2017-06-25

Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Bambang Tri Banda Aceh Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bireuen Bisnis BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya Cuaca Cut Meutia Dana Bos Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Fito Foto FPI Gampong Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan History Hotel Hukum HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Irwandi-Nova Irwndi Yusuf IWO Jaksa Jejak JKMA Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malware WannaCry Masjid Mitra Berita Motivasi Motogp Mudik MUI Musik Nanang Haryono Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patroli Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh PKI PLN PNL Polisi Politik Poso PPWI Presiden Pungli Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebriti Senator Sosok Sport Sumatera Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TNI Tokoh Tsunami Aceh Ulama Vaksin MR vid Video vidio Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

Ilustrasi
BLANGKEJEREN - Sejahtera alias Tra (19), pemuda asal Desa Bukit Dusun Aih Bobo, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues (Galus) diamankan petugas Satresnarkoba Polres Galus, setelah diketahui menyimpan ganja kering siap edar sebanyak 2 Kg di rumahnya, Sabtu (1/7/2017).

Kapolres Galus AKBP Eka Surahman melalui Kasat Narkoba Iptu Budi Eka Putra, kepada Serambinews.com, Sabtu mengatakan, seorang pemuda di tangkap petugas Satresnarkoba setelah diketahui memiliki dan menyimpan ganja kering di rumahnya, bahkan saat digerebek di rumahnya di Dusun Aih Bobo tersangka ditemukan bersama barang bukti 2 Kg ganja siap edar tersebut.

Kasat Narkoba mengatakan, sehari sebelumnya petugas mendapat informasi dan laporan dari masyarakat, di salah satu rumah di Aih Bobo di curigai sering terjadi transaksi narkoba.

Mendapat laporan tersebut petugas melakukan penyelidikan dan pengerebekan rumah tersebut dan ditemukan tersangka bersama barang bukti itu.

"Kini tersangka bersama barang bukti ganja kering siap edar itu telah diamankan di Mapolres Galus guna penegusutan dan penyelidikan lebih lanjut," sebut Kasat Narkoba Polres Galus. (aceh.tribunnews.com)

Aksi pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi pada latihan bebas MotoGP Jerman 2017 di Sirkuit Sachsenring. (Hendrik Schmit/dpa via AP)
Hohenstein - Ernstthal Konsistensi pembalap Repsol Honda, Marc Marquez pada latihan bebas ketiga (FP3) dan keempat (FP4) MotoGP Jerman 2017 terlihat jelas. Pada FP4 di Sirkuit Sachsenring, Sabtu (1/7/2017), ia kembali menjadi yang tercepat.

Sebelumnya, Marquez menguasai FP3 MotoGP Jerman dengan waktu 1 menit 20,0745 detik, unggul 0,170 detik atas pembalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales. Kali ini, ia mencatat waktu 1 menit 21,822 detik, unggul 0,105 detik atas rekan setimnya, Dani Pedrosa.

Pembalap tim satelit Honda, Pull&Bear Aspar, Alvaro Bautista, juga mendapatkan hasil memuaskan. Ia menduduki di urutan ketiga setelah mendapatkan catatan waktu lebih baik dari dua pembalap Yamaha Tech 3, Jonas Folger dan Johann Zarco.

Sial bagi Valentino Rossi, FP4 MotoGP Jerman tak berjalan dengan keinginannya. Ia hanya bisa duduk di urutan ke-12 dengan selisih 0,655 detik dari Marquez. Kebetulan, sebagian waktu FP4 memang harus berjalan di bawah guyuran hujan.(Lp6)

StatusAceh.Net - Penyidik Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri telah melakukan penyelidikan terhadap siapa identitas dari pelaku penusukan dua anggota Brimob di Masjid Falatehan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Meski telah menemukan kartu identitas, petugas tetap belum meyakini identitas pelaku.

Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, memang dari pelaku didapati KTP bernama Mulyadi. "Untuk pelaku sudah boleh dikatakan 75 persen ini adalah Mulyadi. Tapi identitas di KTP, itu alamat tidak di situ itu alamat kakak iparnya. Sudah ditelusuri penyidik bahwa pelaku adalah Mulyadi," terangnya, Sabtu (1/7).

Karena belum meyakini, penyidik akan mendalami lagi hingga yakin 100 persen pelaku adalah Mulyadi. Sementara itu, dari hasil pendalaman, pelaku yang diduga bernama Mulyadi itu bekerja sebagai pedagang. "Pekerjaan dia adalah sebagai pedagang kosmetik di Roxy," jelasnya.

Untuk lebih yakin, penyidik telah memeriksa kakak ipar pelaku. "Nanti akan kita cek lagi DNA. Kita akan cari orang tuanya, atau anaknya, adik atau kakaknya untuk dicocokan dna-nya," tambahnya.

Selain kakak ipar, penyidik kata dia juga memeriksa kakak kandung dari Mulyadi. Namun dia enggan memerinci bagaimana hasil pemeriksaan. "Soalnya Itu subtansi pemeriksaan," pungkasnya (JPG)

Lionel Messi dan Ronaldinho pada tahun 2005 (Foto: Denis Doyle/Getty Images)
Sport - Jauh sebelum Lionel Messi punya reputasi seperti sekarang ini, Ronaldinho sudah pernah memberi prediksi terhadapnya lebih dari 10 tahun lalu. Prediksinya terbukti jitu.

Hal tersebut diungkap oleh Kobe Bryant, mantan pebasket top NBA yang juga berteman dengan Ronaldinho dan menggemari olahraga sepakbola -- secara khusus salah satunya klub Barcelona.

Dalam wawancara eksklusif dengan ESPN FC via telepon, ketika sedang melakukan tugas promosi untuk sebuah minuman berenergi, Bryant menyatakan bahwa Ronaldinho-lah yang pertama memperkenalkan dirinya dengan si pesepakbola Argentina.

"Saya pikir saat itu Messi masih berumur 18 tahun, mungkin 17," ucap Bryant.

"Ronaldinho ketika itu memanggil saya dan bilang, 'Kobe, saya ingin memperkenalkan kamu dengan pemain yang akan jadi pesepakbola terhebat sepanjang masa'," lanjutnya menirukan ucapan Ronaldinho mengenai prediksinya terhadap Messi.

Messi, yang berulang tahun ke-30 pada 24 Juni lalu, kini menjelma sebagai megabintang dunia sepakbola. Ia, sejauh ini, di antaranya sudah mengoleksi lima Ballon d'Or dan 29 trofi bersama Blaugrana, termasuk delapan titel La Liga dan empat trofi Liga Champions. Dengan sejumlah torehan rekor, Messi pun sudah digadang-gadang bakal terukir di buku sejarah sebagai salah satu pesepakbola terhebat yang pernah ada -- seperti prediksi Ronaldinho.(Detik)

StatusAceh.Net - Suasana pegunungan di film Avatar ternyata ada di dunia nyata. Nama gunung tersebut adalah Pegununan Avatar Hallelujah.

Para pencinta animasi avatar pasti tidak asing dengan pilar-pilar berbatuan rucing yang tinggi menjulang yang terdapat di pegunungan. Di sana merupakan tempat Aang bertempur melawan Raja Api Ozai. Gambaran latar film tersebut, ternyata ada di dunia nyata lho.

Pilar-pilar berbatuan tersebut bisa kita lihat di China, tepatnya di Zhangjiajie National Forest Park. Berlokasi di provinsi Hunan, Zhangjiajie National Forest Park terbagi dalam 2 kawasan, yaitu Zhangjiajie dan Wullingyuan Scenic. Taman ini didirikan pada tahun 1982 dan merupakan taman hutan nasional pertama di China dengan luas keseluruhan hampir 5000 hektar.

Sepuluh tahun kemudian, di tahun 1992 UNESCO menetapkan Wullingyuan Scenic sebagai situs warisan dunia. Serta Zhangjiajie juga termasuk dalam daftar global geopark UNESCO pada tahun 2004. Keren!

Suasana di taman ini  sangat natural. Flora dan faunanya beragam, sungai yang jernih, serta iklim yang ramah. Pepaduan deretan pepohonan dengan tebing-tebing hutan membuat hutan ini terlihat megah. Di taman kita bisa menikmati beberapa tempat, salah satu di antaranya adalah Yuanjiajie, kawasan Pegunungan Avatar.

Sebelumnya, pegununangan ini bernama Southern Sky Colulmn. Setelah itu berganti nama dan resmi menjadi Avatar Halellujah Mountains. Dengan berganti nama tersebut, membuat taman ini semakin ramai dikunjungi wisatawan.

Formasi pilar-pilar yang terbentuk akibat erosi terlihat hampir di seluruh taman dengan tanaman tumbuh di puncaknya. Dengan kabut-kabut tebal yang menyelimutinya membuatnya semakin eksentrik. Salah satu pilar nya mencapai ketinggian sekitar 1080 meter. Kita bisa merasakan langsung suasana Aang mengendalikan udara!

Selain Pegunungan Avatar, fenomena alam yang bisa ditemukan di Yuanjiajie adalah The First Bridge Under The Sun. Ada 2 puncak pilar terhubung satu sama lain sehingga membentuk jembatan secara alami. Jembatan ini terbentang sepanjang 50 meter dengan lebar 2 meter dan ketebalan sekitar 5 meter. Jembatan ini terbentuk di atas ketinggian sekitar 400 meter.

Setelah puas memandangi Pegunungan Avatar, tempat selanjutnya yang bisa kita jelajahi di taman ini adalah Huangshizhai. Di sini terdapat berbagai fenomena alam diantaranya adalah Five Finger Peaks, di mana puncak-puncak pilar membentuk seperti 5 jari. Selain itu ada lagi Needle Peak, the Southern Gate to Heaven, Tranquil Trail in Fir Woods dan masih banyak lagi.

Selain Yuanjiajie dan Huangshizhai, Tianzi Mountain juga wajib disinggahi karena menyuguhkan pemandangan unik. Kita bisa menikmati keindahan hamparan lautan kabut. Satu tempat lagi yang harus didatangi adalah Golden Whip Stream. Di sini kita bisa merasakan ketenangan alam sembari menikmati kejernihan air yang mengalir sepanjang hampir 6 kilometer. Sungai ini mengalir di antara pegunungan dengan puncak-puncak pilar yang dikelilingi oleh bunga-bunga liar yang cantik.

Untuk masuk ke kawasan taman, pengunjung dibandrol tiket seharga CNY 245 (Rp 490.000) di high season (Maret sampai November) dengan masa berlaku tiket 3 hari setelah pembelian. Sedangkan di low season (Dec hingga Feb) harga tiket dewasa CNY 136 (Rp 272.000) dengan masa berlaku tiket 4 hari setelah pembelian. Tiket tersebut sudah termasuk shuttle bus untuk mengelilingi taman.

Kawasan hutan ini sangat luas, jadi diperlukan stamina yang bagus untuk bisa mengunjungi taman ini dengan maksimal. Meskipun tersedia bus, lift, dan cable car, tetap ada yang melakukan pendakian juga trekking. Sebelum berkeliling jangan lupa cek kondisi cuaca, biar kita bisa mendapatkan pemandangan yang optimal. Karena kalau musim hujan puncak-puncak pilar dari ketinggian tidak tampak, meskipun dari kaki gunung terlihat jelas.

Hindari bulan Juli dan Augustus ya. Karena pada bulan inilah taman ini dipenuhi rombongan turis. Jadi sangat tidak nyaman mengantre. Juga di beberapa jalur pendakian ada yang sempit dan berbahaya bila berjejalan pengunjung. 

Aceh Besar - Team Gabungan Resmob Subdit III Jatanras Ditreskrimum dan Bko Brimob Polda Aceh, Sat Reskrim Aceh Besar dan Sat Intelkam Aceh Besar meringkus Diauddin alias Udin Gajah Keng (40) merupakan eks Kombatan GAM yang berdomisili di Gampong Paya Keureuleuh, Leumbah Seulawah, Aceh Besar. Sabtu 01 Juli 2017 sekitar pukul 05.00 WIB. Diauddin ditangkap diduga telah menganiaya istrinya dan sempat mengancam tembak dengan menggunakan pistol.

Berdasarkan Laporan Polisi Nomor : LP / 77 / VII / 2017 / SPKT Polda, tgl 01 Juli 2017. Tentang tindak pidana kekerasan / penganiayaan sebagaimana dimaksud dalan pasal 44 Undang-undang RI No. 23 tahun 2004 tentang Penghapusan kekerasan dalam rumah tangga yang di Rillis oleh kepolisian Udin ditangkap di rumahnya karena menganiaya Zurina yang merupakan istri pelaku.

Peristiwa itu terjadi akibat Zurina minggat dari rumah karena sudah tidak tahan dengan perilaku yang bersangkutan. Minggatnya Zurina terjadi pada Jumat (30/6/2017) sekitar pukul 21.00 WIB. Ia “eksodus” ke rumah abang kandungnya di Gampong Beurandeh, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar.

Tidak lama Zurina sampai, Udin Gajah Keng pun menyusul. Ia memaksa Zurina pulang sembari mengacungkan pistol. Saat melakukan pemaksaan Udin memukul istrinya dengan gagang pistol. Melihat suaminya kalap, Zurina tambah ketakutan. Udin pun tak tinggal diam, ia mengancam tembak Zurina, bila berani melapor ke polisi. Namun, bersama abang kandungnya, Zurina akhirnya melaporkan ke aparat berwajib di Polda Aceh.

Mendapat laporan, polisi dari tim gabungan pun bergerak. Usai melakukan pemantauan, Udin pun diringkus di rumahnya pada subuh. Ia kemudian ditahan di Ditreskrimum Polda Aceh.

Dalam penangkapan itu, polisi ikut menyita 1 pucuk pistol FN kaliber 9 x 19 mm. Peluru kaliber 9 x 19 mm 47 butir. Peluru kaliber 9 x 17 mm 8 butir dan peluru kaliber 7,62 mm 1 butir.. (SA/TM)

Halimatus Sakdiah ketika dirawat di Hospital Kuala Lumpul. Foto: Ist
MALAYSIA - Halimatus Sakdiah, warga Aceh, Dusun perdamaian lll, Gampong Tambon Baroh, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, meninggal dunia karena menderita penyakit paru-paru basah, Jumat (30/6) sore, sekitar pukul 16.00 waktu setempat.

Direktur Gerakan Aceh Nusantara(GAN) Ikhsan Nurdin, mengatakan Halimatus Sakdiah meninggal di Hospital Kuala Lumpur (HKL) Malaysia. Ia juga telah menghubungi KBRI di Malaysia untuk membantu upaya pemulangan jenazah tersebut.

"Alhamdulillah KBRI akan bantu untuk penerbitan surat/dokumen yang diperlukan untuk pemulangan jenazah," Iksan Nurdin.

Untuk biaya pemulangan ke Aceh, Iksan Nurdin mengaku akan berusaha mencari donatur agar jenazah bisa dipulangkan ke Aceh.

"Kami mendesak Pemerintah Aceh dan Pemkab Aceh utara untuk segera mungkin membantu tanggulangi biaya pemulangan jenazah," katanya.(AJNN.Net)

Satu unit minibus bermuatan 10 penumpang terjun ke jurang di jalan lintas eks KKA-Bener Meriah Km 16, Gampong Wih Pase, Kecamatan Permata, Bener Meriah, Jumat pagi (30/6/2017).Foto: facebook.com/sari.pah
StatusAceh.Net - Direktorat Lalu Lintas (Dit Lantas) Polda Aceh mencatat telah terjadi kecelakaan selama lebaran Idulfitri sebanyak 55 kejadian kecelakaan di jalan raya. Dari jumlah tersebut 29 orang meninggal dunia, 37 orang luka berat dan 46 orang luka ringan.

"Data ini dari tanggal 19 s.d 30 Juni 2017. Bisa kemungkinan akan bertambah," kata Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Goenawan, Sabtu (1/7).

Jumlah tersebut, kata mantan Wadir Lantas Polda Aceh, mengalami penurunan dibandingkan kecelakaan lebaran tahun 2016. Pada tahun 2016 terjadi kecelakaan sebanyak 79 kali. Dari jumlah itu meninggal dunia sebanyak 22 orang, luka berat 50 orang. "Meskipun luka ringan lebih banyak yaitu 108 orang," jelasnya.

Goenawan menambahkan, dari 55 kejadian kecelakaan di jalan raya, pengguna sepeda motor lebih dominan dibandingkan menggunakan kendaraan roda empat. Hampir semua korban meninggal dunia, para pengendara sepeda motor sedang mudik.

"Mayoritas pengguna sepeda motor korban meninggal dunia," sebut Goenawan.

Sementara itu Koordinator Terminal Batoh, Banda Aceh Heriyanto mengatakan, secara umum angka kecelakaan angkutan umum di Aceh selama lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah relatif menurun. Kecelakaan yang terjadi, mayoritas pengendara sepeda motor yang kontra dengan angkutan umum. "Relatif turun angka kecelakaan tahun ini," sebutnya.

Oleh karena itu, ia meminta kepada pengguna sepeda motor agar berhati-hati saat mudik. Bila sudah lelah, disarankan untuk segera istirahat pada pos-pos yang telah disediakan, atau mencari masjid terdekat. "Istirahat dulu, setelah itu baru melanjutkan perjalanan," terangnya. [merdeka]

Foto: SERAMBINEWS.COM/DEDI ISKANDAR
MEULABOH-  satu toko kelontong yang berlokasi di ruas Jalan Singgah Mata 1, Kuta Padang, Meulaboh, Aceh Barat, Jumat (30/6/2017) malam sekira pukul 19.49 WIB terbakar.

Sebanyak empat unit mobil pemadam kebakaran dari BPBD Aceh Barat turut diterjunkan ke lokasi kejadian untuk memadamkan api.

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Barat, Teuku Syahluna Polem yang ditanyai Serambinews.com mengatakan pihaknya belum mengetahui secara pasti penyebab musibah kebakaran yang menimpa Toko Laris, milik Ayun, warga Meulaboh.

"Penyebab kebakaran kita belum tahu, karena masih dalam penyelidikan pihak kepolisian," kata Syahluna.(Trb)

Polisi memasang police line di dekat jenazah pelaku penyerangan terhadap dua anggota Brimob tak jauh dari Mabes Polri.Foto/Istimewa
Jakarta - Dua anggota Brimob ditikam orang tak dikenal di Masjid sebelah lapangan Bhayangkara Mabes Polri pukul 19.40 WIB malam ini.

Dua anggota Brimob itu mengalami luka cukup parah hingga harus dilarikan ke rumah sakit. Sementara pelaku tewas bersimbah darah tergeletak di jalan.

Informasi yang dihimpun, peristiwa penusukan terjadi usai dua anggota Brimob melaksanakan salat Isya tiba‎-tiba  pelaku yang juga melaksanakan salat meneriakkan "thogut" lalu langsung seketika menikam anggota Brimob yang posisinya persis di sebelahnya dengan menggunakan pisau sangkur merk cobra.

Setelah itu pelaku mengancam semua jamaah yang sedang salat dengan mengacungkan sangkur sambil meneriakkan "thogut".  Selanjutnya pelaku melarikan diri ke arah Terminal Blok M, sambil mengancam dan menantang kelompok anggota Brimob yang bertugas jaga.

Oleh anggota diberikan tembakan peringatan, namun pelaku berbalik arah menantang dengan meneriakkan kalimat tauhid sambil mengacungkan pisau. Melihat hal ini anggota kepolisian pun langsung  melumpuhkan pelaku di tempat dengan tembakan.

Pelaku Tewas Ditembak

Pelaku penyerangan terhadap dua anggota polisi di masjid sebelah lapangan Bhayangkara Mabes Polri tewas diterjang timah panas kepolisian.

Kabag Penum Mabes Polri Kombes Pol Matinus Sitompul mengatakan, pelaku tewas diterjang timah panas saat akan ditangkap."Anggota memberikan tembakan peringatan, namun pelaku berbalik arah menantang dengan meneriakkan kalimat tauhid sambil mengacungkan pisau. Melihat hal ini anggota kepolisian pun langsung melumpuhkan pelaku di tempat dengan tembakan," kata Martinus kepada wartawan, Jumat (30/6/2017) malam.

Sebelumnya diberitakan, dua anggota Brimob ditikam orang tak dikenal di Masjid sebelah lapangan Bhayangkara Mabes Polri pukul 19.40 WIB malam tadi. Dua anggota Brimob itu mengalami luka cukup parah hingga harus dilarikan ke rumah sakit.

Informasi yang dihimpun, peristiwa penusukan terjadi usai dua anggota Brimob melaksanakan salat Isya tiba‎-tiba  pelaku yang juga melaksanakan salat meneriakkan "thogut" lalu langsung seketika menikam anggota Brimob yang posisinya persis di sebelahnya dengan menggunakan pisau sangkur merek Cobra.(Sindo)

Aceh Utara - Puncak Gunung Salak, itulah tempat wisata baru bagi pemudik yang melintas Jalan KKA Aceh Utara- Bener Meriah, sampai hari kelima  lebaran, Jumat, 30 Juni 2017, ratusan masyarakat singgah di warung yang disediakan oleh warga sambil menikmati  panorama alam yang begitu indah.

Pasca jalan tembus antar Kabupaten itu teraspal, sudah banyak warung dan pondok dibangun oleh masyarakat untuk menarik para pengguna jalan yang menikmati suasana alam di gunung tersebut, letaknya pun bisa memakan waktu hampir satu jam dengan kenderaan dari Krueng Geukueh Kecamatan Dewantara, Aceh Utara menuju gunung tersebut yang terletak di Dusun Krueng Tuan, Kecamatan Nisam Antara, Kabupaten yang sama.

Bukan hanya pemudik, bahkan banyak orang yang menikmati keindahan alam di gunung tersebut berdatangan dari berbagai kebupaten di Aceh. bagi anda yang belum datang, silahkan mengunjungi alam di Gunung Salak, Aceh Utara (SA/TM)

Samadua - Forum ukhuwah Aceh Selatan ( FUAS) gelar silaturahim Dan halal bi halal se Aceh Selatan di warung Surfin Cafe Desa Panton Laweh Kecamatan Samadua, kamis 29 Juni 2017 kemarin.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang di gelar setiap tahunnya melalui momentum idul Fitri dan juga hari besar islam lainnya.

Ketua pelaksana, Fauzan Z Almubarak, S. Sos mengatakan bahwa di moment idul Fitri semua kader, pengurus dan juga keluarga besar FUAS yang berada di perantauan pulang kampung.

"Alhamdulillah, kesempatan hari raya Idul Fitri ini kita dapat saling temu ramah dan mengadakan halal BI halal untuk saling memberikan informasi dan juga temu ramah," katanya


Kita sangat senang dan juga berharap momen seperti ini hadir setiap tahun dimana seluruh mahasiswa di perantauan dan juga pemuda yang sudah selesai kuliah serta alumni yang berkeluarga juga sudah menetap di daerah bisa saling silaturahmim dan komunikasi," harap Fauzan

Kegiatan ini juga di isi dengan tausiah dan taujih motivasi yang disampaikan oleh Ust. Riza zaimun. Riza merupakan Alumni pengurus FUAS Tahun 2000 an yang Kini telah menetap di daerah Aceh selatan.

Dalam penyampaiannya Riza mengatakan agar dalam menjaga silaturahim dan komunikasi yang baik untuk berorganisasi, ada beberapa hal dan kode etik yang harus dilaksanakan seperti mudah mengendalikan emosi, sabar, ikhlas,  jangan mudah marah, jangan egois, terus aktif, produktif dan juga aktif aktif terbina.

"Kader dan pengurus FUAS tidak boleh egois atau terlalu menonjol dalam organisasi ini. Kita harus saling percaya dan bekerjasama untuk membangun FUAS lebih Baik Kedepannya," tambahnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh puluhan pemuda dan mahasiswa Aceh selatan baik yang sudah menetap di daerah maupun yang berada diluar daerah.[Najmi]

Din syamsuddin 
JAKARTA -- Ketua Dewan Pertimbangan dan Mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin menyayangkan beredarnya video atau film pendek berbau sara yang disebarkan oleh Divisi Humas Polri.

Menurut Din, video tersebut berpotensi mendeskreditkan islam dan umat muslim. Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah dua periode mengatakan, video berdurasi tujuh menit itu jelas menyakiti hati umat Islam.

Dia menganggap video tersebut memberi penggambaran bahwa umat islam adalah agama yang intoleran. Din juga meminta kepada semua pihak yang terlibat, baik sutradara maupun produser dan sponsornya untuk meminta maaf.

Din menilai, narasi dalam video itu keliru dan rancu, karena justru umat Islamlah yang sangat toleran dan membela kemajemukan Indonesia.

"Video itu sendiri adalah bukti nyata dari intoleransi dan anti kebinekaan, dan menyakiti hati pihal lain saat mereka merayakan hari suci," jelasnya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (29/6).

Din juga menyesalkan keterlibatan Polri dalam pembuatan atau penyebaran video/film itu. Dia mengaku mempertanyakan kresibilitas polisi sebagai aparat penegak hukum, namun justru membantu hal yang berlotensi mengganggu keamanan.

"Saya tidak yakin pembuatan dan penyebaran video itu diketahui apalagi disetujui oleh Pimpinan Polri. Saya kira itu dibuat oleh anak buah yang tidak paham atau gagal paham tentang realitas masyarakat. Saya kira kali ini Mabes Polri teledor dan kecolongan maka harus segera mengusutnya," jelasnya.(Republika)

Anton Tabah
JAKARTA -- Dewan Pakar ICMI Anton Tabah Digdoyo menilai film berjudul Aku Adalah Kau Yang Lain merupakan bentuk fitnah terhadap Islam. Anton menilai Polri seharusnya tidak menayangkan film tersebut karena bertentangan dengan fakta.

"Film itu fitnah terhadap Islam. Bukan berdalih kebebasan berekspresi," kata Anton lewat keterangan tertulisnya yang diterima Republika.co.id, Kamis,(29/6).

Anton mengatakan seharus Polri tidak menayangkan film seperti itu, karena Indonesia telah sepakat memilih berdemokrasi pancasila berdasar ke Tuhan Yang Maha Esa yang artinya berkebebasan dalam koridor ajaran agama.

"Untuk membimbing bangsa Indonesia bukan demokrasi sekuler, bukan kebebasan liberal nirbatas. Begitu juga dalam berekspresi wajib taati akidah agama," ujarnya.

Karena itu, film tersebut jikapun fakta sangar tidak patut dibuat/diedarkan di Indonesia aplagi jika fitnah bertentangan dengan fakta. "Itulah pentingnya kearifan personal dan kearifan pejabat dalam birokrasi," katanya.

Anton mencontohkan kasus-kasus gesekan antar umat beragama di beberapa wilayah. Menurutnya meski hal tersebut benar terjadi namun tidak patut untuk ditayangkan atau dibuat film.

Anton mengajak semua berpikir bersikap dan bertindak bijak utamakan bimbingan Tuhan Yang Maha Esa sesuai Pancasila. "Kebebasan demokrasi Pancasila adalah kebebasan yang berakhlak bertanggung jawab dunia dan akhirat," ucapnya.(Republika)

Aceh Utara – Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayor Jendral (Mayjend) TNI Moch Fachrudin S. Sos membuka giat Operasi Teritorial Tahun 2017 di lapangan bola kaki Keude Simpang  Empat Kecamatan Simpang Keuramat Kabupaten Aceh Utara, Kamis (29/6/17) kemarin.

Momentum kegiatan Opster TNI yang digelar ini diarahkan pada prioritas sasaran utama yaitu rehab/perbaikan jembatan dengan panjang 25 meter di Desa Pucuk Alue Kecamatan Tanah Jambo Aye, pembukaan jalan sepanjang 3 kilometer di Desa Lhok Dreun Kecamatan Sawang dan Rehab saluran irigasi sepanjang 100 meter, serta pengecatan meunasah dan pembersihan saluran air di 7 desa. Sedangkan sasaran non fisik akan dilaksanakan kegiatan sosialisasi werving, narkoba, penyuluhan wawasan kebangsaan, pertanian, perkebunan, bhineka tunggal ika, hukum, pembinaan mental, pemberian sarana kontak berupa sound system mesjid di 5 desa, serta bhakti sosial dan lain-lain.

Dalam sambutan Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Moch. Fachrudin mengatakan pelaksanaan Opster TNI merupakan wujud keterpaduan TNI dengan Pemda, dinas/ Instansi terkait dan berbagai elemen masyarakat, serta dengan seluruh  masyarakat secara bergotong royong  untuk mengatasi berbagai kesulitan yang terjadi di tengah- tengah masyarakat.

"Saya menginginkan dan berharap agar penyelenggaraan kegiatan Opster TNI bisa membawa perubahan positif terhadap kehidupan Sosial masyarakat Aceh Utara Khusunya dan Provinsi Aceh Pada Umumnya, sebut Pangdam.

Pada kesempatan tersebut Pangdam IM  juga mengunjungi tempat pengobatan masal,sunatan masal dan pembagian sembako yang digelar pada pembukaan Opster tersebut.

 pengujung acara tersebut juga di meriahkan dengan Tarian Ranup Lampuan, kuda Lumping dan pangdam IM melanjutkan makan siang bersama masyarakat yang hadir.(SA/ST)

Sport - Cristiano Ronaldo sedang berbahagia meskipun Portugal tersingkir dari ajang Piala Konfederasi 2017. Bintang Real Madrid itu baru saja dikaruniai anak kembar.

Anak kembar Ronaldo berjenis kelamin laki-laki. Keduanya dilahirkan dari ibu pengganti (surrogate mother) yang dirahasiakan. Kehadiran putra kembarnya itu menjadi obat pelipur lara bagi pesepakbola 32 tahun itu.

Usai disingkirkan Chile di semifinal, Ronaldo bergegas pulang ke Portugal untuk menemui kedua buah hatinya tersebut. Kemungkinan besar, eks Manchester United itu akan absen melawan Kamerun di perebutan tempat ketiga Piala Konfederasi.

Ronaldo memposting momen bahagia itu melalui akun media sosial miliknya.

"So happy to be able to hold the two new loves of my life ???," tulis Ronaldo di akun Twitternya, @cristiano

Berarti dia kini punya tiga putra, yang sulung, Cristiano Ronaldo Jr., kini telah berusia tujuh tahun. (Rima)

Tapaktuan - Anggota komite III DPD RI Rafli Kande didampingi oleh Direktur Aceh Institute (AI) sekaligus komisioner Komisi Rekonsiliasi dan Kebenaran (KKR) Dr.  Fajran Zain MA bersilaturrahmi dan ngobrol langsung dengan masyarakat di gampong Keude Runding kecamatan Kluet Selatan,  kamis (29/06/2017).

Fasilitator silaturahmi,  Sariman Arma mengatakan masyarakat di gampongnya merasa sangat bahagia kehadiran sosok senator Aceh di gampong nya. 

Dr Fajran Zain MA yang turut hadir dalam silaturrahmi tersebut memaparkan perjalanan perjuangannya menyelesai kuliahnya hingga menyelesaikan studi megister di Amerika Serikat dan doktoral di Autralia.

"Pada dasarnya ada orang yang keluarganya memiliki kemampuan, tetapi tidak memiliki kemauan. Ada juga yang keluarga nya tidak memiliki kemampuan namun memiliki kemauan yang cukup kuat hingga dia berhasil,  dan juga ada yang keluarganya yang memiliki kemampuan,"papar Fajran sembari menceritakan kisah perjuangannya menyelesaikan studi sebaga  orang yang pada notabenenya berasal dari keluarga yang sederhana.

Kepada masyarakat barat selatan khususnya, Fajran juga berharap bisa bersatu padu sehingga barsela tidak menjadi daerah kelas dua di Aceh.

"Banyak profesor,  doktor dan tokoh-tokoh serta aktivis hebat di Aceh berasal dari barat selatan, namun sangat memprihatinkan 8 kabupaten/kota di Barat Selatan tidak ada satu pun anggota DPR-RI,  hanya ada satu yakni bang Rafli di DPD-RI, " ungkap Fajran Zain.

Sementara itu,  ketua Yayasan Aceh Kreatif Delky Nofrizal manyampaikan, dirinya berharap agar masyarakat khususnya pemuda bersama-sama dengan paguyuban dan beberapa organisasi mahasiswa untuk mendorong lahirnya qanun kepemudaan Aceh.

" Persoalan kepemudaan Aceh sangat kompleks. Sudah seyogyanya pemerintah memberikan program solusi untuk memberdayakan pemuda,  meningkatkan produktivitas pemuda secara menyeluruh. Mirisnya informasi-informasi terkait program pemberdayaan pemuda saja terkadang cenderung tertutup,  program Wirausaha Muda Pemula(WMP)  dan Setra Kewirausahaan Pemuda yang dikucurkan pemerintah pusat melalui LPKP selama ini belum sampai ke masyarakat meskipun sudah dimulai sejak 2014 lalu,  padahal pemerintah bisa mensosialisasikan program tersebut kepada para pemuda,  sehingga program-program itu tidak hanya menyentuh pemuda yang dekat dengan lingkaran kekuasaan, " kata Delky.

Tokoh pemuda setempat,  Misran ST secara tegas menyatakan dirinya sangat berharap pemerintah dapat memberikan perhatian khusus untuk pemberdayaan pemuda.

"Selain itu kami juga sangat maklum dengan keterbatasan kanda Rafli sebagai anggota DPD-RI namun alhamdulillah kanda Rafli tidak lupa dengan masyarakat setempat, " ujar salah satu pemuda lainnya.

 "Sejak dulu saya tolak hal-hal yang merusak lingkungan seperti p penebangan kayu dan pertambangan yang hanya akan menghadirkan bencana. Buktinya kita selama ini lagu-lagu kita sangat banyak yang bicara persoalan lingkungan, karena hampir semua lagu-lagu kita pada hakikatnya bermuatan politik," papar Rafli sembari menerangkan maksud dari beberapa lagu karyanya.

Selain itu,  Rafli juga menerangkan fungsi dan tupoksi tugasnya sebagai anggota DPD-RI.

"Tugas saya sebagai anggota DPD RI, mendorong kebijakan-kebijakan pemerintah pusat yang turun ke Aceh.  Setelah turun ke Aceh yang melaksanakan kebijakan terbut yakni eksekutif,  di provinsi ada gubernur di kabupaten ada bupati, " lanjutnya.

Sebagai anggota komite III DPD RI yang membidangi persoalan seni budaya pariwisata dan pendidikan dirinya selama ini insya Allah istiqomah mempromosikan budaya Aceh kepada masyarakat dunia.

Sementara itu,  senator Rafli Kande yang hadir-hadir di tengah masyarakat setempat mengaku dirinya dari dulu tetap masih sama.

" Jadi giliran ambo apo pulo bo sampaikan kadang,  ujen intiak-intek jo, " ungkap Rafli Kande mengundang tawa dari puluhan masyarakat yang hadir.

Rafli menjelaskan terkait perjalanan panjang dari guru hingga seniman dan kerisauannya terkait lingkungan dan sosial masyarakat sejak dulu.

 "Terakhir yang ingin saya sampaikan siapapun calon -calon yang maju pada pilkada Aceh selatan 2018 untuk membuat komitmen tertulis dengan masyarakat setempat untuk menyelesaikan persoalan di masyarakat, jangan sampai masyarakat kita dibodoh-bodohi dengan uang,  kemudian negeri kita dijual kepada investor," pungkas Rafli. [Rill]

Ilustrasi
JAKARTA - Setelah menjalankan aktivitas yang padat sepanjang hari, kita biasanya akan meminum segelas teh atau kopi atau mungkin sandwich keju. Tapi, ketika tubuh kita lelah, sangat penting untuk kembali mengisinya dengan makanan sehat untuk memulihkan tenaga.

Mengonsumsi kafein bukanlah pilihan terbaik karena dia hanya bisa meningkatkan tenaga untuk sementara. Dikutip dari Times of India, berikut sejumlah makanan yang bisa membantu mengisi perut Anda sekaligus mengisi ulang energi Anda.

1. Oatmeal
Gandum utuh adalah makanan yang memberikan energi. Sebuah kajian dari International Journal of Food Sciences and Nutrition menemukan bahwa orang yang menyantap sarapan yang kaya karbohidrat kompleks merasa lebih bertenaga daripada mereka yang hanya menyantap lemak untuk sarapan. Oatmeal kaya protein dan serat yang membantu menstabilkan gula darah sepanjang hari. Oatmeal yang disantap di saat santai juga memiliki manfaat.

2. Kacang
Kacang terbukti menjadi camilan sehat yang membantu mengurangi kelelahan. Kacang mengandung lemak yang seimbang secara sehat dan protein. Makanan ini juga menjaga gula darah tetap seimbang dan membantu mempertahankan level energi Anda.

3. Sayuran hijau
Sayuran hijau mengandung protein, serat dan antioksidan. Kombinasi tiga nutrisi ini membantu meningkatkan energi. Beberapa di antaranya adalah bayam, lettuce, kale dan kubis.

4. Telur
Telur mengandung Vitamin B kolin, yang bisa meningkatkan memori mental dan verbal. Sebuah kajian yang dilakukan International Journal of Obesity menemukan bahwa orang yang makan telur memiliki level energi yang lebih tinggi dibanding yang tidak.

5. Kari (dengan kunyit)
Kari yang mengandung kunyit baik untuk Anda, terutama ketika Anda merasa lelah karena makanan ini mengandung bahan aktif yang disebut curcumin, yang meningkatkan kesehatan mental Anda serta meningkatkan level energi Anda secara keseluruhan.

6. Salmon
Salmon adalah ikan kaya protein yang dibutuhkan untuk meningkatkan energi dan membakar metabolisme. Nyatanya, asam lemak di dalam salmon bisa membantu mengurangi peradangan yang bisa menyebabkan kelelahan. Protein dalam salmon mempercepat metabolisme yang meningkatkan energi.

7. Buah-buahan berry
Sebuah kajian dari Tufts University menemukan bahwa buah-buahan jenis berry bisa meningkatkan kemampuan gerak dan meningkatkan memori. Berry juga sumber karbohidrat yang sehat yang memberikan energi untuk Anda. Blueberry mengandung antioksidan yang memerangi radikal bebas yang bisa melukai sel dan menyebabkan kelelahan.

8. Pisang
Pisang kaya karbohidrat kompleks, gula alam dan asam amino yang membuatnya menjadi pilihan hebat untuk meningkatkan energi. Menurut Rice University, pisang juga mengandung tirosin, asam amino yang membantu memproduksi norepinefrine, yang membantu meningkatkan level kewaspadaan Anda.

9. Air
Terkadang, dehidrasi bisa menjadi penyebab kelelahan Anda. Meninum segelas air ketika Anda merasa lelah bisa meningkatkan level energi dan membuat Anda merasa lebih baik.

10. Alpukat
Alpukat mengandung lemak sehat dan asam lemak yang sama-sama membantu meningkatkan level energi kita. Asam lemak bisa membantu peradangan yang terkait kelelahan.

11. Almond
Almond kaya magnesium. Magnesium membantu mengubah gula menjadi energi.

12. Tips
Lebih baik Anda memilih menyantap makanan utuh ketimbang snack batangan bergula untuk menjaga level energi Anda. (Sindo)

Sigli - Dewan Pimpinan Daerah - Ikatan Keluarga Anti Narkoba Kabupaten Pidie (DPD IKAN Pidie) yang dihadiri oleh Maimun, SP, M.Si (Pemegang Mandat Pembentukan IKAN Pidie), Zulvan, S.Kom (Ketua IKAN Pidie), Rahmad Irfan, ST (Wakil Ketua) dan jajaranya memanfaatkan momentum lebaran Idul Fitri 1438H dengan bersilaturahmi ke  kediaman Bupati Pidie terpilih Roni Ahmad yang akrab disapa Abusyik, kamis (29 Juni 2017).

Pada momentum lebaran ini pertemuan DPD IKAN Pidie dengan Abusyik juga membahas permasalahan narkoba di Pidie yang semakin marak dan mewabah terutama di kalangan generasi muda Pidie.

Abusyik sangat prihatin melihat kondisi permasalahan narkoba saat ini. Abusyik juga memberikan kesempatan kepada IKAN Pidie untuk memaparkan program - program sosialisasi pencegahan bahaya narkoba yang akan direalisasikan.

Pada kesempatan tersebut Zulvan, S.Kom selaku Ketua DPD IKAN Pidie memanfaatkan momentum tersebut meminta kepada Bupati terpilih untuk sama-sama bersinergi dalam memberantas dan mencegah bahaya narkoba dengan melibatkan seluruh stakeholder dan elemen masyarakat.

Zulvan juga sangat berharap adanya dukungan yang konkrit dari Bupati Pidie terpilih terhadap kegiatan sosialisasi dan pencegahan bahaya narkoba yang merupakan kegiatan utama dari IKAN Pidie.

Ketua IKAN Pidie juga meminta dukungan dari Tokoh Masyarakat,  Agama dan juga pimpinan Dayah yang hadir pada pertemuan tersebut untuk bersinergi dalam mencegah bahaya narkoba.

"Kita harus bersatu dalam mengahadapi ancaman bahaya  narkoba dan kalau semua elemen bangsa ini bisa kita sinergikan IKAN yakin kita bisa minimalisirkan penyalahguna  narkoba di Pidie," ungkap Zulvan.

Abusyik selaku Bupati Pidie terpilih juga meminta kepada elemen masyarakat agar sekarang lebih pro aktif ikut mendukung serta membantu dalam pencegahan dan pemberantasan narkoba di Pidie terutama di setiap desa yang ada di kabupaten pidie.

"Warga desa jangan biarkan penyalahgunaan dan peredaran narkoba di lingkungannya dengan leluasa mengedar narkoba," ujar Abu Syiek

Dalam pertemuan tersebut pemegang mandat pembentukan IKAN Pidie Maimun, SP, M.Si sangat mengapresiasi terjalinnya komunikasi yang intens serta komitmennya Abusyik dalam memberantas narkoba di Pidie. Komunikasi seperti inilah yang diharapkan bisa terus terbangun guna menyelamatkan Pidie dari bahaya narkoba.

Pada akhir pertemuan Abusyik menyampaikan siap memberikan dukungan kepada IKAN Pidie terhadap program - program soosialisasi bahaya narkoba.{NAJMI}

Jantho - Ketua DPRK Aceh Besar, Sulaiman SE dikediamannya Lam Ara, Samahani, Aceh Besar kamis (29/6/2017) mengundang para pemuda yang tergabung dalam DPP Basirah Indonesia (Dewan Pengurus Pusat Barisan Sirah Indonesia).

Dalam diskusi tersebut dihadiri oleh Ustad Irawan Abdullah (DPRK dari PKS), Musyarifsyah (Ketua DPP Basirah Indonesia), Mukhtar Ali (Ketua Ekonomi Kreatif), Riri Isthafa Najmi (Ketua Kaderisasi Dan Pembinaan Generasi Muda), Muhammad Sahar, Dedi Saputra, dll.

Sulaiman SE menyampaikan bahwa kondisi kriminalitas dan krisis sosial yang menimpa kabupaten Aceh Besar saat ini adalah narkoba.

"Saya sangat terkejut ketika beberapa data mengatakan bahwa Montasik merupakan daerah terparah yang banyak melakukan transaksi jual-beli narkoba. Kemudian saya menggerut dahi ketika mendengar di posisi nomor 2 adalah Samahani, kampung saya," katanya

Oleh karenanya katanya, dia sangat mengapresiasi para pemuda dari Basirah Indonesia yang begitu konsen dan intens untuk mewujudkan daerahnya dalam mensosialisasi, menyelamatkan dan memberantas narkoba melalui silaturahmi dan komunikasi dari beberapa tokoh.

Kemudian katanya "Saya sangat mendukung penuh (sambil menunjukkan 2 jari). Kalau satu jari mendukung dan dua jari pertanda saya siap mendukung penuh gerakan kemanusiaan ini.

DPRK Aceh Besar siap anggarkan dana rehab dalam pembahasan 3 jt/klien," pungkas Sulaiman dengan semangat

Adapun ketua DPP Basirah Indonesia, Musyarifsyah S. Pd. I mengatakan bahwa silaturahmi dan komunikasi dengan pihak pemangku kebijakan daerah sangat penting dalam mengkampanyekan dan mensosialisasikan bentuk gerakan anti narkoba ini secara nyata.

"Sebelumnya kita sudah bersilaturrahim dan bangun komunikasi dengan Bupati terpilih, Pak Mawardi Ali. Dalam diskusi tersebut beliau sangat siap membantu dan mendukung untuk terbentuknya BNKK Aceh Besar (red: Badan Narkotika Nasional Kabupaten) Aceh Besar," kata Musyarif

"Sekarang kita sudah komunikasi dengan ketua DPRK (read: Pak Sulaiman). Beliau juga siap mendukung penuh gerakan kemanusiaan ini. InsyAllah kita tetap terus mengawal dan siap membangun komunikasi yang intensif dengan para pengambil kebijakan daerah kita, guna menyelamatkan generasi muda dari bahaya laten narkoba," tutup pemuda alumni UIN Ar-Raniry tersebut.{NAJMI}

Dua sindikat narkoba antar provinsi yang dibekuk Unit Reskrim Polsekta Percut Seituan. Ada 49 bal ganja yang disita dari dua tersangka (tengah).
Medan - Satu dari dua anggota sindikat narkoba antar-provinsi ditembak polisi, Kamis (29/6). Selain meringkus tersangka, petugas mengamankan barang bukti 49 bal ganja seberat 49 kg.

“Ganja tersebut berasal dari Aceh. Tersangka Zainuddin,49 dan Andriansyah,27, keduanya penduduk Jalan Klambir V, Medan,” kata Kapolsek Percut Sei Tuan Kompol P Hutahean.

Disebutkan Hutahean, kedua tersangka ditangkap di Jalan Klambir V, Gang Teluk,Kelurahan Tanjung Gusta, Kecamatan Medan Helvetia.

Awalnya petugas mendapat informasi dari warga adanya pengiriman ganja dari Aceh menuju Medan. Lalu, sejumlah petugas melakukan penyelidikan dan meringkus kedua tersangka.

Tersangka tak menduga bahwa aktivitas mereka melakukan bongkar muat sedang dipantau. Petugas langsung menyergap kedua tersangka saat melihat puluhan bal diturunkan dari mobil.

Namun, tersangka Zainuddin melakukan perlawanan dan berusaha kabur saat ditangkap. Petugas langsung menembak kaki kiri tersangka.

“Kasus ini masih dalam pengembangan. Kedua tersangka diperiksa penyidik,”tutupnya.[poskotanews.com]

Ilustrasi
Lampung - Kepolisian Daerah (Polda) Lampung melibatkan Kepolisian Resor (Polres) Lampung Selatan menggagalkan pengiriman 110 kilogram daun ganja kering saat pemeriksaan barang terlarang kawasan pelabuhan (seaport interdiction) Pelabuhan Bakauheni.

"Kami berhasil menggagalkan pengiriman 110 kilogram daun ganja kering dengan pelaku memanfaatkan kepadatan penumpang pada mudik Lebaran," kata Kapolda Lampung Inspektur Jenderal Pol. Sudjarno di Bakauheni, Lampung Selatan, Kamis.

Dia mengatakan, pengiriman daun ganja kering ini menggunakan mobil merek Toyota Rush warna putih bernomor polisi B 1473 NQG, yang disembunyikan pada dinding pintu dan jok mobil.

Dari hasil pengungkapan tersebut, ia mengemukakan, petugas berhasil mengamankan tersangka Iwan Kurniawan (24) warga Bojong Menteng, Kecamatan Rawalumbu, Bekasi, Jawa Barat, yang berdasarkan keterangannya bahwa aksi itu diminta oleh seseorang bernama Capung.

Berdasarkan keterangan tersangka, Sudjarno menyatakan bahwa diminta oleh rekannya Capung untuk mengantarkan ganja ke Bekasi, Jawa Barat, dengan upah Rp20 juta.

Kurniawan mengajukan pula keterangan bahwa sebelumnya sempat menolak permintaan Capung, yang kini termasuk daftar pencarian orang (DPO).

"Tersangka menerima telepon dari Capung dan disuruh ke minimarket Muara Enim, jika menerima, dan langsung diterima oleh tersangka," katanya.

Oleh karena itu, Kapolda Lampung menyatakan, petugas di Pelabuhan Bakauheni langsungmelakukan pengembangan, dan menangkap tersangka lainnya bernama Kamaludin di depan Indomaret Terminal Merak, Provinsi Banten.

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat dengan Pasal 114 ayat 2 Sub Pasal 112 ayat 2 UU RI No.35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman penjara maksimal 20 tahun.

Sudjarno mengatakan untuk mengantisipasi hal serupa, maka Polda Lampung telah meminta bantuan kepada Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia (Mabes Polri) untuk mengirimkan lima anjing pelacak (Canineae atau K9).

"Harapannya dengan adanya anjing ini bisa mengendus keberadaan narkoba, dan pengaman diperketat untuk menghindari kasus serupa," demikian Inspektur Jenderal Pol. Sudjarno.(ANTARA)

TANJUNGBALAI ASAHAN - Seorang pemuda yang diduga sebagai maling sepeda motor tewas dihajar massa, Selasa (27/6) sekitar pukul 19:30 WIB.

Mayat pria tanpa identitas yang diprediksi berusia 25 tahun itu ditemukan dengan kondisi wajah penuh luka dan lebam.

Setelah sempat mendapatkan perawatan medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Haji Abdul Manan Simatupang (HAMS) Kisaran, pria tersebut akhirnya mengembuskan napas terakhir.

Adapun ciri-ciri MR X tersebut berambut ikal, mengenakan celana jeans hitam, baju kaus hijau tali pinggang kain hijau, kuning, merah merk Kid Rook dan celana dalam abu-abu merk GT Man.

Petugas IGD Rumah Sakit HAMS Kisaran dr Hotmauli mengatakan, mereka menerima pasien malang ini setelah diserahkan anggota Polsek Labuhan Ruku.

Sayangnya upaya penyelamatan pria malang ini dokter tak berhasil.

Terpisah, Kapolsek Labuhan Ruku AKP M Harahap, Rabu (28/6) saat dikonfirmasi wartawan mengatakan, diduga mayat Mr X sebelum tewas terlebih dahulu dihakimi warga karena dicurigai baru saja mencuri sepedamotor Jupiter BK 6104 OQ.

Terungkapnya kejadian tersebut, ketika pelaku berhenti mengisi bahan bakar minyak (BBM) eceran di Dusun V, Desa Karang Baru, namun tak mempunyai uang. 
 
Tak lama kemudian datang dua orang pria menghampiri pelaku ini dan meneriakinya maling hingga akhirnya dia lari ke arah perkebunan sawit dan berhasil diamankan warga sebelum diserahkan ke Polsek Labuhan Ruku.

“Jadi kondisinya sudah buruk. Petugas berusaha menolongnya dengan membawa ke Puskesmas, kemudian dirujuk ke Rumah Sakit HAMS Kisaran. Setelah mendapat perawatan, akhirnya pria tanpa identitas itu mengembuskan nafas terakhinya di ruang IGD,” kata Kapolsek, seperti dilansir Metro Asahan (Jawa Pos Group) hari ini.

Masih kata Kapolsek, barang bukti sepeda motor sudah diamankan dan saksi-saksi sudah dimintai keterangan.

Karena tidak memiliki identitas maka mayat MR X itu ditempatkan di ruang instalasi jenazah RSUD HAMS Kisaran dan bagi masyarakat yang kehilangan anggota keluarga atau yang mengenali bisa menghubungi Polsek Labuhan Ruku,” jelasnya.

“Kami minta bantuan masyarakat, sekali lagi jika ada yang mengenali ciri-ciri itu segera hubungi Polsek Labuhan Ruku,” ulangnya. (JPNN) 

Jakarta - Isu perombakan kabinet kembali mencuat. Dari yang beredar di kalangan awak media, salah satu yang muncul akan direshuffle adalah Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.


Politikus Partai Gerindra Elnino M Husein Mohi mengatakan, soal reshuffle, sepenuhnya hak Joko Widodo sebagai presiden.

"Jika menurut Pak Joko Widodo, panglima patut diganti, itu hak prerogatifnya sebagai presiden," ujarnya kepada JawaPos.com, Kamis (29/6).

Namun dia menyarankan agar pergantian itu berdasarkan kajian yang sudah benar-benar matang.

"Yakni untuk kepentingan bangsa dan negara, bukan untuk kepentingan politik sesaat saja," tegas Elnino.

Dia pun mempertanyakan alasannya jika Jokowi merombak kembali susunan kabinetnya. “Apa presiden tidak capek gonta-ganti anggota kabinet terus,” imbuhnya.

Sebab jika Jokowi terus mengganti susunan kabinetnya, kata Elnino itu membuktikan bahwa pemilihan para pembantunya di awal tidak lah tepat.

"Bukankah gonta-ganti menteri menunjukkan bahwa ada kekeliruan presiden di saat dulu mengangkatnya? ya semoga tidak keliru-keliru lagi, Pak Presiden," pungkas legislator asal Gorontalo itu. (JPG)

Aceh Timur - Satuan Reserse Kriminal Polres Aceh Timur bersama Polsek Peureulak, pada Rabu (28/06) sore berhasil mengungkap sekaligus mengamankan Safar Wan Bin M. Kasim (46) warga Desa Meunasah Me, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe tersangka yang diduga sebagai pelaku tindak pidana pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) yang terjadi pada Minggu (25/06) di Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA) BandaAceh.

Kasat Reskrim Polres Aceh Timur, AKP Parmohonan Harahap mengatakan, penangkapan tersangka dilakukan saat Polsek Peureulak menggelar razia rutin di depan polsek pada pukul 15.30 WIB, saat tersangka yang mengendarai mobil Toyota Rush Nomor Polisi BL 778 AN ikut dihentikan oleh petugas untuk dilakukan pemeriksaan. Anggota yang melakukan pemeriksaan dan mengetahui tentang adanya kendaraan yang hilang beberapa hari lalu di wialyah hukum Polresta Banda Aceh sekaligus curiga dengan keberadaan mobil tersebut meminta tersangka diamankan terlebih dahulu sambil berkoordinasi dengan Satreskrim Polresta Banda Aceh. Setelah dilakukan introgasi tersangka mengaku bahwa mobil tersebut hasil pelarian dari RSUZA.

Kepada kami tersangka mengaku, pada hari Minggu (25/06) sekira pukul 23:00 WIB ia sedang berada di RSUZA untuk menjenguk temanya yang sakit.

Saat hendak pulang, tersangka menemukan 1 (satu) buah kunci mobil di selasar UGD RSUZA dan diambilnya.

Pada pagi tadi tersangka berniat akan membawa mobil tersebut ke daerah Langsa, namun upaya tersebut berhasil kami gagalkan.

Saat ini, tersangka berikut barang bukti mobil Toyota Rush warna hitam Nomor Polisi BL 778 AN sudah kami amankan ke polres sambil menanti penyidik dari Polresta Banda Aceh untuk menjemputnya, terang Kasat Reskrim Polres Aceh Timur, AKP Parmohonan Harahap. (Iwan/SA).

Andrea Dovizioso saat memimpin balapan MotoGP Italia 2017. (Ducati)
Sport - Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, secara mengejutkan mampu memimpin klasemen sementara MotoGP usai finis kelima di MotoGP Belanda, akhir pekan lalu. Namun, hal itu tak lantas membuatnya sesumbar jelang gelaran MotoGP Jerman.

Dovi kini unggul empat poin atas pembalap Yamaha, Maverick Vinales, yang berada di posisi kedua. Selisih poin tersebut jelas belum membuatnya aman.

Meski begitu, dia tetap percaya diri mampu mempertahankan posisinya pada balapan terakhir sebelum jeda musim panas. Terlebih, musim lalu pembalap asal Italia ini mampu naik podium di Sachsenring setelah finis di posisi ketiga.

"Trek di Sachsenring selalu menyulitkan kami di masa lalu. Tapi, kini trek sudah diperbaiki dan akan menjadi sesuatu yang baru untuk semua pembalap," kata Dovi dikutip Crash.

"Saya juga datang ke Jerman dengan perasaan bahagia setelah menjadi pemimpin klasemen. Tapi, saya tak ingin sesumbar, juga tak akan mengubah gaya balap saya. Yang pasti saya akan berusaha mendapatkan hasil terbaik di Jerman," jelasnya.

Dengan prestasi pembalap asal Italia itu sejauh ini berhasil menjadi pembalap Ducati pertama yang mampu memimpin klasemen setelah terakhir dilakukan oleh Casey Stoner pada 2009. (viva)

Ilustrasi
KUTACANE - Nasruddin (45) warga Desa Titi Mas, Kecamatan Babu Rahmah, Aceh Tenggara tega membunuh ibu kandungnya, Mise (70).

Ia memutilasi ibunya, Kamis (29/6/2017) dini hari, sekitar pukul 01.00 Wib

Warga yang mengetahui peristiwa itu, melaporkan pelaku ke polisi. Saat mau ditangkap, pelaku melawan sehingga polisi menembak bagian kaki Nasruddin.

Polisi sempat membujuk pelaku untuk meletakan parang yang dipakai membunuh ibunya.

Kepala Desa Titi Mas, Ilham, kepada Serambinews.com, Kamis (29/6/2017) menjelaskan, selama ini pelaku  mengalami depresi, karena dua kali menikah dan dua kalinya ditinggalkan istrinya.

Pada saat itu, pelaku yang tinggal bersebelahan rumah dengan ibu kandungnya datang menendang pintu, lalu mengangkat korban yang sudah lanjut usia dan sakit - sakitan itu diletakkan di tanah.

Di saat itu ada warga yang melihatnya dan menegurnya, karena warga takut pelaku memegang parang, mereka pun masuk.

Di saat itulah, pelaku, Nasaruddin, mengorok leher ibunya dengan parang dan kemudian memutilasinya.(Sermbinews)

Tapaktuan - Anggota Komite III DPD-RI Rafli Kande kembali menginjakkan kakinya di bumi Manggamat Kluet Tengah,  Rabu Malam (29/01/2017). Kehadiran Rafli ke Manggamat kali ini bukan lah yang pertama kalinya, namun untuk kesekian kalinya.  Akan tetapi kali ini Rafli didampingi langsung oleh tokoh muda Aceh yang kini menjabat komisioner KKR,  Dr.  Fajran Zain,  MA.

Pada acara silaturrahmi yang berlangsung di lapangan depan asrama pemuda gampong Koto,  kemukiman Manggamat kecamatan Kluet Tengah itu, Rafli Kande mengatakan dirinya mengenang sejarah silamnya, sebelum menjadi seniman, tempo hari dirinya pernah berkebun di Manggamat. Ia bercerita bagaimana rintangan yang harus dilintasinya berjalan kaki dari Paya Teuk kecamatan Pasieraja menembus pergunungan menuju Manggamat.

"Dulu hasil perkebunan dan pertanian di Manggamat ini sangat luar biasa," ujar Rafli.

Rafli mengaku dirinya sedih ketika datang ke sekian kalinya ke Manggamat jalan dari Kota Fajar ke Manggamat saja kondisinya sangat memprihatinkan. Sementara hasil alam Manggamat terus di kuras di bawa keluar.

"Tadi tidak sengaja saya berjumpa dengan keuchik Gampong Simpang Dua, saya tanyakan kepada beliau apakah kopi Manggamat masih ada, kalau masih saya ingin pesan kopi tersebut. Lalu beliau menjawab tidak ada lagi sekarang," ujar Rafli merasa prihatin.

Rafli juga mengaku dirinya sangat risau dengan apa yang menimpa Manggamat selama ini,  dimana hasil alam terus dikuras namun masyarakat kecil justru mendapat dapat bencana. 

"Kebijakan-kebijakan yang merusak alam hingga menghadirkan bencana banjir,  kebijakan yang tidak pro rakyat jangan lagi dilanjutkan.  Saya minta mulai dari pemerintahan pusat,  Gubernur terpilih bapak Irwandi yang selama ini sangat peka dengan persoalan lingkungan,  hingga pemerintah kabupaten untuk menghentikan izin perusahaan pertambangan di Manggamat, " teriak Rafli lantang disambut tempuk tangan oleh masyarakat yang hadir.

Sementara itu, Direktur Aceh Institute Dr.  Fajran Zain MA secara tegas mengatakan, dimana-mana kehadiran perusahaan pertambangan tidak membawa dampak signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat.
Misalkan di Aceh Utara yang dulunya dikenal sebagai negeri petro dolar penghasil migas,  namun setelah puluhan tahun hasilnya dikuras, masyarakat sekitar masih banyak yang hidup dalam kemiskinan,  dan yang tersisa hanyalah besi tua.

"Pertambangan hanya memberikan keuntungan besar kepada para investor atau pengusaha,  kemudian sebagian biasanya mengalir kepada para pejabat.  Sementara masyarakat justru terkadang tak mendapat apa-apa, hanya bencana dan debu saja, " terang doktor lulusan Australia tersebut.
Meskipun pertama kali nya menginjakkan kaki di tanah Manggamat,  Fajran mengaku prihatin dengan kondisinya.

"Tadi menuju kemari bersama rombongan, dinda Delky mengatakan jalan rusak yang kami lewati ini juga bagian dampak kendaraan truk perusahaan dengan beban berat yang melintasi jalan masyarakat, dan sejak 2012 dirinya ke Manggamat hingga detik ini pemerintah juga belum memperbaikinya. Hal seperti ini sungguh memprihatikan,  alamnya dikuras masyarakat justeru mengalami penderitaan. Maka sudah semestinya,  pemerintah menghentikan kegiatan perusahaan pertambangan dan kayu di Manggamat,  serta membangun akses jalan lintas Manggamat-Kluet Utara," pungkasnya.

Berdasarkan ama an dilokasi,  meskipun hujan seribuan masyarakat terlihat begitu antusian untuk mengikuti acara ini.  Acara ini juga di si dengan tampilan seni dari muda-mudi setempat.  Setelah acara tersebut,  senator Rafli dan Dr.  Fajran Zain beserta rombongan terlihat melanjutkan ngopi bareng dengan pemuda setempat di warung yang berjarak tidak jauh dari lokasi.  []

Dikhianati Cinta, Si GAM  Bakar Inong Dengan Bom Molotov
Dalam konfrensi pers di Polres Lhokseumawe Rabu (28/6) kemarin, Kasat Reskrim Polres Lhokseumawe AKP Budi Nasuha Waruwu menunjukkan Mr seorang pelaku yang membakar Maryani, 21 dengan dilempari bom molotov bersama barang bukti dua botol bom molotov dicampur gula pasir

LHOKSEUMAWE-  Terhitung dalam rentang waktu 11 jam pasca kejadian seorang wanita Maryani yang dilempari bom molotov di Desa Meunasang Blang Kandang Kecamatan Muara Satu, Rabu (28/6) kemarin Kasat Reskrim Polres Lhokseumawe AKP Budi Waruwu Nasuha berhasil membekuk pelakunya berinisial Mr dikawasan Pasar Inpres setempat. 

Akibat kejadian tersebut, menyebabkan Korban Maryani yang terkena bom molotov yang dicampur gula pasir itu mengalami luka bakar cukup serius disekujur tubuhnya dan masih mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit Kesrem 011/Lilawangsa di Jalan Islandar Muda Kecamatan Banda Sakti. 

Sementara itu, demi mengungkap tuntas kasus tersebut Kasat Reskrim Lhokseumawe AKP Budi Nasuha Waruwu turun tangan langsung dalam memburu dan menangkap pelaku yang bersembunyi dikawasan Pasar Inpres Jalan Listrik Kec. Banda Sakti. 

Namun tidak segampang itu pula, lantaran setelah berhaasil menangkapmya AKP Budi Nasuha Waruwu juga harus berjuang menyelamatkan nyawa pelaku dari serangan balas dendam pihak keluarga korban yang tak terima kejadian tersebut. 

Hal itu diungkapkan, Kasat Reskrim Lhokseumawe AKP Budi Nasuha Waruwu dalam konfrensi Pers yang digelar di Polres Lhokseumawe, Rabu (28/6) kemarin. 

"Kasus ini motifnya karena hubungan asmara. Si pelaku sakit hati merasa cemburu hingga nekad membakar korban dengan menggunakan bom molotov. Bahkan sebelumnya korban sempat diancam akan dibakar oleh pelaku disaat sedang merasa cemburu," ujarnya

Kasat mengatakan kronologis kejadian itu berawal dari rasa cinta mati pelaku terhadap korban hingga saban hari merasa sangat cemburu bila Maryani mencoba bergaul atau mencoba berhubungan dengan pria lain. 

Akan tetapi pihak keluarga korban tidak setuju Maryani menjalin hubungan kasih dengan Mr yang memiliki pergaulan liar dan aktifitasnya yang diduga menjurus ke dalam dunia mafia. 
Ketika itu, sekira pukul 03.00 wib dini hari, Selasa (26/6) lalu,  Maryani yang baru saja pulang dari rumah saudaranya di Gampong Keude Geudong Kecamatan Samudera untuk bersilahturahmi. 

Kemudian, Maryani duduk didepan teras rumahnya sambil makan lontong. Tiba-tiba Mr mendadak muncul didepannya dan tanpa ada basa-basi langsung melempari bom molotov ke tubuh Maryani. 

Parahnya, bom molotov yang terbuat dari botol minuman soda yang dicampur dengan gula pasir membuat api lengket disekujur tibuh Maryani, hingga menderita luka bakar serius katagori stadium 4 dibagian kepala, tangan, hingga punggungnya.

Beberapa jam setelah melakukan evakuasi korban pasca kejadian, pihak keluarga korban langsung membuat laporan polisi. 

Tanpa perlu membuang waktu, Kasat Reskrim AKP Budi Nasuha Waruwu terjun ke lapangan dan tak lama usai melakukan olah tkp langsung berhasil mengendus keberadaan pelaku yang sempat menghilang dikawasan pedalaman Kabupaten Aceh Utara. 

Namun dengan menggunakan akal cerdik, Kasat berhasil menggiring pelaku turun dan bersembunyi dikawasan Pasar Inpres Jalan Listrik hingga berhasil ditangkap tanpa bisa melakukan perlawanan. Berikut barang bukti dua botol soda water yang sudah dicampuri gula pasir dan diberikan sumbu apinya. 

"Kasus ini akan diproses secara hukum. Korban mengalami luka cukup serius dan cacat. Atas tindakan keji ini, pelaku terancam hukuman diatas lima tahun penjara. Kami juga masih berusaha menyelamatkan pelaku dari serangan keluarga korban," terangnya. 

Sementara pelaku Mr kepada Waspada menerangkan dirinya melakukan tindakan itu karena dibakar api cemburu dan dibawah pengaruh dosis  narkoba. Sehingga Mr mendapatkan cara membuat bom molotov dari jaringan internet untuk membuat korban menderita cacat seumur hidup. 

" Saya tidak menyesal dan merasa sudah puas melakukan itu. Karena dia mengkhianati cinta saya.  Awalnya pernah kedapatan dia bersama pria lain tapi saya maafkan. Namun dia mengulangi kesalahan yang sama," tegasnya. (Red/ZA)


LANGSA- Para jaringan narkoba seakan tidak pernah berhenti berupaya memasok barang haram ke Lapas maupun rutan.

Berbagai momen dan kesempatan mereka manfaat untuk meloloskan narkoba dari pemeriksaan para petugas sipir lapas.
Seperti yang terjadi di Lapas Narkotika Langsa petugas Pintu Utama (P2U) lapas yang dihuni oleh terpidana narkotika berhasil menggagalkan upaya penyeludupan sabu-sabu seberat satu sak kedalam lapas narkotika.

Kepada redaksi Kalapas Narkotika Langsa Amiruddin menuturkan kronologis upaya penyeludupan narkoba tersebut.
Tepatnya lebaran ketiga, Selasa (27/6/2017) Sekiranya pukul 16:00 WIB diantara ramainya pengunjung yang datang membezuk napi keluarganya,seorang pengunjung menitipkan bungkusan berisi makanan pada petugas P2U.

Setelah menitipkan bungkusan berisi makanan ringan yang ditujukan pada napi didalam lapas narkotika,sang pemgunjung pergi berlalu meninggalkan lapas.

Petugas P2U kemudian melakukan pemeriksaan secara teliti satu persatu makanan yang terdapat dalam bungkusan tersebut,alhasil didalam salahsatu bungkus makanan ringan ditemukan sabu seberat satu Sak.

Setelah itu petugas melaporkan hasil temuannya pada kalapas serta lansung memanggil napi yang dititipkan makanan tersebut, setelah di introgasi akhirnya Nawawi warga Langsa terpidana 4 tahun dalam kasus narkoba mengakui jika barang haram tersebut adalah miliknya.

“ Mencegah masuknya narkoba kedalam lapas merupakan tugas kami jadi itu adalah hal biasa,sekarang napi nawawi telah kita serahkan pada pihak kepolisian untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya “, ujar Amiruddin kepada Redaksi melalui sambungan telepon selulernya,Rabu (28/6/2017).


Redaksi: T. Sayed Azhar

Banda Aceh - Dalam acara open house yang dilaksanakan oleh gubernur Aceh terpilih Irwandi Yusuf di kediaman beliau, Lampriet, Banda Aceh kemarin, (selasa 27 Juni 2017) yang di hadiri oleh ribuan masyarakat.

Kegiatan open house merupakan agenda rutin yang di lakukan oleh Irwandi Yusuf setiap tahunnya. Relawan pemenangan Irwandi Yusuf Garda Pemuda Aceh Besar yang juga turut menghadiri kegiatan open house tersebut.

Ketua Garda Pemuda Aceh Besar Muhammad Fahrizal mengatakan bahwa kegiatan open house yang dihadiri oleh berbagai lapisan dan elemen masyarakat Aceh. "Kedatangan ribuan masyarakat menjadi pertanda bahwa mereka menaruh ekspektasi besar terhadap Pemerintah Aceh yang baru," ucap Fahrizal

Masyarakat Aceh sangat mengharapkan kepemimpinan irwandi-Nova nanti dapat memberikan perubahan yang signifikan bagi pembangunan Aceh dengan berbagai program unggulan dalam visi/ misi kampanye beliau dulu.

"Tentu dalam waktu dekat ini irwandi-Nova akan mengimplenmentasikan program 100 hari kerja. Kehadiran masyarakat merupakan bentuk apresiasi dan dukungan untuk pemerintahan baru di Aceh," imbuh M Fahrizal selaku koordinator garda pemuda aceh besar

M Fahrizal mengharapkan agar irwandi mampu untuk menjawab keprihatinan masyarakat dalam berbagai sektor di aceh, baik pendidikan, ekonomi dan kesehatan.

"Tentu dengan keberhasilan pembangunan merupakan cara membelanjakan otsus secara tepat sasaran dan akurat guna membangun di seluruh sektor, baik pendidikan, ekonomi, kesehatan, dll," tutup M fahrizal.

*{NAJMI}*

Aceh Timur-Aparat Kepolisian Sektor (Polsek) Madat, berhasil menangkap seorang tersangka dengan dugaan kepemilikan narkotika jenis ganja dari sebuah gubuk di Desa Rambong Lop, Selasa (27/06) malam.

Kapolsek Madat, Ipda Hendra Sukmana mengungkapkan, tersangka adalah Hasrul Zulmi Bin Alm Ramli (32) warga Deas Blang Uyok, Kecamatan Julok. Ungkap Kapolsek.

Lebih lanjut Kapolsek mengatakan, pengungkapan kasus tersebut bermula saat 4 (empat) anggota kami sekira pukul 20.00 WIB dengan menggunakan kendaraan dinas melakukan patroli wilayah, ketika melintas di lokasi penangkapan, anggota kami melihat ada 2 (dua) orang berdiri di samping gubuk.

Melihat kendaraan patroli, keduanya berusaha melarikan diri dan satu diantara mereka membuang tas ransel. Anggota kami yang curiga langsung melakukan pengejaran dan berhasil menangkap tersangka sedangkan kawanya, SUH warga Aceh Utara berhasil lolos dari sergapan petugas.

Saat diminta mengambil dan membuka tas yang dibuang, di dalam tas tadi berisikan daun ganja kering berikut biji dan tangkai ganja yang dibungkus dengan kertas koran.

Saat ini tersangka berikut barang bukti sudah kami amankan ke polsek guna kepentingan pengembangan dan penyidikan lebih lanjut, terang Kapolsek Madat, Ipda Hendra Sukmana. (Iwan/SA)

*Bupati Aceh Besar Dukung Segera Terbentuknya BNNK*

Aceh Besar - Provinsi Aceh yang dikenal dengan nanggroe serambi mekkah dan daerah syariat islam, ternyata tak terlepas dari maraknya kasus kriminal dan krisis sosial, tak terkecuali penyalahgunaan narkoba.

Maraknya kasus kriminal dan maksiat seperti penyalahgunaan narkoba di Aceh, khususnya Aceh Besar juga membuat seluruh komponen dan elemen pemerintah dan masyarakat harus bersinergi guna dapat mencegah dan memberantas narkoba sampai ke akar-akarnya.

Bupati terpilih Aceh Besar, Ir. Mawardi Ali dalam acara open house sembari diskusi di kediamannya di Meunasah Tutong, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar, selasa (27 Juni 2017) dengan mengundang beberapa pemuda yang tergabung dalam Barisan Sirah Indonesia yaitu gerakan generasi muda anti narkoba, sangat mendukung jika Badan Narkotika Nasional juga dibentuk di kabupaten tersebut.

"Saya sangat mendukung dibentuknya BNNK di sini," katanya

Mawardi sebagai bupati terpilih mengatakan bahwa tidak memungkiri peredaran dan penyalahgunaan narkoba di daerahnya sudah sangat memprihatinkan. Narkoba sudah meracuni warga tanpa memadang latar belakang usia, pendidikan, profesi dan perbedaan lainnya.

"Narkoba berbagai bentuk menyerang semua kalangan dan kini juga maraknya di kalangan pelajar dan mahasiswa. Peredarannya tidak hanya di kota, tetapi sudah merambah hingga ke desa-desa dan gampong-gampong di pedalaman Aceh Besar," Ucap Mawardi

Fakta menunjukkan bahwa kasus narkoba merupakan krisis sosial yang perlu kepedulian semua pihak untuk membantu mengatasi masalah ini dalam menyelamatkan generasi penerus bangsa dari bahaya laten narkoba.

"Kami sangat berterima kasih kepada para pemuda yang masih peduli terhadap sesama guna bersinergi dalam menyelamatkan generasi muda yang selama ini terus gencar dihantui oleh narkoba," imbuhnya

Harapan hadirnya BNNK (Badan Narkotika Nasional Kabupaten) di Aceh Besar dengan tujuan agar pemberantasan narkoba di kabupaten ini makin maksimal. Parahnya peredaran dan penyalahgunaan narkoba di kabupaten ini juga harus dihadapi dengan kekuatan besar dan sinergi semua pihak.

Sementara ketua Barisan Sirah Indonesia Daerah Aceh Besar, Abdul Hakim mengungkapkan agar pemerintah Aceh Besar melalui Bupati terpilih harus serius menangani masalah narkoba yang sangat membahayakan masyarakat Aceh Besar.

"Kami sangat berharap agar pemerintah Aceh Besar harus menyegerakan terbentuknya BNNK di Aceh Besar," cetusnya

Melihat kondisi Aceh Besar dengan begitu maraknya pengunaan dan penyalahgunaan narkoba dimana mayoritas penguna narkoba terutama remaja dan anak di bawah umur ini sangat berbahaya bagi kemajuan dan perkembangan Aceh Besar Kedepannya.

"Disinilah pemerintah Aceh Besar harus segera mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk segera dibentuknya BNNK di aceh besar. Kita bisa melihat bagaimana kondisi lapangan sangat di sayangkan dan hancur karena pengaruh narkoba dan banyaknya masyarakat harus rela kehilangan akal sehatnya, saudaranya bahkan mati overdosis disebabkan narkoba," tegasnya

"Kami penyelamat generasi muda dari bahaya narkoba (Basirah Indonesia) mengharapkan penuh BNNK bisa di bentuk segera di Aceh Besar. Kepedulian serius dr pemerintah Aceh Besar bukanlah hanya sebuah retorika tapi yang kami harapkan adalah bukti nyata," harapnya

"Tugas kita bersama yaitu untuk menyelamatkan generasi muda dan bebas dari narkoba. Tujuan agar terbentuknya BNNK ini supaya kita bisa fokus terhadap pemberantasan sarang dan memotong pasar narkoba sekaligus untuk mengajak lapisan masyarakat lintas elemen untuk bergabung dengan kita," tutup Abdul*{NAJMI}*
loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.