Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agam Inong Aceh Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Banjir Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bimtek Dana Desa Bireuen Bisnis Blue Beetle BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya BUMN Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI DPRK Lhokseumawe Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Film Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gaya Hidup Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf Israel IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemanusiaan Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa Lapas Lapas Klas I Medan Lapas Tanjungbalai lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Modal Sosial Motivasi Motogp MPU Aceh Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narapidana Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patani Patroli Pekalongan Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Penelitian Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh Pilkades Pj Gubernur PKI PLN PNL Polisi Politik Pomda Aceh PON Aceh-Sumut XXI Poso PPWI Presiden Projo PT PIM Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebgram Selebriti Senator Sinovac SMMPTN sosial Sosok Sport Status-Papua Stunting Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tol Aceh Tsunami Aceh Turki Ulama Universitas Malikussaleh USA Vaksin MR Vaksinasi Vaksinasi Covid-19 vid Video vidio Viral Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

Banda Aceh - Para pemangku kebijakan yang terkait dengan pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) dihimbau untuk mengoptimalkan serapan, karena hingga memasuki semester kedua, serapan DAK masih sangat minim.

Penegasan tersebut disampaikan oleh Asisten Administrasi Umum Sekda Aceh, Kamaruddin Andalah, saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Aceh, Drh H Irwandi Yusuf M Sc, pada pembukaan Rapat Koordinasi Evaluasi Pelaksanaan Program/Kegiatan Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan, yang dipusatkan di Hotel Oasis, Selasa (22/8/2017).

"Bulan lalu, Bapak Gubernur sudah  mengevaluasi Dana Alokasi Khusus dan Dana Desa. Sudah memasuki semestar kedua tahun 2017 realisasinya masih sangat minim. Oleh karena itu, perlu digenjot dan dioptimalkan kalau tidak yang rugi bukan kita, yang rugi adalah rakyat. Rakyat sangat mengharapkan kesejahteraan rakyat sangat mengharapkan pelayanan maksimal dari seluruh aparatur pemerintah," tegas Kamaruddin.

Untuk diketahui bersama, berdasarkan laporan pelaksanaan kegiatan dekonsentrasi dan tugas pembantuan di Aceh, hingga triwulan kedua tahun 2017, realisasi kegiatan dekonsentrasi provinsi, total pagu anggaran sebesar RP 305.730 milyar yang dilaksanakan oleh  21 SKPA di tingkat provinsi, realisasi fisiknya baru mencapai 32,30 persen dan realisasi keuangan sebesar RP 94.664 milyar atau sekitar 31,12 persen.

Sedangkan realisasi kegiatan Tugas Pembantuan provinsi dan kabupaten/kota, dari total pagu anggaran sebesar  Rp 437,983 milyar, realisasi fisiknya baru 26,72 persen dan realisasi keuangan sebesar Rp 105.123 milyar atau sekitar 24,00 persen.

"Realisasi kinerja kegiatan dekonsentrasi dan tugas pembantuan, baik di Satker Provinsi maupun satker Kabupaten/kota itu masih jauh dari target yang diharapkan. Realisasi pencapaian itu perlu terus ditingkatkan melalui percepatan pelaksanaan program atau kegiatan," imbuh Kamaruddin Andalah.

Sinergitas untuk Mencapai Sasaran
Dalam kesempatan tersebut, Kamaruddin menyatakan, bahwa pembangunan merupakan upaya yang terencana dalam mengelola dan memanfaatkan sumberdaya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat. "Untuk efektifitas perencanaan dan pelaksanaan program pembangunan itu, sinergitas pendanaan antara pusat dan daerah sangat dibutuhkan untuk pencapaian sasaran dan target yang diinginkan."

Sebagaimana diketahui, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) adalah salah satu sumber dana pembangunan daerah. Pemanfaatan dana APBN ini, antara lain melalui mekanisme dana dekonsentrasi, dana tugas pembantuan, serta dana transfer daerah, guna menciptakan suatu sistem perimbangan keuangan yang proporsional, demokratis, adil, dan transparan.

Kamaruddin menjelaskan, pemanfaatan dana dekonsentrasi dilaksanakan oleh Gubernur sebagai wakil Pemerintah Pusat di tingkat provinsi. Sedangkan dana tugas pembantuan merupakan dana yang berasal dari APBN yang dilaksanakan oleh daerah dan desa. Sementara untuk dana  transfer  daerah  ditujukan untuk  mendanai  kegiatan desentralisasi fiskal, seperti dana alokasi umum, dana alokasi khusus dan dana bagi hasil.

Mantan Plt Wali Kota Langsa itu mengungkapkan, dalam rangka efektifitas pelaksanaan dan pemanfaatan dana APBN untuk setiap program yang telah ditentukan, diperlukan pengendalian dan evaluasi secara berkala guna mengetahui dan menganalisa pencapaian pelaksanaan kegiatan, dengan melihat realisasi fisik dan realisasi keuangan sesuai rencana.

"Hasil pengendalian dan evaluasi itu nantinya digunakan untuk percepatan realisasi target akhir tahun serta perbaikan langkah-langkah pelaksanaan program tahun berikutnya," sambung Kamaruddin.

"Oleh sebab itu, langkah-langkah percepatan pelaksanaan program itu harus kita susun dengan matang di dalam forum ini, sehingga  di akhir pertemuan ini kita bisa mendapatkan beberapa rekomendasi penting, yang akan kita aplikasikan di lapangan," pungkas Asisten Administrasi Umum Sekda Aceh itu. (Ngah)
loading...
Label: ,

Post a Comment

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.