Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Banjir Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bireuen Bisnis BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Film Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemanusiaan Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Motivasi Motogp MPU Aceh Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patroli Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh PKI PLN PNL Polisi Politik Poso PPWI Presiden Projo PT PIM Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebgram Selebriti Senator Sinovac SMMPTN sosial Sosok Sport Status-Papua Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tol Aceh Tsunami Aceh Turki Ulama USA Vaksin MR Vaksinasi Vaksinasi Covid-19 vid Video vidio Viral Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

SPBU Cot Trueng,Muara Batu Aceh. Utara
ACEH UTARA-  Penyelewengan bahan bakar minyak (BBM) di stasiun Pengisian bahan bakar umum (SPBU) kerap terjadi baik dilakukan seperti pengisian BBM bersubsidi jenis Premium/bensin kedalam jerigen dalam jumlah yang bukan sedikit.

Seperti yang tertangkap kamera Reporter, Senin (27/11/2017) sekitar pukul 15:00 WIB sore di SPBU Cot Trueng Kec. Muara Batu, Aceh Utara, belasan jerigen yang dimuat dibak mobil pick up jenis carry diisikan BBM bersubsidi oleh petugas pompa.

Kegiatan ilegal ini terlihat lansung dikoordinir oleh oknum pengawas SPBU berinitial MD kepada petugas pompa agar mengisikan minyak bensin yang memang telah ditimbun di mesin pompa tepatnya didepan pintu kantor SPBU tersebut.

Petugas pompa yang mendapat intruksi dari oknum pengawas SPBU MD tanpa banyak tanya lansung mengisikan BBM subsidi kedalam jerigen yang berada dalalam bak mobil pick up tersebut.

Pengisian minyak bensin bersubsidi menjelang sore terlihat sangat terbuka dan tidak sembunyi-sembunyi,hanya bagian depan bak mobil saja yang ditutupi dengan karet penutup.

Penjualan BBM bersubsidi kedalam jerigen di SPBU cot trueng bukanlah pertama kali, Reporter juga sempat menemukan fenomena yang sama beberapa hari lalu di tempat yang sama,sekitar pukul 03:00 WIB dini hari terlihat,petugas pompa mengisikan BBM kedalam puluhan jerigen yang dimuat dalam bak mobil pick up jenis grand max warna hitam

Dari sejumlah informasi yang dihimpun dari lokasi kegiatan pengisian BM bersubsidi kerap terjadi di SPBU cot trueng yang dilakukan oleh oknum pengawas MD dengan menjual minyak bersubsidi seharga Rp 7250,dalam setiap liternya oknum MD mendapatkan Fee Rp 2500 perliternya dari konsumen jerigen.

" Kalau mobil grand max itu sampai 1,5 ton sekali ambil kalau mobil carry 600 atau 700 liter minyak kalau ambil pakai jerigen,bayar ke bang MD Rp 7250/ jerigen,dalam satu liter bang MD dapat fee 250 rupiah kalikan saja kalau minyak dijual sampai satu ton setengah berapa uang dapat bang MD,kan banyak juga ",beber salahsatu warga setempat yang namanya enggan ditulis disini.

Penjualan BBM Subsidi jenis bensin kepada konsumen jerigen 35 liter ini merupakan penyebab langkanya jenis BBM ini ditemui di SPBU ini,seperti di ungkapkan beberapa pemakai sepeda motor dan mobil yang sedang mengisi bahan bakar di SPBU tersebut.

Azhar (33) salahsatu pengendara sepeda motor yang ditemui di lokasi pengisian mengatakan dirinya sukar mendapatkan BBM subsidi jenis bensin di SPBU tersebut.

“ Kalau di galon ini kalau mau isi bensin susah sekali,selalu dibilang sudah habis ya terpaksa isi pertalite,padahal yang diisi ke jerigen di pompa sebelah sana itu bensin bang,kalau kita yang beli sudah habis dibilang “,ungkap azhar kesal.

“ Kalau isi ke jerigen itu satu atau dua jerigen wajar,nah kalau seperti itu puluhan jerigen kan sudah tidak benar,apalagi itu bensin lan ada subsidinya “,ujar saryadi (28) salahsatu pemilik mobil yang juga ikut menyaksikan aksi penjualan BBM subsidi ke jerigen.

Padahal sudah jelas dalam Undang-undang Migas Peraturan Presiden No. 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak. Dan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No. 18 Tahun 2011 tentang Kegiatan Penyaluran Bahan Bakar Minyak.

Berdasarkan hal tersebut di atas maka dengan ini ditegaskan kembali bahwa Lembaga Penyalur (SPBU) hanya boleh menyalurkan Bahan Bakar Minyak Premium dan Solar untuk pengguna akhir. Sebagaimana diatur oleh Peraturan Presiden No 191 tahun 2014 pihak SPBU dilarang keras untuk menjual Bahan Bakar Minyak Premium dan Solar kepada jerigen dan drum untuk dijual kembali ke konsumen.

Jika praktek ini terus di biarkan maka banyak pihak yang akan di rugikan bukan hanya para konsumen, serta masyarakat. Maka Perlunya pengawasan lebih ketat dari pihak Pertamina untuk memberikan peringatan serta tindakan tegas agar para pemilik SPBU jera.

Redaksi: T. Sayed Azhar

loading...

Post a Comment

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.