Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agam Inong Aceh Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Banjir Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bimtek Dana Desa Bireuen Bisnis Blue Beetle BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya BUMN Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI DPRK Lhokseumawe Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Film Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gaya Hidup Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf Israel IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemanusiaan Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa Lapas Lapas Klas I Medan Lapas Tanjungbalai lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Modal Sosial Motivasi Motogp MPU Aceh Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narapidana Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patani Patroli Pekalongan Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Penelitian Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh Pilkades Pj Gubernur PKI PLN PNL Polisi Politik Pomda Aceh PON Aceh-Sumut XXI Poso PPWI Presiden Projo PT PIM Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebgram Selebriti Senator Sinovac SMMPTN sosial Sosok Sport Status-Papua Stunting Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tol Aceh Tsunami Aceh Turki Ulama Universitas Malikussaleh USA Vaksin MR Vaksinasi Vaksinasi Covid-19 vid Video vidio Viral Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

Tapaktuan - Ikatan Santri Jama'atul Fata Kemukiman Asahan Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan menggelar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Se-Kluet Raya dalam rangka semarak Idul Fitri dan HUT yang ke-23 Jama'atul Fata.

Kegiatan yang berlangsung 3-7 Juli 2017 di Mesjid Ahlusunnah Waljamaah Gampong Jambo Manyang dibuka oleh Bupati Aceh Selatan H. Teuku Sama Indra SH, Senin (3/7/2017) malam. Acara tersebut turut dihadiri Staf Ahli, para Kepala SKPK, anggota DPRK, unsur Muspika Kluet Utara, Pimpinan Ponpes Nurussa’adah, Tgk. Saiful Jamal, Tokoh Masyarakat Kluet Utara dan undangan lainnya.

Bupati Aceh Selatan, Sama Indra dalam sambutannya menyampaikan bahwa sangat mendukung digelarnya MTQ tersebut, karena kitab suci Al-Qur'an merupakan sumber inspirasi yang tidak pernah kering. Semakin kita dalami Al-Qur'an, semakin kita yakin akan kebenaran Al-Qur'an. Semakin kita baca dengan lantunan yang indah, semakin terasa kedamaian dan kesejukan dari pancaran kandungan isinya.

Selain itu, Bupati juga mengatakan bahwa melalui pelaksanaan MTQ Se-Kluet Raya ini, mari kita perkokoh persaudaraan yang selama ini sudah kita rajut dengan baik. Sebab, membangun Aceh Selatan ini tentunya harus didasarkan dengan kekompakan. Apalagi secara tegas Allah SWT di dalam Al-Qur'an telah mengingatkan kita untuk saling menjaga persaudaraan sesama Islam.

Teuku Sama Indra juga mengatakan bahwa MTQ merupakan wahana dan wadah gemar membaca Alquran. "Untuk itu, orang tua harus mampu memberi pendidikan yang baik kepada seluruh anak-anak. Menggalakkan pengajian antara Magrib dan Isya sehingga cita-cita bebas buta aksara Alquran bisa terwujud". ujarnya.

Ia juga mengajak kepada masyarakat supaya memakmurkan mesjid dengan berbagai kegiatan keagamaan. Karena, setiap apa yang ditayangkan di TV dan internet terus menggoda anak-anak. “Bagaimana kita bisa memenajemen anak-anak kita dan gemar membaca Alquran,” harapnya.

Sama Indra berharap dengan kegiatan MTQ ini, semoga bisa melahirkan generasi yang qurani.

Tumbuhnya semangat untuk memahami, menghayati isi Alquran dalam kehidupan sehari-hari. “Mari kita jadi momentum ini bisa menjadi kebangkitan generasi yang qurani,” ajaknya.
Dalam kesempatan tersebut, ia mengucapkan terima kasih kepada Ikatan Santri Jama’atul Fata atas terselenggaranya kegiatan MTQ.

“Selain itu kita telah membentuk Badan Dayah sehingga bisa menginfentarisir seluruh dayah -dayah yang ada di Aceh Selatan,” sebutnya. Bupati Sama Indra lalu meminta kepada Dinas Syariat Islam dan Dinas Pendidikan Dayah agar bisa memikirkan pembangunan pagar komplek Pasantren Nurussa’adah.

Sama Indra secara pribadi pada kesempatan itu turut menyumbang Rp 10 juta untuk pembangunan mesjid Ahlulssunnah Waljamaah Gampong Jambo Manyang dan Rp. 10 juta untuk pembangunan ponpes Narussa’adah Jambo Manyang.

Ketua panitia, Tgk. Lismijar, MA kepada media mengatakan kegiatan tersebut terlaksana berkat adanya dukungan moril dan materil dari pemerintah Aceh Selatan, Camat Kluet Utara, Mukim dan Keuchik Se-Kemukiman Asahan. Panitia berterima kasih kepada semua pihak terutama kepada Bupati Aceh Selatan yang telah bersedia membuka acara dan  memberikan dukungan untuk kesuksesan kegiatan keagamaan ini.

Adapun lomba yang digelar antara lain Tahfiz Qur'an 1 Juz, pidato tingkat remaja serta lomba tilawatil Qur'an antar Kecamatan dalam wilayah Kluet Raya. Pada malam penutup (Jumat, 07 Juli 2017) selain pembagian hadiah juga dirangkai dengan acara zikir bersama dengan Majelis Zikir Nurussa'adah yang dipimpin oleh Tgk. Saiful Jamal.{NAJMI}
loading...
Label: ,

Post a Comment

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.