Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agam Inong Aceh Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Banjir Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bimtek Dana Desa Bireuen Bisnis Blue Beetle BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya BUMN Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI DPRK Lhokseumawe Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Film Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gaya Hidup Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf Israel IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemanusiaan Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa Lapas Lapas Klas I Medan Lapas Tanjungbalai lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Modal Sosial Motivasi Motogp MPU Aceh Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narapidana Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patani Patroli Pekalongan Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Penelitian Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh Pilkades Pj Gubernur PKI PLN PNL Polisi Politik Pomda Aceh PON Aceh-Sumut XXI Poso PPWI Presiden Projo PT PIM Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebgram Selebriti Senator Sinovac SMMPTN sosial Sosok Sport Status-Papua Stunting Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tol Aceh Tsunami Aceh Turki Ulama Universitas Malikussaleh USA Vaksin MR Vaksinasi Vaksinasi Covid-19 vid Video vidio Viral Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

Polisi Hindia-Belanda menggrebek pekerja seks komersial di Jakarta, 19 Februari 1949. Foto/IPPHOS/arsip Antara.
StatusAceh.Net - Kesepian adalah musuh yang sangat menyiksa bagi laki-laki Belanda yang disebut kaum penjajah itu. Mereka umumnya datang ke Indonesia tanpa pasangan, baik istri maupun kekasih. Perjalanan dari negeri Belanda ke Indonesia saja bisa memakan waktu satu tahun di zaman VC berjaya.

Tak cuma orang Belanda, tetapi orang Eropa secara keseluruhan. Mereka melakukan pekerjaan yang terkait dengan kolonialisasi negara Eropa di Indonesia. Pegawai kompeni, pelaut, dan serdadu termasuk profesi yang terbanyak.

Mereka kerap harus tinggal lebih dari satu tahun di Hindia. Maka, setidaknya baru tiga tahun kemudian mereka bisa sampai Belanda lagi. Di rentang waktu itulah orang Belanda mencari cara agar kesepian terobati dan hasrat biologis terpenuhi.

Salah satu caranya adalah pergi tempat pelacuran. Leonard Blusse, dalam bukunya Persekutuan Aneh: Pemukim China, Wanita Peranakan, dan Belanda di Batavia VOC (1988), menyebut para serdadu sering sekali pergi ke rumah-rumah bordil dan menghabiskan waktu dengan perempuan-perempuan penghuninya. Perempuan-perempuan penghuni rumah bordil itu awalnya adalah perempuan-perempuan Asia yang tak jelas asal-usul keluarganya. Tak jarang, mereka adalah budak.

Persetubuhan antara laki-laki penghuni tempat pelacuran itu menghasilkan anak-anak campuran yang disebut indo. Belakangan, anak-anak tersebut juga hidup di Indonesia. Di antara anak-anak (laki-laki) itu, ada yang jadi serdadu atau pegawai rendahan. Malangnya, ada anak-anak perempuan yang juga menjadi pelacur.

Hendrik Naimeijer, dalam Batavia Masyarakat Kolonial Abad XVII (2012), mencatat beberapa pelacur berdarah campuran Portugis pada abad XVII. Mereka adalah Adriana Augustijn, Anna de Rommer, Dominga Metayeel, dan Lysbeth Jansz. Ayah-ayah mereka Portugis, sementara ibu mereka adalah perempuan-perempuan pribumi.

Rumah bordil jadi pelarian karena kebanyakan dari orang-orang Belanda di tanah koloni itu tak mampu kawin dengan perempuan Belanda. Ongkos mendatangkan perempuan dari Belanda sangat mahal. Laki-laki Belanda yang sukses punya istri Belanda adalah mereka yang sudah kaya dengan jabatan pegawai senior. Dan mereka sudah berumur.

Menunggu kaya adalah masalah waktu, sementara libido tetaplah libido. Mereka yang tak mau berurusan dengan penghuni rumah bordil, biasanya akan mengambil perempuan pribumi untuk dijadikan nyai. Nyai, seperti seorang istri di masa lalu, urusannya tak jauh dari sumur, kasur, dan dapur.

Nyai difungsikan sebagai pengurus rumah tangga. Seperti pembantu, mereka bersih-bersih rumah, memasak, dan mencuci pakaian. Tentu saja ditambah tugas tambahan: menemani tuan Eropa mereka di atas kasur ketika malam tiba.

Nyai tidak dianggap terhormat. Dalam hal ini, nyai dianggap tak lebih dari seorang gundik dengan tugas rumah tangga. Menurut Tinneke Hellwig dalam Citra Kaum Perempuan di Hindia Belanda (2007), istilah nyai biasa dipakai untuk menyebut gundik di Jawa, Sunda, dan Bali sejak zaman VOC. Kata ini berasal dari Bali, yang dikenal sebagai pemasok budak.

Soal pergundikan di tangsi, dalam bukunya Nyai dan Pergundikan di Hindia-Belanda (2010), Reggie Baay mencatat kisah beberapa nyai yang hidup dengan laki-laki Belanda. Sebagian laki-laki Belanda itu bekerja sebagai serdadu. Mereka hidup bersama nyai mereka mereka hanya ketika bertugas di Indonesia. Setelah si laki-laki Belanda itu selesai urusan dinasnya di Indonesia, nyai-nyai itu ditinggalkan. Baay juga mencatat ada nyai yang ditinggalkan itu belakangan dapat saudara laki-laki yang juga bekerja sebagai serdadu. 

loading...
Label:

Post a Comment

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.