Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agam Inong Aceh Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Banjir Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bimtek Dana Desa Bireuen Bisnis Blue Beetle BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya BUMN Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI DPRK Lhokseumawe Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Film Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gaya Hidup Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf Israel IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemanusiaan Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa Lapas Lapas Klas I Medan Lapas Tanjungbalai lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Modal Sosial Motivasi Motogp MPU Aceh Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narapidana Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patani Patroli Pekalongan Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Penelitian Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh Pilkades Pj Gubernur PKI PLN PNL Polisi Politik Pomda Aceh PON Aceh-Sumut XXI Poso PPWI Presiden Projo PT PIM Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebgram Selebriti Senator Sinovac SMMPTN sosial Sosok Sport Status-Papua Stunting Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tol Aceh Tsunami Aceh Turki Ulama Universitas Malikussaleh USA Vaksin MR Vaksinasi Vaksinasi Covid-19 vid Video vidio Viral Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

Foto: Ist
StatuAceh.Net - IT Cyber SMK Negeri 1 Nisam mengadakan acara Seminar dan Workshop “Security & Hacking Android smartphone” di Gedung SMK Negeri 1 Nisam Pada Sabtu, 14 Januari 2017 kemarin. Acara tersebut dimulai sekitar pukul 08:00 WIB pagi sampai dengan selesai.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Nisam Drs. Ibrahim mengatakan tujuan acara ini adalah mensosialisasikan dan mengedukasikan kepada masyarakat umum bahwa pentingnya kewaspadaan kita dalam mempergunakan kecanggihan teknologi terkhusus Smartphone Android yang selama ini beredar dikalangan publik.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Pelaksana Bapak Rizki, S.STmenyebutkan ada 3 point yang harus dipelajari. Point pertama yaitu kesadaran bahwa terdapat Undang – Undang ITE dan KUHP yang mengatur segala kejahatan yang berhubungan dengan teknologi informasi. Point kedua yaitu belajar teori dan demonstrasi bagaimana cara melakukan penyadapan data dan akses penuh terhadap Smartphone Android orang lain.

Yang dimaksud akses penuh adalah akses terhadap SMS, Contact, Log Telp, File (Dokumen, Music, Video, Gambar, dll), Camera (depan, belakang), GPS, dan lain – lain. Dengan kata lain, point kedua ini akan menunjukkan betapa mudahnya orang jahat  (yang memiliki kelebihan dalam hal ilmu komputer) untuk mengambil alih seluruh fungsi yang ada pada Smartphone Android kita. Orang jahat tersebut dapat dengan mudah membaca SMS pada HP kita yang mungkin mengandung informasi finansial (Rekening Bank, Saldo, PIN ATM, dll).

Point ketiga yaitu mengajarkan bagaimana caranya agar Smartphone Android kita tidak dapat dikendalikan oleh orang jahat. Beberapa cara yang dapat digunakan untuk dapat mengamankan Smartphone Android adalah dengan cara melakukan update system android, menginstall antivirus, tidak sembarang menginstall aplikasi, dan menggunakan virustotal.com untuk memeriksa apakah aplikasi yang akan kita install itu mengandung virus atau tidak.

Pemateri untuk acara ini adalah Bapak Alexander Lumbantobing S.Tr.Kom yang didatangkan langsung dari Sibolga. Beliau telah pernah diundang oleh UKM Policy Politeknik Negeri Lhokseumawe pada tanggal 24 September 2016 sebagai pemateri untuk acara seminar dan workshop “Hacking Android Smartphone”. Beliau sendiri adalah salah Instruktur Nasional yang telah banyak diundang sebagai pemateri untuk acara-acara yang berbau sosialisasi dan edukasi terhadap kewaspadaan menggunakan teknologi.

Acara yang diadakan di SMK Negeri 1 Nisam diikuti oleh berbagai peserta yang berasal dari Ikatan Guru Indonesia (IGI) Aceh Utara, SMP Negeri 1 Nisam, SMP Negeri 2 Nisam, MTS Swasta Nisam, SMK Ulumuddin, MAS Ulumuddin, SMP Negeri 1 Dewantara, Universitas Malikussaleh, Politeknik Negeri Lhokseumawe, UIN Ar-Raniry, Universitas AL-Muslim, SMAN Modal Bangsa Arun, SMP Negeri 2 Muara Batu, IAIN Malikussaleh Lhokseumawe, SD Negeri 5 Nisam, dan SD Negeri 4 Nisam dan Masyarakat Umum. Acara ini didukung oleh MGMP TIK SMK Aceh Utara, Indonesia Backtrack Team Sub Regional Lhokseumawe, Indonesia Backtrack Team Sub Regional Toba Samosir, Dracos Linux dan Institut Teknologi Del.

IT Cyber lahir dengan SK Kepanitiaan Kepala SMK Negeri 1 Nisam yang terdiri dari Guru Produktif Kejuruan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) dengan tujuan mengadakan Training, Seminar dan Workshop Bidang IT dan Jaringan Dunia Maya, agar lahirlah kesadaran bagi pemakai bahwa Internet dapat digunakan secara sehat dan positif .

Masykuri, SST selaku Sekretaris IT Cyber (yang juga merangkap  Ketua MGMP TIK Aceh Utara) sangat mendukung agar acara ini terus dilanjutkan secara berkelanjutan, karena wilayah Nisam sangat membutuhkan kegiatan bermanfaat berbasis IT seperti ini untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (baik Guru, Siswa, Mahasiswa maupun Masyarakat Umum). Salah satu penghambat perkembangan IT di Nisam selain SDM adalah fasilitas BTS dan FO (Fiber Optic) Telkom yang belum memadai.

Acara ini dibekali dengan Doorprize berupa pembagian buku kepada peserta yang berhasil menjawab pertanyaan dari pemateri. Buku tersebut adalah 3 buah “Capture the Flag & Hacking Kioptrix Server (Penulis: Alexander Lumbantobing)” dan 3 buah “Pencegahan Serangan SQL Injection pada Web (Penulis: Elni Enita Manurung)”. Sebanyak 7 buku Bapak Alexader dan 2 buku Ibu Elni, telah disumbangkan kepada IT Cyber.(Red)
loading...

Post a Comment

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.