Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Bambang Tri Banda Aceh Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bireuen Bisnis BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan History Hotel Hukum HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malware WannaCry Masjid Milad GAM Mitra Berita Motivasi Motogp Mudik MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patroli Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh PKI PLN PNL Polisi Politik Poso PPWI Presiden Pungli Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebriti Senator Sosok Sport Status-Papua Sumatera Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tsunami Aceh Ulama USA Vaksin MR vid Video vidio Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

Ir.Tarmizi A Karim, M.Sc
Banda Aceh - Calon Gubernur Aceh, Ir.Tarmizi A Karim, M.Sc bakal mendapat perahu partai untuk maju dalam pesta demokrasi Pilkada Aceh. Dengan begitu,sudah ada tiga calon gubernur yang diusung partai politik. Sementara dari jalur independen juga tiga pasangan calon.

Tarmizi A Karim yang kini menjabat Irjen di Kemendagri akan diusung Partai Nasdem yang memiliki delapan kursi di DPRA. Berikutnya PPP enam kursi, PAN tujuh kursi serta satu kursi PKPI sehingga total dukungan partai 22 kursi.

Sementara persyaratan bisa mencalonkan diri sebagai gubernur, 15 persen dari 81 jumlah kursi DPRA. Artinya hanya membutuhkan 12,5 kursi dibulatkan menjadi 13 kursi (UUPA 2016 pasal 91 dan Qanun No.5).

Informasi berkembang, Partai Nasdem terus menjalin komunikasi politik dengan sejumlah calon gubernur. Namun, hari-hari terakhir ini komunikasi politik lebih sering dan intens kepada fifur potensial, yakni Tarmizi A Karim.

Soal dukungan Nasdem condong ke Tarmizi Karim tidak dibantah Ketua Nasdem Aceh, Zaini Djalil, SH. Namun karena Nasdem saja tidak cukup kursi mencalonkan Tarmizi, maka dukungan berkoalisi dari sejumlah partai lain.

Karena itu, timTarmizi A Karim terus melakukan pendekatan dan lobi-politik dengan partai lain, baik di daerah maupun DPP.Dari PAN, kemungkinan berlabuh ke kubu Tarmizi A Karim semakin besar, apalagi DPW PAN Aceh hanya mengusul dua calon ke DPP, yakni nama Tarmizi dan Mualem.

Sedangkan PPP Aceh, seperti disampaikan ketuanya Amri M Ali, akan mengusung calon yang tidak cuma bisa bicara di tingkat lokal, namun bisa memainkan peran strategis dan bekerjasama dengan pemerintah pusat.

Dilihat dari calon yang ada, syarat ini lebih condong ke Tarmizi A Karim.“Bila dukungan partai lain sudah konkrit, Nasdem akan mengumunkan akan mengumumkan calon gubernur Aceh awal lebaran Idul Fitri,kata Zaini Djalil dihubungi Wartawan, Selasa (21/6).

Sementara Zaini Djalil santer disebut akan mendampingi Tarmizi A Karim sebagai wakilnya. Dengan begitu, dari jalur politik sudah ada tiga pasangan calon gubernur/wagub yang akan bertarung di Pilkada 2017,yakni Muzakir Manaf didukung PA, 29 kursi ditambah Gerindra 3 kursi dan PKS 4 kursi, serta partai kecil lainnya, PBB dan PKB masing masing 1 kursi.

Mualem berpasangan dengan TA Khalid (Ketua Partai Gerindra Aceh).Calon berikutnya, Irwandi Yusuf (mantan Gubernur Aceh) mendapat dukungan Partai Nasional Aceh (PNA) 3 kursi, Demokrat 8 kursi dan Partai Damai Aceh (PDA) 1 kursi. Irwandi Yusuf berpasangan dengan Ir Nova Iriasnyah (Ketua Partai Demokrat Aceh).

Adapun calon partai lain, seperti TM Nurlif dan Farhan Hamid, sejauh ini tidak jelas pasangannya. Golkar perlu dukungan partai lain karena hanya memiliki 9 kursi. Sementara partai lain sudah berlabuh dikandidat lain.

Sementara Farhan Hamid,karena namanya tidak diusul ke DPP, maka hasratnya ingin ikut sebagai kontentasi di Pilkada Gubernur Aceh, diduga tidak kesampaian dan kandas ditengah jalan.

Tiga calon jalurindependen

Dari jalur independen, ada tiga pasangan calon yang serius menyatakan maju, yakni dr H Zaini Abdullah (gubernur Aceh saat ini) yang sudah final berpasangan dengan Nasaruddin sebagai wakilnya.

Nasaruddin adalah Bupati Aceh Tengah. Berikutnya, Zakaria Saman (mantan menteri pertahanan GAM) berpasangan dengan dosen tehnik Unsyiah, Alaidinsyah yang juga ketua PMI Aceh. Hanya satu pasangan calon independen, Abdullahh Puteh (mantan gubernur Aceh) belum diketahui berpasangan dengan siapa,tapi informasi berkembang BangLah, panggilan akrab Abdullah Puteh disebut akan berpasangan dengan Waisul Qarani Ali, mantan anggota DPRA. (WSP
/http://beritasore.com)
loading...
Label: , ,

Post a Comment

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.