Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agam Inong Aceh Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Banjir Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bimtek Dana Desa Bireuen Bisnis Blue Beetle BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya BUMN Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI DPRK Lhokseumawe Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Film Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gaya Hidup Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf Israel IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemanusiaan Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa Lapas Lapas Klas I Medan Lapas Tanjungbalai lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Modal Sosial Motivasi Motogp MPU Aceh Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narapidana Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patani Patroli Pekalongan Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Penelitian Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh Pilkades Pj Gubernur PKI PLN PNL Polisi Politik Pomda Aceh PON Aceh-Sumut XXI Poso PPWI Presiden Projo PT PIM Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebgram Selebriti Senator Sinovac SMMPTN sosial Sosok Sport Status-Papua Stunting Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tol Aceh Tsunami Aceh Turki Ulama Universitas Malikussaleh USA Vaksin MR Vaksinasi Vaksinasi Covid-19 vid Video vidio Viral Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

Ilustrasi Industri
Tapaktuan -  Ketua Forum Bedah Desa Nasional (FBDN) T Sukandi mengharapkan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh terpilih periode 2017 - 2022 agar membangun industri untuk memacu laju perekonomian daerah dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

"Sekarang ini mari sama-sama kita pikirkan kesejahteraan rakyat dan kemajuan pembangunan daerah, sehingga prioritas yang harus dilaksanakan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh terpilih segera wujudkan industri untuk mengolah sumber daya alam yang melimpah," katanya kepada wartawan di Tapaktuan, Senin.

Menurutnya, Provinsi Aceh adalah salah satu daerah penghasil sumber daya alam yang luar biasa besar di Indonesia, tapi selama ini kekayaan alam trsebut tidak dikelola dengan baik dan tepat.

"Artinya, Aceh hanya sebagai daerah penghasil dari sumber daya alam itu tetapi tidak bisa menjadi daerah yang mampu mengolah bahan baku mentah tersebut menjadi produk bernilai jual sehingga bisa dipasarkan ke daerah-daerah lain di Indonesia maupun untuk kebutuhan konsumsi masyarakat lokal di Aceh itu sendiri," papar Sukandi.

Dia mencontohkan seperti sumber daya alam karet yang diproduksi oleh para petani di Aceh, tapi bahan baku mentah tersebut seluruhnya dikirim ke Sumatera Utara atau ada juga yang diekspor.

Seharusnya, kata dia, dengan produksi karet mentah yang melimpah di Aceh tersebut dapat diolah langsung menjadi produk jadi yang bernilai jual seperti produk sandal, sepatu hingga ban mobil atau ban sepeda motor.

"Kenapa selama ini tidak dibangun langsung pabrik pengolahan produk jadi tersebut di Aceh. Padahal Aceh memiliki sumber daya alam yang mampu mendukung pabrik industri tersebut. Jika dibangun pabrik, maka akan menyerap tenaga kerja sehingga menguragi pengangguran,"ujarnya.

Selain itu, lanjut Sukandi, di Provinsi Aceh juga kaya akan sumber daya alam material bijih besi. Namun seluruh bahan baku mentah tersebut terpaksa diekspor karena tidak ada industri yang mampu mengolah bahan baku mentah menjadi produk jadi.

"Kita juga memiliki lahan perkebunan sawit yang cukup luas, tapi sayangnya kita hanya mampu membangun tingkat pabrik CPO. Sedangkan untuk mengolah bahan baku sawit masih mentah tersebut menjadi produk jadi seperti minyak goreng, masih harus di kirim ke luar daerah padahal minyak goreng itu merupakan salah satu kebutuhan dasar masyarakat kita," ungkap Sukandi.

Oleh karena itu, T Sukandi berharap kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh yang baru agar mampu meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat serta memacu laju pembangunan daerah sehingga tidak terus jauh tertinggal dengan daerah lainnya di Indonesia.

"Kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh ke depan, kita sangat berharap supaya dapat mewujudlkan Aceh bukan sekedar daerah penghasil sumber daya alam, tapi Aceh juga dapat menjadi daerah yang dapat memproduksi semua kebutuhan yang didasari oleh bahan baku yang bersumber dari Aceh itu sendiri," katanya.
(ANTARA Aceh)
loading...

Ketua Forum Bedah Desa Nasional (FBDN) T Sukandi mengharapkan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh terpilih periode 2017 - 2022 agar membangun industri untuk memacu laju perekonomian daerah dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Label: ,

Post a Comment

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.