Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agam Inong Aceh Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Banjir Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bimtek Dana Desa Bireuen Bisnis Blue Beetle BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya BUMN Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI DPRK Lhokseumawe Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Film Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gaya Hidup Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf Israel IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemanusiaan Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa Lapas Lapas Klas I Medan Lapas Tanjungbalai lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Modal Sosial Motivasi Motogp MPU Aceh Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narapidana Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patani Patroli Pekalongan Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Penelitian Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh Pilkades Pj Gubernur PKI PLN PNL Polisi Politik Pomda Aceh PON Aceh-Sumut XXI Poso PPWI Presiden Projo PT PIM Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebgram Selebriti Senator Sinovac SMMPTN sosial Sosok Sport Status-Papua Stunting Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tol Aceh Tsunami Aceh Turki Ulama Universitas Malikussaleh USA Vaksin MR Vaksinasi Vaksinasi Covid-19 vid Video vidio Viral Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

Ahok di Pademangan Timur. ©2016 Merdeka.com/fikri faqih
Jakarta - Meski Gubernur DKI Jakarta non-aktif, Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok) sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan penistaan agama, bukan berarti persoalan selesai. Aksi bela Islam jilid III akan kembali digelar pada 2 Desember mendatang; Menuntut Ahok segera dipenjarakan.

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian sendiri menegaskan, pihaknya telah memproses kasus Ahok secara hukum dan akan segera melimpahkan kasusnya ke kejaksaan.

"Polisi sedang memproses dan secepatnya akan dilimpahkan ke kejaksaan," kata Tito usai menghadiri Forum Sinergitas Nasional bertema: Membangun Nilai-Nilai Kebangsaan Indonesia dalam Bingkai Kebhinekaan di Gedung DPRD Jawa Timur, Jalan Indrapura, Surabaya, Sabtu (19/11).

Namun, upaya pihak kepolisian ini tak membuat umat Islam, yang tak terima kitab sucinya dilecehkan Ahok, puas. Mereka ingin terus mengawal kasus dugaan penistaan agama ini dituntas: Ahok harus segera dipenjarakan.

Pelbagai Ormas Islam akan kembali mengepung Jakarta. Aksi yang semula direncanakan 25 November, mundur menjadi 2 Desember.

Berkaca dari peristiwa aksi 4 November (411) yang dibumbui aksi anarkis, dan aksi saling lapor. Kemudian, muncul isu rush money atau penarikan uang secara massal di bank. Terbaru, Ahok juga menuding aksi 411, itu massa bayaran. Para pendemo dibayar Rp 500 ribu.

Kasus dugaan penistaan agama yang menjerat Ahok di tengah situasi politik di Jakarta, jelang Pilgub DKI 2017, tak ubahnya seperti 'bola salju' yang terus membesar, tak terkontrol.

Alhasil, pihak kepolisian menilai aksi bela Islam jilid III pada 2 Desember inipun dicurigai bernuansa politis. Lebih-lebih jika banyak tokoh politik kembali ikut terlibat langsung dalam aksi tersebut.

Titopun menegaskan, jika aksi 2 Desember nanti masih ada tindakan anarkis seperti aksi 411, pihaknya tidak segan untuk menindak tegas. "Apalagi jika sampai mengarah kepada tindakan makar, kami akan tindak tegas," tandasnya.

Sementara Wakil Ketua Kerukunan Kebangsaan Jawa Timur, Lukman Ladjoni ikut angkat bicara. Lukman yang turut hadir di Forum Sinergitas Nasional itu, melihat aksi bela Islam di Jakarta itu murni menuntut hukuman bagi penista agama.

Menurutnya, dengan massa yang begitu banyaknya, sangat mustahil ada yang mendalangi. "Sekarang begini, kita umat Islam, mana ada yang mau kitab sucinya dilecehkan. Jadi ini murni karena membela agama. Kalau ini soal politik, ya bisa saja toh mereka membakar Jakarta saat itu. Ini karena massa yang begitu banyaknya itu. Sekali lagi ini murni membela agama," tegas Lukman.

Hanya saja, Lukman tetap mengaku khawatir aksi bela Islam jilid III nanti, akan ada yang menunggangi. Karena tokoh-tokoh politik di Jakarta pada saat aksi 411, juga terlihat ikut turun aksi. Dan tidak menutup kemungkinan, mereka akan kembali tampil di 2 Desember mendatang.

"Aksi itu murni bela agama. Justru yang saya khawatirkan, ada orang-orang politik yang memanfaatkan aksi tersebut. Mereka mendompleng aksinya untuk mencari panggung," kata khawatir.

Jadi, masih kata Lukman, solusi tepat untuk meredam aksi bela Islam jilid III nanti, adalah melakukan penahanan terhadap Ahok. "Penjarakan Ahok, selesai sudah masalah. Bukan menetapkan tersangka tapi masih bebas," tegasnya.

"Satu lagi, jadikan Pancasila itu sebagai dasar negara, bukan sebagai pilar. Karena dia akan goyah. Merah Putih itu yang mestinya sebagai pilar, karena itu simbol. Persitiwa ini jadi pelajaran berharga buat kita. Jika kita menjadikan Pancasila itu sebagai dasar negara, maka kita akan saling menghargai satu sama lain," tandas Lukman memperingatkan.(Mdk)
loading...
Label: ,

Post a Comment

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.