Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Banjir Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bireuen Bisnis BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Film Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemanusiaan Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Motivasi Motogp MPU Aceh Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patroli Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh PKI PLN PNL Polisi Politik Poso PPWI Presiden PT PIM Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebgram Selebriti Senator Sinovac SMMPTN sosial Sosok Sport Status-Papua Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tol Aceh Tsunami Aceh Turki Ulama USA Vaksin MR Vaksinasi Vaksinasi Covid-19 vid Video vidio Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

Zakaria Saman
Banda Aceh - Teka-teki tentang siapa orang yang akan dipilih Zakaria Saman atau Apa Karya untuk pasangannya sebagai calon wakil gubernur, kini terjawab sudah. Dengan demikian, Apa Karya merupakan kandidat gubernur Aceh pertama yang mendapatkan calon wakilnya untuk maju pada Pilkada 2017.

Kemarin sore, kepada Serambi Apa Karya memastikan bahwa ia telah memilih dan menetapkan Ir Teuku Alaidinysah MEng, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Aceh periode 2015-2020, sebagai calon wakil gubernur yang akan berpasangan dengan dirinya pada Pilkada 2017.

Kepastian itu disampaikan Apa Karya kepada Serambi, setelah ia bersama tim menggelar pertemuan tertutup dengan Teuku Alaidinsyah di kediaman Apa Karya di Banda Aceh. “Ka lon peuteunte, Pak Alaidinysah keu waki lon dan ka geutem. Beunoe kamoe na pertemuan di rumoh lon di Banda Aceh, kalheuh kamoe peuget surat agreement (perjanjian) dan kalheuh kamoe teken langsong (Sudah saya pastikan, Pak Alaidin sebagai wakil saya dan beliau sudah mau. Tadi kami gelar pertemuan di rumah saya di Banda Aceh, kami juga buat surat perjanjian dan langsung kami teken),” kata Apa Karya.

Mantan menteri Pertahanan Aceh Merdeka itu tak muluk-muluk. Keputusannya menetapkan Alaidinsyah sebagai pasangan, lantaran ia melihat Alaidinsyah sebagai sosok yang memiliki jiwa sosial dan tingkat kecerdasan yang tinggi.

“Lagei apui ngon minyeuk bensen, watei toe langsong dibluem, nyoe muenan chit karna ka cocok langsong jadeh. (Seperti api dan bensin, kalau dekat langsung menyambar, ini juga begitu, karena sudah cocok langsung jadi),” sebut Apa Karya.

Pria yang lama menetap di Thailand ini juga menyebutkan bahwa ia mengenal Alaidinsyah pascadamai beberapa tahun lalu. Selama ini ia mengaku sering berkomunikasi dengannya dan tak jarang tukar pikiran dan membahas suatu masalah.

Dalam perjalanan itu, Apa Karya menilai Alaidinsyah yang juga Dosen Fakultas Teknik Unsyiah sebagai sosok yang tepat untuk menjadi pasangannya dalam pesta demokrasi tahun depan.

Apa Karya juga mengaku, selama ini ada lima kandidat yang dinilainya bersama tim. Namun, setelah melakukan penilaian yang cukup ketat, ia memilih Alaidinsyah sesuai suara hatinya.

Disebutkannya juga, selama ini ada sejumlah orang yang menawarkan diri untuk menjadi pasangannya. “Tapi i lon han lon tem, nyoe lagei ureung meukawen, lakoe yang pileh inong, kon inong yang pileh lakoe. Jadi, tanyoe yang peuteunte, tapike beu abeh peu get peu han inong nyan, meunyoe hana paih pane tatem. (Tapi saya tak mau. Inikan seperti orang menikah, pria yang memilih wanita, bukan wanita yang pilih pria. Jadi, kita yang menentukan, kita pikir masak-masak apakah wanita tersebut orang baik. Kalau tidak pas, manalah saya mau,” kata Apa Karya.

Ditanya apakah ada deal-deal politik antara dirinya dengan Alaidisnyah sebelum penetapan kemarin, Apa Karya menyebutkan, tidak ada perjanjian politik. Yang ada, kata Apa Karya, perjanjian untuk bekerja dan membangun Aceh jika nanti terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh. “Geutanyoe dari rakyat takeurija keu rakyat, nyan sagai perjanjian. Tiep-tiep ka ta peutentei, berati kana ikatan untuk ta keurija sama, nyankeuh nyan sagai perjanjian,” imbuhnya.

Meski belum mendeklarasikan diri secara terbuka, namun sebuah nama telah ditetapkan untuk pasangan calon gubernur Aceh dari jalur perseorangan ini. Kata Apa Karya, pasangan Apa Karya-Teuku Alaidinsyah setelah pertemuan kemarin langsung disebut dengan Zakat (Zakaria Saman-Teuku Alaidinsyah). “Baroe kon awak jeh di meuzikir (meuratep), jinoe tanyoe taboh zakeut. Zakeut na keuh ta korban jiwa dan raga geutanyoe. Tameulake kamoe geupeumudah le Allah dan mulai uroe nyoe ka lon peuteunte bahwa Zakaria Saman dan Teuku Alaidinsyah nakeuh pasangan calon Gubernur/Wakil Gubernur Aceh. (Kalau dulu mereka yang di sana ber-Zikir, sekarang kita berzakat. Maksud zakatnya adalah kita korbankan jiwa dan raga kita. Kita minta pasangan kami dimudahkan Allah dan mulai hari ini sudah saya pastikan bahwa Zakaria Saman dan Teuku Alaidinsyah adalah pasangan calon Gubernur/Wakil Gubernur Aceh),” pungkas Apa Karya. (*) Sumber: serambinews.com
loading...
Label: ,

Post a Comment

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.