Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agam Inong Aceh Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Banjir Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bimtek Dana Desa Bireuen Bisnis Blue Beetle BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya BUMN Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI DPRK Lhokseumawe Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Film Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gaya Hidup Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf Israel IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemanusiaan Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa Lapas Lapas Klas I Medan Lapas Tanjungbalai lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Modal Sosial Motivasi Motogp MPU Aceh Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narapidana Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patani Patroli Pekalongan Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Penelitian Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh Pilkades Pj Gubernur PKI PLN PNL Polisi Politik Pomda Aceh PON Aceh-Sumut XXI Poso PPWI Presiden Projo PT PIM Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebgram Selebriti Senator Sinovac SMMPTN sosial Sosok Sport Status-Papua Stunting Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tol Aceh Tsunami Aceh Turki Ulama Universitas Malikussaleh USA Vaksin MR Vaksinasi Vaksinasi Covid-19 vid Video vidio Viral Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

Rancangan resolusi tersebut meminta semua negara anggota PBB untuk tidak memindahkan misi diplomatik mereka ke Yerusalem [File: Richard Drew / AP Photo]
StatusAceh.Net - Dewan Keamanan PBB diperkirakan akan memberikan suara pada hari Senin mengenai sebuah rancangan resolusi mengenai status Yerusalem, kurang dari dua minggu setelah Presiden AS Donald Trump mengumumkan ibukota kota Israel tersebut.

Trump membuat pengumuman pada 6 Desember, mengatakan pada saat AS akan memindahkan kedutaan besarnya di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Resolusi yang dirampas Mesir yang direkrut yang diperoleh Al Jazeera, bagaimanapun, tidak menyebutkan nama Amerika Serikat, dengan mengatakan bahwa pihaknya "sangat menyesalkan keputusan baru-baru ini mengenai status Yerusalem".

Mike Hanna dari Al Jazeera, yang melaporkan dari markas besar PBB di New York, mengatakan bahwa negara-negara seperti Mesir dan Inggris "ingin mencoba dan menjaga bahasanya semaksimal mungkin dalam upaya yang mungkin sia-sia untuk mencegah AS menjalankan veto Dewan Keamanannya ".

Hal ini menyebabkan "tingkat kemarahan" kepada delegasi Palestina yang "ingin memilih nama Amerika Serikat", tambah Hanna.

Saat berdiri pada hari Minggu malam, teks yang bocor tersebut merupakan penyajian kembali posisi PBB di Yerusalem sebagaimana digariskan dalam beberapa dasawarsa Dewan Keamanan dan resolusi Majelis Umum, kata koresponden kami.

Ini menegaskan "bahwa setiap keputusan dan tindakan yang dimaksudkan untuk diubah, karakter, status atau komposisi demografis Kota Suci Yerusalem tidak memiliki efek hukum, tidak berlaku dan tidak berlaku lagi dan harus dibatalkan sesuai dengan resolusi Dewan Keamanan yang relevan" .

Teks tersebut juga meminta semua negara anggota PBB untuk tidak memindahkan misi diplomatik mereka ke Yerusalem.
Tidak mungkin lewat

Resolusi tersebut, bagaimanapun, secara luas diperkirakan akan menghadapi hak veto AS, yang akan membuatnya sia-sia.

Dewan Keamanan terdiri dari lima anggota tetap: China, Prancis, Rusia, Inggris dan Amerika Serikat, serta 10 anggota tidak tetap.

Sebuah hak veto dari salah satu dari lima anggota tetap akan menghalangi resolusi tersebut agar tidak lewat.

Hanna mengatakan bahwa mungkin ada upaya oleh Palestina dan Turki untuk membawa masalah ini ke Majelis Umum PBB jika AS memveto resolusi tersebut.

"Tampaknya veto itu mungkin terjadi dengan dukungan antusias Israel, yang menggambarkan resolusi tersebut sebagai usaha Palestina untuk menemukan kembali sejarah, terlepas dari kenyataan bahwa hal itu diarahkan pada resolusi PBB saat mereka berdiri saat ini," tambah Hanna.
Demonstrasi massal

Pernyataan Trump memicu kemarahan dan protes yang meluas di Palestina dan di seluruh dunia, dengan demonstrasi terbaru dan terbesar yang terjadi pada hari Senin di ibukota Indonesia, Jakarta, di mana sekitar 80.000 orang berkumpul di luar kedutaan besar AS di kota tersebut.

Sejak keputusan tersebut, sembilan warga Palestina telah terbunuh dan lebih dari 1.900 orang terluka dalam demonstrasi di wilayah pendudukan.

Karena pentingnya Jerusalem terhadap tiga agama Ibrahim - Islam, Yudaisme, dan Kekristenan - status kota tersebut telah lama menjadi titik tolak utama konflik Israel-Palestina.

Setelah menduduki bagian timur kota dalam Perang 1967, Israel mencaplok wilayah tersebut. Pada tahun 1980, ini memproklamirkannya sebagai "modal abadi dan tak terbagi".

Kontrol dan kedaulatan Israel atas kota ini tidak diakui oleh negara manapun di dunia dan, sampai sekarang, semua kedutaan di Israel berbasis di Tel Aviv, meskipun beberapa negara telah mendasarkan kantor konsulat mereka di Yerusalem.

Namun, pemimpin Palestina di Tepi Barat melihat Yerusalem Timur sebagai ibukota negara Palestina masa depan.

Mereka telah memperingatkan bahwa setiap perubahan pada status quo akan berarti akhir dari proses perdamaian yang didasarkan pada solusi dua negara.

SUMBER: Berita Al Jazeera
loading...

Post a Comment

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.