Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agam Inong Aceh Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Banjir Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bimtek Dana Desa Bireuen Bisnis Blue Beetle BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya BUMN Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI DPRK Lhokseumawe Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Film Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gaya Hidup Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf Israel IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemanusiaan Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa Lapas Lapas Klas I Medan Lapas Tanjungbalai lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Modal Sosial Motivasi Motogp MPU Aceh Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narapidana Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patani Patroli Pekalongan Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Penelitian Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh Pilkades Pj Gubernur PKI PLN PNL Polisi Politik Pomda Aceh PON Aceh-Sumut XXI Poso PPWI Presiden Projo PT PIM Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebgram Selebriti Senator Sinovac SMMPTN sosial Sosok Sport Status-Papua Stunting Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tol Aceh Tsunami Aceh Turki Ulama Universitas Malikussaleh USA Vaksin MR Vaksinasi Vaksinasi Covid-19 vid Video vidio Viral Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

Nagan Raya - Wakil Gubernur Aceh, H Muzakir Manaf, melakukan kunjungan kerja ke komplek Pembangkit Listrik Tenaga Uap Nagan Raya, yang berada di Gampong Suak Puntong. Tiba di lokasi, pria yang akrab disapa Mualem itu diterima langsung oleh Andi Makkasau, selaku Manager PLN Sektor Nagan Raya dan Wakil Ketua DPRK Nagan Raya, Samsuardi.

Di lokasi PLTU, Wagub mendapatkan penjelasan secara singkat tentang PLTU dan sistem kerja pembangkit listrik terbesar di Aceh itu, Selasa (6/9/2016).

"Sejak beroperasi, PLTU Nagan Raya mendapatkan pasokan Batubara dari Kalimantan, yang disuplai dengan menggunakan Kapal Tongkang sebanyak 25 metrix ton setiap bulannya. Penggunaan batubara asal kalimantan dikarenakan nilai kalori batubaranya yang sudah sesuai standar. Berbeda dengan batubara lokal yang nilai kalorinya rendah," kata Andi Makkasau menjelaskan.

Pun demikian, lanjut Andi, dalam bulan september ini, pihak PLTU Nagan Raya yang memiliki dua unit pembangkit, masing-masing menghasilkan daya sebesar 110 Mega Watt itu, akan melakukan uji coba mencampur batubara kalimantan dan hasil penambangan lokal yang selama ini dilakukan oleh PT Mifa.

Untuk diketahui, bersama sejumlah pembangkit listrik lainnya yang tersebar di Aceh dan Sumatera Bagian Utara, PLTU Nagan Raya memberikan pasokan energi ke  Sigli, Banda Aceh, Bireuen, Lhokseumawe, Aceh Utara, Idi, Langsa, Tualang Cut, Pangkalan Susu, Medan, Meulaboh dan yang sedang direncanakan ke Subulussalam.

Saat ini, total energi yang dihasilkan oleh sejumlah pembangkit listrik di Aceh sebesar 459 MW, yang tersebar di PLTU Nagan Raya 2x110 MW, PLTD Lueng Bata 32 MW, PLTD Pulo Pisang-Sigli 11 MW, Cot Trueng 12MW, dan PLTMG Arun 184 MW. 

"Dengan daya sebesar itu, dan jika tidak terjadi gangguan, maka Aceh memiliki cadangan energi sebesar 100 MW. Selama ini cadangan tersebut kita salurkan ke sejumlah wilayah di Aceh dan Sumbagut untuk mengatasi krisis disejumlah wilayah tersebut. Jaringan sumbagut tersambung secara interkoneksi, jadi asupan energi akan langsung tersalurkan ke daerah yang devisit atau kekurangan energi," tambah Andi.

Bahkan, sesuai dengan rencana pengembangan tahun 2017-2021 Aceh akan membangun sejumlah pembangkit listrik dengan potensi tambahan daya sebesar 790 MW.

Andi menambahkan, jika selama ini masih terjadi pemadaman, hal tersebut bukan dikarenakan Aceh kekurangan daya tetapi karena faktor gangguan jaringan atau pemeliharaan mesin.

Saat ini, Jumlah pegawai PLTU Nagan Raya adalah sebanyak 179 orang, tenaga ahli outsourcing 258 orang. Dari jumlah tersebut 90 persen pekerjanya berasal dari Aceh.

Ketersediaan Listrik Mengundang Investasi
Mendengar penjelasan dari pihak PLTU Nagan Raya, Wagub optimis Aceh akan bebas dari pemadaman pada 2017. Menurut Wagub, ketersediaan dan kepastian pasokan arus listrik akan membuat investor melirik Aceh untuk berinvestasi.

"Harapan kita bersama tentu saja Aceh akan lebih baik dari segi kelistrikannya di masa depan. Dengan pemaparan tadi, sangat banyak potensi pembangkit listrik di Aceh. Di masa mendatang, sangat mungkin Aceh menjual energi, bukan hanya ke provinsi lain tapi juga ke negara tetangga," kata Mualem.

Dalam kesempatan tersebut, Mualem juga menghimbau kepada pihak perusahaan dan masyarakat serta para pekerja dapat menjaga situasi kondusif, baik di dalam areal pekerjaan maupun kepada masyarakat disekitar PLTU Nagan Raya.

"Saya berharap para pekerja dapat bekerja dengan baik, dan perusahaan dapat memberikan hak yang sesuai kepada para pekerja, sehingga tidak ada aksi-aksi demontrasi yang justru dapat mengganggu produktifitas dan perkembangan PLTU ini," pesan Mualem.
Sementara itu, untuk meminimalisir dampak gangguan cuaca dan faktor alam lainnya, Wagub meminta agar perusahaan menggunakan teknologi canggih seperti yang diaplikasikan di negara tetanga, Malaysia.

"Jadi, tidak semata kita pacu kapasitas energi yang dihasilkan, kita juga harus memperbaharui peralatan demi pelayanan maksimal kepada masyarakat. Walau sektor kelistrikan Indonesia belum aman, harapan kita tentu saja pasokan listrik Aceh Aman," pungkas Mualem. (Rill)
loading...

Post a Comment

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.