Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Banjir Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bireuen Bisnis BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Film Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemanusiaan Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Motivasi Motogp MPU Aceh Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patroli Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh PKI PLN PNL Polisi Politik Poso PPWI Presiden Projo PT PIM Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebgram Selebriti Senator Sinovac SMMPTN sosial Sosok Sport Status-Papua Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tol Aceh Tsunami Aceh Turki Ulama USA Vaksin MR Vaksinasi Vaksinasi Covid-19 vid Video vidio Viral Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

Banda Aceh – Dalam rangka menyambut dan menyemarakkan peringatan hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-71, Pemerintah Aceh melalui Dinas Pemuda dan Olahraga dan Dinas Pendidikan menggelarTri Lomba Juang, yang diperuntukkan bagi Pelajar, SKPA, BUMN, TNI dan Polri.

Usai melakukan pelepasan peserta Tri Juang Lomba, yang dipusatkan di Lapangan Blang Padang itu, Gubernur Aceh, dr H Zaini Abdullah, yang diwakili oleh Zulkifli HS, selaku Asisten II Sekda Aceh berharap, kegiatan ini bukan sekedar mencari juara tetapi sebagai sarana bagi para peserta untuk memupuk semangat nasionalisme serta merenungi dan berterima kasih atas perjuangan para pahlawan kemerdekaan, Kamis (11/8/2016).

“Tujuan Tri Lomba Juang ini adalah untuk menumbuhkan semangat perjuangan dari para pahlawan kita. Kita berharap anak-anak kita dapat mentauladani semanagat perjuangan para pahlawan. Anak-anak kita harus menyadari bahwa kemerdekaan ini bukan merupakan sebuah hadiah tetapi melalui perjuangan dan pengorbanan,” ujar Zulkifli.

Zulkifli berharap, penyelenggaraan Tri Lomba Juang ini akan semakin memperkokoh semangat nasionalisme para peserta demi memperkuat solidaritas dan semangat bela negara bagi kejayaan ibu pertiwi.

Untuk diketahui bersama, Tri Lomba Juang adalah istilah yang diberikan kepada salah satu cabang atletik, berupa perlombaan jalan untuk jarak 8 Km, 17 Km dan 45 Km. Ketentuan jarak ini diambil dari tiga angka utama dalam 17 Agustus 1945 yang merupakan Hari Kemerdekaan RI. Hal inilah yang menyebabkan Tri Lomba Juang selalu identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan RI.

Selain bertujuan untuk mendorong semangat berolahraga, Tri Lomba Juang juga bertujuan agar masyarakat selalu mengenang semangat yang digelorakan oleh para pahlawan bangsa serta mengenang jasa dan perjuangan mereka dalam menjaga dan mengibarkan Sang Merah Putih di seluruh nusantara.

"Anak-anak kita adalah calon pemimpin masa depan negeri ini, perjuangan mereka tidak lagi mengangkat senjata, tetapi bagaimana mengisi kemerdekaan ini dengan gigih belajar dan memupuk rasa kebersamaan dan persaudaraan. Tri Lomba Juang ini adalah salah satu sarana untuk sarana untuk mendidik hal tersebut,” kata Zulkifli.

Sementara itu, untuk mengantisipasi kondisi cuaca di Kota Banda Aceh yang dalam beberapa hari ini tidak menentu, panitia penyelenggara telah menyediakan sarana kesehatan lengkap guna  memantau setiap peserta yang berlomba.

Sejumlah relawan dari Palang Merah Indonesia atau PMI dan relawan dari Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI), terlihat bertebaran disepanjang jalur yang digunakan oleh para peserta Tri Juang Lomba.

“Selamat berlomba kepada seluruh tim yang berpartisipasi pada kegiatan ini. Semoga  Ananda semua mampu menaklukkan tantangan yang diberikan, serta dapat menjiwai lomba ini sebagai wahana untuk memperkuat semangat cinta tanah air," kata Zulkifli HS.

Senada dengan Asisten II Sekda Aceh, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Asnawi, menyatakan, bahwa penyelenggaraan olahraga massal seperti Tri Juang Lomba ini bukan sekedar kegiatan untuk menyehatkan badan semata tetapi merupakan sarana untuk memupuk nilai kebersamaan, kebangsaan dan kegotong-royongan para pelajar.

Proses pelepasan peserta dilakukan oleh Asisten II Setda Aceh, Kadispora, dan sejumlah perwakilan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Aceh. (Rill)
loading...
Label: ,

Post a Comment

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.