Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agam Inong Aceh Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Banjir Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bimtek Dana Desa Bireuen Bisnis Blue Beetle BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya BUMN Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI DPRK Lhokseumawe Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Film Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gaya Hidup Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf Israel IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemanusiaan Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa Lapas Lapas Klas I Medan Lapas Tanjungbalai lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Modal Sosial Motivasi Motogp MPU Aceh Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narapidana Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patani Patroli Pekalongan Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Penelitian Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh Pilkades Pj Gubernur PKI PLN PNL Polisi Politik Pomda Aceh PON Aceh-Sumut XXI Poso PPWI Presiden Projo PT PIM Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebgram Selebriti Senator Sinovac SMMPTN sosial Sosok Sport Status-Papua Stunting Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tol Aceh Tsunami Aceh Turki Ulama Universitas Malikussaleh USA Vaksin MR Vaksinasi Vaksinasi Covid-19 vid Video vidio Viral Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

StatusAceh.Net - Alhamdulillah perjalanan safari Dakwah MAZKA (Maejelis Zikir Kota Langsa) ke Benua Eropa berjalan dengan lancar. Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama antara WAA (World Acehnese Association) dan MAZKA (Majelis Zikir Kota Langsa).  

Dalam kegiatan agenda safari ke benua Eropa Tgk. Abdul Razaq atau yang sering di panggil Tengku. Akhiy merupakan alumnus dari Dayah MUDI MESRA Samalanga memulai safari dakwah dan zikir pada tanggal 22/06/2016 sampai tanggal 5/08/2016. Beliau telah melakukan agenda safari Dakwah dan Zikir selama 45hari ke beberapa Negara di Eropa seperti Denmark, Norwegia, dan Swedia. Selain kegiatan safari Dakwah, beliau juga melakukan studi banding ke negara lain seperti Jerman dan Belanda.

Kegiatan yang beliau lakukan selama berada di Eropa antara lain ialah Pengajian rutin setiap hari sesudah Shalat Ashar di meunasah Aceh Denmark yang terletak di kota Arsh, belajar zikir dan Shalawat, mengisi zikir dan shalawat  bersama di meunasah Aceh Denmark, mengisi zikir dan shalawat di setiap rumah warga Aceh di eropa, menjadi Imam taraweh selama bulan Ramadhan, bertindak sebagai Khatib Idul fitri dan khatib jumat di Meunasah Aceh Denmark, dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Menerut Nek Hasan selaku ketua WAA (World Acehnese Association)  mengatakan “kegiatan seperti ini merupakan kali pertama di programkan oleh WAA, dulu kami hanya memanggil Pendakwah dari Aceh untuk mengisi Dakwah pada acara maulid, itu pun hanya dalam waktu yang singkat, tapi kali ini berkat kerjasama antara WAA (World Acehnese Association)  dan MAZKA (Majelis Zikir Kota langsa) Alhamdulillah kami bisa mendatangkan Gure dari Aceh dalam jangka waktu yang lama”. 

Beliau juga menambahkan bahwa visi misi dan kegiatan yang di bawa oleh Tgk.Abdul Razaq ke eropa membawa pengaruh sangat positif dan sangat bermanfaat bagi warga Aceh di Eropa, apalagi  visi dan misi yang  bawa olehTgk Abdul Razaq ialah untuk kepentingan Agama Allah dan Aqidah Ahlussunnah waljamaah, dan itu yang sangat di harapakan oleh warga Aceh dan anak-anak aceh yang berada di Eropa.

“kamoe di sino sangat senang dengan kehadiran Tgk Abdul Razaq selaku Gure dari Aceh yang kaleh ge buka pinto hate kamoe dengan zikir dan shalawat-shalawat  dan ka ge tanom ilme agama ke kamoe mandum di sinoe, nyoe merupakan program yang sangat mulia yang neu ba le gure bahkan nyoe kali pertama kamoe rasakan selama kamoe disinoe, adak jeut tip-tip thoen beu lagenyoe” itulah  ugkapan yang keluar dari Tgk Syukri  selaku warga Aceh yang sudah lama berdomisili di negara Denmark selama 12 tahun.

Untuk memperkuat ukhwah dan persaudaraan, organisasi WAA (World Acehnese Association)  dan MAZKA (Majelis Zikir Kota Langsa) menjalin kerjasama dalam misi dakwah, zikir, dan kegiatan agama lain nya. In sya Allah Program ini akan terus di lanjutkan ujar Tgk Nek hasan selaku ketua WAA di Denmark. 

Tgk Abdul Razaq yang merupakan alumnus dari Pasantren Dayah MUDI MESRA Samalanga selaku pembina MAZKA (Majelis Zikir Kota Langsa) sangat  senang dengan terjalinnya kerjasama seperti ini.

 “ In Sya Allah saya akan terus melanjutkan misi Dakwah ke negara Eropa, dan kedepannya saya akan berusaha mengundang guru-guru lain dari Aceh untuk kepentingan Dakwah dan Syiar agama bagi warga Aceh dan anak-anak Aceh di negara Scandinavia, karena ini merupakan program saya dari dulu untuk bisa mensyiarkan dakwah dan zikir ke berbagai negara termasuk negara Eropa, dan Alhamdulillah berkat doa-doa orang tua dan guru-guru saya bisa mensyiarkan zikir dan shalawat ke berbagai negara seperti Malaysia, Brunei darussalam, dan Eropa” ujar Tengku Abdul Razaq di sela-sela keberangkatan beliau kembali ke Nanggroe Aceh pada tanggal 05/08/2016. (Rill)


loading...

Post a Comment

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.