Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agam Inong Aceh Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Banjir Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bimtek Dana Desa Bireuen Bisnis Blue Beetle BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya BUMN Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI DPRK Lhokseumawe Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Film Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gaya Hidup Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf Israel IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemanusiaan Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa Lapas Lapas Klas I Medan Lapas Tanjungbalai lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Modal Sosial Motivasi Motogp MPU Aceh Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narapidana Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patani Patroli Pekalongan Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Penelitian Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh Pilkades Pj Gubernur PKI PLN PNL Polisi Politik Pomda Aceh PON Aceh-Sumut XXI Poso PPWI Presiden Projo PT PIM Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebgram Selebriti Senator Sinovac SMMPTN sosial Sosok Sport Status-Papua Stunting Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tol Aceh Tsunami Aceh Turki Ulama Universitas Malikussaleh USA Vaksin MR Vaksinasi Vaksinasi Covid-19 vid Video vidio Viral Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

Banda Aceh – Sosialisasi tentang konsep dan strategi pemasaran Wisata Halal, diharapkan dapat memacu seluruh pemangku kebijakan di Aceh untuk mempersiapkan diri sedini mungkin untuk menjadikan Aceh sebagai tujuan wisata halal di Indonesia dan Dunia. Dengan demikian, usaha wisata di daerah berjuluk Serambi Mekah ini benar-benar sesuai dengan status Syariat Islam yang berlaku.

Hal tersebut disampaikan oleh Asisten II Sekda Aceh, Azhari Hasan SE, M Si, saat membuka secara resmi Sosialisasi Strategi Kerjasama Pemasaran Wisata Halal, yang digelar di Hotel Paviliun Seulawah, (Kamis, 19/5/2016).

“mudah-mudahan, dukungan dan perhatian yang begitu besar dari Kementerian Pariwisata RI terhadap pengembangan usaha kepariwisataan di Aceh, akan membuat potensi wisata Aceh menjadi lebih meningkat sehingga menjadi simbol bagi kegiatan wisata halal dan Islami di Indonesia,” ujar Azhari.

Dengan semakin pesatnya perkembangan wisata halal di dunia internasional, Azhari berharap agar pengertian wisata halal dapat dipahami lebih jelas oleh masyarakat. Oleh karena itu, kegiatan sosialisasi seperti yang diselenggarakan hari ini , diharapkan mampu menjabarkan secara lengkap apa dan bagaimana wisata halal tersebut.

“Berbicara tentang status wisata halal tentu tidak hanya berdasarkan pandangan umum yang berkembang, tapi harus dilengkapi dengan penegasan hukum dari lembaga berwenang. Oleh sebab itu, guna menegaskan bahwa wisata di Aceh memiliki status sebagai wisata halal, Pemerintah Aceh telah membentuk kelompok kerja untuk memastikan status halal bagi pelayanan di restoran, rumah makan, café dan lainnya,” ungkap Azhari.

Di samping itu, lanjut Azhari, ada juga Pokja halal bagi hotel, paket-paket wisata serta pembentukan Tim Koordinator Percepatan Realisasi Label Halal di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar sebagai proyek percontohan untuk Aceh.

Untuk diketahui bersama, saat ini Lembaga Pengkajian pangan, Obat-Obatan dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Permusyawaratan Ulama telah mengeluarkan 56 sertifikat halal kepada produk makanan/minuman, termasuk rumah potong hewan di Kota Banda Aceh.

“Inilah yang menjadi salah satu ukuran sehingga pengertian tentang wisata halal mendapat pengakuan secara nyata dari lembaga resmi yang ditunjuk. Semua akan menjadi pelengkap bagi fasilitas-fasilitas utama lain yang akan terus kita kembangkan guna menegaskan status sebagai daerah dengan wisata Islami,” lanjut Azhari.

Terus Pacu Perbaikan Fasilitas Utama dan Fasilitas Pendukung
Dalam kesempatan tersebut, Azhari juga menjelaskan, guna menegaskan diri sebagai daerah yang menerapkan Syari’at Islam serta menuju daerah kunjungan wisata Islami dan wisata halal, selama ini Pemerintah Aceh terus memacu pemabangunan sejumlah fasilitas utama dan fasilitas pendukung

“Misalnya, pembangunan dan renovasi Masjid Raya Baiturrahman, pembangunan infrastruktur dan akses jalan menuju objek wisata, peningkatan kapasitas para pekerja wisata di Aceh, sosialisasi tentang pentingnya sertifikasi halal kepada produsen makanan dan pelaku usaha pariwisata, serta hal-hal lain yang terkait pelayanan bagi wisatawan,” ungkap Azhari.

Semua langkah dan perbaikan ini, diharapkan akan menjadikan status wisata halal melekat dalam semua usaha pariwisata di Aceh. Azhari menjelaskan, selama ini sempat ada pandangan bahwa status Syariat Islam dan penegasan tentang pariwisata halal akan membuat wisata usaha kepariwisataan di Aceh sulit berkembang.

“Ada pihak yang memiliki pandangan dan berkeyakinan bahwa wisatawan yang berkunjung ke sebuah wilayah pasti membutuhkan kebebasan. Mereka tidak ingin dibatasi dengan berbagai hal yang berbau tradisi atau budaya, apalagi terkait dengan agama. Pandangan seperti ini tenyata tidak benar, sebab pada kenyataannya wisata halal justru mengalami perkembangan sangat pesat.”

Azhari mengungkapkan, sebuah riset yang diterbitkan traveltourismindonesia.com menyebutkan, bahwa wisata halal tumbuh 100 persen lebih cepat dibanding sektor wisata lainnya. Bahkan pada tahun 2020, pertumbuhan untuk ini diperkirakan mencapai hingga $200 Miliar di seluruh dunia.

“Di masa mendatang, sektor wisata halal diyakini bakal menjadi sebuah generator bisnis dalam jangka panjang. Jadi sangat tidak masuk akal jika status syariat Islam atau wisata halal membuat wisatawan jadi enggan datang ke Aceh,” tambah Azhari.

Segera Urus Sertifikat Halal

Azhari meyakini, langkah untuk membuat usaha pariwisata Islami dan halal di Aceh akan terus berkembang. Karenanya, Azhari berharap kepada seluruh pengusaha restoran, rumah makan, café, pengusaha produk makanan/minuman, perhotelan dan tempat-tempat wisata serta usaha wisata lainnya agar segera mengurus sertifikasi itu di LPPOM MPU Aceh.

“Label halal tidak boleh dibuat sendiri oleh pihak pengusaha. Sertifikasi halal hanya sah jika dikeluarkan oleh LPPOM MPU. Untuk mengurus sertifikasi ini sama sekali tidak dikenakan biaya alias gratis. Label halal itu nantinya akan dicantumkan pada produk atau tempat usaha yang dikembangkan,” kata Azhari.

Azhari juga berpesan, selain mengurus sertifikat halal, para pengusaha juga diharapkan memberikan pelayanan yang menggambarkan wisata Islami sesuai Syariat Islam. Untuk itu, forum ini diharapkan mampu memberikan informasi yang mendetail mengenai mengenai wisata halal.

“Semoga dari sosialisasi ini, upaya kita untuk mendeklarasikan wisata halal dan Islami di Aceh dapat segera berkumandang ke seluruh dunia. Mudah-mudahan bermanfaat sebagai pendorong semangat kita untuk mengembangkan potensi wisata Aceh sebagai tujuan wisata halal dan Islami.

Kadisbudpar: 2015, 60 ribu Wisatawan Asing Kunjungi Aceh

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Reza Fahlevi menjelaskan, tahun 2015, jumlah kunjungan wisatawan nusantara mencapai 1,7 juta sedangkan wartawan mancanegara mencapai 60 ribu wisatawan,

“Dari 60 ribu wisatawan mancanegara tersebut, 35 ribu diantaranya adalah wisatawan muslim. Jumlah ini didominasi oleh wisatawan asal negeri jiran, Malaysia yang melakukan wisata religi.”

Reza menambahkan, dalam rangka mempromosikan wisata Islami dan wisata halal di Aceh, Pemerintah Aceh melalui Disbudpar telah merumuskan konsep pariwisata serta membentuk sejumlah komunitas sadar wisata.

“Kita aktif menggelar seminar dan sosialisasi yang berkaitan dengan wisata Islami dan wisata halal. Saat ini kita juga memiliki halal tourism volunteer yang terus bergerak untuk mempromosikan dan mensosialisasikan wisata Islami dan wisata halal ini,” ujar Reza menjelaskan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Deputi Strategi Pemasaran Pariwisata Nusantara dan Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Wisata Budaya, serta para Kepala Bidang di lingkup Kementerian Pariwisata RI, Perwakilan dari Direktur Maskapai Penerbangan dan para pengelola Hotel, Pengurus Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA ) Aceh.
(Rill)
loading...
Label: ,

Post a Comment

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.