Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agam Inong Aceh Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Banjir Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bimtek Dana Desa Bireuen Bisnis Blue Beetle BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya BUMN Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI DPRK Lhokseumawe Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Film Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gaya Hidup Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf Israel IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemanusiaan Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa Lapas Lapas Klas I Medan Lapas Tanjungbalai lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Modal Sosial Motivasi Motogp MPU Aceh Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narapidana Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patani Patroli Pekalongan Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Penelitian Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh Pilkades Pj Gubernur PKI PLN PNL Polisi Politik Pomda Aceh PON Aceh-Sumut XXI Poso PPWI Presiden Projo PT PIM Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebgram Selebriti Senator Sinovac SMMPTN sosial Sosok Sport Status-Papua Stunting Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tol Aceh Tsunami Aceh Turki Ulama Universitas Malikussaleh USA Vaksin MR Vaksinasi Vaksinasi Covid-19 vid Video vidio Viral Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

Ilustrasi
Jakarta - Kepala  Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani memprediksi akan ada gelombang kenaikan jumlah para pekerja migran Indonesia yang pulang ke Tanah Air pada bulan Mei hingga Juni 2020.

Benny menyebut pihaknya meprediksi akan ada sebanyak 34.300 pekerja migran atau tenaga kerja Indonesia (TKI) akan kembali karena berakhir masa kontrak kerja di 54 negara penempatan.

Sejumlah 34.300 PMI yang akan pulang ke tanah air itu di antaranya 13.074 PMI dari Malaysia, 11.359 PMI dari Hong Kong.

Sebanyak 3.688 PMI dari Taiwan, 2.611 PMI dari Singapura, 800 PMI dari Arab, 770 PMI dari Brunei Darussalam, 325 PMI dari Korea Selatan. Ada sebanyak 304 PMI dari Kuwait yang akan pulang ke tanah air, 219 PMI dari Italia, 173 PMI dari Oman dan negara lain.

"Mei-Juni BP2MI memprediksi gelombang pemulangan akan mengalami peningkatan dan bergerak secara dinamis dan 34.300 PMI tersebut berasal 32 daerah asal PMI," kata Benny dalam konferensi pers yang ditayangkan secara streaming pada Sabtu 9 Mei 2020.

Di sisi lain, Benny menyebut BP2MI telah memfasilitasi kepulangan 126.742 pekerja migran Indonesia kembali ke tanah air dari titik kepulangan baik menggunakan transportasi darat, laut dan udara.

Dari 126.742 PMI yang kepulangannya difasilitasi oleh BP2MI sebanyak 33.434 PMI memilih kepulangan secara mandiri, 17.884 PMI kepulangan difasilitasi BP2MI, 75.424 PMI kepulangannya penanganan Gugus Tugas Nasional.

Jumlah PMI kru kapal pesiar berdasarkan informasi pemeritah Indonesia di luar negeri yang dilayani petugas BP2MI sebanyak 9.553 PMI yang pulang melalui Tanjung Pinang Pelabuhan Batam dan Tanjung Balai Karimun sebanyak 30.649. PMI yang pulang melalui Entikong ada sebanyak 22.774. PMI yang pulang melalui Nunukan sebanyak  296 PMI.

"PMI yang pulang berasal dari 83 negara penempatan yaitu Malaysia, Singapur, Hong Kong, Taiwan, Korea Selatan, Arab Saudi, Brunei Darussalam, Yordania, Kuwait, Italia, Inggris, Spanyol, Prancis, Jepang, Polandia dan Amerika Serikat telah pulang dan kembali ke tanah air," kata dia.

Sementara alur pemulangan yang dipersiapkan oleh BP2MI adalah pekerja harus melakukan pengecekan kesehatan untuk pekerja yang dinyatakan negatif akan melanjutkan perjalanan ke daerah asal. Sedangkan yang positif akan dilakukan karantina dan perawat sesuai dengan standar Kemenkes.

Untuk pekerja yang negatif kemudian mempersiapkan data diri seperti KTP, SIM, atau tanda pengenal lain yang sah. Kemudian pekerja migran juga harus mempersiapkan data lain untuk bisa kembali ke daerah asal.

"Para PMI yang menggunakan moda transportasi udara harus dibekali dengan surat ket dari BP2MI dan surat keterangan rapid test dari kantor kesehatan pelabuhan, sedangkan bila menggunakan transportasi darat ditambahkan surat jalan dari kepolisian atau polres yang akan dibantu pengurusan oleh BP2MI demikian juga jika menggunakan moda transportasi laut," katanya.

Setelah memilih transportasi yang akan digunakan dan telah kembali ke daerah asal, pekerja migran diharapkan dapat melaporkan ke pemerintah setempat dan melakukan isolasi mandiri untuk menjaga keluarga dan dirinya tetap sehat. | vivanews
loading...
Label:

Post a Comment

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.