Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Banjir Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bireuen Bisnis BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Film Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemanusiaan Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Motivasi Motogp MPU Aceh Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patroli Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh PKI PLN PNL Polisi Politik Poso PPWI Presiden Projo PT PIM Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebgram Selebriti Senator Sinovac SMMPTN sosial Sosok Sport Status-Papua Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tol Aceh Tsunami Aceh Turki Ulama USA Vaksin MR Vaksinasi Vaksinasi Covid-19 vid Video vidio Viral Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

Banda Aceh - Komunitas University Student Goes to Children (U.S Goes to Children) bekerja sama dengan Komunitas Pesawat Kertas mengadakan kegiatan mengajar Bahasa Inggris dan Komputer gratis setiap minggu kepada anak-anak Desa Lampermai, Aceh Besar, pada Sabtu, 26 Oktober 2019. Program pengajaran ini adalah program pengajaran yang diadakan setiap minggu, tepatnya pada setiap Sabtu pukul 16:30 s/d 18:00 WIB di Sekretariat Pesawat Kertas Aceh, Desa Lampermai, dimulai dari Sabtu, 26 Oktober 2019 dan direncanakan akan berakhir satu tahun ke depan, yaitu pada Sabtu, 24 Oktober 2020. Terdapat 21 volunteer yang berhadir, dengan jumlah siswa sebanyak 20 pada hari ini.

Kegiatan ini merupakan program kerja utama dari Komunitas U.S Goes to Children yang pada tahun pengajaran 2019/2020 berkolaborasi salah satunya dengan Komunitas Pesawat Kertas. Ciri khas dari program mengajar U.S Goes to Children ini ialah adanya System Face to Face dimana setelah sesi bermain game dan sesi Pengajaran Tutor Utama selesai, masing-masing anak akan mendapatkan satu volunteer/guru untuk mengajari mereka materi lebih dalam serta mempraktekkannya (1 guru untuk 1 anak). 

Komunitas U.S Goes to Children merupakan Komunitas Peraih Juara 1 Nasional Terbaik Se- Indonesia bidang Pendidikan pada ajang Indonesian Culture and Nationalism Conference (ICN) yang diadakan di Jakarta pada April 2017 lalu. Komunitas yang telah didirikan sejak 2015 ini berfokus pada pengajaran Bahasa Inggris dan Komputer gratis setiap minggu yang dilakukan sepanjang tahun dimulai 2015 hingga sekarang. Anak-anak (peserta didik) yang difokuskan oleh U.S Goes to Children ialah anak-anak desa dari kalangan dhuafa, anak-anak yatim/piatu, anak-anak pemulung, anak-anak panti asuhan, anak-anak jalanan, hingga anak-anak yang pernah terkena kekerasan seksual. 

Riki Muhamanda, Pendiri sekaligus Ketua Umum U.S Goes to Children periode 2015-2020, mengatakan “Hingga saat ini, U.S Goes to Children telah melakukan berbagai kerja sama baik dengan desa-desa, komunitas, TPA, Yayasan Sosial, dan lain-lain dalam mengadakan program mengajar mingguan selama satu semester ataupun satu tahun penuh. Setelah selesai, kita akan berganti lokasi atau kerja sama. 
 
Beberapa diantara yang pernah kita gait kerjasama ialah dengan Desa Tungkop, Kuta Alam, Tanjung Selamat, TPA di Desa Lamgugop, Lampineung, Darussalam, Panti Asuhan Nirmala, Taman Edukasi Anak Pemulung Gampong Jawa, Yayasan Kesejahteraan Masyarakat (Yakesma) Kajhu, dan beberapa lainnya hingga ke desa yang ada di Padang, Sumatera Barat. Totalnya kita sudah melakukan pengajaran sebanyak 217 pertemuan, kepada 462 anak, bersama 284 volunteer yang berganti-ganti setiap berakhirnya satu semester”.

“Dimulai hari ini hingga satu tahun ke depan kita fokus untuk mengajar mingguan di Desa Lampermai pula, tepatnya di Sekretariat Pesawat Kertas, serta di Sekretariat Kajhu Peduli Anak Yatim (KAPAY). Jadi, yang pasti kita mengajar dua kali seminggu selama satu tahun penuh ini. Namun bisa jadi kita tambah desa lagi. Sekarang, sedang kami kaji tentang penambahan ini”, lanjut pemuda yang juga sedang merangkap jabatan Ketua Umum Komunitas Forum Menggapai Mimpi tersebut.

Di sisi lain, Fahry Purnama, Pendiri sekaligus Ketua Umum Pesawat Kertas mengungkapkan kebersyukurannya atas kerjasama ini. “Anak-anak SD di desa kami tidak diajarkan Bahasa Inggris di sekolahnya. Oleh karena itu, kami mengajukan kolaborasi dengan U.S Goes to Children untuk mengajar Bahasa Inggris sekaligus Komputer kepada anak-anak di desa kami (Desa Lampermai). 
 
Walau jaraknya jauh dari domisili para mahasiswa volunteer (Darussalam), namun alhamdulillah teman-teman U.S Goes to Children menyanggupi. Jadi kami sangat bersyukur dan berterima kasih. Selain memfasilitasi tempat mengajar, di sini Pesawat Kertas juga menyediakan snack pada setiap pertemuan kepada para peserta didik dan volunteer, serta memfasilitasi keperluan lain yang nantinya jika dibutuhkan dari kami”, ungkap Pemuda Inspiratif Banda Aceh 2018 itu.
loading...
Label: ,

Post a Comment

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.