Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agam Inong Aceh Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Banjir Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bimtek Dana Desa Bireuen Bisnis Blue Beetle BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya BUMN Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI DPRK Lhokseumawe Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Film Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gaya Hidup Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf Israel IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemanusiaan Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa Lapas Lapas Klas I Medan Lapas Tanjungbalai lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Modal Sosial Motivasi Motogp MPU Aceh Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narapidana Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patani Patroli Pekalongan Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Penelitian Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh Pilkades Pj Gubernur PKI PLN PNL Polisi Politik Pomda Aceh PON Aceh-Sumut XXI Poso PPWI Presiden Projo PT PIM Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebgram Selebriti Senator Sinovac SMMPTN sosial Sosok Sport Status-Papua Stunting Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tol Aceh Tsunami Aceh Turki Ulama Universitas Malikussaleh USA Vaksin MR Vaksinasi Vaksinasi Covid-19 vid Video vidio Viral Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

Seorang santri asal Aceh belum lama ini membuat heboh dunia maya karena kemampuannya menguasai materi kitab kuning.
StatusAceh.Net - Seorang santri asal Aceh belum lama ini membuat heboh dunia maya karena kemampuannya menguasai materi kitab kuning.

Kehebohan itu bermula dari sebuah video yang beredar memperlihatkan kefasihan bocah itu menjelaskan salah satu bagian dari bab dalam kitab tersebut.

Banyak orang terkesima dengan kemampuan santri tersebut yang kini menanjak usia remaja.

Menurut biodata yang ia sebut di depan para santri seusianya, anak tersebut bernama Muhammad Rizkal Rika.

Ia berasal dari Kabupaten Pidie Jaya dan merupakan santri di Dayah Ummul Ayman, Samalanga, Kabupaten Bireuen.

Dalam video youtube yang viral itu, santri tersebut mensyarah atau menjelaskan salah satu bab dalam kitab kuning dengan detil dan lancar.

Hal yang menakjubkan semua orang yang hadir dan melihat videonya, ia menjelaskan materi kitab kuning tersebut dengan Bahasa Arab yang fasih.

Gaya berbicaranya pun sangat impresif dan memikat bak seorang pendakwah tenar.

Selain para santri, juga tampak Tgk H Nuruzzahri atau Waled Nu yang merupakan pimpinan Yayasan Ummul Ayman berada di samping santri tersebut.

Tanpa canggung, Muhammad Rizkal Rika berimprovisasi dengan mimik yang amat meyakinkan menjelaskan setiap materi yang ia sampaikan dengan Bahasa Arab yang fasih.

Banyak orang menyaksikan video itu terjagun-kagum dengan kemampuannya.

Bahkan ada yang menyebut Muhammad Rizkal Rika adalah calon ulama masa depan yang saat ini menimba ilmu di Dayah Ummil Ayman.

Video tersebut direkam saat berlangsung pengajian rutin bersama Waled Tgk H Nuruzzahri Yahya atau Wales Nu Samalanga setiap bakda Subuh

Pengajian ini berlangsung setiap harinya secara bergilir untuk semua jenjang dengan pelajaran/kitab sesuai jenjangnya.

Dikutip dari laman ummulayman.or.id Yayasan Ummul Ayman adalah sebuah lembaga sosial yang bergerak di bidang pendidikan dan pelayanan kesejahteraan kepada anak anak yatim dengan memberikan tiga unit pelayanan terdiri dari, unit kepanitiaan yaitu mengakomodir anak-anak yatim dengan memberikan fasilitas berupa tempat tinggal dan kebutuhan konsumsi.

Dan untuk membantu tujuan tersebut, Yayasan Ummul Ayman berkoordinasi dengan lembaga sosial pemerintah serta didukung oleh donatur lain, unit kesekolahan yang berperan dalam memberikan pelayanan pendidikan sekolah mulai dari tingkat tsanawiah hingga tingkat ‘Aliah.

Untuk hal ini, Yayasan berkordinasi dengan instansi terkait pemerintah.

Di samping itu, juga ada unit kedayahan yang menangani pendidikan agama dengan metode salafiah layaknya dayah atau dayah di Aceh.

Dengan bermodal satu unit rumah bekas yang didirikan di atas sebidang tanah waqaf untuk panti asuhan yatim piatu/ fakir miskin yang kemudian diberinama dengan Panti Asuhan Yatim Piatu/Fakir Miskin Ummul Ayman Mesjid Raya Samalanga pada 1 Muharram 1411 dan tepat pada tanggal 23 Juli 1990 yang di dirikan oleh Tgk H Nuruzzahri.

Pada tahun 1991 lembaga tersebut resmi menjadi Yayasan dengan akte notaris No. 26 tanggal 22 juli 1991, kemudian pada tahun 2011 Yayasan Ummul Ayman membuat perubahan Akte Notaris dengan Nomor 1 tanggal 9 Maret 2011 dengan mendapat pengesahan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manuasia Republik Indonesia dengan nomor AHU-2565. AH.01.04. Tahun 2011.

Hingga kini Yayasan Ummul Ayman telah berkembang lebih baik dan setiap tahun menerima pendaftaran santri secara terbuka.
loading...
Label: , ,

Post a Comment

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.