Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agam Inong Aceh Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Banjir Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bimtek Dana Desa Bireuen Bisnis Blue Beetle BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya BUMN Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI DPRK Lhokseumawe Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Film Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gaya Hidup Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf Israel IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemanusiaan Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa Lapas Lapas Klas I Medan Lapas Tanjungbalai lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Modal Sosial Motivasi Motogp MPU Aceh Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narapidana Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patani Patroli Pekalongan Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Penelitian Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh Pilkades Pj Gubernur PKI PLN PNL Polisi Politik Pomda Aceh PON Aceh-Sumut XXI Poso PPWI Presiden Projo PT PIM Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebgram Selebriti Senator Sinovac SMMPTN sosial Sosok Sport Status-Papua Stunting Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tol Aceh Tsunami Aceh Turki Ulama Universitas Malikussaleh USA Vaksin MR Vaksinasi Vaksinasi Covid-19 vid Video vidio Viral Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

Banda Aceh - Ketua DPD IMM Aceh, Mizan Aminuddin menyayangkan kurang maksimalnya peran Organisasi Kerjasama Islam (OKI) dalam mengatasi genosida Rohingya. Hal ini disampaikan pada media, Senin (4/9/2017).

Menurut data resmi yang diakui militer dan pemerintah Myanmar menyatakan, ada 399 orang yang tewas dalam seminggu ini. Mereka adalah 370 gerilyawan Rohingya, 13 aparat keamanan, dua pejabat pemerintah dan 14 warga sipil. Badan keamanan PBB mencatat sekitar 38.000 warga etnis Rohingya telah menyeberang ke Bangladesh dari Myanmar untuk menghindari operasi militer.

"Jika dilihat berdasarkan data korban di atas, Organisasi Kerjasama Islam (OKI) tidak berkontribusi banyak untuk menyelamatkan komunitas Rohingya di Myanmar," ungkap Mizan

Laporan terbaru Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang minoritas Rohingya mengejutkan dunia lagi dengan deskripsi tentang kekejaman yang dilakukan oleh pasukan keamanan Myanmar.

Mulai dari anak-anak yang terpotong sampai mati, perempuan diperkosa hingga seluruh desa dibakar, tindakan brutal ini dapat dibenarkan karena kemungkinan besar merupakan kejahatan terhadap kemanusiaan.

"Meskipun memiliki banyak bukti tentang tingkat pembersihan etnis (Etnic Cleansing) yang dilakukan oleh pemerintah Myanmar, dunia belum melakukan tindakan serius terhadap pemerintah di Naypyidaw yang merupakan ibu kota nasional Myanmar.

"Diantara sekian banyak organisasi yang harus berusaha melindungi Rohingya, ada satu yang jelas harus memimpin inisiatif ini yaitu Organisasi Kerjasama Islam (OKI). Dari semua entitas internasional, OKI berada pada posisi terbaik untuk melakukan perjuangan komunitas Rohingya," ujar Mizan

Tidak hanya secara resmi mewakili negara-negara berpenduduk mayoritas Muslim, namun juga menyambut baik negara-negara kuat dengan minoritas Muslim seperti Amerika Serikat, China, dan Rusia untuk memiliki perwakilan mereka sendiri dalam organisasi tersebut.

"Ini memiliki pengaruh untuk memimpin tindakan internasional untuk melindungi Rohingya dan di masa lalu telah membela Muslim yang dianiaya di Palestina, Kashmir dan tempat-tempat lain," imbuhnya

Rohingya yang sudah berumur puluhan tahun. Undang-undang Myanmar tahun 1982 bahwa menghapus Rohingya untuk akses kewarganegaraan penuh. Sejak saat itu anggota komunitas Rohingya diusir dari Myanmar. Banyak yang telah melarikan diri ke negara tetangga Bangladesh dan dari sana ke negara lain.

"Sangat sulit untuk menentukan berapa banyak Rohingya yang bermigrasi tapi saat ini ada sekitar 400.000 di antaranya di Arab Saudi dan sekitar 200.000 di Pakistan dan sebagian besar orang seharusnya melarikan diri melalui Bangladesh,"

Pemerintah Myanmar telah berusaha untuk menghapus puluhan tahun kekerasan dan penindasan terhadap Rohingya dengan mengutip masalah keamanan untuk membenarkan kampanye brutalnya.

Terkait peran OKI, Mizan mengingatkan akan kekurangan organisasi internasional, dunia muslim harus mencari cara untuk membantu orang-orang Rohingya. Ini mengharuskan OKI untuk melakukan pencarian beberapa jiwa untuk keadilan universal dan martabat manusia yang harus dipatuhi.

Dalam konteks ini katanya, seseorang dapat mengingat dua negara anggota OKI, Malaysia dan Turki, maju dengan bantuan material, politik, kemanusiaan dan, yang lebih penting, bantuan emosional. Beberapa langkah Turki yang sangat mengejutkan masyarakat dunia bisa kita lihat akhir-akhir ini.

"Saya pikir pemimpin Dunia Muslim yang paling serius adalah presiden Turki Recep Tayyip Erdogan yang mana mendesak Sekjen PBB Antonio Guterres untuk memberikan tekanan pada pemerintah Myanmar atas kekerasan yang dialami Muslim Rohingya di negara bagian Rakhine," ungkap Mizan

Meskipun Turki belum dapat memanfaatkan sikap Myanmar mengenai isu Rohingya, namun Turki mampu menciptakan citra kepedulian terhadap ajaran Islam. Malaysia juga, di atas menyerukan tindakan internasional untuk mengatasi krisis Rohingya, telah mengembangkan sebuah mekanisme untuk membantu pengungsi Rohingya dengan melibatkan UNHCR.

United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) adalah badan yang ditujukan untuk melindungi dan memberikan bantuan kepada pengungsi berdasarkan permintaan sebuah pemerintahan atau PBB, untuk kemudian mendampingi para pengungsi dalam proses pemindahan tempat menetap mereka ke tempat yang baru. Dalam bahasa Indonesia, badan ini disebut Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi, dan didirikan pada 14 Desember 1950, di Jenewa, Swiss.

"Seandainya OKI mengadopsi sebuah resolusi yang mengecam postur Bangladesh dan menghargai posisi Turki, ini akan mengirimkan sinyal kepada pemerintah Myanmar bahwa isu Rohingya adalah isu hak asasi manusia dan martabat manusia universal, yang menggantikan kepentingan nasional. OKI diciptakan untuk mempromosikan nilai-nilai ini," tegas Mizan

Sebagai pengakuan atas upaya ini, OKI telah menunjuk mantan Menteri Luar Negeri Malaysia Syed Hamid Albar, sebagai utusan OKI untuk isu Rohingya. Sebaliknya, Bangladesh tidak hanya membantah kapal tersebut kepada orang-orang yang mengalami kerusakan kapal yang mencoba melarikan diri dari Myanmar yang dilanda kekerasan, menurut Human Right Watch, namun juga menolak pengungsi untuk melakukan bantuan kemanusiaan yang diperlukan, yang membahayakan kehidupan ribuan warga sipil dan membuat banyak orang menarik.

Mencari perlindungan di negara-negara terdekat Perdana menteri Bangladesh menuduh Rohingya sebagai teroris. Bukankah OKI memegang pemerintahan Bangladesh yang bertanggung jawab untuk menolak masuknya Rohingya yang dianiaya ke negara ini? Sayangnya, OKI belum mengambil sikap pemerintah Bangladesh saat ini dengan serius. OKI tampaknya juga tidak menghargai sudut pandang Turki.

"Berdasarkan nilai yang diakui secara universal ini, OKI juga dapat menciptakan tekanan moral pada AS, Rusia dan China. Mengapa pemerintah di Myanmar dan kekuatan dunia menganggap serius OKI ketika OKI tidak dapat mempraktikkan apa yang harus dipatuhi," tegas pemuda Alue Pade Abdya tersebut.[NAJMI]
loading...
Label: ,

Post a Comment

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.