Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agam Inong Aceh Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Banjir Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bimtek Dana Desa Bireuen Bisnis Blue Beetle BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya BUMN Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI DPRK Lhokseumawe Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Film Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gaya Hidup Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf Israel IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemanusiaan Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa Lapas Lapas Klas I Medan Lapas Tanjungbalai lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Modal Sosial Motivasi Motogp MPU Aceh Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narapidana Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patani Patroli Pekalongan Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Penelitian Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh Pilkades Pj Gubernur PKI PLN PNL Polisi Politik Pomda Aceh PON Aceh-Sumut XXI Poso PPWI Presiden Projo PT PIM Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebgram Selebriti Senator Sinovac SMMPTN sosial Sosok Sport Status-Papua Stunting Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tol Aceh Tsunami Aceh Turki Ulama Universitas Malikussaleh USA Vaksin MR Vaksinasi Vaksinasi Covid-19 vid Video vidio Viral Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

Gubernur Aceh, dr. H. Zaini Abdullah menerima kunjungan investor asal Cina yang bergerak di bidang perikanan di pendopo Gubernur Aceh, Banda Aceh Rabu 27 April 2016.
Banda Aceh – Sebagai daerah yang terus membangun pasca konflik berkepanjangan dan bencana tsunami, Aceh sangat terbuka untuk berinvestasi. Sejumlah investor, baik nasional maupun manca negara pun sudah diundang untuk berinvestasi pada sejumlah sektor unggulan di Aceh, agar perekonomian daerah berjuluk Serambi Mekah ini terus berkembang.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Aceh, dr H Zaini Abdullah, saat menerima kunjungan Anggota Komite Ekonomi dan Industri Nasional, Ir Zulnahar Usman, di Meuligoe Gubernuran, Rabu, (27/4/2016) pagi.

Pria yang akrab disapa Zul itu tidak sendirian, putra asli Aceh yang baru saja diitunjuk oleh Presiden Joko Widodo sebagai Anggota Komite Ekonomi dan Industri Nasional itu membawa sertra sejumlah investor asal Tiongkok dan Singapura.

 “Saya sangat berterima kasih atas kehadiran Bapak Zul bersama sejumlah rombongan investor asal Tiongkok dan Singapura hari ini. Banyak sektor yang dapat dikembangkan di Aceh, jadi silahkan bapak mendengarkan sejumlah pemaparan dari para Kepala Dinas terkait dan terjun langsung ke lapangan,” ujar Gubernur.

Dalam pertemuan tersebut, Gubernur didampingi oleh Asisten II, Asisten III, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh, Kepala Bapedal Aceh, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi, Kepala Badan Investasi dan Promosi Aceh serta Kepala Biro Humas Setda Aceh.

Potensi Perikanan Aceh sangat Melimpah

Dalam kesempatan tersebut, Diauddin, selaku Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh menjelaskan, panjangnya garis pantai dan luas lautan Aceh menyimpan potensi perikanan yang sangat menjanjikan.

“Potensi perikanan tangkap Aceh per tahun itu mencapai 180 ribu ton. Saat ini Aceh juga telah memiliki Pelabuhan Perikanan Samudera Lampulo yang memiliki luas menjapai 60 hektar. Selain di Lampulo juga terdapat di Aceh Timur, Simeulue, Pulau Banyak  serta sejumlah daerah lainnya,” terang Diauddin.

Untuk diketahui bersama, setelah ditetapkan sebagai Pelabuhan Perikanan Samudera, maka Lampulo dapat langsung mengekpsor hasil perikanannya, baik dalam bentuk mentah maupun olahan.

Diauddin menambahkan, permasalahan yang terjadi di Aceh saat ini adalah alat tangkap yang masih minim dan butuh di modernisasi. Selain itu, minimnya sejumlah fasilitas juga berpengaruh terhadap hasil tangkapan masyarakat yang berlimpah.

“Potensi perikanan di Aceh diantaranya Tuna, Tenggiri, Cakalang Dencis dan lain sebagainya. Namun kita juga masih memiliki kendala dengan cold storage dan pabrik es serta industri pengolahan ikan. Oleh karena itu kami undang anda-semua untuk berinvestasi di bidang tersebut,” lanjut Diauddin.

Kadis DKP itu menambahkan, sektor perikanan budidaya air payau Aceh juga sangat menjanjikan. Saat ini sudah ada sekitar 54 hektar yang terdiri atas budidaya udang windu, bandeng dan beberapa jenis ikan lainnya.

Sedangkan perikanan air tawar, sambung Diauddin, saat ini terdapat sekitar 45 ribu hektar, untuk perikanan air tawar, yang banyak dilirik masyarakat adalah nila, ikan mas, gurami dan sidat. Untuk sidat, Aceh memiliki potensi bibit yang sangat baik.
“Selain potensi tersebut, Aceh juga memiliki potensi bidang kelautan lainnya, yaitu lobster. Namun masih tradisionalnya sejumlah perlatan masyarakat mengakibatkan potensi ini tidak tergarap maksimal.”

Aceh harus Miliki industri Perikanan Terpadu
Sementara itu, Zulnahar Usman, dalam kesempatan tersebut mengemukakan, bahwa dirinya merasa prihatin, karena pasca bencana tsunami, Aceh belum memiliki Industri perikanan terpadu seperti masa sebelum tsunami.

“Pasca mendapat tanggungjawab dari Bapak Presiden, saya langsung mengarahkan sejumlah investor bidang kelautan ke Aceh ini. Saat ini, mereka banyak yang berinvestasi di Malaysia, China dan Singapura,” terang Zulnahar.

Zulnahar menambahkan, selain berinvestasi bidang kelautan, para investor yang terdiri atas Lie Ang (Tiongkok), Teo (Tiongkok), Teo (Singaputa), A Kiang (Singapura), dan How (Beijing), juga berinvestasi di bidang copper powder isotop, tanaman herbal serta sektor energi.

“Diantara para investor ini ada juga yang bergerak di bidang energi. Nah, mengingat Aceh masih mengalami krisis energi, makanya saya arahkan ke Aceh karena potensii geothermal kita juga sangat mendukung,” tambah Zulnahar.

Usai pertemuan dengan Gubernur, Zulnahar Usman dan para investor didampingi sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Aceh terkait akan melakukan kunjungan lapangan untuk melihat secara langsung berbagai potensi ekonomi bidang kelautan Aceh, terutama di Pelabuhan Perikanan Samudera Lampulo.(Rill)
loading...
Label: ,

Post a Comment

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.