Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agam Inong Aceh Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Banjir Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bimtek Dana Desa Bireuen Bisnis Blue Beetle BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya BUMN Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI DPRK Lhokseumawe Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Film Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gaya Hidup Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf Israel IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemanusiaan Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa Lapas Lapas Klas I Medan Lapas Tanjungbalai lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Modal Sosial Motivasi Motogp MPU Aceh Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narapidana Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patani Patroli Pekalongan Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Penelitian Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh Pilkades Pj Gubernur PKI PLN PNL Polisi Politik Pomda Aceh PON Aceh-Sumut XXI Poso PPWI Presiden Projo PT PIM Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebgram Selebriti Senator Sinovac SMMPTN sosial Sosok Sport Status-Papua Stunting Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tol Aceh Tsunami Aceh Turki Ulama Universitas Malikussaleh USA Vaksin MR Vaksinasi Vaksinasi Covid-19 vid Video vidio Viral Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

Situasi menjelang tenggelamnya KMP Lestari Maju yang diabadikan oleh penumpang. (Istimewa)
StatusAceh.Net - KMP Lestari Maju yang kandas di perairan Selayar, Sulawesi Selatan tidak hanya membawa penumpang dan kendaraan bermotor. Dikabarkan juga membawa uang sebanyak Rp 30 miliar. Uang itu untuk membayar gaji ke-13 aparatur sipil negara (ASN) yang ada di Pemkab Kepulauan Selayar.

Kepala Divisi Treasury Bank Sulselbar, Irmayanti Sultan memastikan informasi yang beredar itu benar. Termasuk tujuan diangkutnya uang melalui  KMP Lestari Maju untuk membayar gaji ke-13 ASN.

"Iya, nilainya memang Rp 30 miliar dan itu untuk bayar tunjangan semua ASN. Dana itu juga seluruhnya sudah kami asuransikan," ujarnya dalam jumpa pers di kantornya, Jalan Ratulangi, Makassar, Selasa (3/7) sore. 

Namun Irmayanti belum bisa memastikan kondisi uang itu saat ini, meski ada foto uang dalam jumlah banyak yang mengambang di lokasi. Sebab, pascainsiden kecelakaan tunggal kapal tersebut, pihaknya belum mendapat informasi rinci soal uang Rp 30 miliar. Apakah tenggelam seluruhnya setelah dikandaskan atau sebagian.

"Belum ada kontak dari lokasi kejadian karena sama sekali tidak ada sinyal, jadi belum tahu seperti apa," ucapnya.

Informasi yang didapat, Irmayanti hanya mengandalkan koordinasi dengan cabang Bank Sulselbar di Kepulauan Selayar. Selain soal uang, ada staf bank yang berada di KMP Lestari Maju.

"Satu jam yang lalu kami koordinasi dengan cabang di sana. Saat itu, kapal dikatakan belum sepenuhnya karam. Mereka juga koordinasi dengan tim lapangan termasuk kepolisian," jelasnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, perjalanan dana besar itu dikawal ketat oleh 4 petugas. Rinciannya, ada 2 polisi, 1 sopir, dan 1 staf bank. Mereka naik dalam satu mobil. Informasi terakhir yang diterima Irmayanti, semuanya selamat.

"Dari sisi bisnis, kami sudah cover mulai dari litigasi sampai teknisnya karena itu sudah risiko. Jadi, sudah kami cover semuanya," lanjutnya.

Irmayanti juga segera berkoordinasi dengan Pemkab Kepualauan Selayar mengenai dana ASN yang belum diketahui kondisinya itu. Yang pasti, ASN di Kepulauan Selayar tak perlu khawatir bakal menunggu lama untuk mendapat gaji ke-13.

"Komitmen dari manajemen adalah tidak akan ditunda pembayaran gaji terhadap seluruh ASN di sana. Sudah kami pikirkan itu dan diupayakan agar hak ASN bisa diterima tepat pada waktunya," jelasnya.

Untuk informasi, berdasarkan manifes yang diterima JawaPos.com, kapal ini memuat 130 orang. Selain penumpang, KMP Lestari Maju juga memuat 48 kendaraan bermotor. Hingga saat ini, tim Basarnas gabungan masih melakukan proses evakuasi terhadap keseluruhan korban yang mengapung dengan pelampung di laut di lokasi setempat.(*)

loading...

Post a Comment

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.