Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bireuen Bisnis BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya Carona corona Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Milad GAM Mitra Berita Motivasi Motogp Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patroli Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh PKI PLN PNL Polisi Politik Poso PPWI Presiden Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebriti Senator Sosok Sport Status-Papua Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tsunami Aceh Ulama USA Vaksin MR vid Video vidio Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

Banda Aceh – Sekretaris Daerah Aceh Taqwallah, mensosialisasikan program BEREH, yang merupakan akronim dari Bersih, Rapi Estetis dan Hijau, kepada para peserta Rapat Kerja Camat se-Aceh tahun 2019, yang di pusatkan di Ruang Serbaguna Setda Aceh, Kamis (3/10/2019).

Agar proram berjalan maksimal, Sekda mengimbau para camat agar menggerakkan seluruh sumberdaya yang ada untuk kembali peduli pada lingkungan masing-masing. Bukan hanya lingkungan kantor, tetapi juga lingkup kecamatan secara lebih luas.

“Saya sangat merasa sedih dan miris jika melihat sejumlah Masjid dan Meunasah Gampong yang kurang terawat. Oleh karena itu, dengan aksi Camat Peusaneut Lingkungan Kecamatan melalui program BEREH, saya mengimbau kita semua untuk merasa berkewajiban menjaga lingkungan termasuk kebersihan dan keindahan Masjid dan Meunasah,” ujar Taqwallah.

Menyahuti hal tersebut, para camat berkomitmen mendukung dan mengaplikasikan program ‘Camat Peusaneut Lingkungan Kecamatan melalui program BEREH’ di daerah masing-masing.

“Setidaknya dalam dua minggu pertama, kami akan membenahi dan mencoba mengaplikasikan hal-hal positif yang telah kami dapatkan pada Raker hari ini, baik dari materi yang bapak sampaikan, maupun dari hasil kunjungan lapangan ke SKPA-SKPA tadi,” ujar Camat Syamtalira Aron Kabupaten Aceh Utara.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda juga mengingatkan para peserta Raker, bahwa sebagai pemimpin, seorang camat memiliki tugas untuk melayani masyarakat. Dengan soliditas para camat dan seluruh jajaran, Sekda meyakini program pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat akan berjalan secara maksimal.

Selanjutnya, Sekda juga mengingatkan para camat agar bekerja dengan penuh kesabaran, komunikatif dan memahami atau memiliki citarasa. Tiga poin ini penting dimiliki para camat selaku pemimpin untuk menunjang kinerja.

“Kita harus sabar saat menerima mendapat tugas dari pimpinan. Kesabaran juga dibutuhkan saat membimbing bawahan dan masyarakat yang tidak paham dengan sistem birokrasi. Selain itu, kita juga harus komunikatif, mampu menjelaskan dengan tepat dan praktis. Terakhir adalah cita rasa. Rasakan dan hayati apakah pekerjaan kita sudah memudahkan orang lain,” ujar Sekda.

Sekda juga mengingatkan para camat agar menggunakan jabatan dengan kesungguhan dan tanggung jawab. Pergunakan jabatan untuk memperbaiki diri dan lingkungan sekitar. “Tugas kita berat. Oleh karena itu, para camat harus mampu membangun kekompakan tim, agar pekerjaan menjadi lebih mudah,” imbau Taqwallah.

Untuk bekerja efektif dan efisien, para camat juga diimbau untuk merumuskan program kerja yang mampu dijalankan. ”Jangan berteori dan merumuskan suatu program kerja yang tidak mungkin bisa dilakukan atau dikerjakan. Mulailah merumuskan program kerja yang sederhana tetapi mungkin dan mudah untuk dieksekusi bersama,” imbuh Sekda.

Hal lain yang disampaikan Sekda adalah pentingnya menahan diri untuk tidak berbuat merusak atau merugikan orang lain. “Watak memang tidak bisa dirubah, tapi bisa kita atasi dengan menahan diri dan menghindari kesempatan berbuat buruk,” kata Taqwallah.

“Mulai saat ini, tanamkan di dalam diri bahwa kepuasan bekerja adalah saat orang lain merasa terbantu dan puas dengan kehadiran dan bimbingan kita, memahami dan terbantu dengan penjelasan kita,” ujar Taqwallah. 

“Jangan mengeluh dengan kekurangan yang ada pada diri atau instansi kita. Pemimpin yang hebat adalah pemimpin yang mampu berinovasi, meski dengan fasilitas yang minim. Ini baru disebut pemimpin top of the top,” ujar Sekda tegas.
loading...
Label: ,

Post a comment

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.