Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agam Inong Aceh Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Banjir Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bimtek Dana Desa Bireuen Bisnis Blue Beetle BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya BUMN Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI DPRK Lhokseumawe Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Film Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gaya Hidup Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf Israel IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemanusiaan Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa Lapas Lapas Klas I Medan Lapas Tanjungbalai lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Modal Sosial Motivasi Motogp MPU Aceh Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narapidana Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patani Patroli Pekalongan Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Penelitian Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh Pilkades Pj Gubernur PKI PLN PNL Polisi Politik Pomda Aceh PON Aceh-Sumut XXI Poso PPWI Presiden Projo PT PIM Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebgram Selebriti Senator Sinovac SMMPTN sosial Sosok Sport Status-Papua Stunting Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tol Aceh Tsunami Aceh Turki Ulama Universitas Malikussaleh USA Vaksin MR Vaksinasi Vaksinasi Covid-19 vid Video vidio Viral Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

Lhokseumawe - Universitas Malikussaleh mewisuda lulusan angkatan XXIII di Gedung Olahraga (GOR) Komplek Perumahan PT Perta Arun Gas Batuphat, Lhokseumawe, Rabu (20/11).

Unimal tahun ini melaksanakan acara tersebut dalam tiga sesi selama dua hari, 20-21 November 2019 dengan jumlah 1.221 lulusan yang diwisuda, sedangkan untuk  lulusan pujian (cum laude) sebanyak 230 orang.

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Jullimursyida PhD menyebutkan wisuda Angkatan XXIII dilakukan dalam tiga sesi mengingat jumlah mahasiswa sangat banyak yang terdiri dari Sarjana, Profesi, dan Magister. Setiap sesi dibagi menjadi 407 wisudawan.

"Wisuda kali ini diadakan dua hari yang dibagi tiga sesi, dengan jumlah total ada 1.221 wisudawan,"katanya.

Sementara Rektor Universitas Malikussaleh, Dr Herman Fithra, menyebutkan wisuda dilaksanakan di GOR PT PAG, karena Gedung ACC di Uteunkot tidak mampu menampung jumlah wisudawan untuk bisa dilaksanakan dua hari. Bahkan sebelumnya sempat direncanakan di lapangan Kampus Bukit Indah, tetapi dengan pertimbangan cuaca, wisuda tidak dapat digelar di sana.

"Selain faktor cuaca dan berbagai kemudahan fasilitas lainnya, tempat ini kami pilih dilandasi semangat mendapatkan hibah sarana prasarana dan perumahan bekas PT Arun di Jalan Balikpapan seluas 48 hektare. Proses mengalihkan kepemilikan aset tersebut untuk kepentingan pendidikan sudah dirintis sejak 2016 lalu, kami mengharapkan dukungan dari semua pihak agar hibah tersebut bisa berjalan lancar,” " tutur Dr Herman Fithra.

Lanjutnya, mengingat pentingnya sarana prasarana tersebut bagi kemajuan pendidikan di Aceh dan nasional, Rektor Unimal mengharapkan dukungan luas dari Forkompimda Aceh, Forkompimda Aceh Utara, Forkompimda Lhokseumawe, alim ulama, partai politik, tokoh masyarakat, warga lingkar kampus, alumni, dunia industri, mahasiswa, lembaga swadaya masyarakat, serta khususnya Pemerintah Pusat melalui Kementerian Keuangan.

"Universitas Malikussaleh membutuhkan sarana prasana dan bekas perumahan PT Arun tersebut untuk memberikan akses pendidikan seluas-luasnya bagi seluruh anak bangsa di seantero negeri, mulai Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, serta untuk pengembangan Universitas Malikussaleh ke depan,' ujar Herman Fithra.

Herman Fithra menyebutkan, saat ini Unimal memiliki 39 program studi yang terdiri dari program D-III, sarjana, magister, dan profesi. Sampai tahun 2022 mendatang, Unimal merencanakan akan mempunyai 72 prodi yang sesuai dengan potensi daerah serta perkembangan teknologi. "Sekarang ini kami sudah memproses 12 program studi baru," ucapnya.

Oleh karena itu, lanjut Herman Fithra, kebutuhan sarana prasarana dan ruang perkuliahan, ruang laboratorium, ruang diskusi mahasiswa, ruang kegiatan kemahasiswaan serta ruang riset sangatlah mendesak saat ini. "Dukungan dari seluruh pihak untuk membantu percepatan proses hibah sarana prasarana dan perumahan bekas PT Arun tersebut akan menjadi bukti sejarah di mana semua pihak bersinergi dalam mendukung kemajuan dunia pendidikan dan peradaban di Aceh khususnya serta di Indonesia umumnya," ucap Rektor Unimal.  

Herman Fithra menambahkan, Unimal dengan tujuh fakultas dan 39 prodi mempunyai mahasiswa sebanyak 21.000-an di mana yang aktif sekitar 17.000-an dan 3.000-an nonaktif. Jumlah mahasiswa ini akan terus bertambah dan bisa mencapai 30.000-an  seiring dengan pengembangkan menjadi 72 prodi pada tahun 2022 mendatang.

Namun, Unimal tidak hanya fokus pada pertumbuhan prodi baru yang sesuai potensi daerah serta perkembangan teknologi di berbagai bidang. Peningkatan kualitas prodi juga menjadi perhatian kami. Saat ini sudah ada prodi yang terakreditasi A, yaitu di Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Insya Allah, ke depan kita akan memberikan ucapan selamat kepada prodi lain di FISIP, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran, serta FKIP yang juga akan mendapatkan Akreditasi A.

"Sekali lagi saya ucapakan selamat kepada para wisudawan. Pupuklah rasa cinta dan kebanggaan terhadap almamater. Tetaplah menjadi bagian dari perjuangan mewujudkan mimpi Unimal Hebat. Hari ini dan esok para wisudawan sudah menjadi pribadi yang lain, yang lebih sukses, yang lebih cerdas, dan lebih bertanggung jawab. Semuanya mungkin berubah, tapi tetaplah merindukan Kampus Unimal. Kerinduan terhadap Unimal itu tidak berat, bahkan penuh dengan kenangan indah untuk diceritakan kepada anak cucu kelak," ucap Rektor Unimal Dr Herman Fithra.
loading...
Label: ,

Post a Comment

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.