Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agam Inong Aceh Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Banjir Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bimtek Dana Desa Bireuen Bisnis Blue Beetle BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya BUMN Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI DPRK Lhokseumawe Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Film Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gaya Hidup Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf Israel IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemanusiaan Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa Lapas Lapas Klas I Medan Lapas Tanjungbalai lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Modal Sosial Motivasi Motogp MPU Aceh Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narapidana Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patani Patroli Pekalongan Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Penelitian Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh Pilkades Pj Gubernur PKI PLN PNL Polisi Politik Pomda Aceh PON Aceh-Sumut XXI Poso PPWI Presiden Projo PT PIM Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebgram Selebriti Senator Sinovac SMMPTN sosial Sosok Sport Status-Papua Stunting Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tol Aceh Tsunami Aceh Turki Ulama Universitas Malikussaleh USA Vaksin MR Vaksinasi Vaksinasi Covid-19 vid Video vidio Viral Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

Gubernur Aceh, dr. H. Zaini Abdullah bersama perwakilan unsur Forkopimda memperlihatkan kaos yang diserahkan Founder Darah Untuk Aceh, Nurjannah Husein saat pencanangan Peduli Thalasemia dalam rangka memperingati Hari Thalasemia Internasional di Banda Aceh, Minggu 8 Mei 2016. Humas Setda Aceh/Saiful Azmi
Banda Aceh – Dalam rangka memperingati Hari Thalassemia se-Dunia tahun 2016, Gubernur Aceh, dr H Zaini Abdullah, mencanangkan program Kampanye untuk Thalassemia atau Thalassemia Campaign.

Kegiatan yang dipusatkan di Anjong Mon Mata ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Aceh, Keluarga besar Komunitas Darah untuk Aceh, Pengurus Perhimpunan Orangtua Penderita Thalasemia Indonesia-Aceh, Ketua Palang Merah Indonesia–wilayah Aceh, serta sejumlah relawan, (Minggu, 8/5/2016).

“Pada hari ini bertepatan dengan peringatan Hari Thalassemia se-Dunia, secara resmi saya mencanangan hadirnya Gerakan Thallassemia Campaign atau Kampanye untuk meringankan beban penderita Thalassemia di Aceh. Saya menghimbau seluruh masyarakat Aceh untuk bersama-sama mendukung gerakan ini,” ujar Gubernur.

Untuk diketahui bersama, Thalassemia merupakan penyakit kelainan darah yang ditandai dengan kerusakan pada sel darah sehingga menyebabkan penderita mengalami gejala anemia atau kekurangan darah.

“Bahkan, untuk penderita thalassemia yang bersifat berat, biasanya penangananya dilakukan dengan transfusi darah seumur hidup. Thalassemia bersifat genetik, sehingga perlu langkah bijaksana dan sikap yang telaten dalam menanganinya,” tambah pria yang akrab disapa Doto Zaini itu.

Gubernur menjelaskan, Diperkirakan ada 6 sampai 10 persen penduduk Indonesia merupakan pembawa sifat Thalassemia. Angka tersebut mungkin saja lebih besar karena masih ada penduduk pembawa sifat thalassemia yang tidak terdeteksi, terutama yang tinggal di pedesaan.

Belum terdeteksinya seluruh pembawa sifat Thalassemia ini menjadi salah satu penyebab meningkatnya anak-anak yang lahir dengan menyandang Thalassemia. Doto Zaini meyakini, jika tidak ditangani sejak dini, dari tahun ke tahun jumlah penderita penyakit ini dapat terus bertambah.

“Indikasi itu sudah terbukti di Aceh. Tahun 2013, jumlah penyandang Thalassemia di daerah ini sebanyak 180 orang, tapi pada tahun 2014 bertambah menjadi 255 orang. Kebanyakan dari mereka berusia antara 2 sampai 5 tahun dengan latar belakang keluarga berbeda-beda,” ungkap Doto Zaini.

Gubernur menjelaskan, penyebaran Thalassemia terdapat hampir di seluruh wilayah Aceh. Doto Zaini meyakini, sejauh ini penangannya tetap dilakukan secara medis, meski barangkali ada juga keluarga yang melakukan dengan cara-cara tradisional.

“Hingga saat ini belum ada formula terbaru tentang pola penanganan yang efektif terhadap Thalassemia. Oleh karena itu saya berharap para ahli kesehatan di tanah air dapat menemukan cara yang lebih efektif untuk menangani Thalassemia.”

Namun, Gubernur berpesan agar masyarakat tetap mengedepankan langkah-langkah pencegahan karena hal ini merupakan jalan terbaik agar tidak banyak lagi anak Aceh yang dilahirkan sebagai penyandang thalassemia.

“Salah satunya adalah dengan mendorong masyarakat agar paham dan mengerti tentang penyakit ini. Karena seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati,” pesan Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara itu.

Gubernur Apresiasi Kehadiran Komunitas Peduli Thalassemia
Gubernur juga menyampaikan beberapa langkah yang harus dilakukan dalam rangka mensosialisasikan Thalassemia kepada masyarakat luas. Salah satunya adalah dengan mendirikan sejumlah komunitas seperti Perhimpunan Orangtua Penderita Thalasemia Indonesia atau POPTI Aceh.

Dalam kesempatan tersebut, Doto Zaini menyampaikan apresiasi atas kehadiran komunitas ini, karena POPTI Aceh sangat penting bagi penyandang Thalassemia. Di komunitas ini, para anggota bisa saling berbagi pengalaman, baik itu menyangkut penanganan psikologis maupun penanganan medis.

“Selain POPTI, Komunitas Darah Untuk Aceh juga semakin menunjukkan perannya dalam membantu para penderita thalassemia. Pemerintah Aceh tentu saja mendukung langkah dan kegiatan yang dilakukan Komunitas Darah Untuk Aceh dan POPTI Aceh ini.”

Melalui program Jaminan Kesehatan Rakyat Aceh (JKRA) dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Gubernur selaku Kepala Pemerintahan Aceh berjanji akan tetap memberikan fasilitasi kepada masyarakat yang memerlukan layanan kesehatan, termasuk bagi mereka yang menderita Thalassemia.

Masyarakat harus Berpartisipasi
Dalam kesempatan tersebut, Gubernur mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk memberikan dukungan dan berpartisipasi dengan menyumbangkandarahnya bagi penyandang thalassemia ini.

“Donor darah ini penting menjadi perhatian kita, sebab Aceh masih kekurangan darah sehingga tidak jarang saudara-saudari kita para penyandang thalassemia harus berjuang untuk mendapatkan darah baru.

Melihat kondisi ini, lanjut Gubernur, maka himbauan kepada masyartakat agar lebih aktif dalam kegiatan donor darah menjadi sangat penting. Sebagaimana diketahui, donor darah bukan semata sebuah langkah bijak, karena setelah mendonorkan darah, tubuh para pendonor akan memproduksi darah baru yang lebih segar, bersih dan dan encer.

“Itu sebabnya donor darah penting kita lakukan, selain dapat membantu saudara kita yang membutuhkanya, juga bermanfaat untuk kesehatan pendonor. Saya berharap, setelah gerakan Thalassemia Campaign atau kampanye untuk membantu penderita Thallassemia ini dicanangkan, akan lebih banyak masyarakat Aceh yang aktif menjadi pendonor darah,” harap Doto Zaini.

Gubernur juga berharap, pencanangan gerakan ini dapat membangun hubungan yang harmonis antara pendonor dan penyandang Thalassemia.

Kepada Komunitas Darah Untuk Aceh dan semua pihak yang telah menggagas kegiatan ini, saya ucapkan terima kasih. Mudahmudahan kebersamaan ini semakin memperkuat semangat kita untuk dapat bersama-sama meringankan beban para thallers di Aceh,” pungkas Gubernur Aceh. (Rill)
loading...

Post a Comment

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.