Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Bambang Tri Banda Aceh Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bireuen Bisnis BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan History Hotel Hukum HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Irwandi-Nova Irwndi Yusuf IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malware WannaCry Masjid Milad GAM Mitra Berita Motivasi Motogp Mudik MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patroli Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh PKI PLN PNL Polisi Politik Poso PPWI Presiden Pungli Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebriti Senator Sosok Sport Status-Papua Sumatera Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tsunami Aceh Ulama Vaksin MR vid Video vidio Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

Foto: Agus Setyadi/detikcom
Banda Aceh - Pemerintah Kota Banda Aceh menghadirkan nuansa baru di beberapa tempat wisata. Pengunjung yang berkunjung ke sana, selain untuk sekadar refreshing juga dapat menikmati layanan internet gratis.

Salah satu titik yang menyediakan fasilitas WiFi gratis adalah Taman Sari yang terletak di depan balai kota. Di sana, sebuah tempat duduk lengkap dengan meja dan colokan untuk mengisi ulang baterai disediakan. Pengunjung yang ingin mengakses internet cukup membawa perangkat seperti laptop atau smartphone.

Tempat yang diberi nama Taman Digital Kota Banda Aceh itu diresmikan pada 29 Juli 2010 silam. Warna merah khas Telkom mendominasi lokasi tersebut. Setiap hari, beberapa pengunjung terlihat mengakses internet melalui WiFi yang disediakan di sana.

"Sekarang pengelolaannya oleh Telkom bekerjasama dengan Pemko Banda Aceh," kata Kabag Humas Pemko Wirzaini Usman, kepada detikcom, Selasa (12/4/2016).

Fasilitas WiFi yang disediakan yaitu gratis dan berbayar. Pelanggan yang ingin mengakses secara berbayar harus login terlebih dulu dengan menggunakan voucher yang disediakan Telkom.

Menurut Wirzaini, hingga kini sudah 12 titik ditempat wisata dan terminal yang terpasang fasilitas WiFi. Di antaranya yaitu dua titik di Taman Sari, empat titik di PLTD Apung, tiga titik di Pelabuhan Ulee Lheue, dan tiga titik di terminal Batoh.

"Rencananya selanjutnya (pemasangan WiFi) di Hutan Kota Tibang," jelasnya.

Meski di sana dapat mengakses seharian, tapi ada imbauan yang harus ditaati. Sebuah spanduk bertuliskan "Internetan Boleh Seharian, Shalat Tetap Number One!" terpasang di Taman Sari.

Beberapa waktu lalu, Camat Baiturrahman Banda Aceh bersama Forum Komunikasi Kepemudaan Baiturrahman (Fokbar) mengeluarkan imbauan di antaranya berisi larangan penggunaan WiFi mulai pukul 18.30 WIB atau masuk waktu salat Maghrib hingga usai salat Isya. 

Ketua Fokbar Bambang Supriadi mengatakan, larangan tersebut dikeluarkan karena banyak warga yang resah melihat banyak pengguna WiFi yang meninggalkan salat. Bahkan, saat masuk waktu salat Magrib, mereka masih berkumpul di taman yang terletak di depan Balai Kota.

"Ini menjadi sebuah pemandangan yang tidak mencerminkan sikap sesungguhnya umat Islam dan bertentangan dengan nilai-nilai syariat Islam. Untuk itu, kita meminta agar saat waktu salat tiba, fasilitas ini tidak digunakan," kata Bambang, dalam rilis yang dikirim ke media, Selasa (29/9/2015).

Sementara Camat Baiturrahman Rizal, mengatakan, fasilitas WiFi yang disediakan sebenarnya sangat bermanfaat bagi para pelajar dan mahasiswa karena membantu mereka dalam hal pengetahuan. Menurutnya, imbauan itu dikeluarkan berawal dari keresahan masyarakat terhadap penggunaan fasilitas WiFi gratis di Taman Sari.

"Namun waktu salat harus diutamakan. Ini sejalan dengan imbauan Wali Kota yang dikeluarkan beberapa waktu lalu yang isinya meminta semua aktifitas warga harus berhenti 10 menit jelang waktu salat tiba," kata Rizal.

Banda Aceh merupakan salah kota yang dilintasi Ekspedisi Langit Nusantara (Elang Nusa) Telkomsel, perjalanan dari Sabang dan Merauke sejauh 8.500 km. Dua buah drone berukuran besar dengan bentangan sayap hingga 2,4 m diterbangkan secara bersamaan, menempuh Jalur Barat (Elang Barat) dan Jalur Timur (Elang Timur) Indonesia. Elang Barat memulai perjalanan dari Sabang, Kamis (14/4) kemarin dan akan menempuh beberapa kota di antaranya Medan, Palembang, Tasikmalaya, Yogyakarta dan Malang. Sementara Elang Timur, akan berangkat dari Merauke dan bergerak melewati Sorong, Ambon, Manado, Banjarmasin, Makassar, dan Labuan Bajo.

Selama program, kedua drone akan merekam video yang kemudian diunggah melalui jaringan terbaik Telkomsel ke www.telkomsel.com/elangnusa, sehingga masyarakat dapat mengikuti perjalanan secara lengkap, baik melalui live streaming maupun recorded. 

Di akhir perjalanan, pada pertengahan Mei, kedua drone akan bertemu dan mendarat di Denpasar. Ayo ikut Ekspedisi Elang Nusantara dan jadilah saksi keindahan Bumi Indonesia.
(Sumber: detik.com)
loading...
Label: ,

Post a Comment

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.