2018-05-06

Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Bambang Tri Banda Aceh Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bireuen Bisnis BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya Cuaca Cut Meutia Dana Bos Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Fito Foto FPI Gampong Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan History Hotel Hukum HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Irwandi-Nova Irwndi Yusuf IWO Jaksa Jejak JKMA Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malware WannaCry Masjid Mitra Berita Motivasi Motogp Mudik MUI Musik Nanang Haryono Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patroli Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh PKI PLN PNL Polisi Politik Poso PPWI Presiden Pungli Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebriti Senator Sosok Sport Sumatera Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TNI Tokoh Tsunami Aceh Ulama Vaksin MR vid Video vidio Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

Lhokseumawe - Gubernur Aceh Irwandi Yusuf meresmikan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Sumbagut 2 Peaker berkapasitas 250 megawat di Kecamatan Muara Satu, Desa Meuriah Paloh, Kota Lhokseumawe, Jumat (11/05/2018). Pembangkit listrik tersebut akan memperkuat Sistem Kelistrikan Wilayah Aceh dan diharapkan dapat beroperasi pada akhir tahun 2019.

Peresmian tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Irwandi bersama Walikota Lhokseumawe, Suadi Yahya, GM PLN Aceh, Jefri Rosiadi dan pejabat PLN lainnya.

Irwandi mengatakan ketersediaan pasokan tenaga listrik di Wilayah Aceh, khususnya di Kota Lhokseumawe, akan mendukung masuknya investor dalam membangun investasi di Kawasan Ekonomi Khusus Arun Lhokseumawe.

"Tanpa listrik, semua tidak bisa berjalan. Banyak investor mau menamankan modalnya di Aceh, tapi terkendala karena tidak cukupnya energi listrik. Masalah listrik juga kerap mengganggu aktivitas dan ekonomi masyarakat,” kata Irwandi.

Penambahan energi listrik, kata Irwandi, harus dilakukan guna memenuhi kebutuhan masa depan. Langkah inilah yang terus dilakukan PT. PLN dengan dukungan Pemerintah Aceh.

“Salah satu langkah yang akan dilakukan adalah membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) 2 yang berkapasitas 250 MW yang kita lakukan hari ini," ujar Irwandi.

Gubernur Irwandi mengatakan masalah energi listrik Aceh dapat teratasi dengan dibangunnya pembangkit tersebut. Selain itu, PLTMG 2 juga diharapkan mampu mendukung kebutuhan energi listrik yang cukup besar untuk berbagai usaha, yang ada di KEK Arun-Lhokseumawe.

Irwandi menyampaikan beberapa pembangkit yang telah dibangun di Aceh juga akan memasuki tahap penyelesaian, seperti PLTA Peusangan berkapasitas 84 MW dan pembangkit listrik energi panas Bumi Jaboi, Sabang, yang berkapasitas 80 MW.

Selain itu, lanjut Irwandi, sumber energi listrik panas bumi Seulawah juga sedang dikerjakan dan siap berproduksi tahun 2020, dengan kapasitas awal 55 MW dari 165 MW kapasitas yang diharapkan. Beberapa sumber energi lainnya juga sedang digarap, seperti Gunong Geurudong oleh Hitay dari Turki.

"Jika pembangunan semua sumber energi itu telah selesai, Aceh akan memiliki energi listrik yang cukup besar dan mampu menopang iklim investasi di Aceh serta menumbuhkan lapangan-lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitar,” ujar Irwandi.

Irwandi meminta agar PLN bertanggung jawab dalam melakukan CSR kepada masyarakat. Pemerintah Aceh juga akan mengawasi CRS yang dilakukan oleh PLN.

Pada kesempatan tersebut, Irwandi mengimbau PLN agar memastikan ketersediaan listrik selama bulan Ramadhan.

“Beberapa waktu yang lalu, saya sudah duduk bersama GM PLN Aceh, saya minta agar listrik tidak mati lagi saat peak hours pada bulan Ramadhan, jika ada masalah segera diselesaikan sebelum Ramadhan,” tegas Irwandi.

Sementara itu, General Manager PT. PLN Aceh, Jefri Rosiadi mengatakan, saat ini total beban listrik Aceh mencapai 490 Megawat. Untuk membantu memenuhi kebutuhan tersebut, listrik di wilayah Aceh mendapat suply dari PLTU Nagan Raya, PLTMG Arun dan beberapa pembangkit listik lainnya yang ada di Aceh, dengan total daya mencapai 453 Megawat. Aceh juga mendapat tambahan daya yang disuply dari sistem Sumbagut sebesar 57 MW.

“Kami menyadari, meskipun kondisi kelistrikan di Aceh aman, namun diperlukan pengembangan untuk menunjang perekonomian Aceh,” kata Jefri.

Karena itu, kata Jefry, untuk mendukung pemenuhan kapasitas beban seiring dengan meningkatnnya perekonomian di wilayah Aceh, PLN terus melakukan pembangunan infrastruktur, baik dari sisi pembangkit, gardu induk dan transmisi.

Untuk diketahui, proyek pembangunan PLTMG Sumbagut 2 Peaker 250 MW yang dilaksanakan oleh kontraktor Konsorsium PT Wijaya Karya– TSK dan PT Sewatama ini merupakan Proyek Strategis Nasional dan salah satu Program 35.000 MW yang dicanangkan oleh Pemerintah.[Rill]

Banda Aceh – Memasuki Bulan Suci Ramadhan 1439 Hijriah, stok kebutuhan bahan makanan pokok aman hingga beberapa bulan mendatang. Untuk itu, Sekretaris Daerah Aceh, Dermawan, mengimbau seluruh masyarakat Aceh untuk tidak melakukan pembelian bahan makanan pokok secara besar-besaran.

Imbauan tersebut disampaikan Dermawan, usai memimpin Rapat Koordinasi Ketersediaan Bahan Pangan, BBM, Arus Listrik dan Arus Mudik dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1439 Hijriah, di ruang Potensi Daerah Setda Aceh, Jum’at (11/5/2018) sore.

“Stok semua bahan makanan pokok termasuk daging aman hingga beberapa bulan ke depan. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir akan terjadi kenaikan harga, dan melakukan pembelian besar-besaran harga bahan pokok semua akan kita pantau bersama pihak terkait lainnya,” ujar Dermawan.

Sekda mengungkapkan, untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok di pasaran, Pemerintah Aceh bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah dan seluruh SKPA terkait akan melakukan operasi pasar dan menggelar pasar murah di seluruh kabupaten/kota.

“Memang selalu ada oknum–oknum pedagang nakal yang bermain dengan harga kebutuhan pokok. Untuk mencegah hal itu Pemerintah Aceh bersama aparat kepolisian akan melakukan operasi pasar,” imbuh Dermawan.

Sebelumnya, dalam presentaasinya, Bulog Divre Aceh, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh, dan serta Dinas Pangan, menjelaskan bahwa stok pangan Aceh sangat mencukupi hingga beberapa bulan ke depan.

Sementara itu, Kepolisian Daerah Aceh juga menyatakan siap mendukung Pemerintah Aceh dalam menjaga situasi kondusif jelang dan selama Ramadhan dan Idul Fitri serta siap membantu operasi maupun kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk menjaga stabilitas harga pangan di Aceh.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan Kodam Iskandar Muda, tim dari Kantor Bank Indonesia Perwakilan Aceh, SKPA terkait serta sejumlah pengusaha dan mitra kerja Pemerintah Aceh lainnya. (Rill)

Banda Aceh – Sekretaris Daerah Aceh, Drs. Dermawan MM, mewakili Gubernur Aceh membuka Rapat Kerja Nasional Wilayah I–Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) se-Sumatera di Asrama Haji, Banda Aceh, Jumat (11/05/2018).

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Dermawan, Gubernur menyampaikan selamat datang kepada para peserta dari luar Aceh.

“Semoga Bapak-Ibu semuanya dapat menikmati suasana aman dan damai di Aceh, serta dapat pula mendukung suksesnya Rapat Kerja Nasional Wilayah I IPHI se-Sumatera yang berlangsung di Kota Banda Aceh ini,” ujar Gubernur.

Dalam sambutan tersebut Gubernur juga mengatakan, sebuah kalimat yang selalu didengung-dengungkan terkait ibadah haji adalah haji mabrur, yaitu ibadah haji yang nilai, proses dan manfaatnya sejalan dengan ketentuan yang ditabalkan di dalam Al-Quran dan hadist.

Kemabruran haji seseorang, menurut Gubernur, tidak hanya diukur saat ia melaksanakan ibadah haji, tapi juga sangat bergantung pada prilakunya setelah pulang dari ibadah haji. Prilaku itu setidaknya tercermin dari ibadah dan amaliah sosial yang bersangkutan.

“Mengingat haji merupakan ibadah wajib sekali dalam seumur hidup, maka Pemerintah berupaya sekuat tenaga untuk mendorong agar setiap jamaah dapat menjalankan niatnya menjadi haji mabrur,” ujar Gubernur.

Gubernur melanjutkan, salah satu wadah untuk mendukung penguatan haji mabrur itu adalah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia atau IPHI yang merupakan wadah bagi berhimpunnya para haji di negeri ini.

IPHI adalah organisasi kebajikan, independen, non politis praktis, yang tujuannya untuk mendorong agar para haji semakin meningkatkan kemabruran hajinya dari masa ke masa.

“Itu sebabnya keluarga besar IPHI harus dapat mengamalkan prinsip ajaran Islam yang menegaskan bahwa Islam adalah “rahmat bagi seluruh manusia” sehingga kehadiran IPHI dapat pula dirasakan manfaatnya bagi umat beragama lain,” kata Gubernur.

Sejak berdiri 28 tahun silam, lanjut Gubernur, IPHI cukup banyak berperan dalam membuka cakrawala pemahaman umat terhadap ibadah haji. Salah satunya, memberi motivasi bagi jemaah dalam memelihara nilai-nilai kemabruran haji.

Selain itu, Gubernur juga menjelaskan, sampai saat ini minat masyarakat Indonesia dalam menunaikan haji masih sangat tinggi. Di Provinsi Aceh saja, sampai awal tahun ini, daftar waiting list untuk calon jamaah haji berkisar 91.000 orang. Kalau saja kuota haji Aceh per tahun sekitar 4.300 orang, berarti yang mendaftar tahun ini kemungkinan baru bisa menunaikan ibadah haji 20 tahun mendatang.

“Namun kita telah mendengar bahwa proses pembangunan sarana haji di Tanah Suci sudah mendekati selesai sehingga kuota haji kemungkinan bertambah tahun ini. Mudah-mudahan kebijakan ini bisa memperpendek masa tunggu calon jamaah haji kita, sehingga kesempatan untuk menunaikan ibadah haji semakin besar,” kata Gubernur.

Namun terlepas dari semua itu, Gubernur menegaskan, ibadah haji harus dijalankan sebaik mungkin.

“Di sinilah peran IPHI dalam mendukung kebijakan Pemerintah untuk mensukseskan pengiriman haji sangat dibutuhkan. Bahkan tugas IPHI lebih berat lagi, karena ia juga punya tanggungjawab moral dalam membina dan mengayomi para haji di tanah air.”

Rakernas tersebut turut dihadiri Pimpinan DPRA, Ketua MPU Aceh serta unsur Forkopimda Aceh, Ketua Umum Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) pusat, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Kepala Dinas Syariat Islam Aceh, Kepala Biro Keistimewaan dan Kesejahteraan Rakyat Aceh serta pimpinan SKPA terkait lainnya, Ketua dan pengurus serta keluarga besar IPHI Aceh. [Rill]

Banda Aceh – Wakil Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah MT., mewakili pemerintah Aceh bersilaturrahmi dengan tokoh nasional asal Aceh, Surya Paloh, di Hotel Kiryad Muraya Banda Aceh, Jumat 11/05/2018 malam. Silaturrahmi itu juga diikuti perwakilan Forkopimda, DPR Aceh serta para tokoh masyarakat. 

Nova Iriansyah menyebutkan, masyarakat Aceh merindukan sosok Surya Paloh, sebagai seorang putra Aceh yang berkiprah di kancah nasional. “Ada kerinduan yang (selama ini) tertahan bisa kita lepaskan malam ini,” kata Nova.

Dalam silaturrahmi itu, para tokoh lintasorganisasi tersebut membahas persoalan Aceh kekinian, proses pembangunan Aceh dan bagaimana Aceh usai berakhirnya Dana Otonomi Khusus 2027 mendatang.

Nova menyebutkan, pemerintah Aceh bersama DPR Aceh dibantu oleh para tokoh Aceh di Jakarta, harus membantu menyusun langkah strategis untuk melahirkan program yang bisa menghasilkan ‘rupiah’ setara dengan Otsus. Apalagi, diketahui bahwa besaran dana Otsus berjumlah lebih dari setengah APBA.

“Kita susun konsep dan bicarakan di DPRA, kita ajak Forbes, mungkin ada satu skema yang bisa kita sepakati. Kita tidak bisa menunggu lama hingga 2027 nanti,” kata Nova.

Nova yakin, pasti akan ada keterkejutan saat dana Otsus ‘lenyap.’ Ke depan, Nova mengajak semua pihak menyusun perencanaan lebih baik, monitoring dan mengevaluasi semua pengguaan dana Otsus ke arah lebih baik sehingga perekomian masyarakat tumbuh.

Sementara itu, Surya Paloh, mengatakan, besaran dana Otsus yang diterima Aceh harusnya telah membuat Aceh lebih maju dibandaingkan sekarang. “Seharusnya kita bisa buat 3 kali kelipatan lebih baik dari sekarang,” katanya.

Surya Paloh menyebutkan, masyarakat Aceh termasuk dirinya harus berani mengakui: “kita salah urus. Miss manajemen pemerintah besar sekali. Banyak strategi tidak tepat. Niatnya mungkin tidak jelek, tapi hasilnya tidak tepat.”

Selama ini, kata Surya Paloh, hampir tidak ada peningkatan pembangunan keterampilan Sumber Daya Manusia d Aceh. “Dalam berkompetesi apa pun kita kalah, pengangguran kita besar, provinsi kita miskin,” kata Surya Paloh. Ia mengajak semua bergandengan tangan, melupakan perseteruan. “(Selama ini) Tidak ada yang ingatin saat ada pekelahian eksekutif dan legeslatif. Hal itu telah membuat kita semakin jauh tertinggal,” kritik Paloh.

Surya Paloh menyayangkan, jika Aceh menggantungkan diri dari Dana Otsus. Dana tersebut diibaratkan Paloh sebagai suplemen semata. Karenanya ia mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk membangun program yang bisa meningkatkan Anggaran Pendapatan Belanja. Jika hal itu bisa dipikirkan, pastinya Pendapatan Asli Aceh meningkat dan ketergantungan pada anggaran Otsus akan berkurang bahkan hilang.

“Bahaya kalau Otsus jadi tumpuan. Aneh kalau Otsus jadi andalan pembelanjaan,” kata Paloh.

Dalam pembangunan ke depan, Paloh meminta pemerintah Aceh memprioritaskan pembangunan infrastruktur. Ia mengusulkan pembangunan jalan highwaydari Banda Aceh ke Medan, layaknya highway Kuala Lumpur – Johor. Selain mempersingkat perjalan ke provinsi tetangga, hal tersebut juga pastinya akan membuat pertumbuhan aktifitas ekonomi.

“Ada multiefek positif yang akan kita dapat. Kita perlu itu (jalan highway),” kata Paloh. Ia bersedia menjadi penyambung lidah ke Presiden Joko Widodo untuk menyampaikan permintaan tersebut. “Tapi kita jangan ada beda pandangan dulu, kalau ada yang bilang tidak cocok, bahaya itu. Kita harus bisa yakinkan pemerintah pusat.”

Surya Paloh yakin, jika hal tersbeut adalah perjuangan bersama dan konkrit, pemerintah pusat akan mengabulkan permintaan masyarakat Aceh tersebut. “Aceh itu mendapat satu tempat di hati Jokowi. Ia memahami masalah kita,” kata Surya Paloh. [Rill]

Jakarta – Gubernur Aceh Irwandi Yusuf melakukan pertemuan dengan direksi dua perusahaan minyak raksasa, yaitu Mubadala Petroleum dari Dubai dan Premier Oil asal Inggris di Jakarta, Senin 7 Mei 2018.

Pertemuan tersebut dilakukan pasca penandatanganan kontrak dua Blok Migas di lepas pantai bagian Utara Aceh pada 5 Mei 2018. Dalam pertemuan itu kedua perusahaan melaporkan rencana kegiatan mereka di lepas Pantai Aceh.

Kedua blok yang dimaksud yaitu Blok Andaman I yang dimenangkan Mubadala Petroleum (Andaman 1) RSC Ltd. Kedua, blok Andaman II yang dimenangkan oleh Konsorsium Premier Oil Andaman Limited - KrisEnergy (Andaman II) Ltd - Mubadala Petroleum (Andaman 2) RCS Ltd.

Blok Andaman I dan Andaman II berlokasi di laut Andaman di sebelah utara Aceh. Kontrak itu menggunakan skema gross split, dengan jangka waktu kontrak selama 30 tahun yang dimulai dengan tahap eksplorasi selama enam tahun.

Kedua kontraknya ini akan melaksanakan studi Geology Dan Geofisika dalam waktu dekat ini dengan malakukan kegiatan seismic survey di lepas Pantai laut Andaman Aceh.

Gubernur Aceh menyambut baik kegiatan ini dan berharap mereka segera dapat melaksanakan pekerjaan explorasi.

“Pemerintah akan secara penuh meberikan dukungan,” ujar Gubernur dalam pertemuan tersebut.

Pertemuan ini dihadiri oleh Senior Management perusahaan Kepala Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) Dan SKK Migas yang diberikan tugas oleh negara melalukan pengawasan dan pengendalian Kegiatan Usaha Hulu Migas di Indonesia, khususnya Aceh dengan BPMA.

Sedangkan dari Mubadala Petroleum dihadiri Ian Warrilow selaku presiden perusahaan dan Mazin Alamki selaku COO. Sementara dari Premier Oil dihadiri Garay Selbie selaku presiden, dan Nick Comrie Smith yang merupakan Manager Eksplorasi. [Rill]


Jakarta- Industri pengolahan mencatatkan pertumbuhan pada triwulan I tahun 2018 sebesar 4,50 persen, lebih tinggi dibanding periode yang sama tahun sebelumnya di angka 4,28 persen. Sektor manufaktur pada kuartal pertama tahun ini masih memberikan kontribusi terbesar dengan mencapai 20,27 persen terhadap perekonomian nasional.

“Pertumbuhan tersebut karena didukung dari peningkatan produksi baik di sektor skala besar maupun industri kecil dan menengah (IKM). Selain itu, adanya kenaikan ekspor untuk komoditas nonmigas,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Jakarta, Sabtu (12/5).

Menperin menyebutkan, pada periode triwulan I/2018, sektor yang mengalami pertumbuhan tertinggi adalah industri mesin dan perlengkapan sebesar 14,98 persen. Capaian ini sejalan dengan peningkatan kinerja bisnis mesin konstruksi dan pertambangan sebagai dampak dari peningkatan aktivitas kedua lapangan usaha tersebut.

Selanjutnya, kinerja gemilang diikuti oleh industri makanan yang menempati angka pertumbuhan hingga 13,01 persen. Selain didorong oleh peningkatan produksi minyak kelapa sawit, momentum menghadapi bulan Ramadan juga menjadi salah satu stimulus dalam memacu produktivitas di industri makanan.

“Dengan daya beli masyarakat yang terus berangsur membaik, industri jadi semakin optimistis untuk menggenjot produksinya,” ungkap Menperin. Selain itu, pertumbuhan disebabkan oleh beberapa faktor lainnya, seperti meningkatnya indeks manajer pembelian (PMI) dan kenaikan harga komoditas.

Kementerian Perindustrian mencatat, sektor manufaktur yang kinerjanya di atas PDB nasional, antara lain industri alat angkutan tumbuh sebesar 11,30 persen, industri pakaian jadi 10,9 persen, industri logam dasar 9,94 persen, serta industri farmasi, produk obat kimia, dan obat tradisional 7,36 persen.

Menperin menegaskan, pihaknya bertekad untuk semakin memacu pertumbuhan industri manufaktur. Pasalnya, aktivitas sektor pengolahan konsisten membawa efek berganda bagi perekonomian nasional seperti peningkatan pada nilai tambah bahan baku dalam negeri, penyerapan tenaga kerja lokal, serta penerimaan devisa dari ekspor.

“Kami fokus menjalankan hilirisasi industri,” ujarnya. Selain itu, Kemenperin aktif untuk menarik investasi dan menggenjot ekspor. “Industri juga menjadi penyumbang terbesar dari pajak dan cukai,” imbuhnya.

Berdasarkan data yang dirilis Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), investasi sektor industri manufaktur sepanjang kuartal I/2018 mencapai Rp62,7 triliun. Realisasi tersebut terdiri dari penanaman modal dalam negeri senilai Rp21,4 triliun dan penanaman modal asing sebesar USD3,1 miliar. Sektor industri logam, mesin, dan elektronik menjadi penyumbang terbesar dengan nilai investasi mencapai Rp22,7 triliun.

Guna lebih mendongkrak produktivitas dan daya saing industri saat ini, Airlangga menyampaikan, langkah-langkah strategis yang telah dijalankan Kemenperin di antaranya adalah memacu kompetensi sumber daya manusia (SDM) industri melalui program pendidikan dan pelatihan vokasi.

“Kemudian, kami mendorong industri untuk melaksanakan kegiatan litbang dan menerapkan teknologi terkini agar dapat menciptakan inovasi,” paparnya. Upaya ini merupakan salah satu dari impelementasi 10 prioritas nasional sesuai arah peta jalan Making Indonesia 4.0 guna menuju kesiapan menghadapi erarevolusi industri generasi keempat.(Red/Rls)

Tentara Israel berdiri di samping tank di Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel [Ronen Zvulun / Reuters]
StatusAceh.Net - Iran membantah tuduhan Israel bahwa mereka meluncurkan serangan roket terhadap pasukannya di Dataran Tinggi Golan yang diduduki, menyebut klaim itu "palsu" dan "tak berdasar".

Pada hari Kamis,  Israel meluncurkan gelombang serangan terhadap apa yang disebut sebagai target Iran di Suriah sebagai tanggapan atas dugaan serangan Iran yang menargetkan  wilayah Suriah yang diduduki Israel di  Golan Heights  untuk pertama kalinya. Itu adalah pertukaran militer paling luas antara dua musuh.

"Serangan rezim Zionis terhadap Suriah di bawah alasan yang dibuat dan tidak berdasar adalah pelanggaran kedaulatan nasional dan integritas teritorial Suriah dan bertentangan dengan semua hukum dan peraturan internasional," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Bahram Qasem.

Israel mengatakan pihaknya memukul lusinan sasaran militer Iran, serta lima instalasi anti-pesawat Suriah sebagai tanggapan terhadap pasukan Iran yang diduga meluncurkan 20 roket di Dataran Tinggi Golan yang diduduki.

Media pemerintah Suriah melaporkan bahwa pertahanan udara Suriah telah mencegat sebagian besar roket yang datang ke ibukota, Damaskus, tetapi juga menegaskan bahwa stasiun radar dan tempat penyimpanan senjata diserang.

Televisi pemerintah Iran melaporkan bahwa Suriah telah memberikan "tanggapan yang menghancurkan".

Qasem pada hari Jumat juga mengutuk diamnya komunitas internasional atas serangan Israel di Suriah.

"Iran sangat mengutuk ... serangan [Israel] terhadap Suriah. Keheningan komunitas internasional mendorong agresi Israel. Suriah memiliki hak untuk membela diri," kata Qasemi sebagaimana dikutip oleh televisi pemerintah Iran.

Zein Basravi dari Al Jazeera, melaporkan dari Teheran, mengatakan bahwa penting untuk dicatat apa yang tidak disebutkan dalam pernyataan itu.

"Tidak ada reaksi khusus terhadap tuduhan spesifik oleh Israel bahwa negara itu menghantam sejumlah besar sasaran Iran di dalam Suriah dan tidak ada tanggapan spesifik terhadap tuduhan Israel bahwa Iran berada di belakang api lintas perbatasan yang terjadi dan bahwa Iranlah yang menembak." pertama, jadi mereka masih memegang kartu mereka dekat dengan peti di sini di Teheran. "

'Iran melintasi garis merah'
Perdana Menteri Israel  Benjamin Netanyahu  mengancam dengan aksi lebih lanjut di Suriah, memperingatkan bahwa militer Israel akan menyerang setiap negara yang menargetkan negaranya termasuk serangan preemptive.

"Iran melintasi garis merah; tanggapan kami tepat," kata Netanyahu dalam konferensi pers.

"Tentara Israel melakukan serangan besar, serangan yang sangat luas terhadap sasaran-sasaran Iran di Suriah. Saya mengirim pesan yang jelas kepada rezim Assad bahwa tindakan kami ditujukan pada sasaran-sasaran Iran di dalam Suriah tetapi jika tentara Suriah akan bertindak melawan kami, kami akan bertindak melawannya. "

Israel telah lama memperingatkan akan ancaman Iran yang berkembang di dalam Suriah. Menteri Pertahanan negara itu Avigdor Lieberman mengatakan pada konferensi pers bahwa pasukan Israel telah menghancurkan hampir semua infrastruktur militer Iran di Suriah pada hari Kamis.

"Mereka harus ingat bahwa jika hujan di sini akan mengalir ke sana dan saya harap kita menyelesaikan bab ini dan semua orang mendapat pesan," kata Lieberman.

Basravi dari Al Jazeera mengatakan bahwa kementerian luar negeri Iran mendorong narasi yang sangat berbeda dengan pernyataan mereka.

"[Pernyataan itu] juga menunjukkan bahwa Israel, sebagai bagian dari kedalaman strategisnya di Suriah, mendukung kelompok-kelompok seperti Negara Islam dan front al-Nusra. Kami memiliki reaksi seperti itu dari para pemimpin di Iran dalam masa lalu berkaitan dengan keterlibatan Israel di negara ini. "

Ketika ketegangan antara Israel dan Iran terus meningkat, PBB, Rusia, Perancis, Jerman dan Inggris mendesak kedua negara untuk menghindari eskalasi lebih lanjut.

Sekretaris Jenderal AS Antonio Guterres mendesak agar segera menghentikan "semua tindakan bermusuhan" untuk menghindari "kebakaran baru" di Timur Tengah.

Israel telah meminta Dewan Keamanan PBB dan sekretaris jenderal untuk mengutuk serangan Iran, tetapi Dewan Keamanan tetap sangat terbagi atas Suriah dan sangat tidak mungkin untuk mengeluarkan pernyataan. Hingga Jumat pagi, tidak ada anggota dewan yang meminta pertemuan.

Israel dan Iran telah lama bertarung satu sama lain melalui proksi, dan dengan pertukaran baru, masing-masing tampaknya mengirim peringatan bahwa bentrokan langsung di antara mereka dapat dengan cepat meningkat.(*)

BANDA ACEH - Sukses dengan penyelenggaraan Sabang International Freediving Competition 2017 lalu di Kota Sabang, Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh akan kembali menggelar atraksi sport tourism serupa yang akan menjamu freediver dari luar negeri, 2-9 November mendatang.

Dalam rangka mensukseskan kegiatan bertaraf internasional tersebut, Disbudpar Aceh terus menggeber kesiapan termasuk menggelar pertemuan dengan Kementerian Pariwisata, Rabu (9/5/2018).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Amiruddin yang diwakili oleh Kepala Bidang Pemasaran Rahmadhani menyebutkan, pertemuan persiapan ini menjadi bagian penting guna menarik minat wisatawan khusus freediver luar negeri untuk berkunjung ke Indonesia dan juga Sabang khususnya sebagai spot freediving yang telah dikenal oleh dunia.

"Dalam rapat persiapan ini dipimpin langsung Ketua Ketua Tim Percepatan Wisata Bahari (TPPWB) Kemenpar RI Dwisuryo Indroyono Soesilo serta turut dihadiri anggota TPPWB Kemenpar RI, perwakilan BPKS Sabang di Jakarta, perwakilan POSSI Pusat, Telkom, dan konsultan freediving Stanley Sradaputta," sebut Rahmadhani yang didampingi Kasi Analisa dan Pengembangan Segmen Pasar, Nurlaila Hamjah.

Seperti diketahui sebelumnya, kata Rahmadhani penyelenggaraan Sabang International Freediving Competition di tahun 2017 sukses diselenggarakan yang dihadiri oleh 40 peserta dari 20 negara.

"Keberhasilan ini tentu perlu dilanjutkan pada tahun 2018, dan tahun ini even sport tourism ini juga sudah disiapkan dengan nama Aceh International Freediving Championship 2018 dengan lokasi utama di Teluk Balohan, Kota Sabang," imbuhnya.

Kehadiran Aceh International Freediving Championship 2018 ini tentunya diharapkan mampu menarik lebih banyak peserta dari berbagai negara, terlebih lagi sejumlah hadiah juga akan lebih besar dibanding tahun lalu.

Sabang yang dikenal oleh wisatawan mancanegara sebagai destinasi wisata bahari dunia dan destinasi bagi yachter dan kapal pesiar (cruise) ini tentu harus mampu menjadi tuan rumah yang siap dalam menyambut perhelatan besar freediving ini.

"Adanya even khusus bagi freediver ini, menjadi trigger bagi Kota Sabang kedepan agar nantinya freediving center hadir di Pulau Weh tersebut dan mampu melahirkan freediver muda berbakat tanah air," ujar Rahmadhani.

Momen freediving ini, imbuh Rahmadhani sekaligus menjadi ajang memperkenalkan Sabang kepada para freediver dunia sebagai spot freediving terbaik di Indonesia dan dunia dengan ragam pesona keindahan dan keunikan alam bawah laut.  

"Kemenpar sendiri dalam rangka mendukung hajatan freediving internasional ini akan mengalokasikan anggaran sekitar Rp900 juta dan Rp150 juta dari pihak BPKS Sabang," ungkap Rahmadhani.

Untuk lebih mempromosikan Aceh International Freediving Championship 2018, peran media akan ditingkatkan dalam rangka memperkenalkan kegiatan freediving kepada masyarakat nasional dan internasional, salah satunya kerjasama dengan jaringan CNN dan TV nasional, live streaming serta unsur ABCGM agar even ini viral di media daring.[Rill]

Israel mengatakan pemboman itu sebagai pembalasan atas tembakan roket Iran [Media Militer Pusat Suriah, via AP]
StatusAceh.Net - PBB, Rusia, Prancis, Jerman dan Inggris telah mendesak Israel dan Iran untuk menghindari eskalasi lebih lanjut setelah Israel melakukan serangan udara terhadap apa yang dikatakannya sebagai sasaran Iran di Suriah.

Israel mengatakan pemboman Kamis pekan lalu adalah pembalasan atas tembakan roket Iran di posisinya di Dataran Tinggi Golan yang diduduki. Tidak ada kecaman Israel.

Iran tidak berkomentar tentang roket itu.

Penggerebekan terjadi setelah berminggu-minggu meningkatnya ketegangan dan mengikuti keputusan Presiden AS Donald Trump pada hari Selasa untuk menarik diri dari perjanjian nuklir Iran 2015, tindakan yang telah lama didambakan Israel.

Sekjen PBB Antonio Guterres menghimbau agar "segera menghentikan semua tindakan bermusuhan" dalam sebuah pernyataan.

Dia mendesak Dewan Keamanan untuk tetap aktif menyadari situasi dan "memikul tanggung jawabnya" di bawah Piagam PBB.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov juga cepat meminta pengekangan. Dia mengatakan serangan Israel adalah "perkembangan yang sangat mengkhawatirkan" dan meminta Israel dan Iran untuk menghindari memprovokasi satu sama lain.

Semua masalah "harus diselesaikan melalui dialog", tambahnya.

Baik Rusia dan Iran telah melakukan intervensi di Suriah yang dilanda perang  untuk mendukung Presiden Bashar al-Assad.

Israel telah lama memperingatkan bahwa pihaknya tidak akan menerima Iran yang membenamkan dirinya secara militer di Suriah.

Dalam beberapa tahun terakhir, telah diduga melakukan serangan udara pada instalasi yang diawaki oleh pejuang Libanon Suriah, Iran, dan sekutu di seluruh Suriah.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan pada hari Kamis bahwa Iran telah "melintasi garis merah" dan pemboman yang dihasilkan "adalah konsekuensi".

'Serangan provokatif'
 
Iran tidak ingin "ketegangan baru" di Timur Tengah, Presiden Hassan Rouhani mengatakan kepada Kanselir Jerman Angela Merkel pada hari Kamis.

"Iran selalu berusaha mengurangi ketegangan di kawasan itu, berusaha memperkuat keamanan dan stabilitas," kata Rouhani kepada Merkel melalui telepon, menurut pernyataan di situs web kepresidenan Iran.

Gedung Putih juga mengutuk "serangan provokatif" Iran dalam sebuah pernyataan, dengan sekretaris pers Sarah Huckabee Sanders mengatakan Iran telah dikerahkan ke Suriah "roket ofensif dan sistem rudal  yang ditujukan untuk Israel".

Penyebaran itu "adalah perkembangan yang tidak dapat diterima dan sangat berbahaya bagi seluruh Timur Tengah", katanya.

Jerman  dan Inggris bergabung dengan AS dalam mengecam serangan roket yang juga mereka katakan berasal dari Iran, sementara Perancis menegaskan kembali "dukungan tak tergoyahkan bagi keamanan Israel".

Merkel dan Presiden Perancis Emmanuel Macron, setelah pertemuan di Aachen, Jerman pada hari Kamis, menyerukan "tingkat berkepala dan de-eskalasi di wilayah tersebut".

Menteri Luar Negeri Inggris Boris Johnson mengatakan Iran harus menahan diri dari "tindakan lebih lanjut yang hanya akan menyebabkan ketidakstabilan yang meningkat", dan meminta Rusia untuk menekan pemerintah Suriah untuk bekerja untuk pernyataan politik yang lebih luas.

Sementara itu, dalam langkah langka untuk negara Arab, Bahrain mendukung hak Israel untuk "membela diri" setelah serangan udara.

Menteri Luar Negeri Khalid bin Ahmed Al Khalifa menulis di Twitter bahwa selama Iran menggunakan kekuatan dan misilnya untuk mencoba dan mengguncang kawasan itu, "itu adalah hak dari negara manapun di kawasan itu, termasuk Israel, untuk mempertahankan diri dengan menghancurkan sumber-sumber bahaya. ".

Bahrain adalah sekutu dekat Arab Saudi dan kedua negara, yang kebijakan luar negerinya sering berbaris, melihat Iran sebagai ancaman utama bagi kawasan itu.

Momok konfrontasi besar
 
Pengamat dari luar melihat permainan berbahaya dari brinkmanship.

"Aturan permainan dilakukan dengan trial and error, dengan mendorong dan mendorong. Dorongan dan dorongan telah menjadi lebih intens," kata Heiko Wimmen dari International Crisis Group. "Kami semakin dekat ke tepi jurang."

Hanya masalah waktu sebelum Iran mundur, kata Wimmen.

"Intinya akan datang dengan tindakan-tindakan di mana Iran akan mengatakan, 'Kami harus mendorong dengan paksa, kami harus menetapkan pencegahan terhadap Israel jika kami ingin tinggal di Suriah,'" kata Wimmen.

Israel, juga, mungkin merasa berani dengan keputusan Presiden AS Donald Trump untuk mundur dari kesepakatan nuklir Iran 2015.

"Israel telah mengunyah sedikit untuk mengambil gigitan besar dari pasukan Iran di Suriah," kata Nicholas Heras dari Pusat Keamanan Baru Amerika.

Netanyahu melihat keputusan itu sebagai "lampu hijau untuk pergi setelah Iran di Suriah, akibatnya terkutuk", kata Heras.

"Israel yakin mereka sedang menghadapi skenario mimpi buruk sekarang di mana Iran akan melakukan pawai di Suriah dengan maksud untuk memulai perang yang akan mengakhiri Israel."

Sumber

Sport - Liga Spanyol akan mementaskan pekan ke-37. Tak ada duel antara tim-tim besar di kompetisi tertinggi antarklub negeri matador pekan kali ini.

Laga antara Real Sociedad melawan Leganes menjadi laga pertama yang digelar. Mereka akan berhadapan di Anoeta, Sabtu (12/5/2018) pukul 21.15 malam WIB.

Menyusul setelah itu, ada laga Girona vs Valencia, Alaves vs Athletic Bilbao, La Coruna vs Villarreal, Getafe vs Atletico Madrid, Real Betis vs Sevilla, dan Eibar vs Las Palmas.

Real Madrid akan menjamu Celta Vigo di Santiago Bernabeu, Minggu (13/5). Di Minggu malam, Espanyol akan berhadapan dengan Malaga. Barcelona akan melawat ke markas Levante, Senin (14/5) dinihari WIB.


Jadwal Liga Spanyol Pekan Ini

Sabtu (12/5)

Real Sociedad vs Leganes
Girona vs Valncia
Alaves vs Athletic Bilbao
La Coruna vs Villarreal
Getafe vs Atletico Madrid
Real Betis vs Sevilla
Eibar vs Celta Vigo

Minggu (13/5)

Real Madrid vs Celta Vigo
Espanyol vs Malaga

Senin (14/5)

Levante vs Barcelona

Detik.com

Polisi Aceh gelar zikir dan doa bersama untuk korban Mako Brimob.
Aceh Besar - Puluhan personel Satuan Lalu Lintas Polres Aceh Besar menggelar zikir dan doa bersama untuk mengenang korban kerusuhan di Rutan Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, yang menewaskan lima anggota Polri.

Doa bersama itu berlangsung di kantor Satuan Penyelenggara Administrasi Surat Izin Mengemudi  (Satpas SIM) Polres Aceh Besar, Jumat, 11 Mei 2018. Para personel Satlantas duduk melingkar dengan memakai peci putih. Mereka tampak khidmat larut dalam doa bersama itu.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Aceh Besar, AKP Vifa Febriana Sari, mengatakan seluruh anggotanya berbelasungkawa atas kejadian yang menimpa anggota Polri saat melakukan tugas.

“Kami sangat sedih dan turut berduka cita semoga ke depan tidak ada hal-hal insiden seperti ini terulang kembali. Semoga almarhum mendapatkan sisi yang layak di sisi Allah," ujar Vifa usai Doa bersama.

Sebelumnya, kericuhan terjadi di Mako Brimob antara Polisi dan napi terorisme di lapas tersebut. Akibatnya lima polisi gugur. Kelima anggota tersebut yaitu, Iptu Luar Biasa Anumerta Yudi Rospuji Siswanto, Aipda Luar Biasa Anumerta Deni Setiadi, Brigpol Luar Biasa Anumerta Fandi Setyo Nugroho, Briptu Luar Biasa Anumerta Syukron Fadli, Briptu Luar Biasa Anumerta Wahyu Catur Pamungkas.
SUMBER

Jakarta - Video memperlihatkan anggota polisi sedang menyuapi terduga narapidana terorisme di dalam bus menjadi viral. Video tersebut diperkirakan diambil saat dalam perjalanan evakuasi 145 narapidana ke Nusakambangan, Cilacap, Kamis (10/5).

Dalam video berdurasi 21 detik itu, terlihat sekitar enam anggota polisi berseragam menyuapi satu persatu narapidana.

Kondisi di dalam bus penuh. Semua kursi penumpang terisi. Jumlah polisi diperkiran lebih dari tujuh.

Para narapidana terlihat tenang. Tangan mereka terikat. Di antara mereka ada yang mengenakan kaos hitam dan berpeci.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Mohammad Iqbal menutukan, video tersebut menunjukkan bahwa polisi masih memiliki sisi kemanusiaan.

"Polisi masih memiliki hati kemanusiaan. Seberat apapun tantangan tugas itu," kata Iqbal kepada wartawan.

Berikut video anggota polisi menyuapi narapidana terorisme di dalam bus:

Banda Aceh - Sejumlah aktivis yang tergabung dalam Persatuan Nasional (PENA) 98 menggelar Pentas Seni yang berisi pameran foto aksi-aksi mahasiswa era 1998, Kamis (10/5/2018). Kegiatan yang dipusatkan di Taman Bustanul Salatin Banda Aceh ini sebagai refleksi 20 tahun reformasi.

Acara dibuka Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, serta dihadiri sejumlah pejabat lainnya. Ikut hadir Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman.

Dalam sambutannya, Wagub Nova meminta tidak ada yang berpikir atau bernostalgia untuk kembali ke Orde Baru. Menurutnya sebuah kemunduran jika generasi sekarang mengajak kembali ke masa rezim Orde Baru.

Wagub Nova turut mencontohkan negara Malaysia yang baru saja melakukan reformasi dengan menggelar Pemilu pada 9 Mei 2018 kemarin. "Artinya 20 tahun setelah Indonesia. Kenapa kita harus kembali ke masa Orde Baru," kata Wagub.

Wagub melanjutkan, ada sentimen baru yang muncul di beberapa tempat, termasuk di media sosial dan media massa.

"Para pelakunya ini ingin mengajak kita kembali ke rezim Orde Baru, saya kira ini suatu pembodohan," ujar Wagub seraya mengajak semua orang untuk menggelorakan slogan, "Mari kita melawan lupa, untuk tidak kembali ke zaman orde baru."

Selain pameran foto aksi, Pentas Seni PENA 98 turut diisi dengan dialog publik yang menghadirkan sejumlah aktivis '98. Di antaranya Ari Maulana, Kautsar, Banta Syahrizal, Tarmizi, Iqbal Faraby dan beberapa aktivis lainnya.

Ketua panitia, Fendra Trysani, kepada wartawan mengatakan kegiatan ini menjadi sangat penting untuk merefleksi ingatan, pada peristiwa-peristiwa penting reformasi 98.

"Kami mengemas acara ini dengan pameran foto-foto aksi mahasiswa tahun 1998. Secara keseluruhan, ada 300 foto yang kita tampilkan termasuk beberapa foto aksi-aksi mahasiswa di Aceh," ujar Fendra.[Rill]


Jakarta - Kementerian Perindustrian telah mencanangkan gerakanZona Integritas di seluruh satuan kerjanya untuk senantiasa menciptakanWilayah Bebas dari Korupsi (WBK) serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Komitmen ini merupakan pelaksanaan dari Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB)Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM di Lingkungan Instansi Pemerintah.

“Pembangunan Zona Integritas ini guna mendorong dan menciptakan seluruh aparatur Kemenperin yang bebas dari korupsi, bersih, dan melayani,” kata Plt. Irjen Kemenperin Haris Munandar di Jakarta, Kamis (10/5). Implementasi Zona Integritas ini juga diamanatkan dalam Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2014 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi.

Haris menyampaikan, ada lima satuan kerja di lingkungan Kemenperin yang telah memperoleh predikat WBK dari Kementerian PANRB, yaitu SMK-SMTI Yogyakarta, Balai Besar Teknologi Pencegahan dan Pencemaran Industri (BBTPPI) Semarang, SMK-SMAK Bogor, Balai Diklat Industri (BDI) Surabaya serta Balai Riset dan Standardisasi Industri(Baristand) Samarinda.

“Untuk tahun ini, kami mengusulkan satu satker yang diharapkan bisa mendapat predikat WBBM, yaitu SMK-SMTI Yogyakarta serta 16 satker untuk predikat WBK,” ujarnya. WBK adalahpredikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen sumber daya manusia (SDM), penguatan pengawasan, dan penguatan akuntabilitas kinerja.

Sedangkan, WBBM adalahpredikat yang diberikan kepada suatu unit kerja atau satuan kerja yang sebelumnya telah mendapat predikat Menuju WBK dan memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, dan penguatan kualitas pelayanan publik.

Pemilihan unit kerja atau satuan kerja yang diusulkan mendapat predikat Menuju WBK atau Menuju WBBM, memperhatikan beberapa syarat yang telah ditetapkan, di antaranya setingkat eselon I-III, dianggap sebagai unit yang penting atau strategis dalam  melakukan  pelayanan  publik, mengelola  sumber daya yang cukup besar, serta memiliki tingkat keberhasilan reformasi birokrasi yang cukup tinggi di unit kerja atau satuan kerja tersebut.

Haris menjelaskan, dalam upaya mewujudkan target tersebut, peran assurance(jaminan) dan consultancy(konsultasi) dari Inspektorat Jenderal diharapkan berjalan secara pararel dan beriringan. “Peran pemberi assurance dan consultancy pada pengelola program di lingkungan Kemenperin perlu diiringi dengan peningkatan kapabilitas Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) Kemenperin,” tuturnya.

Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2015 tentang RPJMN 2015-2019 adalah 85 persen kapabilitas APIP berada pada Level 3. “Kami menargetkan pada tahun 2018 ini, APIP Kemenperin dapat mencapai Kapabilitas Level 3,” imbuhnya.

Dengan predikat berada pada level 3, APIP akan mampu menilai efisiensi, efektivitas, ekonomis suatu kegiatan serta mampu memberikan konsultasi pada governance(tata kelola), risk (manajemen risiko)  dan pengendalian (kontrol).

Saat ini, hasil assessment BPKP pada tahun 2016 terhadap 86 K/L, APIP Kemenperin bersama dengan 18 K/L lain telah berada pada level 2 dan lima APIP K/L yang telah berada pada level 3. “Dengan meningkatnya level Kapabilitas APIP, peran APIP harus meningkat dan kehadirannya harus memberi nilai tambah bagi organisasi di Kemenperin,” paparnya.

Di samping itu, lanjut Haris, Kemenperin juga terus berupaya mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Sampai tahun 2017, Kemenperin telah menerima opini WTP sebanyak sembilan kali berturut-turut sejak tahun 2008.

Opini WTP merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi dalam laporan keuangan dengan didasarkan pada empat kriteria. Yakni, kesesuaian standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian internal.

“Predikat itu juga perlu dipertahankan dengan meningkatkan koordinasi dan untuk meminimalkantemuan hasil pemeriksaan dan makin meningkatnya penyelesaian tindak lanjut hasil pengawasan”tegasnya.(Rill)

Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad melambaikan tangan saat keluar penjara usai mengunjungi pemimpin oposisi Anwar Ibrahim yang sedang memulihkan diri setelah operasi di Rumah Sakit Rehabilitasi Cheras di Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (10/1/2018). ANTARA FOTO/REUTERS/Lai Seng Sin
StatusAceh.Net - Mahathir Mohamad terpilih menjadi perdana menteri usai mengalahkan Najib Razak dalam pemilihan umum yang digelar Rabu (9/5/2018). Perdana Menteri Malaysia periode 1981-2003 itu segera mengakhiri kekuasaan koalisi UMNO yang telah bertahta selama enam dekade.

Berusia 92 tahun, Mahathir akan menjadi perdana menteri tertua di dunia. Pemimpin koalisi oposisi, Pakatan Harapan, tersebut memperoleh suara mayoritas parlemen dengan perolehan kursi sebanyak 112. Rencananya, Mahathir akan disumpah oleh Yang Dipertuan Agong Muhammad V dari Kelantan pada Kamis (10/5/2018) hari ini.

“Istana telah menghubungi kami karena mereka mendengar bahwa kami telah mencapai suara mayoritas,” jelas Mahathir, seperti dilansir laman The Star.

Setelah dilantik dan ditunjuk sebagai perdana menteri secara resmi, Mahathir dapat membentuk pemerintahannya sendiri dengan menunjuk wakil perdana menteri dan pejabat eksekutif lainnya.

Pencapaian oposisi bisa dibilang di luar prediksi, mengingat betapa kuatnya dominasi koalisi petahana Barisan Nasional. Banyak pihak meragukan oposisi mampu mengalahkan Barisan Nasional yang memiliki mesin politik yang perkasa dan disokong birokrasi.

“Anggaplah oposisi mampu mencoblos sebanyak mungkin surat suara untuk memenangkan pemilihan berikutnya ... saya pikir mereka akan memerintah selama sekitar dua tahun sebelum akhirnya benar-benar terdepak dari pemerintahan,” kata Chew Chuan Yang dari LSM Suaram Malaysia, sebelum pemilihan berlangsung.

Sementara sebagian masyarakat Malaysia menyambut hangat kemenangan Mahathir. Mereka turun ke jalan dengan euforia suka cita.

“Kami sangat bahagia, ini hari yang membanggakan bagi Malaysia,” kata David Thaiga (57), warga yang ikut turun ke jalan merayakan kemenangan.

“Sudah 60 tahun kami menanti peristiwa ini. Ini adalah keajaiban bagi kita. Meskipun saya bukan penggemar Mahathir, saya pikir dia satu-satunya yang bisa membawa kemenangan ini,” ungkapnya dikutip The Guardian.

Kemenangan Mahathir menandai berakhirnya jabatan Najib, yang telah berkuasa sejak 2009. Belakangan, reputasi Najib ternoda oleh skandal korupsi 1MDB. Ia diduga menggelapkan $2,6 miliar dana pemerintah yang dia awasi, termasuk $681 juta yang disinyalir kuat berakhir di rekening pribadinya.

Kemengan Mahathir juga merupakan sebuah momentum historis: pertama kalinya Perdana Menteri Malaysia tidak berasal dari partai UMNO dan tidak menjadi bagian dari koalisi Barisan Nasional (BN), di mana UMNO adalah konstituen utamanya.

Tingkat partisipasi pemilih tahun ini mencapai 76%, lebih rendah dari pemilu lima tahun silam. Meski begitu, koalisi oposisi mampu menyapu banyak suara di basis kubu BN seperti Johor, Malaka, Negeri Sembilan, Selangor, dan Penang.

Sebagai bagian dari kesepakatannya dengan Pakatan Harapan, Mahathir hanya akan menjadi perdana menteri selama dua tahun sebelum akhirnya menyerahkan jabatan ke Anwar Ibrahim, pimpinan koalisi sebelumnya yang sedang menjalani hukuman atas kasus sodomi.

“Begitu dia diampuni, dia akan memenuhi syarat untuk berdiri sebagai perdana menteri. Tapi, dia masih harus mencalonkan diri untuk pemilihan menjadi anggota parlemen. Karena di negara kita, seseorang harus menjadi anggota parlemen atau senator terlebih dahulu,” ungkap Mahathir.

Di lain sisi, Mahathir menegaskan dirinya menginginkan transisi damai dari pemerintah lama ke pemerintahan baru. Ketika ditanya soal tindakan apa yang bakal diambil terhadap Najib atas serangkaian dugaan skandal, Mahathir mengatakan bahwa Pakatan Harapan ingin mengembalikannya pada aturan hukum.

“Kami tidak membalas dendam. Apa yang ingin kami lakukan adalah mengembalikan ke aturan hukum. Jika ada yang melanggar hukum, yang termasuk wartawan, mereka akan dibawa ke pengadilan,” tegas Mahathir.

Intrik dan Drama

Pemilihan umum di Malaysia menganut sistem first-past-the-post (FPTP). Sistem pemilihan semacam ini diterapkan di Inggris dan negara-negara persemakmurannya. Dalam sistem tersebut, kandidat yang memenangkan pemilihan langsung, belum tentu menang pemilu selama suara mereka di pemilihan elektoral (perwakilan) minim.

Hal ini terjadi pada pemilihan 2013 silam tatkala Barisan Nasional yang hanya memperoleh 47% suara nasional, ternyata memenangi pemilihan karena berhasil menggasak 60% kursi parlemen (133 kursi)

Pemilihan tahun ini, catat Washington Post, diikuti sekitar 15 juta orang, termasuk 300 ribu personel polisi dan angkatan bersenjata yang lebih dulu memberikan suaranya pada 5 Mei. Pemungutan suara bakal dilangsungkan di sembilan ribu lokasi di seluruh Malaysia. Komisi Pemilihan menargetkan 85% tingkat partisipasi pemilih.

Ajang pemilihan memperebutkan 222 kursi di parlemen dan 505 kursi di 12 majelis negara bagian. Barisan Nasional diketahui telah memegang suara di 10 negara bagian pada pemilihan sebelumnya. Sedangkan oposisi hanya menang di dua wilayah, yaitu Selangor dan Penang.

Di luar hitung-hitungan teknis tersebut, pemilu Malaysia juga tak luput dari tuduhan-tuduhan main kotor yang dilayangkan oposisi ke kubu Najib. Mahathir menuduh pemerintah “secara sistematis” telah menyabotase persiapan pemilu tahun ini.

“Tujuan mereka [Barisan Nasional] adalah untuk menang. Tapi, tidak dengan cara yang bersih, melainkan kotor,” tegasnya usai kampanye di Dengkil, dilansir The Wall Street Journal.

Mahathir mencontohkan bahwa pesawat sewaan yang sedianya akan mengantarnya ke sebuah hajatan kampanye rusak. Ia menuding pendukung Najib sebagai biang keladinya. Pernyataan Mahathir dibantah oleh Otoritas Penerbangan Sipil Malaysia. Menurut mereka, pesawat Mahathir tidak dapat lepas landas karena ada masalah pada roda depan. Sementara Wakil Perdana Menteri Malaysia, Ahmad Zahid Hamidi, balik menuding Mahathir “berlebihan”.

Selain tuduhan mengenai pesawat, Mahathir juga menilai Komisi Pemilihan telah menggembosi kekuatan politik oposisi dengan mendiskualifikasi banyak politisinya dari ajang pemilu. Mahathir merujuk pada Tian Chua, wakil presiden Partai Keadilan Rakyat, yang dilarang ikut pemilu karena pengadilan menetapkannya bersalah dalam kasus penghinaan kepada polisi.

Indikasi lain yang menunjukkan upaya kecurangan sistematis pemerintah untuk memenangkan Najib, seperti ditulis Netina Tan dan Cassandra Preece dalam “Malaysia’s Dire Democratic Crisis”, ialah praktik gerrymandering (praktik untuk membangun keuntungan politik bagi partai atau kelompok tertentu dengan memanipulasi batas-batas distrik).

Praktik gerrymandering muncul kala Komisi Pemilihan mengubah batas konstituensi yang semula 15% menjadi 33%. Artinya, dengan perubahan tersebut, konstituen pro-oposisi diprediksi bisa mencapai 100 ribu pemilih, lebih besar dari konstituen pro-BN yang hanya butuh sekitar 18 ribu pemilih saja.

Dengan kata lain, nilai setiap suara di seantero Malaysia berubah secara dramatis. Kandidat oposisi butuh lebih banyak suara dibanding kandidat Barisan Nasional agar terpilih. Gerakan oposisi pro-demokrasi Malaysia, Bersih, menilai perubahan batas itu “tidak konstitusional.”

Baca Selanjutnya di SUMBER

Jakarta - Kerusuhan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok telah berakhir setelah berlangsung sekitar 36 jam. Operasi penanggulangan berakhir sekira pukul 07.15 WIB. Sekitar 145 narapidana telah menyerahkan diri.

Usai para narapidana menyerahkan diri, Humas Mabes Polri membagikan video yang memuat proses anggota kepolisian melakukan penggeledahan terhadap narapidana terorisme.

Dalam video, terlihat sejumlah narapidana terorisme digeledah satu per satu oleh petugas bersenjata lengkap. Mereka sedang digeledah dengan tangan ditaruh di kepala dan menghadap ke tembok. Tangan mereka dalam video tersebut terlihat 'diborgol' dengan kabel ties.

Sebagian narapidana terorisme digeledah berbeda. Ada pula Narapidana terorisme yang berbaris dan digeledah satu per satu. Salah seorang narapidana terorisme saat digeledah terlihat tengah menggenggam kitab suci Al-Quran. Ada pula yang membawa kantung plastik saat digeledah.

Seperti diketahui, napi sempat menyandera seorang polisi dan merampas 30 pucuk senjata. Salah satu senjata laras panjang di antaranya mampu memuntahkan peluru hingga 800 meter.

Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM, Wiranto, mengatakan seluruh napi terorisme yang ada di Mako Brimob telah menyerah. Mereka menyerah setelah Polri mengultimatum dan melakukan penyerangan terhadap mereka.

"Sudah direncanakan serbuan untuk melucuti, menyerbu mereka di lokasi yang telah kita lokalisasi, kepung, tentunya sesuai dengan standar Polri dan internasional, aparat memberikan ultimatum, jadi bukan negosiasi ya, bahwa kita akan melakukan serbuan. Menyerah atau mau menanggung risiko serbuan itu. Tentu dengan batas waktu," kata Wiranto di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Kamis (10/5).

Sejumlah senjata api dan senjata tajam ditemukan di Rutan Mako Brimob
Jakarta - Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Mohammad Iqbal mengatakan, saat ini Kepolisian sedang melakukan olah tempat kejadian perkara atau TKP di blok-blok tahanan Markas Korps Brimob Kelapa Dua, Depok.

Olah TKP dimulai, usai operasi sterilisasi pada Kamis 10 Mei pagi berakhir.

Iqbal menuturkan, olah TKP yang dilakukan dalam rangka mendalami kronologi kejadian selama 38 jam konflik dan penyanderaan anggota polisi.

"Saat ini, rekan penyidik sedang melakukan olah TKP, yaitu di beberapa blok rutan cabang Salemba di Mako Brimob untuk menemukan alat bukti, karena di tempat itu terjadi perbuatan melawan hukum," ujar Iqbal di Kompleks Polisi Satwa Baharkam Polri, Kelapa Dua, Depok, Kamis 10 Mei 2018.

Sejumlah senjata api dan senjata tajam ditemukan di Rutan Mako Brimob

Menurut Iqbal, ada beberapa bahkan dalam jumlah banyak barang senjata api maupun beberapa belahan kaca yang diduga alat perbuatan kejahatan oleh napiter. Senjata-senjata itu, menurut Iqbal perlu penanganan khusus.

"Ini (olah TKP) kalau dihitung perlu sampai malam. Perlu olah (TKP), agar tidak ada sisa yang mengakibatkan terjadinya hal yang tidak diinginkan," kata Iqbal.
Polisi melakukan olah TKP kerusuhan napi teroris di rutan Mako Brimob
Iqbal menjanjikan, ketika semua hasil autopsi dan olah TKP selesai, Polri akan menyampaikan lebih lanjut melalui keterangan resmi yang disampaikan Humas Polri.

Dari operasi sterilisasi, sebanyak 155 tahanan yang melakukan penyanderaan dinyatakan menyerah.

Operasi dinyatakan selesai pada Kamis pagi, ditandai dengan pengumuman yang disampaikan Wiranto didampingi Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Kepala BNPT Komjen Suhardi Alius, Kastaf Presiden Jenderal Purnawirawan Moeldoko. Napi pun dipindahkan ke Nusakambangan.

Sebelumnya, dalam kerusuhan yang terjadi di Mako Brimob Kelapa Dua tersebut, napiter menguasai seluruh enam blok Mako. Enam orang, yakni lima polisi dan satu napiter tewas dalam kerusuhan yang bermula sejak Selasa malam tersebut. Satu sandera petugas Kepolisian, bernama Bripka Iwan Sarjana berhasil dibebaskan pada Rabu 9 Mei tengah malam.

Sumber

Oleh Ahmad Dani
 
StatusAceh.Net - Baru-baru ini kita dikejutkan oleh paripurna DPRA yang sungsang (hanya dihadiri oleh setengah anggota) untuk menyetujui penggunaan Hak Interpelasi anggota DPRA terhadap Gubernur Aceh.

Rapat ini bukan mendadak. Tapi memang drama berseri sejak awal Irwandi Yusuf menang di Pilkada 2017 yang lalu.

Tolak kisah ini bahkan telah dimulai sejak rencana pencalonan Irwandi Yusuf yang dicoba hadang dan menakut-nakuti penyelenggara Pilkada agar penetapan pemenang Pilkada dapat terganggu. Paripurna ini adalah paripurna yang ke sekian kalinya, menurut pengamat, Paripurna ini hanya untuk menyudutkan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf.

Hak Interpelasi adalah hak DPR untuk meminta keterangan kepada Pemerintah mengenai kebijakan pemerintah yang penting dan strategis serta berdampak luas pada kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara.

Kebijakan apa saja yang memicu penggunakaan hak ini?

Pertama, persoalan Pergub APBA 2018, patut diduga, ini terpicu oleh masalah pribadi, karena tidak terakomodirnya aspirasi. Jadi keterangan apa lagi yang diminta Dewan kepada Pemerintah? Bukankah alotnya pembahasan APBA terjadi sejak bertahun-tahun, bahkan Pemerintah Aceh sebelumnya mantan Gubernur Zaini Abdullah pernah menginstruksikan Wagub (Muzakir Manaf) saat itu yang juga sebagai Ketua Partai Penguasa untuk datang ke kantor DPRA menyelesaikan pembahasan.

Masalah bertele-telenya pembahasan Anggaran juga pernah terjadi di masa PLT. Gubernur Aceh saat dipegang oleh Mayjen TNI Soedarmo, dari Depdagri. Langkah Gubernur Irwandi Yusuf untuk mengeluarkan Pergub APBA adalah sebuah langkah berani dan tepat untuk menghentikan pembahasan yang berlarut-larut.

Kedua, masalah Pergub tentang pemindahan tempat Hukuman Cambuk, ini juga suatu kebijakan yang sangat baik, dan sudah sering dijelaskan latar belakangnya oleh Gubernur, sehingga hak interpelasi menjadi lucu apalagi Pergub ini sedang digugat secara hukum.

Pergub ini pun tidak berdampak luas kepada masyarakat Aceh sehingga dapat mengganggu jalannya roda pemerintahan dalam membangun Aceh.

Ketiga masalah korupsi BPKS, ini juga sangat tidak relevan, sebuah pengakuan yang tidak cukup bukti, bahkan menjelang Pilkada 2017 Irwandi Yusuf pernah dipanggil sebagai saksi ke KPK, dan sudah dijelaskan secara terbuka oleh Irwandi Yusuf. Dengan membawa-bawa masalah ini, kemungkinan besar ada upaya yang tidak baik untuk mendorong Gubernur Irwandi Yusuf celaka. Dan saya menduga DPRA sengaja diberikan nasehat dan informasi yang kurang tepat oleh oknum-oknum yang selama ini menjadi petualang anti terhadap pemerintah terpilih di Aceh.

Bisa jadi oknum-oknum tersebut kebanyakan dari tokoh politik yang tidak pernah laku-laku dan mereka selalu naik dan maju mencalonkan diri kemana-mana tetapi tidak pernah terpilih.

Tujuan mereka adalah memanaskan hubungan antara kelompok Irwandi yang menahkodai pemerintahan, dengan kelompok Muzakir Manaf yang mengemandoi DPRA, agar saling menghunuskan pedang, kemudian di saat kedua kelompok ini berdarah-darah, para petualang politik itu kemudian membawa lari panggang untuk kepentingan mereka.

Dan harapan saya kepada seluruh masyarakat Aceh agar dapat waspada dan berhati-hati terhadap berbagai perang fitnah yang sedang dimainkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Penulis: Ahmad Dani, (Mantan Koordinator Relawan Irwandi-Nova Provinsi Aceh.)

Sport - Persis Solo untuk sementara ini harus merelakan posisinya di puncak klasemen Liga 2 grup Barat dikudeta Semen Padang. Itu setelah, Semen Padang berhasil menumbangkan Persika Karawang, skor 2-0, di Stadion H. Agus Salim, Padang, Rabu (9/5).

Maka itu, Persis bertekad untuk meraih poin penuh saat dijamu Persiraja Banda Aceh di Stadion H. Dimurthala, Banda Aceh, Jumat (11/5) nanti. Pelatih Persis, Jafri Sastra, juga terus membenahi kekurangan timnya jelang laga tersebut.

Dia pun mengevaluasi kesalahan yang dilakukan para penggawa Laskar Sambernyawa, saat ditaklukkan Aceh United, 2-1, di laga sebelumnya.

"Kesalahan kami terjadi setelah mencetak gol ke gawang Aceh United. Gol balasan yang menyamakan kedudukan lahir beberapa menit setelah kami mencetak gol. Kesalahan ini kami evaluasi di latihan game," kata Jafri.

Sementara itu, partai keras tersaji saat Aceh United menghadapi PSIR Rembang di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Rabu (9/5), malam. Laskar Dampo Awang secara mengejutkan berhasil mencuri satu poin di kandang Aceh United. Kedua tim bermain imbang 2-2.

Dua gol Aceh United diborong Arianto pada menit ke-22 dan 44'. Adapun gol PSIR dilesakkan Sholihul Islam pada menit kedua dan Rudi Setiawan (86’). Pertandingan tersebut memakan korban, setelah striker tim tamu, Wage Dwi Aryo, terkapar karena cedera bahu akibat berbenturan di sisi sayap dengan pemain Aceh United.

CEO PSIR Rembang, Wiwin Winarto menuturkan, pertandingan cukup panas dan terjadi beberapa benturan antarpemain.

"Kami khawatir kondisi Aryo dan dibawa ke rumah sakit untuk dirontgen. Dari benturan itu, bahu sebelah kanan Aryo mengalami cedera. Kami masih menunggu hasil rontgen," kata Wiwin, kepada Goal Indonesia.

Dari sisi hasil, Wiwin mengaku bersyukur bisa mencuri satu poin dari tur Aceh saat melawan Aceh United. "Alhamdulillah, anak-anak sudah bekerja keras dan ini hasil maksimal dari Aceh," tuturnya.

Rona kekecewaan terpancar dari wajah juru taktik Aceh United, Simon Elissetche saat sesi jumpa pers. Hasil imbang tersebut sangat merugikan timnya di papan klasemen.

"Kami banyak mendapat peluang emas, tapi gagal mengeksekusi. Nanti akan kami evaluasi kegagalan meraih poin penuh melawan PSIR. Tugas berat saat kami away melawan Persika Karawang sebelum libur puasa,” ucap Elissetche.

Sementara pertandingan lainnya pada pekan keempat Grup Barat, Cilegon United menang 3-2 atas Persik Kendal, sementara PSPS Riau unggul 2-1 atas Persita Tangerang. Adapun di grup timur, Persiba Balikpapan menang besar, 3-0, atas Persigo Semeru FC, dan Martapura FC unggul tipis 2-1 atas Blitar United.

SUMBER

Banda Aceh – Task Team Leader Village Service World Bank yang diketuai Christopher Finch melakukan pertemuan dengan Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah bersama Jajaran Satuan Kerja Perangkat Aceh untuk membahas pengelolaan dana Desa di Aceh. Pertemuan tersebut berlangsung di Gedung Serbaguna Setda Aceh, Banda Aceh, Rabu (09/05/2018).

Dalam sambutannya Wagub Nova menyampaikan, Pemerintah Aceh menaruh harapan besar kepada World Bank agar dapat menjadikan Aceh sebagai pilot project, sehingga pola pengelolaan dana desa lebih efektif dan akuntable.

Beberapa langkah strategis yang dapat dilakukan, kata Nova, seperti penguatan institusi pemerintahan gampông agar lebih mandiri, pola kontrol yang lebih akuntabel dengan melibatkan peran masyarakat, dan  peningkatan kapasitas para pendamping yang lebih baik dari sekarang.

“Kita semua tentu berharap, bahwa untuk tahun anggaran 2018 ini adanya perubahan yang signifikan, baik dari segi peningkatan kualitas pembangunan gampông, maupun dari kuantitas kegiatan yang lebih bermanfaat bagi masyarakat,” kata Nova.

Nova mengakui, Pemerintah Aceh masih membutuhkan bantuan terkait pengelolaan dana Desa.

“Dengan bantuan dari World Bank nantinya kita harapkan pengelolaan dana desa bisa lebih baik lagi,” ujar Nova.

Pada kesempatan tersebut, Nova juga menyampaikan, upaya sosialisasi terhadap berbagai aturan yang telah diterbitkan perlu terus dilakukan agar pemanfaatan dana gampông di Aceh dapat berjalan sesuai dengan amanat UU Desa.

Untuk pengawasan, lanjut Nova, harus melibatkan semua pihak terkait mulai dari masyarakat desa, camat, imum mukim, tuha peut, Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK, bahkan dari KPK.

“Untuk lebih efektifnya pengawasan tersebut perlu diberikan sanksi kepada pihak-pihak yang tidak melaksanakan ketentuan sebagaimana yang telah ditetapkan,” ujar Nova.

Sementara itu, Task Team Leader Village Service World Bank, Christopher Finch menyampaikan, Pemerintah Indonesia dan Aceh memiliki pengalaman yang lebih baik terhadap pengelolaan dana desa, tetapi banyak permasalahan dan tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan dana desa.

“Kami menyadari bahwa dalam pengelolaan dana desa ini terdapat berbagai tantangan yang dihadapi oleh pemerintahaan desa, kecamatan, kabupaten bahkan provinsi,” kata Christopher.

Menurut Christopher, kesuksesan pengelolaan dana desa sangat bergantung pada kapasitas aparatur, keterlibatan masyarakat, insentif terhadap aparatur desa dan aspek kontrol terhadap dana desa yang disalurkan.

Untuk itu, lanjut Christopher, Tim dari World Bank ingin mempelajari bagaimana pengelolaan dana desa selama ini dilakukan di Aceh. Tim tersebut juga ingin membantu agar pengelolaan dana desa sesuai dengan aturan yang berlaku dan memberikan dampak terhadap seluruh aspek kehidupan masyarakat.[Rill]

Kuala Lumpur - Mahathir Mohamad menang mengejutkan dalam pemilu Malaysia yang digelar Rabu (9/5) kemarin. Rakyat Malaysia, terutama para pendukung oposisi, merayakan kemenangan ini dengan meriah.

"Saat untuk perubahan telah datang, dan saya harap para penguasa menyadari hal ini," ucap seorang warga Malaysia, Asifa Hanifah, yang merupakan pendukung koalisi oposisi yang dipimpin Mahathir, seperti dilansir Reuters, Kamis (10/5/2018).

Mahathir akan segera dilantik usai koalisi oposisi Pakatan Harapan (PH) yang dipimpinnya dinyatakan menang oleh Komisi Pemilihan Umum Malaysia atau EC yang memberi pengumuman hasil akhir pada Kamis (10/5) subuh.

Hasil akhir pemilu yang diumumkan Ketua EC, Hashim Abdullah, seperti dilansir Bernama, menyatakan koalisi PH meraih 113 kursi dari total 222 kursi Dewan Rakyat yang diperebutkan. Sedangkan koalisi BN hanya meraup 79 kursi, merosot tajam dari pemilu 2013 lalu dengan 132 kursi.

Jumlah 113 kursi di parlemen Malaysia yang diperoleh koalisi PH cukup untuk membentuk pemerintahan sendiri.

Dilaporkan AFP bahwa meski koalisi BN kalah mengejutkan dalam pemilu, tidak ada laporan kerusuhan di jalanan. Koalisi BN sendiri sudah 60 tahun memimpin Malaysia. Perdana Menteri Najib Razak yang memimpin koalisi BN telah memimpin sejak tahun 2009.

Perayaan kemenangan oposisi PH digelar sejak Rabu (9/5) malam waktu setempat. Kerumunan warga yang melambaikan bendera oposisi PH berkumpul di lapangan yang ada di luar markas Parti Pribumi Bersatu Malaysia (PPBM) di Kuala Lumpur. PPBM yang dipimpin oleh Mahathir, merupakan anggota koalisi oposisi PH.

Suva Selvan (48) menyebut perayaan kemenangan oposisi yang berlangsung di Malaysia terasa seperti perayaan kemerdekaan.

"Saya merasa bahwa dengan perubahan ini kita mungkin bisa melihat hal yang lebih baik di masa depan... harapan kami untuk masa depan adalah pemerintahan yang lebih baik, adil, bebas dan bersatu," harap Suva. | Detik.com

StatusAceh.Net - Bencana tsunami yang menerjang Aceh, 26 Desember 2004 lalu, menyisakan banyak cerita. Ada soal korban yang mencapai ribuan orang, hingga tentang bangunan-bangunan yang berhasil selamat dari terjangan bencana dahsyat itu. Salah satu yang masih tetap kokoh berdiri meski diguncang gempa dan tsunami adalah Masjid Rahmatullah.

Masjid seluas 1.600 meter persegi ini berada di Lhoknga, dekat Banda Aceh. Kota ini nyaris rata dengan tanah usai tsunami menerjang Aceh.

Namun keajaiban terjadi, Masjid Rahmatullah ini tetap berdiri tegak di tengah kehancuran. Sejumlah orang yakin, kuasa Illahi menyelamatkan masjid tersebut.

Masjid ini menjadi saksi bagaimana kedahsyatan empasan gelombang tsunami yang meluluhlantakkan Aceh 2004 lalu.

Sebelum tsunami, perkampungan ini dihuni sekitar 6.000 jiwa yang umumnya berasal dari kelas menengah ke atas. Penduduk di perkampungan ini mayoritas karyawan PT Semen Andalas Indonesia. Selain itu, terdapat pula nelayan, petani, dan warga dari berbagai latar belakang profesi lainnya.

Saat tsunami terjadi, masjid yang hanya berjarak 500 meter dari bibir pantai ini menjadi satu-satunya bangunan yang tersisa. Meskipun beberapa sisi bangunan masjid rusak, sebagian besar tetap utuh dan selamat.

Keajaiban itu juga tertangkap satelit Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA). Foto Lhoknga dari angkasa luar menunjukkan fitur melingkar berwarna putih. Itu adalah sebuah masjid yang selamat dan berdiri kokoh di tengah segala kehancuran.

Detik-Detik Tsunami


Salah seorang warga bernama Syahrizal bin Razali, menceritakan bagaimana detik-detik datangnya tsunami saat dia tengah berada di depan Masjid Rahmatullah.

"Mereka berteriak air laut naik, air laut naik. Lari…lari…," ungkap Syahrizal menggambarkan kepanikan warga kala itu.

Syahrizal dan sejumlah jemaah yang berkumpul di depan masjid, sempat tidak percaya dengan teriakan warga yang berlarian dari arah barat tersebut. Baru setelah melihat sendiri gelombang besar air laut yang datang bergulung-gulung menuju masjid, Syahrizal dan jemaah lain lari tunggang langgang menyelamatkan diri.

Tapi terlambat, laju air laut lebih cepat dari langkah orang-orang kampung itu.

Air bah menyapu apa saja yang ada di depannya; rumah-rumah, sekolah, balai desa, pohon-pohon, dan tentu saja orang-orang yang tak berdaya.

"Mereka habis, hanyut, dan rata dengan tanah. Kecuali Masjid Rahmatullah yang tetap berdiri kukuh. Bahkan, kubahnya utuh. Hanya lambang bulan bintangnya yang sedikit miring," ucap Syahrizal seperti dilansir dari JawaPos.com.

Syahrizal mengaku sedih, karena ketika itu banyak warga terlambat menyelamatkan diri. "Waktu itu seharusnya kami lari ke bukit atau naik ke atap masjid. Pasti banyak yang selamat," sesal Syahrizal, yang merupakan satu di antara segelintir warga Lampuuk yang selamat.

"Pokoknya, saya lari sekencang-kencangnya. Saya enggak mikir apa-apa lagi. Yang penting selamat," imbuh pria yang saat ini menjadi bendahara Masjid Rahmatullah itu.

Setelah 13 tahun berlalu, kini masjid tersebut sudah cantik kembali. Bahkan, catnya terus diperbarui agar tetap terlihat bersih. Sebab, sejak masjid itu dibuka kembali setelah direnovasi, banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang berdatangan.

Mereka yang datang, kata Syahrizal, umumnya ingin membuktikan langsung kebenaran berita bahwa Masjid Rahmatullah selamat dari tsunami seperti yang tergambar dalam foto-foto yang beredar di media dan internet.

Bongkahan Batu Karang

Untuk mengenang bagaimana dahsyatnya tsunami saat itu, pengurus masjid sengaja menyisakan satu bagian di pojok tenggara masjid yang masih terlihat hancur.

Bagian itu hanya ditutupi dinding kaca yang ditempeli foto-foto kondisi masjid sesaat setelah terkena tsunami. Di dalamnya tampak masih ada bongkahan batu karang dan batu-batu koral yang berserakan di atas pasir. Ada pula satu tiang masjid yang dibiarkan roboh.

Syahrizal menuturkan, Masjid Rahmatullah dibangun secara swadaya dan bertahap pada 1990. Biayanya mencapai Rp 500 juta. Dari dana sebesar itu, Rp 150 juta hasil urunan warga. Selebihnya menggunakan uang hasil lelang sarang walet milik desa. Sarang tersebut berada di sebuah gua tepi laut di kawasan perbukitan sebelah desa.

"Gua itu disewakan Rp 70 juta setahun. Pemenangnya bisa memanfaatkan gua itu untuk sarang walet selama masa sewa. Jadi, setiap tahun gua itu dilelang agar dapat harga yang terus naik," tuturnya.

Masjid tersebut diresmikan pada 1998 dan mampu menampung 4.000 orang. Namun, pada hari-hari biasa, masjid terisi tak lebih dari setengahnya. Jemaah baru penuh bila salat Jumat atau salat Idul Fitri dan Idul Adha.

Salah satu keunggulan masjid ini adalah tiang-tiang betonnya yang tebal dan kuat. Begitu pula temboknya. "Temboknya menggunakan bata dua susun yang dijajar," ucap ayah satu anak tersebut.

Yang sedikit berbeda, kini ada dua menara tinggi yang di atasnya terdapat pengeras suara. Sekarang suara azan bisa terdengar dari kejauhan. Selain itu, ada prasasti yang menandakan bahwa masjid itu selamat dari tsunami.

Kini Masjid Rahmatullah menjadi objek wisata baru di Aceh. Pengunjung masih kalangan wisatawan yang beragama Islam. Yang dari luar negeri kebanyakan wisatawan dari Malaysia. Mereka datang perorangan maupun berombongan. Sebulan rata-rata 100–200 orang.

Baca di SUMBER

Banda Aceh – Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Dyah Erti Idawati, mengapresiasi pelaksanaan workshop video pendek yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bersama Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Aceh. Menurut Dyah audiovisual merupakan metode yang paling tepat untuk menangkal radikalisme dan terorisme.

Hal tersebut disampaikan Dyah Erti dalam sambutan singkatnya saat membuka Workshop Video Pendek BNPT 2018 serta Dialog Pencegahan Radikalisme dan Terorisme di Kalangan Pelajar Aceh se-Aceh Besar, yang berlangsung di SMK Al Mubarkeya Aceh Besar, Rabu (9/5/2018).

“Media audiovisual adalah salah satu bentuk pendekatan yang mampu menyampaikan lebih detil mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kampanye penanggulangan terorisme dan menolak radikalisme, terutama di kalangan pelajar,” ujar Dyah Erti.

Dyah Erti mengimbau para peserta untuk mengikuti dengan seksama serta menyerap berbagai ilmu yang disampaikan para pemateri.

Panitia turut mengundang sejumlah pemateri dari Jakarta. Di antaranya seperti Teuku Rifnu Wikana yang menjadi pemeran Presiden Joko Widodo dalam Film Jokowi, serta sutradara film Ada Apa Dengan Cinta.

“Serap ilmunya. Nanti saat kembali ke sekolah masing-masing, sebarluaskan kepada kawan-kawan di sekolah agar makin banyak siswa yang mampu membuat film pendek terkait penanggulangan terorisme. Dengan demikian, maka paham radikalisme dan terorisme dapat ditekan dan tidak menyebar di Bumi Serambi Mekah,” ujar Dyah Erti.

Dyah mengatakan radikalisme dan terorisme merupakan topik yang sangat menarik, mengingat gerakan radikal kerap muncul di banyak tempat.

“Penting bagi kita membahas langkah mengantisipasi gerakan ini, sehingga Aceh bebas dari pengaruh buruk yang berpotensi mengganggu perdamaian dan ketentraman masyarakat," kata Dyah yang juga tercatat sebagai salah satu dosen di Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala.

Dyah mengatakan radikalisme adalah paham yang menginginkan perubahan dalam bidang sosial dan politik dengan cara-cara di luar hukum. Gerakan radikal ini, menurut Dyah, berpotensi menyebabkan sekat-sekat di kalangan masyarakat karena identik dengan kekerasan. Akibatnya, masyarakat menjadi terpecah dan kepercayaan kepada pemerintah kian menurun.

“Radikalisme sangat erat kaitannya dengan teroris. Kalau radikalisme merupakan paham tentang gerakan yang di luar hukum, sedangkan teroris adalah komunitas yang menjalankan paham itu. Ironisnya, kelompok ini kerap membawa-bawa nama agama dan organisasi dalam gerakannya,” ungkap Dyah.

Di Indonesia, gerakan radikal atas nama agama telah ada sejak beberapa tahun lalu. Mereka kerap memelintir sejumlah pengertian dari kitab suci untuk menjadi dalih bahwa apa yang mereka lakukan merupakan bagian dari jihad.

“Mereka tidak sadar, bahwa sesungguhnya aksi itu tidak dibenarkan oleh agama. Tapi nyatanya kelompok ini masih tetap menjalankan aksinya,” imbuh Dyah Erti.

Dyah turut memaparkan data dari Pusat Komunikasi dan Informasi Ditjen Kesbangpol, Kemendagri. Menurut data tersebut, pada tahun 2012 saja tercatat 65 peristiwa konflik radikal yang mengatasnamakan agama di Indonesia. Jumlah konflik menurun pada tahun 2013 dan seterusnya, tetapi ancamannya tetap ada sampai sekarang.

Dyah mengungkapkan empat strategi yang dapat dilakukan pemuda untuk memberantas terorisme dan radikalisme. Pertama, meningkatkan pemahaman keagamaan. Menurut Dyah, seseorang yang dangkal dalam memahami agama akan sangat mudah dihasut dengan ayat-ayat palsu.

Hal lain yang bisa dilakukan adalah membentuk komunitas-komunitas damai di lingkungan sekitar. Dyah meyakini, para pemuda bisa menjadi pionir dalam pembentukan komunitas ini, sehingga bersama kelompok lainnya, komunitas ini dapat berperan melakukan sosialisasi ke masyarakat tentang bahaya paham radikalisme.

Selain itu, pemuda dapat menyebarkan virus damai di dunia maya. Penelitian menyebutkan pengguna internet di kalangan remaja di Indonesia, mencapai 30 juta jiwa. Hal inilah yang menjadi celah bagi para penyebar paham radikal untuk menarik pengikutnya dari kalangan anak-anak muda.

“Oleh karena itu, dibutuhkan aksi untuk menangkal informasi sesat itu dengan cara memuat konten-konten damai di sosial media sebagai balasan dari konten radikal yang mereka tampilkan,” kata Dyah Erti.

Strategi terakhir yang harus dilakukan adalah dengan senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, melalui prilaku yang beretika.

“Dengan demikian kita mampu mencegah terjadinya gesekan di masyarakat yang berpotensi mengganggu kebersamaan yang terjalin dengan baik. Oleh karena itu, kami sangat mengapresiasi kegiatan ini dan mengimbau para peserta untuk menyerap sebanyak-banyaknya materi yang disampaikan oleh pemateri,” pungkas Dyah Erti. [Rill]
loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.