Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agam Inong Aceh Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Banjir Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bimtek Dana Desa Bireuen Bisnis Blue Beetle BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya BUMN Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI DPRK Lhokseumawe Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Film Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gaya Hidup Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf Israel IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemanusiaan Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa Lapas Lapas Klas I Medan Lapas Tanjungbalai lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Modal Sosial Motivasi Motogp MPU Aceh Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narapidana Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patani Patroli Pekalongan Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Penelitian Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh Pilkades Pj Gubernur PKI PLN PNL Polisi Politik Pomda Aceh PON Aceh-Sumut XXI Poso PPWI Presiden Projo PT PIM Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebgram Selebriti Senator Sinovac SMMPTN sosial Sosok Sport Status-Papua Stunting Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tol Aceh Tsunami Aceh Turki Ulama Universitas Malikussaleh USA Vaksin MR Vaksinasi Vaksinasi Covid-19 vid Video vidio Viral Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

Gubernur Aceh, dr. H. Zaini Abdullah tiba mengikuti kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Bakongan, Aceh Selatan, Senin 15 Februari 2016
Tapaktuan – Dayah dan pesantren adalah salah satu sistem pendidikan yang berkembang di tengah masyarakat Aceh. oleh karena itu, Pemerintah Aceh berkomitmen untuk terus memprioritaskan peningkatan mutu  lembaga pendidikan yang telah melahirkan ulama-ulama besar Aceh hingga saat ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Aceh, dr H Zaini Abdullah, dalam sambutan singkatnya saat menghadiri Maulid Akbar yang dipusatkan di lapangan Kecamatan Bakongan, (Senin, 15/2/2016).

"Dayah telah membentuk ciri khas masyarakat Aceh yang kental dengan semangat keislaman dan peduli terhadap masyarakat kurang mampu seperti anak yatim dan fakir miskin. Oleh karena itu, Pemerintah Aceh sudah sepakat untuk menjadikan peningkatan kualitas dayah sebagai salah satu program prioritas kedepan," ujar Gubernur.

Pria yang akrab disapa Doto Zaini itu menjelaskaan, program pembangunan dayah sangat penting karena keberadaan lembaga tersebut dapat memberikan solusi dalam pembentukan akhlak islami di tengah-tengah kencangnya arus globalisasi.

"Dayah telah melahirkan banyak Ulama sebagai pembina dan pembimbing ummat . Oleh karenanya, keberadaan dayah atau pesantren ini harus terus kita perkuat, agar dayah terus mampu menghadapi perkembangan zaman, dengan tetap menjaga aqidah dan moralitas ummat," ujar Doto Zaini.

Gubernur menambahkan, program penguatan dayah harus pula dibarengi dengan pembinaan terhadap para kader ulama dan para da'i di daerah terpencil, pedalaman dan daerah perbatasan.

"Keberadaan para da’i dan ulama di daerah perbatasan dan terpencil ini penting untuk terus kita perkuat sebagai pelindung masyarakat Aceh dari pengaruh dan budaya tidak islami," tambah Doto Zaini.

Doto jugaberharap agar para da’’i di daerah perbatasan tetap tabah dan istiqamah dalam menjalankan tugas dan misi mulia tersebut. "Insya Allah apa yang diperlukan akan kita bantu, termasuk dengan meningkatkan insentif bagi para da’i.” 

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Zaini turut menyampaikan hasratnya agar para da'i, mubaligh dan ulama Aceh dapat berkiprah bukan hanya untuk Aceh dan Indonesia tetapi juga luar negeri.

"Kita percaya, da’i-da’i kita memiliki kemampuan yang tidak kalah dengan da’I luar Aceh. Itu sebabnya, saya menyambut baik jika ada pertemuan atau Muzakarah Ulama Internasional diadakan di Aceh. Kita ingin Aceh dikenal kembali sebagai negeri para Ulama. Sebagaimana kita ketahui, di masa lampau banyak orang luar yang belajar agama di Aceh. Insya Allah, dengan doa dan upaya kita bersama hal tersebut dapat kita wujudkan," ujar Gubernur.

Gubernur Santuni Seratusan Yatim

Selain menghadiri Maulid Akbar, Gubernur berserta Bupati Aceh Selatan, T Sama Indra turut memberikan santunan kepada  122 anak yatim dari berbagai panti asuhan dan dayah di Aceh Selatan.

Doto Zaini menghimbau semua pihak untuk memberikan perhatian penuh kepada anak-anak yatim untuk mendapatkan pendidikan dan hidup yang layak seperti masyarakat lainnya.

"Ingatlah, Nabi Muhammad juga yatim piatu sejak kecil, maka dari itu kita harus mengutamakan hak untuk anak yatim. Anak yatim harus kita perhatikan 100 persen  supaya mereka dapat merasakan kebahagian seperti anak-anak lainnya yang punya kasih sayang dari kedua orang tua mereka," pesan Gubernur.

Doto juga menyampaikan tentang pentingnya menjadikan peringatan Maulid Nabi Muhammad dijadikan sebagai momentum silaturrahmi dan instrospeksi diri.

Turut hadir pada acara Maulid Akbar tersebut anggota DPD-RI, Fachrul Razi, Pimpinan Pesantren Ashabul Yamin, Waled Marhaban,  Kepala Dinas Sosial, Alhudri, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Said Rasul, Kepala Dinas Bina Marga, Rizal Aswandi, Kepala Dinas Pengairan Aceh, Syamsulrizal Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) dan SKPD terkait.(Rill)
loading...

Post a Comment

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.