Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agam Inong Aceh Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Banjir Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bimtek Dana Desa Bireuen Bisnis Blue Beetle BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya BUMN Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI DPRK Lhokseumawe Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Film Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gaya Hidup Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf Israel IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemanusiaan Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa Lapas Lapas Klas I Medan Lapas Tanjungbalai lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Modal Sosial Motivasi Motogp MPU Aceh Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narapidana Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patani Patroli Pekalongan Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Penelitian Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh Pilkades Pj Gubernur PKI PLN PNL Polisi Politik Pomda Aceh PON Aceh-Sumut XXI Poso PPWI Presiden Projo PT PIM Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebgram Selebriti Senator Sinovac SMMPTN sosial Sosok Sport Status-Papua Stunting Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tol Aceh Tsunami Aceh Turki Ulama Universitas Malikussaleh USA Vaksin MR Vaksinasi Vaksinasi Covid-19 vid Video vidio Viral Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA


Takengon - 
Advanced Knowledge and Skills for Sustainable Growth Project (AKSI) Asian Development Bank dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Malikussaleh mengadakan workshop peningkatan Paten dan Hak kekayaan intelektual (HKI) dalam rangka pengembangan pusat unggulan biodiesel secara Hybrid di Hotel Grand Bayu Hill, Takengon, Sabtu (10/12/2022). 

Workshop ini diikuti oleh 170 peserta  dosen dan akademisi Universitas Malikussaleh baik luring maupun daring dengan menghadirkan  narasumber Dr Yulmira Yanti MP (Universitas Andalas-Padang). Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari Jumat-Minggu (9-11/12/2022) tersebut dipandu oleh Yessy Afrillia MKom.

PIU AKSI Unimal, Dr M. Nazaruddin mengatakan, dengan adanya kegiatan workshop ini diharapkan sejalan dengan upaya peningkatan akreditasi institusi dan pengembangan CoE Biodiesel.

“Kiranya kegiatan ini dapat memberikan pemahaman dan menggugah kembali minat teman-teman peneliti untuk menyiapkan  pengusulan HKI dan paten yang segera diajukan,” kata M. Nazaruddin yang selama ini menangani CoE.

Lanjutnya, workshop ini untuk mengakomodasi aktivitas penelitian dan PPM dosen dan mahasiswa baik dengan menggunakan dana internal maupun dana eksternal seperti dari DP2M, Ristek, Pemda, LIPI, maupun yang lainnya telah menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun.

“Keberhasilan program penelitian dalam suatu lembaga dapat dilihat dari banyaknya luaran hasil penelitian, baik berupa artikel yang dipublikasikan secara nasional maupun internasional, jumlah HKI, teknologi tepat guna yang diaplikasikan ke masyarakat, maupun buku ajar,” ungkap Nazaruddin.

Ketua CoE Biodiesel, Dr Ir Azhari MSc mengatakan, akademisi itu dibebankan untuk melaksanakan tridharma perguruan tinggi, salah satunya adalah aktif melakukan penelitian, dimana pada akhirnya dapat dipublikasi dalam jurnal, HKI, dan paten.

“Kiranya hasil penelitian itu dapat memberikan kontribusi untuk peningkatan akreditasi dan pengembangan pusat unggulan atau COE Biodiesel. Kegiatan ini diadakan untuk mendorong peneliti agar mendaftarkan hasil penelitiannya ke Kemenkumham guna mendapatkan paten dan HKI,” katanya.

Dr Yulmira Yanti menjelaskan, pengajuan Paten dan HKI sebaiknya menggunakan akun institusi, dilakukan secara bersama-sama para peneliti dengan jumlah naskah yang banyak untuk kemudian dapat dimediasi oleh tim pemeriksa dari Kemenkumham, dan mendapatkan masukan-masukan perbaikan.

“Tidak ada topik atau isu khusus yang diharuskan, semua peneliti berhak mengajukan paten dan HKI sesuai dengan peminatan dan kompetensi masing-masing,” sebutnya.

Sementara, Kepala LPPM Universitas Malikussaleh, Dr Muhammad Daud MT menyambut baik dan mengapresiasi pelaksanaan workshop peningkatan paten dan HKI ini oleh PIU AKSI ADB Unimal.

“Workshop ini sejalan dengan kebijakan Unimal yang terus meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dalam beberapa tahun terakhir. Workshop ini juga dapat mendorong hilirisasi dan penerapan hasil-hasil penelitian Unimal,” tuturnya.

Kemudian, Riyandhi Praza MP sebagai Ketua Pusat Studi izin pengurusan HKI dan Paten Universitas Malikussaleh menambahkan, tahapan pengajuan paten dan HKI itu sangat sederhana, namun pengajuan sebaiknya dilakukan dengan menggunakan akun institusi.

“Dalam hal ini juga pihak LPPM memfasilitasi pengajuan paten dan HKI untuk peneliti-peneliti di lingkungan Universitas Malikussaleh,” pungkasnya.[]

loading...
Label: ,

Post a Comment

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.