2016-07-03

Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Bambang Tri Banda Aceh Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bireuen Bisnis BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya Cuaca Cut Meutia Dana Bos Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Fito Foto FPI Gampong Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan History Hotel Hukum HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Irwandi-Nova Irwndi Yusuf IWO Jaksa Jejak JKMA Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malware WannaCry Masjid Mitra Berita Motivasi Motogp Mudik MUI Musik Nanang Haryono Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patroli Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh PKI PLN PNL Polisi Politik Poso PPWI Presiden Pungli Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebriti Senator Sosok Sport Sumatera Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TNI Tokoh Tsunami Aceh Ulama Vaksin MR vid Video vidio Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

Suasana helikopter Bell TNI AD yang jatuh di Kowang, Sleman, Yogyakarta (Daru Waskita/ VIVA.co.id)
Sleman, - Helikopter Bell 206 Skadron 11/serbu puspenerbad No. Reg HA-5073 yang terbang dari Bandara Adi Sumarmo, Solo, menuju Bandara Adisutjipto, Yogyakarta, jatuh di Dusun Kowang, Desa Tamanmartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta sekitar pukul 15.30 WIB.

Menurut Pangdam Diponegoro Mayjen Jaswandi, helikopter itu rencananya hendak digunakan untuk operasi pengamanan Presiden Joko Widodo, yang akan mengunjungi Yogyakarta esok hari, Sabtu, 9 Juli 2016.

Jika tak jatuh, helikopter nahas itu mestinya dia gunakan untuk memeriksa kesiapan operasi pengamanan Presiden.

"Ini akan saya gunakan untuk mengetahui kondisi lapangan. Ini helikopter digunakan Pangdam sebagai panglima operasi," ujar Jaswandi dalam perbincangan dengan tvOne, Jumat, 8 Juli 2016.

Jaswandi juga menerangkan, bahwa helikopter itu memiliki kondisi prima. Sebelumnya pada 6 Juli lalu, dia pernah menggunakannya untuk bepergian dari Semarang menuju Solo.

"Saya menggunakan ini, saya naik ini langsung. Saya berikan konfirmasi ini cukup baik, karena kemarin saya gunakan sendiri," katanya.

Pangdam Diponegoro menegaskan, bahwa jumlah penumpang helikopter ini hanya ada lima orang.

Sementara itu, Kasubsi Operasi Kantor Basarnas Yogyakarta, Asbani, mengungkapkan identitas seorang korban perempuan masih misterius.

"Dari pilot dan awak pesawat jumlahnya lima orang namun ada korban meninggal seorang wanita yang identitasnya belum diketahui," kata Asbani, Jumat, 8 Juli 2016.

Dalam kejadian tersebut 3 orang meninggal dunia. Dua dari anggota TNI AD, yaitu  Letda Cpn Angga Juang (Pnb II) dan Serda Sirait (AV), serta seorang perempuan yang masih diidentifikasi.

Sedangkan tiga korban selamat adalah Kapten Cpn Titus Benekdiktus Sinaga (Pnb I), Serka Rohmad (TI) dan Kopda Sukoco.

Asbani menduga korban meninggal berjenis kelamin perempuan itu adalah warga kampung tempat helikopter itu jatuh.

"Heli kan jatuh menimpa rumah warga yang diinformasikan rumah tersebut kosong. Namun jelasnya nanti yang berwenang yang akan memberikan konfirmasi," ujarnya.(viva.co.id)

Anggota Paspampres RI saat mengamankan pelantikan Joko Widodo sebagai Presiden RI pada Oktober 2014 silam. Foto: dokumen JPNN.Com
StatusAceh.net - Seorang anggota US Army, Audi Sumilat telah mengaku bersalah karena terlibat dalam konspirasi pembelian senjata dan berencana menyelundupkannya ke Indonesia. Yang mengejutkan, senjata selundupan itu digunakan oleh Pasukan Pengaman Presiden dan Wakil Presiden (Paspampres) Indonesia.

Kantor jaksa New Hampshire menyatakan, pada persidangan di pengadilan federal, Selasa (6/7), kasus itu terjadi pada 2014. Menurut asisten jaksa, Bill Morse, sebenarnya ada sejumlah kasus penyelundupan senjata di New Hampshire dan beberapa negara bagian lainnya di AS yang melibatkan pihak asing dari Ghana, Kanada dan Meksiko.

Namun, kasus yang menyeret Sumilat itu yang pertama kali menyeret pihak resmi dari pemerintah negara lain. “Ini adalah kasus pertama dan saya menyadari bahwa negara penerima yang menjadi tujuan perdagangan ini adalah perwakilan pemerintah negara lain,” katanya.

Pihak berwenang menuturkan, Sumilat bergabung dalam konspirasi untuk membeli senjata di Texas dan New Hampshire untuk anggota Paspampres RI. Sebab, Paspampres RI memang tak bisa secara sah membeli senjata untuk mereka sendiri.

Sumilat menyebut ada tiga anggota Paspampres yang muncul dalam rencana pada 2014, ketika mereka sama-sama menjalani pelatihan di Fort Benning, Georgia. Mulanya Sumilat membeli senjata di Texas, lantas mengirimkannya ke mitra konspirasinya di New Hampshire.

Selanjutnya, mitra konspirasi Sumilat itu mengirimkan senjata itu ke anggota Paspampres saat berkunjung ke Washington DC dan Majelis Umum PBB di New York. Dari situlah senjata-senjata itu baru diselundupkan keluar dari AS.

Sumilat telah mengaku bersalah pada proses persidangan di pengadilan federal. Ia t membuat pernyataan palsu kepada pemerintah federal tentang ketentuan pembelian senjata.

Sebab, Sumilat awalnya mengaku senjata itu untuk dirinya sendiri. Namun, dalam kenayataan justru Sumilat menyelundupkan senjata-senjata itu ke luar dari AS.

Padahal, untuk bias secara sah mengeskpor senjata dari AS membutuhkan izin dan rincian tentang spesifikasinya. Namun, Sumilat tak punya izin itu.

Jaksa penuntut di New Hampshire, Gray Rice mengatakan, pihaknya akan mengajukan tuntutan maksimal kepada penyelundup senjata. Sebab, senjata-senjata selundupan bisa jatuh ke tangan yang salah.

“Penyelundup senjata akan dituntut maksimal untuk melindungi orang yang tak berslah, baik warga Amerika atau pun orang asing dari tindak pidana penggunaan senjata buatan AS di luar negeri,” katanya.

Sumilat terancam hukuman maksimal berupa lima tahun penjara dan denda USD 250 ribu atau sekitar Rp 3,25 miliar. Tentara 36 tahun itu akan menghadapi sidang putusan pada Oktober mendatang.

Seorang mitra konspirasi Sumilat telah dijerat. Rencananya rekan Sumilat dalam tindak kriminal itu diseret ke persidangan pada 19 Juli nanti.(jpnn)

Irwandi yusuf bersama rombongan kunjungi Ulama kharismati Aceh Abu Hasballah Keutapang, Kecamatan Nisam Aceh Utara, kamis, 7 Juli 2016.
Nisam - Mantan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf membesuk ulama kharismatik Aceh Abu Hasballah yang sedang mengalami sakit di rumahnya Gampong Keutapang Kecamatan Nisam, Aceh Utara, Kamis, 7 Juli 2016, malam. 

Kunjungan Calon Gubernur Aceh Periode 2017-2022 tersebut untuk memastikan kondisi Abu Hasballah pasca pulang dari rumah sakit Columbia Asia Hospital Medan beberapa hari yang lalu kerena mengalami sakit.

"Kunjungan ini untuk melihat langsung kondisi Abu Hasballah yang baru sembuh dari sakitnya,"  tutur ketua Seuramoe irwandi Pusat (Irwandi Yusuf For Aceh 1), Ahmad Dani kepada reporter StatusAceh.Net, Jum'at, 8 Juli 2016.

Menurutnya, selain memastikan kesehatan Abu keuteapang, Irwandi Yusuf juga bersilaturahmi dengan keluarga Abu Hasballah dan para santri di dayah Darut Thalibin Mesda Keutapang,

"Irwandi juga melakukan silaturahmi denga keluarga dan juga para santri di Dayah yang di pimpin Abu Hasballah,"tambah Ahmad Dani.
Kunjungan silaturahmi di rumah Abon Armansyah pimpinan dayah Darul Muta'alimin Gampong Teungoh Kecamatan Nisam, Aceh Utara, kamis, 7 Juli 2016

Setelah melakukan kunjungan ke kediaman Abu Hasballah, Irwandi Yusuf bersama rombongan juga bersilaturahmi ke rumah Abon Armansyah pimpinan dayah Darul  Muta'alimin Gampong Teungoh kecamatan Nisam.

"Pulang dari Nisam,  Irwandi Yusuf dan rombongan juga akan melakukan kunjungan ke tempat Abu Tumin Blang Bladeh, Bireuen, selanjutnya hari ini Irwandi Yusuf bertolak ke Banda Aceh untuk mengisi acara Open House yang akan di adakan pada hari sabtu tanggal 9 juli 2016 di kediamannya " kata Dani.(SA/TM)

StatusAceh.Net - Berbicara tentang sejarah Aceh tidak akan pernah selesai. Aceh adalah sebuah negeri yang unik dan memiliki latar belakang sejarah yang berbeda dengan daerah lain di Indonesia. Kita harus mengakui bagaimana rakyat Aceh dengan heroiknya mampu meladeni serangan-serangan Belanda. Perjuangan rakyat Aceh melawan Belanda tidak terpaku pada ketokohannya saja, tapi rakyat Aceh mampu melawan Belanda kapan saja dan di mana saja, baik perorangan maupun secara berkelompok. Lantas bagaimana dengan perjuangan rakyat Aceh melawan kebengisan penjajah Jepang?

Sejarah mencatat (T. Ibrahim Alfian, dkk, 1982:9-10) bahwa Jepang mendarat di Aceh pada tanggal 12 Maret 1942. Pendaratan Jepang dilakukan pada tiga tempat yang berbeda, yaitu di Krueng Raya, Sabang, dan Peureulak. Jepang mendarat ke Aceh tanpa rintangan apa pun. Baik dari Pemerintah Belanda maupun dari rakyat Aceh sendiri, malah sebaliknya rakyat Aceh pada kala itu menyambut baik kedatangan Jepang dengan perasaan senang dan turut membantu mereka. 

Saya melihat hal ini wajar saja, karena pada masa-masa akhir penjajahan Belanda, rakyat Aceh masih intens melakukan perlawanan terhadap Belanda. Rakyat Aceh menganggap bahwa kedatangan Jepang ke Aceh juga dapat membantu mereka untuk sama-sama mengusir Belanda dari tanah Aceh. Selain itu (T. Ibrahim Alfian, dkk, 1982:10) jauh-jauh hari sebelum Jepang mendarat ke Aceh, Jepang telah melakukan hubungan politik yang menguntungkan mereka dengan mengadakan kontak langsung dengan para pemimpin rakyat, utamanya dari golongan PUSA (Persatuan Ulama Seluruh Aceh). PUSA ini menjadi panutan rakyat karena golongan inilah yang menjadi inti dalam melakukan aksi dan perlawanan terhadap Belanda.

Mengenai perjuangan PUSA dalam bentuk politik, menurut Bambang Suwondo (1983:13-14) misalnya dengan mengadakan rapat-rapat rahasia untuk menyusun strategi yang tepat dalam menghadapi Belanda, serta mengadakan hubungan dengan luar negeri guna memperoleh bantuan. Pada sebuah rapat rahasia bulan Desember 1941 yang dihadiri oleh Teungku Muhammad Daud Beureueh dan Teungku Abdul Wahab (PUSA), Teuku Nyak Arief (Panglima Sagi XXVI Mukim), Teuku Muhammad Ali Panglima Polem (Panglima Sagi XXII Mukim), Teuku Ahmad (uleebalang Jeunib-Samalanga) dan lain-lain mengucapkan ikrar setia kepada agama Islam, bangsa, dan tanah air, menyusun pemberontakan bersama melawan pemerintah Belanda dan bersetia kepada Dai Nippan. Terkait hubungan dengan Jepang yang dilakukan oleh PUSA, diutuslah Said Abu Bakar dan Syekh Ibrahim secara khusus guna menjajaki kemungkinan masuknya Jepang ke Aceh dengan tujuan secepat mungkin untuk mengusir Belanda.

Hubungan Jepang dengan utusan-utusan ini direalisasikan dengan mengumpulkan orang-orang Aceh yang ada di Pulau Pinang dan Malaya seraya menganjurkan kepada mereka untuk kembali ke Aceh guna membentuk organisasi rahasia yang bernama "Fujiwara Kikan" atau yang lebih sering disebut dengan Barisan "F", karena mereka memakai inisial "F" sebagai lambangnya. Dan salah seorang pelopornya adalah Said Abu Bakar, utusan yang pernah dikirim oleh PUSA untuk berdiplomasi dengan Jepang. Melalui Barisan "F" ini, Jepang memberikan indoktrinasi serta janjinya untuk mempercepat pengusiran Belanda di Aceh. Barisan "F" ini berperan dalam melakukan kampanye untuk memuluskan jalan bagi pendaratan Jepang. Mereka mempropagandakan tentang rencana pendaratan Jepang serta menyebarluaskan janji-janji Jepang ke seluruh daerah (Bambang Suwondo, 1983:17).

Dari kedua pandangan di atas, maka PUSA memiliki peran penting dalam mendatangkan Jepang ke Aceh. Tapi perlu diingat, bahwa tujuan PUSA semata-mata hanyalah ingin mengusir Belanda dari Aceh dengan bantuan tentara Jepang. Karena pada masa itu tidak memungkinkan bagi Aceh untuk menumpas akar-akar kolonialisme Belanda tanpa dukungan perlengkapan perang yang lengkap. Jadi, mereka masih menganggap bahwa niat Jepang masih tulus dalam membantu perjuangan rakyat Aceh, meskipun kelak Jepang mempunyai misi lain yang lebih parah dari Belanda.

Setelah Jepang mendarat, mereka langsung menyerang pertahanan-pertahanan Belanda yang masih tersisa di Aceh. Takengon menjadi basis pertahanan utama Belanda saat itu. Menurut T. Ibrahim Alfian, dkk (1982:11) di daerah Tanah Alas dan Gayo Lues terdapat dua markas teritorial, yaitu di bawah pimpinan Gosenson dan Overakker. Mulanya Gosenson mempertahankan serbuan Jepang dari jurusan Takengon, sedangkan Overakker mempertahankan serangan yang dilancarkan dari arah Tanah Karo dengan memusatkan pertahanan di Kutacane. Pada tanggal 24 September 1942, tentara Jepang terus melancarkan serangan untuk menemukan dan mendesak kedudukan kedua markas teritorial Belanda itu. Tentara Jepang terus saja memblokade kedudukan Belanda di sana. Tekanan demi tekanan yang dilancarkan Jepang seperti itu telah menyebabkan Overakker dan Gosenson terpaksa menyerah kepada Jepang di Blangkeujren pada tanggal 28 Maret 1942. Dan pada tanggal itulah berakhirnya kekuasaan Belanda secara resmi di tanah Aceh. 

Kisah di atas hampir senada dengan Bambang Suwondo (1983:17-18) sejak Jepang mendarat, mereka bersama dengan rakyat terutama Barisan "F" terus melakukan serangan terhadap tentara Belanda. Dalam situasi tersebut, Gosenson yang telah memindahkan markasnya ke Takengon, namun masih juga terdapat sebagian tentaranya yang tinggal di Kutaraja untuk mempertahankan Lhok Nga. Tentara Belanda ini terpaksa mundur melalui pantai barat dan selatan guna bergabung dengan pertahanan mereka yang ada di sana. 

Selain itu, tentara Belanda yang masih berada di Aceh Besar dan Pidie juga terus diserang sehingga mereka terpaksa lari ke Tangse dan Geumpang yang merupakan pertahanan kedua setelah Takengon. Pada tanggal 19 Maret 1942, pasukan Jepang telah berada di sana dan pertempuran pun tak terelakkan yang menyebabkan Belanda menyerah pada hari itu juga kepada Jepang. Selanjutnya tanggal 24 Maret 1942, Jepang juga menyerang Lembah Alas, Gayo Lues yang telah menjadi kubu pertahanan Overakker dan Gosenson. Rencana kedua pemimpin teritorial Belanda ini untuk bertahan tidak memungkinkan lagi dan terpaksa menyerah kalah kepada pendudukan Jepang pada tanggal 28 Maret 1942 di Blangkeujren (Bambang Suwondo, 1983:18-19). 

Maka sejak tanggal 28 Maret 1942, secara resmi Jepang telah berkuasa sepenuhnya di seluruh daerah Aceh dan akan mengatur langkah selanjutnya dalam usaha penanaman kekuasaan. Pada masa Jepang, sistem pemerintahan di Aceh masih seperti yang telah diatur oleh Pemerintah Belanda terdahulu. Daerah Aceh terdiri atas daerah yang disebut Zelfbestuursgebied (daerah berpemerintahan sendiri) dan Rechsreeks Bestuur Gebied (daerah yang berada langsung di bawah Gubernur atau Pemerintah Belanda).

Pada masa-masa awal masuknya Jepang ke Aceh, rakyat merasakan sebuah euforia. Menurut Amran Zamzami (1990:19) ketika Jepang masuk ke Aceh, rakyat menyambut dengan suka ria, bahkan ada yang bersedia menyediakan makanan kelapa atau buah-buahan serta berteriak: "Banzai Dai Nippon, banzai, banzai." Hal-hal itulah yang membuat pemuda-pemuda Aceh keranjingan heiteisan, gandrung pada jiwa keprajuritan. Mereka memimpikan kegagahperkasaan untuk membela tanah air dengan pangkat-pangkat kasikan (bintara), syukur kalau-kalau bisa menjadi perwira dengan sepatu "pacok" dan samurai bergantung di pinggang. Anak-anak dan para pelajar setiap pagi giat melakukan taiso (senam) di samping baris-berbaris serta apel yang diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Jepang yaitu Kimigayo. Lagu yang menanamkan rasa hormat kepada militer pun digunakan untuk menumbuhkan jiwa keprajuritan pada anak-anak. Setiap anak bahkan hafal nyanyian Heiteisan Yo Arigato (terima kasih kepada tuan serdadu) dan Myoto Okaino, serta fasih meneriakkan pekik selamat kepada Kaisar Jepang: Banzai Tenno Heika, Banzai! 

Namun semua keindahan itu hanyalah bersifat sementara. Pada kenyataan selanjutnya, sebagaimana yang kita tahu, bahwa Jepang yang menjajah kita lebih kejam dalam memperlakukan rakyat kita daripada Belanda. Sehingga ada ungkapan yang mengatakan "lebih baik dijajah Belanda selama 300 tahun daripada dijajah oleh Jepang selama 3 tahun". Semua itu adalah kenangan pahit sejarah bagi kita. 

Ilustrasi
Dallas - Kepolisian Dallas, Amerika Serikat, pada Jumat (08/07/2016) tengah memburu salah satu dari beberapa penembak jitu yang menewaskan lima polisi dan melukai enam lainnya.

Peristiwa itu terjadi pada Kamis malam saat para korban bertugas menjaga kerumunan demonstran yang memprotes pembunuhan terhadap dua pria kulit hitam oleh anggota kepolisian pada pekan ini.

Petugas keamanan telah menangkap tiga orang usai serangan tersebut. Namun demikian, perburuan terhadap tersangka lain masih terus dilakukan sampai Jumat pagi waktu setempat.

Polisi sempat terlibat saling tembak dengan seorang terduga pelaku di tengah kota, demikian keterangan pihak keamanan.

Sejumlah pejabat Gedung Putih sudah berkomunikasi dengan Wali Kota Dallas, Mike Rawlings, mengenai peristiwa penembakan yang mengubah salah satu kota paling besar di Amerika Serikat tersebut menjadi medan perburuan yang sangat luas.

Sampai saat ini motif penembakan yang terjadi di tengah demonstrasi massal tersebut belum diketahui.

Menurut keterangan Kepala Kepolisian Dallas David Brown, beberapa diantara penembak jitu tersebut sengaja mencari tempat yang tinggi. Mereka menggunakan senapan laras panjang untuk menyasar petugas keamanan dengan cara yang terkoordinasi.

"Mereka bekerja sama dengan menggunakan senapan laras panjang, kemudian mengepung lokasi demonstrasi dari tempat yang tinggi," kata Brown dalam konferensi pers sambil menambahkan bahwa satu orang warga sipil juga terluka.

"Ini adalah malam yang sangat menyedihkan. Kami dengan prihatin melaporkan bahwa lima anggota polisi telah meninggal," kata kepolisian Dallas dalam akun Twitter resminya.

Wali Kota Rawlings menyerukan agar para warga tetap berada di dalam rumah pada Jumat pagi saat polisi menyisir kota. Saat ini sejumlah wilayah sudah ditutup sementara transportasi massal dihentikan sementara.

"Kami baru saja mengalami malam terburuk. Ini adalah peristiwa yang menyayat hati bagi warga Dallas," kata Rawlings.

Area metropolitan Dallas-Forth Worth adalah salah satu wilayah di Amerika Serikat dengan penduduk terbanyak dengan populasi sekitar tujuh juta orang.


Diskriminasi Kulit Hitam

Dalam dua tahun terakhir, sebagian warga Amerika Serikat membentuk gerakan Black Lives Matter, sebagai respon atas perlakuan diskriminatif terhadap warga kulit hitam di beberapa kota seperti Ferguson, New York dan Baltimore.

Diskriminasi itu kemudian memicu demonstrasi yang beberapa kali berakhir dengan kericuhan.

Arus kemarahan warga semakin besar tatkala pelaku diskriminasi dari pihak kepolisian dibebaskan atau bahkan tidak diadili sama sekali.

Demonstrasi di Dallas pada Kami adalah salah satu bentuk dari protes akan perlakuan buruk polisi terhadap warga kulit hitam, khususnya penembakan terhadap Philando Castille oleh kepolisian Minnesota pada Rabu malam lalu.

Demonstrasi masih berjalan damai saat penembakan terjadi.

Salah satu di antara pelaku sempat mengatakan kepada polisi bahwa akan lebih banyak lagi petugas keamanan yang terluka dan bahkan tewas. Mereka juga mengancam bahwa "banyak bom yang telah ditanam di pusat kota."(Rimanews)

Foto: Dok. Kemenhub
Jakarta - Sebuah helikopter jatuh di Desa Kowang, Kalasan, Sleman. Kecelakaan itu disebutkan mengakibatkan korban.

"Iya betul. Lokasinya di sebelah timur pom bensin Kalasan. Tepatnya di Desa Kowang," kata petugas Polsek Kalasan, Iptu Ngadimin saat dikonfirmasi, Jumat (8/7/2016).

Ngadimin menyebutkan ada korban tewas dalam kejadian itu. "Ada korban," imbuhnya.

Informasi yang didapatkan, helikopter tersebut jatuh pada pukul 15.35 WIB. Helikopter itu menimpa rumah warga. 

Menurut Basarnas Helikopter yang jatuh tersebut milik TNI AD

"Iya benar, tadi jatuhnya pukul 15.35 WIB, itu helikopter TNI AD," kata petugas Basarnas Yogyakarta, Rusi saat dihubungi detikcom, Jumat (8/7/2016).

Helikopter jatuh di Desa Tirtomartani, Kalasan, Sleman. Heli menimpa perumahan warga.

Dari foto yang beredar di media sosial, nampak badan heli masih utuh. Di ekor heli tertulis jelas 'TNI AD'

Sementara itu, Kadispen TNI AD, Brigjen Sabrar Fadilah mengaku belum mengetahui adanya helikopter yang jatuh."Saya masih cek dulu," ujar Sabrar saat dikonfirmasi.

Helikopter milik TNI AD jatuh di kawasan perumahan di Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Helikopter mengangkut enam orang, tiga di antaranya tewas.

"Itu ada enam korbannya, 3 tewas, 3 luka-luka," kata Rusi, petugas SAR Yogyakarta saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (8/7/2016).

Heli jatuh menimpa rumah warga di desa Tirtomartani, Kalasan, Sleman. Helikopter milik TNI AD itu jatuh pukul 15.35 WIB.

Saat ini, bangkai helikopter masih berada di lokasi kejadian. Dari foto yang beredar di media sosial, heli dalam keadaan utuh.

Sementara itu, Kadispen TNI AD, Brigjen Sabrar Fadilah mengaku belum mengetahui adanya helikopter yang jatuh."Saya masih cek dulu," ujar Sabrar saat dikonfirmasi.
(*)

Sumber: detik.com

Ketua KPU Pusat Husni Kamil Manik (Foto: Lamhot Aritonang/detikFoto)
Jakarta - Ketua Komisi Pemilihan Umum Pusat Husni Kamil Manik meninggal dunia di usia 41 tahun. Jenazahnya saat ini masih berada di Rumah Sakit Pertamina Pusat (RSPP), Jakarta Selatan.

"Ketua KPU meninggal, sekarang masih di RSPP," kata Komisioner KPU Ferry Kurnia saat dihubungi detikcom lewat telepon, Kamis (7/7/2016) malam.

Dikabarkan, Husni meninggal di RSPP sekitar pukul 21.07 WIB malam ini. Jenazah saat ini masih berada di RSPP bersama keluarganya.

Belum ada informasi lebih lanjut mengenai penyakit almarhum. Namun dia dikabarkan sudah dibawa ke RSPP sejak siang tadi.

Rencananya jenazah Husni akan dibawa ke rumah duka di Jalan Siaga Raya No 23 A, Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.*****

Sumber: detik.com

Ilustrasi. Paspampres diduga beli senjata secara ilegal dari AS. (Foto: dok. Okezone)
Jakarta - Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) Republik Indonesia diduga membeli senjata secara ilegal dari Amerika Serikat (AS). Padahal, lembaga tersebut tidak memiliki kewenangan untuk melakukan transaksi jual-beli senjata.

Kabar ini diketahui dari media asing di AS. New York Times mengulas Audi Sumilat (36) adalah anggota angkatan darat Negeri Paman Sam yang bertanggung jawab atas kasus penyelundupan senjata ini. Tidak hanya ke Indonesia, tetapi ia juga mendistribusikannya ke sejumlah negara, seperti Ghana, Kanada, dan Meksiko.

Kasusnya ini sekrang ditangani Pengadilan Negeri New Hampshire. Jika terbukti bersalah, maka Sumilat terancam hukuman maksimal lima tahun penjara dan sanksi administratif USD250 ribu atau Rp3,2 miliar. Vonisnya akan dijatuhkan pada Oktober 2016.

Bill Morse, asisten jaksa yang menangani perkara ini, mengungkapkan Sumilat sudah mengakui kesalahannya di persidangan. Dia juga mengaku bahwa dalam menjalankan aksinya dibantu oleh tiga anggota lain. Seorang dari mereka telah dijadwalkan lebih dulu, yakni pada 19 Juli 2016.

Penyelundupan itu direncanakan pada 2014, ketika mereka sama-sama diposkan dalam pelatihan militer di Fort Benning, Georgia. Senjata-senjata itu dibeli dari Texas untuk kemudian dia selundupkan ke dalam perahu dan dibawa kepada seorang rekannya yang sudah menunggu di New Hampshire.

Dari sana, senjata teresbut diantarkan ke penjaga yang hendak berkunjung ke Washington DC dan penjaga lain yang akan melakukan perjalanan ke Majelis Umum PBB yang berbasis di New York. Dari situlah, senjata-senjata itu diselundupkan keluar AS.

“Kasus ini merupakan yang pertama kalinya, dan dikhawatirkan pihak yang diuntungkan dari perdagangan tersebut adalah perwakilan dari pemerintah asing,” ujar Morse, dikutip dari Army Times, Kamis (7/7/2016).

Morse menjelaskan, di AS pun ada peraturan bagi anggota militer dalam menjual senjata. Setiap pengekspor diwajibkan memiliki lisensi sebagai penjual. Izin tersebutlah yang faktanya tidak dimiliki oleh Sumilat.

Jaksa Agung New Hampshire, Emily Gray Rice, mengatakan konsekuensi dari perdagangan senjata internasional ini sangat besar. “Senjata api yang diekspor ke luar negeri secara ilegal dapat dengan mudah berakhir di tangan yang salah,” tegasnya.

“Penyelundupan senjata (dalam skala) internasional bisa dituntut semaksimal mungkin, guna melindungi orang yang tidak bersalah dari penggunaan pidana senjata AS di luar negeri. Hukum ini berlaku, baik korbannya adalah warga AS maupun orang asing,” timpalnya.(*)

Sumber: okezone.com

StatusAceh.Net - Anda pernah dengar tentang homunculus? Menurut Wikipedia, homunculus adalah representasi dari manusia kecil atau humanoid buatan yang diciptakan melalui alkimia, protosains yang menggabungkan unsur-unsur kimia, fisika astrologi, seni dan lainnya.

Sekitar abad ke-16, banyak ahli kimia mencoba menciptakan homunculus dengan cara menyuntikan sperma ke tubuh sapi betina dengan harapan nantinya sapi betina tersebut melahirkan makhluk di luar dugaan, homunculus. Tapi eksperimen aneh itu tidak terbukti benar dan semuanya gagal.

Walau sudah terbukti gagal, masih banyak orang yang melakukan eksperimen hingga sekarang. Seperti yang dilakukan pria Rusia ini yang mencoba menciptakan homunculus dengan menyuntikan spermanya sendiri ke sebuah telur ayam.


Setelah 10 hari dalam pengeraman,dia membuka telur tersebut dan sesuatu yang cukup mengerikan keluar. Lihat saja videonya di bawah ini jika ingin tahu apa yang terjadi!


Sumber: suara.com

Ilustrasi
Dewantara - Abdul Rahman (63) ditemukan meninggal di rumahnya di Lorong Meulur, Kompleks ABRI, Gampong Tambon Tunong, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, Rabu (6/7/2016), sekitar pukul 20.00 WIB.

Kapoles Lhokseumawe AKPB Hendri Budiman melalui Kapolsek Dewantara AKP Pitriadi kepada GoAceh, Kamis (7/7/2016) menyebutkan, penemuan jenazah ini berawal dari isteri almarhum menghubungi suaminya sejak Sabtu atau lima hari lalu. Namun nomor teleponnya tidak aktif.

Selanjutnya istrinya yang berada di Garot, Pidie itu menghubungi adiknya di Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe untuk memastikan kondisi Abdul Rahman. Saat didatangi ke rumah, pintunya terkunci. Kemudian adiknya mendobrak pintu belakang rumah.

"Waktu masuk ke rumah, pintu kamar dalam keadaan terbuka. Namun dia melihat Abdul Rahman sudah tidak bernyawa di atas tempat tidur. Kondisi jenazah juga sudah membengkak, karena mungkin telah beberapa hari," ujar Pitriadi.

Sembung Kapolsek, setelah pihaknya mendatangi rumah almarhum, dan melihat secara langsung dan hasil pengakuan warga, tidak ada tanda-tanda kekerasan pada tubuh almarhum. Bahkan, pihak keluarga tidak mau melakukan autopsi.

Sementara menurut pengakuan keluarga, almarhum memiliki riwayat penyakit asam lambung.

Kemudian, jenazah dibawa pulang ke Garot, Kabupaten Pidie untuk dikuburkan,****

Sumber: goaceh.co

Muhammad Alhafis. Foto: Safrizal
Aceh Utara - Tak ada baju baru yang dikenakan Muhammad Alhafis. Bocah berusia delapan tahun ini tak bisa bergaya dan bermain bersama teman-temannya di Gampong Manyang, Dusun Mesjid, Blang Jruen Kecamatan Tanah Luas, Aceh Utara.

Keindahan Idul Fitri tahun ini dilewatinya di ruang gawat darurat di Rumah Sakit Umum Cut Mutia, Lhokseumawe. Kondisi sangat memperihatinkan.

Wardah, ibu kandung Muhammad Alhafis, kepada AJNN, mengatakan anaknya tersebut menjalani operasi usus pada 11 Ramadan lalu di Rumah Sakit Cut Mutia Lhokseumawe. Namun usai dioperasi, kondisi Alhafis tak kunjung membaik. Hingga kini, dia masih dirawat di ruang gawat darurat di rumah sakit itu.

“kondisinya tak menentu. Sering kali kritis dan sering tak sadarkan diri,” ungkap Wardah.

Alhafis adalah anak ketiga dari lima bersaudara, buah perkawinan Wardah dengan Rahmad Hidayat (38). Sehari-hari, Rahmad bekerja sebagai seorang buruh tani di perawahan di desa mereka. Penghasilannya tak menentu.

Ketidakmampuan keluarga ini untuk mengobati anaknya lebih baik mambuat Wardah berharap perhatian semua pihak untuk bisa melanjutkan pengobatan anak nya yang masih terbujur di ruang ICU Rumah Sakit Cut Mutia itu.(sumber: AJNN.NET)

*Oleh: Muhammad Arsyad
Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah kini telah tiba, seluruh umat Islam dari segala arah dan penjuru dunia dari sabang sampai merauke tak henti-hentinya mengumandangkan alunan suara takbir, tasbih, tahmid dan tahlil. Bahkan sebagaian masyarakat kita, pada malam hari raya Idul Fitri dilakukan takbir keliling yang sudah menjadi budaya. Hal ini sesungguhnya merupakan manifestasi kebahagiaan setelah berhasil memenangi ibadah puasa, atau sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas kemenangan besar yang kita peroleh setelah menjalankan ibadah puasa Ramadhan selama satu bulan penuh.

Takbir kita tanamkan ke dalam lubuk hati sebagai pengakuan atas kebesaran dan keagungan Allah SWT. Kalimat tasbih kita tujukan untuk mensucikan Allah dan segenap yang berhubungan dengan-Nya. Tidak lupa kalimat tahmid sebagai puji syukur juga kita tujukan untuk Rahman dan Rahim-Nya yang tidak pernah pilih kasih kepada seluruh hambanya. Sementara tahlil kita lantunkan untuk memperkokoh keimanan kita bahwa Dia lah Dzat yang maha Esa dan maha kuasa.

Ketika mendengar kata Idul Fitri, tentu dalam benak setiap orang yang ada adalah kebahagiaan dan kemenangan. Dimana pada hari itu, semua manusia merasa gembira dan senang karena telah melaksanakan ibadah puasa sebulan penuh. Dalam Idul Fitri juga ditandai dengan adanya "mudik (pulang kampung)" yang notabene hanya ada di Indonesia. Selain itu, hari raya Idul Fitri juga kerap ditandai dengan hampir 90% mereka memakai sesuatu yang baru, mulai dari pakaian baru, sepatu baru, sepeda baru, mobil baru, atau bahkan istri baru (bagi yang baru menikah). Maklum saja karena perputaran uang terbesar ada pada saat Lebaran. 

Makna Hari Raya Idul Fitri
Kalau sudah demikian, bagaimana sebenarnya makna dari Idul Fitri itu sendiri. Apakah Idul Fitri cukup ditandai dengan sesuatu yang baru, atau dengan mudik untuk bersilaturrahim kepada sanak saudara dan kerabat?.
Idul Fitri (kembali ke fitrah), ya suatu hari raya yang dirayakan setelah umat Islam melaksanakan ibadah puasa Ramadhan satu bulan penuh. Dinamakan Idul Fitri karena manusia pada hari itu laksana seorang bayi yang baru keluar dari dalam kandungan yang tidak mempunyai dosa dan salah.

Idul Fitri juga diartikan dengan kembali ke fitrah (awal kejadian). Dalam arti mulai hari itu dan seterusnya, diharapkan kita semua kembali pada fitrah. Di mana pada awal kejadian, semua manusia dalam keadaan mengakui bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan. Dalam istilah sekarang ini dikenal dengan "Perjanjian Primordial" sebuah perjanjian antara manusia dengan Allah yang berisi pengakuan ke Tuhan an, sebagaimana yang terekam dalam surah al-A'raf (7)
Hari raya Idul Fitri adalah merupakan puncak dari pelaksanaan ibadah puasa. Idul Fitri memiliki makna yang berkaitan erat dengan tujuan yang akan dicapai dari kewajiban berpuasa itu sendiri yaitu manusia yang bertaqwa. 

Dengan demikian, makna Idul Fitri berdasarkan uraian di atas adalah hari raya dimana umat Islam untuk kembali berbuka atau makan. Oleh karena itulah salah satu sunah sebelum melaksanakan shalat Idul Fitria dalah makan atau minum walaupun sedikit. Hal ini untuk menunjukkan bahwa hari raya Idul Fitri 1 syawal itu waktunya berbuka dan haram untuk berpuasa.

Jadi yang dimaksud dengan Idul Fitri dalam konteks ini berarti kembali kepada asal kejadiannya yang suci dan mengikuti petunjuk Islam yang benar. Bagi ummat Islam yang telah lulus melaksanakan Ibadah puasa di Bulan Ramadhan akan diampuni dosanya sehingga menjadi suci kembali seperti bayi yang baru dilahirkan dari kandungan Ibunya. Sebagaimana Sabda Nabi SAW yang Artinya“Setiap bayi dilahirkan dalam keadaan suci.”Oleh sebab itu ke mana pun manusia menuju, pasti akan kembali kepada Allah.

Pemaknaan hari raya Idul Fitri hendaknya bersifat positif seperti menjalin silaturrahmi sebagai sarana membebaskan diri dari dosa yang bertautan antar sesama makhluk. Silaturahmi tidak hanya berbentuk pertemuan formal seperti Halal bi Halal, namun juga bisa dengan cara menyambangi dari rumah ke rumah, saling duduk bercengkerama, saling mengenalkan dan mengikat kerabat. Apalagi sekarang permohonan maaf dan silaturahmi sudah tidak mengenal batas dan waktu sebab bisa menggunakan jejaring media sosial seperti contoh lewat sms, up date status, inbox di facebook, twiter, yahoo mesenger, skype dan email.

Begitulah pentingnya silaturahmi sebagaimana Sabda Rasulullah SAW yang artinya “Tidaklah dua orang muslim bertemu lalu berjabat tangan melainkan keduanya akan diampuni (dosanya) sebelum mereka berpisah. (HR.Daud,Tirmidzi&Ibnu Majah) . “

Kini kita dengan rasa suka cita dan senang karena kita menyambut hari kemenagan disamping itu kita juga bercampur sedih, dan dengan linangan air mata bahagia kita di tinggalkan bulan Ramadhan yang penuh berkah, maghfiroh dan Rahmat Allah SWT. Banyak pelajaran dan hikmah, faidah dan fadhilah yang kita dapatkan. Kini bulan Ramadhan telah berlalu, tapi satu hal yang tidak boleh meninggalkan kita dan harus tetap bersama kita yaitu spirit dan akhlakiyah puasa Ramadhan, sehingga 1 Syawal harus menjadi Imtidad lanjutan Ramadhan dengan ibadah serta kesalehan sosial. Sebab Kata Syawal itu sendiri artinya peningkatan. Inilah yang harus mengisi sebelas bulan ke depan dalam perjalanan hidup kita. 

Seorang muslim yang kembali kepada fitrahnya ia akan memiliki sikap yaitu pertama, ia tetap istiqomah memegang agama tauhid yaitu islam, ia tetap akan berkeyakinan bahwa Allah itu maha Esa dan hanya kepadanya kita memohon. Kedua, dalam kehidupan sehari-hari ia akan selalu berbuat dan berkata yang benar,walau kaana murron meskipun perkataan itu pahit. Ketiga, ia tetap berlaku sebagai abid, yaitu hamba Allah yang selalu taat dan patuh kepada perintah-Nya sebagai contoh kita harus menghormati kedua orang tua kita baik orang tua kandung maupun mertua, jikalau sudah meninggal berziarahlah ketempat makam mereka untuk mendoaakan agar dilapangkan kuburannya dan diampuni dosanya. 

Mudah-mudahan berkat ibadah selama bulan Ramadhan yang dilengkapi dengan menunaikan Zakat fitrah, Insya Allah kita termasuk orang-orang yang kembali kepada fitrahnya, karena ibadah puasa Ramadhan berfungsi sebagai tazkiyatun nafsi yaitu mensucikan jiwa dan Zakat fitrah berfungsi sebagai tazkiyatul badan, yaitu mensucikan badan, maka setelah selesai ibadah puasa dan menunaikan zakat,seorang muslim akan kembali kepada fitrahnya yaitu suci jiwanya dan suci badanya.

Seorang muslim yang kembali kepada fitrahnya selain sebagai abid (hamba Allah) yang bertakwa, ia juga akan memiliki kepekaan sosial yang tinggi peduli kepada lingkungannya. Itulah beberapa indikator dari gambaran seorang yang kembali kepada fitrahnya setelah selesai menunaikan ibadah shaum Ramadhan sebulan lamanya, dan itu akan tampak pada dirinya setelah selesai puasa ramadhan,mulai hari ini dan seterusnya.

Namun bila ketiga ciri fitrah tersebut tidak tampak pada diri seorang muslim mulai hari ini dan hari-hari berikutnya, maka berarti latihan dan pendidikan puasa Ramadhan yang telah dilakukannya selama sebulan tidak berhasil, karena ia tidak mampu kembali kepada fitrahnya. Semoga dengan kembalinya semua warga masyarakat muslim di negeri ini kepada Fitrahnya, cita-cita Negara kita menjadi Negara yang Adil dan Makmur, Gemah Ripah Loh Jinawi, Gemah merenah tur tuma’ninah dibawah ridha Allah SWT atau dengan istilah agama Baldatun Toyyibatun Warobbun Ghoffur.

Dalam kesempatan berlebaran di hari raya yang suci ini, mari kita satukan niat tulus ikhlas dalam sanubari kita, kita hilangkan rasa benci, rasa dengki, rasa iri hati, rasa dendam, rasa sombong dan rasa bangga dengan apa yang kita miliki hari ini. Mari kita ganti semua itu dengan rasa kasih sayang dan rasa persaudaraan. Dengan hati terbuka, wajah yang berseri-seri serta senyum yang manis kita ulurkan tangan kita untuk saling bermaaf-maafan. Kita buka lembaran baru yang masih putih, dan kita tutup halaman yang lama yang mungkin banyak terdapat kotoran&noda seraya mengucapkan Minal Aidin Walfaizin Mohon Ma’af Lahir dan Batin.

*Penulis merupakan ketua umum Forum Gerakan Pemuda Peduli Aceh (Forgeppa) yang aktif dalam merespon isu-isu Aceh. Arsyad kini sedang menyelesaikan Program Pasca Sarjana di kampus ICAS-Paramadina Jakarta, konsentrasi di bidang Filsafat Islam. Imel: arsyad_meulaboh@yahoo.com

Beberapa prajurit AS berjalan melintasi sebuah mobil yang hancur akibat serangan bom bunuh diri Taliban di Kabul, Afganistan, Senin (13/10/2014).
StatusAceh.Net - Presiden AS Barack Obama, Rabu (6/7/2016), menegaskan pemerintahannya tetap mempertahankan 8.400 personel militer AS di Afganistan pada 2017.

"Daripada menurunkan jumlah prajurit menjadi 5.500 personel pada akhir tahun ini, AS akan mempertahankan 8.400 personel militer di Afganistan hingga akhir masa jabatan saya," kata Obama dalam sebuah jumpa pers.

"Keputusan yang saya buat hari ini memastikan penerus saya memiliki dasar yang solid untuk melanjutkan kemajuan di Afganistan sekaligus fleksibilitas untuk menghadapi ancaman terorisme yang terus berkembang," tambah Obama.

Pengumuman Obama ini sekaligus menjadi penegas bahwa militer Afganistan, yang mengambil alih kendali keamanan negeri itu pada 2015, belum siap untuk bekerja sendirian.

Militer Afganistan menderita kemunduran cukup signifikan di tangan Taliban, termasuk kejatuhan sementara kota Kunduz, serta tewasnya 5.000 prajurit Afganistan sepanjang 2015.

Apalagi, organisasi lain semacam Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) sudah mulai mencoba menanamkan pengaruhnya di negeri yang tak henti dilanda perang itu.

"Situasi keamanan di Afganistan masih terlalu membahayakan," ujar Obama.

"Meski berkembang, pasukan keamanan Afganistan belum sekuat yang seharusnya. Dengan bantuan kita, mereka bisa mengembangkan kemampuan kritikal seperti intelijen, logistik, penerbangan, komando dan pengendalian," lanjut Obama.

Keputusan ini diambil setelah Jenderal John Nicholson, komandan baru misi NATO di Afganistan, melakukan evaluasi terhadap situasi keamanan di negeri itu.

Keputusan Obama ini dipuji senator Partai Republik John McCain, yang selama ini mengkritik kebijakan militer pemerintahan Obama.

Namun dia menyarankan agar Obama mempertahankan seluruh 9.800 personel militer AS yang masih bertugas di Afganistan saat ini.

"Mempertahankan 8.400 personel militer di Afganistan tahun depan tentu lebih baik ketimbang memangkas kekuatan pasukan itu hingga hampir separuhnya," ujar McCain.(kompas)

Lyon - Portugal jadi tim pertama yang lolos ke final Piala Eropa 2016. Cristiano Ronaldo dan Nani jadi bintang dalam kemenangan 2-0 mereka atas Wales.

Bagi Portugal sendiri, ini adalah kemenangan pertama mereka dalam 90 menit selama perhelatan Piala Eropa 2016 ini. Setelah mendominasi babak pertama, Portugal tampil agresif di babak kedua. Hasilnya, mereka mencetak dua gol dalam selang waktu tiga menit; dari Ronaldo di menit ke-50 dan Nani di menit ke-53.

Wales, yang tampil tanpa salah satu gelandang andalannya, Aaron Ramsey, sendiri kesulitan untuk membangun serangan di babak kedua. Gareth Bale sempat mendapatkan beberapa peluang lewat tendangan dari luar kotak penalti, tapi gagal menghasilkan gol.

Dengan begini, Portugal tinggal menanti pemenang dari duel Jerman vs Prancis. Final akan dihelat pada Senin (11/7/2016) dini hari pukul 02.00 WIB.

Jalannya Pertandingan

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Parc Olympique Lyonnais, Lyon, Kamis (7/7/2016) dini hari WIB, kedua kesebelasan sama-sama tampil ofensif. Namun, di sekitar 15 menit pertama pertandingan, Portugal tampil relatif dominan. Tim besutan Fernando Santos itu lebih sering mengancam pertahanan Wales ketimbang sebaliknya.

Kendati begitu, tidak ada satu pun attempts (percobaan untuk mencetak gol) yang dilepaskan Portugal pada 15 menit pertama tersebut. Seringkali, serangan yang mereka bangun dari sisi sayap berakhir kurang baik di sepertiga akhir lapangan.

Baru pada menit ke-16, Portugal mendapatkan attempts pertama mereka. Gelandang Portugal, Joao Mario, melakukan tusukan dari sisi kanan. Ia kemudian melepaskan sepakan kaki kanan, namun tendangannya masih melenceng tipis.

Di sisi lain, Wales mulai bangkit. Dua menit setelah peluang Joao Mario, mereka membalas lewat Gareth Bale. Berawal dari sebuah sepak pojok di sisi kanan pertahanan Portugal, bola diarahkan datar kepada Bale. Pemain Real Madrid itu kemudian melepaskan sepakan first-time kaki kiri, tetapi tembakannya melambung.

Empat menit berselang, Bale kembali mendapatkan peluang. Kali ini, ia menggiring bola sendirian dari sisi kanan. Begitu mendekati kotak penalti, Bale langsung melepaskan sepakan keras kaki kiri. Sial baginya, tendangannya mengarah tepat ke tangkapan kiper Portugal, Rui Patricio.

Sementara itu, semenit menjelang berakhirnya babak pertama, gantian Cristiano Ronaldo yang mendapatkan peluang. Dari sisi kiri, Adrien Silva melepaskan umpan silang. Umpan tersebut disambut Ronaldo dengan sundulan di tiang jauh. Namun, sundulan Ronaldo masih melambung tipis.

Di awal-awal babak kedua, tepatnya pada menit ke-50, Portugal akhirnya bisa mencetak gol. Sepak pojok dari sisi kanan pertahanan Wales dieksekusi dengan singkat. Bola diberikan kepada Raphael Guerreiro. Tanpa buang waktu, Guerreiro langsung mengirimkan crossing ke kotak penalti.

Tidak lama setelahnya, di menit ke-53, Nani menggandakan keunggulan Portugal menjadi 2-0. Ronaldo menjadi awal terciptanya gol. Tendangannya dari luar kotak penalti dibelokkan oleh Nani. Kiper Wales, Wayne Hennessey, pun tertipu oleh arah bola.

Portugal jadi makin agresif setelah mencetak dua gol tersebut. Sementara itu, pelatih Wales, Chris Coleman, memasukkan satu orang penyerang, yakni Sam Vokes, dan menarik keluar seorang gelandang, Joe Ledley.

Pada menit ke-62, Portugal kembali mendapatkan kans bagus. Dari sebuah tendangan bebas, Ronaldo melepaskan sebuah sepakan keras. Tendangan Ronaldo melewati pagar pemain dan tipis mengenai tiang sebelum akhirnya melambung.

Wales kian kesulitan untuk menciptakan peluang apalagi membangun serangan dengan baik. Lantaran kesulitan untuk membangun serangan dengan baik, Wales sering mengandalkan kemampuan individu Bale untuk mendapatkan attempts.

Pada menit ke-76, Bale melepaskan tendangan kaki kiri keras dari luar kotak penalti. Namun, tendangannya bisa ditangkap oleh Rui Patricio. Tiga menit berselang, ia kembali melakukan hal serupa, tetapi lagi-lagi gagal --kali ini tendangannya ditepis Rui Patricio.

Ronaldo sempat mendapatkan peluang lagi ketika dia menerima bola dan berlari ke dalam kotak penalti Wales. Setelah menghindari Hennessey, Ronaldo melepaskan sepakan kaki kanan datar. Tetapi, tendangannya melebar.

Pada akhirnya, tidak ada gol lagi yang tercipta, Portugal pun lolos ke final.

Susunan Pemain

Portugal: Rui Patricio, Cedric, Bruno Alves, Fonte, Guerreiro, Joao Mario, Danilo, Adrien (Moutinho 78), Renato (Andre Gomes 73), Nani (Quaresma 85), Ronaldo.

Wales: Hennessey, Gunter, Chester, Collins, Williams, Taylor, Allen, Ledley (Vokes 57), King, Bale, Robson-Kanu (Church 63).

Detik.com

Dok. Muhammad Nazaruddin
Jakarta - Mantan Bendahara umum partai Demokrat Muhammad Nazarudin mendapatkan remisi khusus di Hari Raya Idul Fitri ini. Nazar yang menghuni Lapas Sukamiskin Bandung itu medapat remisi satu bulan 15 hari.

Selain Nazaruddin, ada 71 narapidana Lapas Sukamiskin yang memperoleh remisi pada Idul Fitri 1437 Hijriah/Lebaran 2016.

"Jadi 72 orang yang mendapat remisi ini mereka mendapat potongan selama 15 hari hingga dua bulan," kata Kepala Lapas Klas 1 A Sukamiskin Surung Pasaribu, di Bandung, Rabu (06/07/2016).

Menurut dia tidak semua narapidana tindak pidana khusus seperti narapidana kasus korupsi bisa meraih remisi pada Idul Fitri tahun ini.

Ia menuturkan narapidana yang belum mendapatkan remisi karena syarat administrasinya belum lengkap seperti membayar denda ataupun belum mendapat surat Justice Collaborator (JC).

Sejumlah narapidana kasus tindak pidana korupsi seperti Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng, Mantan Menteri Agama Suryadharma Ali, Politikus Partai Demokrat Sutan Bhatoegana dan mantan Wali Kota Bandung Dada Rosada ialah narapidana yang tak mendapatkan remisi.

"Jadi mereka itu yang belum melengkapi persyaratan, diantaranya membayar denda sesuai dengan amar putusan dari majelis hakim dalam persidangan," kata dia.(Rima)

Ilustrasi
Banda Aceh -  Meski sempat relatif stabil selama Ramadhan, ternyata kebaikan yang ditebar PLN tak bertahan lama. Buktinya, pada malam 1 Syawal 1437 H, Rabu (6/7/2016) listrik di beberapa wilayah Aceh padam lagi.

Sebagaimana dialami langsung Serambinews.com di wilayah Aceh Barat, tepatnya di sejumlah desa yang bertetangga langsung dengan PLTU Nagan, listrik sempat hidup mati selama beberapa kali dalam rentang waktu antara pukul 20.00 hingga 21.00 WIB.

Padahal dalam waktu bersamaan, masyarakat sedang disibukkan dengan aktivitas silaturahmi Lebaran. "Masuk 1 Syawal, listrik langsung bikin dosa lagi," sindir seorang warga Peunaga, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat.
Kondisi serupa juga dilaporkan terjadi di kawasan Banda Aceh dan Aceh Besar.

Namun ketika laporan ini ditulis sekitar pukul 21.00 WIB, listrik di beberapa kawasan sekitar PLTU Nagan sudah nyala.
Pada pukul 20.37 WIB malam ini, Serambinews.com menerima informasi dari Deputi Manajer Hukum dan Humas PT PLN Wikayah Aceh. Ini penjelasannya: "Pukul 20:37 wib SUTT PBDAN-LNGSA 1 reclose sukses, indikasi belum diketahui
Pukul 20:37 wib SUTT PBDAN-LNGSA 2 A/R Lockout, sinkorn dgn sistem kembali pukul 20:40 wib.

cuaca kedua GI hujan, DFR proses download." (serambinews.com)

Ilustrasi
Lhokseumawe -  Jasri (16), pelajar asal Pante Beureughang, Kecamatan Tanah Luas, Aceh Utara, tewas setelah sepeda motornya bertabrakan dengan sepeda motor lain, Rabu (6/7/2016).

Peristiwa itu terjadi di jalan lintas Banda Aceh–Medan, tepatnya di Desa Ranto, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara.

Informasi yang didapatkan dari Pos Pengamanan Operasi Ramadniya 2016 Kota Lhoksukon, kejadian itu ketika remaja tersebut mengendarai Yamaha R15 bernomor BL 5517 FS dengan kecepatan tinggi dari arah Banda Aceh menuju Medan.

Sepeda motor sport yang dikendarainya melebar ke jalur kanan hingga menabrak Yamaha Jupiter MX BK 4146 AAU dari arah sebaliknya yang dikendarai Fakhrurrazi (25), warga Desa Kapai Baro Kecamatan Darul Aman, Aceh Timur.


Anggota piket Pos Pengamanan Operasi Ramadniya 2016 turun ke lokasi kejadian dan membawa korban ke Puskesmas Lhoksukon. Namun, nyawa Jasri tidak terselamatkan. Adapun Fakhrurrazi yang membawa sepeda motor bebek mengalami luka ringan.

Kini kasus kecelakaan maut tersebut telah ditangani Satuan Lalu Lintas Polres Aceh Utara.

"Kami imbau pengendara jangan kebut-kebutan di jalan raya. Agar tidak membahayakan keselamatan jiwa pengguna jalan lainnya dan diri sendiri," kata Kepala Humas Polres Aceh Utara Ajun Komisaris Polisi M Jafaruddin.(KOMPAS)

Salahsatu napi yang kabur saat dibawa petugas kembali kedalam lapas  
Lhokseumawe- Disaat sebagian narapidana sibuk dengan mengumandangkan takbir kebesaran Allah,di waktu yang sama juga kesempatan emas ini dimanfaatkan oleh 2 napi pindahan langsa beberapa waktu lalu untuk kabur dari lapas dengan cara memanjat atap rumah dinas kalapas serta turun mellui dinding tembok samping lapas.

Namun upaya keduanya berhasil digagalkan serta ditangkap lansung oleh Drs Elly Yulizar yang tidak lain adalah Kepala Lapas Kelas IIA Lhokseumawe.

Keberhasilan menggagalkan serta tertangkapnya kembali kedua napi narkotika tersebut tidak terlepas dari peran serta dan bantuan 2 wartawan,petugas lapas serta beberapa warga sekitar.

Kedua napi tersebut yakni Yusran bin Zainal Abidin Hukuman 16 tahun dan Hafniruddin bin Hanafiah hukuman seumur hidup,keduanya adalah napi pindahan dari lapas langsa beberapa waktu lalu.

Kepada Reporter, Elly Yulizar menceritakan,saat aksi kabur 2 napi tersebut terjadi sekitar pukul 20:47 WIB saat itu dirinya sedang menerima tamu 2 wartawan cetak dan online yakni Zainuddin Abdullah wartawan Harian Waspada dan T. Sayed Azhar wartawan sekaligus Pimpinan Redaksi media Online Status Aceh.net.
Kalapas  Lhokseumawe Drs Elly Yulizar saat mengobrol dengan 2 wartawan di ruma dinasnya  
Sedang Asyik mengobrol seputar masalah lapas,mendadak istri dan anak-anak elly keluar dari kamar seraya berteriak,ada suara orang berjalan diatas atap rumah dinas.

Tanpa dikomando lagi Elly dan 2 wartawan tersebut lansung berhamburan keluar dari rumah dinas menuju arah samping rumah dinas sambil berteriak ada napi yang kabur.

Pas dan tepat waktu kedua napi yang baru saja mendarat diluar tembok lapas lansung ditangkap tangan oleh Kalapas Lhokseumawe yang dibantu oleh 2 Wartawan,petugas serta beberapa warga sekitar.

“ Tadi usai buka puasa saya terima tamu kawan saya wartawa yakni sayed dan zai waspada, sedang asyik ngobrol tahu anak-anak keluar bilang ada suara manjat diatas atap,lansung kami kejar,”Ungkap Elly.

Lanjutnya,” Alhàmdulillah kedua napi tersebut berhasil saya tangkap dengan tangan saya senders namun semua tidak terlepas dari bantuan kawan kita wartawan,petugas lapas serta warga sekitar yang ikut membantu”,Cerita Elly kepada reporter saat ditemui diruang kerjanya satu jam pasca upaya kabur 2 napi tersebut.

Kedua napi tersebut lansung diboyong oleh petugas kedalam lapas untuk menjalani sejumlah pemeriksaan.


Redaksi 

Kompilasi gambar dari video deklarasi perang ISIS (Foto: The Star)
Kuala Lumpur – Jaringan kelompok militan ISIS kembali mengeluarkan ancaman untuk Malaysia dan Indonesia. Sebuah video baru dikeluarkan oleh kelompok itu dengan menampilkan seorang pria berbahasa Melayu dan Arab berbicara sambil menyandang senjata.

Pria yang tidak diketahui namanya tersebut berterima kasih kepada Tuhan karena mempermudah jalannya serta berjihad. Ia bersama rekan-rekannya di video itu bersyukur karena ditunjuk sebagai tentara-tentara yang tauhid.

“Camkan ini. Kami tidak lagi terdaftar sebagai warga negara kalian, dan telah membebaskan diri dari kalian. Dengan izin dan petunjuk Allah, kami akan mendatangi Anda dengan kekuatan militer yang tidak bisa kalian lawan. Ini janji Allah kepada kami,” kata pria itu seraya menyebut Malaysia dan Indonesia, sebagaimana dikutip dari Straits Times, Selasa (5/7/2016).

Pria itu juga mengancam akan mengudeta pemerintahan dan pemimpin yang tidak patuh pada syariat untuk menegakkan supremasi Islam. Setelah itu, ia membuang paspor ke tengah-tengah perkumpulan. Langkah tersebut diikuti oleh anak-anak kecil yang berada di sekitarnya.

Otoritas Malaysia menganggap video yang dikeluarkan jaringan kelompok militan ISIS itu adalah sebuah deklarasi perang terhadap Negeri Jiran dan Nusantara. Ini adalah video kedua yang dirilis untuk menegaskan kehadiran ISIS di Asia Tenggara.

Sebelumnya pada 23 Juni 2016, mereka mendeklarasikan kekhalifan di Filipina melalui sebuah video. Dalam video tersebut, tiga pria yang masing-masing satu warga Malaysia, Filipina, dan Indonesia mengajak rekan-rekannya untuk tidak takut bergabung dengan mereka di Asia Tenggara jika tidak bisa pergi ke Suriah dan Irak.
***

Sumber: Okezone.com

Ilustrasi
Lhokseumawe - Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. M Kasem alias Abu Kasem Panglima Muda Daerah IV Samudera Pase (Aceh Utara dan Lhokseumawe) berpulang ke rahmatullah dalam perawatan di Rumah Sakit Murni Teguh Medan, Selasa (5/7/2016), sekitar pukul 05.00 WIB.

Abu Kasem adalah salah satu mantan anggota Gerakan Aceh Merdeka (GAM), alumni Tripoli Libya.

Sebelum dibawa berobat ke Medan, Abu Kasem sudah sering berobat di sejumlah rumah sakit yang ada di Lhokseumawe karena menderita liver. Jenazah Abu Kasem akan dikebumikan di Desa Munye Peut Kecamatan Baktiya, Aceh Utara.

"Jajaran KPA dan Partai Aceh sedang berduka atas berpulang Abu Kasem, beliau adalah salah satu generasi emas angkatan perang GAM, alumni dari Tripolo Libya. Selain Panglima Muda beliau juga Sekretaris PA Aceh Utara," kata Juru Bicara PA Wilayah Pase, Halim Abe kepada Serambinews.com. (*)

Serambinews.com

Ilustrasi
Poso - Wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng) khususnya Kabupaten Poso yang diketahui sebagai "sarang" kelompok teroris Santoso juga ikut waspada menyusul bom bunuh diri yang terjadi di Mapolres Surakarta Solo, Selasa (5/7).

Sebagaimana dilansir dari Radar Sulteng (Jawa Pos Group), Kapolda Sulteng Brigjen Pol Rudy Sufahriadi yang dikonfirmasi via ponsel mengatakan, seluruh jajaran di Polda Sulteng dari Polres, Polsek hingga Polmas sejak jauh-jauh hari sudah diintruksikan untuk tetap waspada terhadap adanya ancaman-ancaman gangguan keamanan termasuk ancaman terorisme.

"Sejak dari gelar pasukan saya sudah ingatkan personel polri di jajaran Polda Sulteng untuk lebih waspada terhadap ancaman-ancaman keamanan," ujarnya.

Menurut Rudy, pasca terjadi bom di Polres Surakarta, seluruh jajaran diminta tidak lengah dan tetap waspada untuk tetap melakukan pengamanan di objek-objek vital, khususnya di lokasi-lokasi tempat salat Idul Fitri.

Untuk personelnya sendiri sudah dibagi-bagi di masing-masing polres untuk mengamankan wilayah-wilayah yang menjadi objek vital seperti rumah ibadah, pusat perbelanjaan dan lokasi-lokasi salat Idul Fitri.

"Jadi semua anggota sudah ditempatkan di wilayah tugas di Polres, di bawah kendali para Kapolres masing-masing," tegasnya.

Kapolda juga mengimbau masyarakat, untuk ikut proaktif menjaga keamanan di lingkungannya masing-masing. Jika melihat, mengetahui ada orang-orang yang mencurigakan dan bisa menjadi ancaman keamanan, khususnya ancaman terorisme diharapkan segera melaporkan ke pihak aparat keamanan.

"Kita berharap masyarakat dapat bersama-sama aparat keamanan saling memberi informasi untuk mengantisipasi dan menjaga keamanan di wilayah masing-masing," pungkasnya.
(jawapos)

Ilustrasi takbir malam lebaran
Banda Aceh - Jika tengah pulang kampung atau berlibur ke Banda Aceh, mengikuti pawai takbiran Malam Iedul Fitri 1437 Hijriah keliling Aceh bisa jadi pilihan. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Reza Pahlevi mengatakan, acara tersebut terbuka bagi para wisatawan yang tengah berada di Banda Aceh.

"Wisatawan bisa mulai hadir nanti malam. Ada banyak masyarakat yang mengikuti pawai takbiran," kata Reza saat dihubungi KompasTravel, Selasa (5/7/2016).

Adapun pawai takbiran keliling Aceh nanti akan diikuti oleh kontingen-kontingen masyarakat yang berasal dari desa-desa Banda Aceh dan Aceh Besar. Reza mengatakan, dalam pawai takbiran terdapat mobil yang dihias oleh masyarakat dengan aneka kreasi.

"Ada yang jalan kaki dan naik mobil. Rutenya mulai dari Masjid Raya Baiturrahman, Pasar Penayong, dan keliling Banda Aceh. Pawainya kemungkinan sampai 100 kontingen desa," ujar Reza.

Adapun pawai akan dimulai pada Selasa (5/7/2016) pukul 20.30 WIB atau selepas waktu shalat Isya. Wisatawan bisa menggunakan mobil pribadi maupun berjalan kaki.

"Sebaiknya wisatawan menonton pawai saja. Tapi kalau mau ikut, silahkan daftar dulu untuk ikut kontingen desa," tambahnya.

Dikutip dari Serambi Aceh, rute untuk pejalan kaki dimulai dari Masjid Raya Baiturrahman (MRB) Banda Aceh, lalu peserta menuju U-Turn Bank Syariat Mandiri, ke Jembatan Pante Pirak hingga Bundaran Sp Lima, lalu ke Jalan Daud Beureueh, Simpang Jambo Tape, Simpang MAN 1, ke Jalan Pocut Baren, Metodis, Jalan TP Polem, ke Sp Lima, Kodim 0101/BS, dan kembali ke MRB.

Sedangkan rute untuk masyarakat umum, start dimulai dari MRB, ke U-Turn Bank Syariat Mandiri, Jalan STA Mahmudsyah (Golkar), Simpang Kodim 0101/BS, lalu ke Pendapa Gubernur Aceh, Simpang Jam dan menuju Jalan T Umar Seutui. Dari Seutui lurus ke Simpang 3 Dinas Bina Marga dan Simpang Dodik Lamteumen, lalu belok Kiri ke Jalan Soekarno Hatta (Geuceu Menara), ke Masjid Alfitrah Keutapang, ke Jalan Sudirman, kembali ke Sp 3 Bina Marga, ke Jalan T Umar, balik ke Sp Jam, balik ke Pendapa Gubernur, Kodim, dan Finish di MRB. (sermabinews/kompas)

Ilustrasi
Demak - Seorang begal motor tewas dimassa setelah gagal melakukan aksinya di Desa Menur, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Pelaku yang berboncengan dengan rekannya tak menyadari jika calon korban yang disasar adalah anggota Intelijen TNI.

"Kejadiannya tadi malam, sekira pukul 23.10 WIB, saat saya melewati lapangan Desa Brumbung, kemudian dipepet dua orang pelaku yang mengendarai sepeda motor," kata Mashudi (47), anggota Intelijen Korem Makutarama, Salatiga, Selasa (5/7/2016).

Warga Desa Menur RT 01/01, Kecamatan Mranggen itu pun langsung melakukan perlawanan dengan memukul salah satu pelaku yang membonceng. Akibatnya, kendaraan pelaku oleng ke kanan dan melaju kencang hingga menabrak pagar tembok MTs Rohmaniyah, Menur, Mranggen.

"Kemudian, kedua pelaku lari ke arah selatan. Saya pun berteriak minta tolong kepada warga, hingga mereka berdatangan dan mencari ke arah perumahan. Kebetulan bisa menemukan salah satu pelaku, dan langsung dibawa warga," terangnya.

Penangkapan pelaku itu pun membuat geger warga emosi dan melayangkan bogem mentah ke tubuh pelaku. "Hingga pelaku kritis dan meninggal saat perjalanan menuju RS Pelita Anugerah Mranggen," jelasnya.

Polisi yang menerima laporan segera mendatangi lokasi dan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Dari tubuh pelaku diamankan empat unit telefon seluler. Selain itu, sepeda motor bernopol H 5159 AD yang ditinggalkan pelaku turut diamankan sebagai barang bukti.

"Identitas pelaku yang tewas belum diketahui. Kini jenazahnya masih di rumah sakit, sementara pelaku lainnya belum tertangkap atau melarikan diri. Kita masih melakukan pengejaran," ujar Kabag Ops Polres Demak, Kompol Sutomo. (Okz)

Ilustrasi
New York - Usai melakukan salat, dua remaja muslim di New York dipukuli di depan masjid. Insiden ini dibenarkan oleh Dewan Hubungan Amerika-Islam (CAIR) New York.

Menurut CAIR, remaja 16 tahun itu dipukuli di depan Pusat Komunitas Muslim Brooklyn saat jeda ibadah. Dalam video yang dirilis dewan ini, terlihat seorang pria memukuli kedua remaja itu.

Pria ini memaki, menendang dan menginjak pemuda tersebut sampai terkulai di jalan. Remaja lain yang sedang mengendarai sepeda juga dikejar dan dipukuli olehnya.

CAIR menyebutkan, pelaku sempat berteriak dan mengatakan Islam adalah teroris.

"Kalian umat Muslim menyebabkan semua masalah di dunia. Teroris!" ucap pria tersebut seperti dikutip dari Channel News Asia, Selasa (5/7).

Akibat pemukulan ini, korban mengalami gegar otak, luka, memar di sekujur tubuh dan mata lebam. Remaja tersebut sampai dilarikan ke rumah sakit.

Korban kedua, yang sedang naik sepeda juga mengalami hal serupa.

Meski demikian, otoritas keamanan New York membantah insiden ini berunsur SARA.

Menurut aparat, para korban melecehkan seorang perempuan berusia 40 tahun yang sedang berada di dalam mobilnya. Kekasih perempuan itu akhirnya menyerang balik kedua remaja itu. Kini, aparat sedang memburu pria tersebut.

Dua hari sebelumnya, insiden pemukulan di depan masjid juga terjadi di Houston. Seorang dokter yang hendak salat subuh di salah satu masjid ditembak dan diserang tiga pria tak dikenal.

Masih belum jelas apa penyebab penyerangan tersebut, namun peristiwa itu terjadi selang sehari setelah pria muslim lainnya dipukuli di depan masjid di Florida.
(merdeka.com)

Pos jaga di selatan Thailand diserang bom bunuh diri. Foto: thenations
AKSI serangan dengan bom tak hanya terjadi Surakarta, Selasa (5/7). Sehari jelang Idul Fitri, bom juga menyerang pos pemeriksaan perbatasan Thepha Songkhla dan Nongchik Pattani, di selatan Thailand.

Jika di Indonesia tak sampai memakan korban tewas, di Thailand, seorang polisi tewas, tiga lainnya terluka. Dilansir dari The Nation, polisi yang tewas adalah Kopral Thani Saensuwan. Tubuhnya terbakar, ikut meledak.

Sementara yang terluka adalah Kopral Natthapol Chunu, Kopral Jatupol Sri-in, Kopral Apichart Taeng-cham. Mereka segera dilarikan ke Inkayuth Fort Hospital.

Pos pemeriksaan itu sendiri merupakan gerbang utama dari tiga provinsi yang ada di daerah tersebut. Para pejabat mengatakan ledakan itu disebabkan oleh bom rakitan yang disembunyikan di sebuah truk pick-up Isuzu tanpa pelat yang kini disita untuk memeriksa.

"Bom itu disembunyikan di dalam sebuah truk pick-up .Pelaku kemudian pergi setelah memarkir truk di pos pemeriksaan sebelum melarikan diri," kata Letnan Kolonel Sompong Rongyang, seorang petugas polisi di tempat kejadian, seperti dilansir dari AFP.

Hingga saat ini, polis masih terus melakukan penyelidikan dan belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas bom ini. (jpnn)

Petugas tengah mengidentifikasi dan mengevakuasi korban tewas bom di bandara Ataturk, Istambul, Turki
Ankara, - Sebanyak 17 orang didakwa terkait penyerangan di Bandara Ataturk, Istanbul, Turki. Sebelas di antaranya merupakan WN Rusia.

Dilaporkan AFP, Selasa (5/7/2016), tersangka yang terakhir ditangkap dengan tuduhan kepemilikan senjata keloimpok teroris. Otoritas setempat menyebut ISIS ada di balik aksi teror pada tanggal 28 Juni tersebut.

Sebelumnya 13 tersangka juga sudah didakwa karena terkait dengan peristiwa ini. Polisi juga telah menahan dua tersangka militan ISIS.

Media di Turki menyebut bahwa penyerangan ini diorganisasikan oleh Akhmed Chatayev. Otoritas setempat mengidentifikasi pelaku berkebangsaan Rusia, Kirgistan, dan Kirgistan.
(AFP/detik)


Enam orang dikabarkan tewas akibat bom yang meledak di sekitar pos polisi dekat Masjid Nabawi, tempat Nabi Muhammad SAW dimakamkan, Senin petang, 4 Juli 2016 waktu setempat. Korban adalah empat polisi dan dua warga sipil.

Sebuah sumber polisi dikutip dari arabnews.com mengatakan bahwa petugas yang berjaga pos sedang bersantap buka puasa. Pelaku dilaporkan meminta untuk bergabung dengan polisi. Begitu sampai di dekat, ia meledakkan rompi bunuh dirinya. Sebuah video beredar di media sosial menunjukkan pembakaran mobil dan setidaknya dua petugas keamanan terlihat tergeletak di tanah terbuka dan dua lainnya tergeletak kusut di dekat mobil yang terbakar.

Sementara itu pasukan keamanan telah mengepung Masjid dan jamaah tidak diizinkan untuk masuk atau keluar. Gubernur Madinah Pangeran Faisal bin Salman tiba di lokasi ledakan dan mengunjungi Rumah Sakit Al Ansar di mana para korban ledakan yang dirawat.[beritabulukumba.com]

Teror bom di kantor keamanan Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi, dinilai sebagai serangan terhadap agama Islam dan umat Muslim. (Reuters/Handout)
Madinah - Pakar dunia Islam dan urusan publik, Haroon Moghul, menilai serangan bom di kantor keamanan Masjid Nabawi di Madinah merupakan serangan terhadap agama Islam dan umat Muslim. Menurutnya, serangan yang diduga kuat merupakan ulah kelompok militan ISIS itu merupakan bukti nyata perang antara umat Muslim dan kelompok ekstremis.

Dalam tulisan kolomnya di CNN pada Selasa (5/7), direktur pengembangan di lembaga Center for Global Policy ini menyatakan bahwa bom yang meledak di kantor keamanan di kompleks masjid Nabawi menjelang waktu berbuka puasa pada Senin (4/7) itu menyentak publik dunia, utamanya karena terjadi di penghujung Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Terlebih, Madinah merupakan kota suci kedua bagi umat Muslim setelah Mekkah. Masjid Nabawi juga merupakan situs suci kedua bagi umat Muslim setelah Masjidil Haram. Masjid Nabawi dibangun oleh junjungan umat Muslim, Nabi Muhammad SAW, setelah beliau hijrah ke Madinah.

Sebagai salah satu situs tersuci, Masjid Nabawi kerap dipadati umat Muslim dari seluruh dunia setiap tahun, utamanya sebelum atau setelah menunaikan ibadah haji dan selama 10 malam terakhir Ramadan.

Oleh karena itu, banyak umat Muslim yang menyatakan tidak percaya bahwa serangan semacam ini dapat terjadi di salah satu kota tersuci.

"Terdapat kepercayaan di kalangan umat Muslim bahwa sebelum hari akhir Dajjal akan menyebabkan kekacauan dan ketidakadilan di muka bumi. Namun, dia tidak akan dapat memasuki Mekkah atau Madinah. Mungkin ini alasan mengapa begitu banyak umat Muslim tak bisa percaya atas serangan yang baru saja terjadi," ujar Moghul.

Moghul menegaskan bahwa meski belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan ini, sulit untuk mengelak indikasi kuat mengarah kepada ISIS, ketimbang kelompok militan lainnya, seperti Al-Qaidah.

"Al-Qaidah kelompok yang keji, tapi Al-Qaidah juga menolak menjadi cikal bakal ISIS karena [ISIS] terlalu keras. Tidak ada keraguan bahwa ini adalah serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap umat Islam di dunia, yang sebagian di antaranya memadati Madinah," kata Moghul dalam tulisannya.

"Ini juga merupakan serangan terhadap agama Islam itu sendiri," tulisnya.

Moghul menyatakan bahwa serangan semacam ini sejalan dengan praktek ISIS yang mengedepankan kekerasan dengan berdarah dingin, logika politik yang kejam, serta berusaha untuk mengeksploitasi dan memperburuk ketegangan sosial yang ada.

"Mereka menyebutnya: manajemen kekejaman atau eliminasi zona abu-abu, yang berarti memaksa publik untuk memihak satu sisi, menyatakan perang dengan pluralisme, toleransi, demokrasi," kata Moghul.

Moghul juga menyoroti berbagai serangan yang terjadi di sejumlah negara di pekan terakhir Ramadan. Menurutnya, serangan bom di bandara Ataturk, Turki, drama penyanderaan di Dhaka, Bangladesh, bom di Baghdad, Irak dan di Masjid Nabawi, Saudi seperti serangkaian serangan yang terkordinasi.

"Ini merupakan serangan balik para jihadis global, yakni serangan di jantung dunia Islam. Semakin banyak korban berjatuhan, mungkin karena ISIS mulai kehilangan wilayah mereka. Mereka ingin menunjukkan bahwa upaya mengalahkan mereka akan menimbulkan konsekuensi," ujarnya.

Dalam beberapa bulan terakhir, ISIS memang dikabarkan dapat dipukul mundur dari sejumlah wilayah di Irak dan Suriah yang sebelumnya mereka kuasai. Pekan lalu, pemerintah Irak mengumumkan telah berhasil merebut kembali seluruh wilayah Fallujah dari tangan ISIS. Pemerintah Suriah juga mengklaim berhasil merebut Palmyra dari tangan ISIS beberapa bulan lalu.

"Apa kesamaan yang dimiliki Dhaka dan Baghdad, kecuali bahwa kelompok radikal telah mengeksploitasi pemerintahan gagal, suburnya ekstremisme agama serta stagnasi ekonomi selama bertahun-tahun sebagai pijakan ideologi mereka?" kata Moghul.

"Karena para ekstremis tidak melihat apapun selain kita --umat Islam-- dan mereka. Mereka telah memilih kubu sendiri, memiliki pandangan sendiri. Apakah kini umat Muslim dapat bersatu bersama untuk memerangi para ekstremis yang sangat membenci Islam?" tutur Moghul.

"Sejumlah Muslim dapat saja mengangkat bahu dan menyatakan mereka tidak ada hubungannya dengan serangan itu. Tapi ekstremisme tidak memandang itu. Ekstremisme ingin membunuh kita, membakar masjid kita, menghapus tradisi kita, membunuh seniman kita, bahkan menyerang junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Adalah hal yang wajar jika kita marah," ujarnya.

"Umat Muslim marah ketika terdapat kartun yang mengejek Nabi Muhammad. Saya kini bertanya-tanya, bagaimana umat Muslim akan bereaksi sekarang ketika seseorang mencoba meledakkan masjid [suci]?" kata Moghul.

Moghul berpendapat umat Muslim di dunia harus bersatu untuk mengatasi serangan dari para ekstremis yang semakin marak belakangan.

"Umat Muslim dunia harus bekerja sama dalam cara yang tampaknya sulit untuk dibayangkan sekarang. Memang benar bahwa kita saat ini tidak memiliki lembaga, pemimpin, dan visi yang membuat kita bersatu seluruhnya. Namun ini harus segera mulai dibentuk, karena tak ada jalan keluar lain," tuturnya. (CNN)
loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.