Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agam Inong Aceh Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Banjir Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bimtek Dana Desa Bireuen Bisnis Blue Beetle BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya BUMN Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI DPRK Lhokseumawe Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Film Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gaya Hidup Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf Israel IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemanusiaan Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa Lapas Lapas Klas I Medan Lapas Tanjungbalai lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Modal Sosial Motivasi Motogp MPU Aceh Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narapidana Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patani Patroli Pekalongan Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Penelitian Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh Pilkades Pj Gubernur PKI PLN PNL Polisi Politik Pomda Aceh PON Aceh-Sumut XXI Poso PPWI Presiden Projo PT PIM Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebgram Selebriti Senator Sinovac SMMPTN sosial Sosok Sport Status-Papua Stunting Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tol Aceh Tsunami Aceh Turki Ulama Universitas Malikussaleh USA Vaksin MR Vaksinasi Vaksinasi Covid-19 vid Video vidio Viral Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

Mantan kombatan GAM, Zakaria alias Mayor
StatusAceh.Net - Pasca perdamaian Aceh, para eks Gerakan Aceh Merdeka (GAM) kembali sebagai masyarakat biasa, tidak lagi memegang senjata Api dan bersembunyi di hutan rimba.

Kondisi merekapun pasca damai dengan Republik Indonesia bisa dikatakan seperti sebuah bangunan piramida, ada yang fokus dengan partai lokal di Aceh, ada yang kaya dengan jadi kontraktor, dan ada yang miskin tanpa tersisa apa-apa hingga harus menjalani hidup seadanya.

Babarapa hari ini beredar kabar tentang kondisi sosok Eks Kombatan GAM yang di kenal dengan Mayor.

Dikutip dari Serambinews.com, Selasa (1/5/2018), pada beberapa akun jejaring sosial membagikan foto-foto yang memperlihatkan masa lalu dan kondisi terkini seorang mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM), beredar luas (viral) di media sosial, tertulis bahwa orang yang berada dalam foto itu adalah, Zakaria alias Mayor (49 thn).

Ia merupakan mantan kombatan GAM warga Geulumpang Payong, Kecamatan Sungai Raya, Aceh Timur.

Pada foto-foto yang banyak dibagikan di Facebook dan Whatsapp terlihat sosok Mayor saat masih berseragam militer lengkap dengan senjata M-16.

Satu foto lain memperlihatkan Mayor yang memakai pakaian sipil menenteng senjata Avtomat Kalashnikova (AK-47) dengan tangan kiri memegang handy talky.

Foto-foto masa lalu saat Mayor berstatus sebagai gerilyawan GAM itu, sangat kontras dengan foto-foto kondisi terkini yang juga diunggap pada saat bersamaan.

Tubuh Mayor yang dulu tegap dan sixpack dalam balutan seragam loreng lengkap dengan atribut militer, kini telah berubah ringkih.

Tulang-tulang yang terbungkus kulit tampak menonjol di leher, dada, hingga kaki.

Beragam komentar pun menyertai foto-foto yang diunggah di beberapa akun Facebook itu.

“Empat Tahun Sakit Mantan Kombatan Gam ini Luput Perhatian,” tulis pemilik akun Rizal Anwar yang menandai beberapa mantan petinggi GAM dalam postingannya, seperti Irwandi Yusuf (Gubernur Aceh) dan Samsul Bahri Pna (Ketua Harian Partai Nanggroe Aceh).

Postingan pada tanggal 29 April pukul 17:56 itu mendapatkan 439 respons dari warganet, 103 komentar, dan 322 kali dibagikan.

Postingan tentang kondisi Zakaria alias Mayor ini juga diunggah oleh Anggota DPRA dari Partai Aceh, Iskandar Usman Alfarlaky pada, Senin (30/4/2018) pukul 0:11 WIB.

Dalam postingan yang diberi judul “MAYOR” Iskandar Usman menulis:

“Alhamdulillah barusan sdr Yusri dkk, tim yang saya utus telah tiba di rumah Bang Zakaria alias Mayor (49 thn), mantan kombatan GAM warga Geulumpang Payong, Kecamatan Sungai Raya, Aceh Timur, yang dikabarkan menderita bocor paru-paru.

Saya meminta kepada tim saya untuk segera membawa Mayor ke RSUZA Banda Aceh. Insya Allah jika tidak ada aral melintang, besok Bang Mayor didampingi isteri akan menuju ke Banda Aceh.

Saya sendiri akan menunggu kedatangan beliau untuk segera kami bawa ke RSUZA guna mendapat perawatan medis. Trima kasih kepada rekan semua. Salam.”

Postingan Iskandar ini mendapatkan 1,3 respons, 444 komentar dan 244 kali dibagikan.

Namun, pada Selasa (1/5/2018) pukul 00.02 WIB, Iskandar Usman mengupdate tentang penanganan Zakaria alias Mayor.

Menurutnya, setelah timnya membawa Mayor ke Puskesmas Sungai Raya, untuk keperluan mendaparkan rujukan ke RSU Langsa hingga RSUDZA Banda Aceh, ternyata diperoleh informasi bahwa Mayor memang sedang dalam perawatan medis, dengan diagnosa TB Paru dan sudah melakukan foto rotgen.

Karenanya, kata Iskandar, untuk sementara waktu, Mayor tetap menjalani berobat jalan dengan mengkonsumsi obat TB Paru selama 6 bulan.

“Nah, bila ke depan memang dibutuhkan harus dirujuk ke RSUZA juga akan kami fasilitasi. Padahal berkenaan keperluan ini saya mulai tadi malam,” tulis Iskandar.

Berikut bunyi postingan lengkap Iskandar Usman Alfarlaky.

Baca Selanjutnya di Sumber
loading...

Post a Comment

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.