoyang gawang tuan rumah lewat golnya pada menit 31, sementara Neymar tak mau ketinggalan dengan donasi satu golnya pada menit 39.

Satu gol lagi, dibukukan Rafinha pada menit ke-64. Tuan rumah hanya mampu membalas lewat sebiji gol dari Gabriel pada menit 80.

Dengan hasil ini, Barcelona untuk sementara memimpin klasemen sementara, menggeser Real Madrid. Dari empat laga, Barca mendulang sembilan poin, hasil dari tiga kali menang dan sekali kalah.

Sementara Real Madrid yang belum melakoni partai keempat La Liga, juga mendulang sembilan poin, hasil tiga kali main, tiga kali menang. Barca hanya unggul selisih gol (13-5 vs 10-3). Madrid sendiri akan bertandang ke markas Espanyol pada Senin (19/7) dini hari WIB. (jpnn)

Korban ledakan granat dalam mobil dinas salah seorang angota DPRK Bener Meriah.
Banda Aceh - Sebuah mobil Toyota Kijang Innova, tiba-tiba meledak, saat melaju dari Bireuen ke arah Takengon, tepatnya di kawasan Gampong menderek, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah, Sabtu (17/9/2016) sore.
Mobil bernomol polisi BL 136 Y yang dikendarai Aulia Rahman dan ditumpangi lima orang lainnya tersebut mengalami kerusakan bagian dalam mobil dan kaca remuk.

‎Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Goenawan mengatakan, ledakan yang sempat diisukan karena ledakan granat tersebut sama sekali tidak benar. Saat ini pihak kepolisian masih menyelidiki penyebab terjadinya ledakan tersebut.

"Seorang korban bernama Nana Kibi (8), meninggal dunia, sedangkan lima orang lainnya luka berat dan ringan. Polisi telah mengevakuasikan seluruh korban untuk dirawat di RSU Muyang Kute, Bener Meriah," ‎ujar Kombes Pol Goenawan.

Ia melanjutkan, pihaknya terus melakukan penyelidikan penyebab ledakan tersebut. "Saat ini petugas telah mengamankan lokasi kejadian dan mendalami penyebab ledakan mobil tersebut. Masyarakat diharap tetap tenang dan tidak terpancing oleh berita yang belum akurat," ujarya.(goaceh.co)

StatusAceh.Net - Keberadaan batu ginjal biasanya menyebabkan nyeri yang amat sangat dimulai pada sisi tubuh atau punggung, di bawah pinggul serta bergerak ke perut bagian bawah dan pangkal paha. Rasa nyeri berubah seiring dengan pergerakan batu ginjal pada saluran urin. Batu ginjal juga bisa menyebabkan Anda kesulitan berkemih dan hal ini akan semakin memperburuk kondisi. Hindari terbentuknya batu di dalam ginjal Anda dengan langkah-langkah berikut.

Minum air dan minum lagi
Batu ginjal biasanya terdiri dari kalsium baik itu fosfat maupun oksalat. Mineral diserap dari makanan dan biasanya dibuang melalui urin. Ketika urin terlalu pekat, mineral dapat mengkristal untuk membentuk batu. Minum setidaknya enam sampai delapan gelas air sehari untuk menjaga urin tidak menjadi terlalu pekat.

Aktivitas fisik

Olahraga dapat mengurangi risiko Anda terkena batu ginjal, sebanyak lebih dari 33 persen, menurut sebuah studi yang dimuat dalam Journal of the American Society of Nephrology. Berjalan kaki tiga jam seminggu atau jogging selama satu jam seminggu, akan mampu mengubah cara tubuh Anda menangani mineral yang masuk melalui makanan dan mengurangi mineral itu berkembang menjadi batu ginjal.

Menghindari soda

Sebuah studi terbaru dari Brigham and Women's Hospital menemukan bahwa orang yang minum setidaknya satu porsi minuman ringan bergula setiap hari memiliki risiko 23 persen lebih tinggi terkena batu ginjal daripada mereka yang minum kurang dari satu porsi dalam seminggu. Mengapa? Karena fruktosa di dalam minuman tersebut dapat meningkatkan kadar kalsium, oksalat, dan ekskresi asam urat, yang pada akhirnya berkontribusi terhadap pembentukan batu ginjal.

Tingkatkan asupan kalsium Anda
Karena batu ginjal biasanya terbentuk dari kalsium, banyak orang berpikir bahwa menghindari mineral ini dapat mencegah terjadinya batu ginjal. Tapi, berbagai penelitian ilmiah membuat kita tahu bahwa justru yang sebaliknyalah yang benar. Kalsium sebenarnya dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal dengan cara mengikat oksalat di usus sehingga tidak mencapai ginjal.

Nikmati secangkir kopi pagi
Orang yang minum setidaknya satu cangkir kopi berkafein memiliki risiko 26 persen lebih rendah menderita batu ginjal. Sedangkan mereka yang minum kopi tanpa kafein memiliki risiko 16 persen lebih rendah, dan peminum teh 11 persen lebih rendah, menurut sebuah studi yang dimuat dalam Journal Clinical of American Society of Nephrology.

Waspadai sindrom ini
Sindrom metabolik adalah kondisi serius yang berhubungan dengan serangan jantung, diabetes, dan bahkan kematian. Tanda-tandanya adalah kelebihan lemak perut, trigliserida darah tinggi, HDL rendah, tekanan darah tinggi, dan gangguan toleransi glukosa. Peluang Anda untuk mengembangkan batu ginjal adalah sebesar 54 persen jika Anda memiliki dua ciri-ciri tersebut, dan 70 persen jika Anda memiliki tiga dari lima gejala tersebut.

Kurangi protein
Para ahli mengatakan terlalu banyak protein dapat menciptakan lingkungan yang ideal untuk batu ginjal berkembang. Cobalah untuk mengurangi asupan daging terutama daging merah.

Sumber: merdeka.com

Bener Meriah - Satu orang tewas dan lainnya luka-luka di dalam kabin mobil, diduga terkena granat yang meletup dari dalam mobil. Peristiwa ini terjadi di kawasan Manderek, Desa Alur Punti, Pintu Rime Gayo km 52, Bener Meriah.

Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 17.00 WIB itu, Sabtu 17 September 2016 yang  menyebabkan kaki sopir mobil Avanza warna hitam itu putus. Mobil berplat merah BL 136 Y.
 
Kapolres Bener Meriah, Deden Somantri yang berada di Tempat Kejadian Perkara (TKP) sesaat sesudah kejadian di jalan Lintas Gayo, Takengon-Bireuen Menderek Bener Meriah, mengatakan Granat yang meledak tersebut sudah ada dalam mobil dan akibat kepanasan maka meledak.

“Granat sudah ada dalam mobil, tiba-tiba meledak sendiri, mungkin karena panas atau penyebab lainnya,” ungkap Kapolres dari hasil olah TKP sementara.

Akibat ledakan ini, lanjutnya, satu anak berusia 5 tahun bernama Kidi meninggal dunia, sementara 6 orang lainnya termasuk Norma yang merupakan istri dari anggota DPRK Bener Meriah Mansyur.

Mansyur sendiri tidak ikut menumpang mobil naas yang sedang melaju dari arah Bireuen tersebut karena sedang berada di Jakarta.

“Korban dilarikan ke instalasi medis terdekat, ada yang ke Bireuen ada yang ke RSU Muyang Kute Bener Meriah,” ungkap Kapolres Deden Soemantri.

Pihaknya masih menyelidiki kenapa ada granat dalam mobil tersebut. “Masih dalam penyelidikan,” demikian Kapolres Bener Meriah, Deden Somantri, S.I.K., M.Si.(AT/LG)


Lhoksukon - Masyarakat Dusun Krueng Tuan,  Desa Alue Dua, Kecamatan Nisam Antara, Aceh Utara, dibuat kebingungan oleh para pekerja dan pengambil Batu Galian C di areal sungai Krueng Tuan. Pasalnya masyarakat tersebut di isukan tanah tersebut milik PT.KKA.

“Kami tidak setuju pengambilan batu di areal aliran sungai, apa lagi ini salah satu tempat wisata tempat kami,” ujar salah seorang pemuda yang merupakan warga setempat.

 Pantauan Reporter StatusAceh.Net, Sabtu, 17 September 2016 dilokasi pengambilan batu gajah dan juga batu koral tersebut, terlihat sejumlah dump truck intercooler yang mengangkut bahan material di lokasi tempat wisata tersebut.

Dari pengakuan warga. Kegiatan tersebut dilakukan tanpa persetujuan masyarakat walau mereka mengklaim tanah tersebut milik PT.KKA, dan yang jelas sungai itu milik Gampong setempat.

“Mereka beralasan tanah itu milik PT.KKA, kok batu yang di sungai yang diambil,” tutur seorang warga yang menjaga lokasi parkir di tempat wisata tersebut.

Lhoksukon - Inilah beberapa Foto proses pengambilan batu di areal sungai  Krueng Tuan,  Desa Alue Dua, Kecamatan Nisam Antara, Aceh Utara, dengan menggunakan alat Berat Beckhow dan mengangkut dengan dump truck intercooler , Sabtu, 17 September 2016.

Baca: Klaim Tanah Milik PT KKA, Galian C di Krueng Tuan Berjalan Mulus

Lokasi Pengambilan material batu tersebut di klaim milik PT KKA sehingga mereka lebih leluasa untuk mengeksekusi batu di areal sungai yang dikabarkan akan dibawa kesalah satu tempat pemecah batu di Kcamatan Sawang, Aceh Utara.





Foto: Rizal | StatusAceh.net
Nisam Antara - Masyarakat Dusun Krueng Tuan,  Desa Alue Dua, Kecamatan Nisam Antara, Aceh Utara, dibuat kebingungan oleh para pekerja dan pengambil Batu Galian C di areal sungai Krueng Tuan. Pasalnya masyarakat tersebut di isukan tanah tersebut milik PT.KKA.

“Kami tidak setuju pengambilan batu di areal aliran sungai, apa lagi ini salah satu tempat wisata tempat kami,” ujar salah seorang pemuda yang merupakan warga setempat.

 Pantauan Reporter StatusAceh.Net, Sabtu, 17 September 2016 dilokasi pengambilan batu gajah dan juga batu koral tersebut, terlihat sejumlah dump truck intercooler yang mengangkut bahan material di lokasi tempat wisata tersebut.

Dari pengakuan warga. Kegiatan tersebut dilakukan tanpa persetujuan masyarakat walau mereka mengklaim tanah tersebut milik PT.KKA, dan yang jelas sungai itu milik Gampong setempat.

“Mereka beralasan tanah itu milik PT.KKA, kok batu yang di sungai yang diambil,” tutur seorang warga yang menjaga lokasi parkir di tempat wisata tersebut.
 
Menurutnya semua masyarakat di Desa Alue Dua tidak mengizinkan pengambilan batu di areal sungai Krueng Tuan, karena ada faktor dukungan dari pihak tertentu, masyarakat tak bisa bicara banyak.
 
"Kami hanya bisa diam, walau pengusaha terus mengambil batu di daerah aliran sungai Krueng Tuan,"tambahnya.

Sebelumnya Wakil Bupati Aceh Utara Drs M Jamil mengatakan,  ia akan segera menindaklanjuti persoalan itu, jika memang Dinas Pengairan dan ESDM sudah menyurati perusahaan itu, tapi perusahaan itu juga belum menghentikan aktivitasnya.

“Kita akan mengirim surat lagi ke perusahaan yang mengambil galian C itu, lalu kita tembuskan suratnya ke Polres Lhokseumawe dan Polda Aceh. Jika tidak segera dihentikan, kita akan minta untuk segera diproses sesuai ketentuan hukum yang berlaku,” tegas Wabup M Jamil.

Sebab, kata Wabup, penambangan ini bisa menyebabkan kerusakan lingkungan. Jadi harus segera dicegah apalagi jika usaha penambangan galian C itu ilegal. Wabup M Jamil menambahkan, bukan hanya perusahaan penambang di Krueng Tuan yang akan disurati, tapi juga perusahaan-perusahaan di beberapa lokasi galian C lainnya di Aceh Utara.

Sementara Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Aceh Utara, Nuraina mengakui banyak aktivitas galian C tanpa izin (ilegal) di kabupaten ini. Masyarakat dan pihak terkait diharapkan bekerja sama untuk menghentikan aktivitas yang mengakibatkan kerusakan ling­kungan itu.

Eksploitasi galian C liar di Aceh Utara terdapat di beberapa ke­camatan, yaitu Langkahan, Paya Ba­kong, Sawang, Nisam, Matangkuli, dan Cot Girek. Eksploitasi galian C di kecamatan-kecamatan tersebut tergo­long sudah parah. Pihak kepolisian diharapkan segera menghentikannya.(SA/TM)

Rokan Hulu - Pasien penyakit dalam Di RSUD Rohul yang Ditangani oleh dr Roni Risdianto Sp Pd ( spesialis Dalam) Merasa  kecewa Pasalnya Pasien rumah sakit Umum daerah yang Pelayanannya sangat Di Harapkan Oleh Warga ,Ternyata sudah melakukan pembatasan pelayanan kesehatan.

Hal ini berImbas pada pasien penyakit dalam harus bolak-balik ke rumah sakit untuk mendapatkan  pelayanan kesehatan. Salah seorang pasien penyakit dalam bernama Satijo Spd sangat kecewa dengan kebijakan RSUD Rohul ini. Gara gara aturan itu pula, pensiunan PNS yang menderita diabetes ini kemarin tak bisa mendapat pelayanan kesehatan saat hendak kontrol ke poli penyakit dalam.

Di kantor DPC  Aliansi  wartawan Indonesia Kabupaten Rokan Hulu satijo Spd yang di dampingi isteri tercintanya Mengatakan "Padahal saya sudah datang di RSUD Rohul ini sejak  pukul 07.00 WIB. Pagi Tapi ditolak petugas. Alasannya, kuota pasien hari ini sudah melewati batas yang telah ditetapkan,” ungkapnya

Berdasar kan info yang diterimanya, saat ini poli Spesialis penyakit dalam membatasi jumlah pasien yang diterima  maksimal hanya 30 orang tiap hari. Menurut Satijo, aturan baru ini menyalahi ketentuan pelayanan publik. Dirinya Mengira , jumlah dokter spesialis penyakit di RSUD Rohul ini sudah cukup memadai.

“Lagi pula, institusi pelayanan kesehatan mestinya menambah layanannya karena berkaitan dengan banyak orang, tapi ini malah dibatasi,” ucapnya denan wajah kecewa‎

Direktur RSUD Rohul dr M Yakup saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya sebenarnya tak melakukan pembatasan layanan penyakit dalam. Pihaknya hanya melakukan penyesuaian agar hasil layanan kesehatan yang diberikan maksimal.

Karna menurut Dirut RSUD Yang Juga Mantan Humas Ini  dokter Roni memiliki Penyakit dan Dia Memeriksa Pasien Lama sehingga  Pasien Merasa Puas Yakup juga Menambahkan dokter Roni Hanya Mampu Menerima 30 Pasien Setiap hari nya ‎

Lebih lanjut  M Yakup juga Mengatakan Jumlah Poli saat ini ada 11 sementara Untuk dokter spesialis Penyakit Dalam kita ada tiga orang dan  mereka bertugas pada hari Selasa , Kamis dan Sabtu sementara ada dua Poli Spesialis Dalam yaitu ‎dokter Roni dan dokter Welli di luar dari jadwal itu ditangani oleh dokter Evrianto SpPd " unkapnya kepada Media Ini

Dirut RSUD Rohul  Menjelaskan sebenarnya pihaknya ingin sekali  bisa menangani hingga 100 pasien penyakit dalam. Namun Mereka akhirnya terlalu lelah dan ujung-ujungnya berimbas pada kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan kepada pasien. “Kalau tak maksimal nanti, pasien juga yang merasa dirugikan,” ujarnya. Meski begitu, pihaknya akan melakukan evaluasi terkait pelayanan kesehatan khusus poli penyakit dalam. Jika memang dibutuhkan, pihaknya siap menambah satu lagi poli penyakit dalam. “Kita kaji dulu kondisinya seperti apa. Kalau memang harus maka kita tambah satu poli lagi,” tandas Yakup ** Alfian **

Jakarta - PT PLN (Persero) menandatangani nota kesepahaman penyaluran listrik dengan kapasitas 50 Mega Volt Ampere (MVA) untuk PT Semen Indonesia Aceh di Laweung Pidie, Aceh, yang dijadwalkan beroperasi 2020. General Manager PLN Wilayah Aceh Bob Saril dmengatakan, pihaknya mampu dan siap menyediakan daya listrik yang dibutuhkan Semen Indonesia Aceh.

"PLN Aceh siap untuk melayani kebutuhan daya listrik berapapun yang dibutuhkan oleh calon pelanggan di Aceh," ujarnya.

Menurut Bob, dengan beroperasinya pabrik semen maka akan terbukanya lapangan kerja baru dan menyerap tenaga kerja lokal. "Ini merupakan peran serta PLN sebagai agen pembangunan ekonomi dan industri," ujarnya.

Ia juga mengatakanakan terus mengupayakan penambahan pasokan misalnya PLTA Peusangan 84 MW yang ditargetkan beroperasi pada awal 2018. Selain itu, lanjutnya, PLTG Arun "extension" berkapasitas 250 MW juga akan "commercial operation date" (COD) atau beroperasi secara komersial pada akhir 2017.

"Pabrik semen ini mulai berproduksi tahun 2020 dan membutuhkan daya hingga 60 MW. Secara jaringan kami sudah siap, karena lokasi pabrik semen nantinya tidak berjauhan dengan transmisi 150 kV," ujarnya.

Ia mengharapkan, pengoperasian Semen Indonesia Aceh akan memicu pertumbuhan industri lain atau kawasan bisnis di Aceh. Hadir dalam penandatanganan MoU antara lain Asisten III Sekretariat Daerah Aceh Syahrul Badruddin, Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN Amir Rosidin, Kepala Dinas Petambangan dan Energi? Syahrul, dan Kepala Badan Investasi dan Promosi Aceh Iskandar Zulkarnaen.

Sumber : antara

MENANTANG: Para wisatawan menikmati petualangan di bekas jalur gerilya GAM di Hutan Aceh. (Foto: jawapos)
PENANDA waktu di ponsel saya menunjukkan pukul 08.00 waktu Aceh. Mendel John Pols, direktur operasional Aceh Explorer (AE) yang berasal dari Belanda, kemudian mendekat. ”Mobil kita sudah datang,” ujarnya Kamis lalu (8/9). Pikap yang dirombak menjadi mobil penumpang itu akan mengantar saya dan para wisatawan lain menuju basis GAM di Pucok Krueng, Aceh Besar.

Kami berangkat dari penginapan yang dikelola AE di pusat Kota Banda Aceh. Sebelum ke Pucok Krueng, kami menjemput dua pemandu di kawasan Lhoknga, masih di pusat kota. Mereka adalah Armansyah dan Ferizal. Keduanya merupakan mantan kombatan (warga sipil yang ikut perperang) GAM yang tinggal di Pucok Krueng sekitar tiga tahun.

Pucok Krueng merupakan kawasan hutan dengan sungai dan ngarai yang cukup sulit untuk dilewati. Hutannya rimbun. Wajar bila dulu digunakan sebagai salah satu basis persembunyian GAM. Namun, kini kawasan itu menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan yang gemar bertualang.

Mencapainya tidak mudah. Dibutuhkan waktu sekitar satu jam perjalanan dari Banda Aceh untuk menuju kawasan tersebut. Dari jalan utama, kendaraan yang kami tumpangi berbelok ke akses hutan. Lebarnya hanya 2 meter. Itu pun masih berupa jalan tanah dan becek karena sehari sebelumnya diguyur hujan yang cukup deras. Mobil harus pelan dan berhati-hati.

Setelah berjalan hampir 2 kilometer, barulah kami sampai di tepi bukit cadas yang sekian tahun menjadi salah satu basis GAM. Tiba-tiba gerimis turun. Petualangan baru dimulai.

”Sebenarnya Anda salah musim untuk wisata di sini,” tutur Mendel, yang memiliki nama Islam Nurdin Al Hidayah. Ya, cuaca hari itu memang kurang bersahabat untuk pendakian.

Basis GAM di Pucok Krueng adalah kawasan perbukitan dengan tebing-tebing yang tinggi. Untuk mengawali tur, kami menuju salah satu sudut tebing. Di situ, terdapat sebuah ceruk yang mirip dengan kolam dan berisi air berwarna kehijauan. ”Ini namanya gua air karena sebelumnya memang gua,” tutur Ril –panggilan Ferizal– saat memandu.

Konon, papar Ril, puluhan tahun lalu ceruk itu tidak berisi air, melainkan kering dan dijadikan jalan. Istilah warga setempat, jalan kerbau. Sebab, ternak sering lewat gua yang diyakini sepanjang 50 kilometer itu. Setelah syekh yang tinggal di kawasan tersebut meninggal dunia, perlahan gua itu tidak lagi menjadi jalan orang, melainkan menjadi sungai bawah tanah dengan kedalaman sekitar 10 meter.

Ceruk itulah yang menjadi sumber air para gerilyawan GAM. Dulu Armansyah dan Ril-lah yang ditugasi untuk mengambil air. Mereka harus menuruni tebing setinggi 100 meter itu dengan berjalan sejauh 2 kilometer.

Kami lalu turun lagi, kemudian menyeberangi Sungai Krueng Raba. Setelah perjanjian damai, pemerintah membuat semacam penahan/dam yang menjadi batas telaga dan sungai tersebut, menjadikan salah satu sisinya dangkal. Kami berjalan menyusuri sisi dangkal tersebut. Sangat licin karena ditumbuhi lumut. Karena itu, kami harus ekstrahati-hati saat melangkah.

Di sisi selatan, tampak jelas tebing batu yang dijadikan persembunyian anggota GAM. Lokasinya memang sangat ideal untuk bertahan. Dari atas, mereka tanpa terlihat bisa leluasa menembak siapa pun yang dianggap sebagai musuh di bawah tebing. Tentu dalam hal ini pasukan TNI. Namun, kini kondisi di wilayah itu tidak mencekam lagi seperti dulu.

Lanskap tebing tampak sangat indah. Perpaduan telaga berair kehijauan dengan tebing batu yang ditumbuhi pohon dan belukar berwarna hijau. Menengok ke utara, Sungai Krueng Raba memanjang dengan air yang kehijauan. Tepiannya tidak tampak karena tertutup rimbunnya pepohonan. Aliran deras air yang turun dari telaga melewati sela-sela kaki, menambah nikmat rasanya.

Sesampai di seberang sungai, saya dan Armansyah menyusuri jalan setapak yang biasa mereka gunakan saat bergerilya. Sebagian di antaranya sudah ditumbuhi belukar, membuat jalan itu makin sempit. Jalur tersebut juga basah karena hujan hari sebelumnya.

Di beberapa titik, jalur menjadi licin. Khususnya ketika kami harus mendaki. Beberapa kali tampak jalur terputus, dipisahkan oleh batu-batu besar yang harus kami lewati. Bila tidak berhati-hati, bisa terpeleset dan jatuh.

Setelah berjalan hampir 1 kilometer, langkah kami terhenti. Armansyah menyarankan kami untuk tidak melanjutkan perjalanan. ”Jalurnya tidak aman kalau sedang hujan. Kita sampai di sini saja,” tutur pria 30 tahun itu.

Ya, jalur tersebut memang tampak tidak mudah lagi, terutama bagi pendaki pemula seperti saya. Yang dikhawatirkan bukan bagaimana mendaki, melainkan bagaimana cara turun bila nanti sampai di puncak tebing dalam kondisi hujan.

Di puncak tebing itu, terdapat gua yang dijadikan persembunyian anggota GAM. Masih ada beberapa peralatan masak yang pernah digunakan anggota GAM. Letaknya cukup tersembunyi.

Kami pun kembali ke titik semula, menyeberangi Sungai Krueng Raba. Setelah berbincang dengan Mendel yang ikut mengantar, saya minta diantarkan ke lokasi lain yang juga menjadi jalur gerilya. Lokasinya terdapat di Lhoong, masih di Aceh Besar. Setengah jam dari Pucok Krueng.

Kali ini saya tidak lagi bersama Ril dan Armansyah, melainkan Marjuni. Lhoong merupakan ”daerah kekuasaan” Marjuni saat masih menjadi kombatan GAM. Karena itu, dia sangat mengenal kawasan tersebut.

Berbeda degan Pucok Krueng, kawasan Lhoong lebih tertata. Di kawasan tersebut, terdapat air terjun yang dinamai Souhom. Jalur masuknya sepanjang 1 kilometer sudah diaspal. ”Sebelum perjanjian damai, tidak ada yang berani masuk ke sini,” tuturnya.

Penjelasan itu baru saya pahami setelah tiba di air terjun. Di sekitarnya, terdapat perbukitan yang rimbun nan terjal. Dulu para anggota GAM bersembunyi di pucuk-pucuk tebing. Sebagaimana di Pucok Krueng, pandangan dari atas menjadi lebih luas.

Kami lalu mendaki tangga batu di sisi air terjun yang memiliki tinggi sekitar 20 meter itu. Di puncak air terjun, terdapat sebuah pembangkit listrik mikrohidro berkapasitas 40 kilowatt. Kapasitas tersebut cukup untuk menerangi tiga desa terdekat dari air terjun.

Listriknya dijual kepada PLN, kemudian masyarakat bisa berlangganan melalui PLN. ”Kalau akhir pekan, banyak warga yang datang ke sini,” tutur Marjuni.

Kami sepakat untuk tidak naik ke bukit karena jalurnya cukup terjal dan licin. Seperti di Pucok Krueng, kami lebih khawatir tidak bisa turun setelah sampai di puncak. Di puncak-puncak tebing, juga terdapat gua untuk bersembunyi.

Karena itu pula, objek wisata gerilya lebih sering dikunjungi ketika musim kemarau yang jatuh pada awal tahun. Para wisatawan lebih sering memilih akhir pekan untuk menyusuri jalur itu. Baik Pucok Krueng, Lhoong, maupun kawasan hutan lain.

Mendel menuturkan, sejak perjanjian damai dan para kombatan turun gunung, otomatis perbukitan serta tebing-tebing di hutan Aceh Besar menjadi kawasan terbuka. Siapa saja bisa datang. ”Saya hanya menyediakan pemandu dari mantan kombatan karena mereka yang paling mengenal medan di situ,” tuturnya.

Wisata gerilya itu, papar Mendel, berawal dari niatnya untuk membuka lapangan pekerjaan bagi para mantan kombatan. Dia kemudian mendapatkan izin dari gubernur Aceh saat itu, Irwandi Yusuf, untuk membuka paket wisata gerilya GAM. Berbekal surat izin tersebut, Mendel datang ke salah satu basis GAM di Pucok Krueng pada 2007.

Dia lalu mengumumkan bahwa dirinya akan memberikan pekerjaan kepada para mantan kombatan. Namun, hanya seorang yang melamar, yakni Marjuni. Itu pun setelah Marjuni mendapat restu dari mantan Komandan GAM Pucok Krueng Muharram. Muharram setuju setelah Mendel menunjukkan surat izin dari gubernur.

Sejak wisata itu dibuka pada 2007, sudah banyak turis yang tertarik dengan tawaran Mendel tersebut. Tidak sedikit pula wisatawan asing yang tertantang, di antaranya berasal dari Amerika dan Belanda. Mereka datang berombongan.

Suami Jamilah Usman itu tidak secara spesifik menyebutkan biaya yang harus dibayar wisatawan. Yang jelas, ongkos untuk seorang pemandu Rp 150 ribu. Kemudian, tarif angkutan menuju lokasi yang sebesar Rp 450 ribu termasuk ongkos sopir. Wisatawan juga bisa memanfaatkan angkutan labi-labi, pikap yang baknya dimodifikasi dan diberi tempat duduk penumpang. Di Banda Aceh, banyak kendaraan seperti itu yang digunakan sebagai angkutan kota. Biaya sewanya lebih murah, sekitar Rp 250 ribu sehari.

Mendel menuturkan, umumnya turis asing lebih suka menggunakan labi-labi. Bukan karena harga sewanya lebih murah. ”Mereka penasaran karena kendaraan itu tidak ada di negaranya,” jelasnya. (*)

Banda Aceh - Mantan gubernur Aceh, Irwandi Yusuf menyatakan ia bersama timses siap membantu calon independen yang saat ini kekurangan fotokopi KTP untuk memenuhi persyaratan maju pilkada. Ia menegaskan, sejak awal maju sebagai calon gubernur tidak memiliki niat untuk menjegal calon independen.

“Bagi yang belum cukup KTP masih ada waktu untuk mencukupi KTP, mereka boleh minta bantuan saya atau tim kami untuk mencari KTP,” ujar Irwandi kepada Serambi, di sela-sela acara silaturahmi dengan berbagai kalangan masyarakat, di rumahnya, kawasan Lampriek, Banda Aceh, Kamis kemarin (15/9).

Irwandi Yusuf merupakan gubernur pertama di Indonesia yang terpilih dari jalur perseorangan (independen). Berpasangan dengan Muhammad Nazar, mantan presidium Sentral Informasi Referendum Aceh (SIRA), Irwandi yang merupakan mantan juru propaganda GAM, berhasil memenangi pertarungan pada Pilkada Aceh 2007, yang merupakan pilkada pertama pascadamai Aceh.

Pada Pilkada 2012, Irwandi Yusuf kembali maju dari jalur perseorangan. Namun, Irwandi yang kala itu berpasangan dengan Muhyan Yunan, kalah dari calon yang diusung Partai Aceh dan koalisi, dr H Zaini Abdullah dan Muzakir Manaf.

Kali ini, pada Pilkada 2017, Irwandi Yusuf memilih maju melalui jalur partai politik. Berpasangan dengan Ketua DPD Partai Demokrat Aceh, Nova Iriansyah, mereka diusung oleh Partai Demokrat (8 kursi), Partai Nasional Aceh (3 kursi), Partai Kebangkitan Bangsa (1 kursi), dan Partai Damai Aceh (1 kursi).

Sebelum memastikan maju dari jalur parpol, Irwandi Yusuf bersama pendukungnya sempat menggalang dukungan sebagai persiapan untuk maju dari jalur independen.

Menurut Irwandi, selama ini ia tidak memiliki niat untuk menganjal calon-calon lain untuk maju dalam Pilkada 2017 nanti, bahkan menurutnya sebagai calon kepala daerah harus saling tolong-menolong. Ia mengimbau agar sesama calon kepala daerah agar tidak saling menjegal. “Namun kalau memang aturan yang mengganggalkan, ya harus diikuti,” ujarnya.

Ia menuturkan bahwa mengumpulkan fotokopi KTP untuk maju dalam Pilkada bukanlah perkara yang sulit dilakukan. Sehingga beberapa waktu lalu Irwandi langsung membentuk tim relawan di tiap gampong untuk mengumpulkan KTP.

Menurutnya, calon independen juga tidak sulit dalam memenangkan Pilkada, namun kesulitan itu akan terasa setelah meraih kemenangan dalam pilkada. Sebab calon independen tidak memiliki dukungan atau perwakilan di DPRA atau DPRK.

Irwandi juga kembali mengutarakan harapannya agar Pilkada 2017 menjadi Pilkada halal, yaitu tanpa pembunuhan, perusakan, teror, dan intimidasi. Serta berlangsung secara jujur dan adil sehingga akan melahirkan pemimpin yang diinginkan oleh rakyat. “Kan sudah pernah kita rasakan pilkada haram. Kalau sudah pernah rasa pilkada haram dan akibatnya, maka kali ini jangan lagi haramlah,” ujarnya.

Acara silaturahmi di rumah Irwandi Yusuf kemarin dihadiri Nova Iriansyah, mantan pemimpin sipil bersenjata Din Minimi, serta sejumlah pejabat dan mantan pejabat di jajaran Setda Aceh. Irwandi mengatakan, kegiatan silaturahmi di rumahnya merupakan agenda rutin setiap tahun yaitu pada Hari Raya Idul Firi dan Idul Adha. Silaturahmi itu sudah dilaksanakan sejak ia menjabat sebagai gubernur hingga ia tidak lagi menjabat.(Serambinews)

Banda Aceh - Ketua DewanPerwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Muharuddin, Jumat (16/09/2016) melakukan pertemuan dengan ketua Komisi dan tim panitia khusus (Pansus) pembahasan rancangan qanun (Raqan) yang telah ditetap dalam program legislasi (Prolega) tahun 2016.

Dari 15 raqan yang masuk prolega, satu rancangan qanun dibatalkan pembahasannya yaitu raqan qanun Aceh tentang Jaminan Kesehatan Rakyat Aceh (JKRA). Pembatalan pembahasan raqan itu, disepakati dalam ruang rapat pimpinan DPRA, sebelum salat Jumat tadi.

Alasan dewan membatalkan pembahasan raqan JKRA tersebut karena khawatir double dengan BPJS yang berlaku secara nasional. “Raqan JKRA kita batalkan pembahasanya, karena takut double dengan BPJS,” ujar Ketua DPR Aceh Tgk. Muharuddin, usai melakukan pertemuan dengan Ketua Komisi dan tim Pansus pembahasan raqan tahun 2016, Jumat.

Kini, jumlah raqan yang harus dituntaskan DPR Aceh tinggal 14 raqan.  Dari jumlah itu, lima sudah diparipurnakan oleh DPR Aceh. Seperti Qanun Aceh tentang Pedoman Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama dan Pendirian Rumah Ibadah. Kemudian, Qanun Aceh tentang Pengendalian Sapi an Kerbau Betina Produktif.

Sedangkan sisanya ada yang mau diparipurna pada akhir September 2016 nanti. Misal raqan  pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati dan Wali Kota dan Wakil Wali Kota di Aceh. “Raqan ini sudah finalisasi,” kata Muharuddin.

Sedangkan beberapa raqan lain, masih ada dalam tahapan pembahasan. Contoh raqan tentang Dana Cadangan Pemerintah Aceh. “Kita harapkan semua prolega bisa tuntas,” ujar kader PA itu.
 

Mantan pembunuh bayaran mengaku bersama polisi dan eks pemberontak telah membunuh 1.000 orang dengan cara sadis, semuanya atas perintah Rodrigo Duterte. (AFP PHOTO / TED ALJIBE)
StatusAceh.Net - Seorang saksi mata yang mengaku mantan algojo Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengatakan setiap hari membunuh orang dengan cara sadis di Davao. Bahkan menurut dia, pembunuhan juga dilakukan sendiri oleh Duterte.

Edgar Matobato, 57, berbicara di bawah sumpah mengaku pernah membunuh sedikitnya 1.000 orang bersama dengan polisi dan bekas pemberontak komunis antara 1988-2013. Secara pribadi dia sendiri mengklaim menghabisi nyawa 50 orang, semua atas perintah Duterte saat dia menjabat walikota Davao.

"Saya tidak akan membunuh seseorang kecuali atas perintah Charlie Mike," kata dia pada pengadilan Senat dalam penyelidikan pembunuhan di luar hukum atas Duterte, Kamis (15/9), dikutip AFP. Charlie Mike adalah nama sandi untuk Duterte di kalangan pembunuh bayaran.

Orang-orang yang mereka bunuh adalah para penjahat, mulai dari kejahatan besar seperti penculikan, perampokan dan perkosaan, hingga kejahatan kecil.

Polisi, kata Matobato, memerintahkan pembunuhan dilakukan tidak dengan cara biasa karena para penjahat itu tidak layak mati cepat. "Kemudian kami membuka baju mereka, membakar mayat mereka dan memotong-motong mereka," ujar Matobato.

Beberapa korban lain dikosongkan terlebih dahulu isi perutnya sebelum jasadnya dibuang ke laut untuk dimakan ikan. Sejumlah lainnya dibiarkan tergeletak di jalan Davao dan tangannya diatur agar terlihat seperti memegang pistol.

Salah satu pelaku penculikan, kata Matobato, tewas setelah dijadikan santapan buaya.

Dibantai seperti ayam

Matobato mengaku melakukan pembunuhan setiap hari. "Rakyat Davao dibantai seperti ayam," kata dia.

Pria ini sempat berbohong saat istrinya melihat percikan darah di bajunya. Saat itu dia mengatakan habis memotong ayam, sehingga darahnya terciprat ke pakaian.

Duterte, lanjut dia, pernah membunuh dengan tangannya sendiri.

Matobato mengatakan bahwa pada 1993, ia dan anggota regu tembak lainnya sedang menjalankan satu misi. Ketika mereka mendekati lokasi, kendaraan agen Badan Investigasi Nasional dari Kementerian Kehakiman menghalangi jalan.

Konfrontasi pun tak terhindarkan hingga terjadi baku tembak. Duterte, yang saat itu menjabat sebagai Wali Kota Davao, tiba di lokasi kejadian di saat para algojo kehabisan peluru dan terluka.

"Walikota Duterte sendiri yang menghabisinya, dia mengosongkan dua magasin peluru uzi terhadap orang itu," kata Matobato.

Pengakuan Matobato itu dibantah oleh pemerintah Filipina. Menteri Kehakiman Vitaliano Aguirre menyebut tudingan itu "bohong dan palsu", mengatakan Matobato "jelas-jelas tidak berbicara benar."

Sementara putra Duterte, Paolo Duterte, mengatakan Matobato adalah "orang gila".

"Saya tidak akan memberi jawaban atas tuduhan orang gila," kata Paolo.

Matobato mengaku "disiksa" saat dia memutuskan untuk keluar dari tim pembunuh Duterte pada 2013. Saat itu dia mengatakan kepada atasannya bahwa dia terlalu tua untuk tugas itu dan ingin mencari pekerjaan lain.

Matobato sendiri sekarang sedang berada dalam program perlindungan saksi. Menurut Kepala Komisi HAM Filipina, Leila de Lima, Matobato menyerahkan diri pada 2009.

Ditanya alasan sebenarnya dia meninggalkan pekerjaan itu, dia menjawab, "hati nurani saya terganggu." (CNN)

Brigjen Pol Drs H Rio Septianda Djambak Kapolda Aceh
StatusAceh.Net - Kapolri Tito Karnavian akhirnya menunjuk Wakapolda Aceh Brigjen Pol Drs H Rio Septianda Djambak sebagai Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Aceh yang baru menggantikan Irjen Pol Husein Hamidi.

Hal itu diputuskan dalam Surat Telegram Kapolri dengan nomor ST/2243/IX/2016, tertanggal 16 September 2016, yang ditandatangani oleh Wakapolri Komjen Pol Drs Syafruddin MSi atas nama Kapolri.

Brigjen Pol Drs H Rio Septianda Djambak lahir di Palembang, Sumatera Selatan, pada 4 September 1963. Ia adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 1 September 2014 mengemban amanat sebagai Wakapolda Aceh menggantikan Brigjen Pol Endang Sunjaya.

Sebelumnya ia juga pernah menjabat sebagai Wakapolda Kalimantan Tengah pada tahun 2012 kemudian juga sempat dipercaya sebagai Waka Korbrimob Polri pada tahun 2013.

Selain itu, dalam Surat Telegram telegram itu, juga diangkat Brigjen Pol Drs Bambang Soetjahyo sebagai Wakapolda Aceh, yang sebelumnya menjabat sebagai Dirsosbud Baintelkam Polri.(Klikkabar)

Lhoksukon – Muhammad Amin (34) warga keudee Krueng Geukueh Kecamatan Dewantara, Aceh Utara Raup keuntungan mulai dari Rp 200 ribu sampai Rp 300 ribu perhari dengan menjual buah-buahan yakni buah langsat dan rambutan.

“Kalau buahnya masih bagus dan tidak busuk bisa meraup keuntungan sampai Rp 300 ribu, terkadang tidak ada sama sekali hanya cukup untuk modal saat membelinya pada masyarakat,”tutur M. Amin kepada Reporter StatusAceh.Net, Jumat 16 September 2016.

M Amin membeli buah tersebut di perkebunan masyarakat yang ada di Buloh Blang Ara, Kecamatan Kuta Makmur dengan harga Rp 8 ribu per Kilo Gram, sedangkan harga pasaran yang dijualnya dari Rp 12 Ribu hingga Rp 15 ribu kepada pembeli. 

Menurutnya, ketidakseimbangan harga jual karena kondisi buah-buahan tersebut
hanya bertahan 2 hari setelah itu buah langsat dan rambutan akan menghitam (busuk).

“Saya jual harga segitu karena kondisi buahnya yang hanya bertahan dua hari, selebihya akan busuk,” katanya.

Profesi M. Amin menjual buah tersebut hanya pada waktu musimannya saja, terkadang dirinya juga beralih ke durian dan juga buah-buahan lainnya yang ada di seputaran Kabupaten Aceh Utara.(SA/TM)

StatusAceh.Net - Harian Rakyat Sulsel dalam cetakan Kamis 15 September 2016 dengan judul “DPP Halang-halangi Ichsan” Saifuddin Al Mughni yang menyatakan dirinya sebagai pakar politik Universitas Pejuang R.I Makassar. Berikut tanggapan Kabag Humas Universitas Pejuang R.I Makassar.

Universitas Pejuang R.I Makassar yang dulu dikenal dengan nama Universitas Veteran R.I adalah salah satu Universitas yang membina 5 (lima) fakultas, diantaranyaFakultas Sospol, Fakultas Tehnik, FakultasEkonomi, dan Fakultas keguruan Ilmu Pendidikan serta Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Pejuang R.I. Makassar dengan semangat kebersamaan yang dibingkai oleh kekeluargaan bertekat akan membawa lembaga pendidikan ini menjadi lembaga pendidikan yang berkarakter dan sebagai tempat mencetak mahasiswa yang unggul dibidang masing-masing untuk mewujudkan cita-cita. Demikian itu maka seluruh elemen yang ada diuniversitas ini harus bersinerji baik itu mahasiswanya, dosendan seluruh karyawan beserta staf Universitas Pejuang R.I Makassar.

‎Untuk itu langkah yang pertama dilakukan oleh Universitas Pejuang R.I Makassar adalah pembenahan SDM para dosennya. Sekarang Universitas Pejuang R.I makassar memiliki tim pengajar/dosen minimal jenjang stratanya (S2)jadi sekarang di Universitas Pejuang R.I Makassar tidak adalagi dosen yang tidak S2. Saifuddin Al Mugni sampai hari ini yang bersangkutan masih berstatus S1 sedangkan di Universitas Pejuang R.I Makassar harus minimal S2. Dengan kondisi dan situasi demikian maka kedepan diharapkan mahasiswannya akan memiliki potensi yang mampu bersaing nantinya. Jadi sehubungan dengan hal demikian Universitas Pejuang R.I Makassaryang dulu dikenal dengan nama UVRI telah banyak mengeluarkan/mencetak sarjana-sarjana yang unggul dan berpotensi sejak saya pertama kali kuliah sampai saat ini. Universitas Pejuang R.I telah banyak mengukir prestasi baik dari mahasiswannya, dosennya serta alumninya. Ungkap Muhammad Amirullah yang merupakan Kabag Humas Universitas Pejuang R.I Makassar.

Selaku Kabag Humas Universitas Pejuang R.I Makassar,saya menyatakan bahwa Universitas Pejuang R.I Makassar adalah Universitas yang bisa digunakan untuk mencapai cita-cita mahasiswa menjadi generasi yang handal dan saya juga menyampaikan bahwa di Universitas Pejuang R.I Makassar tidak mengenal yang namanya sarjana karbitan (ijasah ilegal) di Universitas Pejuang R.I Makassarjuga sama skali tidak ada yang namanya pakar politik. Jadi pada dasarnya yang dilakukan di Universitas Pejuang R.I Itu betul-betul sesuai dengan aturan pemerintah. Tegas Mantan Wakil Dekan II Fakultas Ekonomi

‎Untuk menjaga stabilitas serta menjalankan amanah UUD 1945 Universitas Pejuang R.I Makassar dalam hal ini selalu merujuk pada apa yang mejadi aturan pemerintah dalam hal ini Kopertis wilayah IX. Sehingga insyaallah Universitas Pejuang R.I akan selalu berada digarda terdepan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sejak Universitas Pejuang R.I makassar dipimpin oleh rektor Dr H. Andi Niniek Fariaty Lantara. SE, MS.

Perubahan demi perubahan kearah yang lebih maju terus bergulir. Akreditasi secara intitusi sudah dimiliki oleh Universitas Pejuang R.I Makassar. Fasilitas plan-pelan sudah di benahi dan satu hal lagi pembenahan administrasi pun sudah ditingkatkan skarang seluruh dosen staf dan karyawansudah masuk dalam sistem administrasi modren. Sehingga apapun aktivitas dosen, karyawan dalam hubungannydengan Universitas Pejuang R.I akan diketahui itu pun bagi dosen, karyawan yang terdaftar secara resmi di Universitas Pejuang R.I Makassar.

Jadi apabila ada oknum yang mengatas namakan Universitas Pejuang R.I Makassar tampa mampu menunjukkan identitas Universitas Pejuang R.I.maka itu diluar dari tanggung jawab kami seperti contoh adanya yang mengaku dosen Universitas Pejuang R.I serta menyatakan dirinya sebagai pakar politik Universitas Pejuang R.I Makassar tapi dia tak pernah mengajar selama 3 (tiga) tahun berturut-berturut maka saya tegaskan yang bersangkutan tak lagi berstatus dosen Tetap Yayasan Universitas Pejuang R.I Makassar,adannya organisasi atau kelompok yang mengatasnamakan Universitas Pejuang R.I Makassar tanpa mengantungi rekomendasi dari rektor selaku pimpinan itupun kami tidk bertanggung jawab karena selama ini apapun itu yang namanya kebaikan kedepan pimpinan dalam hal ini rektor selalu memberikan restunya cuma di Universitas Pejuang R.I Makassar sampai detik ini kita blum memiliki yang namanya pakar politik ... oleh karena itu saudara Saifuddin Almugni tidak boleh lagi menggunakan simbol-simbol atau mengatasnamakan Universitas Pejuang R.I Makassar oleh karena itu diminta segerah saudara saifuddin almugni untuk melakukan pernyataan maaf di media yang mengatasnamakan pakar politik Universitas Pejuang R.I Makassar. Ujar Kabag Humas Universitas Pejuang R.I Makassar (Rill)

Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati turun tangan menanggapi persoalan datang dari negeri tetangga Singapura terkait upaya Negeri Singa itu untuk menjegal program tax amnesty yang sedang digalakkan pemerintah.

Ya, merujuk laporan Reuters, Commercial Affairs Department (CAD) atau unit kepolisian yang menangani kasus kejahatan finansial di Singapura mulai tahun lalu mewajibkan bank domestik melaporkan nasabah Indonesia yang akan mengikuti program amnesti pajak

Ani -sapaan akrab Sri Mulyani- mengaku telah mendapat berbagai laporan soal itu. Menurut dia, persoalan tersebut berpotensi mengganggu para wajib pajak, terutama yang berdomisili atau yang menempatkan dananya di Singapura.

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu pun langsung melakukan kroscek kepada otoritas di Singapura melalui Wakil PM Tharman Shanmugaratnam. Ani pun telah mendapatkan penjelasan resmi.

"MAS mengatakan bahwa mereka mengadvis seluruh perbankan di Singapura mendukung atau memberikan support kepada para kliennya menggunakan kesempatan tax amnesty," ujar Ani di gedung DPR, Senayan, Jakarta, tadi malam (15/9).

Di sisi lain, perbankan Singapura juga diharuskan mematuhi aturan yang tertuang dalam FATF (Financial Action Task Force). Bank-bank tersebut wajib menyampaikan laporan apabila ada kegiatan yang dianggap suspicious atau mencurigakan. 

"Ini dilakukan semua negara yang ikut dalam program FATF. Untuk mendeteksi illegal activity maupun kegiatan pencucian uang, perbankan harus melakukan pelaporan apabila ada transaksi mencurigakan," tambah Ani.

Dalam konteks amnesti pajak Indonesia, Singapura menekankan bahwa keikutsertaan WNI tidak bisa dianggap sebagai tindakan yang dapat memicu investigasi kriminal. Karena itu, wajib pajak Indonesia bisa ikut program amnesti tanpa khawatir akan pelaporan tersebut.

Sementara itu, Ketua Tim Ahli Wakil Presiden RI Sofjan Wanandi mengatakan, langkah perbankan swasta Singapura tersebut tidak masuk akal. Sebab, pemerintah Singapura sebelumnya telah memastikan tidak akan menghalangi program amnesti pajak. "Ini perlu diributkan. Pemerintahnya dulu bilang tidak akan menghalangi orang Indonesia ikut tax amnesty, apakah itu repratiasi atau deklarasi," ungkapnya.

Bos Grup Gemala itu meminta warga Indonesia tetap mengikuti amnesti pajak. Sikap bank swasta yang menyebut uang di Singapura berasal dari penyalahgunaan hukum dan membahayakan nasabah hanya bertujuan untuk menakut-nakuti.

"Ini hanya move untuk takut-takutin warga Indonesia agar tidak ikut amnesti," jelas Sofjan. Dia lantas mengatakan bahwa sudah banyak temannya yang menutup rekening di perbankan Singapura. Sampai sekarang tidak ada masalah apa pun.

Sofjan lantas menuding bank-bank swasta Singapura tidak mau kehilangan duit yang sangat besar milik WNI. (Jawapos)

Sport - Chelsea dan Liverpool akan bertarung di pekan kelima Liga Premier Inggris musim 2016/2017. Bentrokan kali ini bakal digelar di Stamford Bridge Stadium, Sabtu (17/9/2016) dini hari WIB.

Di stadion berkapasitas 41 ribu tempat duduk ini, Liverpool punya catatan yang cukup bagus. Sejak lima tahun terakhir, mereka sembilan kali berkunjung ke Stamford Bridge Stadium. Dari kesempatannya itu, The Reds mencuri kemenangan sebanyak empat kali. Sisanya Chelsea menang tiga kali dan dua laga berakhir dengan skor imbang.

Melihat fakta itu, The Blues tentunya tak mau lagi dipermalukan. Sebab jika kalah, mereka akan gagal mengkudeta Manchester City dari puncak klasemen Liga Premier Inggris.

Saat ini Chelsea ada di posisi dua dengan raihan 10 poin. Mereka hanya terpaut dua angka dari The Citizens. Jika menang, Chelsea tentunya naik ke peringkat teratas klasemen. Tapi bila sebaliknya, mereka terancam terjun bebas disusul Everton, Manchester United dan juga Tottenham Hotspur. Bahkan Chelsea bisa dilewati Liverpool, Arsenal dan juga Hull City yang sama-sama mengantongi tujuh poin. Jika ketiganya menang, mereka bakal memiliki angka yang setara dengan tim asuhan Antonio Conte. Namun tiga tim tersebut wajib mengalahkan perolehan sembilan gol milik Chelsea. Dengan begitu mereka dianggap lebih produktif dari Diego Costa Cs.

Agar tidak terjungkal di markasnya sendiri, Chelsea bakal menurunkan pasukan terbaiknya dalam laga nanti. Ketidakhadiran John Terry yang sedang dibekap cedera bakal teratasi dengan keberadaan David Luiz di lini pertahanan. Bek asal Brasil itu akan berduet dengan Gary Cahill. Sementara untuk bek sayap, Conte bisa menurunkan Branislav Ivanovic, Cesar Azpilicueta atau penggawa anyarnya, Marcos Alonso.

Di lini tengah, Chelsea punya stok yang sangat berlimpah. Saking banyaknya pemain, Conte sampai harus menyingkirkan dua nama tenar yakni Cesc Fabregas dan John Obi Mikel. Namun Fabregas sepertinya akan diberi kesempatan tampil sebab Conte telah melempar tantangan untuk pemain 29 tahun tersebut.

"Kita semua tahu, Fabregas punya bakat yang sangat hebat. Dia memiliki kepribadian yang begitu kuat. Saya senang dengan keberadaannya. Dia sudah bekerja dengan sangat baik. Dia telah meningkatkan kemampuannya dan saat ini dia layak untuk tampil," kata Conte yang dikutip dari Guardian.

Di lini serangnya, Conte bakal mengandalkan Diego Costa. Jika striker yang dikenal tempramen itu mandul, Conte masih punya Michy Batshuayi yang juga garang ketika berada di kotak penalti lawan.

Di sisi lain, Liverpool punya kekuatan penuh untuk hadapi partai bigmatch nanti. Skuat terbaik mereka berada dalam kondisi bugar dan ini jadi ancaman untuk tuan rumah.

Sejauh ini tim asuhan Juergen Klopp juga mengoleksi sembilan gol. Namun Liverpool tetap harus hati-hati sebab gawang mereka sendiri telah kemasukan tujuh gol. Hal inilah yang harus disorot tajam oleh pelatih asal Jerman tersebut.

Klopp sebenarnya masih kurang puas dengan pertahanan Liverpool khususnya di sisi sebelah kiri. Beberapa waktu lalu ia mengaku kecewa dengan penampilan Alberto Moreno. Karena itu, Klopp memaksa James Milner untuk mengisi peran sebagai bek kiri.

Awalnya strategi itu tidak berjalan mulus sebab Liverpool kalah 0-2 ketika Milner ditempatkan sebagai bek. Namun secara perlahan Liverpool bisa bangkit dan hasilnya terlihat pada pekan lalu. Menjamu Leicester City di Anfield Stadium, skuat asuhan Klopp menang telak 4-1.

Dalam laga nanti, Klopp kemungkinan besar kembali menerapkan formasi 4-3-3 dengan Milner sebagai bek kiri. Sementara di lini tengah, Klopp biasa menempatkan Adam Lallana, Jordan Henderson dan Georginio Wijnaldum. Lalu di depan, Liverpool punya trio maut yakni Roberto Firmino, Philippe Coutinho dan Sadio Mane. Sebagai pelapisnya, The Reds memiliki Divock Origi dan Daniel Sturridge.

"Musim ini Chelsea sudah kembali ke jalur yang benar. Pertandingan pada Jumat malam (waktu setempat) bakal menjadi salah satu momen terbaik dalam dunia sepak bola. Mari kita saksikan pertandingan itu," ucap Klopp pada Sky Sports.

Berikut prakiraan susunan pemain kedua pemain:
Chelsea (4-1-4-1): Thibaut Courtois; Branislav Ivanovic, Gary Cahill, David Luiz, Cesar Azpilicueta; N'golo Kante; Willian Borges da Silva, Nemanja Matic, Cesc Fabregas, Eden Hazard; Diego Costa

Liverpool (4-3-3): Simon Mignolet; Nathaniel Clyne, Dejan Lovren, Joel Matip, James Milner; Adam Lallana, Jordan Henderson, Georginio Wijnaldum; Roberto Firmino, Philippe Coutinho, Sadio Mane.(Sindonews)

Ilustrasi
Ohio - Seorang polisi di Ohio, Amerika Serikat (AS), menembak seorang bocah kulit hitam berusia 13 tahun. Penembakan terjadi saat bocah laki-laki itu mengeluarkan pistol yang ternyata hanya replika, dari pinggangnya.

Disampaikan kepolisian Ohio, seperti dilansir Reuters, Jumat (16/9/2016), bocah itu ditembak beberapa kali ketika mengeluarkan pistol tangan, yang diduga sungguhan namun ternyata hanya replika. Insiden itu terjadi di sebuah gang kawasan Columbus, kota terbesar di Ohio, pada Rabu (14/9) waktu setempat, saat polisi menanggapi laporan adanya perampokan bersenjata.

"Kami menganggapnya sebagai tragedi, ketika hal semacam ini terjadi. Ini hal terakhir yang diinginkan setiap polisi," terang Kepala Kepolisian Columbus, Kim Jacobs, dalam konferensi pers.

Polisi setempat mengidentifikasi korban sebagai Tyree King, meskipun pengacara keluarga bocah itu menyebut namanya Tyre. Sedangkan polisi yang menembak mati King bernama Bryan Mason yang sudah mengabdi selama 9 tahun di kepolisian. Usai insiden ini, Mason dipindahkan sementara ke bagian administrasi, sementara penyelidikan internal terus dilakukan.

Dalam keterangannya, Jacobs menyebut, polisi menyadari pistol itu hanya replika saat mengambil senjata dari lokasi penembakan. Pistol tangan replika yang dibawa King itu menembakkan peluru pelet berukuran kecil dan dipasangi laser. "Ini terlihat seperti senjata api yang bisa membunuh Anda," sebut Jacobs sembari menunjukkan foto senjata replika itu, saat konferensi pers.

Insiden ini berawal saat polisi mendatangi lokasi usai mendapat laporan perampokan bersenjata. Korban perampokan mengaku dirampok sekelompok pemuda yang meminta uang dan mengancam dengan pistol. Beberapa saat kemudian, polisi menemukan tiga pemuda, termasuk King, yang sesuai dengan deskripsi korban soal pelaku. Saat hendak menanyai mereka, King dan satu pemuda lainnya melarikan diri.

Pengejaran berujung di sebuah gang dan saat King mengeluarkan pistol, polisi menembaknya. King dilarikan ke rumah sakit anak setempat, namun nyawanya tak bisa diselamatkan. Pemuda yang kabur bersama King sempat dimintai keterangan, sebelum dibebaskan. Satu pemuda lainnya masih diburu.

Jacobs menegaskan, otoritas setempat akan memutuskan apakah polisi yang menembak King akan dijerat dakwaan pidana atau tidak.

Sementara pihak keluarga korban, melalui pengacaranya, meragukan keterangan polisi dan meminta penyelidikan independen. "Pihak keluarga jelas bingung atas pembunuhan Tyre. Mereka terkejut dan merasa tindakannya (King) seperti yang disebutkan polisi, jauh dari karakternya sehari-hari," sebut pengacara keluarga korban, Chanda L Brown.(Detik.com)

Pengunjung memadati Pantai di Desa Bantayan, Kecamatan Seunuddon, Aceh Utara, Minggu (17/4/2016)
Lhoksukon - Sejumlah kepala desa di Kecamatan Seunuddon, Aceh Utara, akhirnya sepakat menutup obyek wisata Pantai Bantayan dan Pantai Ulee Matang di kecamatan itu sejak sepekan terakhir. Pasalnya, lokasi itu dinilai menjadi tempat pelanggaran syariat Islam.

Tahun lalu, saat dibuka, obyek wisata itu dijadikan wisata pantai dengan konsep syariat Islam. Pasangan non muhrim dilarang mandi secara bersamaan. Laki-laki dan wanita dipisahkan, hanya suami-istri yang bisa mandi berbaur di laut itu.

"Kami setuju ditutup karena kami lihat memang setiap hari libur bercampur non-muhrim di obyek wisata itu," kata Kepala Desa Ule Rubek Timu, Asnawi, Jumat (16/9/2016).

Kepala Desa Ulee Rubek Barat, Kecamatan Seunuddon, Badlisyah Yahya, menyebutkan hal yang sama. Dia menyebutkan, saat rapat penutupan obyek wisata itu dihadiri oleh Muspika Kecamatan Seunuddon, dan sejumlah ulama pekan lalu.

“Saya dan kepala desa lainnya sudah menandatangani sepakat menutup obyek wisata itu. Karena baru-baru ini warga menangkap pasangan mesum di obyek wisata pantai,” ungkap Badli.

Kepala Desa Lhok Pu Uek, Kecamatan Seunuddon, Cut Ali, menyebutkan hal yang sama.

“Penutupan itu kami harap efektif dan diketahui oleh semua orang,” pungkasnya.

Kapolsek Seunuddon, Aceh Utara, AKP M Ridwan, menyebutkan penutupan pantai telah disepakati warga.

“Kami hanya patroli saja di obyek wisata. Karena sekarang pengunjung dilarang warga ke sana, jadi kami kontrol, jangan sampai terjadi hal-hal yang tak diinginkan antara pengunjung dan warga yang melarang ke sana,” pungkas AKP M Ridwan.(kompas.com)

Banda  Aceh -- Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menggelar pelatihan Perempuan Potensial Calon Kepala Daerah serta sosialisasi hasil pemetaan kelembagaan dan peraturan menteri PPPA di Hotel Pade, Kamis (15/09). Pelatihan tersebut dibuka Asisten II Setda Aceh, Syahrul SE, M.Si.

Syahrul menyebutkan, banyak potensi yang ada pada diri perempuan. Perempuan diakui sebagai pribadi yang lebih teliti dan sangat konsisten dalam bekerja. "Itu objektif saya melihat. Tinggal lagi, bagaimana mengkader perempuan sehingga kapabilitas dan kredibilitas mereka teruji sebagai pemimpin," ujar Syahrul. Apalagi, lanjutnya, di Aceh dan hampir di seluruh Indonesia, pemilih perempuan lebih dominan dari laki laki. "Tunjukkan bahwa anda lebih unggul dalam segala hal dari calon lawan anda."

Syahrul menambahkankan, di era demokrasi kesempatan untuk tampil sebagai pemimpin di
berbagai bidang sama. Perempuan harus tampil sebagai bagian dari subjek pembangunan agar ruang partisipasi pembangunan perempuan setara dengan laki laki. "Peningkatan kapasitas perlu dilakukan agar perempuan mampu bersaing dalam pemilu nanti," ujar Syahrul.

Saat ini, keterwakilan perempuan di parlemen Aceh bahkan sangat minim. Di DPR Aceh, dari 81 anggota dewan tercatat hanya 12 orang perwakilan perempuan. Sementara di DPR Kabupaten dan Kota, hanya 57 kursi yang diisi perempuan Dari 650 slot yang tersedia. Untuk wali kota dan bupati, hanya Kota Banda Aceh yang diketahui dipimpin oleh perempuan.

Staff Ahli bidang penanggulangan Kemiskinan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan
Perlindungan Anak, Siti Khairijah Nasution, menyebutkan pelatihan tersebut merupakan langkah strategis dalam menyiapkan pemimpin perempuan di masa mendatang. "Kita ingin meningkatkan kualitas perempuan dan memberikan pemahaman bahwa perempuan penting untuk terlibat menjadi kepala daerah," ujarnya.

Siti menambahkan, pada pilkada tahun depan.diharapkan bisa memberikan peluang keterlibatan perempuan yang signifikan. Jika selama ini partai politik beralasan sulit mendapatkan perempuan yang berkualitas untuk ikut sebagai calon kepala daerah, maka dengan pelatihan ini, bisa lahir perempuan-perempuan yang nantinya bisa terlibat dalam pilkada.

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Aceh, Dahlia, menyebutkan pelatihan tersebut dilaksanakan untuk menyongsong pilkada 2017 yang nantinya akan dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Karena itu, Dahlia memandang perlu adanya penguatan kapasitas bagi perempuan. "Upaya ini penting bagi mereka yang punya potensi agar mereka mampu berkompetisi untuk membangun kerjasama sebagai calon kepala daerah," ujar Dahlia.

Dahlia menyebutkan, keterwakilan perempuan dalam politik dan pengambilan keputusan serta peran partisipasi perempuan dalam politik belum maksimal. Hal tersebut ditunjukkan dari sedikitnya jumlah perempuan yang menduduki jabatan strategis di eksekutif, legislatif, yudikatif partai politik.maupun organisasi profesi lainnya. Di samping itu, Indeks pemberdayaan gender  Aceh juga masih di bawah nasional yaitu 65,12 berbanding 70,68.

Ketidakterlibatan perempuan menjadi kendala dan hambatan untuk koordinasi, edukasi dan
penyampaian informasi pada setiap proses pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di daerah. Karenanya pelatihan tersebut menjadi jawaban untuk memberikan didikan bagi perempuan sehingga mereka bisa terlibat dan ikut serta sebagai calon kepala daerah yang juga punya potensi sebagai pemimpin.

Sementara itu, sosialisasi hasil pemetaan kelembagaan dan peraturan menteri PPPA, kata Dahlia, bertujuan untuk mendidik perempuan potensial kepala daerah, agar punya kepercayaan diri dan mampu mensosialisasikan ide serta gagasannya pada para calon pemilih.

Pelatihan tersebut diikuti 40 perempuan potensial calon kepala daerah, pimpinan organisasi
masyarakat untuk, pengusaha, serta perwakilan partai politik. (Rill)

Pelaku saat diamankan di Mapolres Merangin. [Nanang Fahrurozi/iNews TV]
Jambi - Kakek berinisial HH (62) warga Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen, Aceh diamankan aparat Polres Merangin, Jambi karena kedapatan ganja seberat 31,35 kilogram dalam kopernya.

Informasi yang berhasil dihimpun, tertangkapnya kakek paruh baya itu berawal saat ada penumpang Bus ALS asal Medan yang turun di salah satu rumah makan di Simpang Margo Kecamatan Tabir Lintas Kabupaten Merangin.

Saat itu petugas Opsnal Polres Merangin mencurigai penumpang yang baru turun dengan membawa tas jinjing dan travel bag dengan isi penuh.

Kemudian petugas Polres Merangin langsung mendatangi dan menanyai isi tas tersebut, kecurigaan muncul saat kakek tersebut menjawab dengan penuh keraguan.

Hingga petugas melakukan pengecekan terhadap isi tas dan travel bag milik kakek tersebut, namun saat akan diperiksa isi tasnya, kakek ini langsung lari ketakutan.
Petugas dan warga pun langsung melakukan pengejaran dan berhasil menangkap kakek.

Saat dibuka petugas pun terkejut, isi di dalam tas dan travel adalah ganja yang dilakban rapat sebanyak 30 bungkus.

Kemudian kakek beserta barang bukti ganja langsung diserahkan kepada Satnarkoba Polres Merangin untuk ditindak lanjuti.

Kapolres Merangin AKBP Munggaran saat dikonfirmasi membenarkan adanya penangkapan kurir narkoba jenis ganja asal Aceh.

"Benar, warga Aceh ini kita amankan saat turun dari Bus ALS yang ditumpanginya. Berdasarkan keterangan pelaku, ganja ini akan diantar ke Lampung Selatan dan ini sudah dua kali dilakukan pelaku dengan bayaran Rp500 ribu perkilonya," jelas Munggaran.

Lebih lanjut Munggaran mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Polda Jambi untuk mengungkap kasus temuan ganja asal Aceh ini.

"Karena ini melibatkan jaringan antar provinsi, maka kita akan berkoordinasi dengan Polda Jambi untuk mengungkap jaringannya," pungkasnya.(Sindonews)

"PATAH hati" memang hanya sebuah kiasan. Nyatanya, seseorang bisa merasakan sakit secara fisik karena putus cinta atau cinta ditolak.

Putus cinta memang berat untuk dihadapi, terutama jika Anda di pihak yang diputuskan.

Patah hati umumnya ditandai dengan rasa sakit pada jantung, seolah-olah seperti ada beban berat yang menekan dada hingga ke jantung.

Berikut ini beberapa hal buruk yang terjadi pada tubuh Anda setelah Anda putus cinta, seperti dilansir laman Cheat Sheet, Rabu (14/9).

1. Rasa sakit fisik

Sebuah studi dari Journal of Neurophysiology menjelaskan mengapa patah hati menyebabkan nyeri fisik seperti, sakit perut, sakit kepala, mual dan nyeri seluruh tubuh.

Penelitian yang muncul dalam MedicalDaily menemukan bahwa ketika subjek patah hati ditunjukkan foto-foto mantan mereka, emosi kerinduan mereka menstimulasi aktivitas di bagian yang sama dari otak yang meregister rasa sakit fisik. Penyebab rasa sakit emosional dan rasa sakit fisik memiliki jalur saraf yang sama.

2. Gejala penarikan

Sebuah studi dari Stony Brook University yang diterbitkan dalam Journal of Neurophysiology dan dilaporkan dalam Psych Central, meneliti 15 orang yang baru diputus cinta dan memperlihatkan beberapa foto mereka dengan mantan mereka.

Ketika mereka melakukan ini, peneliti mempelajari aktivitas otak mereka dan menemukan bahwa paparan kenangan mantan kekasih mereka mengaktifkan daerah otak yang mengakibatkan sakit fisik.

3. Sistem kekebalan tubuh yang lemah

Ketika melalui perpisahan traumatis, sistem kekebalan tubuh juga akan menukik tajam.

Stres akan segera memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Anda tekena pilek dan flu.

Penyakit autoimun di mana tubuh berbalik melawan dirinya sendiri, mungkin bisa terjadi setelah perceraian atau perpisahan dari sebuah hubungan lama.

American Psychological Association menambahkan bahwa depresi yang disebabkan oleh putus cinta meyebabkan isolasi sosial dan perasaan kesepian yang berkontribusi untuk sistem kekebalan tubuh yang lemah.

4. Perubahan kebiasaan tidur

Putus cinta benar-benar bisa mengacaukan pola tidur Anda. (jpnn)

Banda Aceh — Masyarakat Aceh diminta membuktikan rasa cintanya kepada tanah lahirnya dengan mendukung Aceh dalam Kompetisi Pariwisata Halal Nasional (KPHN) 2016 yang voting online-nya berakhir pada Kamis, 15 September 2016, pukul 24.00 wib.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh Reza Fahlevi melalui Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Rahmadhani Sulaiman mengingatkan, masyarakat Aceh patut bersyukur karena masuk sebagai salah satu nominator dalam KPHN 2016.

Masuknya Aceh dalam nominasi Destinasi Budaya Ramah Wisatawan Muslim Terbaik menjadi kebanggaan bagi seluruh masyarakat Aceh bahwa industri pariwisata Aceh diperhitungkan secara nasional dan internasional.

“Namun, keikhlasan seluruh masyarakat Aceh untuk melakukan voting pada hari terakhir akan menjadi sejarah dan kenangan tersendiri bagi kita semua sebagai ungkapan rasa cinta dan rasa memiliki Aceh,” kata Rahmadhani, Kamis (15/09/2016). 

Dia pun mengajak masyarakat Aceh untuk membuktikan salah satu rasa cinta dan memiliki Aceh tersebut dengan‘Vote Aceh’ hari ini dilink bit.ly/voteaceh. Di KPHN 2016, Provinsi Aceh dinominasikan dalam 4 dari 15 kategori yang dilombakan. 

VOTING MASSAL
Disbudpar Aceh bersama Tim Volunteer Wisata Halal juga mengajak masyarakat Aceh untuk ‘Voting Massal’ secara online sejak Rabu (14/09/16),  di samping menjemput vote ke berbagai pusat keramaian di Banda Aceh dan beberapa daerah lainnya.

Rahmadhani mengatakan, Voting Massal dilakukan serentak pada prime time yaitu pagi hari antara pukul 07.00-08.00 wib, siang pada pukul 12.00-14.00 wib, dan malam dimulai pukul 18.00-21.00 wib. “Kita masih ada kesempatan sampai Kamis malam,” ujarnya.

Selain itu, dia menyebutkan, Tim Volunter Wisata Halal pada Rabu, 14 September 2016, juga turun ke Lamno, Aceh Jaya, untuk mengajak masyarakat setempat vote Aceh sebagai destinasi budaya ramah wisatawan muslim terbaik 2016, di sela-sela acara Peumeunap dan Seumeuleueng Raja Daya di Komplek Makam Po Teumeureuhom Daya, Gampong Gle Ujong, Lamno, Aceh Jaya.

Kabid Pariwisata Dishubkomintelbudpar Aceh Jaya, Syafrijal, menyatakan pihaknya sangat mendukung Aceh sebagai destinasi budaya ramah wisatawan muslim. 

Sebab itu, dia melibatkan Duta Wisata Aceh Jaya berkolaborasi dengan Tim Volunteer Wisata Halal mengajak masyarakat ‘vote Aceh’ di sela-sela menyaksikan acara Peumeunap dan Seumeuleung Raja Daya. Para tamu undangan juga diajak memberikan suara untuk kemenangan Aceh.[Rill]

Gubernur Nanggroe Aceh Darussalam Zaini Abdullah.
Banda Aceh - Gubernur Aceh Zaini Abdullah menyebut situasi di Aceh saat ini aman menjelang pelaksanaan pilkada serentak 2017. Penambahan personel keamanan pun akan dilakukan jika diperlukan.

"Ya semua sama saja daerah itu. Cuma ada satu daerah di Aceh Timur. Ini mungkin sebentar lagi akan selesai," kata Zaini di kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Jakarta, Kamis (15/9).

Terkait kondisi keamanan di Aceh Timur, Zaini mengatakan karena di wilayah tersebut akan digelar pelantikan anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP). Kendati demikian, secara umum, situasi di Aceh disebutnya masih aman. Jikapun ada permasalahan, pihaknya berupaya mencari solusi bersama yang menguntungkan dua belah pihak.

"(Daerah yang rawan) Sebenarnya tidak ada," kata dia.

Sebelumnya, anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Divisi Pengawasan, Daniel Zuchron, mengatakan provinsi Papua Barat, Aceh, dan Banten merupakan daerah yang memiliki tingkat kerawanan tertinggi dalam penyelenggaraan pilkada serentak 2017.(Republika)

Banda Aceh - Tiga bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Aceh melalui jalur perseorangan belum memenuhi syarat minimal dukungan yang telah ditetapkan oleh KIP Aceh yakni sebanyak 153.045 KTP.

Hasil rekapitulasi yang diplenokan oleh komisi independen pemilihan (KIP) Aceh, Kamis (15/9) di Hotel Grand Nanggroe Banda Aceh, untuk pasangan Zakaria saman-T Alaidinsyah hanya memperoleh dukungan 73.152 KTP, adapun pasangan Abdullah Puteh- Sayed Mustafa sebanyak 73.628 dukungan dan petahana Zaini Abdullah-Nasaruddin sebanyak 138.594 dukungan.

"Artinya ketiga pasangan itu belum memenuhi jumlah minimal syarat dukungan yang telah ditetapkan oleh penyelenggara pilkada," kata Ketua KIP Aceh Ridwan Hadi.

Untuk memperbaiki kekurangan syarat dukungan itu, kata Ridwan, mereka harus menambah dua kali lipat dari jumlah kekurangan pada masa perbaikan pada 29 September - 1 Oktober mendatang ke KIP Aceh.

Berdasarkan hasil data pleno tersebut pasangan Zakaria Saman-Alaidinsyah harus menambah kekurangan syarat dukungan sebanyak 159.786 KTP dukungan, sedangkan Abdullah Puteh - Sayed Mustafa 158.834 dan pasangan Zaini Abdullah-Nasaruddin 28.902 dukungan KTP lagi.

"Apabila dalam waktu yang sudah ditetapkan pasangan calon independen ini tidak menyerahkan sejumlah kekurangan itu, maka tidak diikutsertakan dalam pemilihan calon gubernur Aceh 2017 mendatang," jelasnya.

Selain itu, kata dia, selain harus melengkapi syarat dukungan tersebut, bakal calon juga harus mampu mengaji, dinyatakan sehat dan menyetujui tahapan pilkada yang telah ditetapkan.

"Kalau ada salah satu yang tidak dipenuhi syaratnya, maka yang bersangkutan tidak dapat ditetapkan sebagai calon kepala daerah periode 2017-2022," katanya.(Modusaceh.co)
loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.