Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agam Inong Aceh Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Banjir Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bimtek Dana Desa Bireuen Bisnis Blue Beetle BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya BUMN Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI DPRK Lhokseumawe Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Film Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gaya Hidup Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf Israel IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemanusiaan Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa Lapas Lapas Klas I Medan Lapas Tanjungbalai lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Modal Sosial Motivasi Motogp MPU Aceh Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narapidana Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patani Patroli Pekalongan Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Penelitian Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh Pilkades Pj Gubernur PKI PLN PNL Polisi Politik Pomda Aceh PON Aceh-Sumut XXI Poso PPWI Presiden Projo PT PIM Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebgram Selebriti Senator Sinovac SMMPTN sosial Sosok Sport Status-Papua Stunting Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tol Aceh Tsunami Aceh Turki Ulama Universitas Malikussaleh USA Vaksin MR Vaksinasi Vaksinasi Covid-19 vid Video vidio Viral Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

Rokan Hulu- Tak puas dengan hasil demontrasi pada Rabu (27/10/2016) lalu !Mahasiswa Universitas Pasir Pengaraian (UPP) kembali Geruduk kantor bupati rohul untuk menggelar aksi damai di lokasi yang sama, pada Selasa (1/11/2016) siang.

Berbeda dengan aksi sebelumnya yang disambut oleh Pelaksana tugas (Plt) Bupati Rohul H. Sukiman. Kali ini puluhan mahasiswa hanya disambut oleh Asisten I Setdakab Rohul, ‎Juni Safrin.

Pada aksinya, puluhan mahasiswa ini sempat ditahan oleh Anggota Satpol PP di pintu gerbang Kantor Bupati Rohul, namun akhirnya, Mahasiswa diperbolehkan masuk ke Halaman Kantor Bupati Rohul setelah diizinkan Asisten I Setdakab Rohul.

Koordinator lapangan Wikki Yuliandra dalam orasinya meneriakan secara tegas, bahwa pihaknya tetap menolak berdirinya Alfamart. Serta menyayangkan ‎pihak Pemkab yang telah memberikan Izin Prinsip, sebelum adanya Kajian Terlebih dahulu.

Seharusnya kata Wikki pemerintah harus mengambil kebijakan terkait berdirinya Alfamart dan Indomaret, karena berdirinya retail modern itu, akan mematikan usaha ‎kecil yang modalnya terbatas. Sehingga usaha kecil akan mengalami kebangkrutan akibat berdirinya toko Modern yang memiliki modal Besar.

    "Pemerintah sudah kecolongan, Izin belum lengkap tetapi toko modern (Alfamart) Sudah Beroprasi di kecamatan Ujungbatu dan Kepenuhan," terangnya.

Wikki juga menjelaskan, seharusnya pemerintah harus melakukan kajian terlebih dahulu, baru mengeluarkan izin. Alfamart ini, memiliki modal yang besar, jika tidak ada kebijakan oleh pemerintah, bisa jadi Alfamart akan memonopoli toko modern.

Diakuinya, memang didalam Undang Undang, maupun peraturan, tidak ada yang mengatur bahwa suatu daerah tidak boleh mendirikan Alfamart. Namun pemerintah harus bertindak dengan kebijakan, jika dirasa banyak mudoratnya,jangan diberikan izinnya.

"Pemerintah kan punya kebijakan, ini daerah Rohul lo, yang memiliki kebijakan tentunya Kepala daerah. Makanya, dilakukan kajian dulu sebelum mengeluarkan Izin," terangnya.

Wikki merasa sangat kecewa dengan sikap dari Plt bupati Rohul, H. Sukiman, pasalnya di aksi yang pertama, mahasiswa merasa diacuhkan, karena Plt Bupati pergi dengan cara tidak hormat, tanpa ada kejelasan.

Di aksi demo yang kedua ini pun, pihaknya merasa kecewa, pasalnya Sukiman juga tidak bisa menyambut para mahasiswa. "Apa pak Plt takut sama kami, kenapa ko gak mau nemui kami, kami butuh ketegasan pak" katanya.

Menanggapi orasi dari mahasiswa, Asisten I Setdakab Rohul Juni ‎menjelaskan, tidak ada dalam UU dan peraturan yang membunyikan Alfamart atau toko modern lainya, berdiri di Suatu daerah termasuk di Rohul.

"Kita gak bisa melarang, namun kita sebagai pemerintah bisa membuat peraturan terkait berdirinya toko modern ini, makanya mereka (Toko Modern) harus melengkapi seluruh Izin yang ada. Izin prinsip yang sudah dikeluarkan itu baru langkah awal, baru “Asalamualaikum” kalau kita mau masuk rumah orang, " terangnya.

Untuk itulah, pemerintah mengeluarkan izin prinsip, namun, izin tersebut belum bisa untuk membuat toko modern tersebut beroprasi. Dalam artian masih ada izin lainya yang harus dilengkapi oleh toko modern.

Juni menerangkan, pemerintah sudah bijak dalam mengambil langkah, dengan mengeluarkan izin prinsip, dan melakukan kajian. Hal itu juga bertujuan untuk memberi ruang Usaha kecil untuk maju.

"Saat ini kita sudah di zaman globalisasi loh, jadi kita gak bisa melarang, kalau kita melarang, kita bisa di PTUN kan oleh pihak Toko modern (Alfamart)," jelasnya.

Terkait toko Alfamart yang sudah beroprasi namun belum mengantongi izin, pihak dari Badan Pelayanan Terpadu, perizinan dan penaman modal (BPTP2M) Rohul telah melayangkan surat ke tiga bagi alfamart yang sudah beroprasi namun belum mengantongi izin.

"Sudah kita surati, dan jika tidak ditaati akan kita beri sanksi," pungkasnya.

Pada aksi demo tersebut, tampak mahasiswa tetap menolak berdirinya Alfamart. Bahkan mereka siap untuk membantu menutup alfamart jika Surat ketiga tak diindahkan.***( Alfian)
loading...
Label: , ,

Post a Comment

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.