Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agam Inong Aceh Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Banjir Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bimtek Dana Desa Bireuen Bisnis Blue Beetle BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya BUMN Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI DPRK Lhokseumawe Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Film Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gaya Hidup Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf Israel IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemanusiaan Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa Lapas Lapas Klas I Medan Lapas Tanjungbalai lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Modal Sosial Motivasi Motogp MPU Aceh Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narapidana Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patani Patroli Pekalongan Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Penelitian Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh Pilkades Pj Gubernur PKI PLN PNL Polisi Politik Pomda Aceh PON Aceh-Sumut XXI Poso PPWI Presiden Projo PT PIM Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebgram Selebriti Senator Sinovac SMMPTN sosial Sosok Sport Status-Papua Stunting Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tol Aceh Tsunami Aceh Turki Ulama Universitas Malikussaleh USA Vaksin MR Vaksinasi Vaksinasi Covid-19 vid Video vidio Viral Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

StatusAceh.Net - Sebanyak 41 Siswa Sekolah Berasrama Penuh Integrasi (SBPI) Rawang Selangor Malasyia, tiba di Aceh. Kedatangannya, dalam rangka melaksanakan program belajar bahasa Arab bekerja sama dengan Dayah Insan Qurani Aceh Besar Provinsi Aceh yang dipusatkan di Gedung LPTQ Aceh.

"Mereka selama 14 Hari mulai dari 3 hingga 17 November 2016 akan belajar di sini," kata Wakil Kepala Sekolah SBPI Rawang Malasyia Ustaz Kamilen, akhir pekan.

Dikatakan Kamilen, pada 2015, pihaknya juga telah melaksanakan program yang sama seperti tahun ini. Saat itu, SBPI Rawang juga bekerja sama dengan Insan Qurani Aceh.

"Pada tahun ini, kita kembali melanjutkan program tersebut karena kami menganggap banyak perkembangan siswa kami dalam pembelajaran bahasa Arab di Aceh sepulang ke Malasyia. Untuk itu, pada tahun ini, sekolah kami kembali melanjutkan dan memilih Dayah Insan Qurani sebagai tempat belajar. Pilihan ini setelah melakukan perjalanan ke beberapa tempat seperti Negara Brunai dan Thailand dengan harapan tahun ini bisa lebih baik dari tahun kemarain," kta Kamilen.

Selain itu, ia juga mengatakan, bahwa Sekolah Rawang adalah salah satu sekolah berasrama penuh dari 65 sekolah berasrama yang ada di Malaysia. Sekolah ini, mewakili Negeri Selangor untuk sekolah tahfiz ulul albab (sekolah tahfizh sciene).

Kata dia, Aceh sudah sangat dikenal di Malaysia. Bahkan, ujar Kailen, Aceh disebut di dalam buku yang dipelajari oleh siswa Malaysia, bahwasanya daerah ini adalah sebagai Serambi Makkah.

Sementara Pimpinan Dayah Insan Qurani yang diwakili oleh Wakl Pimpinan Ustaz Murtadha Lc menyambut, baik kehadiran kembali siswa dari Negeri Jiran Malasyia, untuk melanjutkan kerjasama dengan Dayah IQ dalam Program Pembelajaran Bahasa Arab.

"Kami menyambut baik dan sangat senang bahwa Aceh, dalam hal ini Dayah Insan Qurani, kembali dipercaya sebagai tempat dilaksanakan Daurah Bahasa Arab. Dan ini merupakan kegiatan yang ke 2 setelah tahun sebelumnya. Namun, sampai saat ini, kegiatan daurah ini terpaksa dilaksanakan di luar Dayah IQ karena kondisi sarana kami yang belum memungkinkan," ujar Murtadha.

Selain 41 Pelajar, dalam rombongan tersebut juga hadir 8 Guru dan pengiring dari wali Murid 3 Orang. Pembukaan daurah juga hadir Ketua Ikat Aceh M Fadhil Rahmi Lc, pembina dan pengurus Yayasan IQ, dewan guru IQ, dan dewan guru atau pengurus Pesantren Sulaimaniyah.

Sumber : kemenag.go.id
loading...

Post a Comment

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.