2022-09-18

Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agam Inong Aceh Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Banjir Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bireuen Bisnis BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Film Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemanusiaan Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa Lapas lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Motivasi Motogp MPU Aceh Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narapidana Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patani Patroli Pekalongan Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh PKI PLN PNL Polisi Politik Poso PPWI Presiden Projo PT PIM Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebgram Selebriti Senator Sinovac SMMPTN sosial Sosok Sport Status-Papua Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tol Aceh Tsunami Aceh Turki Ulama Universitas Malikussaleh USA Vaksin MR Vaksinasi Vaksinasi Covid-19 vid Video vidio Viral Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA


Jakarta -
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi digugat cerai istrinya, Anne Ratna Mustika yang merupakan Bupati Purwakarta. Anne Ratna 'mewarisi' jabatan Bupati Purwakarta tersebut dari Dedi Mulyadi yang sebelumnya menduduki posisi itu selama 2 periode.

Sebagaimana diketahui, kabar perceraian ini dibenarkan Pejabat Humas Pengadilan Agama Purwakarta Asep Kustiwa. Asep mengatakan, gugatan tersebut teregistrasi dengan nomor: 1662/Pdt.G/2022/PA.Pwk tertanggal 19 September 2022.

"Ya, betul," kata Asep kepada detikJabar, Rabu (21/9/2022).

Menurut Asep, nomor register tersebut tertera dengan nama penggugat Anne Ratna Mustika dan tergugat atas nama Dedi Mulyadi. Ia mengatakan, sidang pertama dijadwalkan pada Rabu, 5 Oktober 2022.

Asep mengatakan, pihaknya juga telah melayangkan surat pemanggilan sidang kepada pihak tergugat.

"Karena tergugat berada di luar wilayah, maka kami meminta bantuan ke pengadilan agama Subang untuk memberikan surat pemanggilan sidang," jelas Asep.

Dedi Mulyadi, belum banyak berkomentar panjang lebar terkait gugatan cerai ini. Anne pun sama, ia masih enggan buka suara terkait kabar tersebut.

"Saya belum mau memberikan komentar," kata Dedi singkat dikonfirmasi detikJabar via sambungan telepon.

Karier Politik Dedi

Dedi Mulyadi sendiri memulai karier politiknya sebagai Anggota DPRD Purwakarta pada periode 1999-2004. Dedi Mulyadi lantas menjadi Wakil Bupati Purwakarta pada 2003-2008 mendampingi Lily Hambali.

Ia kemudian maju sebagai Bupati Purwakarta pada tahun 2008 bersama Dudung Supardi. Ia pun menjadi Bupati Purwakarta pertama yang dipilih lewat Pilkada. Ia pun kembali maju sebagai Bupati dan kembali menang di periode keduanya.

Pada tahun 2018, Dedi Mulyadi maju sebagai Cawagub Jawa Barat mendampingi Cagub Deddy Mizwar. Namun, ia kalah dengan perolehan suara 25,77%. Usai gagal di Pilgub Jabar, Dedi Mulyadi maju sebagai Anggota DPR RI. Ia pun berhasil lolos ke Senayan pada tahun 2019.

Jabatan Bupati Purwakarta 'Diwariskan' ke Istri


Sementara itu, jabatan Bupati Purwakarta 'dilanjutkan' oleh istrinya, Anne Ratna Mustika pada Pilkada 2018. Anne maju bersama H Aming dan menang. Anne pun menjadi Bupati Purwakarta periode 2018-2023. [Sumber: Detik.com]


Banda Aceh -
Seorang tersangka korupsi dana penyelenggaraan turnamen sepak bola internasional Aceh World Solidarity Cup (AWSC) atau Aceh Tsunami Cup 2017 berinisial MZ, ditahan Kejaksaan Negeri Banda Aceh.

MZ yang merupakan bendahara panitia pelaksana kegiatan AWSC 2017, itu ditahan selama 20 hari ke depan demi kepentingan penyidikan.

"Setelah pemeriksaan tersangka dan penelitian barang bukti, langsung dilakukan penahanan oleh jaksa ke Rutan Kajhu selama 20 hari ke depan," kata Kasi Intelijen Kejari Banda Aceh Muharizal di Banda Aceh, Kamis (22/9).

Dia mengatakan bahwa MZ telah ditetapkan sebagai tersangka pada 7 September 2022. Selanjutnya pada 16 September, jaksa penyidik menyerahkan berkas tahap satu ke JPU, hingga akhirnya pada 19 September dinyatakan lengkap (P-21).

"Proses selanjutnya penuntut umum akan segera menyusun surat dakwaan dan segera dilimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Banda Aceh," ujarnya. Muharizal menyampaikan berdasarkan fakta penyidikan, kegiatan AWSC 2017 terselenggara dengan dana yang bersumber dari APBA Perubahan 2017 pada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Aceh Rp 3,8 miliar lebih.

Selain itu juga ada penerimaan langsung oleh panitia pelaksana dari sponsor, sumbangan pihak ketiga lainnya yang sah dan tidak mengikat, serta penjualan tiket yang nilai keseluruhan sekitar Rp 5,4 miliar. Muharizal menjelaskan penerimaan dan pengeluaran dana untuk membiayai kegiatan AWSC 2017 tidak dilaporkan berdasarkan standar baku pengelolaan keuangan negara.

Kemudian, tidak sesuai atau tidak didukung bukti yang relevan, dan pengeluaran tidak memperhatikan usulan anggaran yang telah dibuatkan sebagaimana tujuan anggaran.

Transaksi atau pembiayaannya bahkan tidak sesuai dengan prosedur baku dan lain sebagainya sehingga mengakibatkan kerugian keuangan negara.

"Penyimpangan anggaran AWSC 2017 ini mengakibatkan kerugian negara kurang lebih sebesar Rp 2,8 miliar lebih berdasarkan LHP BPKP Perwakilan Aceh," kata Muharizal.

Tersangka disangkakan melanggar Pasal 2 Ayat 1 Juncto Pasal 3 Juncto Pasal 18 Juncto Pasal 8 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 21 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Juncto Pasal 55 Ayat 1 KUHP. Beberapa waktu sebelumnya, Kejari Banda Aceh juga telah menetapkan pembina AWSC 2017 berinisial MZY sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dana penyelenggaraan turnamen sepak bola internasional tersebut.

Sementara, dua terdakwa dalam perkara ini, yakni Moh Sa’adan (ketua panitia) dan Simon Batara Siahaan (konsultan) telah divonis Pengadilan Negeri Banda Aceh dengan hukuman masing-masing 2 tahun penjara, namun Simon Batara melakukan upaya hukum banding. (antara/jpnn)


Jakarta -
Baliho berisi foto Ketua Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) terpasang di sejumlah titik di Aceh. Gerindra Aceh pun menduga ada aktor intelektual dalam pemasangan baliho itu.

"Dugaan sementara, dengan situasi masif seperti ini sudah dicabut lalu keesokan harinya dipasang lagi lalu ada tersebar banyak. Kalau kita anggap ada cost politik, cost-nya cukup besar, berarti ada aktor intelektual yang kita duga sedang menyusup ini," kata Sekretaris Partai Gerindra Aceh Safaruddin dilansir detikSumut, Kamis (22/9/2022).

Safaruddin menjelaskan berdasarkan hasil pengecekan pihaknya, poster itu terpasang di hampir kabupaten/kota di Aceh. Keberadaan poster itu disebut meresahkan dan banyak kader Gerindra bertanya sumber poster serta motif pemasangannya.

"Artinya kami para kader Gerindra di Aceh merasakan keresahan dengan adanya selebaran ini," jelasnya.

Menurutnya pihaknya membuat pengaduan ke Polda Aceh untuk menanyakan solusi serta jalan keluarnya. Gerindra Aceh disebut ingin mengetahui motif serta pemasang poster-poster tersebut.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad sebelumnya mengungkap pihaknya mendapat laporan upaya penjegalan Prabowo Subianto untuk maju sebagai calon presiden (capres) di 2024. Dasco menyebut penjegalan itu muncul lewat baliho-baliho di daerah. [detik.com]


Rusia telah memodifikasi senapan serbu jenis AK-12 Kalashnikov yang digunakan pasukannya di Ukraina. Menurut kantor berita RIA Rabu 21 September 2022, hal ini dilakukan agar senapan itu dapat menembak lebih cepat dan memberi pilihan mode tembak yang lebih banyak.

Versi AK-12, yang mulai digunakan pada 2018, akan menonaktifkan mode tembakan dua peluru sekali tekan (two-round burst), memiliki kendali dua-arah pada mode-mode tembakan, dan dudukan pipi (cheek rest) yang bisa disetel, demikian menurut Presiden Kalashnikov Concern, Alan Lushnikov kepada RIA.

"Dalam waktu sesingkat mungkin, kami memilih solusi teknis, membuat purwarupa dan memperagakannya di depan perwakilan Kementerian Pertahanan Rusia," ujar Lushnikov.

Belum diketahui kapan senjata modifikasi itu akan mulai dipakai, Lushnikov hanya mengatakan prosesnya masih dalam tahap dokumentasi rancangan.

Senapan serbu AK-12 Kalashnikov, senjata standar tentara Rusia, memiliki kaliber 5,45 mm dan tingkat akurasi yang lebih tinggi daripada versi-versi sebelumnya.

Produsen senjata Kalashnikov dijatuhi sanksi oleh Amerika Serikat pada 2014, ketika Rusia menginvasi dan mencaplok Semenanjung Krimea di Ukraina. Uni Eropa dan Inggris juga menjatuhkan sanksi kepada Kalashnikov Concern tahun ini. [Reuters]

Lhokseumawe - Keluarga besar Kodim 0103 Aceh Utara berkunjung ke Universitas Malikussaleh (Unimal)dalam rangka menjalin silaturahmi kedua instansi dalam membangun kerja sama di bidang pendidikan khususnya untuk mahasiswa Unimal sendiri, Rabu (21/9/2022)

Dalam kunjungan yang berlangsung di gedung rektorat, kampus Bukit Indah Lhokseumawe itu, dari Kodim Aceh Utara dihadiri oleh Komandan Kodim (Dandim) 0103, Letkol Inf Hendrasari Nurhono MIP, Pabung Dim, Mayor Inf Zailani, Pasi Intel Dim, Lettu Inf Sarwono, Ketua Persit Cabang XX Dim 0103/Aut, Dina HS Nurhono, Plh Pasi Pers Dim, Letda Caj Suhaimi Dalimunthe, dan sejumlah pengurus Persit Cabang XX Dim 0103 Aceh Utara.

Rombongan Kodim tersebut disambut langsung oleh Rektor Unimal, Prof Dr Herman Fithra Asean Eng, Wakil Rektor Bidang Akademik, Jullimursyida PhD, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, dan Keuangan, Dr Mukhlis, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Dr M. Nazaruddin, Kepala UPT Bimbingan Karir dan Kewirausahaan, Dr Sulaiman, Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan dan Kerjasama (AKPK) Dr T. Nazaruddin MHum, Kaprodi Magister Manajemen, Dr Marbawi, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Unimal, Sahnora, dan seluruh pengurus DWP lainnya.

Rektor Unimal, Prof Dr Herman Fithra mengatakan, total mahasiswa di Unimal saat ini lebih dari 26 ribu yang berasal dari berbagai pelosok daerah yang ada di Indonesia. Dengan kehadiran rombongan Kodim Aceh Utara, Ia berharap bisa sama-sama membangun Unimal ini untuk menciptakan penerus bangsa yang lebih baik kedepan.

‘Tujuan didirikannya Unimal ini agar anak-anak di pelosok negeri bisa kuliah disini dengan biaya kuliah yang murah, saat ini 50 persen mahasiswa berasal dari luar Aceh. Unimal saat ini bukan hanya jadi harapan anak-anak Aceh tapi juga Indonesia,” ungkap Prof Herman.

Komandan Kodim 0103/Aut, Letkol Inf Hendrasari Nurhono menyampaikan terima kasih atas sambutan yang diberikan Unimal kepada pihaknya. Dalam kunjungan ini tentunya akan menghasilkan suatu kerja sama antara Kodim Aceh Utara dengan Unimal.

“Kami sudah sering melakukan kegiatan dengan dosen dan mahasiswa Unimal, dan ini harus tetap berlanjut yang tujuannya untuk menciptakan generasi yang lebih baik kedepan,” pungkasnya.[]


Lhoksukon - Kapolres Aceh Utara AKBP Riza Faisal, S.I.K., M.M. kunjungi rumah warga yang mederita sakit menahun serta memberikan bantuan sosial dan tali asih. Rabu (21/9/2022)

Sekira pukul 10.30 Wib, Kapolres Aceh Utara didampingi Kasat intelkam polres aceh utara Iptu Nizar dan Kapolsek syamtalira aron Ipda herman menjenguk kerumah warga kecamatan syamtalira aron Elianawati (38) yang menderita penyakit Thalasemia (kelainan darah bawaan yang di tandai kurangnya protein pembawa oksigen dan kurangnya sel darah merah dalam tubuh manusia normal).

Untuk meringankan beban yang dialami Elianawati (38) warga gampoeng keutapang kecamatan syamtalira aron, Kapolres Aceh Utara AKBP Riza Faisal, S.I.K., M.M. turut mendoakan semoga diberikan kesembuhan oleh Allah SWT serta Kapolres Aceh Utara memberikan Bantuan sosial dan tali asih kepada elianawati.

Disamping itu, Kapolres Aceh Utara juga akan memfasilitasi ambulans yang merupakan ambulans poliklinik polres Aceh Utara, untuk dapat meringankan beban transportasi dan akan siap kapanpun jika dibutuhkan oleh ibu elianawati.

Dalam kunjungan, kapolres aceh utara di rumah warga Elianawati (38) yang berada di gampoeng keutapang kecamatan syamtalira arun, dalam keterangannya menyampaikan bahwa kunjungan itu sebagai bentuk rasa empati serta meringankan beban warga yang sedang sakit." Pungkasnya


Selimun - Lagi, Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) menemukan ladang ganja siap panen di Desa Pulo, Mukim Lamteuba, Kecamatan Seulimum, Aceh Besar.

Ladang ganja seluas dua haktare dan berada pada ketinggian 839 mdpl itu ditemukan oleh Tim BNN pada Selasa, 13 September 2022.

Bekerja sama dengan Polda Aceh, Brimob, Kodim, Satpol PP, Bea Cukai, Kejaksaan Tinggi, Dinas Kehutanan, Dinas Pertanian, serta BNN Provinsi Aceh, Tim Gabungan melakukan pemusnahan ladang ganja tersebut pada Senin (19/9/2022).

Sebanyak 107 personel diterjunkan, termasuk personel dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) serta Badan Informasi Geospasial (BIG).

Pemusnahan ini dipimpin langsung oleh Direktur Narkotika Deputi Bidang Pemberantasan BNN RI, Brigjen Pol Roy Hardi Siahaan MH.

Tim menyusuri lokasi yang jaraknya 6 km dari permukiman warga.

Total tanaman ganja yang berhasil dibabat mencapai 20.000 batang dengan tinggi tanaman ganja berkisar 200 cm.

Keterlibatan BRIN dan BIG dalam pemusnahan tersebut menjadi bentuk dari sinergitas BNN RI terhadap upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Indonesia.

Disebutkan juga bahwa upaya yang tengah dilakukan BNN ini sesuai dengan Pasal 111 ayat (2) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman terhadap pelaku berupa hukuman mati atau pidana penjara seumur hidup.

BNN berharap, dengan adanya pemusnahan ladang ganja ini, masyarakat semakin peduli terhadap aturan perundang-undangan yang melarang dengan tegas kepemilikan, penanaman, serta peredaran gelap tanaman ganja di Indonesia.[Prohaba]


Krueng Geukueh –
PT Pupuk Iskandar Muda kembali menyerahkan satu unit Rumah Sehat Sederhana (RSS) Kepada Masyarakat desa binaan  di Lingkungan Perusahaan yang bertempat di Desa Paloh Gadeng, Kec. Dewantara.

Penyerahan bantuan satu unit Rumah Sehat Sederhana tersebut diserahkan langsung oleh Assistant Vice President Humas Dedi Ikhsan didampingi Tgk H Samsuar mewakili YAZ PIM dan diterima oleh    Tgk Syurkani selaku Geuchik Gampong Paloh Gadeng dan turut hadir Aparatur serta Imum Gampong setempat.

AVP Humas Dedi Ikhsan dalam sambutannya menyampaikan bahwa bantuan Rumah Sehat Sederhana ini merupakan kepedulian PT PIM untuk masyarakat lingkungan, kami mohon kepada masyarakat untuk senantiasa mendoakan PT PIM agar dapat terus diberikan kelancaran dalam operasionalnya sehingga dapat terus memberikan kontribusi yang lebih besar bagi masyarakat terutama disekitar lingkungan Perusahaan, pemberian Rumah Sehat Sederhana kali ini merupakan unit yang ke 273 yang diserahkan kepada masyarakat oleh PT Pupuk Iskandar Muda, Ujar Dedi.

Tgk Syurkani Bin H.Razali selaku Geuchik Paloh Gadeng mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada PT PIM  atas bantuan Rumah Sehat Sederhana yang diserahkan kepada warga dan kami mendoakan semoga proses bisnis PT PIM berjalan lancar sehingga program bantuan rumah ini dapat terus berlanjut dan PT PIM dapat terus meningkatkan bantuan dan program untuk kesejahteraan masyarakat lingkungan, ungkap Syurkani.

Rumah Sehat Sedehana yang ke 273 unit tersebut selanjutnya segera ditempati oleh warga Gampong Paloh Gadeng dan semoga membawa manfaat dan menjadi tempat yang nyaman untuk keluarga dan dapat meningkatkan rasa khusyuk dalam beribadah.[tami]


Krueng Geukueh
– Dalam upaya menindaklanjuti program dekarbonisasi yang telah diinisiasi Pemerintah dalam upaya pengurangan emisi karbon, maka Pupuk Indonesia bersama PT Pupuk Iskandar Muda telah memiliki Nota Kesepahaman dengan 2 Perusahaan Jepang yaitu Mitsui & Co serta Toyo Engineering Corp. Nota Kesepahaman yang telah ditandatangani sebelumnya terkait dengan rencana implementasi Green dan Blue Ammonia di lokasi PIM yang nantinya akan terintegrasi dengan pabrik existing dan memanfaatkan lahan industri yang tersedia.

Sebagai tindak lanjut dari Nota Kesepahaman yang ada, pada tanggal 13 – 16 September 2022, Tim dari Mitsui & Co dan Toyo Engineering Corp serta didampingi tim dari Pupuk Indonesia melakukan kunjungan ke PT PIM untuk meninjau lokasi pabrik ammonia existing untuk melihat area yang akan dijadikan sebagai pilot project Green Ammonia serta melihat langsung area Iskandar Muda Industrial Area (IMIA) sebagai cikal bakal lokasi pembangunan pabrik Blue Ammonia. Dalam rangkaian kunjungan ini juga dilaksanakan rapat teknis dengan tim terkait dari PIM untuk membahas kelanjutan rencana implementasi proyek tersebut.

Rapat teknis diatas dibuka oleh Direktur Operasi & Produksi PT PIM, Bapak Jaka Kirwanto dan turut dihadiri jajaran Senior Vice President dan Vice President terkait dari sisi PIM, sedangkan dari pihak Mitsui & Co dipimpin oleh Kenta Morii selaku Direktur dan General Manager Basic Chemical, dari pihak Toyo Enggineering dipimpin oleh Shigeya Kawada selaku Project Manager Studi Implementasi Green Ammonia dan dari sisi Pupuk Indonesia diwakili Erlangga Rismantojo dan Traino Joko dari Pengembangan Korporat. Dalam kesempatan tersebut Jaka mengatakan, “Pupuk Indonesia dan PIM telah mempunyai roadmap program dekarbonisasi melalui pemanfaatan sumber energi bersih yang berasal dari energi terbarukan untuk pabrik-pabrik pupuk di masa mendatang. Salah satu rencana PIM ke depan adalah mengembangkan Green Ammonia dan diawali dengan kajian bersama dengan Toyo Engineering Corp dan Pupuk Indonesia. Hal ini menjadi tahap awal untuk energi ramah lingkungan di masa depan.” Lebih lanjut Jaka menambahkan, PIM juga merencanakan pengembangan Blue Ammonia di lahan IMIA dengan adanya potensi sumber gas baru di dekat lokasi PIM sehingga membuka kesempatan untuk membangun Pabrik Ammonia baru.

Dalam kesempatan yang sama, Morii dari perwakilan Mitsui mengatakan, “Lokasi PIM sangat potensial untuk dikembangkan sebagai area baru untuk pengembangan blue ammonia, dimana CO2 yang nantinya dihasilkan dari pabrik ammonia dapat dicapture dan diinjeksikan kembali ke dalam perut bumi yang mana di sekitar PIM terdapat potensi yang cukup besar untuk utilisasi hal tersebut dalam bentuk Carbon Capture Storage (CCS) ataupun Carbon Capture Utilization Storage (CCUS). Semoga hal ini menjadi momentum yang sangat bagus untuk kerjasama yang saling menguntungkan diantara para pihak yang terlibat.”

Sementara itu Kawada dari Toyo menyatakan, “PIM memiliki pabrik ammonia yang saat ini menggunakan gas alam sebagai bahan baku grey ammonia, namun di masa datang PIM memiliki potensi yang cukup besar untuk memproduksi green ammonia. Hal ini didukung dengan adanya green power yang terdapat di dekat lokasi PIM yang bersumber dari PLN dan menjadi driving force untuk memproduksi gas hidrogen dengan proses elektrolisis dan pada akhirnya akan menghasilkan green ammonia. Saat ini kami dalam tahapan kajian dan kami berharap pada awal tahun 2023 kajian pengembangan green ammonia dapat diselesaikan dan kami berharap dapat dilanjutkan ke tahapan selanjutnya, tutup kawada.”

Saat ini pemanfaatan hidrogen dari proses elektrolisis untuk menghasilkan green ammonia masih dalam tahapan research & development di beberapa negara, dan untuk implementasi dari sisi komersil masih butuh waktu di masa yang akan datang.

Sedangkan penggunaan blue ammonia telah mulai dimanfaatkan sebagai bahan bakar tanpa karbon yang ramah lingkungan dan Jepang menjadi salah satu negara yang sudah menggunakan ammonia sebagai campuran bahan bakar di beberapa pembangkit listrik di negara mereka untuk menurunkan emisi karbon. Hal ini sejalan dengan deklarasi Paris Agreement oleh 196 negara tahun 2015 dalam rangka mengawal reduksi emisi CO2 yang efektif mulai berlaku tahun 2020. Secara komersil, Blue Ammonia telah mulai dipasarkan secara global dan Jepang telah mulai menggunakan Blue Ammonia sebagai bagian dari program NZE (Net Zero Emission) 2050 dimana mereka berencana mengkonversi semua pembangkit listrik dari batubara ke Blue dan Green Ammonia mulai tahun 2030.[Tami]


Banda Aceh -
Polisi menyita uang senilai Rp 200 juta dari 90 direktur perusahaan di kasus suap pengadaan wastafel pada Dinas Pendidikan (Disdik) Aceh. Uang tersebut merupakan fee pinjam pakai perusahaan atau 'fee bendera'.

Dilansir dari detikSumut, Rabu (21/9/2022), penyidik Subdit III Tipidkor Ditreskrimsus Polda Aceh juga menyita uang tunai Rp 100 juta yang diduga untuk menyuap pejabat pengadaan wastafel.

"Benar kita sudah menyita uang tunai Rp 200 juta dari 90 direktur perusahaan. Uang itu merupakan fee pinjam pakai perusahaan atau istilah lain disebut pinjam bendera," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Aceh Kombes Sony Sonjaya dalam keterangan kepada wartawan, Selasa (20/9).

Selain itu, Sony menambahkan, penyidik menyita dokumen kontrak dan pembayaran terhadap 390 paket pekerjaan pengadaan wastafel. Diduga dokumen kontrak sengaja dipecah untuk menghindari tahapan lelang pada proses pengadaan wastafel ini.

Sony menjelaskan, pagu anggaran pengadaan wastafel tersebut sebesar Rp 41,214 miliar. Sumber anggaran pengadaan alat sanitasi tersebut bersumber dari dana refocusing COVID-19.

Wastafel itu diperuntukkan bagi SMA dan SMK di seluruh Aceh pada 2020. "Kita juga telah memeriksa 207 pemilik perusahaan yang ditunjuk untuk mengerjakan proyek tersebut. Namun masih ada sembilan pemilik perusahaan yang belum datang untuk diperiksa," jelasnya. [detik.com]


Meulaboh -
Petugas kepolisian di Aceh Barat menangkap seorang kakek berinisial RCA (70) terduga pelaku pelecehan seksual terhadap seorang anak pelajar sekolah dasar (SD) di daerah ini.

“Terduga pelaku sudah kami tangkap guna mempertanggungjawabkan perbuatannya secara hukum,” kata Kasat Reskrim Polres Aceh Barat AKP Riski Adrian kepada wartawan, di Meulaboh, Selasa (20/9/2022) malam.

Riski menjelaskan, terduga pelaku RCA ditangkap petugas di rumahnya, setelah sebelumnya polisi menetapkan status tersangka dalam perkara ini.

Ia ditetapkan sebagai tersangka setelah penyidik melakukan gelar perkara untuk meningkatkan status tersebut ke tahap penyidikan.

“RCA kami tetapkan sebagai tersangka karena diduga kuat sebagai pelaku, dan penetapan status tersangka tersebut telah memenuhi unsur pidana melakukan pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur,” katanya.

Dia menjelaskan, kasus dugaan pencabulan yang dialami oleh korban yang saat ini duduk di kelas enam SD tersebut, diduga terjadi pada hari Sabtu, 13 Agustus 2022.

Dalam kasus ini, polisi juga telah melakukan pemeriksaan terhadap tujuh orang saksi dan dua orang saksi ahli.

AKP Riski Adrian juga menjelaskan, terduga pelaku RCA dijerat dengan Pasal 47 Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2014 tentang Hukum Jinayat dengan ancaman pidana cambuk sebanyak 90 kali atau denda 900 gram emas atau kurungan 90 bulan. (Sumber: Antara)


Krueng Geukuh -
Melalui Program Youth Entrepreneur Ship (YES) TJSL PT Pupuk Iskandar Muda menciptakan satu lagi program unggulan yang mempunyai prospek bagus dan sesuai dengan minat para pemuda di kecamatan Dewantara, yaitu program Sentral Jamur Dewantara.

Assistant Vice President TJSL PT PIM Jufri mengatakan program Sentral Jamur Dewantara terinisiasi oleh keahlian anak-anak muda dalam hal budidaya jamur tiram. “Awalnya kita melakukan mapping untuk mencari tau potensi dan minat pemuda di Desa Uteuen Geulinggang. Lalu dari hasil mapping tersebut ditemukan bahwa para pemuda desa setempat pernah dibekali cara membudidayakan jamur tiram. PIM melihat prospek yang sangat bagus jika budidaya jamur di desa ini dikembangkan dengan didukung SDM yang memadai,” ungkapnya.

Untuk tahap awal, TJSL PT PIM membantu dua kelompok usaha yaitu ‘Koelat Dewa Mushgrow’ dan ‘Jamur Geulinggang’. Koelat Dewa Mushgrow memiliki kapasitas kembung 10.000 baglog dan dibantu 6.500 baglog oleh PIM serta dukungan penyelesaian kembung seluas 5.5 x 10 m2. Sementara untuk kelompok Jamur Geulinggang dibantu sebanyak 1.400 baglog dengan skema Kemitraan. Kelompok ini sudah mendapatkan hasil panennya, dan dari hasil panen tersebut diputar kembali untuk pengadaan bibit sebanyak 2.500 baglog yang akan dipasok dalam waktu dekat ini.

Diharapkan para pemuda yang tergabung dalam kelompok Koelat Dewa Mushgrow dan Jamur Geulinggang dapat mengembangkan usahanya menjadi pelaku UMKM di bidang olahan jamur dan bisa mendapat pasar tersendiri baik di dalam maupun luar daerah.

“Seluruh pelaksanaan program YES tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama dengan Dinas terkait di Kabupaten Aceh Utara dan juga Provinsi,” tambah Jufri.

Vice President PKBL & Humas Zulhadi menambahkan Perusahan dan Manajemen mengupayakan yang terbaik bagi masyarakat sekitar perusahaan. Berbagai usaha untuk memberdayakan masyarakat di berbagai kalangan akan terus dilakukan secara berkelanjutan. “Kami melihat antusiasme masyarakat bekerjasama dengan perusahaan dalam berbagai hal positif untuk membangun sumber daya manusia yang siap bersaing di pasar kerja maupun kemandirian usaha untuk mendukung finansial maupun kreatifitas yang bernilai guna terhadap diri sendiri maupun lingkungan sekitar,” ungkapnya.

PT Pupuk Iskandar Muda melalui unit TJSL nya akan terus berinovasi dalam hal membangun masyarakat sekitar perusahaan menjadi masyarakat mandiri dengan berbagai upaya yang akan dilakukan. Pada tahun 2021 terbukti capaian kinerja TJSL PT PIM meduduki peringkat ke-2 pelaksanaan TJSL terbaik perusahaan yang berada di Provinsi Aceh dan berhasil membantu meningkatkan kinerja Pemerintah Aceh. Selain itu PT PIM mendapat peringkat terbaik bintang 4 (****) dalam pelaksanaan TJLS bidang Sosial di ajang CSR Award BUMN Track yang diikuti oleh seluruh perusahaan BUMN di Indonesia. Capaian-capaian tersebut menjadi salah satu bukti bahwa PT PIM benar-benar telah melaksakan amanah perusahaan dan negara dalam hal Tanggung Jawab Sosial Lingkungan.[Tami]

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.