Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agam Inong Aceh Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Banjir Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bimtek Dana Desa Bireuen Bisnis Blue Beetle BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya BUMN Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI DPRK Lhokseumawe Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Film Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gaya Hidup Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf Israel IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemanusiaan Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa Lapas Lapas Klas I Medan Lapas Tanjungbalai lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Modal Sosial Motivasi Motogp MPU Aceh Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narapidana Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patani Patroli Pekalongan Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Penelitian Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh Pilkades Pj Gubernur PKI PLN PNL Polisi Politik Pomda Aceh PON Aceh-Sumut XXI Poso PPWI Presiden Projo PT PIM Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebgram Selebriti Senator Sinovac SMMPTN sosial Sosok Sport Status-Papua Stunting Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tol Aceh Tsunami Aceh Turki Ulama Universitas Malikussaleh USA Vaksin MR Vaksinasi Vaksinasi Covid-19 vid Video vidio Viral Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

Pertemuan antara Dubes RI untuk Qatar Muhammad Basri Sidehabi dengan 12 pengurus organisasi kemasyarakatan Masyarakat Serambi Mekah di Qatar (Masmeqar) yang diketuai Rahmatullah di Wisma Duta, Doha, Qatar, Jumat 16 September 2016. (Istimewa)
StatusAceh.Net - Potensi ekonomi dan peluang tenaga kerja Indonesia di Qatar menjadi topik pembahasan saat Dubes RI untuk Qatar, Muhammad Basri Sidehabi menerima 12 pengurus organisasi kemasyarakatan Masyarakat Serambi Mekah di Qatar (Masmeqar) yang diketuai olah Rahmatullah di Wisma Duta, Doha, Qatar pada 16 September 2016.

Pertemuan juga dihadiri oleh penasihat dan tokoh senior masyarakat Aceh di Qatar, Teuku Anwar dan Mahdi Musa.

Dalam pertemuan itu, Rahmatullah menyampaikan susunan pengurus baru Masmeqar yang memiliki sekitar 300 anggota yang umumnya bekerja di berbagai sektor industri, dan perdagangan khususnya sektor minyak dan gas.

Masmeqar merupakan organisasi masyarakat Indonesia  pertama yang dibentuk di Qatar dan sekarang telah menjelma menjadi 51 organisasi masyarakat (ormas) yang diwadahi Persatuan Masyarakat Indonesia di Qatar (Permiqa) pimpinan Edwin Kurniawan.

Dubes Basri mengapresiasi peran dan kontribusi warga Aceh. “Kontribusi dan perjuangan Masmeqar sebagai pionir TKI di Qatar sepatut diteladani,”  ujarnya dalam keterangan pers yang diterima Sindonews, Sabtu (18/9/2016).

Menurut dia, Masmeqar merupakan cikal bakal tenaga kerja ahli di Qatar. Umumnya anggota Masmeqar adalah pindahan dari karyawan PT Arun NGL, Co, PT Pupuk ASEAN, dan Exxon Mobil yang di Aceh.

Mereka dikenal dengan komunitas diapora Indonesia yang sudah memasuki generasi kedua yang bermukim di Qatar. Basri menyampaikan harapannya agar organisasi masyarakat Indonesia lainnya dapat mencontoh Masmeqar yang merupakan pionir TKI di sektor migas Qatar.

"Perlunya peningkatan sinergi antara KBRI Doha dan Masmeqar agar dapat meningkatkan jumlah TKI di sektor minyak dan gas serta dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi nusa dan bangsa," ujarnya.

Beberapa anggota Masmeqar merupakan pengusaha yang sukses di Qatar yang bergerak di bidang perdagangan khususnya retail dan kuliner.

Salah satunya Mahdi Musa yang memiliki swalayan Qatindo, Source of Fortune dan pemasok pada hipermarket Careefour. Selain merangkap sebagai pengusaha properti, Mahdi Musa juga merupakan tokoh diapora Indonesia dan Ketua Permiqa pertama.

"Perlu kesabaran, fighting spirit dan jaringan dalam berbisnis di Qatar," ungkap pengusaha yang telah bermukim lebih 20 tahun di Qatar ketika ditanya rahasia keberhasilannya dalam melakukan usaha.

Sementara itu, salah satu tokoh Diaspora, Said Malawi mengharapkan adanya peningkatan kerja sama dan koordinasi agar peluang tenaga kerja di sektor migas dapat dimanfaatkan dengan maksimal.

Pegawai Qatar Gas yang telah bermukim 20 tahun di Qatar ini menyampaikan usulannya agar kontribusi Masmeqar dapat meningkatkan  jumlah TKI dari sekitar 40 ribu WNI saat ini.

Pengurus Masmeqar juga menyampaikan saran dan rekomendasinya guna mendukung misi KBRI Doha khususnya ekspansi tenaga kerja terampil Indonesia di Qatar.

Menurut Said Malawi, sebagian besar anggota Masmeqar bermukim pada kompleks Al-Khor Community (AKC) dan daerah lainnya seperti di Doha, Al Dakhira, Al Wakrah, Messaid dan Dukhan.

Diperkirakan sekitar 1.500 jiwa WNI tinggal di perumahan AKC dan merupakan komunitas diaspora Indonesia terbesar di dunia.

Rahmatullah juga melaporkan capaian yang dilakukan Masmeqar selama ini. “Kami turut berperan dalam membangun Aceh antara lain pendirian rumah Quran di Aceh dan kegiatan sosial lainnya yang bermafaat bagi masyarakat Aceh,” papar Rahmatullah.

Menurut Minister Counsellor KBRI Doha, B Dharmawan, Masmeqar yang resmi dibentuk pada 7 Maret 2008 terlibat aktif mendukung diplomasi ekonomi dan budaya dalam berbagai kegiatan ekonomi dan sosial budaya tidak hanya bagi kepentingan masyarakat Indonesia juga dalam berbagai event internasional di Qatar.(Sindonews)
loading...

Post a Comment

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.