Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agam Inong Aceh Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Banjir Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bimtek Dana Desa Bireuen Bisnis Blue Beetle BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya BUMN Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI DPRK Lhokseumawe Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Film Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gaya Hidup Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf Israel IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemanusiaan Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa Lapas Lapas Klas I Medan Lapas Tanjungbalai lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Modal Sosial Motivasi Motogp MPU Aceh Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narapidana Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patani Patroli Pekalongan Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Penelitian Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh Pilkades Pj Gubernur PKI PLN PNL Polisi Politik Pomda Aceh PON Aceh-Sumut XXI Poso PPWI Presiden Projo PT PIM Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebgram Selebriti Senator Sinovac SMMPTN sosial Sosok Sport Status-Papua Stunting Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tol Aceh Tsunami Aceh Turki Ulama Universitas Malikussaleh USA Vaksin MR Vaksinasi Vaksinasi Covid-19 vid Video vidio Viral Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

Aceh Jaya - Kepengurusan Tim Pengerak PKK dan Dekranasda Kabupaten Aceh Jaya harus mampu merubah persepsi dan anggapan sebahagian masyarakat yang menganggap kegiatan organisasi ini hanya sebatas rutinitas 'sumur dan dapur' semata.

Hal tersebut disampaikan oleh Darwati A Gani, selaku Ketua Tim Penggerak PKK dan Dekranasda Aceh, saat melantik Ketua Tim Penggerak PKK dan Dekranasda Kabupaten Aceh Jaya Periode 2017-2022, di Aula Serbagun Setdakab Aceh Jaya, Selasa (18/7/2017).

"Kepengurusan baru harus mampu mengubah image PKK yang selama ini telah disalah artikan sebatas membantu mempersiapkan jamuan pada suatu acara saja. PKK dan perempuan harus membuktikan, bahwa kita mampu berkontribusi dalam pembangunan daerah," tegas Darwati.

Darwati mengungkapkan, PKK merupakan  gerakan yang muncul dan tumbuh dari bawah yang dimotori oleh kaum perempuan dan para Ibu sebagai penggeraknya.

"Tujuan utama gerakan PKK adalah untuk membantu program pembangunan yang dijalankan oleh pemerintah, khususnya dalam rangka mewujudkan keluarga sejahtera, yaitu keluarga yang mampu menciptakan keselarasan, keserasian, dan keseimbangan lahir dan batin," ujar Darwati.

Kegiatan PKK, sambung Darwati, sangat sejalan dengan program pembinaan kerajinan rakyat yang banyak berkembang di berbagai daerah. "Kita semua tahu, usaha kerajinan rakyat umumnya dikelola oleh sekumpulan keluarga dalam ikatan kebersamaan yang kuat."

"Karena itu, ketua PKK biasanya merangkap pula sebagai ketua Dekranasda. Dengan bersinerginya kegiatan PKK dan Dekranasda ini diharapkan langkah-langkah meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan keluarga semakin menguat."

Menurut Darwati, beberapa tahun terakhir, kegiatan-kegiatan PKK dan Dekranasda di Aceh Jaya sudah berjalan sangat baik, terutama jika dilihat dari peningkatan Indeks Pembangunan Manusia di daerah ini.

"Namun hal itu tentu tidak lantas membuat kita berpuas diri. Karena itu perlu upaya yang lebih gigih lagi untuk menjalankan program-program pembinaan keluarga untuk mendorong terciptanya keluarga sejahtera dan bahagia  di daerah ini," imbuh Darwati.

Darwati menambahkan, peningkatan produksi kerajinan rakyat menjadi hal yang penting untuk diperhatikan, karena Aceh Jaya memiliki berbagai hasil kerajinan rakyat yang sudah populer di tingkat nasional.

"Salah satunya adalah kerajinan rotan yang sudah memasuki pasar ekspor. Demikian juga dengan kerajinan tenun, bordir, dan hasil kreasi masyarakat lainnya. Semua itu tentu harus dapat kita tingkatkan agar mampu memberi kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan keluarga," ajak Darwati.

Darwati meyakini, di bawah kepemimpinan Ernani Wijaya,
PKK dan Dekranasda Aceh Jaya, mampu menjalankan tugas berat yang diemban PKK dan Dekranasda.

"Apalagi kita tahu, Ibu Ernani merupakan perawat senior yang sudah lama berkiprah dalam dunia kesehatan di daerah ini. Dengan pengalaman itu, PKK dan Dekranasda diharapkan dapat memberikan yang terbaik bagi masyarakat di Aceh Jaya."

Pesan Darwati untuk PKK dan Dekranasda Aceh Jaya

Dalam kesempatan tersebut, Darwati turut pula menyampaikan beberapa hal kepada PKK dan Dekranasda Aceh Jaya, untuk menjalankan roda organisasi, yaitu menghimbau agar pengurus dapat mensosialisasi program PKK dan Dekranasda sehingga masyarakat semakin memahami keberadaan, tujuan organisasi ini.

"Jika sudah memahami, masyarakat tentu akan mendukung kegiatan PKK dan Dekranasda dalam rangka memberdayakan dan meningkatan kesejahteraan keluarga, di daerah mereka masing-masing."

Selanjutnya, Darwati juga berpesan agar para pengurus selalu memberikan motivasi dan menggugah kesadaran masyarakat agar terlibat aktif dalam kegiatan PKK dan Dekranasda di Aceh Jaya.

"Resapi dan sentuhlah perasaan mereka dengan menggunakan insting seorang ibu. Dengan sentuhan itu, tentu kita akan dapat menyusun program yang sesuai dengan harapan rakyat."

Terakhir, Pemkab Aceh Jaya dan para pemangku kebijakan lainnya diharapkan memberikan dukungan bagi kelangsungan program pembinaan keluarga dan peningkatan usaha kerajinan rakyat di daerah ini.

Darwati meyakini, dengan dukungan tersebut, PKK dan Dekranasda dapat berperan dalam mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

"Saya harap Pemkab dapat mengalokasikan sedikit Dana Gampong untuk kegiatan PKK dan Dekranasda, sehingga dapat menghidupkan kembali posyandu, pelayanan terhadap lansia dan pendampingan kerajinan di Gampong-gampong," kata Darwati.

"Terakhir, kami ucapkan terimakasih kepada Ibu Fitri Mayalisa yang 10 tahun terakhir ini aktif berkiprah sebagai Ketua PKK dan Ketua Dekranasda Aceh Jaya. Dan, selamat bekerja kepada Ibu Hj. Ernani Wijaya yang telah resmi mendapat amanah sebagai Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Dekranasda Aceh Jaya yang baru," pungkas Darwati A Gani. (Rill)
loading...
Label: ,

Post a Comment

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.