Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Banjir Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bireuen Bisnis BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Film Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemanusiaan Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Motivasi Motogp MPU Aceh Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patroli Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh PKI PLN PNL Polisi Politik Poso PPWI Presiden Projo PT PIM Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebgram Selebriti Senator Sinovac SMMPTN sosial Sosok Sport Status-Papua Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tol Aceh Tsunami Aceh Turki Ulama USA Vaksin MR Vaksinasi Vaksinasi Covid-19 vid Video vidio Viral Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

Sebuah pameo timur tengah berbunyi Khairunnaasi ahsanuhum khuluqan wa anfa’uhum lin naasi artinya, sebaik-baik manusia itu adalah yang paling baik budi pekertinya dan yang paling bermanfaat bagi orang lain. 

Legacy adalah warisan atau peninggalan  yang akan dikenang sekalipun sang pencetus legacy itu telah pergi.

Salah satu Legacy paling mulia yang ditinggalkan Rasulullah Muhammad S. A. W adalah agama Islam dengan kitab suci al quran dan hadist bagi seluruh umat. 

Masa Khalifah Abu Bakar, penyelamat ayat suci al quran yang disalin menjadi  mushaf dan  ditulis dengan pelepah kurma, kulit dan lainnya, karena masa itu belum ada kertas dan banyak hafizul atau penghafal al quran yang syahid dalam perang. 

Masa Khalifah Umar Bin Khatab menerapkan sistem kalender Islam atau almanak Hijriah. Sistem ini mengawali tahun di tanggal 1 Muharam, mulai dihitung saat peristiwa hijrah.

Masa khalifah Usman Bin Affan menjadi sejarah membukukan kitab Al-Quran dan mewaqafkan sumur Rummat milik pribadinya di Kota Madinah. Peneliti pada otoritas pembangunan Madinah, Abdullah Kaber, mengatakan kepada Saudi Press Agency, sumur ini adalah satu-satunya sumur yang masih mengalirkan air sejak zaman Rasulullah. Hingga sekarang masih bisa dinikmati dan dimanfaatkan oleh masyarakat setempat. 

Masa Khalifah Ali bin Abi Thalib, memerintahkan Abul Aswad Ad Duali untuk memberi tanda baca dan menulis kitab-kitab Nahwu (tata bahasa).

Hal ini dilakukan agar muslim dari luar Arab dapat mempelajari Al-Quran dan Al-Hadis dengan benar. Sehingga sampai sekarang umat Islam diseluruh dunia dapat dengan mudah belajar mengaji.

Ali juga membangun kota Kufah di Irak sebagai pusat pemerintahan dan pusat pengembangan ilmu pengetahuan.

Masih banyak contoh atau teladan legacy yang dapat menjadi inspirasi yang patut ditiru oleh para pemimpin yang berkuasa dizaman sekarang. 

Meski tidak sehebat para khalifahurrasyidin, namun  tiruan teladan legacy juga dapat ditemui di Propinsi Aceh pasca pergantian pucuk pimpinan PT. PIM di Krueng Geukuh Kec. Dewantara Kab. Aceh Utara. 

Sosok putera asli daerah Aceh Husni Achmad Zaki adalah Dirut PT. PIM.  Namun pada Selasa (25/8), Kementrian BUMN menggantinya dengan pejabat baru bernama Yanuar Budi Norman Mantan Direktur Rekind. 

Terhitung selama dua periode sejak tahun 2010 memimpin PT. PIM, Husni  Achmad Zaki telah melahirkan banyak kemajuan yang akan terus berjalan dan memberi manfaat bagi kesejahteraan rakyat Aceh. 

Diantaranya, Akuisi lahan ex PT AAF yg meliputi lahan industri, pelabuhan dan lahan perumahan pada Desember 2018. Lokasi ini dimasa mendatang akan menjadi lokasi kawasan industri terbesar yang baru. Tentunya akan membuka kesempatan dan peluang pekerjaan untuk  ribuan masyarakat Aceh. 

Selanjutnya,  pembangunan Pabrik NPK Chemical dengan kapasitas 500 rb T sejak Feb 2019 akan rampung pada tahun 2021. Ketika sudah berfungsi dan beroperasi maka akan membuka peluang kesempatan pekerjaan bagi masyarakat Aceh dalam jumlah besar. 
Sehingga legacy Husni bukan hanya meninggalkan  banyak manfaat bagi kesejahteraan rakyat Aceh seutuhnya agar mampu mendongkrak ekonomi dan membrantas kemiskinan.  

Selain itu, selaku pemimpin Husni Achmad Zaki tidak lupa menyisakan manfaat besar lainnya bagi segenap karyawan dan pejabat bawahannya agar tetap bisa melanjutkan pekerjaannya di PT. PIM. 

Hal itu dilakukan Husni melalui keberhasilannya mewujudkan Stabilitas operasional pabrik dan Kepastian kontrak gas selama 13 tahun sejak 1 Juni 2020.  

Setidaknya selama Husni Achmad Zaki memimpin PT. PIM, dia telah melakukan kewajibannya mensejahterakan daerah Aceh, mendongkrak perekonomian rakyat.  Dia meninggalkan hasil kerjanya untuk bisa dilanjutkan dan memberi manfaat besar yang berkesinambungan. 

Semoga jasa kebaikannya dapat dikenang oleh rakyat Aceh yang telah menerima dan merasakan manfaatnya. 

Setiap orang adalah pemimpin, siapa pun dia, apapun profesinya dan pada level manapun tingkatannya. Karena itu, mari kita tinggalkan legacy pada setiap level kepemimpinan kita. 

Rasulullah SAW bersabda ‘Setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap kalian akan dimintai pertanggung-jawabannya. Seorang imam adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggung-jawabannya. Seorang laki-laki adalah pemimpin atas keluarganya dan ia akan dimintai pertanggung-jawabannya. Seorang wanita adalah pemimpin atas rumah suaminya, dan dia pun akan dimintai pertanggung-jawabannya. Seorang budak juga pemimpin atas harta tuannya dan ia juga akan dimintai pertanggung-jawabannya. Sungguh setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan dimintai pertanggung-jawabannya’ (HR. Bukhori). [ZN]
loading...
Label: ,

Post a Comment

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.