2020-01-05

Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bireuen Bisnis BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Motivasi Motogp Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patroli Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh PKI PLN PNL Polisi Politik Poso PPWI Presiden Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebriti Senator sosial Sosok Sport Status-Papua Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tsunami Aceh Turki Ulama USA Vaksin MR vid Video vidio Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

Ilustrasi
Bangkalan - H. M Abdulloh (36) warga Desa Tramok, Kecamatan Kokop, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, nekat menculik dan menyandera ZA (12) putri seorang sekretaris desa (Sekdes). Pak haji itu geram lantaran uang proyek yang dijanjikan oleh ayah korban tak kunjung dibayar.

"Motif tersangka melakukan penculikan, agar orangtua korban segera membayar uang proyek pengaspalan jalan sebesar Rp 200 juta," kata Kapolres Bangkalan AKBP Rama Samtama Putra, Sabtu (11/12/2019).

Kasus penculikan anak di bawah umur ini terjadi pada Rabu 25 Desember 2019. Korban yang tengah duduk dibangku SMP tersebut, diculik saat korban melintas di Jalan Desa Tlokoh, Kecamatan Kokop, dengan mengendarai sepeda motor Honda Beat warna putih.

Korban yang berasal dari Desa Manoan, Kecamatan Kokop itu hendak berangkat ke sekolah dari rumah kakeknya. Sesampainya  di lokasi kejadian, korban dicegat dan dimasukkan ke dalam mobil Toyota Avanza warna silver milik tersangka.

"Korban beserta motornya dibawa ke rumah tersangka. Tersangka melakukan penculikan bersama rekannya berinisial MSR. Saat ini, dalam proses pengejaran," imbuhnya.

Penyanderaan terhadap korban, kata Rama, berlangsung selama delapan hari. Sebelum korban berhasil dibebaskan Satreskrim Polres Bangkalan, tersangka menyekap korban tidak pada satu tempat, namun dengan cara berpindah-pindah.

"Korban pertama kali disandera di rumah tersangka, kemudian dibawa ke rumah seseorang berinisial F, dan dipindahkan lagi ke rumah mertua tersangka berinisial N," imbuhnya.

Mantan Kasubdit III Ditreskrimsus Polda Jawa Timur ini menyatakan, pengungkapan kasus penculikan berdasarkan laporan orangtua korban. Drama penyanderaan terhadap korban berakhir setelah tersangka berhasil diringkus di Bandara Juanda Surabaya pada, Kamis 2 Januari 2020.

Tersangka ditangkap saat baru turun dari pesawat sekitar pukul 14.00 WIB. Tersangka hendak pulang ke rumahnya usai takziah ke salah satu kerabatnya di Kalimantan Barat. Saat itu juga, tersangka digelandang ke Polres Bangkalan.

Berdasarkan keterangan tersangka, ia menyebut korban berada di salah satu rumah di Desa Dupok, Kecamatan Kokop. Pengakuan tersangka ini langsung ditindaklanjuti dengan proses pembebasan korban sekitar pukul 20.00 WIB.

"Korban ZA dalam kondisi baik. Pelaku dijerat pasal 83 juncto pasal 76 F Undang-Undang nomor 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. Ancaman hukuman maksimal 15 tahun pernjara," papar Kapolres Bangkalan AKBP Rama Samtama Putra. | viva

StatusAceh.Net - Polda Sumut akhirnya mengungkap motif Zuraida Hanum (41) membunuh hakim PN Medan Jamaluddin yang tak lain adalah suaminya. Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin mengatakan motifnya adalah asmara dan cinta segitiga.

Pada tahun 2011, korban menikah dengan pelaku dan dari pernikahan mereka telah dikarunai seorang anak perempuan. Seiring berjalannya waktu, ZH cemburu terhadap korban karena merasa diselingkuhi, ujar Martuani di kantornya, Rabu (8/1) .

Zuraida pada saat itu karena merasa diselingkuhi berniat ingin membunuh suaminya. Bahkan Zuraida meminta salah seorang rekannya untuk membunuh Jamaluddin, tapi orang itu tidak bersedia.

Kemudian pada akhir 2018, ZH berkenalan dengan Jefri Pratama (42) karena anak mereka satu sekolah. Karena sering bertemu, Zuraida sering curhat kepada Jefri. Seringnya curhat membuat benih asmara muncul di antara mereka.

Saat curhat itu, Zuraida juga mengungkapkan hendak membunuh Jamaluddin. Pada 25 November 2019, Zuraida dan Jefri bertemu di salah satu kedai kopi untuk merencanakan pembunuhan Jamaluddin.

Selanjutnya merencanakan pembunuhan korban dan memberitahukan ke RF selanjutnya mereka sepakat memberikan duit senilai Rp 2 juta ke RF, ujar Martuani.

Martuani mengatakan Jamaluddin dihabisi di rumahnya di Kompleks Royal Monaco, Medan, Sumatera Utara.

Dalam kasus ini, ada tiga yang jadi tersangka. Mereka adalah Zuraida Hanum (41), Jefri Pratama (42), dan Reza Fahlevi (29). Ketiganya dijerat Pasal 340 subsider Pasal 338 jo Pasal 55 ayat (1) ke 1-e, 2-e, KUHP.

Jenazah hakim PN Medan, Jamaluddin, ditemukan tewas di baris kedua mobil Toyota Land Cruiser. Mobil berada di area perkebunan sawit Desa Suka Rame, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang, Sumut, Jumat (29/11) .

Sumber: Kumparan

Sadio Mane membangun mesjid di negaranya. (Foto: Istimewa)
SADIO Mane berhasil mengukir karier gemilang di dunia sepakbola. Kehidupannya pun kini sudah berbanding terbalik 100 derajat dari saat masih kecil. Mane kecil diketahui harus hidup serba-kekurangan karena kedua orangtuanya mengalami masalah finansial. Tetapi kini, kehidupannya sudah jauh berbeda karena bergelimang harta.

Meski sudah memiliki kehidupan yang berbanding terbalik, Mane tetap tak ingin jemawa. Ia pun berusaha memanfaatkan harta kekayaan yang dimilikinya untuk turut menyejahterakan kehidupan orang lain yang kurang mampu.

Alhasil, kegiatan sosial pun kerap kali dilakukan oleh Mane. Ia bahkan memiliki tujuan yang mulia untuk memajukan kampung halamannya. Demi memajukan kondisi di Senegal, Mane pun membangun sejumlah infrastruktur penting untuk masyarakat di negaranya itu.

Mane diketahui membangun beberapa bangunan penting, seperti rumah ibadah, sekolah, hingga rumah sakit di Senegal. Untuk melakukan hal tersebut, winger Liverpool itu tentu saja harus menggelontorkan dana yang tak sedikit.

Selanjutnya>>>

Ilustrasi - Pekerja mengangkut pupuk untuk didistribusikan di gudang pupuk PT Pupuk Kujang Jatibarang, Indramayu, Jawa Barat. (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/pras.)
Banda Aceh - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tenggara Asbi mengatakan daerahnya mengalami kekurangan pupuk urea subsidi di tengah Pemerintah Aceh sedang menggalakkan petani untuk menanam jagung.

"Kendala kita masalah pupuk urea, kalau memang pupuk urea tercukupi standar maka hasil panen kita lebih dari sembilan ton per hektare," katanya di Banda Aceh, Sabtu.

Dia menyebutkan pemerintah setempat memang memprioritaskan pengembangan komoditas jagung ketimbang padi. Tercatat Aceh Tenggara memiliki luas lahan jagung 19.879 hektare, sedangkan padi hanya 8.562 hektare.

Kata dia, dalam 13 bulan petani jagung Aceh Tenggara bisa menanam tiga kali, dengan hasil panen mulai delapan hingga sembilan ton per hektare dalam sekali masa panen, yang harga jual mulai Rp4.000 hingga Rp4.500 per kilogram.

"Pada tahun 2019 kita mendapat alokasi pupuk (subsidi) sebanyak 4.500 ton, dan tahun ini kita dapatkan 5.600 ton pupuk. Itu kita peruntukkan untuk jagung dan padi, itu jauh masih kurang kalau kita kalikan dengan luas lahan kita," katanya.

Kepala Bidang Sarana Prasarana Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Aceh  Fakhrurrazi mengatakan Aceh Tenggara memang mengajukan pupuk subsidi 100 persen sesuai Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK), namun pemerintah pusat hanya memenuhi 37,40 persen dari RDKK.

"Jadi makanya akan terjadi kekurangan. Iya (alokasi pupuk subsidi) hampir seluruh kabupaten/kota di Aceh tidak sampai 100 persen (dari RDKK)," katanya.

Menurut dia, pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan RI mungkin tidak memiliki anggaran yang cukup untuk mensubsidi pupuk secara penuh, sehingga alokasinya pun tidak sesuai dengan yang dibutuhkan daerah.

"Kalau banyak uangnya mungkin bisa gratis pupuk, atau kuotanya bisa dinaikkan (alokasinya) menjadi 80 persen (dari RDKK)," katanya. | Antara

Dua tersangka penyelundup sabu-sabu via Bandara SIM Blangbintang, Aceh Besar, siap saat diamankan di Satuan Narkoba Polresta, Banda Aceh, Kamis (9/1/2020).
Banda Aceh - Petugas Aviation Security (Avsec) Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blangbintang, Aceh Besar, kembali menggagalkan rencana penyelundupan 2 kilogram sabu melalui bandara internasional tersebut, Kamis (9/1/2020).

Dalam penyelundupan itu, kedua tersangka berinisial MN (23), pria asal Aceh Utara dan FU (28) pria asal Kabupaten Bireuen, menyembunyikan 2 kg sabu tersebut di dalam sepatu yang mereka kenakan masing-masing saat melewati pemeriksaan X-Ray.

Tidak tanggung-tanggung, kalau keduanya berhasil meloloskan 2 kilogram sabu-sabu tersebut ke Jakarta, MN dan FU dijanjikan upah oleh bandar sabu--pemilik barang haram itu--sebesar Rp 40 juta saat tiba di Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta.

Namun, upaya penyelundupan itu terendus oleh petugas Avsec Bandara SIM yang curiga dengan gerak gerik kedua tersangka.

Hal itu diungkapkan Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto SH, melalui Kasat Narkoba, Kompol Boby Putra Ramadan Sebayang SIK kepada Serambinews.com, Jumat (10/1/2020).

Mantan Kasat Reskrim Polres Abdya ini mengatakan penggagalan penyelundupan sabu-sabu melalui Bandara SIM Blangbintang, Aceh Besar, tersebut merupakan yang terbesar dilakukan di awal tahun 2020.

“Kami dari Satuan Narkoba Polresta, di samping Polsek Kuta Baro semakin meningkatkan koordinasi dan kerja sama dengan Bandara SIM, sehingga upaya-upaya penyelundupan dapat kita gagalkan bersama,” kata Kompol Boby.

Menurut Kasat Narkoba Polresta ini, kedua tersangka ini berencana menumpangi satu pesawat komersil dengan tujuan sabu-sabu tersebut akan dibawa ke Jakarta.

Tersangka MN dan FU diamankan berawal dari kecurigaan petugas Avsec yang pada saat itu kedua tersangka melintasi pintu pemeriksaan X-Ray.

Karena yakin ada sesuatu dengan tersangka FU, lalu petugas Avsec Bandara SIM ini menggeledah tubuh FU, tapi tidak ditemukan apa-apa.

Karena, kecurigaannya begitu kuat, sehingga petugas ini meminta tersangka FU membuka sepatunya, sehingga ditemukan 4 paket sabu-sabu.

Lalu, rekan FU, tersangka MN yang juga melintasi X-Ray, juga diperintahkan untuk membuka sepatunya dan didapati 5 paket sabu-sabu.

“Keduanya langsung digiring ke Pos Pol Bandara SIM setelah menghubungi petugas disana. Keduanya langsung diamankan di Polsek Kuta Baro dan kami jemput untuk penyedikan lebih lanjut,” sebut Kompol Boby.

Kini petugas sedang menguber pemilik barang tersebut dari Aceh Timur, sebagai ‘pengendali’ FU dan MN untuk menyelundupkan barang haram tersebut ke Jakarta via Bandara SIM Blangbintang, Aceh Besar. (*)

Sumber: Serambinews.com

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan pemerintah bisa membuka kerja sama dengan negara mana pun di wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE), yang dekat perairan Natuna, termasuk China.

Peluang kerja sama ini, kata Moeldoko, juga tertuang dalam Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Hukum Laut atau United Nations Convention on the Law of the Sea (UNCLOS).

"Ada salah satu ayatnya, pasalnya mengatakan bisa saja di ZEE itu bisa kerja sama. Kerja sama bisa yang penting ada ikatan kerja sama. Bukan hanya dengan (China), dengan siapapun," kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (10/1)

Moeldoko menyatakan sumber daya alam atau kekayaan yang ada di wilayah ZEE bisa dikerjasamakan dengan negara lain. Menurutnya, Indonesia bisa mengelola kekayaan alam yang ada di wilayah ZEE bersama negara lain dalam bentuk kerja sama.

Oleh karena itu, kata Moeldoko, Presiden Joko Widodo mengajak Menteri Kelautan dan Perikanan Edhie Prabowo serta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Natuna.

"Tujuannya mana nanti kira-kira yang bisa segera dieksploitasi dari sumber daya yang ada di sana. Bisa dari sisi migasnya, bisa dari sisi perikanannya," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan kapal dari negara mana pun bebas melintas di wilayah ZEE Indonesia. Namun, kata Prabowo, jika ingin melakukan eksploitasi ikan atau mineral, maka harus kerja sama dengan Indonesia.

"Tapi kalau eksploitasi ikan atau mineral itu harus kerja sama, harus izin kita. Nah ini kan bisa diselesaikan kita bisa negosiasi dan sebagainya," ujar Prabowo kemarin.

Hubungan Indonesia dan China memanas di perairan Natuna sejak beberapa hari yang lalu. Musababnya, kapal-kapal China berlayar di wilayah ZEE Indonesia di sekitar Natuna, Kepulauan Riau.

Kemenlu sempat melayangkan nota protes kepada pemerintah China. Namun, tak digubris. Pemerintah China mengklaim kawasan yang dilalui kapalnya merupakan wilayah traditional fishing ground.

Presiden Joko Widodo turut ambil sikap. Dia bersama sejumlah petinggi negara mendatangi perairan Natuna menaiki KRI Usman Harun. Dia menegaskan kapal China tidak melalui laut teritorial, tetapi ZEE Indonesia. (CNN)

Lhoksukon - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Utara Provinsi Aceh, bersilaturrahmi dengan Kapolres Aceh Utara, Kamis (09/01/2020) sekitar 11.30 Wib di Mapolres setempat.

Kegiatan silaturrahmi tersebut dirangkaikan dengan pemberian cendra mata sebagai apresiasi/penghargaan kepada Polres Aceh Utara dalam menyukseskan dan menjaga keamanan dalam pelaksanaan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden/Wakil Presiden tahun 2019 telah berjalan lancar, aman dan damai.

Ketua Kip Aceh Utara, Zulfikar, SH.MH menjelaskan, pemberian penghargaan dari KPU RI melalui KIP Aceh Utara kepada Polres Aceh Utara, sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi dan kerjasama dalam penyelenggaraan pemilihan umum serentak tahun 2019 di kabupaten Aceh Utara.

“Terima kasih yang sebesar besarnya kepada Polres Aceh Utara yang telah melaksanakan Pengamanan di Kantor KIP Aceh Utara mulai dari Tahapan Pileg Dan Pilpres 2019 hingga pelantikan Anggota Legislatif dan Presiden/Wakil Presiden,” ucapnya.

Zulfikar berharap kerjasama dengan Kepolisian Republik Indonesia khusunya Polres Aceh Utara dalam menyukseskan Pesta Demokrasi yang terselenggara di Provinsi Aceh khusunya Kabupaten Aceh Utara dapat dipertahankan dan bisa ditingkatkan ditahun berikutnya.

“Sehingga kita siap untuk mengawal setiap pelaksanaan Pilpres dan Pilkada yang akan kita hadapi dikemudian harinya agar kegiatan tersebut berjalan aman dan tertib,” jelasnya.

Dalam sambutan Waka Polres Aceh Utara, Kompol Edwin Aldro SH mengatakan, bahwa kami dari Polres Aceh Utara sangat berterima kasih atas pemberian Penghargaan dan kepercayaan yang telah di berikan oleh KPU RI khususnya KIP Kabupaten Aceh Utara.

“Kami dari Polres selaku pengamanan di Kantor KIP dan KIP Aceh Utara selaku penyelenggara Pemilu baik Itu Pileg Maupun Pemilihan Presiden tahun 2019, untuk kedepannya masih terjalin hubungan yang harmonis baik itu masalah koordinasi tentang kegiatan Pilkada dan juga kegiatan lainnya,” ujarnya.

Turut hadir Waka Polres Aceh Utara Kompol Edwin Aldro SH, Jabag Ops Polres Aceh Utara AKP Syukrif I Panigoro, SIK, Kasat Intelkam Polres Aceh Utara AKP Dheny Firmandika, S. Ab, SIK, Ketua Kip Aceh Utara Zulfikar, SH. MH, M. Sayuni M.Kes (Komisioner KIP Aceh Utara), Muhammad Usman, S. Pd (Komisioner KIP Aceh Utara), Munzir, SKM (Komisioner KIP Aceh Utara).

Dekan Fakultas Pertanian Abulyatama bersama mahasiswa memasarkan sayuran hidroponik di Pasar Tani, Banda Aceh, Rabu
Banda Aceh - Akademisi Universitas Abulyatama (Unaya) Aceh Elvrida Rosa menyarankan agar Pemerintah Aceh melalui instansi terkait dapat mengoptimalkan penggunaan pupuk organik dalam setiap musim tanam padi khususnya.

“Saat ini kita sudah sangat bergantung pada pupuk kimia sehingga saat terjadi kelangkaan juga ikut berdampak pada petani,” kata Dekan Fakultas Pertanian Unaya, Aceh di Banda Aceh, Kamis.

Ia menjelaskan penggunaan pupuk kimia sudah seharus dikurangi secara bertahap karena biaya yang harus dikeluarkan juga relatif mahal.

Menurut dia penggunaan pupuk organik akan sangat menguntungkan petani dan sangat mudah untuk diperoleh serta harga sangat terjangkau.

“Penggunaan pupuk organik juga akan memberikan nilai tambah terhadap hasil pertanian yang dihasilkan petani,” katanya.

Ia mengatakan untuk mengoptimalkan penggunaan pupuk organik dan mengurangi pupuk kimia adalah dengn meningkatkan pendampingan dan pelatihan untuk pembuatan kompos dikalangan petani.

“Aceh memiliki banyak bahan baku yang dapat dimanfaatkan untuk pembuatan kompos yang dapat digunakan terhadap tanaman pertanian,” katanya.

Ia mengatakan Aceh memiliki banyak sekam dan juga jerami padi yang tidak dimanfaatkan oleh petani sebagai bahan baku pupuk organik.

“Jerami hanya digunakan sebagai pakan ternak, padahal dapat juga menjadi bahan kompos,” katanya.

Ia mengatakan pihaknya saat ini juga telah membuat Pupuk organik bioaktivator kompos (biokos) yang saat ini dalam proses pembuatan merek dagang. | Antara

Kepala Angkatan Udara Garda Revolusi Iran, Jenderal Amir Ali Hajizadeh mengatakan, serangan terhadap pangkalan militer AS di Irak hanyalah sebuah permulaan. Foto/Reuters
TEHERAN - Kepala Angkatan Udara Garda Revolusi Iran (IRGC), Jenderal Amir Ali Hajizadeh mengatakan, serangan terhadap pangkalan militer Amerika Serikat (AS) di Irak hanyalah sebuah permulaan. Iran kembali membombardir dua pangkalan militer AS di Irak.

Hajizadeh menyatakan, serangan pada pangkalan-pangkalan Amerika di negara tetangga mereka tersebut, hanyalah awal dari serangkaian serangan yang akan terjadi di seluruh wilayah.

Dia lebih lanjut menuturkan, Iran memiliki ratusan rudal yang siap diluncurkan. "Teheran melakukan serangan cyber pada hari yang sama terhadap pesawat dan sistem navigasi drone AS," ucapnya, seperti dilansir Sputnik pada Kamis (9/1/2020).

Sebelumnya, Presiden AS, Donald Trump mengatakan, tidak ada warga AS yang terluka dalam serangan rudal yang diluncurkan oleh Iran yang menargetkan pangkalan militer di Irak. Dia menyebut, fasilitas militer itu sendiri hanya mengalami sedikit kerusakan.

Terkait dengan pernyataan Trump, Hajizadeh menyebut Iran tidak berencana untuk membunuh tentara AS, dengan mengatakan negara itu telah menargetkan "mesin militer" Amerika sebagai gantinya.

Dirinya mencatat bahwa mengusir pasukan AS dari Timur Tengah akan menjadi satu-satunya balas dendam yang pantas atas serangan yang menewaskan Komandan Pasukan Quds Qasem Soleimani. | Sindonews

Adam Mitter. (Instagram/@adammitter5).
Banda Aceh - Persiraja Banda Aceh resmi mendatangkan pemain bertahan asal Inggris, Adam Mitter, untuk memperkuat pertahanan dalam persiapan menghadapi Liga 1 2020.

Perekrutan pemain yang musim lalu bermain untuk Vaour FC di Liga Kanada itu, diumumkan melalui unggahan Instagram Stories resmi klub pada Rabu.

"Dalam perjalanan ke @Persiraja_Official, untuk memenuhi panggilan klub baru saya. Saya tak sabar untuk memulai debut dan bermain bagi masyarakat Aceh," ujar Adam dalam unggahan di Instagramnya.

Adam terakhir bermain di klub Kanada Premier League, Valour FC, pada musim 2018/2019. Pemain kelahiran 1993 itu membawa Valour FC di posisi lima klasemen, demikian seperti dilansir Antara.

Ia juga tidak terlalu asing dengan iklim pesepakbolaan di Asia Tenggara. Adam sempat membela klub asal Filipina Loyola FC pada musim 2015, Ilocos United pada 2017, dan Global Cebu FC pada 2018.

Pada musim 2017/2018, Adam sempat memperkuat klub asal Singapura Hougang United dan berhasil membawa klub ini finis di posisi ke-6 klasemen akhir.

Dengan bergabungnya Adam Mitter, menjadi rekrutan asing ketiga yang direkrut Persiraja Banda Aceh setelah sebelumnya mendaratkan Vanderley Junior dan Bruno Dybal. | bolatimes.com

Para jurnalis di Aceh gelar aksi damai di Polda Aceh, terkait pengancaman wartawan di Aceh Barat.
Banda Aceh - Puluhan jurnalis di Provinsi Aceh menggelar aksi demonstrasi di Markas Kepolisian Daerah Aceh di Kota Banda Aceh, Aceh, pada Kamis (9/1).

Mereka mendesak kepolisian untuk mengusut tuntas tindak kekerasan pers yang dialami oleh Aidil Firmansyah, salah seorang jurnalis yang bertugas di wilayah Kabupaten Aceh Barat.

"Kawan-kawan, hari ini kita hadir di sini, bukan untuk bertindak anarkis di Polda. Tetapi kita ke sini sebagai bentuk solidaritas kita terhadap rekan kita yang ada di Aceh Barat, yang diancam oleh pengusaha,” kata Wakil Ketua PWI Aceh, Iranda Novandi dalam orasi singkatnya.

Aksi ini merupakan gabungan dari sejumlah organisasi wartawan di Aceh, di antaranya Ikatan Jurnalis Indonesia (IJTI) Pengurus Daerah Aceh, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Banda Aceh, Pewarta Foto Indonesia (PFI) Aceh, dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh.

Dalam aksinya, mereka juga menyertakan sejumlah karton bertulisan tuntutan mereka, misalnya seperti ‘Stop!!! Kekerasan terhadap jurnalis’, ‘Pak polisi, jerat Akrim dengan UU Pers’, ‘Cuma bos Akrim yang kebal UU Pers’, dan sejumlah kalimat lainnya.| Idntimes.com

JAKARTA, 8 Januari 2020 - Jelang bergulirnya seri pertama Indonesian Baskeball League (IBL) musim 2020, Amartha Hangtuah memperkenalkan roster mereka yang bermaterikan 17 pemain.

Dari 17 pemain, 14 di antaranya merupakan pemain lokal dan tiga sisanya pebasket asing asal Amerika Serikat yang dipilih saat IBL Draft 2019 beberapa waktu lalu. Sesi perkenalan roster dilakukan di Cikajang, di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (8/1/2020).

Presiden Amartha Hangtuah, Gading Ramadhan Joedo, mengaku antusias dalam menyambut gelaran IBL 2020. Berbekal pemain yang bernaung di bawah asuhan pelatih Harry Prayogo, Amartha Hangtuah diyakini Gading mampu bersaing dengan tim-tim lain.

"Kami optimistis dengan skuat yang kami miliki saat ini. Terbukti, kami dua kali masuk final pada dua turnamen pramusim, yaitu Piala Raja dan Piala Presiden Bola Basket," kata Gading.

"Dengan segala persiapan yang sudah dilakukan, seperti mengikuti turnamen pramusim dan laga uji coba, lolos final four saya kira menjadi target realistis," ucap dia melanjutkan.

Dengan tambahan 3 pemain asing yakni Laquavius Kashaka Cotton, Charles Lowell Jackson Jr, dan Darnell Aaron Martin Jr, kekuatan Amartha Hangtuah dinilai semakin komplit.

Pada musim ini, seiring dengan masuknya Amartha Mikro Fintek sebagai sponsor utama, Hangtuah tampil berbeda dengan warna kebesaran ungu dan biru.

Hangtuah juga mendapatkan sokongan dari sponsor lain yaitu Mekari dan Rentist.

CEO sekaligus pendiri Amartha Mikro Fintek yang juga merupakan Staf Khusus Presiden Joko Widodo, Andi Taufan Garuda Putra, berharap Amartha Hangtuah bisa tampil impresif sepanjang musim.

"Saya percaya dengan kemampuan para pemain Amartha Hangtuah. Meskipun tim-tim lawan tak mudah dihadapi, tetapi Abraham Wenas dan kawan-kawan punya mentalitas underdog," ucap Taufan.

Hal senada juga dinyatakan CEO Mekari, Suwandi Soh, yang menyebut Amartha Hangtuah sebagai tim potensial. Hal itulah yang membuat Suwandi Soh yakin mendukung Amartha Hangtuah untuk IBL musim 2020.

"Saya melihat Amartha Hangtuah ini punya potensi besar untuk dapat unggul atau kompetitif di liga dengan value kecepatan dan ketepatan yang dipunyai dalam strateginya, M ekari percaya bahwa Amartha Hangtuah akan memberikan yang terbaik di IBL 2020, selamat bertanding" - CEO Mekari, Suwandi Soh.

Keyakinan dalam menatap IBL 2020 juga diutarakan oleh Laquavius Kashaka Cotton selaku pemain asing.

Cotton yang pernah menjuarai College Slam Dunk Contest 2015 itu tak sabar untuk menghadapi kompetisi mendatang. Terlebih lagi, Cotton baru kali pertama berkarir di kompetisi bola basket Indonesia.

"Sekarang saya melihat kebudayaan yang berbeda. Namun, inilah yang membuat saya bersemangat. Semoga saya bisa memberikan kontribusi optimal untuk Amartha Hangtuah," ujar Cotton.

Sementara itu, shooting guard lokal andalan Amartha Hangtuah, Sevly Rondonuwu, mengaku timnya sudah melakukan persiapan matang sepanjang pramusim.

Menurut Sevly, kedisiplinan dalam berlatih menjadi kunci bagi para pemain Amartha Hangtuah untuk mencapai hasil yang diharapkan.

"Setiap latihan, kami harus memberikan 100 persen agar ketika liga dimulai kami sudah siap dari segi fisik, mental, dan segala macamnya," ucap Sevly.

Optimisme juga dinyatakan pemain senior Kelly Purwanto yang akhirnya kembali memperkuat Amartha Hangtuah.

"Saya percaya dengan kemampuan tim. Dengan semangat muda yang dimiliki, Amartha Hangtuah punya modal besar untuk berprestasi pada musim ini," ujar Kelly.

Seri pertama IBL 2020 sendiri akan berlangsung di Semarang, Jawa Tengah, pada tanggal 10-12 Januari.

Pada pertandingan pertama, Amartha Hangtuah akan berhadapan dengan Satya Wacana Salatiga yang sempat mereka hadapi pada Piala Presiden Bola Basket 2019 lalu.

Tentang Amartha Hangtuah

Amartha Hangtuah adalah salah satu klub bola basket yang awalnya terbentuk di Jakarta pada tahun 1995 dengan nama Hangtuah.Seiring berjalannya waktu, Hangtuah kemudian beralih menjadi klub bola basket yang merepresentasikan Provinsi Sumatra Selatan.

Sebelumnya, klub ini dibina berkat hasil kerja sama Pengurus Provinsi Perbasi Sumatra Selatan, Yayasan Hangtuah Indonesia, serta Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

Jelang Indonesian Basketball League (IBL) 2020, Hangtuah mendapatkan sponsor baru, yakni Amartha Mikro Fintek hingga mereka tak lagi mewakili Sumatra Selatan.

Dengan adanya sokongan dari Amartha, Hangtuah kini menyandang nama resmi Amartha Hangtuah dengan pergantian logo baru.

Hangtuah sendiri sudah mengikuti IBL sejak tahun 2007 dan sempat membuat kejutan dengan menembus babak semifinal (final four) pada musim 2017-2018.

Sepanjang tahun 2019, dengan mengandalkan mayoritas pemain binaan, Amartha Hangtuah sukses menjadi Runner-Up pada ajang pramusim Piala Raja 2019 dan Piala Presiden Bola Basket 2019.

Tentang Mekari
Mekari merupakan perusahaan penyedia platform bisnis berbasis cloud hasil konsolidasi dari startup asal Indonesia yakni Talenta, Jurnal, Klikpajak, dan Sleekr. Bergerak di bidang pengembangan Software as a Service (SaaS), Mekari fokus pada produk - produk yang membantu pengelolaan sumber daya manusia dan finansial. Mekari hadir sebagai solusi akselerasi pengembangan bisnis dan profesional, dengan menargetkan lebih dari 1 juta bisnis dan 10 juta profesional yang dapat berkembang cepat melalui solusi teknologi yang menyederhanakan proses pengelolaan manajemen karyawan dan perusahaan.(Rill)

Ilustrasi pertambangan
Tangse - Kepolisian Resor (Polres) Pidie, Provinsi Aceh, menggerebek lokasi penambangan emas tanpa izin (ilegal) di aliran Sungai Alue Saya, Kecamatan Tangse, Selasa (7/1).

“Dari pengungkapan itu petugas mengamankan 10 penambang dan menyita dua alat berat (ekskavator) di pegunungan Tangse,” ujar Kasat Reskrim Polres Pidie, Iptu Eko Rendi Oktama kepada awak media, Rabu (8/1).

Iptu Eko menjelaskan, untuk mencapai ke lokasi tujuan, polisi harus menempuh perjalanan selama 12 jam mengingat tempat kejadian perkaranya yang diinformasikan masyarakat berada di dalam Pegunungan Tangse.

“Awalnya kita ke sana dengan menggunakan satu unit mobil Taft khusus, kemudian tim melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki mengingat kondisinya berlumpur dan curam. Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 12 jam, tim berhasil menemukan aktivitas penambangan emas illegal,” ungkapnya.

Selanjutnya, dari hasil pengungkapan tersebut, polisi langsung memboyong para penambang dan barang bukti lainnya. Namun, kata Eko, pihanyak hanya bisa membawa satu unit alat berat yang kondisinya baik.

“Kami hanya berhasil mengevakuasi satu unit ekskavator saja ke kantor. Sedangkan satu lagi yang rusak, nanti akan kita bawa teknisi untuk memperbaikinya,” tuturnya.

Kemudian, berdasarkan keterangan dari para pelaku, tim berhasil membekuk MN (48), warga Desa Baro, Kecamatan Tangse, Pidie. MN diduga sebagai pemodal.

“Kami juga mengamankan MN, orang yang diduga mendanai dan menyuruh melakukan penambangan emas illegal,” sebutnya. | indonesiainside.id

StatusAceh.Net - Media asal Inggris, The Sun, ikut heboh akan rencana pernikahan anak angkat Cristiano Ronaldo, Martunis dengan pujaan hatinya, Sri Wahyuni.

Martunis mengejutkan publik dengan kabar rencana pernikahannya. Melalui Instagram, ia mengaku sudah melamar sang kekasih, Sri Wahyuni, ​​pada Minggu (29/12/19). Acara lamaran berlangsung di Jeunieb, Aceh.

Kabarnya, Martunis akan menggelar prosesi akad pada bulan Februari. Sementara itu, acara pesta atau pertemuan akan diselenggarakan setelah Hari Raya Idul Fitri.

Kini, media asal Inggris, The Sun, mengklaim bahwa kemungkinan besar megabintang Juventus tersebut akan menghadiri acara pernikahan Martunis dengan Sri Wahyuni yang digelar di Aceh bulan depan.

Seperti diketahui, Martunis dalam sebuah wawancara, mengaku telah memberitahu Ronaldo lewat asisten sang pesepak bola soal rencana pernikahannya.

"Kalau misalnya mencoba undang sih belum, tapi mereka sudah tahu. Saya chat melalui asistennya. Kalau misalnya ada waktu pasti kita undang," ujar Martunis.

Cristiano Ronaldo juga sempat memberi ucapan selamat datang atas pertunangan dan rencana pernikahan kedua insan.

"Dia (Cristiano Ronaldo) cuma sampaikan lewat asistennya, katanya 'Selamat.'. Katanya, 'Selamat dan tetap semangat.' Itu katanya," ungkap Martunis

Martunis dikenal sebagai korban bencana tsunami Aceh 2004 silam. Ia ditemukan di pinggir pantai mengenakan jersey Timnas Portugal.

Sejak saat itu, dirinya menarik simpati pemain bintang timnas Portugal seperti Luis Figo, Nuno Gomes, dan sepertinya Cristiano Ronaldo. Bahkan, Ronaldo akhirnya menjadikan Martunis sebagai anak angkatnya.

Sumber: Indosport.com

StatusAceh.Net - Stasiun televisi Iran mengutip sumber melaporkan serangan, rudal Negeri Mullah ke pangkalan militer AS di Irak menewaskan 80 tentara AS. Dalam laporan itu juga disebutnya tidak satu pun rudal yang dilepaskan Iran berhasil dicegat militer AS.

"Sekarang mereka paham kekuatan kita. Ini saatnya Amerika Serikat menarik tentaranya dari Timur Tengah," kata Kepala Angkatan Bersenjata Iran Jenderal Muhammad Baqeri dalam pernyataannya yang ditayangkan stasiun televisi pemerintah, seperti dilansir laman Sputnik News, Rabu (8/1).

TV pemerintah itu juga mengatakan ada 15 rudal yang dilepaskan seluruhnya dan berhasil merusak sejumlah helikopter dan peralatan meliter AS. Menurut laporan TV Iran itu, ada 100 target yang sudah dibidik militer Iran sebagai serangan balasan.

Presiden AS Donald Trump pagi tadi mengatakan pihaknya masih menghitung jumlah korban dan mendata kerusakan yang terjadi setelah serangan balasan Iran itu.

"Semuanya baik-baik saja! Rudal-rudal diluncurkan dari Iran di dua pangkalan militer yang berlokasi di Irak. Penilaian korban & kerusakan sedang terjadi sekarang. Sejauh ini bagus!" tulis Trump melalui akun twitternya @realDonaldTrump seperti dikutip, Rabu (8/1).

Trump menyiratkan kesiapannya menghadapi perang dengan Iran sebagai buntut pembunuhan Qassim Sulaimani, Panglima Pasukan Pasukan Garda Revolusi Iran.

"Sejauh ini, kita memiliki militer yang paling kuat dan lengkap di seluruh dunia! Saya akan membuat pernyataan besok pagi," tulis Trump lagi.| Merdeka.com

Medan - Setelah sebulan lebih, kasus pembunuhan hakim PN Medan, Jamaluddin akhirnya terungkap. Istri Jamaluddin, Zuraida Hanum diduga menjadi otak pembunuhan.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono menyebut ada 3 orang pelaku pembunuhan yang ditangkap. Istri hakim PN Medan, Zuraida juga dua orang suruhannya berinisial JL dan R.

Penangkapan ini dilakukan tim Polrestabes Medan dibantu Polda Sumut. Penangkapan istri hakim PN Medan dan dua orang suruhannya dilakukan di lokasi berbeda

"Yang terpenting kami sampaikan pelakunya sudah terungkap, pelakunya 3 di mana otaknya itu istrinya sendiri," kata Argo kepada wartawan, Selasa (7/1/2020).

Hakim Jamaluddin ditemukan tewas oleh warga di dalam mobil berpelat nomor BK-77-HD di area kebun sawit Kutalimbaru, Deli Serdang, Jumat (29/11).

Setelah penangkapan pelaku pembunuhan hakim PN Medan, polisi bergerak melakukan penyisiran di sejumlah lokasi. Tujuannya untuk mengumpulkan barang buktis.

"Masih melakukan penyisiran di beberapa lokasi untuk mengumpulkan barang bukti terhadap kasus dimaksud (kasus hakim PN Medan)," kata Dirreskrimum Polda Sumut, Kombes Andi Rian terpisah.

Sementara itu penasihat hukum istri hakim PN Medan Zuraida Hanum, Onan Purba, mengaku belum mengetahui penetapan status tersangka terhadap kliennya. Onan Purba mendampingi pemeriksaan istri hakim PN Medan di Polrestabes Medan dari Senin (6/1).

"Selama pemeriksaan saya ikuti, dia belum pernah mengatakan siapa pelakunya, dan dia bersikukuh dia tidak tahu," ujar Onan Purba.

Menurutnya, Zuraida sempat diperbolehkan pulang. Namun Zuraida ternyata dibawa polisi ke lokasi penemuan mobil berisi jasad Jamaluddin.

"Kita menunggu informasi secara langsung kepada kita apakah dari pihak penyidik jika dia ditahan, berarti ada surat perintah penahanan yang ditinggalkan pada keluarga," imbuh Onan. | Detik.com

Foto: Zuraida Hanum (datuk/detikcom)
Medan - Istri hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan Jamaluddin, Zuraida Hanum, hanya menunduk saat diekspos polisi. Ia diduga menjadi otak pembunuhan terhadap suaminya.

Zuraida dihadirkan dalam jumpa pers di Polda Sumatera Utara (Sumut), Rabu (8/1/2020). Zuraida yang mengenakan hijab warna hitam dan baju tahanan hanya menunduk. Zuraida dikawal oleh 2 anggota Polwan. Tampak mukanya pucat pasi.

Selain Zuraida, Polda Sumut menghadirkan 2 eksekutor yaitu JL dan R. Keduanya juga mengenakan baju tahanan dan terus menundukkan kepala.

Diduga Jamaluddin dibunuh di rumahnya pada Kamis (28/11/2019) dini hari. Zuraida dibantu oleh JL dan R.

Setelah dibunuh, mayat Jamaluddin dimasukkan ke mobil dan keluar menjelang subuh. Untuk menghilangkan jejak, mobil ditabrakkan di daerah kebun sawit di Kutalimbaru, Deli Serdang. Seakan-akan Jamaluddin jadi korban perampokan.

Mayat Jamaluddin baru ketahuan 20 jam setelahnya. Polisi langsung bergerak dan melacak siapa yang membunuh hakim itu.
Baca juga:
Polri Tangkap 3 Pembunuh Hakim Jamaluddin, PN Medan: Akhirnya Terungkap

Setelah sebulan lebih bekerja, polisi menetapkan Zuraida sebagai tersangka dan menduga Zuraida menjadi otak pembunuhan itu.| Detik.com

Medan — Polda Sumatera Utara dan Polrestabes Medan, dilaporkan telah mengamankan tiga orang terduga pelaku pembunuhan hakim PN Medan, Jamaluddin, yang merupakan hakim kelahiran Nagan Raya, Aceh. Salah satu otak pelaku pembunuhan itu disebut-sebut adalah istri korban.

Direktur Reskrimum Polda Sumut, Kombes H.Andi Rian Djajadi, saat dikonfirmasi menjelaskan, ada tiga orang yang diduga kuat sebagai pelaku pembunuhan.

“Tiga orang itu masing-masing berinisial JN, RN dan HN. Sudah diamankan dari lokasi yang berbeda-beda oleh tim gabungan Jatanras Krimum Polda Sumut dan Reskrim Polrestabes Medan,” ungkap Andi Rian kepada wartawan, Selasa (7/1/2020).

Mantan Wadireskrimsus Poldasu ini juga memastikan, bahwa pembunuhan terhadap pria berusia 56 tahun itu dilakukan secara berencana. Saat ini tim gabungan dipimpin Kombes Andi Rian juga masih melakukan penyisiran di beberapa lokasi.

“Tim sedang mengumpulkan barang bukti sekaligus melakukan pra rekonstruksi terhadap kasus ini,” ujarnya, seraya mengatakan untuk motif pembunuhan akan dipaparkan usai seluruh pemeriksaan selesai dilakukan.

Informasi yang beredar, bahwa salah satu pelaku yang diamankan adalah otak pelaku yang merupakan istri korban.

Seperti diketahui, hakim yang juga menjabat Humas PN Medan itu ditemukan tewas di dalam mobil mewah jenis Toyota Land Cruiser Prado bernomor polisi BK 77 HD warna hitam miliknya, pada Jumat (29/11/2019) sekitar pukul 13.00 WIB.

Mobil dan korban ditemukan di dalam jurang sebuah areal perkebunan sawit milik masyarakat di Dusun II Namorindang, Desa Sukarame, Kec. Kutalimbaru, Kabupaten Deliserdang, Sumut.

Nama korban diketahui setelah di lokasi penemuan mayat, ditemukan identitas Jamaluddin, kelahiran Nagan, 20 Maret 1964, warga Perumahan Royal Monaco Blok D No. 22 Medan Johor.

Ketika ditemukan, korban terlihat terbujur di bawah jok bagian tengah. Terlihat juga jenazah korban sudah membiru dengan kondisi tangan terikat dan duduk di posisi bangku belakang. |waspadaaceh.com

Aidil Firmansyah usai melaporkan kasus ancam bunuh yang ditujukan kepada dirinya.
Meulaboh - Seorang wartawan di Aceh mengaku diancam akan dibunuh. Korban bernama AF (23), pewarta sebuah tabloid mingguan cum media daring terbitan lokal, sementara, yang dituding sebagai pelaku ialah Ak (36), direktur utama sebuah Perusahaan Bongkar Muat (PBM).

Pengancaman tersebut berkenaan dengan pemberitaan yang belum lama ini ditulis oleh AF. Berita itu terbit secara daring. Isi beritanya tentang aksi pengadangan truk pengangkut tiang pancang milik perusahaan rekanan proyek pembangunan PLTU Unit 3 dan 4 oleh warga Desa Suak Puntong, Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya, Aceh.

Untuk tiap unit truk angkutan yang melewati permukiman awalnya dikenakan biaya kompensasi untuk desa sebesar Rp100.000, tetapi, hal tersebut kabarnya tidak lagi dilakukan selama rekanan berganti sehingga warga protes.

AF mengaku sempat dikirimi pesan oleh Ak yang isinya bernada kurang senang atas berita yang ditulis oleh AF. Dia dituding berat sebelah dalam mengkaver berita.

Ia dijemput dua orang suruhan Ak di sebuah warung kopi setelah terjadi interaksi yang alot antara dirinya dengan Ak. Salah seorang penjemput, yang belum diverifikasi, disebut-sebut seorang tentara.

Namun, tindakan dugaan pengancaman baru dialami AF di kantor Forum Tiga Wilayah (ForTiL), yang terletak di Desa Suak Ribee, Kecamatan Johan Pahlawan pada dini hari, yang berlangsung di depan beberapa awak media.

Ak, kata AF, sempat show of force, dengan cara mengeluarkan senjata api dari dalam laci meja lalu menyerahkan senjata tersebut kepada anak buahnya. Sempat pula ada yang memegangi leher AF hingga mengeluarkan kata-kata yang menurutnya tendensius.

"Kaleuh ka kalon ata loen koen? Ngen nyan kupeuhabeh kah, kalau deuh kah di Meulaboh dipat mantong. Kumamoh kah, ku peuhabeh kah, lon kedro yang peuhabeh kah. Jino leubeh get kah gadoh dari Meulaboh selama sibuleuen, han habeh kah kupeuget".

"Sudah kamu lihat punya aku, kan? Dengan ini aku habisi kamu jika kamu terlihat di Meulaboh di mana saja. Kumakan kamu, kuhabisi kamu dan aku sendiri yang akan melakukannya. Sekarang, lebih baik kamu menghilang dari Meulaboh selama satu bulan, kalau tidak aku habisi kamu," ancam Ak, diulang AF, seperti pengakuannya di media.

AF juga dipaksa menandatangani surat yang ditulis tangan di atas meterai. Isinya berupa pernyataan klarifikasi di tiga media serta pengakuan bahwa yang ditulis terkait perusahaannya itu salah dan fitnah.

Garda Revolusi Iran menembakkan rudal saat latihan perang di tenggara Teheran, 2006. Foto/REUTERS/Fars News
BAGHDAD - Iran mulai meluncurkan serangan rudal terhadap pasukan pimpinan Amerika Serikat (AS) di Irak pada Rabu (8/1) dini hari. Aksi itu hanya beberapa jam setelah pemakaman komandan Iran Qassem Soleimani yang tewas akibat serbuan drone AS.

"Teheran menembakkan lebih dari 12 rudal balistik dari wilayah Iran terhadap dua pangkalan militer di Irak yang menampung personil pasukan koalisi AS," ungkap pernyataan militer AS mengonfirmasi serangan Iran tersebut.

Garda Revolusi Iran mengonfirmasi mereka menembakkan sejumlah roket sebagai pembalasan atas pembunuhan Soleimani pekan lalu.

"Kami bekerja pada penilaian kerusakan pertempuran awal," papar juru bicara Pentagon Jonathan Hoffman yang menambahkan pangkalan yang ditargetkan adalah pangkalan udara al-Asad dan pangkalan di Erbil, Irak.

"Presiden AS Donald Trump telah mendapat laporan tentang serangan itu dan memantau situasi," ujar juru bicara Gedung Putih Stephanie Grisham.

Grisham menambahkan, "Kami mengetahui laporan serangan pada fasilitas AS di Irak. Presiden telah diberitahu dan memantau situasi dari dekat dan berkonsultasi dengan tim keamanan nasionalnya."

Sebelumnya, Menteri Pertahanan AS Mark Esper menyatakan Washington harus mengantisipasi pembalasan dari Iran atas pembunuhan terhadap komandan Pasukan Quds tersebut.

"Saya pikir kita harus memperkirakan bahwa mereka akan membalas dengan beberapa cara dan bentuk," ujar Esper saat konferensi pers di Pentagon.

Esper menyatakan pembalasan itu dapat melalui kelompok aliansi Iran atau kaki tangannya. "Kami bersiap untuk setiap kemungkinan. Dan kemudian kami akan merespon dengan tepat pada apapun yang mereka lakukan," papar dia, dilansir Reuters.

Bursa saham di Asia merosot tajam seiring kabar serangan roket itu. Surga investor termasuk yen Jepang dan emas menguat. | Sindonews

,
Banda Aceh - Kepala staf Kodam Iskandar Muda Brigjen TNI Ahmad Daniel Chardin Menghadiri rapat kerja forum bersama (Forbes) DPR/DPD RI asal Aceh dengan Forkopimda Aceh, Pemerintah Aceh dan Pemerintah Kabupaten/Kota Se-Aceh di gedung serba guna Setda Aceh. Senin, 6/01/20.

Turut Hadir, Plt Gubernur, Ketua Forbes DPR/ DPD RI Asal Aceh H. Muhamad Nasir Djamil, Ketua DPRA, Kajati, Danlanud Sim, Danlanal Sabang, Ketua MPU, Ketua Mahkamah Syariah, Rektor Unsyiah, Rektor UIN Ar Ranny, dan Para Bupati /Wali kota Se-Aceh.

Dalam rapat tersebut kasdam IM menyampaikan saran yang bersifat informatif, dalam penyampainnya Kasdam membagi dua permasalahan. Pertama, masalah yang berkaitan dengan kesejahteraan. Kedua, masalah yang berkaitan dengan keamanan.

Kasdam menyampaikan kesejahteraan dengan keamanan merupakan sesuatu yang sangat substansial, dua sisi yang tidak terpisahkan. Berkaitan dengan Kodam, tentunya pihaknya terkait dengan kegiatan atau aktivitas yang berkaitan dengan upaya-upaya untuk memberi keamanan, yang secara tidak langsung mendukung kesejahteraan

Sesuai fungsi utama TNI saat ini, fungsi utamanya berkembang diantaranya pembinaan teritorial. Pembinaan teritorial yang dilakukan baik yang program maupun non program atau pembinaan teritorial kreatif, seperti yang sudah dilaksanakan TMMD dan lainnya

Dalam kesempatan ini, Kasdam IM menyampaikan hal pergeseran politik kekuasaan dengan politik kesejahteraan Seperti halnya yang telah dilakukan Kodam IM dengan upaya menjadikan Aceh dapat terkenal lewat destinasi wisatanya yang perlu dijual. "Kita ekspose dengan tujuan wisata yang ada di Aceh Tengah ini bisa masuk ke 5 destinasi nasional," ungkapnya.

Banyak kegiatan dan event nasional dilakukan bahkan pada malam hari dapat terlaksana dengan lancar dan aman, hal ini bertujuan dalam rangka menjual wisata di Aceh. Jaminan rasa aman ini merupakan iklim segar untuk dapat menarik investor.

"Kami harapkan ada gayung bersambut dari pemerintah kabupaten/kota untuk menyamakan persepsi dalam membangun iklim investasi di Aceh semakin baik," ujarnya.

Gempa Di 24 Kilometer Barat Daya Sinabang (Foto: BMKG)
Sinabang - Gempa bumi berkekuatan 6,4 magnitudo yang dimutakhirkan menjadi 6,1 magnitudo, di barat daya Sinabang, Aceh telah menimbulkan kerusakan minor pada sejumlah bangunan. Gempa relatif besar itu dipastikan tak berpotensi tsunami.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Simeulue melaporkan gempa yang terjadi sekitar pukul 13.05 WIB itu menyebabkan kerusakan ringan pada dua unit sarana pemerintah. Kerusakan berupa keretakan ringan di bangunan dan sebagian kaca jendela pecah.

" BPBD Simeulue juga melaporkan bahwa guncangan gempa bumi dirasakan di Simeulue dengan intensitas IV MMI, Tapak Tuan, Singkil, Nias Utara dan Gunung Sitoli III MMI, Medan II-III MMI, sedangkan Nias Barat dan Meulaboh II MMI," ucap Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo, Selasa, 7 Januari 2019.

Agus mengatakan, berdasarkan data BMKG, gempa susulan terjadi sebanyak satu kali dengan kekuatan 3,3 magnitudo dan terjadi pada 13.45 WIB.

Lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi merupakan jenis gempa bumi dangkal. Diperkirakan gempa terjadi akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah Lempeng Eurasia di Barat Sumatera.

" Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan sesar naik (thrust fault)" kata dia.

Agus mengimbau, masyarakat tenang dan tidak terpancing isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Masyarakat diharapkan untuk memonitor informasi resmi kegempaan di situs BMKG atau informasi terkait lain di institusi resmi seperti BNPB dan BPBD setempat. | Dream.co.id

Pemerkosa dengan korban paling banyak yang pernah ada dalam sejarah Inggris, Reynhard Sinaga (36). (FOTO: doc. Greater Manchester Police/CNN)
StatusAceh.Net - Pemerkosa dengan korban paling banyak yang pernah ada dalam sejarah Inggris, Reynhard Sinaga (36), divonis seumur hidup atas tindakan asusila terhadap kaum pria di apartemennya. Dia menghabiskan lebih dari 10 tahun untuk membeli apartemen sebelum membius dan melakukan kekerasan terhadap mereka.

Reynhard dijatuhi hukuman penjara seumur hidup Setelah dinyatakan bersalah dalam empat persidangan terpisah. Dia dinyatakan bersalah atas 159 membuktikan menentang seksi terhadap 48 pria yang berbeda, dan harus menyetujui 30 tahun sebelum disetujui.

Polisi mengatakan jumlah korban sebenarnya lebih tinggi, setelah menemukan bukti yang mengaitkannya dengan jumlah total 190 orang.

Dilaporkan CNN, Selasa (7/1/2020), rincian mengenai serangan Reynhard sempat ditahan sementara selama persidangan berlangsung, namun kini dapat dipublikasikan.

Reynhard mendekati pria-pria pada dini hari di luar klub malam di Manchester. Dia memulai percakapan dan menawarkan mereka tempat untuk tidur atau menjanjikan tambahan minuman beralkohol.

Begitu membawa pria-pria itu ke flatnya, Reynhard menyiapkan minuman dicampur dengan obat -kemungkinan menurut polisi GHB- dia lalu memfilmkan dirinya sendiri saat tengah memperkosa pria-pria itu. Para korban yang koma tak sadar kalau mereka diperkosa.

Serangan Reynhard Sinaga baru terungkap pada 2017 setelah korban berusia 18 tahun, bangun sekitar pukul 06.00 ketika tengah diserang. Korban berhasil melawan, dan yang terpenting, berhasil mengambil ponsel iPhone putih Reynhard sebelum meninggalkan apartemen itu.

Dia lalu pergi ke kantor polisi yang menemukan 3,29 terabyte konten grafis di ponsel Reynhard, setara dengan 250 DVD. Di beberapa kasus, serangan itu terjadi berjam-jam dengan satu serangan khusus berlangsung 8 jam.

Korban Reynhard Sinaga yang biasanya heteroseksual dan kebanyakan pelajar, terlihat mendengkur dan dalam beberapa kasus muntah ketika Reynhard memperkosa mereka, menurut Britain's Crown Prosecution Service.

Ketika korban yang grogi mulai sadar, Reyhnard akan mendorong mereka ke lantai dan melanjutkan serangannya atau mengambil telepon genggamnya untuk menghindari kecurigaan.

Polisi meyakini Reynhard Sinaga memulai serangan itu pada 2005 dan berlanjut hingga Juni 2017.

"Reynhard Sinaga adalah pemerkosa yang paling produktif dalam sejarah hukum Inggris," kata Ian Rushton, Wakil Kepala Jaksa Penuntut Umum North West Crown.

"Rasa ekstremnya akan hak seksual hampir menyangkal kepercayaan dan dia tidak diragukan lagi akan melakukannya lagi jia dia tidak tertangkap."

Menurut CNN, tidak banyak yang diketahui tentang Sinaga dan polisi tidak memiliki catatan tentang dirinya sebelum salah satu korbannya melarikan diri dari apartemennya dan mengadukan tindakan bejatnya.

Dia akhirnya dinyatakan bersalah dalam empat persidangan terpisah, mengingat jumlah korban dan serangan yang terlibat. Polisi mengatakan sekitar 70 korban belum teridentifikasi.

Juri dalam persidangan juga mendengar bagaimana Reynhard Sinaga menyimpan barang-barang korban sebagai barang berharga dan akan mencari orang-orang di Facebook setelah menyerang mereka. | CNN

StatusAceh.Net - Forum Orangutan Aceh (FORA) di Banda Aceh, melalui sekretaris FORA Idir Ali Angkat. Menanggapai pernyataan wakil Bupati Aceh Singkil Sazali yang dimuat pada media massa (Serambi Indonesia tanggal 17 Desember 2019) Tentang ”Aceh Singkil Sudah Miskin, Lahan pun Habis Dijadikan Kawasan Hutan”, merupakan pernyataan yang tidak berpijak pada data dan terkesan latah, sangat disayangkan ada wakil kepala daerah yang memberikan pernyataan tanpa memiliki data yang akurat. Ujar Idir.

Berdasarkan SK MenLHK no. 103/Kemen-LHK/2015 Tahun 2015 tentang Penetapan Kawasan Hutan yang telah diperbaharui melalui SK MenLHK no. 580/MenLHK/Setjen/Set.1/12/18 Tahun 2018 tentang Penetapan Kawasan Hutan. Berdasarkan SK tersebut data kawasan hutan lindung bukannya bertambah melainkan berkurang di Aceh Singkil.

Idir juga menambahkan bahwa wakil bupati aceh singkil jangan latah dengan penetapan kawasan lindung, karena itu sangat baik untuk kesejahteraan masyarakat dan melestarikan alam, disebabkan dalam kawasan lindung terdapat hutan produksi dan hutan lindung yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat melalui pengelolaan hasil hutan non kayu, ekowisata alam dan untuk pendidikan yang bisa menunjang kesejahteraan masyarakat serta dapat mengurangi resiko bencana banjir yang sering melanda Aceh Singkil. Diaceh Singkil juga terdapat beberapa spesies kunci seperti orangutan, harimau, dan spesies lainnya yang dilestarikan didalam kawasan konservasi suaka margasatwa rawa singkil.

Hal senada juga di sampaikan oleh Hendra Susoh, Sekretaris Perkumpulan Pembela Lingkungan Hidup (P2LH) Aceh. Seharusnya wakil bupati Aceh Singkil jangan terfokus kepada kawasan hutan saja melainkan fokus kepada HGU perkebunan sawit yang lebih luas dibandingkan dengan kawasan hutan lindung. Seharusnya wakil bupati Aceh Singkil lebih baik mengevaluasi izin HGU Perkebunan kelapa sawit dan jangan merekomendasikan izin baru terhadap perkebunan kelapa sawit, hal ini selaras dengan Inpres Nomor 8/2018 tentang penundaan dan evaluasi perizinan serta peningkatan produktivitas perkebunan sawit. Karena HGU perkebunan sawit tidak memberikan manfaat besar kepada masyarakat baik dari segi ekonomi dan merusak lingkungan dan bahkan menjadi salah satu penyebab sering terjadinya bencana banjir di Aceh Singkil.

Jakarta - Loyalis Anak Negara Kesatuan Republik Indonesia (LA NKRI) bekerjasama dengan Suara Negara Kesatuan Republik Indonesia (Suara NKRI) dan Gerakan Pemimpin Bersih (GAPSI) mengadakan bakti sosial dengan membuka dapur umum bagi korban bencana banjir di RT 12/11 Kelurahan Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat.

Tujuan dibukanya dapur umum ini agar warga di Kelurahan Rt 12/11 dapat terbantu dengan disalurkannya makanan, minuman dan keperluan yang lainnya. Dapur umum ini telah dibuka dari kemarin, Sabtu, 5 Januari 2020 dan akan terus dibuka sampai situasi normal kembali.

Banjir yang terjadi pada hari pertama di bulan Januari 2020 ini adalah banjir yang sangat dahsyat sekali yang dirasakan oleh warga Rawa Buaya dan belum pernah terjadi di masa kepemimpinan Gubernur yang sebelumnya.

Banjir yang terjadi kali ini sampai setinggi dada orang dewasa, karena memang di wilayah ini dilewati kali Mookervart dan sungai Cengkareng.

Salah satu warga RT 12/11, Suyanto, yang berhasil ditemui oleh pewarta media ini mengatakan bahwa pada waktu Gubernur Ahok air tidak sampai masuk ke pemukiman warga. "Jaman Gubernur Ahok, air tidak sampai masuk pemukiman ini," ungkap Suyanto.

Pada kesempatan yang sama Ketua Umum LA NKRI Wikan Selur mengatakan bahwa banjir yang sekarang ini adalah yang terburuk.

“Banjir di Jakarta memang sudah menjadi ‘agenda tahunan’, tetapi ketika era Ahok-Jarot banjir yang ada surut dalam hitungan jam. Tetapi banjir yang sekarang ini adalah yang terburuk dari yang sebelumnya. Gubernur Anies tidak usah malu untuk mencontoh program penanggulangan banjir Ahok. Rakyat Jakarta sudah lelah dan bosan dengan retorika Gubernur Anies Baswedan,” kata Wikan Selur dengan semangat.

Senada dengan itu, Ketua Umum Dewan Pembina Gerakan Pemimpin Bersih (GAPSI) yaitu Andreas Rehiary mengatakan bahwa program naturalisasi yang menjadi program andalannya Gubernur Anies telah gagal.

“Gubernur Anies Baswedan telah gagal merealisasikan program naturalisasi yang menjadi program andalannya dalam mengatasi banjir Jakarta, Oleh karena itu Gubernur Anies Baswedan seharusnya punya rasa malu dan mengundurkan diri sebagai Gubernur Jakarta. Sehingga memberikan kesempatan bagi orang-orang yang berkompeten untuk memimpin Jakarta dan menyelesaikan persoalan banjir yang makin parah dan merugikan warga Jakarta,” jelas Andreas.

Andreas pun sependapat dengan Suyanto bahwa sewaktu Gubernur Ahok dalam waktu satu jam air sudah kering dan titik banjir berkurang. “Namun pada kepemimpinan Gubernur Anies berhari-hari banjir dan genangan air tidak berkurang juga dan titik banjir semakin banyak,” tuturnya dengan berapi-api.(JNY/Red)

Ilustrasi
Lhokseumawe - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Lhokseumawe menangkap seorang pria berinisial BT (36) warga Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara yang diduga anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Kapolres Lhokseumawe AKBP Ari Lasta Irawan melalui Kasatreskrim AKP Indra T Herlambang mengatakan penangkapan tersebut bermula dari laporan yang diterima Polsek Sawang terkait adanya pemerasan dan pengancaman dengan menggunakan senjata api kepada Camat Sawang pada tanggal 9 Juli 2019.

“Mendapati laporan tersebut, kami melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap BT dan mengamankan sepucuk senjata api jenis FN (belum diketahui asli atau arsoft Gun) pada tanggal 3 Januari 2020,” kata Indra dalam konferensi pers di Mapolres Lhokseumawe, Senin.

Kemudian kata Indra, menurut pengakuan BT, senjata api tersebut tersangka beli dari seseorang yang berinisial OY seharga Rp1,5 juta.

Setelah melakukan pengancaman terhadap korbannya, senjata yang digunakan tersebut diubah warna menggunakan cat semprot dari yang semula berwarna silver menjadi hitam.

Akan tetapi, kata Indra, dari hasil pengembangan diketahui senjata api tersebut juga pernah digunakan oleh tersangka RM alias Tentra Raman yang merupakan anggota KKB Sawang Aceh Utara.

“Dari hasil penyelidikan terkait kepemilikan senjata api tersebut, diketahui senjata itu milik Tentra Raman yang tewas saat baku tembak beberapa bulan yang lalu di Desa Peunteut Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara,” katanya.

Saat ini polisi telah mengamankan barang bukti sepucuk senjata api jenis FN dan dua buah kaleng cat semprot. Atas perbuatannya tersangka BT diancam hukuman 12 tahun penjara.

Indra juga mengharapkan kepada seluruh masyarakat apabila masih menyimpan senjata api agar segera diserahkan kepada pihak kepolisian secara sukarela, jika tidak pihaknya akan menindak tegas.

"Kita menghimbau kepada masyarakat, bagi yang masih memiliki senjata api agar segera menyerahkannya kepada pihak kepolisian dan akan dilindungi dari hukum, namun jika tidak pihaknya akan menindak tegas pemilik senjata api secara ilegal," katanya. | (ANTARA)

Anggota parlemen Iran membakar kertas bergambar bendera AS, di Teheran, Iran, 9 Mei 2018. Iran telah menandatangani kesepakatan nuklir di Wina, Austria, pada 2015 bersama enam negara superkuat, yakni Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Jerman, Rusia, dan Cina, serta Uni Eropa. AP Photo
StatusAceh.Net - Anggota parlemen Iran mengklaim Republik Islam Iran punya kekuatan untuk menyerang Gedung Putih, kediaman resmi Presiden Amerika Serikat, untuk membalas kematian Jenderal Qassem Soleimani.

Pernyataan ini pertama kali dilaporkan The Independent, 6 Januari 2020, mengutip Abolfazl Abutorabi, anggota parlemen garis keras Iran sebagai tanggapan atas kematian Jenderal Qassem Soleimani.

"Kami dapat menyerang Gedung Putih itu sendiri, kami dapat membalas mereka di tanah Amerika. Kami memiliki kekuatan, dan Insya Allah kami akan merespons pada waktu yang tepat," kata Abolfazl Abutorabi, menurut kantor berita Iran ILNA.

Menurut Abutorabi, serangan terhadap Jenderal Soleimani adalah deklarasi perang. "Ketika seseorang menyatakan perang, apakah Anda ingin menanggapi peluru dengan bunga? Mereka akan menembakmu di kepala."

Namun, Iran diyakini tidak memiliki rudal yang mampu mencapai Washington DC, dan serangan bunuh diri individu kemungkinan akan menjadi satu-satunya cara realistis Teheran menargetkan ibu kota AS.

Mengutip pejabat AS, CNN melaporkan pasukan rudal Iran siaga tinggi sejak kematian Qassem Soleimani. Namun, militer AS tidak berencana melakukan serangan tambahan terhadap kelompok-kelompok yang didukung Iran di Irak atau lokasi lain kecuali Amerika Serikat diserang, kata pejabat tersebut. Abutorabi juga mengklaim sebelumnya bahwa Iran dapat menargetkan kapal di Selat Hormuz, tempat Angkatan Laut Kerajaan Inggris dikirim kemarin untuk mengawal kapal.

Di antara kekuatan terbesar Iran adalah gudang misilnya, yang terbesar dan paling maju di Timur Tengah, dan memimpin pasukan terbesar di kawasan itu.

Dikutip dari Newsweek, edisi 2019 dari sistem peringkat tahunan Global Firepower Power Index menempatkan Iran di urutan ke-14, di atas saingannya Israel ke-18, dan Arab Saudi ke-25, dengan AS, Rusia dan Cina masing-masing mengambil tiga tempat teratas. Iran telah memprioritaskan memproduksi peralatan asli karena telah dikenai sanksi internasional yang membatasi kemampuannya untuk membeli senjata di luar negeri sejak 2010.

Republik Islam Iran juga didukung oleh sejumlah milisi Muslim Syiah yang memusuhi AS dan sekutunya, sentimen lebih lanjut didorong oleh pembunuhan komandan Pasukan Revolusi Iran Quds pada hari Kamis malam, Mayor Jenderal Qassem Soleimani dan setidaknya dua pejabat senior milisi Irak di Baghdad.

Untuk memutuskan tindakan militer penting, setiap keputusan harus diperiksa dan disetujui oleh Dewan Keamanan Nasional Tertinggi, sebuah badan yang mencakup Pemimpin Tertinggi Ali Khamenei, Presiden Hassan Rouhani, dan para pemimpin berbagai cabang pemerintahan dan angkatan bersenjata Iran. | Tempo

Ilustrasi
Banda Aceh - Seorang jurnalis dengan wilayah peliputan Kabupaten Aceh Barat dan Nagan Raya, Provinsi Aceh, Aidil Firmansyah (25), mengalami pengancaman dari petinggi dan rekan salah satu perusahaan konstruksi di Aceh Barat, Sabtu 4 Januari 2020 malam. Acaman itu diduga kuat dilatarbelakangi oleh pemberitaan yang ditulis Aidil dan tayang di media beberapa jam sebelum korban diancam.

Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Aceh dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Banda Aceh mengecam pengancaman terhadap wartawan tabloid mingguan Modus Aceh dan modusaceh.co tersebut.

“Menuntut pelaku mempertanggungjawabkan ancamanya sesuai aturan hukum yang berlaku, karena telah menyebabkan ketakutan, kekhawatiran dan mengganggu mental/psikis korban dalam menjalankan profesinya sebagai jurnalis,” kata Ketua AJI Banda Aceh Misdarul Ihsan dalam pernyataan sikap bersama IJTI Aceh yang dipimpin Munir Noer, Senin (6/1/2020)

“Mendesak kepolisian berperan aktif mengusut kasus tersebut hingga tuntas dengan menyeret pelakunya ke muka hukum atau pengadilan,” lanjut Ihsan yang juga Kepala Biro iNewsTV Aceh itu.

Pengancaman tersebut bermula pada Sabtu malam, saat Aidil tengah nongkrong sambil ngopi di salah satu warung kopi di Kota Meulaboh, Aceh Barat. Tiba-tiba, ia mendapat pesan WhatsApp dari Direktur PT TAU berinisial AR yang isinya menyebut, berita ditulis Aidil yang tayang di modusaceh.co terkesan berat sebelah dan merugikan perusahannya.

Sebelumnya, media online itu menayangkan berita berjudul “Tak Bayar Kompensasi, Angkutan Tiang Pancang PLTU 3 dan 4 Dihadang Warga”. Terakhir, AR mengajak Aidil bertemu di kantornya sekitar pukul 23.50 WIB.

Namun Aidil enggan menuruti ajakan AR dan Aidil meminta agar mereka bertemu di salah satu warkop di Meulaboh, Aceh Barat saja. Tak lama kemudian, datang dua orang diduga suruhan AR menjumpai Aidil di warkop tempatnya minum kopi malam itu.

Kedua orang tersebut kemudian meminta mendengar rekaman wawancara Aidil dengan seorang warga yang menjadi narasumber dalam pemberitaan di medianya bekerja. Sebelumnya, modusaceh.co menayangkan berita tentang penghadangan mobil pengangkut bahan material PLTU 3 dan 4 milik PT TAU, perusahaan yang dipimpin AR.

Selain itu, kedua suruhan AR ini mengajak Aidil pergi ke kantor PT TAU untuk bertemu langsung dengan AR. Awalnya Aidil enggan pergi, namun, setelah ada jaminan dari dua orang tersebut, dia tidak akan disakiti dan dimarahi, Aidil pun menuruti ajakan mereka, apalagi salah seorang diantaranya dikenalnya. Aidil ditemani oleh Deni Sartika, seorang wartawan lain di Aceh Barat.

Tiba di ruang kantor AR, Aidil dipersilakan duduk. Kemudian, AR diduga mengeluarkan senjata jenis pistol dari laci mejanya dan menyerahkan kepada seorang anggotanya di ruang itu. Seorang lainnya memegang leher Aidil, sedangkan AR terus mengeluarkan kata-kata ancaman. Namun, ketika itu ada yang melerai agar masalah itu diselesaikan baik-baik.

Lantas, AR menyodorkan surat yang telah dibuatnya untuk ditanda tangan di atas materai oleh Aidil. Isinya, untuk melakukan duel dengan Aidil satu lawan satu. Namun Aidil menolak. Selanjutnya, AR dan rekan terus mengeluarkan berbagai kata kata kepada Aidil dan menuduh berita tersebut salah.

Dengan nada tinggi, AR juga bercerita bahwa selain pengangkutan tiang pancang PLTU, ada pekerjaan lain yang sedang menanti mereka. Dan, apabila pekerjaan tersebut gagal didapatkan karena berita yang ditulis Aidil, maka dia akan mendapat konsekuensi, yaitu dibunuh oleh AR.

Aidil kemudian dipaksa membuat pernyataan dengan cara ditulis tangan. Isinya, Aidil akan mengklarifikasi berita di Modus Aceh dan dia harus mengakui bahwa itu fitnah. Apabila dalam sepekan dihitung dari tanggal 5 Januari 2020 Aidil belum membuat peryataan klarifikasi kepada media itu, Aidil siap menerima konsekuensi apa pun dari AR.

IJTI Aceh dan AJI Banda Aceh mengecam segala tindakan pengancaman terhadap Aidil oleh Direktur PT TAU Cs, karena dalam bekerja jurnalis dilindungi Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers. Seperti yang diatur dalam Pasal 4, bahwa negara menjamin kebebasan pers.

Sedangkan pelaku kekerasan dan penghalang-halangan kerja jurnis dapat dijerat dengan pasal 18 ayat 1. Setiap orang yang secara melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi kerja jurnalistik dapat dikenakan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun atau denda Rp 500 juta. Selain itu, pelaku juga dapat dijerat dengan Pasal 368 KUHP tentang pengancaman dan pasal lainnya yang menyangkut dengan kepemilikan senjata api.

Selain menuntut pelaku bertanggung jawab dan polisi mengusut kasus tersebut, AJI dan IJTI juga meminta polisi menjamin keselamatan bagi korban atas ancaman dari pelaku yang tinggal satu daerah.

“Meminta semua pihak menjamin hak-hak jurnalis dalam menjalankan profesianya di lapangan.” 
Sumber: Okezone

 

STATUSACEH- Kenalkan, saya Romlan, Pemimpin Redaksi Media Siber KABARBANGKA.COM, yang menjadi subjek percontohan dalam artikel Wilson Lalengke yang dimuat di media siber sebagaimana link berita terlampir, dengan judul Lulus UKW Tidak Menjamin Kompetensi Wartawan, yang dimuat pada tanggal 20-25 Desember 2019. Di sejumlah media siber, opini Wilson Lalengke itu sudah diubah menjadi opini redaksi medianya masing-masing. Ada juga redaksi media siber yang mengubah opini Wilson Lalengke itu menjadi berita, yang mencampurkan fakta dan opini yang menghakimi.

MENANGGAPI opini Wilson Lalengke yang menyebutkan saya sebagai pemegang Sertifikat Wartawan Utama, justru menyebarkan berita bohong (hoax) menggunakan media www.kabarbangka.com. Saya minta Wilson Lalengke membuktikan tudingan itu. Tunjukkan buktinya, jika ada berita bohong (hoax) yang saya sebarkan menggunakan media www.kabarbangka.com. Bukti-bukti itu bisa dikirim ke saya via email: kabarbangka@gmail.com, atau via WhatsApp (WA): 081272881599. Ingat, ya! Berita bohong (hoax) yang ada di media www.kabarbangka.com! Catat itu!

Saya juga menegaskan, saya ini bukan lulusan UKW abal-abal. Saya dinyatakan KOMPETEN oleh penguji saya, M. Syahrir, yang ditugaskan oleh PWI Pusat, setelah saya mengikuti proses Uji Kompetensi Wartawan pada UKW-V PWI BABEL di Sungailiat,  Bangka Belitung, pada tanggal 5-6 Mei 2018. UKW juga bukan produk ilegal, karena Dewan Pers adalah lembaga resmi sebagaimana diatur dalam Pasal 15 Undang-Undang RI Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.

Tentang saya yang "katanya" hanya jebolan SMP. Sepertinya Wilson Lalengke memang perlu belajar lagi pemahaman dan penerapan Undang-Undang RI Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers. Pasal 1 angka (4) "Wartawan adalah orang yang secara teratur melakukan kegiatan jurnalistik". Kemudian dipertegas oleh Pasal 4 ayat (1) "Kemerdekaan Pers dijamin sebagai hak asasi warga negara".

Ada 21 pasal dalam Undang-Undang RI Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers, tidak satu pun pasal yang mengatur tentang standar minimal pendidikan wartawan. Demikian juga dengan Peraturan Dewan Pers Nomor 1 Tahun 2010 Tentang Standar Kompetensi Wartawan, sebagaimana telah diperbarui dengan Peraturan Dewan Pers Nomor 4 Tahun 2017 Tentang Sertifikasi Wartawan, terbaru adalah Peraturan Dewan Pers Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Standar Kompetensi Wartawan, juga tidak mengatur standar minimal pendidikan wartawan calon peserta UKW.

Tidak ada aturan manapun yang mengatur standar minimal pendidikan formal seorang wartawan. Tidak ada ketentuan yang membatasi hak seseorang untuk menjadi wartawan. Namun dalam melaksanakan tugasnya, wartawan harus memiliki standar kompetensi yang memadai. Standar Kompetensi Wartawan diperlukan untuk melindungi kepentingan publik dan hak pribadi masyarakat. Standar Kompetensi Wartawan juga untuk menjaga kehormatan pekerjaan wartawan, bukan untuk membatasi hak asasi warga negara menjadi wartawan. Untuk mencapai standar kompetensi itu, wartawan harus mengikuti uji kompetensi di lembaga penguji yang sudah terverifikasi Dewan Pers, yaitu Perusahaan Pers, Organisasi Wartawan, Perguruan Tinggi atau Lembaga Pendidikan Jurnalistik.

Nah, Persatuan Wartawan Indonesia atau PWI, adalah Organisasi Wartawan yang sudah resmi ditunjuk Dewan Pers sebagai Lembaga Penguji, untuk melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan. (***)

*_Catatan saya (Wilson Lalengke):_*

_1. Artikel lengkap yang menjadi obyek tulisan 'hak jawab' rekan Romlan ini dapat dilihat di www.pewarta-indonesia.com/2019/12/wilson-lalengke-lulus-ukw-tidak-menjamin-kompetensi-wartawan_

_2. Terkait berita hoax (bohong) dapat ditelusuri melalui artikel saya terdahulu dengan judul Ambiguitas Sertifikasi Wartawan dan Verifikasi Media, dimuat salah satunya di tautan ini: www.pewarta-indonesia.com/2019/12/ambiguitas-sertifikasi-wartawan-dan-verifikasi-media. Artikel hoax itu sudah dihapus oleh yang bersangkutan (Romlan) dari situsnya www.kabarbangka.com dan menggantinya dengan permintaan maaf kepada Kementerian Dalam Negeri yang menjadi obyek pemberitaan bohongnya terkait DOB. Demikian juga, artikel komplain Kemendagri terhadap pemberitaan hoax Romlan itu telah dihapus oleh Kemendagri dari situsnya._

_3. Pada hakekatnya, UKW yang diselenggarakan di bawah kendali Dewan Pers itu yang abal-abal, bukan hanya UKW dan sertifikat UKW rekan Romlan. Segala hal ihwal kompetensi dan sertifikasi profesi mengacu kepada pasal 18 UU Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Sesuai UU ini, pelaksana sertifikasi kompetensi adalah Badan Nasional Sertifikasi Profesi (lihat pasal 18 ayat 4), Jadi, jelas, UKW atau UKJ bukan kewenangan atau tupoksi Dewan Pers. UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers tidak sedikitpun memberikan kewenangan (baik tersurat maupun tersirat) kepada Dewan Pers untuk menangani urusan kompetensi wartawan. Persoalan UKW ini menjadi salah satu poin gugatan PPWI bersama SPRI ke PN Jakarta Pusat, yang dimenangkan Dewan Pers. Namun, di tingkat banding, PT DKI Jakarta membatalkan Keputusan PN Jakarta Pusat itu dan menolak semua eksepsi Dewan Pers. Ini artinya, Dewan Pers harus sadar diri untuk segera menghentikan kebijakan pelaksanaan UKW - melalui LSP-LSP yang ditunjuknya - dan menyerahkan pengelolaannya ke BNSP sesuai ketentuan perundangan dan Peraturan Pemerintah yang ada._

_4. Soal jenjang pendidikan SMP, Romlan benar sekali. Siapa saja boleh jadi wartawan, jurnalis, pewarta, dan sejenisnya. Namun, bukan soal jenjang pendidikan, yang jadi fokus bahasan saya UKW dan kompetensi.(Red/Rls)
loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.