Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agam Inong Aceh Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Banjir Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bimtek Dana Desa Bireuen Bisnis Blue Beetle BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya BUMN Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI DPRK Lhokseumawe Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Film Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gaya Hidup Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf Israel IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemanusiaan Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa Lapas Lapas Klas I Medan Lapas Tanjungbalai lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Modal Sosial Motivasi Motogp MPU Aceh Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narapidana Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patani Patroli Pekalongan Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Penelitian Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh Pilkades Pj Gubernur PKI PLN PNL Polisi Politik Pomda Aceh PON Aceh-Sumut XXI Poso PPWI Presiden Projo PT PIM Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebgram Selebriti Senator Sinovac SMMPTN sosial Sosok Sport Status-Papua Stunting Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tol Aceh Tsunami Aceh Turki Ulama Universitas Malikussaleh USA Vaksin MR Vaksinasi Vaksinasi Covid-19 vid Video vidio Viral Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

Saluran pembuangan limbah pertamina lhokseumawe

LHOKSEUMAWE- Masyarakat binaan sepanjang kawasan pesisir Kecamatan Banda Sakti tidak menyangka bila selama ini, aktifitas pihak Depot Pertamina Kota Lhokseumawe menggunakan saluran pipa tersembunyi sering membuang cairan yang diduga limbah berbahaya ke dalam air laut yang merupakan objek wisata Pantai Ujung Blang. 

Pasalnya, pihak Pertamina setempat sebelumnya kerap membantah tudingan terjadi pencemaran limbah dilingkungan hidup dan tidak pernah mengakui tentang pembuangan limbah ke dalam laut Selat Malaka yang merupakan objek wisata paling dibanggakan Pemko Lhokseumawe. 

Namun setelah Waspada melakukan investigasi ke lapangan, akhirnya berhasil menemukan bukti rekaman adanya aktifitas saluran pipa tersembunyi milik Depot Pertamina setempat sedang menyemburkan cairan yang diduga limbah berbahaya dan berbau busuk sangat menyengat di buang ke dalam laut setempat. 

Ironisnya, ditengah proses pembuangan limbah yang menebarkan aroma busuk menyengat itu, sejumlah bocah justru sedang mandi dan bergembira dibagian mulut pipa. 

Bahkan para bocah itu tampak seperti sudah biasa menahan ciuman bau busuk limbah serta mandi bersama dalam air laut yang sudah berubah warna aslinya. 

Sedangkan masyarakat sekitar pada umumnya baru merasa terkejut setelah mengetahui tentang cairan berwarna mirip kopi susu, hitam dan kuning pekat itu adalah limbah yang sudah bertahun lamanya sering dibuang ke laut. 

Maka tanpa disadari oleh masyarakat, ternyata selama ini  telah berbaur dengan air laut yang sering tercemar oleh pembuangan limbah pertamina setempat. 

Sementara itu, Kepala Depot Pertamina Kota Lhokseumawe Ayub  yang dikonfirmasi Waspada justru berang dan marah seraya membantah kalau pihaknya melakukan pembuangan limbah ke dalam laut. 

Ketika ditanya soal cairan berbau busuk yang dibuang pertamina ke laut, Ayub langsung menjawab kalau masalah bau busuk, air dalam saluran got juga berbau lebih busuk. 

“ Kalau tidak tahu cairan apa yang dibuang ke laut, maka jangan cari kesalahan orang. karena itu berdosa,” tuding Ayub membalas SMS. 

Disisi lain, Kepala Kantor Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan ( BLHK) Kota Lhokseumawe Zulkifli mengaku terkejut mendengar informasi pembuangan limbah oleh pihak Depot Pertamina setempat. 

Zulkifli meminta Waspada menemui Kabid Wasdalnya Jamaluddin selaku pejabat yang bertanggung jawab terkait pengawasan tentang pembuangan limbah berbahaya. 

Kabid Pengawasan Dampak Lingkungan Hidup ( Wasdal) Jamaluddin juga merasa tersentak mendapat informasi pembuangan limbah oleh Depot Pertamina. 

Jamal menjelaskan selama ini pihaknya pernah beberapa kali melakukan pengawasan sampai ke dalam lingkungan Depot Pertamina di Desa Hagu Selatan setempat. 

Akan tetapi, dalam kurun waktu tiga bulan ini pihak BLHK tidak lagi diajak kerjasama dan koordinasi oleh Depot Pertamina yang terkesan kurang harmonis, dan cuek dengan adanya upaya pengawasan. 

Jamal mengaku pihak Depot Pertamina sering membantah soal keberadaan pipa saluran pembuangan limbah  yang tersembunyi dan tertanam dalam pasir tepi pantai. 

“ Tidak saya sangka, dulu pertamina selalu membantah soal adanya saluran pipa pembuangan limbah  yang tersembunyi dipinggir laut. Ternyata dengan adanya rekaman video aktifitas tentang saluran pembuangan limbah telah membuktikan adanya saluran tersembunyi,” tuturnya. 

Selanjut menyikapi informasi tentang pembuangan limbah tersebut, pihak BLHK akan membuat laporan untuk melakukan cross chek kebenarannya ke Depot Pertamina. 

Seharusnya Depot Pertamina menempuh prosedur yang sudah ditetapkan dalam proses pembuangan limbah menggunakan mobil Box dan sopir mendapat izin menteri.

Karena bila benar yang dibuang ke laut itu adalah limbah, maka sangat berbahaya bagi masyarakat sekitar yang akan terkena dampak buruk dalam waktu jangka panjang atau jangka pendek. (Waspada)
loading...

Post a Comment

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.