2022-10-16

Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agam Inong Aceh Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Banjir Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bireuen Bisnis BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Film Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemanusiaan Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa Lapas Lapas Tanjungbalai lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Motivasi Motogp MPU Aceh Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narapidana Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patani Patroli Pekalongan Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh PKI PLN PNL Polisi Politik Poso PPWI Presiden Projo PT PIM Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebgram Selebriti Senator Sinovac SMMPTN sosial Sosok Sport Status-Papua Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tol Aceh Tsunami Aceh Turki Ulama Universitas Malikussaleh USA Vaksin MR Vaksinasi Vaksinasi Covid-19 vid Video vidio Viral Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA


StatusAceh.Net -
Ginjal adalah organ penting dalam tubuh. Ginjal berfungsi untuk membuang sisa metabolisme dalam tubuh. Semua proses dalam tubuh akan dibuang melalui hati dan ginjal. Pembuangan dari ginjal disalurkan melalui urine sedangkan pembuangan dari hati itu melalui anus.

Selain itu, ginjal berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan, misal saat suhu udara dingin maka tubuh akan lebih sering buang air kecil, dan jika suhu udara panas tubuh akan merasa kekurangan cairan.

Kendati demikian, organ ginjal bisa tiba-tiba berhenti berfungsi. Kondisi ini disebut dengan gagal ginjal akut dan harus segera mendapatkan penanganan medis.

Melansir Healthline, gagal ginjal akut menyebabkan ginjal tidak dapat membuang produk limbah melalui urine dengan benar. Jumlah urine yang normal pun tidak dapat diproduksi. Kondisi ini bisa terjadi dengan cepat.

Gagal ginjal akut bisa terjadi ketika ginjal rusak karena proses trauma, penyumbatan saluran urine pada saluran ureter atau urethra, serta terganggunya aliran darah ke ginjal. Penyakit ini berkaitan dengan komplikasi operasi, infeksi, akibat luka serius, atau ketika aliran darah ke ginjal terganggu.

Gagal ginjal akut bisa menimbulkan berbagai komplikasi, seperti sesak napas akibat penumpukan cairan berlebih di paru-paru, lemas lantaran cairan dan elektrolit dalam tubuh tak seimbang, ginjal rusak permanen dan memerlukan hemodialisa, hingga kematian.

Melansir National Kidney Foundation, gejala gagal ginjal akut yang umumnya muncul antara lain, kelelahan, nyeri pinggang belakang, tekanan darah tinggi, mual atau muntah, cegukan, kejang, irama detak jantung tak teratur, sesak napas, dan perubahan kebiasaan buang air kecil.

Meski begitu, gejala gagal ginjal akut minimal dan hanya bisa dideteksi lewat tes laboratorium.

Pencegahan gagal ginjal Penyakit yang satu ini dapat dicegah melalui beberapa cara.

Berikut 3 cara merawat ginjal agar terhindar dari resiko gagal ginjal.

  1. Memperhatikan label saat mengkonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas. Ikuti anjuran dalam label itu, terutama bila sebelumnya punya penyakit ginjal, diabetes, atau hipertensi.
  2. Menjalani gaya hidup sehat, yakni makan makanan dengan gizi seimbang dan menjauhi kebiasaan yang mengundang zat berbahaya seperti minum minuman beralkohol dan merokok.
  3. Berkonsultasi dengan dokter bila memiliki masalah pada ginjal atau penyakit lain yang berkaitan untuk menekan resiko gagal ginjal akut.


StatusAceh.Net -
Makam raja-raja terutama di Mesir mempunyai banyak legenda dan bahkan banyak beredar kabar bahwa kutukan makam tersebut menyerang para arkeolog yang menguaknya. Salah satu yang paling terkenal adalah kutukan Raja Tut.

Bagaimana kisahnya? Tepatnya, pada tahun 1922, ditemukan makam Raja Tutankhamun atau yang dikenal dengan panggilan Raja Tut di Mesir. Dia adalah salah seorang Firaun Mesir yang memerintah sekitar tahun 1330 sebelum Masehi. Kabarnya, beberapa orang yang terlibat dalam pencarian makam ini meninggal dunia tak lama setelah mereka memulai dan membukanya.

Kematian Firaun yang dinilai misterius itu, juga yang memicu isu kutukan Firaun tersebut. "Kutukan Firaun berusia 3.000 tahun terlihat dalam penyakit George," tulis headline surat kabar di masa itu. Bahkan pengarang Sherlock Holmes, Sir Arthur Conan Doyle juga mempercayai kutukan tersebut. Namun demikian, Arekolog George dilaporkan tidak sehat sebelum tiba di Kairo.

Beberapa kematian lagi dilaporkan terhadap orang yang terlibat dalam penggalian makam. Namun dalam penyelidikan yang dilakukan oleh James Randi yang menulis An Encyclopedia of Claims, Frauds, and Hoaxes of the Occult and Supernatural, sebenarnya tidak demikian.

Anggota tim arkeolog yang lain, Richard Adamson, hidup 60 tahun lagi sampai ia meninggal di tahun 1982. "Tim penggali ini rata-rata meninggal di usia 73 tahun," tulis James, yang berarti umur itu itu normal seperti manusia pada umumnya.

Lalu dari mana kisah kutukan Firaun ini berasal? Ya dari anggota tim arkeolog itu sendiri, Howard Carter. Setidaknya itu informasi yang tertulis di dalam buku tersebut. Ketika makam Raja Tut ditemukan dan dibuka pada 1992, itu adalah penemuan arkeologi besar. Untuk menahan media dalam peristiwa saat itu, Howard Carter, menceritakan bahwa kutukan akan menimpa siapa pun yang mengganggu makam itu.

“Dia bukan penemu gagasan makam terkutuk, tapi memanfaatkannya untuk pengganggu dan penjagaan ," tulis buku itu. Tak hanya kutukan Raja Tut, makam bangsawan Mesir lain juga dikatakan punya kutukan serupa. Tujuan antara lain agar makam itu tidak dijarah oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id

Banda Aceh - Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Aceh menggelar event tahunan Open House Kompetisi Vokasi 2022 dengan berbagai kegiatan diperuntukkan bagi pemuda berbakat yang punya skill dan layak dipuji dan adu keahliannya,  tujuan kompetisi untuk menjaring SDM yang siap di orbit menjadi profesional di bidangnya, ada beberapa bidang keahlian yang diperlombakan antara lain  Fashion Design, Barista, Barber Battle dan banyak lagi kompetisi di bidang  lainnya.

Sejak dibuka Kompetisi Vokasi tersebut  antusias peminatnya sangat luar biasa ramai, semua bidang yang dilombakan hampir semua melebihi kuota yang direncanakan, Barber Battle salah satu bidang Vokasi yang sangat ramai peminat, ada sekitar seratusan lebih peminat yang mendaftar walaupun kuota yang terpilih untuk ikut kompetisi sebanyak 46 orang yang memenuhi syarat untuk dilombakan.

PT Pupuk Iskandar Muda sebagai mitra kerja BPVP Aceh mengirim 3 (orang) BarberMan pemuda binaan  jebolan pelatihan yang dilakukan di Learning Center Perusahaan di program Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) periode Agustus 2022 bekerjasama dengan BPVP dan FKLPID Aceh.

Assistant Vice President TJSL, Jufri mengatakan, Barberman Binaan TJSL PIM yang dikirim untuk ikut kompetisi kali ini adalah orang-orang terbaik yang mereka punya.

“Kita pilih dengan seleksi secara akurat baik disegi Soft Skill dan Hard Skill yang dimiliki, kita tidak sembarang mengirim karena kita punya target terhadap anak-anak binaan kita ini, dan target untuk juara itu pasti, dan Alhamdulillah sesuai yang diprediksikan, salah satu anak dari 3 anak binaan yang kita kirim  “ Bung Rama Dhani ” asal desa Krueng Geukueh terpilih sebagai juara 1 Barber Battle dengan menggeser senior-seniornya di komunitas Barber Aceh yang jauh lebih berpengalaman m event-event  Daerah maupun Nasional seperti Indonesian Barber Battle yang dilaksanakan baru-baru ini di Banda Aceh, sang juara kami ini juga dipercayakan oleh komunitas Barber mereka menjabat sebagai ketua Sahabat Barber “ SABER ” Lhokseumawe dan Aceh Utara, suatu kebanggan bagi kami PT Pupuk Iskandar Muda berhasil membawa nama daerah dan anak-anak binaan kami ke ajang kompetisi bergengsi dan menjadi juara,” ungkapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya TJSL PT PIM aktif melakukan berbagai upaya untuk memberdayakan masyarakat sekitar perusahaan, salah program yang dijalankan secara Sustainable adalah program Youth Entrepreneurship (YES), sasarannya adalah anak-anak muda usia produktif di lingkungan perusahaan, mereka dipilih dan diberikan pelatihan-pelatihan sesuai minat dan potensi yang mereka miliki, dan terbukti strategi yang dijalankan itu sangat efektif.

Setidaknya 64 pemuda dan pemudi di lingkungan perusahaan sudah dilatih dan mendapat sertifikasi nasional di berbagai bidang dalam kurun waktu setahun belakangan ini,  pelatihan-pelatihan tersebut bekerjasama dengan Lembaga pelatihan resmi dari pemerintah dibawah Kementerian Tenaga Kerja dan lembaga sertifikasi nasional BNSP dengan melakukan kesepakatan antara pihak yang tertuang dalam MoU demi ter berdayanya masyarakat di lingkungan perusahaan, itu satu bukti bahwa PT PIM berkomitmen peduli dan peka terhadap kebutuhan masyarakat di lingkungan perusahaan. [Rilis/Tami]

Ilustrasi

Banda Aceh - Sejak Juli 2022 lalu hingga saat ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh mencatat sebanyak 31 anak mengalamai gagal ginjal akut. Dari jumlah itu, sebanyak 20 orang meninggal dunia.

Informasi itu disampaikan Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Aceh, dr Iman Murahman, Kamis (20/10/2022).

“Data rekam medik yang dikasih sama orang rumah sakit (RSUZA) ke kita ada 31 anak. Cuma yang baru terverifikasi tadi (kemarin-red) 29 orang. Kalau yang meninggal hingga kini ada 20 anak,” jelas dr Iman Serambi, kemarin.

Sesuai laporan dari pihak rumah sakit, sebutnya, 31 anak yang mengalami gagal ginjal akut itu merupakan pasien dari 11 kabupaten/kota di Aceh.

Dari 11 daerah tersebut, lanjutnya, yang paling banyak dari Banda Aceh yaitu 13 orang.

“Semua anak-anak tersebut dirawat di RSUZA,” ujarnya.

Sedangkan 16 anak lainnya dari 29 orang yang sudah terverifikasi kemarin dan terdeteksi mengalami gagal ginjal akut itu berasal dari Aceh Utara dan Aceh Tengah masing-masing tiga orang, Bener Meriah dan Lhokseumawe masing-masing dua orang, serta Bireuen, Aceh Selatan, Langsa, Aceh Jaya, Aceh Barat, dan Aceh Besar masing-masing satu orang.

Saat ini, menurut dr Iman, lima anak masih dirawat di RSUZA dan empat orang tidak dirawat lagi.

“Belum saya lihat rekam medik asli, baru data yang meninggal, yang dirawat dan yang tidak dirawat lagi.

20 anak meninggal, lima anak masih dirawat, dan empat lainnya tidak dirawat lagi,” rinci Iman Murahman.

Terkait gejala yang dialami, Iman mengatakan, hingga saat ini belum dilaporkan secara spesifik.

“Kalau dari laporan memang tidak semuanya mengalami demam, demam hanya 48 persen, ada yang demam ada yang tidak.

Dan, gejala secara umum katanya buang air kecil tidak lancar,” imbuh dia.

Ditanya apakah benar penyebab utama gagal ginjal akut pada anak-anak tersebut karena minum obat sirup, Iman belum bisa memastikan hal itu.

“Kita belum tahu hasil pemeriksaan. BBPOM belum juga menyampaikan hasil apakah dari obat sirup, itu belum ada. Dari Kemenkes belum ada juga secara pasti apakah obat sirup penyebab utama. Untuk sementara hanya merujuk dari intenasional, karena beberapa negara dikatakan karena obat sirup,” jelas dr Iman.

Secara nasional, tambah Iman, Aceh termasuk provinsi yang lumayan tinggi kasus anak-anak terdereksi gagal ginjal akut.

“Semoga tidak ada lagi anak-anak kita yang mengalami penyakit ini, untuk sementara posisi Aceh lumayan tinggi secara nasional,” pungkasnya seraya berharap masyarakat mengikuti imbauan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan.

Tarik 5 obat sirup

Sementara itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan lima jenis obat sirup yang mengandung cemaran Etilen Glikol (EG) melebihi ambang batas yang sudah ditentukan.

Menindaklanjuti hal itu, BPOM memerintahkan kepada industri farmasi pemilik izin edar untuk menarik dan memusnahkan obat sirup itu dari peredaran di seluruh Indonesia.

Kelima obat sirup yang ditemukan BPOM melebihi ambang batas cemaran Etilen Glikol (EG) adalah: Pertama, Termorex Sirup (obat demam), produksi PT Konimex dengan nomor izin edar DBL7813003537A1, kemasan dus, botol plastik @60 ml.

Kedua, Flurin DMP Sirup (obat batuk dan flu), produksi PT Yarindo Farmatama dengan nomor izin edar DTL0332708637A1, kemasan dus, botol plastik @60 ml.

Ketiga, Unibebi Cough Sirup (obat batuk dan flu), produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DTL7226303037A1, kemasan Dus, Botol Plastik @ 60 ml.

Keempat, Unibebi Demam Sirup (obat demam), produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DBL8726301237A1, kemasan Dus, Botol @ 60 ml.

Kelima, Unibebi Demam Drops (obat demam), produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DBL1926303336A1, kemasan Dus, Botol @ 15 ml.

Penarikan tersebut mencakup seluruh outlet antara lain pedagang besar farmasi, instalasi farmasi pemerintah, apotek, instalasi farmasi rumah sakit, puskesmas, klinik, toko obat, dan praktik mandiri tenaga kesehatan.

"Terhadap hasil uji lima sirup obat dengan kandungan EG yang melebihi ambang batas aman, BPOM sudah melakukan tindak lanjut dengan memerintahkan kepada industri farmasi pemilik izin edar untuk melakukan penarikan sirup obat dari peredaran di seluruh Indonesia dan pemusnahan untuk seluruh bets produk," jelas BPOM dalam siaran resminya, Kamis (20/10/2022).

Adapun sirup obat yang diduga mengandung cemaran Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) kemungkinan berasal dari empat bahan tambahan yaitu propilen glikol, polietilen glikol, sorbitol, dan gliserin/gliserol.

Sejatinya, keempat bahan tambahan itu bukan merupakan bahan yang berbahaya atau dilarang digunakan dalam pembuatan sirup obat.

Namun, BPOM sudah menetapkan ambang batas aman atau Tolerable Daily Intake (TDI) untuk cemaran EG dan DEG sebesar 0,5 mg/kg berat badan per hari.

Sampling dilakukan BPOM terhadap 39 bets dari 26 sirup obat.

"Hasil sampling dan pengujian terhadap 39 bets dari 26 sirup obat sampai dengan 19 Oktober 2022, menunjukkan adanya kandungan cemaran EG yang melebihi ambang batas aman pada lima produk," sebut BPOM.

Adapun sampling dilakukan berdasarkan beberapa kriteria.

Pertama, obat-obat tersebut diduga digunakan pasien gagal ginjal akut sebelum dan selama berada/masuk rumah sakit.

Lalu, diproduksi oleh produsen yang menggunakan empat bahan baku pelarut propilen glikol, polietilen glikol, sorbitol, dan gliserin/gliserol dengan jumlah volume yang besar.

Kemudian, diproduksi oleh produsen yang memiliki rekam jejak kepatuhan minimal dalam pemenuhan aspek mutu. (Serambiindonesia/kompas.com)


Banda Aceh -
Polisi membongkar praktik prostitusi online di Banda Aceh. Sebanyak empat orang diduga muncikari dan lima PSK ditangkap.

Kasat Reskrim Polresta Banda Aceh Kompol Fadillah Aditya Pratama mengatakan, mereka menggunakan aplikasi WhatsApp dalam bertransaksi.

"Pengungkapan bermula dari laporan masyarakat terkait adanya prakit tersebut di salah satu hotel di Aceh Besar," katanya melansir Antara, Kamis (20/10/2022).

Petugas yang mendapat laporan melakukan penyamaran dan bertransaksi dengan muncikari yang menyediakan jasa prostitusi online itu.

"Hasil kesepakatan Rp 1,2 juta untuk sekali transaksi. Jumlah itu dibagi untuk PSK Rp 1 juta dan Rp 200 ribu untuk muncikari," ujarnya.

Petugas menangkap lima orang diduga terlibat prostitusi online di dalah satu hotel di Aceh Besar dan Banda Aceh.

Dua muncikari berinisial RA (25) dan SM (23), keduanya berjenis kelamin perempuan dan berasal dari Banda Aceh.

Lalu OS (24) yang berkelamin perempuan serta FF (21) berkelamin laki-laki, mereka juga berasal dari Banda Aceh. Polisi juga menangkap lima PSK berinisial RM (24), MF (32), CF (28), SM (23) dan NU (25).

Fadillah mengatakan, pihaknya hanya melakukan penahanan terhadap empat orang muncikari. Sedangkan lima diduga PSK wajib lapor.

"Hal ini mengingat PSK itu banyak yang single parent atau ibu rumah tangga (IRT). Mereka juga sebagai tulang punggung keluarga," ujarnya.

Keempat muncikari dipersangkakan Pasal 33 ayat (3) juncto Pasal 25 ayat (2) jo Pasal 2 jo. Pasal 6 Qanun Nomor 6 Tahun 2014 tentang Qanun Jinayat.

"Ancaman hukuman maksimal cambuk 100 kali dan denda paling 1.000 gram emas, serta penjara paling lama 100 bulan," katanya. [Suara.com]


Lhokseumawe - Polres Lhokseumawe berhasil menangkap terduga pelaku penembakan terhadap seorang Mahasiswa, polisi juga berhasil mengamankan barang bukti sepucuk senapang angin yang digunakan oleh terduga pelaku.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Henki Ismanto, S.I.K,  melalui Salman Alfarisi, S.H, M.M mengatakan, hari ini Polres Lhokseumawe berhasil menangkap tersangka tindak pidana penganiayaan dengan menggunakan Senapan Angin di Blang Pulo Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Kamis tanggal 20 Oktober 2022 sekitar pukul 02.00 WIB. 

Tersangka adalah A ( 39 thn ) warga Desa Blang Pulo Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, diduga melakukan penembakan dengan senapang angin terhadap seorang Mahasiswa AH ( 20 thn ) Mahasiswa asal Ds. Teluk Ambul Kec. Singkil Kab. Aceh Singkil.

Penembakan terhadap korban, jelas Salman, terjadi hari Rabu tanggal 19 Oktober 2022 sekitar pukul 22.30 WIB di Warkop Malem Kupie Ds. Blang Pulo Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe.

Peristiwa tersebut, Lanjut Salman, terjadi saat korban hendak pulang ke kost setelah melaksanakan rapat bersama teman-temannya di kedai Malem Kupi, namun pada saat hendak mengambil sepmor, korban tiba-tiba berlari kembali ke arah temannya dan langsung mengatakan bahwa dirinya ditembak sambil memegang mata sebelah kiri.

Selanjutnya, ungkap Salman, Setelah melihat mata korban berdarah, teman korban langsung membawa korban ke RS Kesrem Lhokseumawe guna mendapatkan perawatan.

"Saat ini tersangka dan barang bukti sepucuk senapang angin sudah diamankan untuk proses penyidikan lebih lanjut, kepada tersangka dijerat dengan Pasal 351 (2) jo Pasal 1 (1) UU Darurat RI No. 12/1951 dengan ancaman Pidana penjara paling lama 20 tahun penjara"pungkas Salman.


Lhokseumawe -
Seorang mahasiswa terpaksa dilarikan ke rumah sakit setelah ditembak pria berinisial A (39) menggunakan senapan angin di Desa Blang Pulo, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Henki Ismanto melalui Kapolsek Muara Satu Iptu Syahrial di Lhokseumawe, Kamis, mengatakan korban bernama Ahmad Ahyan (20), Warga Desa Teluk Ambun, Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil.

"Korban mengalami luka tembak di bagian mata sebelah kiri tersebut. Penembakan terjadi di parkiran kedai kopi di Desa Blang Pulo, Rabu (19/10) sekira pukul 23.00 WIB," katanya.

Kapolsek mengatakan penembakan berawal saat korban nongkrong di kedai kopi bersama rekannya. Kemudian korban berpamitan hendak ke SPBU untuk mengisi minyak. 

"Saat tiba diparkiran, tiba-tiba korban merasakannya ada sesuatu mengenai matanya. Korban memberitahukan kepada rekannya. Selanjutnya korban dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis," katanya. 

Usai mendapatkan laporan penembakan tersebut, kata Syahrial, petugas langsung ke lokasi kejadian dan menangkap terduga pelaku.

Korban dan pelaku tidak saling kenal. Dari pengakuannya, pelaku sengaja menembak ke arah kedai tersebut karena selalu ramai pengunjung yang membuatnya merasa tidak nyaman, katanya.

"Pelaku penembakan tersebut pernah rehabilitasi di Yayasan Tabina Aceh karena menggunakan narkoba," kata Syahrial. [Antara]


Lhoksukon –
Polres aceh utara menggelar giat tes kesemaptaan jasmani (TKJ) semester II tahun 2022 yang dilaksanakan di halaman mako polres aceh utara, Kamis (20/10/2022) Mapolres setempat.

Dalam kegiatan jasmani yang dilaksanakan pada hari ini merupakan tolak ukur untuk mengetahui kondisi jasmani dan fisik setiap personel.

“Kapolres Aceh Utara AKBP Riza Faisal, S.I.K., M.M., melalui Kabag SDM, AKP Ildani ilyas mengatakan bahwa Tes kesemaptaan jasmani (TKJ) terhadap anggota Polri ini dilakukan secara berkala atau per semester. Yaitu dengan mengikuti beberapa rangkaian kegiatan kesemaptaan jasmani.” Ujarnya

“Tes kesemaptaan jasmani itu sendiri terdiri dari lari dalam kurun waktu 12 menit, pushup, situp, pullup, dan shuttelrun.” Pungkas kabag SDM

Kegiatan kesemapataan jasmani ini merupakan program kerja Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) Polres Aceh Utara yang bertujuan untuk mengukur kemampuan setiap personel dalam pelaksanaan giat dibidang jasmani yang sangat penting untuk pengembangan karir setiap personel dengan nilai yang terbaik.

Pelaksanaan giat Tes Kesemaptaan Jasmani ini di bagi dengan 3 gelombang dengan hari dan tanggal yang telah ditetapkaan selama tiga hari, dan tujuan dalam pembagian gelombang tersebut agar membatasi jumlah personel yang hadir maupun yang sedang dalam pelaksanaan tugas di fungsi masing-masing.

“Jadi TKJ ini dilaksanakan hingga jumat 21 oktober dengan mengumpulkan semua nilai terbaik yang dicapai setiap personel” Tutup Akp ildani.


Lhokseumawe - Sebanyak 340;tenaga kebersihan  Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihan (DLHK) kota Lhokseumawe diperiksa kesehatan di Rumah  Sakit  Ibu dan Anak (RS IA) Abi Lhokseumawe.

Pemeriksaan kesehatan yang berlangsung ,Minggu (16/10) dihadiri dan disaksikan langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Lhokseumawe, T Adnan SE dan asisten 3  Setdako Lhokseumawe, Muhammad Maxsalmina, dan kepala Dinas Kesehatan , Safwa Liza M.  Kes.

Sekretaris Daerah Kota Lhokseumawe, T Adnan SE mengatakan kegiatan pemeriksaan kesehatan bagi pejuang kebersihan Kota Lhokseumawe merupakan  program Pemko Lhokseumawe berkerjasama dengan Rumah Sakit Abi.

Sekda mengatakan program check up kesehatan bagi ratusan tenaga kebersihan ini juga merupakan realisasi dan implementasi program CSR rumah sakit Abi yang dilakukan secara bertahap Setiap hari Minggu dan akan berlangsung hingga bulan  November 2022.

 "Kita mengucapkan terima kasih kepada Rumah Sakit Ibu dan Anak (RS IA) Abi yang telah melaksanakan program CSR nya, dan program serupa untuk memberikan fasilitas kesehatan kepada masyarakat miskin.

Menurut Sekda selama ini terkait kesehatan bagi tenaga buruh  seperti terabaikan , padahal peran dari tenaga kebersihan  untuk membersihkan Kota Lhokseumawe sangat penting   dan  perlu diperhatikan sektor kesehatannya.
Dengan ada kegiatan pemeriksaan kesehatan ini mereka bisa berobat terus menerus bila mereka ada merasa keluhan yang dialaminya.

Sementara pimpinan Rumah Sakit Abi, Zulkarnain mengatakan, pemeriksaan kesehatan bagi ratusan tenaga kebersihan dari DLhK merupakan program dari CSR dari rumah sakit Abi. Pelaksanaan check up kesehatan ini akan berlangsung selama enam Minggu yang dilaksanakan setiap hari Minggu. Dalam medical check up ini ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh setiap orang antara lain , kegiatan registrasi  , pemeriksaan di laboratorium, pemeriksaan penyakit dalam dan sampai kepada pemeriksaan mata.

Pada pemeriksaan yang dilakukan terhadap 28 tenaga kebersihan pada hari Minggu yang lalu  pada umumnya tenaga buruh kebersihan ini mengalami penyakit lambung dan hipertensi, ujar dokter spesialis penyakit dalam ,dr Nazaruddin sp, PD

Kepala Dinas Kesehatan, Safwaliza M. Kes mengatakan, baru Rumah Sakit Abi yang melakukan realisasi program CSR yaitu melakukan check up kesehatan bagi buruh kebersihan dari DLHK. Kita berharap rumah sakit swasta lainnya yang ada di Lhokseumawe juga dapat merealisasi program CSRnya dalam bentuk lain dengan memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi warga miskin, atau berpartisipasi dalam mengurangi stunting kerjasama dengan bidan desa dan bentuk kerjasama lainnya .

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.